Selamat taun baru om2 & sepuh2 di marih..
Ijin newbi tanya ttg City Z..
Ane lagi cari2 mobil untuk nyokap dengan bujet pas2an 50-60jt..
Harapannya sih:
- nyaman dipakenya
- lincah untuk dalkot & selip2
- tenaga oke untuk lukot (sesekali ane pake)
- fc & perawatan cukup irit
- model ga malu2in, masih oke buat dipake kondangan
- prefer matic (utk nyokap)
Pengalaman nyetir & rawat mobil:
- punya alm bokap: panther 97, panther 2003, DanGan 1991, accent 2000an (semua MT)
- punya kakak: innova diesel MT, GNKI diesel AT
- galant hiu 2000 AT, karimun wagon AGS, sirion AT, ANKI diesel MT
dulu jual galant hiu ganti ke wagon untuk dipake nyokap.. trus wagon diganti ke sirion..
galant hiu empuk & nyaman banget, tp mahal di perawatan & fc.. gak lincah buat dipake nyokap.. tenaga asik banget..
karimun wagon, keras & limbung parah.. klo dibawa 100kmh++ kyk gak napak ke aspal.. tp tenaga lumayan enak klo bisa jaga rpm pake AGS nya..
wagon dijual karena nyokap nabrak sampe keluar airbagnya.. ganti sirion..
sirion keras tapi stabil.. cukup enak.. tarikan awal juga enak banget.. tp begitu 80kmh ke atas, ngos2an parah.. mesin cuma ngeden tp gak mau lari lagi.. apalagi di tanjakan tol cipularang, ngeden2 doang.. akhir 2024 dijual, karena pas mau ganti kaki2, baru ketauan sasisnya udah gak lurus & ada bekas las2an tipis..
Setelah ngubek2 SM, ketemulah trit mod @madcat & om @rechtmasta dgn cityZ nya ini..
Bbrp pertanyaan dr ane:
1. untuk umur mobil 20th++, apakah sparepart masih melimpah?
2. baca2 trit om madcat & rechtmasta, kaki2 mayan mahal.. klo dibanding galant hiu gmn?
aki juga cepet tewas (18 - 20 bulan)? bukannya cukup normal yah om?
3. perbandingan fc untuk AT vs MT kira2 segimana jauh om?
dulu pake galant hiu AT, ampun dah dalkot bandung paling 1:6, lukot bisa 1:11-12 asal kaki sekolah..
klo citiZ MT om madcat & rechtmasta dalkot bisa 1:9-10 yah..
Pengen sih ambil yg MT, cuma karena mostly dipake nyokap, kyknya prefer AT..
4. klo dibanding sama ANCorolla ato hyundai avega gmn om?
avega tuh apakah masih pake mesin mitsu lancer? cmiiw, accent pake mesin lancer kan yah?
cuma seinget ane, accent tuh sering mogok, entah apa yg masalah.. sama dashboadnya retak cukup panjang..
untuk daily, ane masih sering pake motor & masih ada ANKI diesel MT..
mohon masukkan dari om2 & sepuh2 semua..
makasih sebelumnya..
Ask City Z
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: 21 Feb 2014, 02:08
Re: Ask City Z
buat nyokap dikasih city type Z?mending jangan sakit kepala anda ngurusinnya
itu mobil tuwir abis udah 24 tahun lho mana susah nemu unit yg masih layak pakai
ya kalau dulu ketika unit kondisi prima masih banyak matic meskipun 4 percepatan cukup responsip karena masih pake kabel gas
1 sparepart mestinya masih banyak tapi kalo ori kayanya susah paling adanya aftermarket semua
2 perbaikan kaki2 rada rumit dan bakal nyusahin dulu pernah punya juga lumayan sering bolak balik bengkel
kalo mahalnya perbaikan kaki2 karena suspensinya bukan macpherson tapi masih double wishbone dan independen yg masih lebih rumit perbaikannya
3 kalo kons bbm ga seboros galant tapi ga bisa dibilang irit juga
pikir2 dulu deh kalo mau kasih nyokap itu
buat mobil tahun 2010 kebawah maticnya masih belum sempurna kalo bisa ambil manual aja
atau nambah dana dikit ambil suzuki splash matic lebih masuk akal buat dipake nyokap unit kondisi bagus juga masih banyak kons bbm irit juga,model juga lumayan ganteng daripada penerusnya naikan enak daripada lcgc diajak lari di tol jalan lurus 145kph sanggup kok saya pernah coba soalnya
kurang kenceng gampang tinggal di remap,ganti open filter&full system knalpot
mesin suzuki K12nya DOHC kok gampang ngetunenya
itu mobil tuwir abis udah 24 tahun lho mana susah nemu unit yg masih layak pakai
ya kalau dulu ketika unit kondisi prima masih banyak matic meskipun 4 percepatan cukup responsip karena masih pake kabel gas
1 sparepart mestinya masih banyak tapi kalo ori kayanya susah paling adanya aftermarket semua
2 perbaikan kaki2 rada rumit dan bakal nyusahin dulu pernah punya juga lumayan sering bolak balik bengkel
kalo mahalnya perbaikan kaki2 karena suspensinya bukan macpherson tapi masih double wishbone dan independen yg masih lebih rumit perbaikannya
3 kalo kons bbm ga seboros galant tapi ga bisa dibilang irit juga
pikir2 dulu deh kalo mau kasih nyokap itu
buat mobil tahun 2010 kebawah maticnya masih belum sempurna kalo bisa ambil manual aja
atau nambah dana dikit ambil suzuki splash matic lebih masuk akal buat dipake nyokap unit kondisi bagus juga masih banyak kons bbm irit juga,model juga lumayan ganteng daripada penerusnya naikan enak daripada lcgc diajak lari di tol jalan lurus 145kph sanggup kok saya pernah coba soalnya
kurang kenceng gampang tinggal di remap,ganti open filter&full system knalpot
mesin suzuki K12nya DOHC kok gampang ngetunenya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 116
- Joined: 13 Sep 2016, 12:27
Re: Ask City Z
Ga usa gengsi , budget lo soluna / timor uda bener
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27340
- Joined: 01 Feb 2009, 00:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ask City Z
Honda jadul
enjin cc kecil (termasuk yg vitek)
metik 4 speed
tuh 3 kombo jauh dari kata kenceng, dan irit
enjin cc kecil (termasuk yg vitek)
metik 4 speed
tuh 3 kombo jauh dari kata kenceng, dan irit
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5358
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Ask City Z
setuju sama ini sok lunas 50-60jt juga dapet gress lebih cocok buat emak2x
parts murah meriah
saya juga kalo dapet soluna murah tapi gress saya sikat buat kaki
AVEGA JUGA enak om buat kaki 50-60 banyak yang gress biasanya parts murah tahun muda
ud ambil aja yang 12 valve gak usah mesin2x mitsu yang penting punya kaki murah buat emak2x ini
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: 23 Mar 2015, 07:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Ask City Z
ijin nimbrung om
altis juga enak ini, dapet badaknya, dapet size nya juga, interior kaya innova wkwk
vios yg speedometer tengah juga dapet, ini lebih murah secara mesin sampe 10 taun kemudian masih sama
kaki - kaki juga sama aja kok
altis better lah daripada vios lama kalo buat kondangan
jadi imho,
1. mungkin ada di toko onderdil spesialis honda di jakarta, tapi ya ga sebanyak yg saya sebutin diatas
2. mahal karena jarang aja partnya, dulu saya piara civic ferio '96 .. itu ganti bushing lower arm belakang aja udah 4 biji kecil - kecil, ball joint 2, belom bicara bushing gede yang ada di lower arm, ini mobil double wishbone yang kalo sehat kakinya enak bener, tapi kalo lagi sakit, ya nyebelin wakakak .. bisa aja u beliin sport suspension impor dari japan / malay, tapi apa iya u mau berkorban setengah harga mobilnya buat ngeset suspensinya?
3. irit yg MT nya udah jelas, ini CityZ 4AT jaman purba, dan lagi - lagi setelah 20++ tahun apa iya AT nya masih sehat? wkwk
4. Avega jelas lebih muda, sparepart nya juga lumayan banyak, OEM nya Mando bikin juga buat aftermarket .. spesialis di Hyundai lama di kota saya jg ada .. All New Corolla juga lebih aman dipiara om ..
in summary,
buat nostalgia + buat bangun proper sih oke oke aja
tapi buat iseng kayanya pilihan lain masih banyak om, don't forget in the 90s basically we are toyota country, hahaha
altis juga enak ini, dapet badaknya, dapet size nya juga, interior kaya innova wkwk
vios yg speedometer tengah juga dapet, ini lebih murah secara mesin sampe 10 taun kemudian masih sama
kaki - kaki juga sama aja kok
altis better lah daripada vios lama kalo buat kondangan
jadi imho,
1. mungkin ada di toko onderdil spesialis honda di jakarta, tapi ya ga sebanyak yg saya sebutin diatas
2. mahal karena jarang aja partnya, dulu saya piara civic ferio '96 .. itu ganti bushing lower arm belakang aja udah 4 biji kecil - kecil, ball joint 2, belom bicara bushing gede yang ada di lower arm, ini mobil double wishbone yang kalo sehat kakinya enak bener, tapi kalo lagi sakit, ya nyebelin wakakak .. bisa aja u beliin sport suspension impor dari japan / malay, tapi apa iya u mau berkorban setengah harga mobilnya buat ngeset suspensinya?
3. irit yg MT nya udah jelas, ini CityZ 4AT jaman purba, dan lagi - lagi setelah 20++ tahun apa iya AT nya masih sehat? wkwk
4. Avega jelas lebih muda, sparepart nya juga lumayan banyak, OEM nya Mando bikin juga buat aftermarket .. spesialis di Hyundai lama di kota saya jg ada .. All New Corolla juga lebih aman dipiara om ..
in summary,
buat nostalgia + buat bangun proper sih oke oke aja
tapi buat iseng kayanya pilihan lain masih banyak om, don't forget in the 90s basically we are toyota country, hahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 606
- Joined: 13 Oct 2016, 11:34
Re: Ask City Z
Duh,
corola series aja Om. Kasian buat mamah.
corola series aja Om. Kasian buat mamah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4828
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Ask City Z
kalo pertanyaan no 1. kalo part mesin & kaki2 sepertinya masih cukup melimpah, bengkel spesialis nya masih banyak yg bs handle terutama di jabodetabek, tp kalo body part krg tau. kalo no 2, ya 11 12 sepertinya, tp lebih murah dikit di city z setau saya. no 3, ya krg tau. kalo dibanding an corolla or avega. kebetulan dulu pernah miara ANC. kalo driving feel ,tarikan sm handling menang city. tp kalo kenyamanan dan bantingan suspensi lebih unggul ANC. kl avega kurang tauGaLaNTHiu wrote: ↑08 Jan 2025, 21:49 Selamat taun baru om2 & sepuh2 di marih..
Ijin newbi tanya ttg City Z..
Ane lagi cari2 mobil untuk nyokap dengan bujet pas2an 50-60jt..
Harapannya sih:
- nyaman dipakenya
- lincah untuk dalkot & selip2
- tenaga oke untuk lukot (sesekali ane pake)
- fc & perawatan cukup irit
- model ga malu2in, masih oke buat dipake kondangan
- prefer matic (utk nyokap)
Pengalaman nyetir & rawat mobil:
- punya alm bokap: panther 97, panther 2003, DanGan 1991, accent 2000an (semua MT)
- punya kakak: innova diesel MT, GNKI diesel AT
- galant hiu 2000 AT, karimun wagon AGS, sirion AT, ANKI diesel MT
dulu jual galant hiu ganti ke wagon untuk dipake nyokap.. trus wagon diganti ke sirion..
galant hiu empuk & nyaman banget, tp mahal di perawatan & fc.. gak lincah buat dipake nyokap.. tenaga asik banget..
karimun wagon, keras & limbung parah.. klo dibawa 100kmh++ kyk gak napak ke aspal.. tp tenaga lumayan enak klo bisa jaga rpm pake AGS nya..
wagon dijual karena nyokap nabrak sampe keluar airbagnya.. ganti sirion..
sirion keras tapi stabil.. cukup enak.. tarikan awal juga enak banget.. tp begitu 80kmh ke atas, ngos2an parah.. mesin cuma ngeden tp gak mau lari lagi.. apalagi di tanjakan tol cipularang, ngeden2 doang.. akhir 2024 dijual, karena pas mau ganti kaki2, baru ketauan sasisnya udah gak lurus & ada bekas las2an tipis..
Setelah ngubek2 SM, ketemulah trit mod @madcat & om @rechtmasta dgn cityZ nya ini..
Bbrp pertanyaan dr ane:
1. untuk umur mobil 20th++, apakah sparepart masih melimpah?
2. baca2 trit om madcat & rechtmasta, kaki2 mayan mahal.. klo dibanding galant hiu gmn?
aki juga cepet tewas (18 - 20 bulan)? bukannya cukup normal yah om?
3. perbandingan fc untuk AT vs MT kira2 segimana jauh om?
dulu pake galant hiu AT, ampun dah dalkot bandung paling 1:6, lukot bisa 1:11-12 asal kaki sekolah..
klo citiZ MT om madcat & rechtmasta dalkot bisa 1:9-10 yah..
Pengen sih ambil yg MT, cuma karena mostly dipake nyokap, kyknya prefer AT..
4. klo dibanding sama ANCorolla ato hyundai avega gmn om?
avega tuh apakah masih pake mesin mitsu lancer? cmiiw, accent pake mesin lancer kan yah?
cuma seinget ane, accent tuh sering mogok, entah apa yg masalah.. sama dashboadnya retak cukup panjang..
untuk daily, ane masih sering pake motor & masih ada ANKI diesel MT..
mohon masukkan dari om2 & sepuh2 semua..
makasih sebelumnya..
paling tantangannya cari yg kondisi bagus full ori agak sulit, apalagi yg interiornya masih utuh bukan bekas akal2an or printilannya masih lengkap + yg matic asli dr lahir bukan ubahan dari manual, secara mobil ini dulunya lebih laku yg manualnya jd versi maticnya setau saya agak jarang hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 18 Replies
- 6611 Views
-
Last post by Huda
-
- 0 Replies
- 3280 Views
-
Last post by santanablank
-
- 65 Replies
- 9349 Views
-
Last post by Tats
-
- 1 Replies
- 1788 Views
-
Last post by trebla88
-
- 8 Replies
- 4014 Views
-
Last post by mrPrathama
-
- 21 Replies
- 5544 Views
-
Last post by jazzretro7
-
- 65 Replies
- 20545 Views
-
Last post by henbob
-
- 6 Replies
- 2992 Views
-
Last post by utrid
-
- 11 Replies
- 5248 Views
-
Last post by Haiqalesha
-
- 59 Replies
- 12363 Views
-
Last post by Frenzyking