"Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

"Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by zonepublic »

apa saja sih "Bug" atau cacat dan pada mobil apa aja yang anda pernah alami /ketahui yang sering kambuh,emang cacat produksi,sering bolak balik bengkel perbaiki,atau bahkan yang "ga da obatnya"alias ga bisa diperbaiki dan kalo ada beserta solusinya kalau ada
1 Honda jazz GD3
yang saya pernah perbaiki,kaki2,itu kaki2 sering sekali gluduk2,diperbaiki bolak balik juga ga bisa balik spt barunya masih gluduk2 susah dicari asal masalahnya dimana entah memang kaki2 atau racksteer
yang pernah saya dengar transmisi CVTnya rentan bermasalah,diagnosanya katanya memang kurang bagus transmisinya,ada yang salah oli
2 CRV gen 2 facelift
power steering hidroliknya nya bunyi nguk nguk , katanya emang penyakit power steeringnya crv gen 2
indikator ABS& airbag nyala katanya sih emang modul ABSnya rentan rusak
kaki2 gluduk2
3 Honda jazz GE8
motor spion lipat sering pecah
rembes oli matic entah di mananya
4 mobil2 BMW& Mercy
rajanya overheat dan konsumsi BBMnya ga ada yang seiirit mobil jepang sekelasnya
5 Ford Fiesta
transmisi matic DCTnya rentan rusak
copot cabin filter susah
6 Suzuki Ertiga gen 1
ban bawaan GT radial cepet rusak entah pecah entah cepet aus,pernah pecah di jalan solusi ganti ban yg bagusan
sementara itu dulu yang saya ingat,ntar kalo ada tambahan saya tambahin dibawah
7 Honda Estilo
sering overheat,solusi ganti radiator set yang ukuran panjang dan thermostat secara berkala
8 Honda Grand civic
kaki2 sering bunyi,penyakit suspensi dobel wishbone
9 Honda CIty type Z
kaki2 sering gluduk2,penyakit suspensi dobel wishbone
10 honda Maestro
katanya 4WSnya sering bermasalah
11 Nissan grand livina
sering overheat solusi pake oli 5w keatas
kaki2 sering bunyi dan susah sparepart
12 Nissan Xtrail T30
kaki2 sering bunyi
13 Kijang kapsul bensin
Boros konsumsi BBM
14 Kijang innova bensin
boros abis konsumsi BBMnya
15 Nissan Terrano
konsumsi BBM boros
16 Daihatsu Taft
sering masuk angin solusi jangan sampe solar dibawah 1/3 tangki
17 Suzuki Katana
ga bisa diajak lari,suspensi keras abis biarpun roof tinggi tapi kalo libas polisi tidur kekencengan pasti kejedot kepalanya
18 Isuzu Panther kapsul
ga bisa lari terlalu kencang,suspensi sangat limbung dan sangat empuk sekali
Last edited by zonepublic on 10 Jul 2024, 15:11, edited 3 times in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by ChZ »

keknya lebih baik dibahas di grup mobil / user yang spesifik deh. terlalu luas bahasannya.

tiap problem di mobil itu harus spesifik bahasannya. apalagi mobil sdh umur biasa kausalitasnya banyak bener. kadang nggak bisa dikategorikan bug wong memang wear n tear spt kaki kaki, atau ya kalau sdh beli dari pemilik ke sekian sekian biasa prosedur repairnya nggak tentu sesuai standar kan bisa juga.

kaki kaki dibenerin bunyi lagi? ya itu lebih susah ngomongnya. bengkel A bilang nggak perlu ganti masih bagus, tp siapa tau 2 minggu lagi bunyi. wong komponennya sangat banyak. hari ini link, minggu depan tie rod. kalo ganti semua dan msh bunyi2an lagi antara dibawa reli atau masangnya yang kemaren gak bener.

kalo kausalitasnya ATPM kasi oli gak sesuai standar jadi mobilnya merongrong kan nggak bisa dikasih judul cacat pabrik juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by zonepublic »

sapa tahu trid ini bisa jadi rangkuman pertimbangan dalam membanding2kan pembelian mobil bekas/baru berdasarkan potensi masalahnya,dan langkah2 pencegahan serta potensi biaya untuk pemeliharaannya
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by Chr1stm1 »

Grand livina yang lama => yang L10 kayaknya, itu peredam panas mesin deket firewallnya malah sumber terbakar kalo udah getas, bikin mobil malah kebakaran, untungnya masih deket area kampus dan ada yang sigap bawa APAR gedung.

Wuling confero S ACT:
1. gigi semi automaticnya itu suka error, jadi kayak orang gantung setengah kopling, begitu yg versi full manual malah sering kejadian kopling tepos ( loss )
2. Relay fuel pump dan relay positioning lamp entah kenapa sering banget kena, 1 tahun pasti ganti ( untungnya murah 50rb aja per pcs )

Mazda CX3 2.0 th 2018 =>
1. dust cover shockbreaker belakang gampang patah, saya akalin pake lakban
2. spion serat kanan kiri, tembak silicone spray kalo habis cuci steam
3. kalo buka mesin pas fan radiator lagi hidup kayak oblak2 itu dudukan fan radiator, dari baru kayak gitu

ANR 2018 =>
1. Dari baru stir kayak ada minor glodakan, di cek ATPM saat servis katanya gpp, udah pakai s.d saat ini yah gitu aja, gak tambah parah, cuma kalo kuing kritis yang kedengeran itu glodak ringannya
2. case di saya mungkin bukan bug lebih ke urusan fluida, setelah flush oli matic pakai yang sejenis WS ( kuras matic ke Amsoil ATL ) lebih enak jauhhh, enteng dan gesit serta oli mesin stay di 0w20 jadi enteng, kalau dari baru fluide jenis ini di factory fill ke ANR harusnya stigma lemotnya gak segini gini amat.

AN Veloz 2022 CVT
1. Siulan CVT di speed rendah
2. Kriyit2 di laci dashboard sejak 1 minggu pemakaian
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 638
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by carlzeiss »

Civic Wonder 86 - udah abis biaya lebih dari biaya angkatnya, ga beres beres problem overheatnya
Xenia XI 07 - masuk gigi mundur sering gagal, sampe dijual juga masih sering gagal
Freed ' 10 dan '14 - bunyi pintu PSD nya kriyet kriyet
HRV S '15 - kaki kaki gludukan, racksteer bunyi , akhirnya jual nurutin keknya bakal abis banyak
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27060
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by DOHC »

tret nostalgia lipindut ini namanya

1. fuel sender ngaco
2. corong bensin karatan
3. intermediate shaft joint steer glodakan
4. head lamp berembun
5. gear ratio kelewat alus
6. timing pengapian ngawur
7. bushing crossmember caur
8. link comp pegangan crossmember kiri kanan caur
9. CSC rentan jebol / loss (either dapet yg ampas, atau kena tetesan air aki)
10. umur aki yg cepet tewas
11. Coil bawaan gen awal yg selongsong nya gampang retak (bocor arus), atau matot skalian
12. ngeglitik all the way
13. oli nguap gila2an

fiuhhh cape ngetik nya

solusi nya ?? ganti ke L11 yg ud dual cvtc ama injektor, itu ud lompatan jauh ke depan, at least masalah2 enjin related d atas d stengah nya ilang di L11
Last edited by DOHC on 10 Jul 2024, 16:39, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 150
Joined: 26 Jan 2016, 09:24

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by YaS »

ada tret serupa ini ini dulu, sudah lumayan lengkap yang kasih review negatif mobilnya: viewtopic.php?p=1253444&hilit=sharing+negatif#p1253444
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1568
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by MSU »

Chr1stm1 wrote: 10 Jul 2024, 15:43 Grand livina yang lama => yang L10 kayaknya, itu peredam panas mesin deket firewallnya malah sumber terbakar kalo udah getas, bikin mobil malah kebakaran, untungnya masih deket area kampus dan ada yang sigap bawa APAR gedung.

Wuling confero S ACT:
1. gigi semi automaticnya itu suka error, jadi kayak orang gantung setengah kopling, begitu yg versi full manual malah sering kejadian kopling tepos ( loss )
2. Relay fuel pump dan relay positioning lamp entah kenapa sering banget kena, 1 tahun pasti ganti ( untungnya murah 50rb aja per pcs )

Mazda CX3 2.0 th 2018 =>
1. dust cover shockbreaker belakang gampang patah, saya akalin pake lakban
2. spion serat kanan kiri, tembak silicone spray kalo habis cuci steam
3. kalo buka mesin pas fan radiator lagi hidup kayak oblak2 itu dudukan fan radiator, dari baru kayak gitu

ANR 2018 =>
1. Dari baru stir kayak ada minor glodakan, di cek ATPM saat servis katanya gpp, udah pakai s.d saat ini yah gitu aja, gak tambah parah, cuma kalo kuing kritis yang kedengeran itu glodak ringannya
2. case di saya mungkin bukan bug lebih ke urusan fluida, setelah flush oli matic pakai yang sejenis WS ( kuras matic ke Amsoil ATL ) lebih enak jauhhh, enteng dan gesit serta oli mesin stay di 0w20 jadi enteng, kalau dari baru fluide jenis ini di factory fill ke ANR harusnya stigma lemotnya gak segini gini amat.

AN Veloz 2022 CVT
1. Siulan CVT di speed rendah
2. Kriyit2 di laci dashboard sejak 1 minggu pemakaian
Om...yg an peloz cvt ada siulan...dulu avz 1.3 saya jg sama...
Coba cek level oli matiknya...pas panas hampir di titik atas..
Saya isi pake DGO cvt fluid berhubung TMO ga sediain kemasan 1 liter
Yang masih ga ilang kadang nyendul2 matiknya...tp udh minim banget
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by masaudie »

Om, bmw & mercy rentan overheat itu buat yg udah berumur apa yg unit2 baru juga kah?

Pengalaman saya:

Inofa bensin dono GNKI (2015):
-ngelitik gak ilang2
-Kadang kecium bau knalpot dari dalem mobil terutama di row3/bagasi
-bensin masih bs dapet 1:8 keatas, lumayan gak boros2 amat
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1890
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by darrelund »

DOHC wrote: 10 Jul 2024, 16:36 tret nostalgia lipindut ini namanya

1. fuel sender ngaco
2. corong bensin karatan
3. intermediate shaft joint steer glodakan
4. head lamp berembun
5. gear ratio kelewat alus
6. timing pengapian ngawur
7. bushing crossmember caur
8. link comp pegangan crossmember kiri kanan caur
9. CSC rentan jebol / loss (either dapet yg ampas, atau kena tetesan air aki)
10. umur aki yg cepet tewas
11. Coil bawaan gen awal yg selongsong nya gampang retak (bocor arus), atau matot skalian
12. ngeglitik all the way
13. oli nguap gila2an

fiuhhh cape ngetik nya

solusi nya ?? ganti ke L11 yg ud dual cvtc ama injektor, itu ud lompatan jauh ke depan, at least masalah2 enjin related d atas d stengah nya ilang di L11
klo ada lemon law kykna isi gugatannya livina L10 semua :big_biglaugh:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by zonepublic »

YaS wrote: 10 Jul 2024, 16:37 ada tret serupa ini ini dulu, sudah lumayan lengkap yang kasih review negatif mobilnya: viewtopic.php?p=1253444&hilit=sharing+negatif#p1253444
Wah iya,udah ada yg bikin ,tp ga pernah keangkat,ya udah bebas lah mau disana mau disini yg penting bisa jadi wadah informasi
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by Chr1stm1 »

MSU wrote: 10 Jul 2024, 18:06
Chr1stm1 wrote: 10 Jul 2024, 15:43 Grand livina yang lama => yang L10 kayaknya, itu peredam panas mesin deket firewallnya malah sumber terbakar kalo udah getas, bikin mobil malah kebakaran, untungnya masih deket area kampus dan ada yang sigap bawa APAR gedung.

Wuling confero S ACT:
1. gigi semi automaticnya itu suka error, jadi kayak orang gantung setengah kopling, begitu yg versi full manual malah sering kejadian kopling tepos ( loss )
2. Relay fuel pump dan relay positioning lamp entah kenapa sering banget kena, 1 tahun pasti ganti ( untungnya murah 50rb aja per pcs )

Mazda CX3 2.0 th 2018 =>
1. dust cover shockbreaker belakang gampang patah, saya akalin pake lakban
2. spion serat kanan kiri, tembak silicone spray kalo habis cuci steam
3. kalo buka mesin pas fan radiator lagi hidup kayak oblak2 itu dudukan fan radiator, dari baru kayak gitu

ANR 2018 =>
1. Dari baru stir kayak ada minor glodakan, di cek ATPM saat servis katanya gpp, udah pakai s.d saat ini yah gitu aja, gak tambah parah, cuma kalo kuing kritis yang kedengeran itu glodak ringannya
2. case di saya mungkin bukan bug lebih ke urusan fluida, setelah flush oli matic pakai yang sejenis WS ( kuras matic ke Amsoil ATL ) lebih enak jauhhh, enteng dan gesit serta oli mesin stay di 0w20 jadi enteng, kalau dari baru fluide jenis ini di factory fill ke ANR harusnya stigma lemotnya gak segini gini amat.

AN Veloz 2022 CVT
1. Siulan CVT di speed rendah
2. Kriyit2 di laci dashboard sejak 1 minggu pemakaian
Om...yg an peloz cvt ada siulan...dulu avz 1.3 saya jg sama...
Coba cek level oli matiknya...pas panas hampir di titik atas..
Saya isi pake DGO cvt fluid berhubung TMO ga sediain kemasan 1 liter
Yang masih ga ilang kadang nyendul2 matiknya...tp udh minim banget

Thanks infonya Om, saya coba jajal dulu..
Miracle9000
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 17 May 2016, 11:16

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by Miracle9000 »

DOHC wrote: 10 Jul 2024, 16:36 tret nostalgia lipindut ini namanya

1. fuel sender ngaco
2. corong bensin karatan
3. intermediate shaft joint steer glodakan
4. head lamp berembun
5. gear ratio kelewat alus
6. timing pengapian ngawur
7. bushing crossmember caur
8. link comp pegangan crossmember kiri kanan caur
9. CSC rentan jebol / loss (either dapet yg ampas, atau kena tetesan air aki)
10. umur aki yg cepet tewas
11. Coil bawaan gen awal yg selongsong nya gampang retak (bocor arus), atau matot skalian
12. ngeglitik all the way
13. oli nguap gila2an

fiuhhh cape ngetik nya

solusi nya ?? ganti ke L11 yg ud dual cvtc ama injektor, itu ud lompatan jauh ke depan, at least masalah2 enjin related d atas d stengah nya ilang di L11
No 13 pernah ngalamin sendiri. Bawa mobil temen kantor. Si temen ini typical ngerawat mobil yg cuma ganti oli, itu pun di toko oli jaman jadul, bukan bengkel yg proper. Olinya pun rasanya jg pake yg paling murah meriah. Waktu itu karena ada keperluan kerjaan, pergi berdua bawa mobil L10 ini. Baru jalan 20 menit, di tol 5 menit. Meledak dong mesinnya. Tiba2 keluar asap. Mogok gk bisa jalan wkwk. Setelah di cek ternyata oli nya abis
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by ChZ »

masaudie wrote: 10 Jul 2024, 19:37 Om, bmw & mercy rentan overheat itu buat yg udah berumur apa yg unit2 baru juga kah?
nah ini yang sy bilang kausalitasnya harus jelas dulu.

overheat itu berpotensi terjadi di mobil apapun. sy pernah ada case brio 2014 overheat di tahun ke-3. problemnya karena brio manual extrafan cuma 1 jadi begitu mampus ya rentan overheat. beda dgn brio matic.

kalau BMW generasi mesin lawas (sblm generasi F30) itu desain sistem pendinginannya rada kacrut. di E46 pendinginan ATF nyatu sama radiator, jadi bayangin kerja radiator seberapa berat.

trus karena pake tutup 200 kPa jadi tekanan nggak kunjung di release. yang mampus apa? banyak case tabungnya terbelah begitu visco fan nya lemah sedikit. spek radiator BMW dan mercy itu sama kok untuk 150 kPa tp tutup BMW ngelepasnya di 200. jadi gak heran BMW kesannya lebih rentan overheating.

di E39 ngga gitu karena punya external cooler. dan saya jamin nggak normal E39 langganan overheat kecuali emang beruntun rusaknya. hari ini radiator bocor, besoknya ada pipa getas, minggu depan waterpump kena, minggu depannya lagi thermostat gak bekerja. kalau mekaniknya pinter ya dicek semua potensi2 ini lebih baik ganti semua sistem...

tp mekanik bilang gini kan nanti katanya perawatan BMW mahal... padahal part BMW itu murah meriah. nggak lebih mahal dari sedan jepang seumuran apalagi sekarang gampangan rawat E39 daripada galant atau accord.

================================

yang sy tau memang factory defect. dihitung dari % case dan usage. kalau kejadian di 1-2 thn usage ya nggak bisa dibilang defect kecuali declared by the manufacturer (recall), atau di versi berikutnya (LCI / facelift) ada perubahan krn biasanya emang itu hidden defect yang dibiarkan dan sulit dibuktikan.

kalo nggak di recall? ya nasib.

Honda HRV RU1/RU5
- design front lower arm yang bikin bushing cepet kena.

Honda CRV RW1/3 (2017)
- tombol gearbox patah (recall issued)
- EPS gearbox defect (recall issued)
*Revised in 2018 mid - 2023 model

Mitsu Xpander pre-facelift
- idle up AC nggak stabil, ECU seperti telat ngirim sinyal kalau AC on jadi mobil bisa ngegas begitu AC nyala. terakhir kompresor AC saya kena, terjadi cukup parah sampe saya mundur mobilnya ngegas2 terus. dari mitsu nggak ada recall.
- shock absorber rentan bocor, ntah sudah recall issued apa belum. cuma di facelift CVT sudah dibuat lebih keras katanya krn keempukan per jadi bikin shock cepat bocor.

Nissan X-Trail T32 (2015)
- per terlalu keras jadi bikin kaki kaki cepet mampus. di 25k kilometer sy udah ganti link stabil dan shock 4-4nya + sensor ABS.
*Revised in 2016 and up model.

Nissan Kicks e-Power (2021)
- ntah algoritma charging atau batterynya memang terlalu kecil sehingga sering charge = makan umur battery, fuel cons bisa drop sekitar 20% dari awal pemakaian di tahun ke-2. di versi faceliftnya kapasitas battery diperbesar. suspect memang defect yang versi awal.
*Revised in 2023 model

any BMW with N20 engine
- Timing chain guide dari plastic, rentan getas di 60k - 80k kilometer.
*Revised in LCI 2016 up model.

lainnya blom nemu / blom pernah pake... atau case nya nggak jelas antara usage atau memang defect.
Last edited by ChZ on 11 Jul 2024, 10:08, edited 5 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by ChZ »

DOHC wrote: 10 Jul 2024, 16:36 tret nostalgia lipindut ini namanya

1. fuel sender ngaco
2. corong bensin karatan
3. intermediate shaft joint steer glodakan
4. head lamp berembun
5. gear ratio kelewat alus
6. timing pengapian ngawur
7. bushing crossmember caur
8. link comp pegangan crossmember kiri kanan caur
9. CSC rentan jebol / loss (either dapet yg ampas, atau kena tetesan air aki)
10. umur aki yg cepet tewas
11. Coil bawaan gen awal yg selongsong nya gampang retak (bocor arus), atau matot skalian
12. ngeglitik all the way
13. oli nguap gila2an

fiuhhh cape ngetik nya

solusi nya ?? ganti ke L11 yg ud dual cvtc ama injektor, itu ud lompatan jauh ke depan, at least masalah2 enjin related d atas d stengah nya ilang di L11
gimana ngga panas mbah, thermostat ngebukanya macem mesin M43 BMW, tapi olie cuma pake 3 leter. ya nguap lah oli lama lama :mky_07: ud gitu usernya di rentang pengguna baru pake apansa inopa yg taunya ganti oli doank.

mesin ahond turbo lebih pinter ngatur pendinginannya biarpun olie cuma pake 3.7 leter. itu aja waktu masih pake oli standar yang gold ada kasus nguap juga :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 555
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by thestoneroses »

masaudie wrote: 10 Jul 2024, 19:37 Om, bmw & mercy rentan overheat itu buat yg udah berumur apa yg unit2 baru juga kah?

Pengalaman saya:

Inofa bensin dono GNKI (2015):
-ngelitik gak ilang2
-Kadang kecium bau knalpot dari dalem mobil terutama di row3/bagasi
-bensin masih bs dapet 1:8 keatas, lumayan gak boros2 amat
saya bisa jawab merc 90an:

M104 dan m103 yang saya pakai engga pernah overheat sama sekali. Boros ya iya, semua merc saya 1:4/5.
W140 thn 2022 ganti radiator baru, saya ganti karena bocor. Pas bocor juga engga overheat, naik doang itu temp. Ketahuan bocor di Semarang, bawa ke blok m masih gpp, ganti di sana.

Justru saya pernah operhit pakai 406 d9, di kandang macan taman safari. Haha
Ron Asheton Forever
kemalmakbar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: 10 Oct 2017, 19:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by kemalmakbar »

Berdasarkan pengalaman saya:

Xenia X 1.3 Manual 2012 (non-airbag) (Dijual pada Juli 2019):
Blower baris ke-2 yang kisi AC-nya paling kanan hembusan anginnya terlalu lemah meski speed fannya sudah diset paling kencang (posisi speed 3).
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2625
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 11 Jul 2024, 09:34
masaudie wrote: 10 Jul 2024, 19:37 Om, bmw & mercy rentan overheat itu buat yg udah berumur apa yg unit2 baru juga kah?
================================

yang sy tau memang factory defect. dihitung dari % case dan usage. kalau kejadian di 1-2 thn usage ya nggak bisa dibilang defect kecuali declared by the manufacturer (recall), atau di versi berikutnya (LCI / facelift) ada perubahan krn biasanya emang itu hidden defect yang dibiarkan dan sulit dibuktikan.

kalo nggak di recall? ya nasib.

Honda HRV RU1/RU5
- design front lower arm yang bikin bushing cepet kena.

Honda CRV RW1/3 (2017)
- tombol gearbox patah (recall issued)
- EPS gearbox defect (recall issued)
*Revised in 2018 mid - 2023 model

Mitsu Xpander pre-facelift
- idle up AC nggak stabil, ECU seperti telat ngirim sinyal kalau AC on jadi mobil bisa ngegas begitu AC nyala. terakhir kompresor AC saya kena, terjadi cukup parah sampe saya mundur mobilnya ngegas2 terus. dari mitsu nggak ada recall.
- shock absorber rentan bocor, ntah sudah recall issued apa belum. cuma di facelift CVT sudah dibuat lebih keras katanya krn keempukan per jadi bikin shock cepat bocor.

Nissan X-Trail T32 (2015)
- per terlalu keras jadi bikin kaki kaki cepet mampus. di 25k kilometer sy udah ganti link stabil dan shock 4-4nya + sensor ABS.
*Revised in 2016 and up model.

Nissan Kicks e-Power (2021)
- ntah algoritma charging atau batterynya memang terlalu kecil sehingga sering charge = makan umur battery, fuel cons bisa drop sekitar 20% dari awal pemakaian di tahun ke-2. di versi faceliftnya kapasitas battery diperbesar. suspect memang defect yang versi awal.
*Revised in 2023 model

any BMW with N20 engine
- Timing chain guide dari plastic, rentan getas di 60k - 80k kilometer.
*Revised in LCI 2016 up model.
#1. Terbukti generasi suatu vehicles (apapun) begitu facelift/LCI /PI jadi diperbaikin smua deffect2 sebelomnya

#2. Sebisa mungkin hindari first batch production. Apalagi CKD :big_weee:

Kek gw nih lg nungguin zenix improvement, pasti ada aja ntar yg di refine. Klo beli yg model skarang ya sayang. Udh beredar dari 2022 akhir soalnya :mrgreen:

#3. Paling bagus beli last batch vehicles. Contoh: F30 LCI 2019 varian M-sport shadow. F10 LCI 2016 (ud dpt spido 6wb); Civic Turbo HB FK4 RS (taon 2020 yg knalpot kluar tengah 2 biji)
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 11 Jul 2024, 12:30 #1. Terbukti generasi suatu vehicles (apapun) begitu facelift/LCI /PI jadi diperbaikin smua deffect2 sebelomnya

#2. Sebisa mungkin hindari first batch production. Apalagi CKD :big_weee:

Kek gw nih lg nungguin zenix improvement, pasti ada aja ntar yg di refine. Klo beli yg model skarang ya sayang. Udh beredar dari 2022 akhir soalnya :mrgreen:

#3. Paling bagus beli last batch vehicles. Contoh: F30 LCI 2019 varian M-sport shadow. F10 LCI 2016 (ud dpt spido 6wb); Civic Turbo HB FK4 RS (taon 2020 yg knalpot kluar tengah 2 biji)
bayangin ente first buyer, dikerjain repot bolak balik bengkel, user beda taun pake tuh mobil lancar jaya.

facelift itu paling enak buat silent improvement :mky_07: peratiin aja kalo tiba tiba mobil baru keluar 1 taun langsung improvement itu artinya emang ada cacat tersembunyi :mky_07: kaizen sih kaizen tapi benerinnya ya next batch lah enak aja recall kalo gak bahaya buat ente puas puasin aja ke bengkel claim warranty msh ada kan :mky_07:

kalo sifatnya aksesori bukan engine / transmission apalagi hardware biasanya cepet mbah. paling 1-2 taon udah bener. kek civic FC/FK 2017 udah ga problem ACnya tapi dia rilis versi HB dulu gak cuan yekan batch produksinya kalo cuma buat benerin ACnya versi sedan :mky_07:

kalo hardware berat macem mesin/transmisi ya nanti nanti dulu lah, kite keluarin model LCI dulu kek N20 ke B48, yg pake N20 dikutuk timing chain jadi barang consumables, diketawain ma propesor2 jepang sejak kapan timing chain gantinya per 80 rebu :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1890
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by darrelund »

ChZ wrote: 11 Jul 2024, 09:34
Honda HRV RU1/RU5
- design front lower arm yang bikin bushing cepet kena.
klo ini bukannya krn HPM nyunat karet bushing kecil di bushing low arm gedenya ya mbah?, yg bikin bushingnya lebih rigid klo ada insert karetnya

dan pas peslip ditambahin

heran gituan disunat :big_biglaugh:
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 877
Joined: 20 Aug 2008, 17:42

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by wenk »

darrelund wrote: 11 Jul 2024, 14:02
ChZ wrote: 11 Jul 2024, 09:34
Honda HRV RU1/RU5
- design front lower arm yang bikin bushing cepet kena.
klo ini bukannya krn HPM nyunat karet bushing kecil di bushing low arm gedenya ya mbah?, yg bikin bushingnya lebih rigid klo ada insert karetnya

dan pas peslip ditambahin

heran gituan disunat :big_biglaugh:
Heran apa om sama HPM, wong filter AC aja yg 20 ribuan di sunat.... :big_weee:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by ChZ »

darrelund wrote: 11 Jul 2024, 14:02
klo ini bukannya krn HPM nyunat karet bushing kecil di bushing low arm gedenya ya mbah?, yg bikin bushingnya lebih rigid klo ada insert karetnya

dan pas peslip ditambahin

heran gituan disunat :big_biglaugh:
nah itu maksudnya mbah maap lupa, bushing karet disunat deng :mky_07:

btw tadi ane barusan dari bengkel ganti oli, owner nya punya haervi RS rack dan columnya masalah tuh. doi punya 10 rebu udah bunyi2. ama bengkel resmi dibilang unit TD beres juga udah ganti 2 kali.

ud stress keknya mau dijual aja abis ini :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1890
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by darrelund »

wenk wrote: 11 Jul 2024, 14:07
Heran apa om sama HPM, wong filter AC aja yg 20 ribuan di sunat.... :big_weee:
mau heran tp ya gimana

ud bingung kli yak apalg yg mau disunat

mungkin krn anggep manusia ud punya HEPA filter pemberian tuhan makanya filter ac disunat

oe aja 2 taon, dibuka itu filter ac ud item debu doank. pernah beberapa saat iseng gapake pilter. langsung pilek, krn debunya :big_biglaugh:
ChZ wrote: 11 Jul 2024, 14:14
nah itu maksudnya mbah maap lupa, bushing karet disunat deng :mky_07:

btw tadi ane barusan dari bengkel ganti oli, owner nya punya haervi RS rack dan columnya masalah tuh. doi punya 10 rebu udah bunyi2. ama bengkel resmi dibilang unit TD beres juga udah ganti 2 kali.

ud stress keknya mau dijual aja abis ini :mky_07:
di kasusnya RU emg cacatnya dibuat buat :big_biglaugh:

RS doank ya mbah? SE jarang denger. kabarna kan rack stirnya beda bukan mbah? beda rasio yg RS lebih direct

klo column siy kurang hoki kykna, masda oe jg perna claim steering column :big_biglaugh:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: 09 Feb 2017, 13:54

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by gwsecretc »

Bug mobil yang pernah sy alami:

Innova 2.0 V M/T (2010)
1. Minyak rem sering susut, jadi lampu handrem sering nyala, mulai nampak di tahun kedua pemakaian. ga tau bocor dimana, ngga sempet cek/klaim keburu dijual mobilnya.

Innova Reborn 2.4 V M/T (2016)
1. Turbo putu dan rem getar di km 10rban -> klaim twc turbo. Untuk disc rotor beres mau rematching dulu kalo gagal baru twc, akhirnya sy gamau repot jadi beli disc rotor baru di beres lain dan pasang di bengkel teman. Aman sampai mobil dijual.
2. Shifting gigi 2 keras -> ganti mtf 75w90 rada enakan shifting nya.
3. Corner sensor sering bunyi sendiri -> ga sempat di twc karena mobil keburu dijual.
4. Shock kiri depan bocor -> klaim twc tapi hanya diganti yang bocor.

CRV 1.5 Turbo Prestige (2017)
1. Tombol shift knob patah -> diganti free, pas ada recall diganti lagi jadi 2x ganti, aman sampai sekarang.
2. Stir bunyi krek" pas kondisi putar mentok -> eps gearbox bermasalah dan kebetulan gejala muncul pas sudah ada recall, diganti gratis dan aman sampai sekarang.
3. Kaca keempat pintu sering bunyi pas nutup -> disemprot silicon ga mempan, akhirnya bongkar doortrim dikasih grease di area rel naik turun kaca dan setel ulang kekencangan baut penahan kaca dan baut dudukan motor power window baru aman.
4. Headunit lemot dan sering hang -> update software di beres, rada mendingan tapi terkadang masih hang. Akhirnya ganti HU kenwood.
5. Road noise -> pasang peredam di lantai+pintu+fender, rada mendingan tapi masih agak berisik. Saya dah pasrah utk hal ini.

Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 (2018)
1. Laci dashbor sering nyangkut, udah coba diperbaiki ke beres tapi masih nyangkut juga sampai mobil dijual.
2. Rem getar di km 3rban -> beres mau rematching disc rotor, ane tolak dan email mmksi, jadi diganti disc rotor baru, aman sampai mobil dijual.
3. Idle up ac pernah error -> posisi netral ac on rpm ga naik, balik normal sendiri gatau knp.
4. Cat di bumper depan dan pintu kiri depan rada belang. Pas dijual sampai dikira showroom yang beli kalo ni mobil bekas repaint.

Innova Reborn 2.4 V A/T Pre FL (2020)
1. Mika lampu sein kiri depan sering berembun -> klaim twc ganti sein housing set baru, aman sampai sekarang.
2. Corner sensor sering bunyi sendiri dan ada yang mati -> klaim twc pertama aman, sudah 2 tahun kambuh lagi, twc lagi tapi malah mati total, akhirnya twc lagi full set sensor dan modul, aman sampai sekarang.
3. Panel saklar power window door trim depan kanan kiri ada bunyi sedikit pas naik turun power window, dibiarin karena bunyi ga terlalu parah.

Fortuner 2.8 GR Sport 4x2 (2022)
1. Kamera 360 sering error pelangi kayak siaran tv jadul -> Klaim twc ganti modul 360, sempat aman tapi kambuh error lagi di twc lagi, sempat aman tapi sekarang kambuh lagi bedanya error sebentar langsung normal sendiri. Rencana mau twc lagi pas servis berkala.

L300 Pickup Flat Deck (2015)
1. Aki cepet tewas, hanya bertahan 1 tahun lebih sedikit (baik aki bawaan atau aki gs). Ganti amaron rada mendingan bisa bertahan 2 tahunan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15956
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: "Bug/cacat" pada mobil yang anda alami/ketahui entah pernah memiliki atau dapat info beserta solusi kalau ada

Post by ChZ »

darrelund wrote: 11 Jul 2024, 14:26
di kasusnya RU emg cacatnya dibuat buat :big_biglaugh:

RS doank ya mbah? SE jarang denger. kabarna kan rack stirnya beda bukan mbah? beda rasio yg RS lebih direct

klo column siy kurang hoki kykna, masda oe jg perna claim steering column :big_biglaugh:
iya mbah :mky_03: katanya RS banyak yang kena termasuk mobil test drivenya sendiri lawak dah :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post