Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

Pboyz97 wrote: 14 Jun 2021, 20:00 Saya vote terios, karena paling sesuai kriteria, bandel, awet, perawatan murah dan partnya cukup banyak dimana2 + fiturnya cukup lengkap dan desainnya juga cukup oke buat ukuran LSUV minusnya ada di kenyamanan dan bantingan suspensi yg ga seenak livina dan ertiga hehehe . Kalo nyari kenyamanan, bisa lirik ANE GX AT, paling empuk dan nyaman buat ukuran LMPV, road noise dan interior quality juga cukup baik buat ukuran LMPV, cuma minusnya ada di desain exteriornya bukan selera semua orang dan tarikannya agak kurang kalo menurut saya

Kalo alternatif bisa lirik veloz 1.5 AT
Thanku omm, secara kenyamanan apakah Veloz lbh ok dari Terios?
vp920b wrote: 14 Jun 2021, 20:30
Frenzyking wrote: 14 Jun 2021, 03:16
akbarfit wrote: 13 Jun 2021, 23:26 Bisa dijelasin dulu plus minusnya? Biar enak ntar kasi masukannya....

Karna dari sini bakal ketauan maunya gimana, maunya apa, dan pertimbangannya apa.

Drpd ntar keluar jawaban Inopah disel matik loh... :big_weee:
KielConstantine wrote: 14 Jun 2021, 00:32 Yaudah innova diesel matic :mky_07: :mky_07:


Ga lah ..

Ertiga GX automatik aja, banyak review positif dari pemakai2 disini. Dirawat jg murah . Sparepart murah. Easy lahhh. Dijamin pengeluaran rupiah minim.. duitnya bisa dipake buat jalan2 .. makan2 .. nginep di hotel mewah.. mejeng uhuyyy
erwinign wrote: 14 Jun 2021, 00:41 Diperjelas lagi oom budgetnya brp, kudu bekas apa baru, range tahunnya gimana. Biar ga kaget kl jawapnya innova disel
Haha jangan lah om kalau innova diesel matic, kalau baru overbudget itu.. nanti malah sy yg diminta nombokin :big_biglaugh: mertua maunya yang baru dengan budget max 240 - 250 dimana ketiganya msk ke kategori budget tsb

Mertua maunya yg baru nih om dan plihannya ya mmg jatuh pada ketiga itu, kalau dari hasil TD kesimpulan ybs kira kira spt ini:
1. Ertiga
(+) naiknya gampang
(+) suka tampilan dashboardnya terutama yg GX terbaru
(=) Menurut mertua, tenaga bawahnya paling nendang antara ketiganya
(-) Paling ceper antara ketiganya, walau tidak sering tp daerah sy pernah banjir dan ceritanya duo agya ayla mertua pernah kerendam :big_slap:
(-) Belum tau apakah bandel dengan bensin dan rawatan ala kadar

2. Terios
(+) Gagah karna tinggi
(+) Aman sekalipun ada banjir
(+) Sepertinya, aman dengan perawatan dan bensin ala kadar
(-) Jok serasa pendek, Interior sempit
(-) Cukup susah saat mau naik karna tinggi

3. Livina
(+) Modelnya ganteng
(+) Bukaan pintu terasa solid dan berat, peredaman menurut beliau juga ok
(+) Akomodasi lapang
(-) NIK 2020
(-) Brand Nissan lemah di RV
(-) Biaya penggantian parts / service sepertinya lebih mahal dan belum tau apakah mampu bertahan dengan perawatan dan bensin ala kadar

Kira kira seperti itu suhu mohon pencerahannya :big_childish:
Kebetulan saya punya keduanya nih krn kantor pernah kasih livina, mertua pke ertiga GL MT.

Jujur livina bantingannya beda sama xpander ga tau dibedain apanya, mungkin shock. Kalau diisi pertalite agak manja jd ngelitik, keterusan isi, throttle body kotor. Perawatan ga pernah kluar duit krn free 3 tahun.

Utk ertiga jelas ini suzuki lebih tahan banting. Terobos banjir pernah sekap mesin kuat, no problem. Perawatan murah si sy servis sendiri ga ke beres. Tiap 7000km sy buang olinya, pke yg bagus kl ga repsol, valvoline full syn sy pkenya. So far 3 tahun cuma ganti oli, barusan sy ganti busi sendiri pke iridium, filter udara, filter ac, kuras minyak rem cuma ngabisin 800rb, maklum mobil baru 22rb KM.

So far so good lah. Tinggal dipilih. Kalau terios big NO, bantingan sakit pinggang, sempit pula
Berarti indikasi Livina mesinnya kemungkinan krg tahan kalau dicekokin pertalite jangka panjang ya omm
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1218
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Xous »

Betul Om. Temen d sby punya terios MT termurah jg. Itu pake velg r16 bantingannya awal sy kira lbh empuk ternyata keras juga walay sy g cek angin berapa. Kec mertua om suka tampang nya yg suv n size nya yg ngepas n bosen liat avz, spt papa sy.
Xous wrote: 14 Jun 2021, 15:26
Xous wrote: 14 Jun 2021, 08:44 Pemakaian setaun byk g. Klo d bawah 20 ribu pertahun. Ertiga aj, krg tinggi y vers XL7. Klo d atas 20k or pake d luar pulau jawa. Terios plg tepat. Klo sy pribadi Veloz 1.5 AT aj haha.
Mertua sy udah pensiun tp aktif om kesana kemari lihat cucunya anterin makan bawa jalan jalan dll jadi setahun kyknya lebih dari 20rb deh, Agyanya aja udah 160rb belinya di 2014 Ayla udah dkt 80b jg belinya di 2018. Perawatan bnr bnr ala kadar, bahkan kalao ada premium isinya premium :big_biglaugh:

Wah kenapa Veloz om? bs sharing sharing pemakaiannya om?

Kebetulan sy juga org kalimantan yang nyasar d jawa om. Ortu sy pake rush 2020 MT. Kmrn sebelum lebaran mudik, bw itu mbl jalan2 slama d sana. Berasa lemot sekali n sempit cm tmp tinggal ortu sy dekat pasar tradisional, mau reborn bensin kebesaran. Mnrt sy lbh worthed veloz dr rusuh om. Scr penampilan g terliat spt mbl travel akap. Perawatan ala kadarnya juga rusuhnya krn klo kalau beres adanya d banjarmasin n tamianglayang.
Jadi kalau VS Terios, dari om suggest better Veloz yakkk
[/quote]
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by rakyatwkwkland »

Terios vs er3 vs livina menurut ane paling perbedaan yang kentara di kenyamanan dan handling sih. er3 dan livina nyaman terios kagak. The rest, sila cuba duduk sendiri di showroom masing2 dan rasakan perbedaannya, pilih yg sesuai dengan selera.

Urusan perawatan, trade off kenyamanan r3 dan livina jadi di kaki2nya yg rada letoy khas japanese car monokok FWD kebanyakan. Terios rada lebih kuat. Iya lebih kuat, cuma berdasarkan pengalaman ane gak sampe sehebat yang disembah fanboy2nya jg sih yang katanya "kagak rusak-rusak :fist: " :big_bored: . Gambarannya, mungkin kalo r3 itu kebanyakan tewas di 70-100 rb km, terios mungkin bisa sampe 100-150 rb km, dgn catatan kondisi tersebut merupakan pemakaian normal dalam kota. Kalo pemakaian di jalan super ancur dan driving stylenya kasar baik r3 livina terios sama2 bisa jadi lebih singkat umurnya, kalau pemakaian mayoritas rute luar kota tol yang mulus bisa lebih awet lagi. Ane bisa ngomong bgt karena ane sama2 punya xenia dan ANE. :big_blushing:

Untuk mesin dan transmisi, sama ajalah sama2 kuat dan low maintanance, sebab kita semua paham semua powertrain yg dipake di mobil2 itu adalah teknologi purbakala yang tentunya tahan dgn perawatan kelas purbakala jg.

Untuk banjir, ketiga2nya BUKAN MOBIL YANG DIRANCANG UNTUK NERABAS BANJIR! Mereka dirancang untuk membawa penumpang dgn jumlah 7 orang dengan nyaman dan aman, untuk bawa2 barang belanjaan yg gak kelewat berat jg bisa, dan mungkin untuk terios juga dirancang untuk masih bisa untuk sedikit light offroad ngelibas aspal ancur berlubang berkat ground clearance yg tinggi. Solusinya, hindari nerabas banjir yang kelewat tinggi. Kalau rumah udah mulai mau kebanjiran, segera ungsikan ke tempat yang tinggi juga.

Kalau mau mobil yang bisa nerabas banjir, beli SUV ladder frame macam fortuner pajero sport aja yg msh lebih dirancang buat begituan, atau lebih aman lagi ambil mobil yg bener2 buat offroad kayak taft, jimny (yg ini barunya msh dijual tuh walaupun penuh dgn drama), fj cruiser, jeep wrangler dll dll. Atau sekalian ambil tank amphibi aja lah oom, bahkan bisa dipake nyelem tuh..... :ngacir:
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 11:41 Terios vs er3 vs livina menurut ane paling perbedaan yang kentara di kenyamanan dan handling sih. er3 dan livina nyaman terios kagak. The rest, sila cuba duduk sendiri di showroom masing2 dan rasakan perbedaannya, pilih yg sesuai dengan selera.

Urusan perawatan, trade off kenyamanan r3 dan livina jadi di kaki2nya yg rada letoy khas japanese car monokok FWD kebanyakan. Terios rada lebih kuat. Iya lebih kuat, cuma berdasarkan pengalaman ane gak sampe sehebat yang disembah fanboy2nya jg sih yang katanya "kagak rusak-rusak :fist: " :big_bored: . Gambarannya, mungkin kalo r3 itu kebanyakan tewas di 70-100 rb km, terios mungkin bisa sampe 100-150 rb km, dgn catatan kondisi tersebut merupakan pemakaian normal dalam kota. Kalo pemakaian di jalan super ancur dan driving stylenya kasar baik r3 livina terios sama2 bisa jadi lebih singkat umurnya, kalau pemakaian mayoritas rute luar kota tol yang mulus bisa lebih awet lagi. Ane bisa ngomong bgt karena ane sama2 punya xenia dan ANE. :big_blushing:

Untuk mesin dan transmisi, sama ajalah sama2 kuat dan low maintanance, sebab kita semua paham semua powertrain yg dipake di mobil2 itu adalah teknologi purbakala yang tentunya tahan dgn perawatan kelas purbakala jg.

Untuk banjir, ketiga2nya BUKAN MOBIL YANG DIRANCANG UNTUK NERABAS BANJIR! Mereka dirancang untuk membawa penumpang dgn jumlah 7 orang dengan nyaman dan aman, untuk bawa2 barang belanjaan yg gak kelewat berat jg bisa, dan mungkin untuk terios juga dirancang untuk masih bisa untuk sedikit light offroad ngelibas aspal ancur berlubang berkat ground clearance yg tinggi. Solusinya, hindari nerabas banjir yang kelewat tinggi. Kalau rumah udah mulai mau kebanjiran, segera ungsikan ke tempat yang tinggi juga.

Kalau mau mobil yang bisa nerabas banjir, beli SUV ladder frame macam fortuner pajero sport aja yg msh lebih dirancang buat begituan, atau lebih aman lagi ambil mobil yg bener2 buat offroad kayak taft, jimny (yg ini barunya msh dijual tuh walaupun penuh dgn drama), fj cruiser, jeep wrangler dll dll. Atau sekalian ambil tank amphibi aja lah oom, bahkan bisa dipake nyelem tuh..... :ngacir:
Thankyou banget omm sharingnya, kalau bicara ketahanan menenggak BBM lbh tahan mana yak om kalau bicara long term? Sebab seperti kata suhu suhu di atas ini mobil bsr kmungkinan menjadi mobil terakhir mertua sy dan beliau selalu tekankan sing penting gak ribet rewel msk bengkel terus selain berkala.. gitu
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by qushay20019 »

BBM pertalite aman kok mesin2 LSUV manapun, mau pabrikan T, S atopun N/M
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2949
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by erwinign »

Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 15:03
rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 11:41 Terios vs er3 vs livina menurut ane paling perbedaan yang kentara di kenyamanan dan handling sih. er3 dan livina nyaman terios kagak. The rest, sila cuba duduk sendiri di showroom masing2 dan rasakan perbedaannya, pilih yg sesuai dengan selera.

Urusan perawatan, trade off kenyamanan r3 dan livina jadi di kaki2nya yg rada letoy khas japanese car monokok FWD kebanyakan. Terios rada lebih kuat. Iya lebih kuat, cuma berdasarkan pengalaman ane gak sampe sehebat yang disembah fanboy2nya jg sih yang katanya "kagak rusak-rusak :fist: " :big_bored: . Gambarannya, mungkin kalo r3 itu kebanyakan tewas di 70-100 rb km, terios mungkin bisa sampe 100-150 rb km, dgn catatan kondisi tersebut merupakan pemakaian normal dalam kota. Kalo pemakaian di jalan super ancur dan driving stylenya kasar baik r3 livina terios sama2 bisa jadi lebih singkat umurnya, kalau pemakaian mayoritas rute luar kota tol yang mulus bisa lebih awet lagi. Ane bisa ngomong bgt karena ane sama2 punya xenia dan ANE. :big_blushing:

Untuk mesin dan transmisi, sama ajalah sama2 kuat dan low maintanance, sebab kita semua paham semua powertrain yg dipake di mobil2 itu adalah teknologi purbakala yang tentunya tahan dgn perawatan kelas purbakala jg.

Untuk banjir, ketiga2nya BUKAN MOBIL YANG DIRANCANG UNTUK NERABAS BANJIR! Mereka dirancang untuk membawa penumpang dgn jumlah 7 orang dengan nyaman dan aman, untuk bawa2 barang belanjaan yg gak kelewat berat jg bisa, dan mungkin untuk terios juga dirancang untuk masih bisa untuk sedikit light offroad ngelibas aspal ancur berlubang berkat ground clearance yg tinggi. Solusinya, hindari nerabas banjir yang kelewat tinggi. Kalau rumah udah mulai mau kebanjiran, segera ungsikan ke tempat yang tinggi juga.

Kalau mau mobil yang bisa nerabas banjir, beli SUV ladder frame macam fortuner pajero sport aja yg msh lebih dirancang buat begituan, atau lebih aman lagi ambil mobil yg bener2 buat offroad kayak taft, jimny (yg ini barunya msh dijual tuh walaupun penuh dgn drama), fj cruiser, jeep wrangler dll dll. Atau sekalian ambil tank amphibi aja lah oom, bahkan bisa dipake nyelem tuh..... :ngacir:
Thankyou banget omm sharingnya, kalau bicara ketahanan menenggak BBM lbh tahan mana yak om kalau bicara long term? Sebab seperti kata suhu suhu di atas ini mobil bsr kmungkinan menjadi mobil terakhir mertua sy dan beliau selalu tekankan sing penting gak ribet rewel msk bengkel terus selain berkala.. gitu
Ertiga baru bukannya udah dpt program servis gratis ya om?
Don't Judge The Book By It's Cover
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by rakyatwkwkland »

Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 15:03
rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 11:41 Terios vs er3 vs livina menurut ane paling perbedaan yang kentara di kenyamanan dan handling sih. er3 dan livina nyaman terios kagak. The rest, sila cuba duduk sendiri di showroom masing2 dan rasakan perbedaannya, pilih yg sesuai dengan selera.

Urusan perawatan, trade off kenyamanan r3 dan livina jadi di kaki2nya yg rada letoy khas japanese car monokok FWD kebanyakan. Terios rada lebih kuat. Iya lebih kuat, cuma berdasarkan pengalaman ane gak sampe sehebat yang disembah fanboy2nya jg sih yang katanya "kagak rusak-rusak :fist: " :big_bored: . Gambarannya, mungkin kalo r3 itu kebanyakan tewas di 70-100 rb km, terios mungkin bisa sampe 100-150 rb km, dgn catatan kondisi tersebut merupakan pemakaian normal dalam kota. Kalo pemakaian di jalan super ancur dan driving stylenya kasar baik r3 livina terios sama2 bisa jadi lebih singkat umurnya, kalau pemakaian mayoritas rute luar kota tol yang mulus bisa lebih awet lagi. Ane bisa ngomong bgt karena ane sama2 punya xenia dan ANE. :big_blushing:

Untuk mesin dan transmisi, sama ajalah sama2 kuat dan low maintanance, sebab kita semua paham semua powertrain yg dipake di mobil2 itu adalah teknologi purbakala yang tentunya tahan dgn perawatan kelas purbakala jg.

Untuk banjir, ketiga2nya BUKAN MOBIL YANG DIRANCANG UNTUK NERABAS BANJIR! Mereka dirancang untuk membawa penumpang dgn jumlah 7 orang dengan nyaman dan aman, untuk bawa2 barang belanjaan yg gak kelewat berat jg bisa, dan mungkin untuk terios juga dirancang untuk masih bisa untuk sedikit light offroad ngelibas aspal ancur berlubang berkat ground clearance yg tinggi. Solusinya, hindari nerabas banjir yang kelewat tinggi. Kalau rumah udah mulai mau kebanjiran, segera ungsikan ke tempat yang tinggi juga.

Kalau mau mobil yang bisa nerabas banjir, beli SUV ladder frame macam fortuner pajero sport aja yg msh lebih dirancang buat begituan, atau lebih aman lagi ambil mobil yg bener2 buat offroad kayak taft, jimny (yg ini barunya msh dijual tuh walaupun penuh dgn drama), fj cruiser, jeep wrangler dll dll. Atau sekalian ambil tank amphibi aja lah oom, bahkan bisa dipake nyelem tuh..... :ngacir:
Thankyou banget omm sharingnya, kalau bicara ketahanan menenggak BBM lbh tahan mana yak om kalau bicara long term? Sebab seperti kata suhu suhu di atas ini mobil bsr kmungkinan menjadi mobil terakhir mertua sy dan beliau selalu tekankan sing penting gak ribet rewel msk bengkel terus selain berkala.. gitu
Podo wae oom. BBM oktan rendah itu efeknya untuk long term paling cuma seperti ke performa, kehalusan, keiritan, busi cepet kotor, dan semacamnya saja. Mesin bensin apalagi yang NA biasanya cenderung tidak rewel untuk urusan nenggak BBM. Even untuk mesin seperti HR15DE di OGL yang terkenal raja nggelitik aja banyak yg cekokin premium pertalite dan sepertinya cukup banyak yg survive untuk kategori sekedar asal jalan asal gelinding. Mesin2 skyactive mazda yg canggih dan kompresi tinggi jg gapernah ada issue tuh selama bertahun2, padahal ownernya ada aja yg nyekokin pertalite.

Kalo di manual book nya ertiga sih tulisannya minimum octane numbernya 90. Denger2 di xpander jg 90 jd harusnya livina jg sama. Kalo di mesin 2NR-VE nya rushter avxen ane ga tahu soalnya gak punya dan belon pernah denger jg. Xenia ane msh make enjin EJ-DE yg maha jadul soalnya :big_blushing:

Lagian bbm termurah di indonesia raya sekarang tinggal pertalite dan revvo 89 kan? Premium udah dihapus kan? Gausah khawatir lah, pertalite itu udah kategori mendingan dari premium, meanwhile revvo 89 kalo ga di kota besar macam jkt pasti gak ada SPBU vivo. :big_weee:
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by rakyatwkwkland »

erwinign wrote: 15 Jun 2021, 16:42
Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 15:03
rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 11:41 Terios vs er3 vs livina menurut ane paling perbedaan yang kentara di kenyamanan dan handling sih. er3 dan livina nyaman terios kagak. The rest, sila cuba duduk sendiri di showroom masing2 dan rasakan perbedaannya, pilih yg sesuai dengan selera.

Urusan perawatan, trade off kenyamanan r3 dan livina jadi di kaki2nya yg rada letoy khas japanese car monokok FWD kebanyakan. Terios rada lebih kuat. Iya lebih kuat, cuma berdasarkan pengalaman ane gak sampe sehebat yang disembah fanboy2nya jg sih yang katanya "kagak rusak-rusak :fist: " :big_bored: . Gambarannya, mungkin kalo r3 itu kebanyakan tewas di 70-100 rb km, terios mungkin bisa sampe 100-150 rb km, dgn catatan kondisi tersebut merupakan pemakaian normal dalam kota. Kalo pemakaian di jalan super ancur dan driving stylenya kasar baik r3 livina terios sama2 bisa jadi lebih singkat umurnya, kalau pemakaian mayoritas rute luar kota tol yang mulus bisa lebih awet lagi. Ane bisa ngomong bgt karena ane sama2 punya xenia dan ANE. :big_blushing:

Untuk mesin dan transmisi, sama ajalah sama2 kuat dan low maintanance, sebab kita semua paham semua powertrain yg dipake di mobil2 itu adalah teknologi purbakala yang tentunya tahan dgn perawatan kelas purbakala jg.

Untuk banjir, ketiga2nya BUKAN MOBIL YANG DIRANCANG UNTUK NERABAS BANJIR! Mereka dirancang untuk membawa penumpang dgn jumlah 7 orang dengan nyaman dan aman, untuk bawa2 barang belanjaan yg gak kelewat berat jg bisa, dan mungkin untuk terios juga dirancang untuk masih bisa untuk sedikit light offroad ngelibas aspal ancur berlubang berkat ground clearance yg tinggi. Solusinya, hindari nerabas banjir yang kelewat tinggi. Kalau rumah udah mulai mau kebanjiran, segera ungsikan ke tempat yang tinggi juga.

Kalau mau mobil yang bisa nerabas banjir, beli SUV ladder frame macam fortuner pajero sport aja yg msh lebih dirancang buat begituan, atau lebih aman lagi ambil mobil yg bener2 buat offroad kayak taft, jimny (yg ini barunya msh dijual tuh walaupun penuh dgn drama), fj cruiser, jeep wrangler dll dll. Atau sekalian ambil tank amphibi aja lah oom, bahkan bisa dipake nyelem tuh..... :ngacir:
Thankyou banget omm sharingnya, kalau bicara ketahanan menenggak BBM lbh tahan mana yak om kalau bicara long term? Sebab seperti kata suhu suhu di atas ini mobil bsr kmungkinan menjadi mobil terakhir mertua sy dan beliau selalu tekankan sing penting gak ribet rewel msk bengkel terus selain berkala.. gitu
Ertiga baru bukannya udah dpt program servis gratis ya om?
Ane punya AN er3 jg tahun 2018. Kalo punya ane cuma gratis jasa sampe paket servis 50k km doang sih. Fluida dan spare part ya bayar...

Kalo yg bener2 baru NIK 2021 kurang tahu.
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2949
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by erwinign »

rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 16:50
erwinign wrote: 15 Jun 2021, 16:42
Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 15:03

Thankyou banget omm sharingnya, kalau bicara ketahanan menenggak BBM lbh tahan mana yak om kalau bicara long term? Sebab seperti kata suhu suhu di atas ini mobil bsr kmungkinan menjadi mobil terakhir mertua sy dan beliau selalu tekankan sing penting gak ribet rewel msk bengkel terus selain berkala.. gitu
Ertiga baru bukannya udah dpt program servis gratis ya om?
Ane punya AN er3 jg tahun 2018. Kalo punya ane cuma gratis jasa sampe paket servis 50k km doang sih. Fluida dan spare part ya bayar...

Kalo yg bener2 baru NIK 2021 kurang tahu.
Kl gratis jasa dr 2014 udah jalan om, sedengernya saya dr 2020 itu mulai deh yg free semuanya sampe 50rb km. Tp gatau ertiga all series ato tertentu
Don't Judge The Book By It's Cover
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by rakyatwkwkland »

erwinign wrote: 15 Jun 2021, 17:00
rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 16:50
erwinign wrote: 15 Jun 2021, 16:42

Ertiga baru bukannya udah dpt program servis gratis ya om?
Ane punya AN er3 jg tahun 2018. Kalo punya ane cuma gratis jasa sampe paket servis 50k km doang sih. Fluida dan spare part ya bayar...

Kalo yg bener2 baru NIK 2021 kurang tahu.
Kl gratis jasa dr 2014 udah jalan om, sedengernya saya dr 2020 itu mulai deh yg free semuanya sampe 50rb km. Tp gatau ertiga all series ato tertentu
Wah kalo itu sih YNTKTS... :ngacir:

Mungkin yg lain yg ada beli r3 2020 ke atas bisa bantu jawab apa sparepart jg dapet gratis? :big_blushing:
akbarfit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by akbarfit »

Semua kendaraan akan enak sampai 100.000km

Setelahnya pasti mulai jajan... Yang jelas... Bayangkan saja... 100rb km, bila 1 tahun 10rb km, maka ditempuh 8-10 tahun... Usia mobil 10 tahun itu dibilang muda ya enggak, tua jg enggak... Tapi sudah mulai kemakan usia utamanya karet-karet. Mekanikal slow moving yang akan habis kemakan krn putaran, gesekan, dan gerakan... Juga akan mulai minta jajan. Kalo sudah begini, bengkel spesialis lah yg bisa jadi pilihan. Gampangnya, begitu masa garansi habis, pasti mobil akan minta jajan, lebihannya umur anggap bonus, kurangnya umur bisa diselesaikan garansi.

Percayalah... Semua mobil diatas 100.000km akan mulai jajan. Dan sesuai kelasnya.. yang mobilnya mahal di awal beli... Partsnya gak akan ikut murah seperti harganya 10 tahun kedepan.

Trust me... Kalau sudah begini tinggal percaya ke merk yg mana. Hehehe.... Happy hunting om... Kalau saya ambil yg fiturnya banyak naiknya nyaman.
Kenapa gitu? Dalam 8-10 tahun, kecanggihan fitur adalah salah satu penunjang supaya tidak bosan dengan mobilnya. Karena rentang waktu itu akan membuat banyak mobil kelas dibawahnya yang baru punya fitur mobil kelas diatasnya...

Sebuah contoh sederhana, tombol setir, cruise control... Sekelas Raize aja skrg sudah mulai punya itu semua... Bayangkan, bila punya mobil 10 tahun sebelumnya dengan fitur-fitur lengkap yang baru disamai oleh mobil2 sekelasnya ataupun dibawahnya ataupun fitur yang baru ngetren saat ini di mobil yang bakal banyak dibeli orang... Akan ada rasa bersyukur dan belum minat ganti krn apa yang dipunyai masih setara dengan fitur² mobil yang baru... Hehehehehe...

Just my 2 cents.
Kembalikan pilihan pada budget, dan jatuh hatinya mertua.


Oiya sekedar info, AndroidAuto/AppleCarplay sangat-sangat sangaaaaatttt menarik dan berguna lho... Bukan pertimbangan utama, bisa ditambahkan.. yang jelas multimedia dan navigasi akan sangat mudah diakses saat di kendaraan.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 03 Mar 2021, 08:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Grand Vitara 2400

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by leogalih »

rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 17:18
erwinign wrote: 15 Jun 2021, 17:00
rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 16:50

Ane punya AN er3 jg tahun 2018. Kalo punya ane cuma gratis jasa sampe paket servis 50k km doang sih. Fluida dan spare part ya bayar...

Kalo yg bener2 baru NIK 2021 kurang tahu.
Kl gratis jasa dr 2014 udah jalan om, sedengernya saya dr 2020 itu mulai deh yg free semuanya sampe 50rb km. Tp gatau ertiga all series ato tertentu
Wah kalo itu sih YNTKTS... :ngacir:

Mungkin yg lain yg ada beli r3 2020 ke atas bisa bantu jawab apa sparepart jg dapet gratis? :big_blushing:
Saya baru beli XL7 bulan maret lalu, nik2020, dapat free jasa dan parts kelipatan 10rb sampai km 50rb.. Jadi bener bener cuma isi bensin aja
rakyatwkwkland
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by rakyatwkwkland »

leogalih wrote: 15 Jun 2021, 20:53
rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 17:18
erwinign wrote: 15 Jun 2021, 17:00

Kl gratis jasa dr 2014 udah jalan om, sedengernya saya dr 2020 itu mulai deh yg free semuanya sampe 50rb km. Tp gatau ertiga all series ato tertentu
Wah kalo itu sih YNTKTS... :ngacir:

Mungkin yg lain yg ada beli r3 2020 ke atas bisa bantu jawab apa sparepart jg dapet gratis? :big_blushing:
Saya baru beli XL7 bulan maret lalu, nik2020, dapat free jasa dan parts kelipatan 10rb sampai km 50rb.. Jadi bener bener cuma isi bensin aja
Okeii... Nais inpoh gan :big_okay:
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: 29 Sep 2017, 18:02
Location: Bandung

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by piraku »

Ertiga GX itu non esp kan ya? Kalau saya sih coret.

Ajak test drive aja om. Karena standar nyaman engganya beda beda tiap individu. Banyak yg ngeluh produk ADM ga ada opsi semburan AC ke kaki gerah katanya, tp bapak saya tiap saya kasih semburan AC ke kaki di C24 nya malah ngomel hehe
adrianwill
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 16 Jun 2014, 23:13

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by adrianwill »

ikutan comment ya... karna kmrn jg galau pilihan yg sama persis

lagi cari mobil perang sehari2.. karna mobil lama nissan march dilungsurin ke adik buat dia pakai

awalnya jujur tertarik diskon livina 55 jt jatonya jd murah bgt kan itu dibanding xpander yg disc kecil.. toh sebelumnya pakai nissan puas jg..
nissan march dr 2012 masih awet sampe skrg uda mau 10 tahun..

testdrive lah livina ve 2019 matic.. impresi awal

1.modelnya awal liat bagus...dan mobilnya enak kedap empuk lega.. jok enak.. tapi..

2.kaki2 dpn perasaan rada bunyi dan bersisik klo lewat jln jelek.. pdahal odo baru 7000
3. dashboard rattle bag kiri dpn..
4.lelet tarikannya yg matic
5. dibawa belok2 agak terlalu limbung... tp gak selimbung innova

yg disc 55 jt tipe ve..2019.. vl abis.. sisa 2020 disc jauh lbh kecil

klo ambil tipe ve ga berasa upgrade byk di interior dan fiturnya dr mobil lama.. fiturnya nanggung


mampir ke sebelahhya suzuki.. td xl7 dan ertiga

waktu itu masih sisa nik 2020 ertiga disc 30 jt xl7 disc 20 an something.. lupa

impresi awal

1. modelnya biasa bgt.. b aja.. untuk ertiga dan yg xl7 modelnya agak maksa.. mnurut gw ya..
2. interiornya lhoo kok bagus.. pas pegang kulit di setirnya itu berasa kulit yg kualitasnya bgs.. kayak pegang setir mazda feelnya
fit finish jg ok bgs kokoh smua. jok juga empuk dan lebar.
3. tarikannya lho kok enteng jauh dr livina.. lbh responsive
dan lebih irit dpt 1:13 km dalkot ga pake eco eco an.. asal bejek aja
4 kaki2.. hajar jalan jelek lho kok kedap ga ada bunyi2. lewat jln conblok jg kedap..
5. handling.. bawa ngebut trus dibelokin masih sangat nurut dan gejala limbung sedikit..intinya mobil ini dibawa belak belok anggresive masih enak. radius putar juga kecil jd enak bawa jln2 sempit.

melebihin expetasi nih mobil. pdahal klo awal liat modelnya b aja

toyota rush
brg kosong ga ada mobil td dan disc cuman 15 jt
jd yaudah coret aja lah...


oke akhirnya deal ertiga sport hitam matic nik 2020.. mnurut gw ertiga sport modelnya lbh mendingan dr ertiga biasa yg gl dan gx.. gr2 ada bodykitnya sama grillnya model sarang tawon..
dan dikabari hitam abis.. sisa putih.. yaud akhirnya putih...jdnya

pelayanan oke bgs smua
pas dtg ternyata bukan putih biasa.. tp putih ada mutiara2nya.. jd klo kena matahari ada kilau2 flakes mutiaranya... ya oke bgt.... kirain putih susu biasa.

kekurangan selama pakai
1. ga ada autofolding spion.. jd mesti pencet tombol gt sebelum matiin mesin.. suka lupa folding spion
2. ga ada autolock.. bisa tambah modul sih.. tp mager aja ngerjainnya
3.armrest dpn ternyata ga ada.. (di xl7 ada) bisa beli console tengahnya.. tp sekali lagi.. males gaweinnya.. mesti bongkar2 console tengah 1 bundle..

(pas di dealer ertiga sport ga dipajang jd pas beli cuman liat yg xl7 sama ertiga gx)

mobil gratis service sampai 50 rb atau 3 tahun
garansi jg sampai 100 rb km

tinggal isi bensin aja..



klo seandainya waktu itu ga deal ertiga.. maka mobil penggantinya adalah toyota raize....tp karna sudah ambil ertiga jd raizenya ga dulu..
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2949
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by erwinign »

adrianwill wrote: 16 Jun 2021, 02:57 ikutan comment ya... karna kmrn jg galau pilihan yg sama persis

lagi cari mobil perang sehari2.. karna mobil lama nissan march dilungsurin ke adik buat dia pakai

awalnya jujur tertarik diskon livina 55 jt jatonya jd murah bgt kan itu dibanding xpander yg disc kecil.. toh sebelumnya pakai nissan puas jg..
nissan march dr 2012 masih awet sampe skrg uda mau 10 tahun..

testdrive lah livina ve 2019 matic.. impresi awal

1.modelnya awal liat bagus...dan mobilnya enak kedap empuk lega.. jok enak.. tapi..

2.kaki2 dpn perasaan rada bunyi dan bersisik klo lewat jln jelek.. pdahal odo baru 7000
3. dashboard rattle bag kiri dpn..
4.lelet tarikannya yg matic
5. dibawa belok2 agak terlalu limbung... tp gak selimbung innova

yg disc 55 jt tipe ve..2019.. vl abis.. sisa 2020 disc jauh lbh kecil

klo ambil tipe ve ga berasa upgrade byk di interior dan fiturnya dr mobil lama.. fiturnya nanggung


mampir ke sebelahhya suzuki.. td xl7 dan ertiga

waktu itu masih sisa nik 2020 ertiga disc 30 jt xl7 disc 20 an something.. lupa

impresi awal

1. modelnya biasa bgt.. b aja.. untuk ertiga dan yg xl7 modelnya agak maksa.. mnurut gw ya..
2. interiornya lhoo kok bagus.. pas pegang kulit di setirnya itu berasa kulit yg kualitasnya bgs.. kayak pegang setir mazda feelnya
fit finish jg ok bgs kokoh smua. jok juga empuk dan lebar.
3. tarikannya lho kok enteng jauh dr livina.. lbh responsive
dan lebih irit dpt 1:13 km dalkot ga pake eco eco an.. asal bejek aja
4 kaki2.. hajar jalan jelek lho kok kedap ga ada bunyi2. lewat jln conblok jg kedap..
5. handling.. bawa ngebut trus dibelokin masih sangat nurut dan gejala limbung sedikit..intinya mobil ini dibawa belak belok anggresive masih enak. radius putar juga kecil jd enak bawa jln2 sempit.

melebihin expetasi nih mobil. pdahal klo awal liat modelnya b aja

toyota rush
brg kosong ga ada mobil td dan disc cuman 15 jt
jd yaudah coret aja lah...


oke akhirnya deal ertiga sport hitam matic nik 2020.. mnurut gw ertiga sport modelnya lbh mendingan dr ertiga biasa yg gl dan gx.. gr2 ada bodykitnya sama grillnya model sarang tawon..
dan dikabari hitam abis.. sisa putih.. yaud akhirnya putih...jdnya

pelayanan oke bgs smua
pas dtg ternyata bukan putih biasa.. tp putih ada mutiara2nya.. jd klo kena matahari ada kilau2 flakes mutiaranya... ya oke bgt.... kirain putih susu biasa.

kekurangan selama pakai
1. ga ada autofolding spion.. jd mesti pencet tombol gt sebelum matiin mesin.. suka lupa folding spion
2. ga ada autolock.. bisa tambah modul sih.. tp mager aja ngerjainnya
3.armrest dpn ternyata ga ada.. (di xl7 ada) bisa beli console tengahnya.. tp sekali lagi.. males gaweinnya.. mesti bongkar2 console tengah 1 bundle..

(pas di dealer ertiga sport ga dipajang jd pas beli cuman liat yg xl7 sama ertiga gx)

mobil gratis service sampai 50 rb atau 3 tahun
garansi jg sampai 100 rb km

tinggal isi bensin aja..



klo seandainya waktu itu ga deal ertiga.. maka mobil penggantinya adalah toyota raize....tp karna sudah ambil ertiga jd raizenya ga dulu..
Om, soal kekurangannya
- yg autolock beli modul otoproject yg autolock by speed aja, model tancep plug n play di soket OBD. Sy pake 3th di ertiga lama sangat2 membantu dan gada problem sampe hr ini. Agak mahal sktr 400an, cuma gausa buka2 panel, pasti bisa jalannya
- auto fold mirror, nah ini sih. Bw ke toko variasi aja tapi kudu modul yg khusus buat ertiga baru. Modul autofold universal murah tp suka ngaco kerjanya krn prinsip dia cm sejauh kl central lock posisi ngunci dia asal ngelipet. Sy pake di crv cukup kesel sama modul2an universal gini, ngasal banget prinsip kerjanya. Kayanya otoproject ada deh. Saya ga pasang ini barang di ertiga sy karena blm ada tombol auto retract dan jatohnya mahal banget harus ganti ini itu
Don't Judge The Book By It's Cover
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 03 Mar 2021, 08:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Grand Vitara 2400

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by leogalih »

piraku wrote: 15 Jun 2021, 23:26 Ertiga GX itu non esp kan ya? Kalau saya sih coret.

Ajak test drive aja om. Karena standar nyaman engganya beda beda tiap individu. Banyak yg ngeluh produk ADM ga ada opsi semburan AC ke kaki gerah katanya, tp bapak saya tiap saya kasih semburan AC ke kaki di C24 nya malah ngomel hehe
Yang ada ESP (dan hill hold control) di Ertiga Sport sama XL7 aja om
budi46
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 09 Oct 2015, 22:54

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by budi46 »

Halo Gans,,Suzuki Ertiga & Xl 7 aman koq isi pertalite,,,bnyk Ready nih ,,utk after sales nya juga program free parts,,irit ,nyaman pula,,siap bantu om klo mau proses
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

qushay20019 wrote: 15 Jun 2021, 15:35 BBM pertalite aman kok mesin2 LSUV manapun, mau pabrikan T, S atopun N/M
Siap Pak, setelah td sy bacakan sharing suhu-suhu SM kepada mertua, akhirnya tadi sore sepakat bsk SPK Livina VL warna Black Knight :big_smile] makasih banyak Huuu sudah bagi bagi pengalaman dan ilmunya :mky_02:
rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 16:48
Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 15:03
rakyatwkwkland wrote: 15 Jun 2021, 11:41 Terios vs er3 vs livina menurut ane paling perbedaan yang kentara di kenyamanan dan handling sih. er3 dan livina nyaman terios kagak. The rest, sila cuba duduk sendiri di showroom masing2 dan rasakan perbedaannya, pilih yg sesuai dengan selera.

Urusan perawatan, trade off kenyamanan r3 dan livina jadi di kaki2nya yg rada letoy khas japanese car monokok FWD kebanyakan. Terios rada lebih kuat. Iya lebih kuat, cuma berdasarkan pengalaman ane gak sampe sehebat yang disembah fanboy2nya jg sih yang katanya "kagak rusak-rusak :fist: " :big_bored: . Gambarannya, mungkin kalo r3 itu kebanyakan tewas di 70-100 rb km, terios mungkin bisa sampe 100-150 rb km, dgn catatan kondisi tersebut merupakan pemakaian normal dalam kota. Kalo pemakaian di jalan super ancur dan driving stylenya kasar baik r3 livina terios sama2 bisa jadi lebih singkat umurnya, kalau pemakaian mayoritas rute luar kota tol yang mulus bisa lebih awet lagi. Ane bisa ngomong bgt karena ane sama2 punya xenia dan ANE. :big_blushing:

Untuk mesin dan transmisi, sama ajalah sama2 kuat dan low maintanance, sebab kita semua paham semua powertrain yg dipake di mobil2 itu adalah teknologi purbakala yang tentunya tahan dgn perawatan kelas purbakala jg.

Untuk banjir, ketiga2nya BUKAN MOBIL YANG DIRANCANG UNTUK NERABAS BANJIR! Mereka dirancang untuk membawa penumpang dgn jumlah 7 orang dengan nyaman dan aman, untuk bawa2 barang belanjaan yg gak kelewat berat jg bisa, dan mungkin untuk terios juga dirancang untuk masih bisa untuk sedikit light offroad ngelibas aspal ancur berlubang berkat ground clearance yg tinggi. Solusinya, hindari nerabas banjir yang kelewat tinggi. Kalau rumah udah mulai mau kebanjiran, segera ungsikan ke tempat yang tinggi juga.

Kalau mau mobil yang bisa nerabas banjir, beli SUV ladder frame macam fortuner pajero sport aja yg msh lebih dirancang buat begituan, atau lebih aman lagi ambil mobil yg bener2 buat offroad kayak taft, jimny (yg ini barunya msh dijual tuh walaupun penuh dgn drama), fj cruiser, jeep wrangler dll dll. Atau sekalian ambil tank amphibi aja lah oom, bahkan bisa dipake nyelem tuh..... :ngacir:
Thankyou banget omm sharingnya, kalau bicara ketahanan menenggak BBM lbh tahan mana yak om kalau bicara long term? Sebab seperti kata suhu suhu di atas ini mobil bsr kmungkinan menjadi mobil terakhir mertua sy dan beliau selalu tekankan sing penting gak ribet rewel msk bengkel terus selain berkala.. gitu
Podo wae oom. BBM oktan rendah itu efeknya untuk long term paling cuma seperti ke performa, kehalusan, keiritan, busi cepet kotor, dan semacamnya saja. Mesin bensin apalagi yang NA biasanya cenderung tidak rewel untuk urusan nenggak BBM. Even untuk mesin seperti HR15DE di OGL yang terkenal raja nggelitik aja banyak yg cekokin premium pertalite dan sepertinya cukup banyak yg survive untuk kategori sekedar asal jalan asal gelinding. Mesin2 skyactive mazda yg canggih dan kompresi tinggi jg gapernah ada issue tuh selama bertahun2, padahal ownernya ada aja yg nyekokin pertalite.

Kalo di manual book nya ertiga sih tulisannya minimum octane numbernya 90. Denger2 di xpander jg 90 jd harusnya livina jg sama. Kalo di mesin 2NR-VE nya rushter avxen ane ga tahu soalnya gak punya dan belon pernah denger jg. Xenia ane msh make enjin EJ-DE yg maha jadul soalnya :big_blushing:

Lagian bbm termurah di indonesia raya sekarang tinggal pertalite dan revvo 89 kan? Premium udah dihapus kan? Gausah khawatir lah, pertalite itu udah kategori mendingan dari premium, meanwhile revvo 89 kalo ga di kota besar macam jkt pasti gak ada SPBU vivo. :big_weee:
Nuhun ommm atas ilmu-ilmu yang telah dicurahkan, akhirnya mertua besok akan ke Nissan untuk SPK seekor VL warna itemmm :big_exellent:
akbarfit wrote: 15 Jun 2021, 20:39 Semua kendaraan akan enak sampai 100.000km

Setelahnya pasti mulai jajan... Yang jelas... Bayangkan saja... 100rb km, bila 1 tahun 10rb km, maka ditempuh 8-10 tahun... Usia mobil 10 tahun itu dibilang muda ya enggak, tua jg enggak... Tapi sudah mulai kemakan usia utamanya karet-karet. Mekanikal slow moving yang akan habis kemakan krn putaran, gesekan, dan gerakan... Juga akan mulai minta jajan. Kalo sudah begini, bengkel spesialis lah yg bisa jadi pilihan. Gampangnya, begitu masa garansi habis, pasti mobil akan minta jajan, lebihannya umur anggap bonus, kurangnya umur bisa diselesaikan garansi.

Percayalah... Semua mobil diatas 100.000km akan mulai jajan. Dan sesuai kelasnya.. yang mobilnya mahal di awal beli... Partsnya gak akan ikut murah seperti harganya 10 tahun kedepan.

Trust me... Kalau sudah begini tinggal percaya ke merk yg mana. Hehehe.... Happy hunting om... Kalau saya ambil yg fiturnya banyak naiknya nyaman.
Kenapa gitu? Dalam 8-10 tahun, kecanggihan fitur adalah salah satu penunjang supaya tidak bosan dengan mobilnya. Karena rentang waktu itu akan membuat banyak mobil kelas dibawahnya yang baru punya fitur mobil kelas diatasnya...

Sebuah contoh sederhana, tombol setir, cruise control... Sekelas Raize aja skrg sudah mulai punya itu semua... Bayangkan, bila punya mobil 10 tahun sebelumnya dengan fitur-fitur lengkap yang baru disamai oleh mobil2 sekelasnya ataupun dibawahnya ataupun fitur yang baru ngetren saat ini di mobil yang bakal banyak dibeli orang... Akan ada rasa bersyukur dan belum minat ganti krn apa yang dipunyai masih setara dengan fitur² mobil yang baru... Hehehehehe...

Just my 2 cents.
Kembalikan pilihan pada budget, dan jatuh hatinya mertua.


Oiya sekedar info, AndroidAuto/AppleCarplay sangat-sangat sangaaaaatttt menarik dan berguna lho... Bukan pertimbangan utama, bisa ditambahkan.. yang jelas multimedia dan navigasi akan sangat mudah diakses saat di kendaraan.
Thankyou banyak om Akbar atas sharingnyaa ini yang td bikin mertua makin yakinnn pas sy bacakan ke beliau ilmu-ilmu dari SM iniii hehehe Seng penting yakeeeen :big_exellent:
piraku wrote: 15 Jun 2021, 23:26 Ertiga GX itu non esp kan ya? Kalau saya sih coret.

Ajak test drive aja om. Karena standar nyaman engganya beda beda tiap individu. Banyak yg ngeluh produk ADM ga ada opsi semburan AC ke kaki gerah katanya, tp bapak saya tiap saya kasih semburan AC ke kaki di C24 nya malah ngomel hehe
Sudah TD ketiganya ommm dan +- masing-masing jg sudah disebutkan oleh mertua seperti yang sy tuliskan sebelumnya.. Akhirnya diputuskan untuk SPK seekor VL warna hitam :big_biglaugh: melarin budget dikitt toh diskon masih gedee
adrianwill wrote: 16 Jun 2021, 02:57 ikutan comment ya... karna kmrn jg galau pilihan yg sama persis

lagi cari mobil perang sehari2.. karna mobil lama nissan march dilungsurin ke adik buat dia pakai

awalnya jujur tertarik diskon livina 55 jt jatonya jd murah bgt kan itu dibanding xpander yg disc kecil.. toh sebelumnya pakai nissan puas jg..
nissan march dr 2012 masih awet sampe skrg uda mau 10 tahun..

testdrive lah livina ve 2019 matic.. impresi awal

1.modelnya awal liat bagus...dan mobilnya enak kedap empuk lega.. jok enak.. tapi..

2.kaki2 dpn perasaan rada bunyi dan bersisik klo lewat jln jelek.. pdahal odo baru 7000
3. dashboard rattle bag kiri dpn..
4.lelet tarikannya yg matic
5. dibawa belok2 agak terlalu limbung... tp gak selimbung innova

yg disc 55 jt tipe ve..2019.. vl abis.. sisa 2020 disc jauh lbh kecil

klo ambil tipe ve ga berasa upgrade byk di interior dan fiturnya dr mobil lama.. fiturnya nanggung


mampir ke sebelahhya suzuki.. td xl7 dan ertiga

waktu itu masih sisa nik 2020 ertiga disc 30 jt xl7 disc 20 an something.. lupa

impresi awal

1. modelnya biasa bgt.. b aja.. untuk ertiga dan yg xl7 modelnya agak maksa.. mnurut gw ya..
2. interiornya lhoo kok bagus.. pas pegang kulit di setirnya itu berasa kulit yg kualitasnya bgs.. kayak pegang setir mazda feelnya
fit finish jg ok bgs kokoh smua. jok juga empuk dan lebar.
3. tarikannya lho kok enteng jauh dr livina.. lbh responsive
dan lebih irit dpt 1:13 km dalkot ga pake eco eco an.. asal bejek aja
4 kaki2.. hajar jalan jelek lho kok kedap ga ada bunyi2. lewat jln conblok jg kedap..
5. handling.. bawa ngebut trus dibelokin masih sangat nurut dan gejala limbung sedikit..intinya mobil ini dibawa belak belok anggresive masih enak. radius putar juga kecil jd enak bawa jln2 sempit.

melebihin expetasi nih mobil. pdahal klo awal liat modelnya b aja

toyota rush
brg kosong ga ada mobil td dan disc cuman 15 jt
jd yaudah coret aja lah...


oke akhirnya deal ertiga sport hitam matic nik 2020.. mnurut gw ertiga sport modelnya lbh mendingan dr ertiga biasa yg gl dan gx.. gr2 ada bodykitnya sama grillnya model sarang tawon..
dan dikabari hitam abis.. sisa putih.. yaud akhirnya putih...jdnya

pelayanan oke bgs smua
pas dtg ternyata bukan putih biasa.. tp putih ada mutiara2nya.. jd klo kena matahari ada kilau2 flakes mutiaranya... ya oke bgt.... kirain putih susu biasa.

kekurangan selama pakai
1. ga ada autofolding spion.. jd mesti pencet tombol gt sebelum matiin mesin.. suka lupa folding spion
2. ga ada autolock.. bisa tambah modul sih.. tp mager aja ngerjainnya
3.armrest dpn ternyata ga ada.. (di xl7 ada) bisa beli console tengahnya.. tp sekali lagi.. males gaweinnya.. mesti bongkar2 console tengah 1 bundle..

(pas di dealer ertiga sport ga dipajang jd pas beli cuman liat yg xl7 sama ertiga gx)

mobil gratis service sampai 50 rb atau 3 tahun
garansi jg sampai 100 rb km

tinggal isi bensin aja..



klo seandainya waktu itu ga deal ertiga.. maka mobil penggantinya adalah toyota raize....tp karna sudah ambil ertiga jd raizenya ga dulu..
Siap ommm makasih banyak sharing infoneee :big_smile] :big_deal:
budi46 wrote: 16 Jun 2021, 21:45 Halo Gans,,Suzuki Ertiga & Xl 7 aman koq isi pertalite,,,bnyk Ready nih ,,utk after sales nya juga program free parts,,irit ,nyaman pula,,siap bantu om klo mau proses
Siap om, namun kebetulan berdasarkan musyawarah keluarga td sore sudah diputuskan bulet untuk SPK Livina VL item buat gantiin agya dan ayla mertua :big_biglaugh:

makasih ommm
akbarfit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by akbarfit »

Weihhh... Mantap om VL hitam... Gantengnya gak ketulungan...


Coba liat channel nya om B channel di youtube... Minimal bagian speedometer dan setir. Modif mahal sih, tp cukup diliat aja biar makin penasaran dan makin kesengsem dan gak merasa salah beli....
Hahaha

Selamaaaat. Semoga puas dg pilihannya.

Kalau HUnya masih Clarion yg bawaan dealer itu... Coba deh ajarin utk pakai android auto/carplay nya..
Saya yakin mertua makin sayang ama mantunya dan gak bakal alasan kesasar kemana mana hahahah

Setelan audionya jg lumayan sip sih EQnya luas

Dan tambah kamera mundur. Sudah sangat sip buat bapak mertua. Saya lupa sdh ada cruise control belum ya... Tinggal aktifkan fitur dan beli tombol aja itu... Bila memang jalannya banyak lurus/memungkinkan pake cruise sangat worth utk di upgrade.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2843
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Pboyz97 »

Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 05:51
Pboyz97 wrote: 14 Jun 2021, 20:00 Saya vote terios, karena paling sesuai kriteria, bandel, awet, perawatan murah dan partnya cukup banyak dimana2 + fiturnya cukup lengkap dan desainnya juga cukup oke buat ukuran LSUV minusnya ada di kenyamanan dan bantingan suspensi yg ga seenak livina dan ertiga hehehe . Kalo nyari kenyamanan, bisa lirik ANE GX AT, paling empuk dan nyaman buat ukuran LMPV, road noise dan interior quality juga cukup baik buat ukuran LMPV, cuma minusnya ada di desain exteriornya bukan selera semua orang dan tarikannya agak kurang kalo menurut saya

Kalo alternatif bisa lirik veloz 1.5 AT
Thanku omm, secara kenyamanan apakah Veloz lbh ok dari Terios?

Kenyamanan sih mirip2 ya, kalo dibandingin sm terios yg baru, cuma kalo menurut saya lebih nyaman veloz sedikit dibanding terios hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

Pboyz97 wrote: 19 Jun 2021, 19:09
Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 05:51
Pboyz97 wrote: 14 Jun 2021, 20:00 Saya vote terios, karena paling sesuai kriteria, bandel, awet, perawatan murah dan partnya cukup banyak dimana2 + fiturnya cukup lengkap dan desainnya juga cukup oke buat ukuran LSUV minusnya ada di kenyamanan dan bantingan suspensi yg ga seenak livina dan ertiga hehehe . Kalo nyari kenyamanan, bisa lirik ANE GX AT, paling empuk dan nyaman buat ukuran LMPV, road noise dan interior quality juga cukup baik buat ukuran LMPV, cuma minusnya ada di desain exteriornya bukan selera semua orang dan tarikannya agak kurang kalo menurut saya

Kalo alternatif bisa lirik veloz 1.5 AT
Thanku omm, secara kenyamanan apakah Veloz lbh ok dari Terios?

Kenyamanan sih mirip2 ya, kalo dibandingin sm terios yg baru, cuma kalo menurut saya lebih nyaman veloz sedikit dibanding terios hehehe
Kebetulan mertua sudah SPK dan naiknya ke trim VL 😅 tinggal tunggu unit dtg.

Tp makasih om inputnya, secara NVH bner yah om better Veloz compared to Terios? Klo ngomongin ruang akomodasi mungkin Veloz menang kali ya omm hehehe.

Andai kata ya om, kalau suatu hari oe sendiri bisa ada budget smpe 300an better Innova G A/T Bensin apa Veloz yah om klo mmg keukeuh mau beli merk Atoyot 🤣? secara trim terenndah dan trim tertinggi. Karna istri dari dulu pengen bnget Innova

Ini mertua SPK Livina aja istri msh bawelin kenapa ngak Toyota ajaa 🤣 gtw knp istri oe Atoyot minded banget.
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by kenop »

Frenzyking wrote: 21 Jun 2021, 10:43
Pboyz97 wrote: 19 Jun 2021, 19:09
Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 05:51

Thanku omm, secara kenyamanan apakah Veloz lbh ok dari Terios?

Kenyamanan sih mirip2 ya, kalo dibandingin sm terios yg baru, cuma kalo menurut saya lebih nyaman veloz sedikit dibanding terios hehehe
Kebetulan mertua sudah SPK dan naiknya ke trim VL 😅 tinggal tunggu unit dtg.

Tp makasih om inputnya, secara NVH bner yah om better Veloz compared to Terios? Klo ngomongin ruang akomodasi mungkin Veloz menang kali ya omm hehehe.

Andai kata ya om, kalau suatu hari oe sendiri bisa ada budget smpe 300an better Innova G A/T Bensin apa Veloz yah om klo mmg keukeuh mau beli merk Atoyot 🤣? secara trim terenndah dan trim tertinggi. Karna istri dari dulu pengen bnget Innova

Ini mertua SPK Livina aja istri msh bawelin kenapa ngak Toyota ajaa 🤣 gtw knp istri oe Atoyot minded banget.
gpp om naik ke VL, tanggung VE bener nya sih hehe.. klo ada budget nya VL ud bener deh :D
innova sih klo ane, CC ngga boong, kelas harga jg ngga boong :D
tapi emang klo budget bs melar better innova V :big_peace:
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Frenzyking »

kenop wrote: 21 Jun 2021, 10:51
Frenzyking wrote: 21 Jun 2021, 10:43
Pboyz97 wrote: 19 Jun 2021, 19:09
Kenyamanan sih mirip2 ya, kalo dibandingin sm terios yg baru, cuma kalo menurut saya lebih nyaman veloz sedikit dibanding terios hehehe
Kebetulan mertua sudah SPK dan naiknya ke trim VL 😅 tinggal tunggu unit dtg.

Tp makasih om inputnya, secara NVH bner yah om better Veloz compared to Terios? Klo ngomongin ruang akomodasi mungkin Veloz menang kali ya omm hehehe.

Andai kata ya om, kalau suatu hari oe sendiri bisa ada budget smpe 300an better Innova G A/T Bensin apa Veloz yah om klo mmg keukeuh mau beli merk Atoyot 🤣? secara trim terenndah dan trim tertinggi. Karna istri dari dulu pengen bnget Innova

Ini mertua SPK Livina aja istri msh bawelin kenapa ngak Toyota ajaa 🤣 gtw knp istri oe Atoyot minded banget.
gpp om naik ke VL, tanggung VE bener nya sih hehe.. klo ada budget nya VL ud bener deh :D
innova sih klo ane, CC ngga boong, kelas harga jg ngga boong :D
tapi emang klo budget bs melar better innova V :big_peace:
Siap ommm wkakakak tp klo melar makin melar nanti naik lagi, secara perbandingan value for money tetap jatuhnya ipah G bensin yah ommm ehehhe?
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2843
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: Antara Ertiga GX A/T, Terios R A/T, dan Livina VE

Post by Pboyz97 »

Frenzyking wrote: 21 Jun 2021, 10:43
Pboyz97 wrote: 19 Jun 2021, 19:09
Frenzyking wrote: 15 Jun 2021, 05:51

Thanku omm, secara kenyamanan apakah Veloz lbh ok dari Terios?

Kenyamanan sih mirip2 ya, kalo dibandingin sm terios yg baru, cuma kalo menurut saya lebih nyaman veloz sedikit dibanding terios hehehe
Kebetulan mertua sudah SPK dan naiknya ke trim VL 😅 tinggal tunggu unit dtg.

Tp makasih om inputnya, secara NVH bner yah om better Veloz compared to Terios? Klo ngomongin ruang akomodasi mungkin Veloz menang kali ya omm hehehe.

Andai kata ya om, kalau suatu hari oe sendiri bisa ada budget smpe 300an better Innova G A/T Bensin apa Veloz yah om klo mmg keukeuh mau beli merk Atoyot 🤣? secara trim terenndah dan trim tertinggi. Karna istri dari dulu pengen bnget Innova

Ini mertua SPK Livina aja istri msh bawelin kenapa ngak Toyota ajaa 🤣 gtw knp istri oe Atoyot minded banget.
congrats om buat mobil barunya. kalo NVH sih mirip2 ya, 11 12 kalo antara veloz dan terios , sepertinya sama aja menurut saya. akomodasi juga 11 12, mirip2 antara veloz dan terios. kalo budget 300 sih dan pilihannya cuma 2 itu , saya merem innova om, karena kelas jelas diatas avanza + kenyamanan dan bantingan supensi juga pasti diatas veloz secara kelas juga ga boong. kalopun mau lmpv, saya vote ertiga or xpander. sayang aja gitu spend 300 jtan buat sebuah veloz menurut saya. kalo mau alternatif toyota pun, saya vote rush trd at, sepertinya masuk budget, fitur juga lebih lengkap daripada veloz. atau kalo ga masalah beli seken, anki g diesel at 2017-2018 atau anki v diesel at 2016 bisa jadi pertimbangan alternatif yg oke hehehe
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
Post Reply