Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

omenRoo wrote: Mon Apr 12, 2021 2:33 pengalaman punya innova, naiknya agak susah. buka pintu gak bisa langsung taro pantat, harus manjat dulu. akhirnya dipasang footstep karena mobil ini buat mobilitas ortu.

kalo dari kriteria TS, gw sih akan tetap pilih mobil monokok. CRV okelah. jangan lupa di rentang harga ini ada CX-5, Santa Fe CRDi, atau toyota Corolla Cross Hybrid.

yang disebut terakhir, itu paling menarik buat gw sih. soalnya kurang suka baunya diesel
Santa Fe cuma dapet yg 2020 second Om. CX-5 dan Toyota Corolla Cross Hybrid dicoret - karena murni 5 penumpang huhuhu.
Noted memang Diesel vs Bensin jadi pertimbangan ane jg om, soalnya kadang kalo uda sampe rumah / parkiran mall, kadang gak langsung turun dari mobil karena si kecil bobo.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by maastricht889 »

nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 2:49
Dogies wrote: Mon Apr 12, 2021 1:38 Venturer limited edition bagus tuh...
Udah liat om dan malah gak suka.. bukan fansnya mobil warna putih hohoho. Kalo jadi ambil Venturer pun pengennya yg warna Phantom Brown.
Sound System JBL - hmm kayanya bisa dapet yg lebih bagus.
Warna Jok merah / coklat (gak tau liatnya dari foto aja) - hmm bisa pasang sendiri yg warnanya sesuai di hati sih..

Unjustified jg nambah 14-17 Juta kalo buat ane mah cuma untuk ngejer Limited nya aja.
Itu jok coklatnya innova 50th material dan warnanya kaya ANF VRZ pfl malah om. Keliatan banget
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by fajarrian »

nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 3:01
fajarrian wrote: Mon Apr 12, 2021 2:45 karena om udah punya hrv, ane vote venturer

btw mama saya pake hrv type E 2019, jadi saya sering bawa nih mobil.
nah kebetulan saya sekarang tinggal dan kerja di palembang dan tinggal ditempat sodara, sodara ane pake crv turbo prestige 2020. dan saya sering bawa untuk disuruh nyupirin

jujur kalo dari hrv upgrade ke crv, menurut saya rasanya kaya ga ganti mobil. jujur rasanya kaya duduk di mobil yang sama, cuma beda lebih luas sama tenaga lebih oke doang selebihnya sama aja, padahal harganya hampir 2xnya hrv
road noise sama audionya untuk harga 500jtan sih sama xpandercross saya kayanya masih lebih bagus xpc

yang perlu diperhatikan lagi GCnya crv turbo pendek banget asli, untuk jalanan palembang yang masih banyak lobangnya di isi berlima sering gasruk
terakhir sebulan lalu saya pake kelampung muatan ber7, pas balik dari lampung malem dan hujan deres, ga sengaja hajar lubang, sampe hampir copot tuh bumper depan

emang sih venturer kalo dibanding crv, jauh lebih nyaman kemana2 crv jauh, fitur ya so so lah menang crv ada panoramic, kekedapan juga so so lah. tapi kalo mau dipake jangka waktu lama sih jauh lebih reliable venturer sih menurut saya
Itu GC nya CRV Turbo kan 198mm om. Venturer sekitar 178mm. kalo dari GC only bukannya tinggian CRV ya GC nya.
Walaupun memang kesannya CRV kalo sebelahan sama Innova, lebih pendek CRV karena Innova lebih tinggi
Nah itu dia klaim perhitungannya GC nya dari honda di hitungnya dari mana, kalo di hitung dari bumper depan sih ane yakin pasti dibawah klaimnya pabrikan
Splash saya aja klaim pabrikan 185mm tapi kalo di sebelahin jauh lebih tinggi splash saya
Soalnya punya sodara ane, bumper yang moldingan plastik bagian bawahnya udah bekas gesrotan semua, apalagi bagian tengah knalpotnya, itu bagian yg sering gasruk juga kalo row ke 3 ke isi
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

hmm harusnya GC itu dihitung dari jarak terendah body mobil ke trotoar/jalan ya. Kalo dalam kasus ini amannya ngitung GC dari ujung tip muffler terbawah.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by rakyatwkwkland »

fajarrian wrote: Mon Apr 12, 2021 3:17
nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 3:01
fajarrian wrote: Mon Apr 12, 2021 2:45 karena om udah punya hrv, ane vote venturer

btw mama saya pake hrv type E 2019, jadi saya sering bawa nih mobil.
nah kebetulan saya sekarang tinggal dan kerja di palembang dan tinggal ditempat sodara, sodara ane pake crv turbo prestige 2020. dan saya sering bawa untuk disuruh nyupirin

jujur kalo dari hrv upgrade ke crv, menurut saya rasanya kaya ga ganti mobil. jujur rasanya kaya duduk di mobil yang sama, cuma beda lebih luas sama tenaga lebih oke doang selebihnya sama aja, padahal harganya hampir 2xnya hrv
road noise sama audionya untuk harga 500jtan sih sama xpandercross saya kayanya masih lebih bagus xpc

yang perlu diperhatikan lagi GCnya crv turbo pendek banget asli, untuk jalanan palembang yang masih banyak lobangnya di isi berlima sering gasruk
terakhir sebulan lalu saya pake kelampung muatan ber7, pas balik dari lampung malem dan hujan deres, ga sengaja hajar lubang, sampe hampir copot tuh bumper depan

emang sih venturer kalo dibanding crv, jauh lebih nyaman kemana2 crv jauh, fitur ya so so lah menang crv ada panoramic, kekedapan juga so so lah. tapi kalo mau dipake jangka waktu lama sih jauh lebih reliable venturer sih menurut saya
Itu GC nya CRV Turbo kan 198mm om. Venturer sekitar 178mm. kalo dari GC only bukannya tinggian CRV ya GC nya.
Walaupun memang kesannya CRV kalo sebelahan sama Innova, lebih pendek CRV karena Innova lebih tinggi
Nah itu dia klaim perhitungannya GC nya dari honda di hitungnya dari mana, kalo di hitung dari bumper depan sih ane yakin pasti dibawah klaimnya pabrikan
Splash saya aja klaim pabrikan 185mm tapi kalo di sebelahin jauh lebih tinggi splash saya
Soalnya punya sodara ane, bumper yang moldingan plastik bagian bawahnya udah bekas gesrotan semua, apalagi bagian tengah knalpotnya, itu bagian yg sering gasruk juga kalo row ke 3 ke isi
Kalo masalah GC oom, itu GC venturer emang cuma 178 mm tapi dia keliatan tinggi kayanya gara2 efek ladder frame deh oom. Soalnya ane perhatiin mostly mobil2 yg ladder frame itu keliatannya tinggi menjulang, tapi on paper GC nya biasa aja. Mungkin gara2 di bawahnya ada sasisnya kali ya yang bikin GC berkurang, meanwhile kalo monokok kan gak ada sasisnya.

Contoh lain lagi : rush vs fortuner. Rush nyampe 220 mm tapi fortuner cuma 197 mm. Padahal kalo sekilas diliat mah tinggian fortuner...

So memang rasanya GC venturer memang cuma segitu. Dan juga setahu ane di mana2 pabrikan ngitung GC itu dari bagian apa aja yang paling dekat dengan tanah dari mobil itu...

CMIIW...
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

strategi marketing itu om.. tipu2 Ground Clearance buat jualan SUV hahahaha..
Avanza jg ground clearancenya 200mm.. padahal kalo diliat langsung kok ya rasanya gak tinggi2 amat.. entah ngitung dari mana itu 200mm..
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2015 Mitsubishi A03A 3A92 GLX MT

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by HaykelAdityawarman »

Punten om, izin nambahin saran di thread yang udah rame ini ya.

Menurut saya sih mending CRV all the way.... klo HRV nya dijual. Klo ga dijual rasanya jadi punya dua mobil yang fungsinya hampir mirip. Klo HRV ga dijual kata saya sih mending beli Innova. Biar pilihan mobil dirumah lebih heterogen, memaksimalkan fungsi dari masing2 mobil. Udah siap budget buat modif Innova nya juga kan? :D

Klo udah pick Innova baru galau lagi deh, ambil yang diesel atau yang bensin :big_biglaugh:
Current: 2008 Mitsubishi CY4A 4B11 CVT

Others:
2020 ANH140 2GD-FTV AT
2019 RU1 L15Z CVT
2019 PQ26-6C 1.2T DSG
2019 CMF-A 1.0 AMT
2013 GM2 L15A AT
2003 E46 M54B25 AT
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

HaykelAdityawarman wrote: Mon Apr 12, 2021 7:21 Punten om, izin nambahin saran di thread yang udah rame ini ya.

Menurut saya sih mending CRV all the way.... klo HRV nya dijual. Klo ga dijual rasanya jadi punya dua mobil yang fungsinya hampir mirip. Klo HRV ga dijual kata saya sih mending beli Innova. Biar pilihan mobil dirumah lebih heterogen, memaksimalkan fungsi dari masing2 mobil. Udah siap budget buat modif Innova nya juga kan? :D

Klo udah pick Innova baru galau lagi deh, ambil yang diesel atau yang bensin :big_biglaugh:
budget siap om. waktunya yg agak gak siap mana lg pandemi gini huahuahuahua..
HRV jg subject untuk dilepas om, sekitar 6 bulan lagi udah harus pick up mobil baru dari Kantor. dan gak boleh gak ambil. ugal2an kan kantor ane huahuahuaa..
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by dori2802 »

ngrecokin ah... kenapa di SM sepertinya jarang banget penggemar roti tawar (voxy/serena)
padahal yg cari nyaman... ini no debate lho..
GC..? asal ga srudak sruduk sih masih aman lah... maklum mobil setengah ningrat

kabur ah...... :ngacir:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by satriakarisma »

nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 7:29
HaykelAdityawarman wrote: Mon Apr 12, 2021 7:21 Punten om, izin nambahin saran di thread yang udah rame ini ya.

Menurut saya sih mending CRV all the way.... klo HRV nya dijual. Klo ga dijual rasanya jadi punya dua mobil yang fungsinya hampir mirip. Klo HRV ga dijual kata saya sih mending beli Innova. Biar pilihan mobil dirumah lebih heterogen, memaksimalkan fungsi dari masing2 mobil. Udah siap budget buat modif Innova nya juga kan? :D

Klo udah pick Innova baru galau lagi deh, ambil yang diesel atau yang bensin :big_biglaugh:
budget siap om. waktunya yg agak gak siap mana lg pandemi gini huahuahuahua..
HRV jg subject untuk dilepas om, sekitar 6 bulan lagi udah harus pick up mobil baru dari Kantor. dan gak boleh gak ambil. ugal2an kan kantor ane huahuahuaa..
ya ampun, kantornya hedon amat om.
ada lowongan gak :big_peace: :big_peace:
Davinngow
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Apr 12, 2021 5:59
Location: Jakarta, Indonesia

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Davinngow »

Mau sharing dikit nih, CRV Turbo Prestige Facelift 2021 vs Venturer 2D AT 2019, CRV Turbo Prestige Facelift baru aja di kirim ke rumah jadi belum bisa komen soal build quality dan reliability nya dan Venturer 2GD AT udh saya pakai 2 tahun.

Kelebihan CRV Prestige Facelift 2021:
- Material jok kulitnya lebih jauh lebih baik dan soft touch di pintu dan dashboard
- Fitur jauh lebih lengkap
- Lebih kedap, tapi buat mobil 540/577 juta road noise lumayan berisik, lebih baik Fortuner VRZ (Saya punya dari 2017-2021 sebelum ganti CRV)
- Audio jauh lebih jernih dan bass jauh lebih terasa
- Body roll lebih minim
- Baris 2 lega
- Lebih kencang & bertenaga: 0-100 8.8 vs 12.5

Kekurangan CRV Turbo Prestige Facelift 2021:
*Unit sekarang susah sekali di dapet apalagi yang Prestige & rata2 inden sampe juni-agustus
- Kalo ketemu Pertamax busuk, bisa ngelitik
- Jauh lebih mahal
- Headroom agak sempit di baris kedua
- Visibilitas depan rada kurang baik karena kap mesin tinggi
- Baris ketiga gk berguna, kecil bngt
- Resolusi kamera mundur jelek & layar headunit kecil (7 inch vs 9 inch)
- CVT * Walaupun tidak separah yang saya kira karena ada simulasi ganti gigi
- Bagasi lebih sempit

Kelebihan Venturer 2D AT 2019:
*Saran saya ambil yang diesel, yang besin bojo banget terus boros dan kalo mau jual hargaya jatoh bngt.
- Lebih tanguh, di kaki kaki dan mesin.
- Service mudah (Dealer Toyota bnyk)
- Baris ketiga jauh lebih lega
- Transmisi AT biasa, walaupun lemot ganti giginya dan suka bingung mau ke gigi mana kalo lgi di gas setengah & klo di gas seketika
- Ada ambient light
- Captain seat
- Layar head unit jauh lebih besar & Resolusi kamera mundur lbh baik
- Sedikit lebih empuk: *tapi kalo ketemu lobang bantinganya agak kasar dan keras karena profil ban tipis (Hanya untuk Venturer)

Kekurangan Venturer 2D AT 2019:
- Body on frame
- Tuas transmisi rada susah di pindah ke D dari P: *Saran saya kalo sebelum parkir dan matin mesin tuas trans di posisikan di N dulu sebentar
- Setir berat di putar karena msh HPS blm EPS
- Body roll parah & sangat ngayun bisa bikin mual
- Interior kurang kedap, suara angin dari kaca samping2 msh masuk dan road noise dari fender belakang lumayan berisik
- Lampu low beam sangat tidak terang dan tidak bisa di ganti karena di tutup: *Saran saya ganti Foglamp & Highbeam yang terang, skrng saya pke Philips X-Treme Ultinon buat dua- duanya, dan jauh membaik, tapi untuk yang facelift udh pke Fogmap LED OEM jdi gk tau perfomanya gimana
- Belum ada cruise control: *Saya pasang di MGK cuma 700rb, tpi katanya kalo yng facelift kena 1.7-1.9 jt gara2 wiring beda
- Profil ban tipis
- Bahan jok kulitnya kasar

Menurut saya CRV Turbo Facelift jauh lebih baik di banding Venturer apalagi kalo nyetir sendiri, tapi emang kalo bawa keluarga sama anak2 lebih enak venturer gara anak2 bisa makan pke meja, ada RSE dan baris ketiga jauh lebih lega, tapi memang CRV Turbo facelift fiturnya banyak bngt. Saran saya kalo mau ambil CRV Turbo facelift ambil yng 1.5 STD, gara2 fitur udh lebih banyak dari pada yng prefaclift dan lbh bnyk juga dari pada Venturer sekalipun, plus yng Prestige susah di dapet yng ready, kalo yng 1.5 STD msh ada stock tpi gk bnyk, dan kalo mau ambil Venturer ambil yng Diesel Matic, dan langsung ganti highbeamnya karena low beamnya separah itu + tambahin cruise control jauh lebih enak mobilnya di pake sehari-hari. Sekian pendapat saya.
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

dori2802 wrote: Mon Apr 12, 2021 7:53 ngrecokin ah... kenapa di SM sepertinya jarang banget penggemar roti tawar (voxy/serena)
padahal yg cari nyaman... ini no debate lho..
GC..? asal ga srudak sruduk sih masih aman lah... maklum mobil setengah ningrat

kabur ah...... :ngacir:
GC Om.. padahal build quality CBU ya gak bisa dilawan sama pabrikan Cikarang ya..
Di Jepang Voxy malah GC 150mm aja kan.
Masuk ke Indo malah minta dinaikin jadi 168mm..

Maklum di Indo jalanan itu dah kaya hidup, gak pernah lurus kadang naik turun.. Polisi tidur di kampung2 aja kadang rusuh bikinnya gak ngotak. Pernah dulu nerobos Puncak lewat jalan tikus ke Ciawi biar gak kena Buka Tutup akhirnya lewat jalan kampung.. Polisi tidurnya aduhai.. Motor kenceng siap2 aja kelempar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Mon Apr 12, 2021 4:12
Kalo masalah GC oom, itu GC venturer emang cuma 178 mm tapi dia keliatan tinggi kayanya gara2 efek ladder frame deh oom. Soalnya ane perhatiin mostly mobil2 yg ladder frame itu keliatannya tinggi menjulang, tapi on paper GC nya biasa aja. Mungkin gara2 di bawahnya ada sasisnya kali ya yang bikin GC berkurang, meanwhile kalo monokok kan gak ada sasisnya.

Contoh lain lagi : rush vs fortuner. Rush nyampe 220 mm tapi fortuner cuma 197 mm. Padahal kalo sekilas diliat mah tinggian fortuner...

So memang rasanya GC venturer memang cuma segitu. Dan juga setahu ane di mana2 pabrikan ngitung GC itu dari bagian apa aja yang paling dekat dengan tanah dari mobil itu...

CMIIW...
betul. ground clearance dihitung dari titik terendah. artinya kl ada komponen spt knalpot, gardan, suspensi, dll, ya itu yang jadi obstacle.

Venturer ladder frame bikin kesan dia tinggi padahal sebenarnya kl liat mounting suspensi dan gardan rendah. ini jg sama koq kaya innova gen 1 kayaknya tinggi pdhl gcnya sekitar 165 mm kl gak salah...

tp selain itu ada lagi sebenarnya yang lebih menentukan yaitu overhang depan-belakang, approach-departure angle. dlm hal ini CRV turbo itu departure angle nya jelek karena jalur knalpotnya emang rendah.

makanya mobil bgini saya gak sebut SUV, wagon gendut saja... versi AWDnya diajak offroad juga tetep mudah mentok.

btw CRV yang 198 mm itu yang AWD. versi FWD lokal sekitar 185 mm. masih lebih tinggi dari RM sih, cuma 175 mm.

kl adu tinggi ground clearance, tuh subaru forester dan XV 220 mm, pdhl sebelahin ama fortuner sekilas tinggian fortuner. wkwkwkkwkwkwkw
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Davinngow wrote: Mon Apr 12, 2021 8:29 Mau sharing dikit nih, CRV Turbo Prestige Facelift 2021 vs Venturer 2D AT 2019, CRV Turbo Prestige Facelift baru aja di kirim ke rumah jadi belum bisa komen soal build quality dan reliability nya dan Venturer 2GD AT udh saya pakai 2 tahun.

Kelebihan CRV Prestige Facelift 2021:
- Material jok kulitnya lebih jauh lebih baik dan soft touch di pintu dan dashboard
- Fitur jauh lebih lengkap
- Lebih kedap, tapi buat mobil 540/577 juta road noise lumayan berisik, lebih baik Fortuner VRZ (Saya punya dari 2017-2021 sebelum ganti CRV)
- Audio jauh lebih jernih dan bass jauh lebih terasa
- Body roll lebih minim
- Baris 2 lega
- Lebih kencang & bertenaga: 0-100 8.8 vs 12.5

Kekurangan CRV Turbo Prestige Facelift 2021:
*Unit sekarang susah sekali di dapet apalagi yang Prestige & rata2 inden sampe juni-agustus
- Kalo ketemu Pertamax busuk, bisa ngelitik
- Jauh lebih mahal
- Headroom agak sempit di baris kedua
- Visibilitas depan rada kurang baik karena kap mesin tinggi
- Baris ketiga gk berguna, kecil bngt
- Resolusi kamera mundur jelek & layar headunit kecil (7 inch vs 9 inch)
- CVT * Walaupun tidak separah yang saya kira karena ada simulasi ganti gigi
- Bagasi lebih sempit

Kelebihan Venturer 2D AT 2019:
*Saran saya ambil yang diesel, yang besin bojo banget terus boros dan kalo mau jual hargaya jatoh bngt.
- Lebih tanguh, di kaki kaki dan mesin.
- Service mudah (Dealer Toyota bnyk)
- Baris ketiga jauh lebih lega
- Transmisi AT biasa, walaupun lemot ganti giginya dan suka bingung mau ke gigi mana kalo lgi di gas setengah & klo di gas seketika
- Ada ambient light
- Captain seat
- Layar head unit jauh lebih besar & Resolusi kamera mundur lbh baik
- Sedikit lebih empuk: *tapi kalo ketemu lobang bantinganya agak kasar dan keras karena profil ban tipis (Hanya untuk Venturer)

Kekurangan Venturer 2D AT 2019:
- Body on frame
- Tuas transmisi rada susah di pindah ke D dari P: *Saran saya kalo sebelum parkir dan matin mesin tuas trans di posisikan di N dulu sebentar
- Setir berat di putar karena msh HPS blm EPS
- Body roll parah & sangat ngayun bisa bikin mual
- Interior kurang kedap, suara angin dari kaca samping2 msh masuk dan road noise dari fender belakang lumayan berisik
- Lampu low beam sangat tidak terang dan tidak bisa di ganti karena di tutup: *Saran saya ganti Foglamp & Highbeam yang terang, skrng saya pke Philips X-Treme Ultinon buat dua- duanya, dan jauh membaik, tapi untuk yang facelift udh pke Fogmap LED OEM jdi gk tau perfomanya gimana
- Belum ada cruise control: *Saya pasang di MGK cuma 700rb, tpi katanya kalo yng facelift kena 1.7-1.9 jt gara2 wiring beda
- Profil ban tipis
- Bahan jok kulitnya kasar

Menurut saya CRV Turbo Facelift jauh lebih baik di banding Venturer apalagi kalo nyetir sendiri, tapi emang kalo bawa keluarga sama anak2 lebih enak venturer gara anak2 bisa makan pke meja, ada RSE dan baris ketiga jauh lebih lega, tapi memang CRV Turbo facelift fiturnya banyak bngt. Saran saya kalo mau ambil CRV Turbo facelift ambil yng 1.5 STD, gara2 fitur udh lebih banyak dari pada yng prefaclift dan lbh bnyk juga dari pada Venturer sekalipun, plus yng Prestige susah di dapet yng ready, kalo yng 1.5 STD msh ada stock tpi gk bnyk, dan kalo mau ambil Venturer ambil yng Diesel Matic, dan langsung ganti highbeamnya karena low beamnya separah itu + tambahin cruise control jauh lebih enak mobilnya di pake sehari-hari. Sekian pendapat saya.
Punten om pertanyaan lebih lanjut. Pas bgt ada yg punya 2-2nya:

Kekurangan CRV Turbo Prestige Facelift 2021:
*Unit sekarang susah sekali di dapet apalagi yang Prestige & rata2 inden sampe juni-agustus --> buat ane sih gak minus, gak buru2 jg sebenernya
- Kalo ketemu Pertamax busuk, bisa ngelitik --> bukan harus Pertabo ya? Pertamax masih bisa?
- Headroom agak sempit di baris kedua --> untuk tinggi brp Om?
- Visibilitas depan rada kurang baik karena kap mesin tinggi --> ini dibanding apa Om? Venturer? Ato dibanding CRV gen sebelumnya?
- Baris ketiga gk berguna, kecil bngt --> untuk tinggi brp om? Duduk disana masih nyaman kah?
- Resolusi kamera mundur jelek & layar headunit kecil (7 inch vs 9 inch)
- CVT * Walaupun tidak separah yang saya kira karena ada simulasi ganti gigi
- Bagasi lebih sempit --> dibanding Venturer ato dibanding mobil lain? dibanding CRV sebelumnya gak ada perubahan kan?

Kekurangan Venturer 2D AT 2019:
- Body on frame --> ini maksudnya gimana om, boleh dijelasin lebih lanjut? Maap ane niubi.
- Tuas transmisi rada susah di pindah ke D dari P: *Saran saya kalo sebelum parkir dan matin mesin tuas trans di posisikan di N dulu sebentar
- Setir berat di putar karena msh HPS blm EPS --> noted.
- Body roll parah & sangat ngayun bisa bikin mual --> untuk baris kedua jg berasa? ato hanya utk baris ketiga aja?
- Interior kurang kedap, suara angin dari kaca samping2 msh masuk dan road noise dari fender belakang lumayan berisik --> ini om belum pasang peredam sebadan ya?
- Lampu low beam sangat tidak terang dan tidak bisa di ganti karena di tutup: *Saran saya ganti Foglamp & Highbeam yang terang, skrng saya pke Philips X-Treme Ultinon buat dua- duanya, dan jauh membaik, tapi untuk yang facelift udh pke Fogmap LED OEM jdi gk tau perfomanya gimana
- Belum ada cruise control: *Saya pasang di MGK cuma 700rb, tpi katanya kalo yng facelift kena 1.7-1.9 jt gara2 wiring beda --> versi Facelift kan udah ada Cruise Control ya.
- Profil ban tipis --> Om belum ganti ban dari pertama beli?
- Bahan jok kulitnya kasar
Princedevil
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Feb 23, 2020 4:30
Location: Jakarta

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Princedevil »

ada mau ambil venturer yg edisi spesial 50 tahun om ? saya dapat 2 unit. 1 di pakai sendiri.
Davinngow
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Apr 12, 2021 5:59
Location: Jakarta, Indonesia

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Davinngow »

Kekurangan CRV Turbo Prestige Facelift 2021:*Skrng unit susah dapet gara PPNBM
1. Gk musti Pertabo, Pertamax ato Shell Super msh gpp, tapi lebih baik diisi pertabo terus walaupun lebih mahal.
2. Tinggi Saya 170cm, kalo untuk yng 1.5 STD gk masalah ruang kepala luas di baris ke 2, yng Prestige aja gara gara panoramic roofnya.
3. Baris ketiga untuk anak kecil aja, dan gk cocok untuk orang dewasa. Dan kalo duduk di baris ke 3 kaki udh kyk di dagu, terus gk bisa mskin kaki di bwh jok dpn nya, juah lebih mending Venturer klo baris ke 3, lebih manusiawi.
4. Di bandingin Venturer, visibilitas nya kedepan lebih baik, tapi emng dashboardnya panjang dan tinggi, jadi kalo gk kebiasa bisa kagok.
7. Betul di banding Venturer, dulu pernah punya CRV Gen 3 2.4 Bagasinya menurut saya lebih gede dri pda yng Gen 5, Gen 5 ini kemakan sama jok baris ke tiganya jadi mau mskin barang yng tinggi agak sulit

Kekurangan Venturer 2D AT 2019:
* Satu lagi kekuranganya Venturer, stir telescopic nya kurang jauh.
1. Pokoknya chassis mirip sama Fortuner & Hilux, yang ladder frame, jadi body dan chassis nya ke pisah, kalo CRV monocoque jadi chasisnya udh temasuk jadi struktur mobilnya jadi gk ada chassis yng kepisah.
3. Tapi gk seberat Fortuner
4. Masih ke rasa di depan saya kalo nyetir sendiri ttp kerasa kok (mungkin juga gara2 support jok dpn kurang), apa lgi baris 2 dan tiga.
5. Saya gk kasih peredam, kalo mau full peredam tambah 7-8jt pake noisekill, tapi klo suara angin gk bisa di apain soalnya dari sela-sela kaca.
6. Versi facelift blm ada cruise control juga, hrs tambah sendiri, biaya buat yng facelift buat tambah cruise control katanya 1.7-1.9jt gara gara wiring beda tpi gk tau soalnya punya saya bukan yang facelift.
7. Belum msh ban bawan pabrik, tapi untuk suara dari ban gk masalah, cuma rada berisik di road noise fender blkng, suara mesin dri firewall mesin dpn & wind noise dari kaca samping2: *(Sayang kalo di ganti ban nya soalnya ban Venturer yng prefacelift beda sendiri dri yng tipe bwhnya, yng Venturer ban nya dpt yng Traction A , dari Bridgestone tipenya Turanza T003 (kalo gk salah), & ban nya sama kyk Camry XV50 saya dulu. Soalnay kalo yng G dan V pke EcoPia setau saya ya.

Ada yang lepuan kalo yang facelift ada sedikit pengurangan di bahan material armrest di door trim, yang dulunya suade/alacantara skrng jadi fabric kasar kyk fabric jok di tipe G dan V yang belom kulit. Terus yng dulunya gloveboxnya soft opening skrng di ilangin. Tapi yng facelift dpt Jok elektrik kyk Fortuner VRZ/TRD.
Last edited by Davinngow on Mon Apr 12, 2021 9:42, edited 1 time in total.
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Davinngow wrote: Mon Apr 12, 2021 9:40 Kekurangan CRV Turbo Prestige Facelift 2021:*Skrng unit susah dapet gara PPNBM
1. Gk musti Pertabo, Pertamax ato Shell Super msh gpp, tapi lebih baik diisi pertabo terus walaupun lebih mahal.
2. Tinggi Saya 170cm, kalo untuk yng 1.5 STD gk masalah ruang kepala luas di baris ke 2, yng Prestige aja gara gara panoramic roofnya.
3. Baris ketiga untuk anak kecil aja, dan gk cocok untuk orang dewasa. Dan kalo duduk di baris ke 3 kaki udh kyk di dagu, terus gk bisa mskin kaki di bwh jok dpn nya, juah lebih mending Venturer klo baris ke 3, lebih manusiawi.
4. Di bandingin Venturer, visibilitas nya kedepan lebih baik, tapi emng dashboardnya panjang dan tinggi, jadi kalo gk kebiasa bisa kagok.
7. Betul di banding Venturer, dulu pernah punya CRV Gen 3 2.4 Bagasinya menurut saya lebih gede dri pda yng Gen 5, Gen 5 ini kemakan sama jok baris ke tiganya jadi mau mskin barang yng tinggi agak sulit

Kekurangan Venturer 2D AT 2019:
* Satu lagi kekuranganya Venturer, stir telescopic nya kurang jauh.
1. Pokoknya chassis mirip sama Fortuner & Hilux, yang ladder frame, jadi body dan chassis nya ke pisah, kalo CRV monocoque jadi chasisnya udh temasuk jadi struktur mobilnya jadi gk ada chassis yng kepisah.
3. Tapi gk seberat Fortuner
4. Masih ke rasa di depan saya kalo nyetir sendiri ttp kerasa kok (mungkin juga gara2 support jok dpn kurang), apa lgi baris 2 dan tiga.
5. Saya gk kasih peredam, kalo mau full peredam tambah 7-8jt pake noisekill, tapi klo suara angin gk bisa di apain soalnya dari sela-sela kaca.
6. Versi facelift blm ada cruise control juga, hrs tambah sendiri, biaya buat yng facelift buat tambah cruise control katanya 1.7-1.9jt gara gara wiring beda tpi gk tau soalnya punya saya bukan yang facelift.
7. Belum msh ban bawan pabrik, tapi untuk suara dari ban gk masalah, cuma rada berisik di road noise fender blkng, suara mesin dri firewall mesin dpn & wind noise dari kaca samping2: *(Sayang kalo di ganti ban nya soalnya ban Venturer yng prefacelift beda sendiri dri yng tipe bwhnya, yng Venturer ban nya dpt yng Traction A , dari Bridgestone tipenya Turanza T003 (kalo gk salah), & ban nya sama kyk Camry XV50 saya dulu. Soalnay kalo yng G dan V pke EcoPia setau saya ya.

Ada yang lepuan kalo yang facelift ada sedikit pengurangan di bahan material armrest di door trim, yang dulunya suade/alacantara skrng jadi fabric kasar kyk fabric jok di tipe G dan V yang belom kulit. Terus yng dulunya gloveboxnya soft opening skrng di ilangin. Tapi yng facelift dpt Jok elektrik kyk Fortuner VRZ/TRD.
Jadi kesimpulannya, menurut saran Om, ane ambil Venturer atau CRV? :big_grin:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by fajarrian »

nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 12:06
Davinngow wrote: Mon Apr 12, 2021 9:40 Kekurangan CRV Turbo Prestige Facelift 2021:*Skrng unit susah dapet gara PPNBM
1. Gk musti Pertabo, Pertamax ato Shell Super msh gpp, tapi lebih baik diisi pertabo terus walaupun lebih mahal.
2. Tinggi Saya 170cm, kalo untuk yng 1.5 STD gk masalah ruang kepala luas di baris ke 2, yng Prestige aja gara gara panoramic roofnya.
3. Baris ketiga untuk anak kecil aja, dan gk cocok untuk orang dewasa. Dan kalo duduk di baris ke 3 kaki udh kyk di dagu, terus gk bisa mskin kaki di bwh jok dpn nya, juah lebih mending Venturer klo baris ke 3, lebih manusiawi.
4. Di bandingin Venturer, visibilitas nya kedepan lebih baik, tapi emng dashboardnya panjang dan tinggi, jadi kalo gk kebiasa bisa kagok.
7. Betul di banding Venturer, dulu pernah punya CRV Gen 3 2.4 Bagasinya menurut saya lebih gede dri pda yng Gen 5, Gen 5 ini kemakan sama jok baris ke tiganya jadi mau mskin barang yng tinggi agak sulit

Kekurangan Venturer 2D AT 2019:
* Satu lagi kekuranganya Venturer, stir telescopic nya kurang jauh.
1. Pokoknya chassis mirip sama Fortuner & Hilux, yang ladder frame, jadi body dan chassis nya ke pisah, kalo CRV monocoque jadi chasisnya udh temasuk jadi struktur mobilnya jadi gk ada chassis yng kepisah.
3. Tapi gk seberat Fortuner
4. Masih ke rasa di depan saya kalo nyetir sendiri ttp kerasa kok (mungkin juga gara2 support jok dpn kurang), apa lgi baris 2 dan tiga.
5. Saya gk kasih peredam, kalo mau full peredam tambah 7-8jt pake noisekill, tapi klo suara angin gk bisa di apain soalnya dari sela-sela kaca.
6. Versi facelift blm ada cruise control juga, hrs tambah sendiri, biaya buat yng facelift buat tambah cruise control katanya 1.7-1.9jt gara gara wiring beda tpi gk tau soalnya punya saya bukan yang facelift.
7. Belum msh ban bawan pabrik, tapi untuk suara dari ban gk masalah, cuma rada berisik di road noise fender blkng, suara mesin dri firewall mesin dpn & wind noise dari kaca samping2: *(Sayang kalo di ganti ban nya soalnya ban Venturer yng prefacelift beda sendiri dri yng tipe bwhnya, yng Venturer ban nya dpt yng Traction A , dari Bridgestone tipenya Turanza T003 (kalo gk salah), & ban nya sama kyk Camry XV50 saya dulu. Soalnay kalo yng G dan V pke EcoPia setau saya ya.

Ada yang lepuan kalo yang facelift ada sedikit pengurangan di bahan material armrest di door trim, yang dulunya suade/alacantara skrng jadi fabric kasar kyk fabric jok di tipe G dan V yang belom kulit. Terus yng dulunya gloveboxnya soft opening skrng di ilangin. Tapi yng facelift dpt Jok elektrik kyk Fortuner VRZ/TRD.
Jadi kesimpulannya, menurut saran Om, ane ambil Venturer atau CRV? :big_grin:
sebenernya sih tinggal nanya sama diri om sendiri, saya butuhnya apa yaaa?
kita mah disini cuma netijen yang cuma kasih saran, semua orang punya preferencenya masing2

sebenernya sih yang paling gampang tinggal dateng ke dealer masing2 test drive dah tuh masing2 mobil feel drivin nya kaya begimana, karena setiap orang punya kadar nyamannya sendiri2
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

Hahaha betul om. Makanya ane minta saran bukan minta dibeliin wkwkwkw. Justru saran2 yg om2 pade sebutin itu ane tampung dan dijadiin bahan evaluasi ane. Sapa tau ada sudut pandang yg berbeda dari ane.

Dan nyatanya emang banyak perspektif baru yg emang ane miss untuk liat.

Kalo untuk Test Drive emang uda ane jadwalin sih.. Tentunya ntar dicoba ane yg nyetir dan bini yg nyetir dan dicoba di berbagai posisi yg berbeda.. posisi duduk lho ya..
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Mon Apr 12, 2021 8:41
rakyatwkwkland wrote: Mon Apr 12, 2021 4:12
Kalo masalah GC oom, itu GC venturer emang cuma 178 mm tapi dia keliatan tinggi kayanya gara2 efek ladder frame deh oom. Soalnya ane perhatiin mostly mobil2 yg ladder frame itu keliatannya tinggi menjulang, tapi on paper GC nya biasa aja. Mungkin gara2 di bawahnya ada sasisnya kali ya yang bikin GC berkurang, meanwhile kalo monokok kan gak ada sasisnya.

Contoh lain lagi : rush vs fortuner. Rush nyampe 220 mm tapi fortuner cuma 197 mm. Padahal kalo sekilas diliat mah tinggian fortuner...

So memang rasanya GC venturer memang cuma segitu. Dan juga setahu ane di mana2 pabrikan ngitung GC itu dari bagian apa aja yang paling dekat dengan tanah dari mobil itu...

CMIIW...
betul. ground clearance dihitung dari titik terendah. artinya kl ada komponen spt knalpot, gardan, suspensi, dll, ya itu yang jadi obstacle.

Venturer ladder frame bikin kesan dia tinggi padahal sebenarnya kl liat mounting suspensi dan gardan rendah. ini jg sama koq kaya innova gen 1 kayaknya tinggi pdhl gcnya sekitar 165 mm kl gak salah...

tp selain itu ada lagi sebenarnya yang lebih menentukan yaitu overhang depan-belakang, approach-departure angle. dlm hal ini CRV turbo itu departure angle nya jelek karena jalur knalpotnya emang rendah.

makanya mobil bgini saya gak sebut SUV, wagon gendut saja... versi AWDnya diajak offroad juga tetep mudah mentok.

btw CRV yang 198 mm itu yang AWD. versi FWD lokal sekitar 185 mm. masih lebih tinggi dari RM sih, cuma 175 mm.

kl adu tinggi ground clearance, tuh subaru forester dan XV 220 mm, pdhl sebelahin ama fortuner sekilas tinggian fortuner. wkwkwkkwkwkwkw
Nah ini. Makanya banyak yang ketipu sama penampilannya ladder frame. Keliatannya tuh mobil tinggi dan siap ngelibas apa aja. Seakan2 superior jauh lah dibanding monokok. Padahal mah aslinya GC nya biasa aja. Kalo masalah sering gasrut, setuju oom, sepertinya masalah overhang. Banyak mobil2 yg GC nya rada tinggi tapi overhangnya panjang. Tapi yang gasrut bumper masih lebih mending lah daripada yang ngegasrut bagian bawah mobil macam sasisnya, gardannya, knalpotnya, suspensinya, wah kalo bagian2 itu kalo sampe rusak gara2 ngegasrut pasti ngebenerinnya jauh lebih mahal dan repot daripada sekedar ngebenerin bumper yang lecet...

Contohnya yg ketipu dengan penampilan ladder frame IMHO macam oom TS di bawah ini :
nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 4:42 strategi marketing itu om.. tipu2 Ground Clearance buat jualan SUV hahahaha..
Avanza jg ground clearancenya 200mm.. padahal kalo diliat langsung kok ya rasanya gak tinggi2 amat.. entah ngitung dari mana itu 200mm..
Busedd, sampe dibilang nipu... Kalo gitu nipunya berjamaah yak. Gak cuma toyodai, mitsubishi nissan yang ngeklaim lipander mereka 205 mm jg nipu tuh... Honda yg klaim brv mereka 201 mm juga nipu dong... Sijuki juga ikutan nipu tuh ngeklaim XL7 mereka 200 mm. Hebatnya lagi mereka nipunya lintas negara dong, sebab angka2 di atas jg diklaim mereka di negara2 lain tempat mobil2 itu dijual juga...

Btw buat oom TS, GC ipah 178 mm mah aman banget lah. Gak usah ragu. Banyak orang make ipah aman2 aja kok. Kalo menurut ane di Indo ini GC 170 mm up itu udah tergolong aman. Banyak juga user2 mobil lain yg GC nya 170 mm macam Sijuki Baleno HB dan Guling Cortez, usernya kayanya juga jarang banget ngeluh gasrut.

CMIIW...
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Profith83 »

1. Kalau kadang sering jalan yang tanpa tol tapi luar kota, saya lebih prefer Venturer karena jalan jelek kadang lobang aman saja Venturer.

2. Kecepatan diatas 100 KM kena lobang cukup besar, Lader frame lebih aman drpd mobil monocque.
Tanjakan, saya lebih tidak kuatir pakai gigi AT 6 speed dari pada CVT. Bukan berarti CVT tidak bisa nanjak, tapi ingat CVT itu pakai belt baja kalau sering nanjak maka belt baja kerja keras.

3. Ketahanan 10 thn kedepan kalau jadi pertimbangan maka Kijang lebih worried free.

4. Road noise menurut saya memang parah untuk Honda. Venturer jauh lebih kedap

5. Kalau pakainya suka hajar polisi tidur dipastikan 6-7 tahun akan perlu peremajaan kaki2x. Innova pakai 10 thn hajar nyaman2x saja.

6. Baris ke 2 bagi yang postur tinggi 178, maka duduk serasa agak 'JONGKOK' sedikit. Venturer tidak jongkok

7. Baris ke 3 sempit, jauh lega Venturer


Apabila bisa menerima semua kekurangan Honda, bisa dipilih CRV.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by fl4b1e »

nicholasmun wrote:
fl4b1e wrote: Sun Apr 11, 2021 16:37 kalau dari penjelasan TS, maunya mobil yang nyaman dan akomodasinya luas. pandangan saya ya:


1.Kalau Venturer:
sebenarnya venturer tuh ga pas juga ya.. karena kalau mau keluar kota di row2 cuma ada 2 seat, jadi kalau biasa ber5 saja dan stroller tuh.. ga pas ya tuk jalan sekeluarga dengan anak kecil karena tempat duduk belakang (row3) dah dilipat.

maksudnya begini: istri anak 2 ( mungkin 1 di baby car srat, atau ntar keduanya di baby car seat, serta 1 baby sitter, atau misal 1 omanya anak2.. dah penuh sampainrow 3 deh.. dan bagasi ga bisa banyak2 juga.

Apalagi pelipatan Innova itu kan pelipatan ke samping, jadi ber -5 dengan stroller dan 2 anak tuh rada2 sempit yaa.. Maksud disini Tipe V akan lebih memadai. Dan setuju, Innova lebih nyaman dari ANF atau ANPS. Kalau ada unsur nyaman tuk keluarga gak usah lirik 2 mobil itu. ANF lebih stiff bantingannya sementara ANPS rada limbung di row 2.

2. jadinya kalau pilihannya 2 diatas, Civic Turbo aja deh, namanya masih dapet dan akomodasi seperti layaknya Honda lega, at least tuk isi ber5 yaa.. dan duduk di row 1 dan 2.

FYR,
Kalau mau nambah budget malah kalau saya sih pilih Santa Fe baru. best of 2 world, diesel bertrnaga dan nyaman dan asyik tuk dikendarai :)
Civic turbo apa CRV turbo om?
Civic Turbo sih uda ada dipake nyokap om hehehe.
CRV Turbo.. bwahahah.. rhabks Om reviewnya.
nicholasmun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Sun Apr 11, 2021 0:47
Location: Srengseng
Daily Vehicle: Honda CRV Turbo + Honda HRV

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by nicholasmun »

rakyatwkwkland wrote: Mon Apr 12, 2021 13:30
ChZ wrote: Mon Apr 12, 2021 8:41
rakyatwkwkland wrote: Mon Apr 12, 2021 4:12
Kalo masalah GC oom, itu GC venturer emang cuma 178 mm tapi dia keliatan tinggi kayanya gara2 efek ladder frame deh oom. Soalnya ane perhatiin mostly mobil2 yg ladder frame itu keliatannya tinggi menjulang, tapi on paper GC nya biasa aja. Mungkin gara2 di bawahnya ada sasisnya kali ya yang bikin GC berkurang, meanwhile kalo monokok kan gak ada sasisnya.

Contoh lain lagi : rush vs fortuner. Rush nyampe 220 mm tapi fortuner cuma 197 mm. Padahal kalo sekilas diliat mah tinggian fortuner...

So memang rasanya GC venturer memang cuma segitu. Dan juga setahu ane di mana2 pabrikan ngitung GC itu dari bagian apa aja yang paling dekat dengan tanah dari mobil itu...

CMIIW...
betul. ground clearance dihitung dari titik terendah. artinya kl ada komponen spt knalpot, gardan, suspensi, dll, ya itu yang jadi obstacle.

Venturer ladder frame bikin kesan dia tinggi padahal sebenarnya kl liat mounting suspensi dan gardan rendah. ini jg sama koq kaya innova gen 1 kayaknya tinggi pdhl gcnya sekitar 165 mm kl gak salah...

tp selain itu ada lagi sebenarnya yang lebih menentukan yaitu overhang depan-belakang, approach-departure angle. dlm hal ini CRV turbo itu departure angle nya jelek karena jalur knalpotnya emang rendah.

makanya mobil bgini saya gak sebut SUV, wagon gendut saja... versi AWDnya diajak offroad juga tetep mudah mentok.

btw CRV yang 198 mm itu yang AWD. versi FWD lokal sekitar 185 mm. masih lebih tinggi dari RM sih, cuma 175 mm.

kl adu tinggi ground clearance, tuh subaru forester dan XV 220 mm, pdhl sebelahin ama fortuner sekilas tinggian fortuner. wkwkwkkwkwkwkw
Nah ini. Makanya banyak yang ketipu sama penampilannya ladder frame. Keliatannya tuh mobil tinggi dan siap ngelibas apa aja. Seakan2 superior jauh lah dibanding monokok. Padahal mah aslinya GC nya biasa aja. Kalo masalah sering gasrut, setuju oom, sepertinya masalah overhang. Banyak mobil2 yg GC nya rada tinggi tapi overhangnya panjang. Tapi yang gasrut bumper masih lebih mending lah daripada yang ngegasrut bagian bawah mobil macam sasisnya, gardannya, knalpotnya, suspensinya, wah kalo bagian2 itu kalo sampe rusak gara2 ngegasrut pasti ngebenerinnya jauh lebih mahal dan repot daripada sekedar ngebenerin bumper yang lecet...

Contohnya yg ketipu dengan penampilan ladder frame IMHO macam oom TS di bawah ini :
nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 4:42 strategi marketing itu om.. tipu2 Ground Clearance buat jualan SUV hahahaha..
Avanza jg ground clearancenya 200mm.. padahal kalo diliat langsung kok ya rasanya gak tinggi2 amat.. entah ngitung dari mana itu 200mm..
Busedd, sampe dibilang nipu... Kalo gitu nipunya berjamaah yak. Gak cuma toyodai, mitsubishi nissan yang ngeklaim lipander mereka 205 mm jg nipu tuh... Honda yg klaim brv mereka 201 mm juga nipu dong... Sijuki juga ikutan nipu tuh ngeklaim XL7 mereka 200 mm. Hebatnya lagi mereka nipunya lintas negara dong, sebab angka2 di atas jg diklaim mereka di negara2 lain tempat mobil2 itu dijual juga...

Btw buat oom TS, GC ipah 178 mm mah aman banget lah. Gak usah ragu. Banyak orang make ipah aman2 aja kok. Kalo menurut ane di Indo ini GC 170 mm up itu udah tergolong aman. Banyak juga user2 mobil lain yg GC nya 170 mm macam Sijuki Baleno HB dan Guling Cortez, usernya kayanya juga jarang banget ngeluh gasrut.

CMIIW...
Gak kok Om, ane gak masalah dg Ground Clearance Innova atopun CRV. Sabtu kemarin pas bgt ada Venturer dan CRV Turbo parkir sebelah2an. Ane perhatiin deh tuh 2-2nya termasuk GCnya. Dan jadi bertanya2, harusnya diatas kertas CRV itu lebih tinggi. tapi kenapa kalo dijajarin rasanya sama2 aja. Malah si Venturer keliatan lebih bongsor karena lebih tinggi atapnya.

Trus di sisi lain, si Avanza itu GCnya jg harusnya sekitaran 200mm menurut salesnya. Tapi ya ko keliatannya agak pendek. Bahkan dibanding Innova sekalipun.

Maksud ane tipu2 sales itu kadang GC dijual bgt sama Sales. GC tinggi enak libas banjir katanya. padahal ya kalo beneran kena banjir ya mokad jg. Sampe banyak yg bikin Low SUV buat naikin daya jual kan. IMHO Rush Terios itu lebih cakep kalo sedikit pendek. Tapi ya itu balik ke selera masing2.. Buktinya Rush Terios sama Xpander Cross tetep laku kan.

GC terlalu tinggi jg ane gak mau. Karena bakal ribet jg. Mertua naek turun fortuner jg agak susah. Belum kalo dengkulnya lg kumat. Nah ane naek jg agak susah ke Fortuner, padahal tinggi ane 179cm. Makanya duo SUV Frame Ladder terpaksa ane coret dari daftar.

GC yg terlalu rendah jg ane gak nyaman karena banyak jalan gak semulus pipinya [cencored]. Belum lagi bini ane bawa Jazz yg tinggi GCnya persis sama kaya Voxy atau Serena bisa gesrek polisi tidur mulu ato gesrek kalo kepaksa parkir naik trotoar. Kalo ini gak jadi isu sih uda merem ambil Serena ato Voxy. Nebeng temen Serenanya jg nyaman pake banget.

Nah itu jg jadi pertanyaan. Voxy kan GCnya 168mm. Harusnya decent kan segini. Tapi kenapa kesannya deket sama tanah ya.

Se Innova ato se CRV uda cukup lah GCnys. Diatasnya kayanya naik mobil jg susah buat ane. Belum buat anak jg. Masih 5 taun blm bisa naik mobil tinggi sendiri.
Davinngow
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Apr 12, 2021 5:59
Location: Jakarta, Indonesia

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by Davinngow »

nicholasmun wrote: Mon Apr 12, 2021 12:06
Davinngow wrote: Mon Apr 12, 2021 9:40 Kekurangan CRV Turbo Prestige Facelift 2021:*Skrng unit susah dapet gara PPNBM
1. Gk musti Pertabo, Pertamax ato Shell Super msh gpp, tapi lebih baik diisi pertabo terus walaupun lebih mahal.
2. Tinggi Saya 170cm, kalo untuk yng 1.5 STD gk masalah ruang kepala luas di baris ke 2, yng Prestige aja gara gara panoramic roofnya.
3. Baris ketiga untuk anak kecil aja, dan gk cocok untuk orang dewasa. Dan kalo duduk di baris ke 3 kaki udh kyk di dagu, terus gk bisa mskin kaki di bwh jok dpn nya, juah lebih mending Venturer klo baris ke 3, lebih manusiawi.
4. Di bandingin Venturer, visibilitas nya kedepan lebih baik, tapi emng dashboardnya panjang dan tinggi, jadi kalo gk kebiasa bisa kagok.
7. Betul di banding Venturer, dulu pernah punya CRV Gen 3 2.4 Bagasinya menurut saya lebih gede dri pda yng Gen 5, Gen 5 ini kemakan sama jok baris ke tiganya jadi mau mskin barang yng tinggi agak sulit

Kekurangan Venturer 2D AT 2019:
* Satu lagi kekuranganya Venturer, stir telescopic nya kurang jauh.
1. Pokoknya chassis mirip sama Fortuner & Hilux, yang ladder frame, jadi body dan chassis nya ke pisah, kalo CRV monocoque jadi chasisnya udh temasuk jadi struktur mobilnya jadi gk ada chassis yng kepisah.
3. Tapi gk seberat Fortuner
4. Masih ke rasa di depan saya kalo nyetir sendiri ttp kerasa kok (mungkin juga gara2 support jok dpn kurang), apa lgi baris 2 dan tiga.
5. Saya gk kasih peredam, kalo mau full peredam tambah 7-8jt pake noisekill, tapi klo suara angin gk bisa di apain soalnya dari sela-sela kaca.
6. Versi facelift blm ada cruise control juga, hrs tambah sendiri, biaya buat yng facelift buat tambah cruise control katanya 1.7-1.9jt gara gara wiring beda tpi gk tau soalnya punya saya bukan yang facelift.
7. Belum msh ban bawan pabrik, tapi untuk suara dari ban gk masalah, cuma rada berisik di road noise fender blkng, suara mesin dri firewall mesin dpn & wind noise dari kaca samping2: *(Sayang kalo di ganti ban nya soalnya ban Venturer yng prefacelift beda sendiri dri yng tipe bwhnya, yng Venturer ban nya dpt yng Traction A , dari Bridgestone tipenya Turanza T003 (kalo gk salah), & ban nya sama kyk Camry XV50 saya dulu. Soalnay kalo yng G dan V pke EcoPia setau saya ya.

Ada yang lepuan kalo yang facelift ada sedikit pengurangan di bahan material armrest di door trim, yang dulunya suade/alacantara skrng jadi fabric kasar kyk fabric jok di tipe G dan V yang belom kulit. Terus yng dulunya gloveboxnya soft opening skrng di ilangin. Tapi yng facelift dpt Jok elektrik kyk Fortuner VRZ/TRD.
Jadi kesimpulannya, menurut saran Om, ane ambil Venturer atau CRV? :big_grin:
Masalah kebutuhan dan suka mana sih ya, kalo saya pake mobil gk lebih dari 6 thn dan menurut saya kalo cuma pake sekitar 5-6 thn pilih CRV Turbo Facelift, kalo mau pake mobilnya dalam jangka lama ambil Venturer Diesel lebih tanguh. Kalo saya suruh pilih mana CRV Turbo Facelift vs Venturer Diesel saya pilih CRV, soalnya saya suka sama gadget2 yang bisa di mainin di mobil hahahaha. Kalo saya saranin sih kalo mau CRV ambil yng 1.5 Turbo STD, kecuali pengen bngt ACC & Panoramic roofnya.
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Minta Saran Venturer vs CRV 1.5 Turbo Prestige

Post by jakanjc »

Vote Crv 1.5 Prestige ah karena gw lagi indent juga nih😂.. Btw saat ini gw pengguna ANKI V 2gd alasan ganti ke crv turbo ini mirip dengan cerita kebutuhan TS yaitu:
1. Cari mobil pengganti harian yg biasa ortu pakai. Selama ini andalannya pake ANKI 2gd, cuman setahunan belakangan ini ortu udah pakai kursi roda, jadi naik turun mobil ladder frame agak susah dan kasian yang ngangkatin ortu secara badannya berat. Wajib muat 5 seater secara proper ada seat row ketiga anggap bonus, ground clerance masih ideal (gamau tll rendah macam mpv roti tawar) dan bagasi luas biar kursi roda gampang keluar masuk.
2. Memanfaatkan COP kantor, sayang juga kalau ga diambil jatahnya..

Ohiya sekalian mau kasih impresi setelah test drive crv 1.5 non prest facelift kalo dibanding ANKI 2gd dirumah posisi nyetir jauh lebih nyaman&relax, Jok buat gw pribadi masih lebih enak & empuk jok ANPS dirumah, tapi dibanding innova masih lebih enak crv, kabin lebih lega, nah pintu somehow berat banget pas dibuka/tutup dibanding yg sebelum facelift (kata salesnya sih krn ditambah peredam sm hpm), tapi dikuping gw kok rasanya sama ajaya kekedapan kabinnya (mungkin langkah awal pas mobil dateng bakal gua kasih peredam khususnya di bagian lantai mobil).. Untuk mesin & transmisi buat gua masih okelah walaupun diawal khususnya pas posisi nanjak agak berat.. tapi kalo rpm udah diatas 2000 ini mobil tenaganya oke bgt, mmg yang sebelumnya pake mobil diesel pasti ngerasa boyo ni mobil.
Sekalian titip pertanyaan yaa ts, CRV turbo aman ga sih diisi bbm ron 92? Karena dari pengalaman biasanya mobil bensin turbo butuh oktan tinggi.. Tapi salesnya menjamin diisi ron 92 udah sgt cukup & warranty bakal ttp berlaku apabila tjd sesuatu.
'You can go fast, But I can go anywhere'