w204 / F30 pre lci

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

KielConstantine wrote: 18 Sep 2023, 13:18
Bener tuh sama si om fariz bilang… klo udah pernah ganti. Ya ntar kena lagi skitar 70-100k km kedepan . Emang kelemahannya N20 bgitulah wkwkwk

Sama ntar biasalahh montir.. klo udah skalinya overhaul mesin ganti chain , nawarin komponen laen yg perlu diganti. Jadi dari awalnya mau ganti A doang merembet jadi B,C,D,E .. kalo dibilang masuk logika sehh emang beneran masuk. Jadi kita iyain ganti komponen2 laen itu.. trus langsung deh kluar bill 20juta+++ :mky_07:

Buat unit. F10 528i (N52) pre-FL sweet spot jg kok
combonya masih dpt :
Hydraulic PS
ZF-8 speed
Engine N/A inline-6 last edition sebelom era turbocharged

Klo engine N52/N53/N54/N55 & apapun yg inline-6 BMW timing chainnya kuat. Bisa up to 200ribu kilometer baru minta replace.

Si chz aj pengen klo upgrade dari E39 ke F10 528i jg tuh :upss:
Yes F10 523i or 528i harusnya sweet spot semua, krn masih pake inline 6 beda cc aja + transmisi ZF8 yg udah badak. Yg pasti harga 523i sudah merakyat sekali :ungg: Sayang yg F30 udah ga ada inline 6, kalo mau inline 6 harus balik ke E90 325i tapi transmisi ZF6 sama kan dipake di E90 320i yg prone mecha. Kepingin coba mesin inline 6 BMW yg tersohor itu di bodi kecil seri 3, tapi kalo cek online harga 325i sama 523i ga beda banyak jadi bingung :big_grin:
farizfsa wrote: 18 Sep 2023, 14:39
nah om gugling aja keyword "bmw timing chain issues oil". banyak si yg kasi referensi, salah satunya oli, baik salah oli, oli jelek, ga rutin ganti oli oli sudah ga bagus. kedua masalah umur juga. kl mau awet ya ganti oli yg bagus dan rutin. banyak diluar kan ganti oli murah, pake sampe maximal.

liat spec juga, misal bmw suruh pake spec BMW Long Life 04 (LL-04), tp dikasi bengkel spesialis kdg BMW Long Life 01 (LL-01), nah itu juga bisa jd problem, kl mereka sih bilang gapapa.

saya pun kalo ganti oli jdnya ga di spesialis, karena rata2 punya oli spec BMW LL-01. LL-04 ga punya, jd saya beli filter oli nya aja ganti di tempat lain kaya Toda atau Cakra.
Iya udah saya cek ada masalah sama oli juga Om. Jadi harus siap2 lah intinya kalo mau ambil BMW, harus belajar banyak dari temen2 di SM :big_okay:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2714
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

ttp bmw generasi F series dong om, sekarang aja generasi udah U hahahaha
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: 08 Mar 2022, 14:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: w204 / F30 pre lci

Post by peterming77 »

farizfsa wrote: 18 Sep 2023, 16:45 ttp bmw generasi F series dong om, sekarang aja generasi udah U hahahaha
F30 328i or F10 523i/528i AMINNNNNNN :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by kendibocor »

farizfsa wrote: 18 Sep 2023, 14:39
peterming77 wrote: 18 Sep 2023, 13:11
farizfsa wrote: 18 Sep 2023, 11:16

kalo salah satu bengkel spesialis bmw di fatmawati bilang itu timing chain ganti aja setiap 75rb km. ganti timing chain doang sih ga mahal barangnya, jasa nya aja yg bikin mahal udah2 karena sekalian turun mesin, jadi ganti ini itu biar sekali kerja, nah itu yg jadi mahal bisa per puluh2 kalo di kadalin bengkel kaya ini piston nya ini sehernya, kruk as sekalian.

timing chain sm jasa kayanya 9-10 jt, barangnya aja cuma 1.5-2 juta an aja, cm sebenernya ga setiap 75rb kok, asal ganti oli yg bener dan rutin itu penyakit sih jauh om.

contoh brand lain juga gt kl urusan bengkel sy aja mau di kadalin bengkel spesialis ford contohnya, penyakit selang turbo bocor di suruh turun mesin, 70 juta, padahal cuma penyakit 700rb, ganti selang turbo std atau aftermarket 2.5 juta.
Kalo mecha mungkin ada hubungan langsung sama ganti oli, tapi kalo timing chain bukannya memang sudah ada cacat dari bawaan mesin krn jalurnya pake plastik? Jadi lama2 pasti rentan juga namanya plastik kena panas. Kalo ganti timing chain pasti ongkosnya mahal kan harus setengah turun mesin ya Gan.

Ya intinya mau cari mobkas merk apa aja harus siap servis rutin + siap bengkel ahli langganan.
nah om gugling aja keyword "bmw timing chain issues oil". banyak si yg kasi referensi, salah satunya oli, baik salah oli, oli jelek, ga rutin ganti oli oli sudah ga bagus. kedua masalah umur juga. kl mau awet ya ganti oli yg bagus dan rutin. banyak diluar kan ganti oli murah, pake sampe maximal.

liat spec juga, misal bmw suruh pake spec BMW Long Life 04 (LL-04), tp dikasi bengkel spesialis kdg BMW Long Life 01 (LL-01), nah itu juga bisa jd problem, kl mereka sih bilang gapapa.

saya pun kalo ganti oli jdnya ga di spesialis, karena rata2 punya oli spec BMW LL-01. LL-04 ga punya, jd saya beli filter oli nya aja ganti di tempat lain kaya Toda atau Cakra.
Emang spec bmw F series non M disini pake LL01 apa LL04 sih om? Kok kalo ane baca2 blgnya LL04 bwat negara dgn bensin low sulfur (norway, dll) kalo amrik segala aja makenya LL01? Kayanya indo masih blm termasuk negara dengan brnsin low sulfur ya. Kalo gnt oli di beres dikasinya LL01 apa LL04 ya om? Ga pernah liat botolan sisa dari beres :big_think:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2714
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: w204 / F30 pre lci

Post by farizfsa »

kendibocor wrote: 18 Sep 2023, 18:34
farizfsa wrote: 18 Sep 2023, 14:39
peterming77 wrote: 18 Sep 2023, 13:11

Kalo mecha mungkin ada hubungan langsung sama ganti oli, tapi kalo timing chain bukannya memang sudah ada cacat dari bawaan mesin krn jalurnya pake plastik? Jadi lama2 pasti rentan juga namanya plastik kena panas. Kalo ganti timing chain pasti ongkosnya mahal kan harus setengah turun mesin ya Gan.

Ya intinya mau cari mobkas merk apa aja harus siap servis rutin + siap bengkel ahli langganan.
nah om gugling aja keyword "bmw timing chain issues oil". banyak si yg kasi referensi, salah satunya oli, baik salah oli, oli jelek, ga rutin ganti oli oli sudah ga bagus. kedua masalah umur juga. kl mau awet ya ganti oli yg bagus dan rutin. banyak diluar kan ganti oli murah, pake sampe maximal.

liat spec juga, misal bmw suruh pake spec BMW Long Life 04 (LL-04), tp dikasi bengkel spesialis kdg BMW Long Life 01 (LL-01), nah itu juga bisa jd problem, kl mereka sih bilang gapapa.

saya pun kalo ganti oli jdnya ga di spesialis, karena rata2 punya oli spec BMW LL-01. LL-04 ga punya, jd saya beli filter oli nya aja ganti di tempat lain kaya Toda atau Cakra.
Emang spec bmw F series non M disini pake LL01 apa LL04 sih om? Kok kalo ane baca2 blgnya LL04 bwat negara dgn bensin low sulfur (norway, dll) kalo amrik segala aja makenya LL01? Kayanya indo masih blm termasuk negara dengan brnsin low sulfur ya. Kalo gnt oli di beres dikasinya LL01 apa LL04 ya om? Ga pernah liat botolan sisa dari beres :big_think:
Duh lupa jg, kalo di manual sih 520d harus ll04 mungkin karena ada diesel particulate filter/dpf ya

Pas dl pake bmw generasi e sih pake ll01 ya
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3595
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: w204 / F30 pre lci

Post by kendibocor »

farizfsa wrote: 18 Sep 2023, 20:09
kendibocor wrote: 18 Sep 2023, 18:34
farizfsa wrote: 18 Sep 2023, 14:39

nah om gugling aja keyword "bmw timing chain issues oil". banyak si yg kasi referensi, salah satunya oli, baik salah oli, oli jelek, ga rutin ganti oli oli sudah ga bagus. kedua masalah umur juga. kl mau awet ya ganti oli yg bagus dan rutin. banyak diluar kan ganti oli murah, pake sampe maximal.

liat spec juga, misal bmw suruh pake spec BMW Long Life 04 (LL-04), tp dikasi bengkel spesialis kdg BMW Long Life 01 (LL-01), nah itu juga bisa jd problem, kl mereka sih bilang gapapa.

saya pun kalo ganti oli jdnya ga di spesialis, karena rata2 punya oli spec BMW LL-01. LL-04 ga punya, jd saya beli filter oli nya aja ganti di tempat lain kaya Toda atau Cakra.
Emang spec bmw F series non M disini pake LL01 apa LL04 sih om? Kok kalo ane baca2 blgnya LL04 bwat negara dgn bensin low sulfur (norway, dll) kalo amrik segala aja makenya LL01? Kayanya indo masih blm termasuk negara dengan brnsin low sulfur ya. Kalo gnt oli di beres dikasinya LL01 apa LL04 ya om? Ga pernah liat botolan sisa dari beres :big_think:
Duh lupa jg, kalo di manual sih 520d harus ll04 mungkin karena ada diesel particulate filter/dpf ya

Pas dl pake bmw generasi e sih pake ll01 ya
Oh iya om punya diesel ya, mungkin pengaruh ada dpfnya kali ya :mky_03:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post