Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

z3ll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 24 Apr 2024, 14:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: 17 May 2024, 13:35
z3ll wrote: 17 May 2024, 13:25 Om, ane ada denger dr salah satu temen ane ... dia bilang semua BMW diesel di Indo baikyang 320d, 520d, 730ld itu kagak ada pake DPF semua & cuma pake EGR doang? Betul ga ya?
katanya begitu sih, ga pake dpf. 520d saya ga ada dpf juga. cuma kalo 730ld bisa cek sendiri karena kan barang cbu, ada kemungkinan ada tuh dpf.
Di-scanner pake alat ama mekanik bisa keliatan kan ada DPF atau kaga, om? [emo-yesno] atau kita kudu ngolong nih? :ungg:
z3ll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 24 Apr 2024, 14:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

UPDATE: akhirnya di awal bulan Juli kmrn ane ditawarin unit E66 735li (mesin N62 V8 3600cc NA) warna hitam metalik tahun 2003 KM 95k milik kenalan saudara ... dan akhirnya stlh test drive (tuas transmisinya satu2nya yg kayak rolls royce di kanan setir cuy) ane beranikan nekat tebus deh dgn hrg yang lumayan miring ... kondisi mesin & transmisi ZF 6-speed masih oke walau ternyata olinya telat ganti ...

Dimulailah episode yang lumayan pening untuk bikin beres ini mobil ...

Ganti busi & koil ane lakukan sendiri DIY (lumayan banyak nih 8 silinder) ... air radiator 14,2 liter juga kuras habis & isi baru DIY pake Mannol AF13++ HOAT ...

Ganti 4 ban Accelerra Iota ST-68 225/60 R17 ...

Ganti oli DIY pake 5w40 Motul 8100 Xclean LL-04 ... 8 liter termasuk filter oli (nih N62 V8 lebih repot karena posisi filter olinya ternyata di kolong ... beda ama yg 6 silinder di dalam kap mesin)

Mayan 0-100 kmpj = 8 detikan & dalkot bisa dapat 1 liter : 5-6 km & luar kota 1 liter : 9,5-11 km

Cari2 printilan2 aksesori2 eksterior yg ada copotan & toped & yang ga ada copotan ya akhirnya datengin sendiri di e-bay dkk (dari negara2 eropa timur sd china) ... dateng dalam kondisi warna mentah & harus cat ke bengkel cat

Motor wiper kagak berfungis samasekali ... Pesen juga motor wiper via ebay dr jerman ...

Ane putuskan ganti selang AC high pressure yg keliatannya udah gembung di BeRes (karena spek nya semua kursi ada pendingin AC & heater ... dan di belakang ada kulkas/coolbox-nya) ... untung kompresor dll masih oke ...

Ganti shockbreaker depan & benerin rembes oli power steering seal2 racksteer di bengkel spesialis ...

PR tinggal satu aja nih yg belum kesampaian: Service LCD yg udah sunburn ke SPD Speedometer ...

Kesimpulan: lumayan pusing & melelahkan utk bikin beres ini mobil selama 2 bulan lebih namun setelah hepi bisa bawa jalan2 keluarga ke sana sini utk ber-weekend ria (kalau naik tol tinggal pake cruise control, kaki ane akhrinya bebas dr pegel) ... ane akhirnya hepi juga jika dibandingkeun dengan budget yg dikeluarin ...

Ane akuin naikan nih serie-7 walau tuwir emang bedaaaa jauuuh ama Batu Nissan tunggangan ane sehari-hari ...
kemalmakbar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: 10 Oct 2017, 19:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by kemalmakbar »

z3ll wrote: 01 Oct 2024, 14:37 UPDATE: akhirnya di awal bulan Juli kmrn ane ditawarin unit E66 735li (mesin N62 V8 3600cc NA) warna hitam metalik tahun 2003 KM 95k milik kenalan saudara ... dan akhirnya stlh test drive (tuas transmisinya satu2nya yg kayak rolls royce di kanan setir cuy) ane beranikan nekat tebus deh dgn hrg yang lumayan miring ... kondisi mesin & transmisi ZF 6-speed masih oke walau ternyata olinya telat ganti ...

Dimulailah episode yang lumayan pening untuk bikin beres ini mobil ...

Ganti busi & koil ane lakukan sendiri DIY (lumayan banyak nih 8 silinder) ... air radiator 14,2 liter juga kuras habis & isi baru DIY pake Mannol AF13++ HOAT ...

Ganti 4 ban Accelerra Iota ST-68 225/60 R17 ...

Ganti oli DIY pake 5w40 Motul 8100 Xclean LL-04 ... 8 liter termasuk filter oli (nih N62 V8 lebih repot karena posisi filter olinya ternyata di kolong ... beda ama yg 6 silinder di dalam kap mesin)

Mayan 0-100 kmpj = 8 detikan & dalkot bisa dapat 1 liter : 5-6 km & luar kota 1 liter : 9,5-11 km

Cari2 printilan2 aksesori2 eksterior yg ada copotan & toped & yang ga ada copotan ya akhirnya datengin sendiri di e-bay dkk (dari negara2 eropa timur sd china) ... dateng dalam kondisi warna mentah & harus cat ke bengkel cat

Motor wiper kagak berfungis samasekali ... Pesen juga motor wiper via ebay dr jerman ...

Ane putuskan ganti selang AC high pressure yg keliatannya udah gembung di BeRes (karena spek nya semua kursi ada pendingin AC & heater ... dan di belakang ada kulkas/coolbox-nya) ... untung kompresor dll masih oke ...

Ganti shockbreaker depan & benerin rembes oli power steering seal2 racksteer di bengkel spesialis ...

PR tinggal satu aja nih yg belum kesampaian: Service LCD yg udah sunburn ke SPD Speedometer ...

Kesimpulan: lumayan pusing & melelahkan utk bikin beres ini mobil selama 2 bulan lebih namun setelah hepi bisa bawa jalan2 keluarga ke sana sini utk ber-weekend ria (kalau naik tol tinggal pake cruise control, kaki ane akhrinya bebas dr pegel) ... ane akhirnya hepi juga jika dibandingkeun dengan budget yg dikeluarin ...

Ane akuin naikan nih serie-7 walau tuwir emang bedaaaa jauuuh ama Batu Nissan tunggangan ane sehari-hari ...
Selamat om atas BMW 735Li-nya. Mudah-mudahan om puas dengan BMW tersebut.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2822
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

z3ll wrote: 01 Oct 2024, 14:37 UPDATE: akhirnya di awal bulan Juli kmrn ane ditawarin unit E66 735li (mesin N62 V8 3600cc NA) warna hitam metalik tahun 2003 KM 95k milik kenalan saudara ... dan akhirnya stlh test drive (tuas transmisinya satu2nya yg kayak rolls royce di kanan setir cuy) ane beranikan nekat tebus deh dgn hrg yang lumayan miring ... kondisi mesin & transmisi ZF 6-speed masih oke walau ternyata olinya telat ganti ...

Dimulailah episode yang lumayan pening untuk bikin beres ini mobil ...

Ganti busi & koil ane lakukan sendiri DIY (lumayan banyak nih 8 silinder) ... air radiator 14,2 liter juga kuras habis & isi baru DIY pake Mannol AF13++ HOAT ...

Ganti 4 ban Accelerra Iota ST-68 225/60 R17 ...

Ganti oli DIY pake 5w40 Motul 8100 Xclean LL-04 ... 8 liter termasuk filter oli (nih N62 V8 lebih repot karena posisi filter olinya ternyata di kolong ... beda ama yg 6 silinder di dalam kap mesin)

Mayan 0-100 kmpj = 8 detikan & dalkot bisa dapat 1 liter : 5-6 km & luar kota 1 liter : 9,5-11 km

Cari2 printilan2 aksesori2 eksterior yg ada copotan & toped & yang ga ada copotan ya akhirnya datengin sendiri di e-bay dkk (dari negara2 eropa timur sd china) ... dateng dalam kondisi warna mentah & harus cat ke bengkel cat

Motor wiper kagak berfungis samasekali ... Pesen juga motor wiper via ebay dr jerman ...

Ane putuskan ganti selang AC high pressure yg keliatannya udah gembung di BeRes (karena spek nya semua kursi ada pendingin AC & heater ... dan di belakang ada kulkas/coolbox-nya) ... untung kompresor dll masih oke ...

Ganti shockbreaker depan & benerin rembes oli power steering seal2 racksteer di bengkel spesialis ...

PR tinggal satu aja nih yg belum kesampaian: Service LCD yg udah sunburn ke SPD Speedometer ...

Kesimpulan: lumayan pusing & melelahkan utk bikin beres ini mobil selama 2 bulan lebih namun setelah hepi bisa bawa jalan2 keluarga ke sana sini utk ber-weekend ria (kalau naik tol tinggal pake cruise control, kaki ane akhrinya bebas dr pegel) ... ane akhirnya hepi juga jika dibandingkeun dengan budget yg dikeluarin ...

Ane akuin naikan nih serie-7 walau tuwir emang bedaaaa jauuuh ama Batu Nissan tunggangan ane sehari-hari ...
damn, nice cukup berani ambil bmw e66 dibandingkan F01/02 nya haha.
kalo suka ngulik barang dr ebay fcpeuro, dr china dsb sih oke lah rawat mbl gini.

semoga mbl adem ayem awet dan tidak bikin owner pusing ya om
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
z3ll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 24 Apr 2024, 14:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

kemalmakbar wrote: 01 Oct 2024, 14:48 Selamat om atas BMW 735Li-nya. Mudah-mudahan om puas dengan BMW tersebut.
Makasih om .. ane doain kebahagiaan om & keluarga juga ...
z3ll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 24 Apr 2024, 14:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: 01 Oct 2024, 14:54
damn, nice cukup berani ambil bmw e66 dibandingkan F01/02 nya haha.
kalo suka ngulik barang dr ebay fcpeuro, dr china dsb sih oke lah rawat mbl gini.

semoga mbl adem ayem awet dan tidak bikin owner pusing ya om
Makasih om, E66 ini kelebihannya mah emang pajak tahunannya lbh murmer drpd F02 hehehehe ... dari nekat ngambil lalu ulik2 online ternyata ane temuin bahwa sparepart2 spesies e65/e66 emang ini paling melimpah ruah dari jerman, russia, & negara2 eropa timur ...
clk230i
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 03 Sep 2017, 23:10
Location: bandung

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by clk230i »

wow selamat mobil barunya om. kalo bisa update disini om perawatannya. mudah2an awet ya..
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post