Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

keigolff
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2024, 22:41

Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by keigolff »

Halo salam kenal semua suhu2, punten ijin posting perdana langsung minta advise (biasanya cuma silent reader) hehe

Jadi saat ini sy rencana mau ganti kendaraan sehari2 saya yaitu SUV H tegak CRV 2013. Jujur selama pakai CRV ga ada masalah dgn mesin tp ngera BQ nya parah bgt. Nah makanya mumpung udah 10 taun sy mau coba ganti SUV yang BQ nya premium. Nah, Untuk budget sekarang sih kira2 pilihannya
1. X1 2019
2. X3 2016
3. GLC 2016
4. CX5 2020

Dari ke empat mobil diatas kira2 suhu disini ada advise atau ada pengalaman kaah. Nb, ane belum pernah pegang mobil eropa jadi rasanya kepengen banget punya, tp mohon masukkannya juga sesulit apa maintenance dan kira2 lebih worth yang mana untuk dipakai 5 -10 tahun kedepan (tanpa memikirkan resale value)

Terimakasih ya suhu2 semuany
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2476
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by KielConstantine »

CX-5 2020 dari crv 2013 bakal berasa improve gede banget dari segi build quality. Banyak yg pake banyak yg puas jg. Mobil cendrung reliable khas japan. Paling fitur2 radarnya suka nyebelin ya sisanya no complaint at all


X1 coret . Fwd +3 cyl enggak dehh. Beli lambang bmw doang.
Bagus CX-5 jauhh


Sisanya antara GLC atau X3 (lebih bener drpd nebus X1 / GLA)
Krn taonnya sama 2016 agak riskan . Takut kebagian sisa ampas orang bekas pake. Cuman kalo tetep mau coba, panggil aj team inspector mobil buat check om. Dapet ancer2 budget restorasi. Cari kondisi se mint mungkin kalo bisa

X3 (F25) caution di penggerak xdrive nya aj seh. Kadang pas odo 70-100 rb km suka ngambek as koppel nya. Buat benerin siapin dc 15 jutaan :big_biglaugh:

Seinget ane ada varian X3 sDrive 20i. Itu penggerak RWD doang, no problem sama urusan as koppel laknat

Engine N20 caution di timing chain. Sama odonya 70 ribuan ada tanda2 ngambek suara kasar dari engine artinya minta replace.
Dc mirip2 sekitar 15-17 jutaan.

Sisanya sensor sensor speed & abs khas europe. Cover gasket rembes rembesaan oli. Sama aer radiator ingusan dari selang.. ya itu2 aja yang biasa muter consumables nya :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3317
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by kendibocor »

Pilihan paling logis CX5, paling muda, paling ga rewel, mesin uda 1 dekade terbukti ga ribet. Biasa mazut masalah ga jauh dari kaki2 sama tensioner, oh iya sama spion suka macet.

Tp om TS blgnya pgm eropa kan. Hajar lah X3/GLC. X3 N20 ga susah diurus asal ada duid. GLC kurang tau deh tp jarang denger yg rese2.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
keigolff
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2024, 22:41

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by keigolff »

KielConstantine wrote: 25 Jan 2024, 16:39 CX-5 2020 dari crv 2013 bakal berasa improve gede banget dari segi build quality. Banyak yg pake banyak yg puas jg. Mobil cendrung reliable khas japan. Paling fitur2 radarnya suka nyebelin ya sisanya no complaint at all


X1 coret . Fwd +3 cyl enggak dehh. Beli lambang bmw doang.
Bagus CX-5 jauhh


Sisanya antara GLC atau X3 (lebih bener drpd nebus X1 / GLA)
Krn taonnya sama 2016 agak riskan . Takut kebagian sisa ampas orang bekas pake. Cuman kalo tetep mau coba, panggil aj team inspector mobil buat check om. Dapet ancer2 budget restorasi. Cari kondisi se mint mungkin kalo bisa

X3 (F25) caution di penggerak xdrive nya aj seh. Kadang pas odo 70-100 rb km suka ngambek as koppel nya. Buat benerin siapin dc 15 jutaan :big_biglaugh:

Seinget ane ada varian X3 sDrive 20i. Itu penggerak RWD doang, no problem sama urusan as koppel laknat

Engine N20 caution di timing chain. Sama odonya 70 ribuan ada tanda2 ngambek suara kasar dari engine artinya minta replace.
Dc mirip2 sekitar 15-17 jutaan.

Sisanya sensor sensor speed & abs khas europe. Cover gasket rembes rembesaan oli. Sama aer radiator ingusan dari selang.. ya itu2 aja yang biasa muter consumables nya :big_grin:
kendibocor wrote: 25 Jan 2024, 18:23 Pilihan paling logis CX5, paling muda, paling ga rewel, mesin uda 1 dekade terbukti ga ribet. Biasa mazut masalah ga jauh dari kaki2 sama tensioner, oh iya sama spion suka macet.

Tp om TS blgnya pgm eropa kan. Hajar lah X3/GLC. X3 N20 ga susah diurus asal ada duid. GLC kurang tau deh tp jarang denger yg rese2.
Iyaa om biar ga salah langkah ane udah sewa inspector dan udah ada 1 unit X1 2019 sama 2 unit X3 2016 yang di cek. Hasilnya emg karena paling muda umurnya X1 2019 paling mint kondisinya, cm karena banyak suhu2 disini blg X1 ga worth jadi ragu ambilnya. Kalo X3 yg diinspeksi rata2 KM 47ribuan tp beberapa ada yg perlu perbaikan kata link stabilizer , sama long tie rod alias kaki2 hehe. Nah barusan banget ane di tawarin X1 2018 km 40rb dari tunas bmw pre owned sama x3 2016 diesel km 78rb dari bestindo BMW premium selection. Kalo dr dealer resmi gitu biasanya kondisi sudah oke atau tetep perlu panggil inspector ya om? Ada sarankah untuk 2 unit yg di tawarin 2 dealer resmi bmw used car itu?

Kalo mercy glc250 nemu yg CBU tahun 2015 odo masih 50rb tp ownernya gamau di inspeksi hehe. Boleh kalo ada kenalan suhu2 yang mau nawarin hehehe
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4551
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by Pboyz97 »

keigolff wrote: 24 Jan 2024, 22:56 Halo salam kenal semua suhu2, punten ijin posting perdana langsung minta advise (biasanya cuma silent reader) hehe

Jadi saat ini sy rencana mau ganti kendaraan sehari2 saya yaitu SUV H tegak CRV 2013. Jujur selama pakai CRV ga ada masalah dgn mesin tp ngera BQ nya parah bgt. Nah makanya mumpung udah 10 taun sy mau coba ganti SUV yang BQ nya premium. Nah, Untuk budget sekarang sih kira2 pilihannya
1. X1 2019
2. X3 2016
3. GLC 2016
4. CX5 2020

Dari ke empat mobil diatas kira2 suhu disini ada advise atau ada pengalaman kaah. Nb, ane belum pernah pegang mobil eropa jadi rasanya kepengen banget punya, tp mohon masukkannya juga sesulit apa maintenance dan kira2 lebih worth yang mana untuk dipakai 5 -10 tahun kedepan (tanpa memikirkan resale value)

Terimakasih ya suhu2 semuany
kebetulan saya pernah pake CX5 2018 selama 3 tahun, kalo dibanding CRV 2013 jelas upgrade dari segala sisi , terutama driving feel, tarikan, handling, fitur & teknologi, cm kalah di brand , akomodasi & suspensi aja yg memang nggak se praktis & gak senyaman CRV. kalo diantara semua kandidat, saya vote CX5, biaya perawatan jelas lebih murah daripada eropaan , tapi desain & feelnya mendekati mobil eropa menurut saya, part jg selama tinggal di jabodetabek masih cukup mudah, beresnya masih cukup banyak yg bs handle. biaya mantenance sm crv gajauh beda kalo sama2 di beres, cuma kalah di bengkel non resminya aja yg ga sebanyak honda (kebetulan saya pernah pake keduanya barengan selama 10 tahun, mulai dari crv 2005, crv 2010, crv turbo 2019, cx5 2013 & cx5 2018)

kalo eropaan paling saya vote x3/ glc aja, x1 entah knp nanggung menurut saya buat ukuran bmw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by ChZ »

Balas dendam 10 taunnya tanggung kl cuma CX5.

X3, beli yang diesel mesin B47. atau X5 F15.

Atau cari ML250 CDI klo gak mau boros (sebelum ganti nama jadi GLE). Mercy feel premium lbh dapet dan lbh robust. BMW interiornya lebih cepet deteriorating. Cuma drivingnya lbh enak di BMW.

BMW yang maen lbh banyak, tp merc lebih bandel. Cuma mulai gen GLC kualiti agak turun makanya sy saranin ML aja lbh tua tp lbh premium dan kelas di atas.

Klo sedan pilihan lebih banyak. F10 tuh dapet. Atau w212.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3317
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by kendibocor »

keigolff wrote: 25 Jan 2024, 21:02
KielConstantine wrote: 25 Jan 2024, 16:39 CX-5 2020 dari crv 2013 bakal berasa improve gede banget dari segi build quality. Banyak yg pake banyak yg puas jg. Mobil cendrung reliable khas japan. Paling fitur2 radarnya suka nyebelin ya sisanya no complaint at all


X1 coret . Fwd +3 cyl enggak dehh. Beli lambang bmw doang.
Bagus CX-5 jauhh


Sisanya antara GLC atau X3 (lebih bener drpd nebus X1 / GLA)
Krn taonnya sama 2016 agak riskan . Takut kebagian sisa ampas orang bekas pake. Cuman kalo tetep mau coba, panggil aj team inspector mobil buat check om. Dapet ancer2 budget restorasi. Cari kondisi se mint mungkin kalo bisa

X3 (F25) caution di penggerak xdrive nya aj seh. Kadang pas odo 70-100 rb km suka ngambek as koppel nya. Buat benerin siapin dc 15 jutaan :big_biglaugh:

Seinget ane ada varian X3 sDrive 20i. Itu penggerak RWD doang, no problem sama urusan as koppel laknat

Engine N20 caution di timing chain. Sama odonya 70 ribuan ada tanda2 ngambek suara kasar dari engine artinya minta replace.
Dc mirip2 sekitar 15-17 jutaan.

Sisanya sensor sensor speed & abs khas europe. Cover gasket rembes rembesaan oli. Sama aer radiator ingusan dari selang.. ya itu2 aja yang biasa muter consumables nya :big_grin:
kendibocor wrote: 25 Jan 2024, 18:23 Pilihan paling logis CX5, paling muda, paling ga rewel, mesin uda 1 dekade terbukti ga ribet. Biasa mazut masalah ga jauh dari kaki2 sama tensioner, oh iya sama spion suka macet.

Tp om TS blgnya pgm eropa kan. Hajar lah X3/GLC. X3 N20 ga susah diurus asal ada duid. GLC kurang tau deh tp jarang denger yg rese2.
Iyaa om biar ga salah langkah ane udah sewa inspector dan udah ada 1 unit X1 2019 sama 2 unit X3 2016 yang di cek. Hasilnya emg karena paling muda umurnya X1 2019 paling mint kondisinya, cm karena banyak suhu2 disini blg X1 ga worth jadi ragu ambilnya. Kalo X3 yg diinspeksi rata2 KM 47ribuan tp beberapa ada yg perlu perbaikan kata link stabilizer , sama long tie rod alias kaki2 hehe. Nah barusan banget ane di tawarin X1 2018 km 40rb dari tunas bmw pre owned sama x3 2016 diesel km 78rb dari bestindo BMW premium selection. Kalo dr dealer resmi gitu biasanya kondisi sudah oke atau tetep perlu panggil inspector ya om? Ada sarankah untuk 2 unit yg di tawarin 2 dealer resmi bmw used car itu?

Kalo mercy glc250 nemu yg CBU tahun 2015 odo masih 50rb tp ownernya gamau di inspeksi hehe. Boleh kalo ada kenalan suhu2 yang mau nawarin hehehe
Ga bakal ada mobkas yg 100% kondisinya masih perfect sih om. Kalo masalah link stabilizer, tie rod segala mah ga seberapa parah. Prinsip ane selama kerusakan <10 jt sih masih bisa ditoleransi. Nego lg aja ma ownernya.
Bmw premium selection ada garansi macem BRI 1 tahun. Kayanya gawsa di inspeksi lg, bulan ke 10-11 nanti baru inspeksi ada kerusakan claim aja.

Yg mercy gamau diinspeksi mah lupain aja, mosok beli mbl ratusan juta kaya beli kucing dlm karung. Lakunya tunggu dunia kiamat itu mbl ga boleh diinspeksi.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: 03 Dec 2014, 14:35

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by sugarpot »

Kalo ane pribadi sih lebih sreg glc ya om karena paling cakep modelnya, tapi karena om sepertinya untuk dipake daily beater dan dipake 5-10 tahun ane jadi bingung juga. Apa gak nyusahin om nantinya?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2529
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by farizfsa »

GLC 250 4matic aja, itu mobil model year baru keluar tahun 2016 masih oke lah masih seger
BMW X3 F25 itu udah keluar sejak taun 2011, udh agak aging aja

bmw x1 sebenernya cukupan aja, bukan mbl eropa yang enak bgt, tp kalo dr crv 2013 kerasa improvement interior dan gengsi nya aja sih. sisa nya mungkin msh enakan crv.

cx5 katanya sih enak, tp rawatnya mirip2 eropa jd ya mending sekalian mersih

beli mbl eropa ga mau inspeksi mah udah lupain aja. apa lagi mbl taun muda begitu ga mau inspeksi, red flag deh. GCU di mercy resmi cm 1.8 jtan, mending cr yg jujur mau inspeksi aja, yg penting kedepan ga boncos.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20"+Yoko Advan Sport)
Lexus ES300h 14 (ES350 18"+Conti MC6)
Ford Ranger 2.2 T7 15 (HRE 648R 20”+Toyo OPAT)
VW Tiguan AS 21 (Rav 20'+Pirelli Dragon Sp+Stage 2 Engine)
faizzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by faizzz »

ChZ wrote: 25 Jan 2024, 22:33 Balas dendam 10 taunnya tanggung kl cuma CX5.

X3, beli yang diesel mesin B47. atau X5 F15.

Atau cari ML250 CDI klo gak mau boros (sebelum ganti nama jadi GLE). Mercy feel premium lbh dapet dan lbh robust. BMW interiornya lebih cepet deteriorating. Cuma drivingnya lbh enak di BMW.

BMW yang maen lbh banyak, tp merc lebih bandel. Cuma mulai gen GLC kualiti agak turun makanya sy saranin ML aja lbh tua tp lbh premium dan kelas di atas.

Klo sedan pilihan lebih banyak. F10 tuh dapet. Atau w212.
Tak kira cuma saya yang ngerasa agak janggal sama kualitas GLC gen 1 sama GLE yang seangkatan, kayaknya generasi ML yang seangkatan W212 lebih oke
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by ChZ »

faizzz wrote: 26 Jan 2024, 10:45 Tak kira cuma saya yang ngerasa agak janggal sama kualitas GLC gen 1 sama GLE yang seangkatan, kayaknya generasi ML yang seangkatan W212 lebih oke
ntah kenapa interior mobil jerman jaman now itu seperti dibuat untuk nggak longlast secara model dan material. terlalu rame jadi kesan luxurynya malah ilang. miris sih mengingat dulu slogan best or nothing nya mercedes bener2 tercermin itu bahan2 interior dan design di mercedes 2007-2013 itu awet secara bahan maupun model.

terakhir bawa E280 2008 temen yang katanya era chrysler jadi banyak downgrade, tetep miris liat yang sekarang. hahahaha

justru aneh kenapa mercedes skrg malah terkesan kalah mewah dengan audi wkwkwkkw
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by peterming77 »

ChZ wrote: 26 Jan 2024, 10:55
faizzz wrote: 26 Jan 2024, 10:45 Tak kira cuma saya yang ngerasa agak janggal sama kualitas GLC gen 1 sama GLE yang seangkatan, kayaknya generasi ML yang seangkatan W212 lebih oke
ntah kenapa interior mobil jerman jaman now itu seperti dibuat untuk nggak longlast secara model dan material. terlalu rame jadi kesan luxurynya malah ilang. miris sih mengingat dulu slogan best or nothing nya mercedes bener2 tercermin itu bahan2 interior dan design di mercedes 2007-2013 itu awet secara bahan maupun model.

terakhir bawa E280 2008 temen yang katanya era chrysler jadi banyak downgrade, tetep miris liat yang sekarang. hahahaha

justru aneh kenapa mercedes skrg malah terkesan kalah mewah dengan audi wkwkwkkw
Setuju kalo dibanding seangkatan Audi B8.5, BMW E90, Merc W204 paling cakep interior Audi, sampe hari ini pun ga keliatan kuno. Paling keliatan berumur itu W204 dng segala macam tombol angka ala HP jadul.
keigolff
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2024, 22:41

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by keigolff »

Pboyz97 wrote: 25 Jan 2024, 22:06
kebetulan saya pernah pake CX5 2018 selama 3 tahun, kalo dibanding CRV 2013 jelas upgrade dari segala sisi , terutama driving feel, tarikan, handling, fitur & teknologi, cm kalah di brand , akomodasi & suspensi aja yg memang nggak se praktis & gak senyaman CRV. kalo diantara semua kandidat, saya vote CX5, biaya perawatan jelas lebih murah daripada eropaan , tapi desain & feelnya mendekati mobil eropa menurut saya, part jg selama tinggal di jabodetabek masih cukup mudah, beresnya masih cukup banyak yg bs handle. biaya mantenance sm crv gajauh beda kalo sama2 di beres, cuma kalah di bengkel non resminya aja yg ga sebanyak honda (kebetulan saya pernah pake keduanya barengan selama 10 tahun, mulai dari crv 2005, crv 2010, crv turbo 2019, cx5 2013 & cx5 2018)

kalo eropaan paling saya vote x3/ glc aja, x1 entah knp nanggung menurut saya buat ukuran bmw
Iya sih om kalo dari sisi ukurannya nanggung ya X1, cuma galaunya karena kalo budget segitu X3 sama GLC taunnya paling mentok 2016 :big_childish:

ChZ wrote: 25 Jan 2024, 22:33 Balas dendam 10 taunnya tanggung kl cuma CX5.

X3, beli yang diesel mesin B47. atau X5 F15.

Atau cari ML250 CDI klo gak mau boros (sebelum ganti nama jadi GLE). Mercy feel premium lbh dapet dan lbh robust. BMW interiornya lebih cepet deteriorating. Cuma drivingnya lbh enak di BMW.

BMW yang maen lbh banyak, tp merc lebih bandel. Cuma mulai gen GLC kualiti agak turun makanya sy saranin ML aja lbh tua tp lbh premium dan kelas di atas.

Klo sedan pilihan lebih banyak. F10 tuh dapet. Atau w212.
Nah ane ditawarin sama bestindo X3 diesel 2016 tapi kilometer 85rb om, apa hajar itu ajaa?
sugarpot wrote: 26 Jan 2024, 07:52 Kalo ane pribadi sih lebih sreg glc ya om karena paling cakep modelnya, tapi karena om sepertinya untuk dipake daily beater dan dipake 5-10 tahun ane jadi bingung juga. Apa gak nyusahin om nantinya?
kendibocor wrote: 26 Jan 2024, 07:09
Ga bakal ada mobkas yg 100% kondisinya masih perfect sih om. Kalo masalah link stabilizer, tie rod segala mah ga seberapa parah. Prinsip ane selama kerusakan <10 jt sih masih bisa ditoleransi. Nego lg aja ma ownernya.
Bmw premium selection ada garansi macem BRI 1 tahun. Kayanya gawsa di inspeksi lg, bulan ke 10-11 nanti baru inspeksi ada kerusakan claim aja.

Yg mercy gamau diinspeksi mah lupain aja, mosok beli mbl ratusan juta kaya beli kucing dlm karung. Lakunya tunggu dunia kiamat itu mbl ga boleh diinspeksi.
farizfsa wrote: 26 Jan 2024, 09:34 GLC 250 4matic aja, itu mobil model year baru keluar tahun 2016 masih oke lah masih seger
BMW X3 F25 itu udah keluar sejak taun 2011, udh agak aging aja

bmw x1 sebenernya cukupan aja, bukan mbl eropa yang enak bgt, tp kalo dr crv 2013 kerasa improvement interior dan gengsi nya aja sih. sisa nya mungkin msh enakan crv.

cx5 katanya sih enak, tp rawatnya mirip2 eropa jd ya mending sekalian mersih

beli mbl eropa ga mau inspeksi mah udah lupain aja. apa lagi mbl taun muda begitu ga mau inspeksi, red flag deh. GCU di mercy resmi cm 1.8 jtan, mending cr yg jujur mau inspeksi aja, yg penting kedepan ga boncos.
Nah setelah liat suggestion suhu2 disini ane mulai cari2 GLC200/250 2016. Modelnya setuju sih cakep bangeet gagah dan bakal long last, tapi sayang bgt ya hu beberapa unit sekelas itu Belum retract mirror, spion tengah belum autodim dam belum ada sunroof kaya X3.

Sama kesel banget sih hu ane dapat 2 calon GLC tapi sama2 di bursa otomotif sunter di showroom yg beda nah mereka kekeuh gamau diinspeksi kalo belum di DP, katanya SOP disana gitu. Kalo udah DP baru boleh, dan kalo ada indikasi error baru duit balik. Emg kaya gitu sekarang ya apa gmn? Udah lama ga ke showroom :big_cry:
Aswajr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 07 Dec 2022, 14:47
Location: Jakarta

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by Aswajr »

keigolff wrote: 26 Jan 2024, 15:38

Sama kesel banget sih hu ane dapat 2 calon GLC tapi sama2 di bursa otomotif sunter di showroom yg beda nah mereka kekeuh gamau diinspeksi kalo belum di DP, katanya SOP disana gitu. Kalo udah DP baru boleh, dan kalo ada indikasi error baru duit balik. Emg kaya gitu sekarang ya apa gmn? Udah lama ga ke showroom :big_cry:
yang paling bawah itu mah showroomnya aja kali, dlu ane nyari ke sana malah disuruh cek dlu bawa ke bengkel / panggil orang.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2529
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by farizfsa »

keigolff wrote: 26 Jan 2024, 15:38
Pboyz97 wrote: 25 Jan 2024, 22:06
kebetulan saya pernah pake CX5 2018 selama 3 tahun, kalo dibanding CRV 2013 jelas upgrade dari segala sisi , terutama driving feel, tarikan, handling, fitur & teknologi, cm kalah di brand , akomodasi & suspensi aja yg memang nggak se praktis & gak senyaman CRV. kalo diantara semua kandidat, saya vote CX5, biaya perawatan jelas lebih murah daripada eropaan , tapi desain & feelnya mendekati mobil eropa menurut saya, part jg selama tinggal di jabodetabek masih cukup mudah, beresnya masih cukup banyak yg bs handle. biaya mantenance sm crv gajauh beda kalo sama2 di beres, cuma kalah di bengkel non resminya aja yg ga sebanyak honda (kebetulan saya pernah pake keduanya barengan selama 10 tahun, mulai dari crv 2005, crv 2010, crv turbo 2019, cx5 2013 & cx5 2018)

kalo eropaan paling saya vote x3/ glc aja, x1 entah knp nanggung menurut saya buat ukuran bmw
Iya sih om kalo dari sisi ukurannya nanggung ya X1, cuma galaunya karena kalo budget segitu X3 sama GLC taunnya paling mentok 2016 :big_childish:

ChZ wrote: 25 Jan 2024, 22:33 Balas dendam 10 taunnya tanggung kl cuma CX5.

X3, beli yang diesel mesin B47. atau X5 F15.

Atau cari ML250 CDI klo gak mau boros (sebelum ganti nama jadi GLE). Mercy feel premium lbh dapet dan lbh robust. BMW interiornya lebih cepet deteriorating. Cuma drivingnya lbh enak di BMW.

BMW yang maen lbh banyak, tp merc lebih bandel. Cuma mulai gen GLC kualiti agak turun makanya sy saranin ML aja lbh tua tp lbh premium dan kelas di atas.

Klo sedan pilihan lebih banyak. F10 tuh dapet. Atau w212.
Nah ane ditawarin sama bestindo X3 diesel 2016 tapi kilometer 85rb om, apa hajar itu ajaa?
sugarpot wrote: 26 Jan 2024, 07:52 Kalo ane pribadi sih lebih sreg glc ya om karena paling cakep modelnya, tapi karena om sepertinya untuk dipake daily beater dan dipake 5-10 tahun ane jadi bingung juga. Apa gak nyusahin om nantinya?
kendibocor wrote: 26 Jan 2024, 07:09
Ga bakal ada mobkas yg 100% kondisinya masih perfect sih om. Kalo masalah link stabilizer, tie rod segala mah ga seberapa parah. Prinsip ane selama kerusakan <10 jt sih masih bisa ditoleransi. Nego lg aja ma ownernya.
Bmw premium selection ada garansi macem BRI 1 tahun. Kayanya gawsa di inspeksi lg, bulan ke 10-11 nanti baru inspeksi ada kerusakan claim aja.

Yg mercy gamau diinspeksi mah lupain aja, mosok beli mbl ratusan juta kaya beli kucing dlm karung. Lakunya tunggu dunia kiamat itu mbl ga boleh diinspeksi.
farizfsa wrote: 26 Jan 2024, 09:34 GLC 250 4matic aja, itu mobil model year baru keluar tahun 2016 masih oke lah masih seger
BMW X3 F25 itu udah keluar sejak taun 2011, udh agak aging aja

bmw x1 sebenernya cukupan aja, bukan mbl eropa yang enak bgt, tp kalo dr crv 2013 kerasa improvement interior dan gengsi nya aja sih. sisa nya mungkin msh enakan crv.

cx5 katanya sih enak, tp rawatnya mirip2 eropa jd ya mending sekalian mersih

beli mbl eropa ga mau inspeksi mah udah lupain aja. apa lagi mbl taun muda begitu ga mau inspeksi, red flag deh. GCU di mercy resmi cm 1.8 jtan, mending cr yg jujur mau inspeksi aja, yg penting kedepan ga boncos.
Nah setelah liat suggestion suhu2 disini ane mulai cari2 GLC200/250 2016. Modelnya setuju sih cakep bangeet gagah dan bakal long last, tapi sayang bgt ya hu beberapa unit sekelas itu Belum retract mirror, spion tengah belum autodim dam belum ada sunroof kaya X3.

Sama kesel banget sih hu ane dapat 2 calon GLC tapi sama2 di bursa otomotif sunter di showroom yg beda nah mereka kekeuh gamau diinspeksi kalo belum di DP, katanya SOP disana gitu. Kalo udah DP baru boleh, dan kalo ada indikasi error baru duit balik. Emg kaya gitu sekarang ya apa gmn? Udah lama ga ke showroom :big_cry:
Nah itu lah mainan showroom, dl bantu kk beli w213 e300 2016 zaman 2021 harga miring km 20rb doang dibawah pasaran deh harga sekarang juga blm kena murah pokoknya. Mau tuker tambah sama ml400 w166.

Sy blg mau gcu ke beres, biaya di saya. Dia ga mau, maunya dia kita dp 10 jt, kalo oke tp kita ga jadi dp hangus. Jd pastiin aja mbl bener2 sreg test drive, baru gcu.

Ya memang itulah mainan mereka jg
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20"+Yoko Advan Sport)
Lexus ES300h 14 (ES350 18"+Conti MC6)
Ford Ranger 2.2 T7 15 (HRE 648R 20”+Toyo OPAT)
VW Tiguan AS 21 (Rav 20'+Pirelli Dragon Sp+Stage 2 Engine)
keigolff
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2024, 22:41

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by keigolff »

farizfsa wrote: 26 Jan 2024, 18:28
Nah itu lah mainan showroom, dl bantu kk beli w213 e300 2016 zaman 2021 harga miring km 20rb doang dibawah pasaran deh harga sekarang juga blm kena murah pokoknya. Mau tuker tambah sama ml400 w166.

Sy blg mau gcu ke beres, biaya di saya. Dia ga mau, maunya dia kita dp 10 jt, kalo oke tp kita ga jadi dp hangus. Jd pastiin aja mbl bener2 sreg test drive, baru gcu.

Ya memang itulah mainan mereka jg
Iya bener om jadi repot yaa padahal kita mau inspeksi juga sebenernya untuk nentuin kewajaran kita nego harga hehe.

Ohiya suhu2 disini kalo X1 dibanding GLA kira2 pada lebih rekomendasi yaang mana ya? Maksudnua kalo GLA bisa ambil tahun yang lebih muda dibandingkan GLC hehe
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2529
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by farizfsa »

keigolff wrote: 26 Jan 2024, 22:41
farizfsa wrote: 26 Jan 2024, 18:28
Nah itu lah mainan showroom, dl bantu kk beli w213 e300 2016 zaman 2021 harga miring km 20rb doang dibawah pasaran deh harga sekarang juga blm kena murah pokoknya. Mau tuker tambah sama ml400 w166.

Sy blg mau gcu ke beres, biaya di saya. Dia ga mau, maunya dia kita dp 10 jt, kalo oke tp kita ga jadi dp hangus. Jd pastiin aja mbl bener2 sreg test drive, baru gcu.

Ya memang itulah mainan mereka jg
Iya bener om jadi repot yaa padahal kita mau inspeksi juga sebenernya untuk nentuin kewajaran kita nego harga hehe.

Ohiya suhu2 disini kalo X1 dibanding GLA kira2 pada lebih rekomendasi yaang mana ya? Maksudnua kalo GLA bisa ambil tahun yang lebih muda dibandingkan GLC hehe
Saya sih x1 ya, dulu pernah pakai saudaranya A class A200, secara fitur masih bagusan x1, bantingan enakan x1, tp larinya enakan a class. Lalu kurangnya itu kursi penumpang depan masih manual, x1 sudah electric lalu panoramic roof, gla atau a200 belum.

Kl dpt gla250 panoramic 4matic oke jg tuh
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20"+Yoko Advan Sport)
Lexus ES300h 14 (ES350 18"+Conti MC6)
Ford Ranger 2.2 T7 15 (HRE 648R 20”+Toyo OPAT)
VW Tiguan AS 21 (Rav 20'+Pirelli Dragon Sp+Stage 2 Engine)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by ChZ »

peterming77 wrote: 26 Jan 2024, 14:25
Setuju kalo dibanding seangkatan Audi B8.5, BMW E90, Merc W204 paling cakep interior Audi, sampe hari ini pun ga keliatan kuno. Paling keliatan berumur itu W204 dng segala macam tombol angka ala HP jadul.
kalo BMW merc sekarang malah kesannya over nurut ane sih. lbh kayak mobil china. masuk chery sama masuk BMW merc kok jadi mirip gini kadang mikirnya. biarpun kalo udah ngomong fit and finish tetep beda level. kualitas leathernya jg beda.

honda civic FE RS itu secara vibe interior malah lebih enak diliatnya daripada BMW seri-3 baru. pinter dia niruin modelnya audi.

audi dari dulu kayak boring tp itu yang bikin timeless. model kotak2nya audi juga bikin gak cepet keliatan kuno. A4 A6 keluaran 2008 aja sampe sekarang gak keliatan kuno.

paling parah si mercy malah paling gampang keliatan kuno dan dilupakan. ane aja post W205 itu nggak inget jualannya mercy apa aja. saking mirip dan generiknya tuh modelnya.
keigolff wrote: 26 Jan 2024, 15:38
Nah ane ditawarin sama bestindo X3 diesel 2016 tapi kilometer 85rb om, apa hajar itu ajaa?
2016 kilometer 85ribu sih kecil om. banyak yg lebih gondrong. kalo harga bagus ya sikat aja. dieselnya BMW/mercy itu emang dibuat tahan lama krn di negara asalnya pada doyan diesel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by peterming77 »

ChZ wrote: 27 Jan 2024, 09:47
peterming77 wrote: 26 Jan 2024, 14:25
Setuju kalo dibanding seangkatan Audi B8.5, BMW E90, Merc W204 paling cakep interior Audi, sampe hari ini pun ga keliatan kuno. Paling keliatan berumur itu W204 dng segala macam tombol angka ala HP jadul.
kalo BMW merc sekarang malah kesannya over nurut ane sih. lbh kayak mobil china. masuk chery sama masuk BMW merc kok jadi mirip gini kadang mikirnya. biarpun kalo udah ngomong fit and finish tetep beda level. kualitas leathernya jg beda.

honda civic FE RS itu secara vibe interior malah lebih enak diliatnya daripada BMW seri-3 baru. pinter dia niruin modelnya audi.

audi dari dulu kayak boring tp itu yang bikin timeless. model kotak2nya audi juga bikin gak cepet keliatan kuno. A4 A6 keluaran 2008 aja sampe sekarang gak keliatan kuno.

paling parah si mercy malah paling gampang keliatan kuno dan dilupakan. ane aja post W205 itu nggak inget jualannya mercy apa aja. saking mirip dan generiknya tuh modelnya.
Setuju, Honda yg gen now interior nya upgrade sekali simple tapi timeless, meski nanti banyak yg bilang salam satu dashboard, soalnya dari HRV, Civic, CRV, Accord kan fascia dash nya sama, yg seneng tuas persneling nya juga salam satu model jadi pake HRV serasa pake Accord :big_biglaugh:

Kalo saya sukanya A6 yg trim silver, jangan yg kayu2, masih keliatan umurnya, tapi yg trim silver jarang ada sih.

Kelebihan model yg ga banyak beda dari tahun ke tahun itu jadi ga keliatan kita pake barang lama atau baru, tapi minusnya ya pake barang baru dipikir barang lama buat yg ga ngeh model :big_chicken:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3317
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by kendibocor »

keigolff wrote: 26 Jan 2024, 15:38
Nah setelah liat suggestion suhu2 disini ane mulai cari2 GLC200/250 2016. Modelnya setuju sih cakep bangeet gagah dan bakal long last, tapi sayang bgt ya hu beberapa unit sekelas itu Belum retract mirror, spion tengah belum autodim dam belum ada sunroof kaya X3.

Sama kesel banget sih hu ane dapat 2 calon GLC tapi sama2 di bursa otomotif sunter di showroom yg beda nah mereka kekeuh gamau diinspeksi kalo belum di DP, katanya SOP disana gitu. Kalo udah DP baru boleh, dan kalo ada indikasi error baru duit balik. Emg kaya gitu sekarang ya apa gmn? Udah lama ga ke showroom :big_cry:
Biasa lidah ga bertulang om, bilang awal balikin duit nanti pas beneran ga jd ambil banyak ini itunya. Tp ya harus fair jg kadang showroom mobilnya uda dibawa2 seharian bwat gcu, keluar bensin, orngnya ga jd beli. Pengalaman dlu ane beli mbl mau gcu ya ane kasih aja sejuta dlu tanda jd, mblnya dibawa sama anak buahnya ke beres bwat cek bareng2. Anggap aja sewa mobilnya sehari. Abis itu reportnya apa dan kita jd beli apa nggak ya 100% ditangan kita keputusannya. Kalo pake jada inspector2an dtg ke showroom sih gawsa dibayar wong mblnya cuman di crk ditempat. Masi gamau jg ya berarti anggap aja mblnya ga beres lah. Itu kalo di showroom. Kalo perorangan selama ini brp kali beli mobkas enak2 aja sih ownernya sama2 cek ke beres tanpa minta duit apa2. Asal kita pinter2 nyari barang dari awal.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
keigolff
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2024, 22:41

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by keigolff »

peterming77 wrote: 27 Jan 2024, 13:21
Setuju, Honda yg gen now interior nya upgrade sekali simple tapi timeless, meski nanti banyak yg bilang salam satu dashboard, soalnya dari HRV, Civic, CRV, Accord kan fascia dash nya sama, yg seneng tuas persneling nya juga salam satu model jadi pake HRV serasa pake Accord :big_biglaugh:

Kalo saya sukanya A6 yg trim silver, jangan yg kayu2, masih keliatan umurnya, tapi yg trim silver jarang ada sih.

Kelebihan model yg ga banyak beda dari tahun ke tahun itu jadi ga keliatan kita pake barang lama atau baru, tapi minusnya ya pake barang baru dipikir barang lama buat yg ga ngeh model :big_chicken:
Iya om bener banget honda skrg darininterior udah upgrade yaa, mulai pakai floating screen juga walau masih tebel belum kayak bezelless. Cuma skrg honda harganya tinggi tapi dari bbrp temen yang beli katanya BQ nya masih kalah dari mazda hehe
ChZ wrote: 27 Jan 2024, 09:47
2016 kilometer 85ribu sih kecil om. banyak yg lebih gondrong. kalo harga bagus ya sikat aja. dieselnya BMW/mercy itu emang dibuat tahan lama krn di negara asalnya pada doyan diesel.
Ohiya om, sekarang nemu 2 calon yang oke lagi nih om X3 bensin 2017 km 60rb (NIK 2016) sama GLC250 2017 km 95rb tapi interiornya full modif GLC tahun 2021. Kira2 ada masukan ga suhu2 ambil yang mana? Kalo dari sisi kaki2 kayanya sama aja karena tahunnya ga beda jauhh. Mohon pencerahan suhu semuaa hehe
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2529
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by farizfsa »

Duh mobil eropa jgn yg interiornya modifan deh
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20"+Yoko Advan Sport)
Lexus ES300h 14 (ES350 18"+Conti MC6)
Ford Ranger 2.2 T7 15 (HRE 648R 20”+Toyo OPAT)
VW Tiguan AS 21 (Rav 20'+Pirelli Dragon Sp+Stage 2 Engine)
keigolff
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2024, 22:41

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by keigolff »

farizfsa wrote: 28 Jan 2024, 12:12 Duh mobil eropa jgn yg interiornya modifan deh
Waduh kenapa tuh Suhu? Mungkin kalo ada pengalaman boleh dishare, kebetulan ini mau ngecel GLC250 tapi speedometer, wheelsteer sama headunit diupgrade jadi model AMG line 2018 yang full digital hehe, mungkin sebelum jadi bisa dishare pertimbangan dan pengalamannya hu
keigolff
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2024, 22:41

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by keigolff »

Pagi suhu2 setelah surfing2 sebulan lebih akhirnya mengkerucut 3 mobil ini yang harganya 500kecil kemungkinan ane bungkus dalam minggu ini

1. X1 NIK 2019, Regist 2020 KM40rb
2. X3 NIK 2016, Regist 2017 KM60rb
3. GLC250 4matic 2017 full mods AMG line 2021KM95rb

Mohon masukan final dari suhu2 sekalian yang kira2 bakal reliable 5-10 tahun kedepan dengan pemakaian normal dalam kota , karena sy first timer pegang eropaan jd belum tau seluk beluk maintenancenya. Overall sy sudah check pakai jasa inspector, kira2 perlu general check lg ke beres sebelum bungkus ga ya hu? mohon infonya juga hu, untuk general checkup ke beres biasanya prosedurnya booking dulu apa gimana dan biayanya berapa yaa huu?

Terimakasihh
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Need Advise X1 2019/ X3 2016/ GLC2016/ CX5 2020

Post by peterming77 »

keigolff wrote: 28 Jan 2024, 15:55
farizfsa wrote: 28 Jan 2024, 12:12 Duh mobil eropa jgn yg interiornya modifan deh
Waduh kenapa tuh Suhu? Mungkin kalo ada pengalaman boleh dishare, kebetulan ini mau ngecel GLC250 tapi speedometer, wheelsteer sama headunit diupgrade jadi model AMG line 2018 yang full digital hehe, mungkin sebelum jadi bisa dishare pertimbangan dan pengalamannya hu
Mending X3 yg interior ori daripada GLC yg modif digital speedo. Kalo setir masih ok lah, tapi kalo speedo no no.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post