Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: 13 Jul 2021, 16:49
Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Selamat malam suhu-suhu semua.
Di penghujung tahun 2024 ini, saya menimbang antara Fortuner 2.8 VRZ TSS GR Part dengan All New Pajero Sport (FL). Kebetulan saat ini saya pengguna Honda BRV Prestige dan rencana upgrade antara 2 tersebut. Untuk penggunaan lebih sering ke luar kota karena doyan roadtrip dengan keluarga.
Mohon info dan saran berdasarkan pengalaman suhu sekalian, atau jika ada rekomendasi lain. Terima kasih.
Di penghujung tahun 2024 ini, saya menimbang antara Fortuner 2.8 VRZ TSS GR Part dengan All New Pajero Sport (FL). Kebetulan saat ini saya pengguna Honda BRV Prestige dan rencana upgrade antara 2 tersebut. Untuk penggunaan lebih sering ke luar kota karena doyan roadtrip dengan keluarga.
Mohon info dan saran berdasarkan pengalaman suhu sekalian, atau jika ada rekomendasi lain. Terima kasih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2903
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Dua2 nya capable buat trip jarak jauh & no worries sih
Cuman kalo mau pake standard2an no modif, ane prefer ANPS facelift
Alesannya lebih modern aja dalemannya. Spido ud digital; rem parkir elektrik; tampang jg oke lah; ada sunroof buat asal2 buka kalo iseng di daerah dingin. Dan CBU thailand tu anps, build quality better drpd CKD astra fortuner. Overall good package
Laen soal kalo om type user mau modif jd cumi semprot racun hitam, ngebut2an ala2 thailand trucks. ANF 2.8 potensinya lebih banyak terpendam. Parts modif “maenannya” jg lebih banyak di marketplace hahaha
Conclusion: Maen standart pilih ANPS. Maen modif pilih ANF 2.8
Cuman kalo mau pake standard2an no modif, ane prefer ANPS facelift
Alesannya lebih modern aja dalemannya. Spido ud digital; rem parkir elektrik; tampang jg oke lah; ada sunroof buat asal2 buka kalo iseng di daerah dingin. Dan CBU thailand tu anps, build quality better drpd CKD astra fortuner. Overall good package
Laen soal kalo om type user mau modif jd cumi semprot racun hitam, ngebut2an ala2 thailand trucks. ANF 2.8 potensinya lebih banyak terpendam. Parts modif “maenannya” jg lebih banyak di marketplace hahaha
Conclusion: Maen standart pilih ANPS. Maen modif pilih ANF 2.8
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: 13 Jul 2021, 16:49
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Thank you om atas sarannya...KielConstantine wrote: ↑30 Dec 2024, 21:28 Dua2 nya capable buat trip jarak jauh & no worries sih
Cuman kalo mau pake standard2an no modif, ane prefer ANPS facelift
Alesannya lebih modern aja dalemannya. Spido ud digital; rem parkir elektrik; tampang jg oke lah; ada sunroof buat asal2 buka kalo iseng di daerah dingin. Dan CBU thailand tu anps, build quality better drpd CKD astra fortuner. Overall good package
Laen soal kalo om type user mau modif jd cumi semprot racun hitam, ngebut2an ala2 thailand trucks. ANF 2.8 potensinya lebih banyak terpendam. Parts modif “maenannya” jg lebih banyak di marketplace hahaha
Conclusion: Maen standart pilih ANPS. Maen modif pilih ANF 2.8
Memang rencananya standart aja itu mobil. Kalaupun modif, paling banter ganti velg/ban aja.
Untuk ANPS apakah masih ada isu AC gak dingin dan headlamp kuning2 ya? Kualitas audio ada yang pernah bandingin kah?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Saya mantan user anps 4n15 dan current user anf 1gd, keduanya mobil bagus, namun akan saya share beberapa poin perbedaannya menurut pribadi saya
1. Mesin, anps 4n15 tarikan awal lemot banget, turbo lag parah, setelah diremap agak mendingan. Anf 1gd tarikan awal lemot tapi ga separah anps, setelah remap jadi pas. Tarikan atas sama” kuat.
Untuk rute lukot atau tol, performa kedua mobil ini saya kira ok semua.
2. Transmisi, anps unggul karena lebih halus dan sigap, tapi anf 1gd ga terlalu jelek juga kok, udah improve dari versi 2gd nya dulu.
3. Fitur, 11 12, sama” tukang sunat. Cuma anps dakar menang di sunroof, spido full tft dan 7 airbag. Kalo handbrake, saya lebih prefer tuas tarik seperti anf karena lebih safety (semisal terjadi brake failure rem tangan tarik bisa berfungsi sebagai rem darurat) dan awet, tapi ini subjektif. Kedua mobil juga udah ada fitur active safety. Untuk kekedapan kabin, anf 1gd ini kedap mirip anps saya dulu, tapi saya pernah tes drive anps fl malah lebih kedap lagi.
4. Build quality, 11 12 juga. Kalo di saya dulu interior anps lebih gampang lecet ketimbang anf bahkan dibanding anki sekalipun. Eksterior, cat anps ga terlalu rapi kadang ada belang (mungkin saya yang lagi apes dapet unit seperti itu) better anf. Btw anps dan anf sama” ckd kok. Anps yg cbu thailand cuma 2016 dan pas 2020 sebentar aja menurut info sales saya beli dulu.
5. Kelegaan kabin anf lebih lega dibanding anps dan anf lebih bongsor dibanding anps, kalo sering lewat jalan sempit better anps lebih mudah manuver.
6. Bantingan anps lebih lembut dari anf. Apalagi saat masih baru bantingan anf sangat keras, kalo udah jalan 5rban km baru agak mendingan. Imbasnya, kalo sering jalan rusak mungkin akan lebih suka anps, kalo sering jalan mulus akan suka anf secara berkat suspensi kerasnya anf lebih stabil dibanding anps terutama di kecepatan tinggi. Tapi di anps bisa diakali dengan upgrade suspensi.
7. Untuk rem, saya prefer anf. Rem anps menurut saya ga sepakem rem anf. Terus kan ada isu disc brake anf sering getar. Tapi sama aja di anps saya juga kejadian bahkan di km 3rb an udah kena. Untung”an sih ini.
8. Oh ya 1 lagi, ntah kenapa jok anf itu keras menurut saya, jauh lebih empuk dan nyaman jok anps. Saya pernah bawa anf dari palembang ke jkt pp langsung sakit pinggang wkwkwk. Mungkin ini juga bisa jadi pertimbangan saat beli.
Terakhir, sebisa mungkin tes drive dulu om ts, karena spek di atas kertas bisa beda rasa di lapangan. Semoga om ts ga terlalu galau dan bisa cepat meminang mobil baru.
1. Mesin, anps 4n15 tarikan awal lemot banget, turbo lag parah, setelah diremap agak mendingan. Anf 1gd tarikan awal lemot tapi ga separah anps, setelah remap jadi pas. Tarikan atas sama” kuat.
Untuk rute lukot atau tol, performa kedua mobil ini saya kira ok semua.
2. Transmisi, anps unggul karena lebih halus dan sigap, tapi anf 1gd ga terlalu jelek juga kok, udah improve dari versi 2gd nya dulu.
3. Fitur, 11 12, sama” tukang sunat. Cuma anps dakar menang di sunroof, spido full tft dan 7 airbag. Kalo handbrake, saya lebih prefer tuas tarik seperti anf karena lebih safety (semisal terjadi brake failure rem tangan tarik bisa berfungsi sebagai rem darurat) dan awet, tapi ini subjektif. Kedua mobil juga udah ada fitur active safety. Untuk kekedapan kabin, anf 1gd ini kedap mirip anps saya dulu, tapi saya pernah tes drive anps fl malah lebih kedap lagi.
4. Build quality, 11 12 juga. Kalo di saya dulu interior anps lebih gampang lecet ketimbang anf bahkan dibanding anki sekalipun. Eksterior, cat anps ga terlalu rapi kadang ada belang (mungkin saya yang lagi apes dapet unit seperti itu) better anf. Btw anps dan anf sama” ckd kok. Anps yg cbu thailand cuma 2016 dan pas 2020 sebentar aja menurut info sales saya beli dulu.
5. Kelegaan kabin anf lebih lega dibanding anps dan anf lebih bongsor dibanding anps, kalo sering lewat jalan sempit better anps lebih mudah manuver.
6. Bantingan anps lebih lembut dari anf. Apalagi saat masih baru bantingan anf sangat keras, kalo udah jalan 5rban km baru agak mendingan. Imbasnya, kalo sering jalan rusak mungkin akan lebih suka anps, kalo sering jalan mulus akan suka anf secara berkat suspensi kerasnya anf lebih stabil dibanding anps terutama di kecepatan tinggi. Tapi di anps bisa diakali dengan upgrade suspensi.
7. Untuk rem, saya prefer anf. Rem anps menurut saya ga sepakem rem anf. Terus kan ada isu disc brake anf sering getar. Tapi sama aja di anps saya juga kejadian bahkan di km 3rb an udah kena. Untung”an sih ini.
8. Oh ya 1 lagi, ntah kenapa jok anf itu keras menurut saya, jauh lebih empuk dan nyaman jok anps. Saya pernah bawa anf dari palembang ke jkt pp langsung sakit pinggang wkwkwk. Mungkin ini juga bisa jadi pertimbangan saat beli.
Terakhir, sebisa mungkin tes drive dulu om ts, karena spek di atas kertas bisa beda rasa di lapangan. Semoga om ts ga terlalu galau dan bisa cepat meminang mobil baru.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1041
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
+1. bikin pinggang suka sakit terutama yang jok depan
pecinta bio solar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: 21 Apr 2021, 16:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Vote Fortuner aja...toyota lebih mapan dr Mitsu..
1GDnya enak buat long trip
1GDnya enak buat long trip
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: 13 Jul 2021, 16:49
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Waah lengkap sekali, terima kasih reviewnya om.gwsecretc wrote: ↑30 Dec 2024, 22:00 Saya mantan user anps 4n15 dan current user anf 1gd, keduanya mobil bagus, namun akan saya share beberapa poin perbedaannya menurut pribadi saya
1. Mesin, anps 4n15 tarikan awal lemot banget, turbo lag parah, setelah diremap agak mendingan. Anf 1gd tarikan awal lemot tapi ga separah anps, setelah remap jadi pas. Tarikan atas sama” kuat.
Untuk rute lukot atau tol, performa kedua mobil ini saya kira ok semua.
2. Transmisi, anps unggul karena lebih halus dan sigap, tapi anf 1gd ga terlalu jelek juga kok, udah improve dari versi 2gd nya dulu.
3. Fitur, 11 12, sama” tukang sunat. Cuma anps dakar menang di sunroof, spido full tft dan 7 airbag. Kalo handbrake, saya lebih prefer tuas tarik seperti anf karena lebih safety (semisal terjadi brake failure rem tangan tarik bisa berfungsi sebagai rem darurat) dan awet, tapi ini subjektif. Kedua mobil juga udah ada fitur active safety. Untuk kekedapan kabin, anf 1gd ini kedap mirip anps saya dulu, tapi saya pernah tes drive anps fl malah lebih kedap lagi.
4. Build quality, 11 12 juga. Kalo di saya dulu interior anps lebih gampang lecet ketimbang anf bahkan dibanding anki sekalipun. Eksterior, cat anps ga terlalu rapi kadang ada belang (mungkin saya yang lagi apes dapet unit seperti itu) better anf. Btw anps dan anf sama” ckd kok. Anps yg cbu thailand cuma 2016 dan pas 2020 sebentar aja menurut info sales saya beli dulu.
5. Kelegaan kabin anf lebih lega dibanding anps dan anf lebih bongsor dibanding anps, kalo sering lewat jalan sempit better anps lebih mudah manuver.
6. Bantingan anps lebih lembut dari anf. Apalagi saat masih baru bantingan anf sangat keras, kalo udah jalan 5rban km baru agak mendingan. Imbasnya, kalo sering jalan rusak mungkin akan lebih suka anps, kalo sering jalan mulus akan suka anf secara berkat suspensi kerasnya anf lebih stabil dibanding anps terutama di kecepatan tinggi. Tapi di anps bisa diakali dengan upgrade suspensi.
7. Untuk rem, saya prefer anf. Rem anps menurut saya ga sepakem rem anf. Terus kan ada isu disc brake anf sering getar. Tapi sama aja di anps saya juga kejadian bahkan di km 3rb an udah kena. Untung”an sih ini.
8. Oh ya 1 lagi, ntah kenapa jok anf itu keras menurut saya, jauh lebih empuk dan nyaman jok anps. Saya pernah bawa anf dari palembang ke jkt pp langsung sakit pinggang wkwkwk. Mungkin ini juga bisa jadi pertimbangan saat beli.
Terakhir, sebisa mungkin tes drive dulu om ts, karena spek di atas kertas bisa beda rasa di lapangan. Semoga om ts ga terlalu galau dan bisa cepat meminang mobil baru.
Kalau isu durability bagaimana ya, apakah ada perbedaan signifikan? Kemungkinan unit akan di-keep cukup lama, 3-5 tahun.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: 22 May 2016, 11:20
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Tambah ke sini kok tambah jarang liat anps cumi dan tambah banyak rebon cumi alay duit solar minta bapaknyaKielConstantine wrote: ↑30 Dec 2024, 21:28 Dua2 nya capable buat trip jarak jauh & no worries sih
Cuman kalo mau pake standard2an no modif, ane prefer ANPS facelift
Alesannya lebih modern aja dalemannya. Spido ud digital; rem parkir elektrik; tampang jg oke lah; ada sunroof buat asal2 buka kalo iseng di daerah dingin. Dan CBU thailand tu anps, build quality better drpd CKD astra fortuner. Overall good package
Laen soal kalo om type user mau modif jd cumi semprot racun hitam, ngebut2an ala2 thailand trucks. ANF 2.8 potensinya lebih banyak terpendam. Parts modif “maenannya” jg lebih banyak di marketplace hahaha
Conclusion: Maen standart pilih ANPS. Maen modif pilih ANF 2.8
- darrelund
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2356
- Joined: 04 Jun 2018, 20:35
- Location: Jakarta
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
anps setau owe pada bilang mentok di 350whp an, itupun blok mesin udah rawan jebol, krn open deck & blok alu (katanya, sila confirm ke usernya)pengendiesel wrote: ↑31 Dec 2024, 08:03
Tambah ke sini kok tambah jarang liat anps cumi dan tambah banyak rebon cumi alay duit solar minta bapaknya
GD klo modip nya niat bisa tembus 400-500whp
- darrelund
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2356
- Joined: 04 Jun 2018, 20:35
- Location: Jakarta
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
ini benar mbah, makanya owe bilang ini jok ledernya lebi mirip kulit buaya
dari 2016 sampe jaman 1 GD masih keras kursinya
makanya klo ada yg bilang bantingan keras, ya owe suspect krn kursinya kayak batu. klo suspensi sih ga keras" amat sebenernya, malah cendrung empuk bahkan yg 1GD, gatau klo yg legender monotube gimana bantingannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5358
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
fortuner aja anps itu tuningan berat 2.4 di peres sampe 180hp gilaa sedangkan fortuner 2.8 cuma 200hp ..............
mana pajero penyakitan lagi.......
sebagai ex user OPS saya bilang jgn nyari penyakit fortuner aja nyari aman.....
mana pajero penyakitan lagi.......
sebagai ex user OPS saya bilang jgn nyari penyakit fortuner aja nyari aman.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1041
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
kadang ga paham orang orang yang mau modif segitu banyaknya, dan yang pasti bawanya jadi kurang enak buat daily buat apa, mau ngebut jg bisa di track lurus aja paling. mau ngebut lurus doang kykny banyak mobil jadul yang harganya ga sampe seperempatnya, ya plus modif paling abis ga sampe stengahnya, lebih ngebut dari gajah 500 whpdarrelund wrote: ↑31 Dec 2024, 08:42anps setau owe pada bilang mentok di 350whp an, itupun blok mesin udah rawan jebol, krn open deck & blok alu (katanya, sila confirm ke usernya)pengendiesel wrote: ↑31 Dec 2024, 08:03
Tambah ke sini kok tambah jarang liat anps cumi dan tambah banyak rebon cumi alay duit solar minta bapaknya
GD klo modip nya niat bisa tembus 400-500whp
pecinta bio solar
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5358
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
tenaga segede gitu cuma bisa pamer di jalan tol sisanya keringet dingin injek gas..........................ctopher7 wrote: ↑31 Dec 2024, 08:59
kadang ga paham orang orang yang mau modif segitu banyaknya, dan yang pasti bawanya jadi kurang enak buat daily buat apa, mau ngebut jg bisa di track lurus aja paling. mau ngebut lurus doang kykny banyak mobil jadul yang harganya ga sampe seperempatnya, ya plus modif paling abis ga sampe stengahnya, lebih ngebut dari gajah 500 whp
pernah saya sekali jualan fortuner ud remap buyernya mukanya sampe pucet karena gak biasa sama tenaganya tapi tetep di beli aja tuh mobil
makanya saya bilang tenaga gede2x gak kepake karena gak enjoyable malah musti nahan nafsu kayak nahan bisul apalagi mobilnya lebar atau understerr tambah parah itu nahannya kayak mau boker tapi gak bisa keluar..........
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: 09 Feb 2017, 13:54
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Sama” om. Sisi durabilitas menurut saya keduanya kuat semua kok, ini kondisi full std sampai remap daily. Kalo modif mulai ekstrim baru anf 1gd lebih kuat seperti yang sudah disampaikan mbah” disini.
Nah ada 1 hal menarik om, utk sparepart. Pengalaman saya di anps utk fast moving part (filter oli, filter udara, ac, bahkan sampai shock dan kampas rem juga) sering ada 2 versi (lokal mmksi dan bawaan mobil) di dealer, dan biasanya yg sering ready yg versi lokal. Kalo mau yg persis bawaan mobil mesti inden dan harga mahal, kadang lebih mahal dari anf. Kalo anf rata” part yg dijual persis bawaan mobil (kecuali filter oli juga ada bbrp versi).
Iya mbah, tapi aneh nya penunpang di 2nd row ga terlalu ngeluh keras. Walopun bentuk mirip, saya masih ngerasa jok anki v saya lebih empuk. Dan terbukti waktu pp plg-jkt aman” aja pinggang saya bawa anki.
Tapi sok nya beneran keras mbah pas masih baru. Tapi makin berumur sok nya makin lembut dan rasanya sekarang bantingan nya malah jadi pas.darrelund wrote: ↑31 Dec 2024, 08:45.
ini benar mbah, makanya owe bilang ini jok ledernya lebi mirip kulit buaya
dari 2016 sampe jaman 1 GD masih keras kursinya
makanya klo ada yg bilang bantingan keras, ya owe suspect krn kursinya kayak batu. klo suspensi sih ga keras" amat sebenernya, malah cendrung empuk bahkan yg 1GD, gatau klo yg legender monotube gimana bantingannya
Untuk jok, padahal dilihat-lihat jok anf dan anki itu sama bentuknya, tapi di anki malah lebih lembut loh ( anki v)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: 03 Dec 2018, 22:42
- Location: West Java
- Daily Vehicle: TransJakarta No 8
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Saya ex user keduanya (anps ‘17 dan 1gd ‘22)
Beli keduanya untuk pure mainan karena sangat sangat murah untuk “kenceng” di diesel. Anps 309whp 1gd 377whp. Kalo udah 300+whp tetep anf sedikit lebih worry-free ketimbang anps. Terus kalo untuk ride quality setelah di modif sedikit lebih mending ANF ketimbang pajero. Kalo bone stock, jelas anps jauh lebih nyaman since kursinya lebih empuk, bantingan per lebih empuk dan anps 4%an lebih kedap (diukur dengan fluke db meter). Untuk biaya service dan fast-moving parts 11-12 banget.
Verdictnya : untuk akomodir keluarga, saya pribadi tetep anps (apalagi yang facelift/latest gen). ANF kureng banget airbag cuma 3, ride quality lebih stiff (which means not good for your family) dan boring banget interiornya. Tapi kalo untuk kenceng2an jelas anf.
Beli keduanya untuk pure mainan karena sangat sangat murah untuk “kenceng” di diesel. Anps 309whp 1gd 377whp. Kalo udah 300+whp tetep anf sedikit lebih worry-free ketimbang anps. Terus kalo untuk ride quality setelah di modif sedikit lebih mending ANF ketimbang pajero. Kalo bone stock, jelas anps jauh lebih nyaman since kursinya lebih empuk, bantingan per lebih empuk dan anps 4%an lebih kedap (diukur dengan fluke db meter). Untuk biaya service dan fast-moving parts 11-12 banget.
Verdictnya : untuk akomodir keluarga, saya pribadi tetep anps (apalagi yang facelift/latest gen). ANF kureng banget airbag cuma 3, ride quality lebih stiff (which means not good for your family) dan boring banget interiornya. Tapi kalo untuk kenceng2an jelas anf.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4828
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
kebetulan saya ex user keduanya tp yg model pfl (ANPS Dakar 2018 & ANF 2.4 VRZ 2018) + reborn g diesel at 2018 & sekarang pake BRV Prestige 2023. kalo diantara 2 itu, tergantung ke kebutuhan om nya kaya apa. baik ANPS maupun ANF sama2 enak buat lukot & bakal upgrade jauh dari BRV pres. tinggal prefernya ke yg mana. kalo cari kenyamanan, tenaga yg lebih gede (krn 2.8 ), bantingan suspensi yg lebih empuk pilih ANF. tp kalo cari driving feel, tarikan, handling sm 8 speed at nya pilih ANPS. kalo rekomendasi lain bisa consider reborn diesel at v or venturer fl 2021 up. sepertinya lebih nyaman buat lukot daripada fortuner maupun pajero (pengalaman pake ketiganya) hehehe. or kalo mau monokok bs jg consider CX5 elite or CRV turbo gen 5. sepertinya masuk kriteriamerckhf wrote: ↑30 Dec 2024, 19:41 Selamat malam suhu-suhu semua.
Di penghujung tahun 2024 ini, saya menimbang antara Fortuner 2.8 VRZ TSS GR Part dengan All New Pajero Sport (FL). Kebetulan saat ini saya pengguna Honda BRV Prestige dan rencana upgrade antara 2 tersebut. Untuk penggunaan lebih sering ke luar kota karena doyan roadtrip dengan keluarga.
Mohon info dan saran berdasarkan pengalaman suhu sekalian, atau jika ada rekomendasi lain. Terima kasih.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 640
- Joined: 28 Sep 2018, 08:31
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Test Fortuner spek remap doang sudah takut? Kasihan. Sungguh kasihan.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016
Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016
Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: 13 May 2020, 22:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Ane jg takut naik fortuner remap.. pindah jalur body roll cihuy, rem senen kamis
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 640
- Joined: 28 Sep 2018, 08:31
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Kan sekarang sudah braking system dan suspension Oz brand. Sudah tidak takut lagi yee bos. Yang ada anda mau nambah-nambahin power toh
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016
Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016
Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: 13 May 2020, 22:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: 13 Jul 2021, 16:49
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Thank you om... Orientasinya memang cari yang nyaman sih om, bukan kenceng2an. Hehe...ds31 wrote: ↑31 Dec 2024, 14:01 Saya ex user keduanya (anps ‘17 dan 1gd ‘22)
Beli keduanya untuk pure mainan karena sangat sangat murah untuk “kenceng” di diesel. Anps 309whp 1gd 377whp. Kalo udah 300+whp tetep anf sedikit lebih worry-free ketimbang anps. Terus kalo untuk ride quality setelah di modif sedikit lebih mending ANF ketimbang pajero. Kalo bone stock, jelas anps jauh lebih nyaman since kursinya lebih empuk, bantingan per lebih empuk dan anps 4%an lebih kedap (diukur dengan fluke db meter). Untuk biaya service dan fast-moving parts 11-12 banget.
Verdictnya : untuk akomodir keluarga, saya pribadi tetep anps (apalagi yang facelift/latest gen). ANF kureng banget airbag cuma 3, ride quality lebih stiff (which means not good for your family) dan boring banget interiornya. Tapi kalo untuk kenceng2an jelas anf.
Waah pas ya om ada perbandingan dengan BRV Pres. Berarti secara handling ANPS better ya dari ANF.Pboyz97 wrote: ↑01 Jan 2025, 21:43 kebetulan saya ex user keduanya tp yg model pfl (ANPS Dakar 2018 & ANF 2.4 VRZ 2018) + reborn g diesel at 2018 & sekarang pake BRV Prestige 2023. kalo diantara 2 itu, tergantung ke kebutuhan om nya kaya apa. baik ANPS maupun ANF sama2 enak buat lukot & bakal upgrade jauh dari BRV pres. tinggal prefernya ke yg mana. kalo cari kenyamanan, tenaga yg lebih gede (krn 2.8 ), bantingan suspensi yg lebih empuk pilih ANF. tp kalo cari driving feel, tarikan, handling sm 8 speed at nya pilih ANPS. kalo rekomendasi lain bisa consider reborn diesel at v or venturer fl 2021 up. sepertinya lebih nyaman buat lukot daripada fortuner maupun pajero (pengalaman pake ketiganya) hehehe. or kalo mau monokok bs jg consider CX5 elite or CRV turbo gen 5. sepertinya masuk kriteria
Saya memang cari yang nyaman om, tapi masih capable dan aman untuk nanjak2 tipis ke Bromo atau Dieng.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5358
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
itu VNT om turbonya berasa dari RPM bawah jgn kayak dakar diatas kertas emang gede cuma kek orang keselek di rpm bawah
kemaren juga saya cobain innova lama at spek std emang kenceng kok dari gas awal ud berasa itu turbo pernah sekali innova yang remap manual malah di suruh start pake gigi 3 dari berenti dan tenaganya berasa banget........
pernah liat spek HI ace 2.8 mesin sama kayak fortuner malah di bikin 160hp keliatan banget sengaja ngejar spolling di rpm bawah biar kuat nanjak soalnya mobilnya gede muatan bisa 13 orang.........
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: 31 Aug 2013, 11:20
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Klo orang faham mobil pasti akan beli fortuner gans,KielConstantine wrote: ↑30 Dec 2024, 21:28 Dua2 nya capable buat trip jarak jauh & no worries sih
Cuman kalo mau pake standard2an no modif, ane prefer ANPS facelift
Alesannya lebih modern aja dalemannya. Spido ud digital; rem parkir elektrik; tampang jg oke lah; ada sunroof buat asal2 buka kalo iseng di daerah dingin. Dan CBU thailand tu anps, build quality better drpd CKD astra fortuner. Overall good package
Laen soal kalo om type user mau modif jd cumi semprot racun hitam, ngebut2an ala2 thailand trucks. ANF 2.8 potensinya lebih banyak terpendam. Parts modif “maenannya” jg lebih banyak di marketplace hahaha
Conclusion: Maen standart pilih ANPS. Maen modif pilih ANF 2.8
Mesin itu gak akan pernah salah,
Klo fitur sih buat mainan bocil,
Mknya sering dijalan kepala anak bocil keluar atap,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5358
- Joined: 12 Jul 2013, 11:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: 13 May 2020, 22:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: Need advice: Fortuner 2.8 atau ANPS 2024?
Fortuner yg ga VNT cm 2kd awal2 sblm 2012. 2012 - sekarang VNT semua.b0ku wrote: ↑02 Jan 2025, 05:16itu VNT om turbonya berasa dari RPM bawah jgn kayak dakar diatas kertas emang gede cuma kek orang keselek di rpm bawah
kemaren juga saya cobain innova lama at spek std emang kenceng kok dari gas awal ud berasa itu turbo pernah sekali innova yang remap manual malah di suruh start pake gigi 3 dari berenti dan tenaganya berasa banget........
pernah liat spek HI ace 2.8 mesin sama kayak fortuner malah di bikin 160hp keliatan banget sengaja ngejar spolling di rpm bawah biar kuat nanjak soalnya mobilnya gede muatan bisa 13 orang.........
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 0 Replies
- 174 Views
-
Last post by budi46
-
- 22 Replies
- 6705 Views
-
Last post by inobody
-
- 85 Replies
- 11953 Views
-
Last post by krniawnhdr
-
- 64 Replies
- 7353 Views
-
Last post by b0ku
-
- 23 Replies
- 7449 Views
-
Last post by noire
-
- 26 Replies
- 6965 Views
-
Last post by alvin23
-
- 16 Replies
- 10688 Views
-
Last post by Ing
-
- 13 Replies
- 9071 Views
-
Last post by ginting
-
- 12 Replies
- 6737 Views
-
Last post by sherryandkez
-
- 38 Replies
- 10281 Views
-
Last post by YaS