Merawat atau mengganti rb3

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rhanugaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 10 May 2015, 22:06

Merawat atau mengganti rb3

Post by Rhanugaulia »

Permisi.. (sorry panjang)
Saya pengguna rb3
Selama ini tidak begitu mempersoalkan bbm, karena hanya digunakan untuk mobil weekend..
Utamanya hanya anjem anak dan sesekali keluar sore cari angin.
.
Nahh masalahnya adalah
Saat ini saya harus menempuh jarak 130 - 140 km pp senin - sabtu (kondisi jalan corr mulus hutan lintas kecamatan, sangat lapang, dan sepi jadi speed bisa stabil)
dan minggu kemungkinan keluar kota untuk refresh anak istri.
.
Setelah diskusi ada opsi untuk mengganti rb3 ini ke
- 2012 Scirocco
- 2013 CRZ
- 2014 Fiat 500
- 2017 CHR
- 2024 Agya GR
dan beberapa pilihan (yang mungkin irit) yang belum terfikirkan..
.
Tapiiiii hati dan jiwa saya meronta hehe
Terasa sangat teramat begitu berat
Dan ada nuansa tidak rela melepas rb3
Jadi sepertinya rb3 akan kami gunakan sampai ada cukup rejeki untuk ambil mobil lagi.
.
Masalahnya dengan tempuhan jarak tersebut, rb3 saya sangat berkerabat dekat dengan pertamina..
record terbaik saya (kaki beretika, sopan, sekolah S2) adalah 10lt Pertamax Turbo
sisanya variatif lebih hahaha
.
Selama ini hanya servis rutin berkala ringan saja..
Terfikir untuk servis total di Beres.
Untuk non Beres belum saya temukan yang betul-betul dedicated ke Odyssey jadi sementara hanya Beres..
Saya tinggal di Bojonegoro Jawa Timur, monggo kalo ada rekomendasi non Beres hehe
.
Nah pertanyaanya adalah
Baiknya apa saja yang saya ganti atau perbarui atau tambahkan untuk membuat rb3 saya dalam kondisi terbaik dan paling prima??
Siapa tau bisa lebih irit karena kondisi mesin yang baik dan prima tersebut.
.
Mohon pencerahan dan masukannya..
Kiranya Om-Om semua sehat, bahagia, dan berlimang harta..
.
Terima Kasih
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Kaleng »

Di beres apakah semua item dan jasa diambil atau sudah om pilih-pilih? Jika iya, coba diubah supaya yang tidak perlu dikeluarkan dari list.
Ada saudara saya tipe ikuti beres, dia mengeluh setiap service hrv habis 4-5 juta.

Utk yg rutin ganti oli mesin, minyak rem, radiator coolant di luar beres saja om, trus penghematannya buat bbm.
Rhanugaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 10 May 2015, 22:06

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Rhanugaulia »

Kaleng wrote: 08 May 2024, 13:15 Di beres apakah semua item dan jasa diambil atau sudah om pilih-pilih? Jika iya, coba diubah supaya yang tidak perlu dikeluarkan dari list.
Ada saudara saya tipe ikuti beres, dia mengeluh setiap service hrv habis 4-5 juta.

Utk yg rutin ganti oli mesin, minyak rem, radiator coolant di luar beres saja om, trus penghematannya buat bbm.
Rencana dicek dulu.. apa saja yang diperlukan, kalau harus ganti mungkin minta nomer seri part dan beli online biar lebih hemat haha
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5731
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by sintoni »

RB3 ke Agya sih kerasa downgrade. Haha.

Kalau ane sih keep aja RB3nya.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3472
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by kendibocor »

TB3 apa ga bisa minum pertamax om? Drngan pemakaian setinggi itu mungkin bisa hemat signifikan pengeluaran bbmnya. Dari pilihan om yg dipertimbangkan kok agak2 “langka” semua ya, kecuali agya. Coba survey dlu apa gampang dapet part2nya kalo ada kerusakan. Kalo ke agya sih downgradenya jauh bener yak. Ibarat biasa makan wagyu dikasih daging lokalan lg takutnya ga cocok sesuai selera (no offence bwat user agya).

Om kalo mo restorasi rb3 boleh DM saya, kebetulan temen ada yg masukin copotan dari jepang langsung, beberapa bengkel spesialis oddy jg ambil sama dia. Tp ya ga semua part ada yah (bukan promosi) tp siapa tau aja ada yg pas ada.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2557
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by KielConstantine »

Dari oddy rb3 ke scirocco sama crz bukannya malah ngurang jumlah orang yg bisa dibawa ya om? Itu kan sports car 2 seater :e-think:

Paling banter dari rb3 ya oddy lg yg (rc1) last gen 2017. Atau misal dirasa kegedean rc1 kaya bawa gunung, skalian ke Accord (cv) turbo 2019 lebih mantep dah. Bisa bawa keluarga jg tuh
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15687
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by ChZ »

kalau saya baca si om rada sentimental sama RB nya mau dituker maju mundur... terus sepertinya gak keberatan dengan maintenance cost buat ngebagusin. saran si lebih baik gak usah daripada nyesel om :upss:

sebenernya asal selama ini preventif jalan gak perlu gimana-gimana kok om lakuin yang biasanya aja paling kalau yg bengkel honda sering lupa itu stel klep. bengkel honda sini kalo gak ada keluhan kebiasaan gak distel klep.

kecuali ada kemauan specific balikin refresh total ya overhaul mesin dan matic di blueprinting... :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by zonepublic »

kok kaya sepupu saya dulu di bojonegoro pake rb3 juga,akhirnya dijual
Mesin k24 honda emang gitu,mau diiritin kaya gimana ya ga bisa
Saran saya sih jual rb3nya ganti innova disel matic kalo mau irit&muat banyak,itu aja solusinya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4611
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Pboyz97 »

Rhanugaulia wrote: 08 May 2024, 13:07 Permisi.. (sorry panjang)
Saya pengguna rb3
Selama ini tidak begitu mempersoalkan bbm, karena hanya digunakan untuk mobil weekend..
Utamanya hanya anjem anak dan sesekali keluar sore cari angin.
.
Nahh masalahnya adalah
Saat ini saya harus menempuh jarak 130 - 140 km pp senin - sabtu (kondisi jalan corr mulus hutan lintas kecamatan, sangat lapang, dan sepi jadi speed bisa stabil)
dan minggu kemungkinan keluar kota untuk refresh anak istri.
.
Setelah diskusi ada opsi untuk mengganti rb3 ini ke
- 2012 Scirocco
- 2013 CRZ
- 2014 Fiat 500
- 2017 CHR
- 2024 Agya GR
dan beberapa pilihan (yang mungkin irit) yang belum terfikirkan..
.
Tapiiiii hati dan jiwa saya meronta hehe
Terasa sangat teramat begitu berat
Dan ada nuansa tidak rela melepas rb3
Jadi sepertinya rb3 akan kami gunakan sampai ada cukup rejeki untuk ambil mobil lagi.
.
Masalahnya dengan tempuhan jarak tersebut, rb3 saya sangat berkerabat dekat dengan pertamina..
record terbaik saya (kaki beretika, sopan, sekolah S2) adalah 10lt Pertamax Turbo
sisanya variatif lebih hahaha
.
Selama ini hanya servis rutin berkala ringan saja..
Terfikir untuk servis total di Beres.
Untuk non Beres belum saya temukan yang betul-betul dedicated ke Odyssey jadi sementara hanya Beres..
Saya tinggal di Bojonegoro Jawa Timur, monggo kalo ada rekomendasi non Beres hehe
.
Nah pertanyaanya adalah
Baiknya apa saja yang saya ganti atau perbarui atau tambahkan untuk membuat rb3 saya dalam kondisi terbaik dan paling prima??
Siapa tau bisa lebih irit karena kondisi mesin yang baik dan prima tersebut.
.
Mohon pencerahan dan masukannya..
Kiranya Om-Om semua sehat, bahagia, dan berlimang harta..
.
Terima Kasih
kalo non beres harusnya kalo mereka biasa handle crv, civic atau accord harusnya bs, secara kaki2, mesin or maticnya setau saya common parts. paling remap atau tambah stutbar stabilizer buat nambah parts . kalo dari semua opsi ya saya vote CHR. aftersales paling aman di daerah tempat om tinggal & tahunnya termasuk yg muda + gc nya paling tinggi jg dibanding yg lain. kalo agya ya entah knp kok downgrade jauh ya walaupun baru jg kalo dari RB3. kalo saya jadi om, dan tinggal di jatim. saya akan ambil opsi trio ladder, innova grand atau barong/ reborn diesel matic tipe g, fortuner vnt or pajero dakar. atau kalo mau monokok. CRV RE/RM 2.4 bs jadi opsi yg cukup menarik jg + kalo emg mau tetep mpv sliding door. bisa consider voxy 80 or alphvell gen 2
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Andhyka »

Sebagai pengguna Innova diesel matic dan Voxy, saran saya pakai terus aja Odyssey RB3-nya.

Voxy walau mesin kecil 2000cc cuma mencapai 12-13 km/l di jalan tol karena bentuknya kotak gak aerodinamis. Innova reborn juga kisaran 17-18 km/l.

Mobil yg satunya V6 mesin 3700cc dapet 11-12km/l di tol dgn kecepatan stabil 80-120. Selisih cuma 1 km/l dgn Voxy.

Jadi yg menentukan konsumsi bbm ada banyak hal termasuk drag coefficient, transmisi, rpm mesin. Coba cek saat gigi 5 kecepatan apa yg paling tinggi tetapi rpmnya masih <= 2000.

Servis ringan tetapi sangat pengaruh pada performa yaitu ganti filter udara tiap 1-2 thn (filter udara mampet bikin boros), ganti oli matic tiap 2-3 thn dan buka bak (gak usah flush), ganti busi, bersihkan MAF sensor dan throttle body.
Rhanugaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 10 May 2015, 22:06

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Rhanugaulia »

sintoni wrote: 08 May 2024, 13:47 RB3 ke Agya sih kerasa downgrade. Haha.

Kalau ane sih keep aja RB3nya.
Iya karena itu mau segerin rb3nya seseger-segernya seger
kendibocor wrote: 08 May 2024, 14:48 TB3 apa ga bisa minum pertamax om? Drngan pemakaian setinggi itu mungkin bisa hemat signifikan pengeluaran bbmnya. Dari pilihan om yg dipertimbangkan kok agak2 “langka” semua ya, kecuali agya. Coba survey dlu apa gampang dapet part2nya kalo ada kerusakan. Kalo ke agya sih downgradenya jauh bener yak. Ibarat biasa makan wagyu dikasih daging lokalan lg takutnya ga cocok sesuai selera (no offence bwat user agya).

Om kalo mo restorasi rb3 boleh DM saya, kebetulan temen ada yg masukin copotan dari jepang langsung, beberapa bengkel spesialis oddy jg ambil sama dia. Tp ya ga semua part ada yah (bukan promosi) tp siapa tau aja ada yg pas ada.
Iya Om ini dianjurin pake pertamax, cuma karena kebiasaan aja isi turbonya..
Kedepan akan pake pertamax hehe
.
Lebih ke opsi sih Om.. pikir saya kalo terpaksa lepas, ambilnya hb bagusan
Kalo ternyata tar abis tune up total, fuel consnya jadi lebih baik ya keep rb3, kalo rejekinya uda ngumpul ambil brio dd1
Rencananya begituu..
Saya prefer opsi kedua sih hahahaha
.
Siappp noted Om.. makasih info rekomendasinya
KielConstantine wrote: 08 May 2024, 15:03 Dari oddy rb3 ke scirocco sama crz bukannya malah ngurang jumlah orang yg bisa dibawa ya om? Itu kan sports car 2 seater :e-think:

Paling banter dari rb3 ya oddy lg yg (rc1) last gen 2017. Atau misal dirasa kegedean rc1 kaya bawa gunung, skalian ke Accord (cv) turbo 2019 lebih mantep dah. Bisa bawa keluarga jg tuh
Kalo akhirnya opsi lepas rb3, penggantinya bagusan yg dedicated buat daily Om..
Sambil nabung buat cari 7seater lagi..
.
Kalo keep rb3 ya nantinya ambil brio dd1 hehe
.
Sementara harapan saya terbesar, bisa bagusin mesinnya rb3 ini dulu..
Terlalu cinta saya untuk melepasnya..
Semoga endingnya tetep keep rb3 dan ambil brio nantinya hahaha
ChZ wrote: 08 May 2024, 15:20 kalau saya baca si om rada sentimental sama RB nya mau dituker maju mundur... terus sepertinya gak keberatan dengan maintenance cost buat ngebagusin. saran si lebih baik gak usah daripada nyesel om :upss:

sebenernya asal selama ini preventif jalan gak perlu gimana-gimana kok om lakuin yang biasanya aja paling kalau yg bengkel honda sering lupa itu stel klep. bengkel honda sini kalo gak ada keluhan kebiasaan gak distel klep.

kecuali ada kemauan specific balikin refresh total ya overhaul mesin dan matic di blueprinting... :big_grin:
Overhaul terlalu horror sih Om hahaha
.
Ini saya gada keluhan apapun sih..
Terkait fuel cons mungkin lebih ke kaki saya yang kudu dibuat lebih beretika lagi hehe
Sebulan kedepan saya coba full pertamax dan kaki sekolah S3
Kalo berbeda signifikan, mungkin ke beres buat rapi-rapi lagi..
Btw Om tanya.. untuk grounding, busi iridium, dan stabilizer itu ngefek beneran kah Om ke fuel cons?
Rhanugaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 10 May 2015, 22:06

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Rhanugaulia »

:big_exellent:
zonepublic wrote: 08 May 2024, 17:04 kok kaya sepupu saya dulu di bojonegoro pake rb3 juga,akhirnya dijual
Mesin k24 honda emang gitu,mau diiritin kaya gimana ya ga bisa
Saran saya sih jual rb3nya ganti innova disel matic kalo mau irit&muat banyak,itu aja solusinya
Oiya Om? Warna apa punya sepupunya?
Sedengar saya cuma ada 4 rb3 sekabupaten saya haha
Item, item pake roof rack, silver, putih..
Sepupunya ganti apa Om?
.
Innova tinggi banget Om harganya..
Sempet tanya disini 330-350 untuk v matic diesel
Duitnya tidak seindah itu hahahaha
Pboyz97 wrote: 08 May 2024, 22:45
kalo non beres harusnya kalo mereka biasa handle crv, civic atau accord harusnya bs, secara kaki2, mesin or maticnya setau saya common parts. paling remap atau tambah stutbar stabilizer buat nambah parts . kalo dari semua opsi ya saya vote CHR. aftersales paling aman di daerah tempat om tinggal & tahunnya termasuk yg muda + gc nya paling tinggi jg dibanding yg lain. kalo agya ya entah knp kok downgrade jauh ya walaupun baru jg kalo dari RB3. kalo saya jadi om, dan tinggal di jatim. saya akan ambil opsi trio ladder, innova grand atau barong/ reborn diesel matic tipe g, fortuner vnt or pajero dakar. atau kalo mau monokok. CRV RE/RM 2.4 bs jadi opsi yg cukup menarik jg + kalo emg mau tetep mpv sliding door. bisa consider voxy 80 or alphvell gen 2
Tambah stutbar stabilizer bisa ngefek apa aja Om?
Saya belum riset dan tanya apapun terkait itu..
.
Barong, reborn, fortuner, pajero horor semua Pakkkk
Harganya disini mengerikan
Paling bijak ambil dari jakarta atau jabar kalo mau itu kyknya..
.
Crv beban bbmnya kyknya sama ya Om..
Kalo voxy dan alpvell kyknya ndak ramah untuk daily used rutin saya itu hehe

Andhyka wrote: 09 May 2024, 02:02 Sebagai pengguna Innova diesel matic dan Voxy, saran saya pakai terus aja Odyssey RB3-nya.

Voxy walau mesin kecil 2000cc cuma mencapai 12-13 km/l di jalan tol karena bentuknya kotak gak aerodinamis. Innova reborn juga kisaran 17-18 km/l.

Mobil yg satunya V6 mesin 3700cc dapet 11-12km/l di tol dgn kecepatan stabil 80-120. Selisih cuma 1 km/l dgn Voxy.

Jadi yg menentukan konsumsi bbm ada banyak hal termasuk drag coefficient, transmisi, rpm mesin. Coba cek saat gigi 5 kecepatan apa yg paling tinggi tetapi rpmnya masih <= 2000.

Servis ringan tetapi sangat pengaruh pada performa yaitu ganti filter udara tiap 1-2 thn (filter udara mampet bikin boros), ganti oli matic tiap 2-3 thn dan buka bak (gak usah flush), ganti busi, bersihkan MAF sensor dan throttle body.
V6 3.700 apa itu Om?
.
Sepertinya masih aman, terakhir coba begitu di toll jogja semarang rpm 2.000 bisa ±160kpj (seinget saya ya, antara lupa lupa tapi sepertinya bener)
.
MAF sensor dan throttle body itu gimana Om? 😁🙏🏻
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by zonepublic »

Rhanugaulia wrote: 09 May 2024, 12:50 :big_exellent:

Oiya Om? Warna apa punya sepupunya?
Sedengar saya cuma ada 4 rb3 sekabupaten saya haha
Item, item pake roof rack, silver, putih..
Sepupunya ganti apa Om?
.
Innova tinggi banget Om harganya..
Sempet tanya disini 330-350 untuk v matic diesel
Duitnya tidak seindah itu hahahaha
Hitam,tempo hari ganti dobel cabin kalo ga salah,tp sudah lama sekali saya ga ketemu
Ya memang ada alasan kenapa harga innova kuat bertahan di harga tinggi
Ngapain cari unit sampai luar provinsi?unit daerah2 jatim malah bagus2 kondisinya ,jauh sama daerah barat sana
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: 19 Nov 2012, 16:42

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Andhyka »

V6 3.700 apa itu Om?
.
Sepertinya masih aman, terakhir coba begitu di toll jogja semarang rpm 2.000 bisa ±160kpj (seinget saya ya, antara lupa lupa tapi sepertinya bener)
.
MAF sensor dan throttle body itu gimana Om? 😁🙏🏻
Mobil Nissan Infiniti FX37, mesin sama dgn 370Z

Pembersihannya seperti di video ini, mudah gak sampai 1 jam, beli MAF cleaner & throttle body cleaner di Ace Hardware:








MAF Cleaner:
https://www.ruparupa.com/p/crc-cleaner- ... -2778.html

CRC Throttle Body Cleaner:
https://www.ruparupa.com/p/crc-throttle ... 12-oz.html
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE

Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15687
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by ChZ »

Rhanugaulia wrote: 09 May 2024, 12:33
Btw Om tanya.. untuk grounding, busi iridium, dan stabilizer itu ngefek beneran kah Om ke fuel cons?
sayang om, mending dibuat pasang header catless dan di remap malah bisa lebih ngirit :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4611
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Pboyz97 »

Rhanugaulia wrote: 09 May 2024, 12:50

Oiya Om? Warna apa punya sepupunya?
Sedengar saya cuma ada 4 rb3 sekabupaten saya haha
Item, item pake roof rack, silver, putih..
Sepupunya ganti apa Om?
.
Innova tinggi banget Om harganya..
Sempet tanya disini 330-350 untuk v matic diesel
Duitnya tidak seindah itu hahahaha



Tambah stutbar stabilizer bisa ngefek apa aja Om?
Saya belum riset dan tanya apapun terkait itu..
.
Barong, reborn, fortuner, pajero horor semua Pakkkk
Harganya disini mengerikan
Paling bijak ambil dari jakarta atau jabar kalo mau itu kyknya..
.
Crv beban bbmnya kyknya sama ya Om..
Kalo voxy dan alpvell kyknya ndak ramah untuk daily used rutin saya itu hehe


kalo di jatim emg termasuk tinggi om harga diesel, gacuma innova, fortuner pajero jg, apalagi warna hitam sm putih, malah menurut saya harganya termasuk paling tinggi di pulau jawa heheh, karena peminatnya masih banyak disana , sedangkan barangnya terbatas . kalo saya jadi om, cari aja di jabodetabek & plat B. rekan saya orang jatim ada beberapa baik pedagang maupun pemake sering kok ambil mobil dari jabodetabek terus dipake or dijual lagi disana. selisihnya lumayan hehe

kl stutbar sm stabilizer, plg lebih stabil aja pas dibawa di kecepatan tinggi. kalo barong , reborn , fortuner, pajero mah di sana ga heran. disana itu gudangnya diesel, peminat diesel masih sangat banyak disana even salah 1 yg terbanyak di jawa menurut saya. kalo saya jadi om, ambil aja di jkt. harga setau saya lebih murah dibanding disana hehehe. kalo crv emg mirip2 bbm nya, tp gc lebih tinggi daripada oddys hehe

zonepublic wrote: 09 May 2024, 14:56
Rhanugaulia wrote: 09 May 2024, 12:50 :big_exellent:

Oiya Om? Warna apa punya sepupunya?
Sedengar saya cuma ada 4 rb3 sekabupaten saya haha
Item, item pake roof rack, silver, putih..
Sepupunya ganti apa Om?
.
Innova tinggi banget Om harganya..
Sempet tanya disini 330-350 untuk v matic diesel
Duitnya tidak seindah itu hahahaha
Hitam,tempo hari ganti dobel cabin kalo ga salah,tp sudah lama sekali saya ga ketemu
Ya memang ada alasan kenapa harga innova kuat bertahan di harga tinggi
Ngapain cari unit sampai luar provinsi?unit daerah2 jatim malah bagus2 kondisinya ,jauh sama daerah barat sana
saya bantu jawab ya. biarpun bagus, tp harganya lumayan tinggi, bahkan tertinggi di jawa menurut saya, mending ambil di jabodetabek, kondisi bagus, tp dapet harga yg "lebih terjangkau" karena opsinya banyak tp disisi lain peminatnya entah knp udh ga sebanyak dulu, lebih banyak di jatim menurut saya. rekan saya, ada kok orang jatim jg nyari disana harga lumayan semua, akhirnya ambil plat B di jabodetabek semua 2 unit, jazz gk5 sm venturer diesel at dengan selisih yg lumayan dr harga jatim hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by zonepublic »

Pboyz97 wrote: 10 May 2024, 23:37
saya bantu jawab ya. biarpun bagus, tp harganya lumayan tinggi, bahkan tertinggi di jawa menurut saya, mending ambil di jabodetabek, kondisi bagus, tp dapet harga yg "lebih terjangkau" karena opsinya banyak tp disisi lain peminatnya entah knp udh ga sebanyak dulu, lebih banyak di jatim menurut saya. rekan saya, ada kok orang jatim jg nyari disana harga lumayan semua, akhirnya ambil plat B di jabodetabek semua 2 unit, jazz gk5 sm venturer diesel at dengan selisih yg lumayan dr harga jatim hehe
Kalo bisa dapet unit bagus sebenernya ga masalah,saya juga pernah beli mobil di jakarta kok seperti cari jarum dalam jerami
ya boleh anda tawarkan di sini kalo ada unit kondisi mint

Plat lokal jawa timur/jawa tengah memang harga unit bekasnya bisa beda 10-20% dari plat jakarta karena harga barunya juga beda segitu
Tapi balik lagi soal standar kondisi "bagus/lumayan" plat jakarta dengan "bagus/lumayan" plat lokal jawa itu beda lho
Di jakarta mobil repaint 1 panel saja tanpa dempul/masih kaleng itu masih masuk standar bagus dan istimewa
Di jawa tengah/timur mobil repaint 1 panel (misal pilar C) tanpa dempul/masih kaleng itu sudah masuk standar biasa bahkan kurang bagus atau dicurigai ex laka tergantung buyernya serewel apa padahal cuma 1 panel aja yg repaint
Showroom2 di kota saya semarang aja unit plat B yg bagus ,harga lbh murah 10% dr plat lokal orang belum tentu mau beli kok apalagi kalo mobil kecil macam karimun,agya,ayla plat B susah tuh lakunya daripada plat lokal,entah kenapa padahal ya tinggal bayar biro jasa buat balik nama selesai perkara
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15687
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by ChZ »

zonepublic wrote: 11 May 2024, 00:08
Showroom2 di kota saya semarang aja unit plat B yg bagus ,harga lbh murah 10% dr plat lokal orang belum tentu mau beli kok apalagi kalo mobil kecil macam karimun,agya,ayla plat B susah tuh lakunya daripada plat lokal,entah kenapa padahal ya tinggal bayar biro jasa buat balik nama selesai perkara
plat B di smg itu stigmanya mobil capek... entah kenapa. mgkn ya tau sendiri mobil plat B biasa "dibuang" ke luar. orang tua jg gak mau ambil kalo plat B.

mutasi ga semua orang doyan kalo cuma selisih 10 juta, tapi 7 jutanya dipake mutasi sebenernya ya mending cari yg plat lokal. sy barusan mutasi demak smg mobil pickup habis 7 jutaan. tp males aja tiap KIR harus ke demak habis seharian kerjaan terhambat.

tapi kl soal kondisi...

dgn kondisi jalan makin barbar, ekonomi makin sulit, utara jawa tanah makin ambles hujan 1 jam aja udah genangan dimana-mana... gak usah percaya orang bilang mobil nol spet atau nggak bekas banjir karena 80% gak mungkin kecuali tinggal di semarang atas atau nglaju luar kota. atau mobilnya memang nggak pernah keluar rumah jd gak kebanjiran kepanasan tabrakan dll.

pasrah aja, wong banjir masuk kabin aja tinggal disalon interior. asal 1x24jam diberesin gak dibiarin berhari-hari ya kg ada bekas bekasnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Rhanugaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 10 May 2015, 22:06

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Rhanugaulia »

zonepublic wrote: 09 May 2024, 14:56 Hitam,tempo hari ganti dobel cabin kalo ga salah,tp sudah lama sekali saya ga ketemu
Ya memang ada alasan kenapa harga innova kuat bertahan di harga tinggi
Ngapain cari unit sampai luar provinsi?unit daerah2 jatim malah bagus2 kondisinya ,jauh sama daerah barat sana
Bagus karna showroom mokas ambil di dki jabar trus dibagusin karna selisih harga yang begitu jauh itu Om..
Dan disini untuk mutasi banyak yang ndak persoalkan, semisal dibalik namapun selisih dari beli di jatim masih kembalian honda beat kyknya hehe
Dan andaipun memang bagus asli jatim ya dipatok tinggi karna demand dari image "orang kaya di desa itu fortuner pajero reborn" kalo dulu kan pak haji pake krista dan panter touring tuh hehehe
Andhyka wrote: 10 May 2024, 07:07 Mobil Nissan Infiniti FX37, mesin sama dgn 370Z

Pembersihannya seperti di video ini, mudah gak sampai 1 jam, beli MAF cleaner & throttle body cleaner di Ace Hardware:
Cakep Om FX37, kmrn ada liat orang jombang jual murano 2012 cuma 120juta, ownernya meninggal..
Menarik sebetulnya kalo belum punya rb3, pengen FX versi lite haha

Siapp, makasiih sarannya ya Om
Rhanugaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 10 May 2015, 22:06

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Rhanugaulia »

Pboyz97 wrote: 10 May 2024, 23:37 saya bantu jawab ya. biarpun bagus, tp harganya lumayan tinggi, bahkan tertinggi di jawa menurut saya, mending ambil di jabodetabek, kondisi bagus, tp dapet harga yg "lebih terjangkau" karena opsinya banyak tp disisi lain peminatnya entah knp udh ga sebanyak dulu, lebih banyak di jatim menurut saya. rekan saya, ada kok orang jatim jg nyari disana harga lumayan semua, akhirnya ambil plat B di jabodetabek semua 2 unit, jazz gk5 sm venturer diesel at dengan selisih yg lumayan dr harga jatim hehe
Iya Om.. disini matic manual juga somehow mayoritas mahal manual..
Temen saya acara beli reborn aja makan 3bulan karna selisih faham sama Bapaknya
2 anak cowoknya (yang nyetir) maunya Q matic bensin, Bapaknya (ga pernah nyetir) Q manual diesel
Akhirnya entah V atau Q dan bensin atau diesel yang pasti jadinya manual haha
Dan karna orang kaya desa tidak tau dan tidak mau tau apa itu Lexus Benz BMW, apalagi Hyundai Kia.
Jadi kalo Image Pak Haji dan Bu Nyainya tetep mau nempel ya fortuner Pajero
Dan jadilah semahal itu disini..

zonepublic wrote: 11 May 2024, 00:08 Kalo bisa dapet unit bagus sebenernya ga masalah,saya juga pernah beli mobil di jakarta kok seperti cari jarum dalam jerami
ya boleh anda tawarkan di sini kalo ada unit kondisi mint

Plat lokal jawa timur/jawa tengah memang harga unit bekasnya bisa beda 10-20% dari plat jakarta karena harga barunya juga beda segitu
Tapi balik lagi soal standar kondisi "bagus/lumayan" plat jakarta dengan "bagus/lumayan" plat lokal jawa itu beda lho
Di jakarta mobil repaint 1 panel saja tanpa dempul/masih kaleng itu masih masuk standar bagus dan istimewa
Di jawa tengah/timur mobil repaint 1 panel (misal pilar C) tanpa dempul/masih kaleng itu sudah masuk standar biasa bahkan kurang bagus atau dicurigai ex laka tergantung buyernya serewel apa padahal cuma 1 panel aja yg repaint
Showroom2 di kota saya semarang aja unit plat B yg bagus ,harga lbh murah 10% dr plat lokal orang belum tentu mau beli kok apalagi kalo mobil kecil macam karimun,agya,ayla plat B susah tuh lakunya daripada plat lokal,entah kenapa padahal ya tinggal bayar biro jasa buat balik nama selesai perkara
Betul Om, karena jarum jerami itu jarang orang sini hunting sendiri, lebih milih plat B ambil di showroom, biar showroom yang mikir bagusin mobilnya dan bantu biro jasanya..
.
Dan benar, terkait kondisi fisik.. karna jalur yang lapang, gada macet, dan kepadatan kendaraan dijalan itu yang buat orang sini lecet dikit dianggap "remuk tabrakan" haha
Dan disini ugal-ugalan masih di kelas motor, belum menjamah mobil..
Saya belum pernah nemu ada yang pake strobo dan tetot tetot disini..
.
Ya cuma karna beda prespektif dan mindset antar wilayah karna kondisi sosial, finansial, dan keadaan lingkungan aja sepertinya..
ChZ wrote: 11 May 2024, 08:39 plat B di smg itu stigmanya mobil capek... entah kenapa. mgkn ya tau sendiri mobil plat B biasa "dibuang" ke luar. orang tua jg gak mau ambil kalo plat B.

mutasi ga semua orang doyan kalo cuma selisih 10 juta, tapi 7 jutanya dipake mutasi sebenernya ya mending cari yg plat lokal. sy barusan mutasi demak smg mobil pickup habis 7 jutaan. tp males aja tiap KIR harus ke demak habis seharian kerjaan terhambat.

tapi kl soal kondisi...

dgn kondisi jalan makin barbar, ekonomi makin sulit, utara jawa tanah makin ambles hujan 1 jam aja udah genangan dimana-mana... gak usah percaya orang bilang mobil nol spet atau nggak bekas banjir karena 80% gak mungkin kecuali tinggal di semarang atas atau nglaju luar kota. atau mobilnya memang nggak pernah keluar rumah jd gak kebanjiran kepanasan tabrakan dll.

pasrah aja, wong banjir masuk kabin aja tinggal disalon interior. asal 1x24jam diberesin gak dibiarin berhari-hari ya kg ada bekas bekasnya.
Disini Plat mati 10 tahun juga gada yang peduli Om, kalo sebatas antar kecamatan aja, asal bukan bodong mah lancar..
(Kalo bodong lebih horor ke debtcol daripada polisinya haha)
Akan menyeramkan kalo dipake kluar kota..
Sebagai gambaran dari jarak tempuh saya 130km itu cuma ketemu 2 traffic light doang..
Pak ustad dirumah tiap motoran ke kota ga pernah pake helm, dan masih pulang bawa motor aja sampe skrg ga pernah ketilang..
.
Jadi terkait Plat itu nomer sekian, kondisi mobil juga nomer setelahnya..
Pokoknya kalo mau digosipin tetangga punya tuyul, kemana-mana disalimin orang, dan dihormati ditempat kerja ya bawa fortuner pajero innova
Karna itulah demikian mahalnya disini harganya..
.
Dicompare standard cara berfikir orang Jkt, Smrg, Sby mahhh jauh berbeda...
Lexus RX 2012 dijual 150juta galaku disini, Pajero 2012 330juta rebutan yang beli..

Maybe yakk.. dari sejauh pandang saya aja ini
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4611
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Pboyz97 »

zonepublic wrote: 11 May 2024, 00:08

Kalo bisa dapet unit bagus sebenernya ga masalah,saya juga pernah beli mobil di jakarta kok seperti cari jarum dalam jerami
ya boleh anda tawarkan di sini kalo ada unit kondisi mint

Plat lokal jawa timur/jawa tengah memang harga unit bekasnya bisa beda 10-20% dari plat jakarta karena harga barunya juga beda segitu
Tapi balik lagi soal standar kondisi "bagus/lumayan" plat jakarta dengan "bagus/lumayan" plat lokal jawa itu beda lho
Di jakarta mobil repaint 1 panel saja tanpa dempul/masih kaleng itu masih masuk standar bagus dan istimewa
Di jawa tengah/timur mobil repaint 1 panel (misal pilar C) tanpa dempul/masih kaleng itu sudah masuk standar biasa bahkan kurang bagus atau dicurigai ex laka tergantung buyernya serewel apa padahal cuma 1 panel aja yg repaint

Showroom2 di kota saya semarang aja unit plat B yg bagus ,harga lbh murah 10% dr plat lokal orang belum tentu mau beli kok apalagi kalo mobil kecil macam karimun,agya,ayla plat B susah tuh lakunya daripada plat lokal,entah kenapa padahal ya tinggal bayar biro jasa buat balik nama selesai perkara
betul, tp at least opsinya lebih banyak kalo di jakarta, jd pembandingnya lebih banyak jg. selain harga baru, diskonnya jg beda, gedean di jabodetabek jg daripada di luar jabodetabek setau saya disonnya. yg saya bold ngga semua gitu. pengalaman 5 tahun main mobil seken, malah poin kedua banyakkan luar jabodetabek, saya pernah jual mobil LMPV 7 Seater ex PT kondisi repaint 1 body padahal umur mobil baru 4 tahun di jabodetabek malah yg beli ngga mau, malah yg dari jateng (gausah saya sebut daerahnya) berani lebih mahal 10 jt dari tawaran jabodetabek dengan kondisi begitu, secara mobilnya emg pure dari asuransi, bkn ex laka atau pun banjir. kedua jg saya pernah punya innova bensin model barong repaint 1 pandel pintu blkg kanan karena kena motor kata owner sblmnya, sm disini biarpun sm inspektornya dia dibilang mobil bagus bukank bekas laka banjir tp cuma minus 1 panel pintu doang yg di repaint dia ttp ngga mau, padahal umur mobil dah 9 tahun, akhirnya laku ke jogja yg mau kondisi begitu dengan harga 15 jt lebih tinggi dari tawaran jakarta hehehe

plat lokal pun disana ada 2, ada yg emg asli lokal dari lahir, ada jg yg mutasian B, disana yg plat "lokal" tp aslinya cabutan dari B banyak kok, malah hampir sama sepertinya dengan yg emg udh asli lokal platnya dr lahir. jd ya gabisa dipukul rata semua plat lokal itu emg asli dari lahir. rekan saya ada di jateng, cek yaris bakpao 3 unit plat lokal kondisi kurang bagus semua ternyata semuanya mutasian B kok hehe. akhirnya dpt yg asli lokal dari lahir kondisi yg minim pr walaupun harga lebih mahal dikit hehe. mungkin imagenya mobil plat B "mobil capek" & "ex banjir", tp kalo sm yg jual udh dimutasi duluan ya agak susah ya bedainnya itu bener asli lokal atau mutasian B, apalagi fakturnya udh ngga ada menurut saya hehe

ChZ wrote: 11 May 2024, 08:39
zonepublic wrote: 11 May 2024, 00:08
Showroom2 di kota saya semarang aja unit plat B yg bagus ,harga lbh murah 10% dr plat lokal orang belum tentu mau beli kok apalagi kalo mobil kecil macam karimun,agya,ayla plat B susah tuh lakunya daripada plat lokal,entah kenapa padahal ya tinggal bayar biro jasa buat balik nama selesai perkara
plat B di smg itu stigmanya mobil capek... entah kenapa. mgkn ya tau sendiri mobil plat B biasa "dibuang" ke luar. orang tua jg gak mau ambil kalo plat B.

mutasi ga semua orang doyan kalo cuma selisih 10 juta, tapi 7 jutanya dipake mutasi sebenernya ya mending cari yg plat lokal. sy barusan mutasi demak smg mobil pickup habis 7 jutaan. tp males aja tiap KIR harus ke demak habis seharian kerjaan terhambat.

tapi kl soal kondisi...

dgn kondisi jalan makin barbar, ekonomi makin sulit, utara jawa tanah makin ambles hujan 1 jam aja udah genangan dimana-mana... gak usah percaya orang bilang mobil nol spet atau nggak bekas banjir karena 80% gak mungkin kecuali tinggal di semarang atas atau nglaju luar kota. atau mobilnya memang nggak pernah keluar rumah jd gak kebanjiran kepanasan tabrakan dll.

pasrah aja, wong banjir masuk kabin aja tinggal disalon interior. asal 1x24jam diberesin gak dibiarin berhari-hari ya kg ada bekas bekasnya.
ya karena harga disana lebih tinggi chris daripada jabodetbaek dan juga peminatnya banyak sekali disana tp stocknya terbatas + di jabodetabek nya sendiri kurang peminat or "ditawar sadis" makanya pada dilempar keluar. dulu pas tahun 2019-2022 1 tahun saya cukup sering bolak balik jkt- karanganyar- semarang- solo PP, bisa lebih dari 5x setahun buat ngirim mobil dari jabodetabek . selisih harganya bisa diatas 10 dengan kondisi masih plat B daripada disini. apalagi buat mobil kaya avxen, rushter, jazz, yaris, trio ladder hehe

kalo stigma yg bro chris bilang ada benernya, ada jg yg lebih prefer plat lokal daripada B, tp semenjak youtuber m** w***d atau R*R, g*s, s* m*b* t* , kayanya org disana sepertinya udh mulai melek plat B sing penting kondisi lolos inspeksi & bagus ya ra popo, tak bungkus aja hehehe. kl mau plat lokal pun ada yg emg asli lokal dari lahir, ada jg yg mutasian B. which is yg mutasian B sepertinya jumlahnya setara or lebih banyak drpd yg asli lokal dari lahir menurut pengamatan sotoy saya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15687
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by ChZ »

Rhanugaulia wrote: 11 May 2024, 12:35 Disini Plat mati 10 tahun juga gada yang peduli Om, kalo sebatas antar kecamatan aja, asal bukan bodong mah lancar..
(Kalo bodong lebih horor ke debtcol daripada polisinya haha)
Akan menyeramkan kalo dipake kluar kota..
Sebagai gambaran dari jarak tempuh saya 130km itu cuma ketemu 2 traffic light doang..
Pak ustad dirumah tiap motoran ke kota ga pernah pake helm, dan masih pulang bawa motor aja sampe skrg ga pernah ketilang..
.
Jadi terkait Plat itu nomer sekian, kondisi mobil juga nomer setelahnya..
Pokoknya kalo mau digosipin tetangga punya tuyul, kemana-mana disalimin orang, dan dihormati ditempat kerja ya bawa fortuner pajero innova
Karna itulah demikian mahalnya disini harganya..
.
Dicompare standard cara berfikir orang Jkt, Smrg, Sby mahhh jauh berbeda...
Lexus RX 2012 dijual 150juta galaku disini, Pajero 2012 330juta rebutan yang beli..

Maybe yakk.. dari sejauh pandang saya aja ini
pantesan yah saya kalo liat2 iklan motuba... pajak matinya bisa ajaib ajaib. biasa lokasinya semi semi barn find atau plat kabupaten :mky_07:

jadi favorit pengkulak mobil bekas... ambil plat kabupaten bagusin rapi2 dikit pajak tinggal si pembeli mau terima beres apa ngurus sendiri :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by zonepublic »

Pboyz97 wrote: 11 May 2024, 12:53
betul, tp at least opsinya lebih banyak kalo di jakarta, jd pembandingnya lebih banyak jg. selain harga baru, diskonnya jg beda, gedean di jabodetabek jg daripada di luar jabodetabek setau saya disonnya. yg saya bold ngga semua gitu. pengalaman 5 tahun main mobil seken, malah poin kedua banyakkan luar jabodetabek, saya pernah jual mobil LMPV 7 Seater ex PT kondisi repaint 1 body padahal umur mobil baru 4 tahun di jabodetabek malah yg beli ngga mau, malah yg dari jateng (gausah saya sebut daerahnya) berani lebih mahal 10 jt dari tawaran jabodetabek dengan kondisi begitu, secara mobilnya emg pure dari asuransi, bkn ex laka atau pun banjir. kedua jg saya pernah punya innova bensin model barong repaint 1 pandel pintu blkg kanan karena kena motor kata owner sblmnya, sm disini biarpun sm inspektornya dia dibilang mobil bagus bukank bekas laka banjir tp cuma minus 1 panel pintu doang yg di repaint dia ttp ngga mau, padahal umur mobil dah 9 tahun, akhirnya laku ke jogja yg mau kondisi begitu dengan harga 15 jt lebih tinggi dari tawaran jakarta hehehe

plat lokal pun disana ada 2, ada yg emg asli lokal dari lahir, ada jg yg mutasian B, disana yg plat "lokal" tp aslinya cabutan dari B banyak kok, malah hampir sama sepertinya dengan yg emg udh asli lokal platnya dr lahir. jd ya gabisa dipukul rata semua plat lokal itu emg asli dari lahir. rekan saya ada di jateng, cek yaris bakpao 3 unit plat lokal kondisi kurang bagus semua ternyata semuanya mutasian B kok hehe. akhirnya dpt yg asli lokal dari lahir kondisi yg minim pr walaupun harga lebih mahal dikit hehe. mungkin imagenya mobil plat B "mobil capek" & "ex banjir", tp kalo sm yg jual udh dimutasi duluan ya agak susah ya bedainnya itu bener asli lokal atau mutasian B, apalagi fakturnya udh ngga ada menurut saya hehe


ya karena harga disana lebih tinggi chris daripada jabodetbaek dan juga peminatnya banyak sekali disana tp stocknya terbatas + di jabodetabek nya sendiri kurang peminat or "ditawar sadis" makanya pada dilempar keluar. dulu pas tahun 2019-2022 1 tahun saya cukup sering bolak balik jkt- karanganyar- semarang- solo PP, bisa lebih dari 5x setahun buat ngirim mobil dari jabodetabek . selisih harganya bisa diatas 10 dengan kondisi masih plat B daripada disini. apalagi buat mobil kaya avxen, rushter, jazz, yaris, trio ladder hehe

kalo stigma yg bro chris bilang ada benernya, ada jg yg lebih prefer plat lokal daripada B, tp semenjak youtuber m** w***d atau R*R, g*s, s* m*b* t* , kayanya org disana sepertinya udh mulai melek plat B sing penting kondisi lolos inspeksi & bagus ya ra popo, tak bungkus aja hehehe. kl mau plat lokal pun ada yg emg asli lokal dari lahir, ada jg yg mutasian B. which is yg mutasian B sepertinya jumlahnya setara or lebih banyak drpd yg asli lokal dari lahir menurut pengamatan sotoy saya hehe
Dulu saya pernah jual mobil krn ga da faktur,udah deal harga pas lihat surat2 ga da faktur batal transaksi
Disini serewel itu buyernya tp ga bisa dipungkiri ada aja yang mmg tidak paham mobil,dulu teman saya jual mobil yg pembelinya ga tahu kondisi,tp ada perantaranya yang bantu kompor2in tapi ya mesti mau keluar duit lebih buat perantaranya supaya bisa deal

Buat unitnya yutuber **s w***d sori ya,yang saya tahu unit yang dia dapat kebanyakan kondisinya biasa saja sebenernya,dia kan influencer yg punya tim buat carikan mobil dan konsultasi,buyernya dia rata2 orang2 yang awam sama dunia otomotif dan ketika konsultasi nurut2 aja sama saran timnya dia
Ya dia kan juga dapat fee dari nyarikan mobil,pinter2nya dia&timnya ngomong& mempengaruhi pembelinya juga sih sama aja dengan perantara yg tadi saya ceritakan diatas
,percayalah perantara disini sangat besar sekali untuk menentukan deal atau tidaknya transaksi jual beli karena banyak yang tidak paham

Beberapa bulan lalu saya ada niad coba2 mau ganti unit brio,saya dapat unit brio satya 2022 cvt km baru 7ribu asli,record unit spt baru cuma ada repaint sedikit dan penyok cukup dalam di bawah pintu belakang kiri spt kena trotoar,tapi setelah saya coba ,saya batal mempertahankan brionya karena mmg jauh sekali rasa berkendaranya dibanding jazz ge8 saya,lalu saya mengiklankan mobilnya di situs jual beli,akhirnya ada perantara yg awalnya ngakunya mencarikan keponakannya mobil brio,setelah sedikit dibujuk2 dia mau memperlancar penjualan mobil tsb dengan imbalan 1juta dibawah tangan,akhirnya deal tuh mobil sama yg diaku2 "keponakannya" ternyata cuma teman bapaknya yg memang kerjanya perantara jual beli
Ya udah selancar itu saja transaksinya ga ribet,itu kalo buyernya tahu mobil pasti ga mau karena ada penyok dibawah pintu

ChZ wrote: 11 May 2024, 14:57

pantesan yah saya kalo liat2 iklan motuba... pajak matinya bisa ajaib ajaib. biasa lokasinya semi semi barn find atau plat kabupaten :mky_07:

jadi favorit pengkulak mobil bekas... ambil plat kabupaten bagusin rapi2 dikit pajak tinggal si pembeli mau terima beres apa ngurus sendiri :mky_03:
Pajak mati lbh 2 tahun saya ga brani ambil,itu pajak aja ga diurus apalagi cairan2 dan kondisi mobilnya,banyak jebakan ghoibnya

Di jateng malah sekarang populasi mobil bodong/surat2 palsu sengaja dibawa kabur/disembunyikan dan sudah ada komunitas&pedagang&pembelinya lho
memang niad buyernya tidak baik sejak awal
Biasanya unit yg pajaknya mati ada 2 macam
1 pedagang yg salah ambil unit (kemahalan ambilnya,memang tidak mau bayar pajaknya dan cari pembeli bodoh yg memang ngebet pengen punya mobil)
2 pemiliknya sengaja tidak mau bayar pajak/balik nama,bisa juga tidak mampu karena dpt unit jelek sehingga duitnya abis buat perbaikan mobilnya
Rhanugaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 10 May 2015, 22:06

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Rhanugaulia »

zonepublic wrote: 11 May 2024, 19:02
ChZ wrote: 11 May 2024, 14:57 pantesan yah saya kalo liat2 iklan motuba... pajak matinya bisa ajaib ajaib. biasa lokasinya semi semi barn find atau plat kabupaten :mky_07:

jadi favorit pengkulak mobil bekas... ambil plat kabupaten bagusin rapi2 dikit pajak tinggal si pembeli mau terima beres apa ngurus sendiri :mky_03:
Pajak mati lbh 2 tahun saya ga brani ambil,itu pajak aja ga diurus apalagi cairan2 dan kondisi mobilnya,banyak jebakan ghoibnya

Di jateng malah sekarang populasi mobil bodong/surat2 palsu sengaja dibawa kabur/disembunyikan dan sudah ada komunitas&pedagang&pembelinya lho
memang niad buyernya tidak baik sejak awal
Biasanya unit yg pajaknya mati ada 2 macam
1 pedagang yg salah ambil unit (kemahalan ambilnya,memang tidak mau bayar pajaknya dan cari pembeli bodoh yg memang ngebet pengen punya mobil)
2 pemiliknya sengaja tidak mau bayar pajak/balik nama,bisa juga tidak mampu karena dpt unit jelek sehingga duitnya abis buat perbaikan mobilnya
kalo mobil bodong dan surat palsu, lalu sengaja ga bayar angsuran mobilnya itu sepertinya kriminal ya..
saya kurang faham dan mengerti mobil yang kondisinya begitu..
.
cuma kalo untuk pajak mati
sepertinya bukan keduanya Om..
.
ada yang taat pajak penghasilan dll, punya beberapa fasilitas kesehatan, kepala puskesmas juga..
titlenya berderet 4biji, jauh dari definisi manusia purba, bodoh, dan miskin..
sangat sayang dengan kendaraannya..
shock dan bumper pernah hancur kena lubang jalan, hampir kecelakaan
Bahkan saat itu anaknya kejedot dasboard terluka parah cukup signifikan
Protes ke dinas berwenang cukup keras dan lantang..
Sampai ungkit-ungkit ketaatan pajaknya yang ratusan juga, yang pajak mobilnya itu aja 13juta.
(Ya salah tempat marah sih, tapi ya namanya emosi haha)
Tapi ya terbukti, tidak ada kompromi maupun kompensasi
Bahkan tidak ada koordinasi antar kedinasan selanjutnya dimana Tetep gada tindakan apa-apa
Akhirnya balas dendamnya ga bayar pajak sampe beberapa tahun kemudian mobilnya dijual..
.
ada juga cukup kaya, punya clothing, barber, dan coffeeshop tapi ya beli mobil pajak mati bertahun-tahun dengan alasan yang penting murah jauh, tar dibagusin sejalan ada rejeki pajaknya dibayar kemudian..
.
adalagi Kacab bank bumn, ambil mobil plat mati untuk istrinya yang masih latihan nyetir dipakai anjem anak sama ke pasar di desa, begitu udah ada rejeki dan istrinya uda lancar juga baru dibalik nama (mungkin ini masuk point kedua ya)
.
intinya banyak faktor sih Om..
seperti diatas, uda kerja keras jarang pulang, begitu ada uang pengen kendaraan bagus tapi pemerintah setempat tidak menunjang dengan infrastruktur yang memadai mungkin juga jadi bahan fikiran.
.
ya untungnya aparat agak longgar tapi dikompensasi dengan jalanan yang cukup berantakan..
baru 2tahun ini di kota saya dibagusin semua jalannya, sebelumnya itu jalan utama aja kyk medan perang WW II (uda modelan offroad, banyak jebakan, dan ranjau tak terduga haha)
.
mungkin akan berbeda dengan di kota besar yang aparatnya ketat, jalannya bagus dan mulus, sisa SDM aja yang mungkin ugal-ugalan dan sering kejadian serempetan..
mungkinnn kalo di wilayah seperti itu ya pajak mati meskipun murah jauh juga bukan bahan pertimbangan.
.
tapi ya itu sepenggal yang saya tau, secara mayoritas ya kurang lebihnya juga seperti itu hahahaha
ndak tau saya, bisa sangat variatif dan berbeda karna latar belakang, situasi keadaan, kesempatan yang tak sama.
.
Rhanugaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 10 May 2015, 22:06

Re: Merawat atau mengganti rb3

Post by Rhanugaulia »

ChZ wrote: 11 May 2024, 14:57 pantesan yah saya kalo liat2 iklan motuba... pajak matinya bisa ajaib ajaib. biasa lokasinya semi semi barn find atau plat kabupaten :mky_07:

jadi favorit pengkulak mobil bekas... ambil plat kabupaten bagusin rapi2 dikit pajak tinggal si pembeli mau terima beres apa ngurus sendiri :mky_03:
yaa bener Om..
dirawatnya sih mayoritas terawat ya..
sepertinya ada rasa benci yang struktural disaat jalanan kota begitu bagus terawat dan tertata, sedang di desa bayar pajaknya sama kok jalan masih setara jalur pendakian, bahkan lubang uda makan puluhan korban aja masih dibiarin menganga atau mungkin memang sengaja buat reduce populasi manusianya hahaha
.
kalo bodong dan palsu jelas kriminal ya.. cuma saya penasaran juga sebetulnya kalo pajak dan plat mati itu impactnya apa kalo pas ada tilangan..
.
soalnya banyak banget di kota saya, apalagi motornya peehh banyak telatnya..
kalo saya kurang berani, sering keluar kota soalnya haha
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post