MAZDA CX-3 1500 CC!

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by omenRoo »

beberapa hari lalu nyoba tes jalan cx3 1.5 ini di mazda bintaro.. penasaran banget.
kebetulan ini pengalaman pertama kali tes jalan mazda generasi skyactive. pembandingnya adalah vw polo tsi yg biasa gw pake sehari2.
poin2 yg diinget:
- setirnya lebih ringan dari polo ketika mobil gak bergerak/jalan pelan. dalam artian mobil ini lebih mudah manuver, terutama parkir.
- radius putar oke
- akselerasinya gak sekuat polo. mungkin memang perlu penyesuaian ya bawa mazda ini. ketika jalan santai, mau nyalip, pasti reflek kita injek gas sedikit lebih dalam. nah mobil ini ada jeda downshift lalu mesin lumayan meraung2 rasanya kayak ngeden. kalo pake sport mode, akselerasinya mendingan, terasa ngisi terus tenaganya. di mode normal, tenaganya baru mulai kerasa di 2000 rpm. kalo di polo, dari 1500 rpm sudah kerasa tenaganya.
- suspensinya saya gak bisa bedain keras nggaknya karena bawa mobil santai aja. tapi yang kerasa adalah kontur jalan yang keriting. mungkin pengaruh ukuran velg yg besar juga ya. kalo di polo gak kerasa getaran2 kecil dari kontur jalan yang keriting.
- suara mobil/motor di luar sih gak kedengeran ya, artinya cukup kedap. tapi, yang berisik justru dari mobil ini sendiri. pertama, suara raungan mesin mulai dari rpm 2000, lalu yang bener2 bisa dinotice dan cukup mengganggu menurut gw adalah suara dari arah kolong roda. apa memang karakternya toyo proxes yang berisik?
- kapasitas bagasi pas2an.. 350 liter. secara teori sama besarnya dengan polo.
- poin lebihnya dari polo, lebih banyak fitur (gimmick) dan row 2 nya sedikit lebih lega.

sekian kesan singkat tes jalan cx3 1.5.. :emo-big_love:
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Mz175 »

hackers11 wrote: Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
Mungkin ecu nya lagi learning. Memang nginjek pedal gasnya harus diresapi dengan sepenuh hati dan jiwa biar halus bawa mobilnya. Dibejek dikit lsg downshift.
Cuma kalau udah ketemu selanya enak banget bawa mobil ini.
Pemakai mazda 2 2016.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by evolution21 »

kebetulan punya polo, dikasih komparasinya jd lebihmudah membayangkannya, nice review um :D

mengenai berisik kolong roda , memang mazda banyak yg lemah di situ
dulu di cx5 gen1, terakhir saya punya mazda6 juga sama
obatnya pasang peradam dr spakbor sampe seluruh lantai.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by hackers11 »

Mz175 wrote:
hackers11 wrote: Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
Mungkin ecu nya lagi learning. Memang nginjek pedal gasnya harus diresapi dengan sepenuh hati dan jiwa biar halus bawa mobilnya. Dibejek dikit lsg downshift.
Cuma kalau udah ketemu selanya enak banget bawa mobil ini.
Pemakai mazda 2 2016.
Hehe, bisa jadi sih. Masi 600an km memang.
Cuma ya daily pk dct saat turun gigi smooth. Kalo skyactiv mazda ga terlalu smooth bikin mesin teriak gas ditoel dikit karena shift down
Pembiasaan sih kali ya.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by evolution21 »

omenRoo wrote: Sat Apr 17, 2021 4:58 beberapa hari lalu nyoba tes jalan cx3 1.5 ini di mazda bintaro.. penasaran banget.
kebetulan ini pengalaman pertama kali tes jalan mazda generasi skyactive. pembandingnya adalah vw polo tsi yg biasa gw pake sehari2.
poin2 yg diinget:
- setirnya lebih ringan dari polo ketika mobil gak bergerak/jalan pelan. dalam artian mobil ini lebih mudah manuver, terutama parkir.
- radius putar oke
- akselerasinya gak sekuat polo. mungkin memang perlu penyesuaian ya bawa mazda ini. ketika jalan santai, mau nyalip, pasti reflek kita injek gas sedikit lebih dalam. nah mobil ini ada jeda downshift lalu mesin lumayan meraung2 rasanya kayak ngeden. kalo pake sport mode, akselerasinya mendingan, terasa ngisi terus tenaganya. di mode normal, tenaganya baru mulai kerasa di 2000 rpm. kalo di polo, dari 1500 rpm sudah kerasa tenaganya.
- suspensinya saya gak bisa bedain keras nggaknya karena bawa mobil santai aja. tapi yang kerasa adalah kontur jalan yang keriting. mungkin pengaruh ukuran velg yg besar juga ya. kalo di polo gak kerasa getaran2 kecil dari kontur jalan yang keriting.
- suara mobil/motor di luar sih gak kedengeran ya, artinya cukup kedap. tapi, yang berisik justru dari mobil ini sendiri. pertama, suara raungan mesin mulai dari rpm 2000, lalu yang bener2 bisa dinotice dan cukup mengganggu menurut gw adalah suara dari arah kolong roda. apa memang karakternya toyo proxes yang berisik?
- kapasitas bagasi pas2an.. 350 liter. secara teori sama besarnya dengan polo.
- poin lebihnya dari polo, lebih banyak fitur (gimmick) dan row 2 nya sedikit lebih lega.

sekian kesan singkat tes jalan cx3 1.5.. :emo-big_love:
kebetulan punya polo, dikasih komparasinya jd lebihmudah membayangkannya, nice review um :D

mengenai berisik kolong roda , memang mazda banyak yg lemah di situ
dulu di cx5 gen1, terakhir saya punya mazda6 juga sama
obatnya pasang peradam dr spakbor sampe seluruh lantai.
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by omenRoo »

evolution21 wrote: Sat Apr 17, 2021 9:12 kebetulan punya polo, dikasih komparasinya jd lebihmudah membayangkannya, nice review um :D

mengenai berisik kolong roda , memang mazda banyak yg lemah di situ
dulu di cx5 gen1, terakhir saya punya mazda6 juga sama
obatnya pasang peradam dr spakbor sampe seluruh lantai.
siap om.. hehe..
saya lagi nimbang2 nyari pengganti polo, berhubung sudah 5 tahun. tertarik bgt sama cx-3 1.5, tapi nambahnya buanyakk, kalo dibanding impresi ketika dicoba, hmm... :big_childish:
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue May 21, 2019 16:24

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Gangenlyt69 »

omenRoo wrote: Sat Apr 17, 2021 4:58 beberapa hari lalu nyoba tes jalan cx3 1.5 ini di mazda bintaro.. penasaran banget.
kebetulan ini pengalaman pertama kali tes jalan mazda generasi skyactive. pembandingnya adalah vw polo tsi yg biasa gw pake sehari2.
poin2 yg diinget:
- setirnya lebih ringan dari polo ketika mobil gak bergerak/jalan pelan. dalam artian mobil ini lebih mudah manuver, terutama parkir.
- radius putar oke
- akselerasinya gak sekuat polo. mungkin memang perlu penyesuaian ya bawa mazda ini. ketika jalan santai, mau nyalip, pasti reflek kita injek gas sedikit lebih dalam. nah mobil ini ada jeda downshift lalu mesin lumayan meraung2 rasanya kayak ngeden. kalo pake sport mode, akselerasinya mendingan, terasa ngisi terus tenaganya. di mode normal, tenaganya baru mulai kerasa di 2000 rpm. kalo di polo, dari 1500 rpm sudah kerasa tenaganya.
- suspensinya saya gak bisa bedain keras nggaknya karena bawa mobil santai aja. tapi yang kerasa adalah kontur jalan yang keriting. mungkin pengaruh ukuran velg yg besar juga ya. kalo di polo gak kerasa getaran2 kecil dari kontur jalan yang keriting.
- suara mobil/motor di luar sih gak kedengeran ya, artinya cukup kedap. tapi, yang berisik justru dari mobil ini sendiri. pertama, suara raungan mesin mulai dari rpm 2000, lalu yang bener2 bisa dinotice dan cukup mengganggu menurut gw adalah suara dari arah kolong roda. apa memang karakternya toyo proxes yang berisik?
- kapasitas bagasi pas2an.. 350 liter. secara teori sama besarnya dengan polo.
- poin lebihnya dari polo, lebih banyak fitur (gimmick) dan row 2 nya sedikit lebih lega.

sekian kesan singkat tes jalan cx3 1.5.. :emo-big_love:
CX3 ini memang agak berasa suara dari kolongnya om. Even dibanding saudara 1 basisnya (M2), menurut saya masih lebih berasa di CX3..
Di review youtubenya Gr*dO*o juga kelihatan datanya. CX3 waktu jalan 60kph kekedapan kabinnya ada di sekitar 63dB. Sedangkan M2 ada di sekitar 60dB.
Wa11man
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sun May 26, 2013 14:08

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Wa11man »

marvelio wrote: Thu Apr 15, 2021 4:26
Leonhart wrote: Wed Apr 14, 2021 20:11
Tenaga putaran bawah kebanting jauh gk ama altis yg 1800cc ?

Soalnya ane denger2 mesin 1500cc nya 0-60 nya nendang bgt katanya
Putaran bawahnya Altis memang jauh lebih bertenaga, cuma feelnya Altis lebih 'bold' sedangkan CX-3 ini feel mesinnya 'light'. Wajar menurut saya karena Altis dengan mesin 1.8 nya punya output 150hp, sedangkan CX-3 109hp. Menurut saya terpengaruh juga dengan berat body Altis yg bikin dia akselerasinya terasa berbobot. Tapi kalau sudah bicara 0-60, jelas CX-3 ini unggul om, karena Altis pakai CVT. Shifting dan accelerating di CX-3 lebih fun menurut saya. Altis unggul di putaran mesin rendah pas kecepatan tinggi, karena CVT nya mensimulasikan 7-speed.

Jambakan 0-60 kerasa nendang banget dan nggak ada gejala underpower sama sekali. 60-100 nggak impresif yang gimana-gimana, tapi bagi saya tetep memuaskan selama ga bolot-bolot amat mesinnya. Kenceng kok. Apalagi transmisi Skyactiv nya buat saya yg pertama kali pakai, cukup mengagetkan shiftingnya sangat responsif dan terasa natural.
erwinign wrote: Wed Apr 14, 2021 15:11 Nha dah tak tebak kan pasti pnynya om kemaren :big_biglaugh: Saya posisi di TL arah timur pas itu.

Sy di rumah ada jg mazda 2 lama 2013, mestinya sama2 1.5 ya ada feel mirip sih soal tarikan om. Pas dulu liat unitnya (ambil seken) saya jg kaget pas tes setir kok bs sekenceng dan se agile itu feelnya dan ini mazda pertama saya juga, jazz GE rasanya jd bosenin banget naikannya. Padahal itu belum sky, mesin biasa dan platform mirip sama fiesta lama. Di mazda 2 ini saya jg AVG cons pake pertamax ya menurut MID 8.5l/100km, anggep margin error 10% ya aktualnya jadi sktr 9.4l/100km (1:10.5an), mestinya CX3 1.5 dah 6 speed lebih irit dikit. Mazda 3HB aja bs 1:10 AVGnya.

Nah soal rem, mazda always enak sih om. Plg pas, mirip2 honda la ya. Saya di innova baru pernah nyetir juga ngeremnya ya injek nanggung ndak kerasa, injek dalem bener2 ngerem apalg bannya pake ecopia/enasave tambah ngeloyor.

Kok aneh ya om mazda semarang gt, biasa no problem soal pelayanannya (cukup helpful). Dikomplain aja, biasanya fast response sih mereka

Kaca film dptnya bkn 3M lagi ya om? Euro2 apa gitu. Dan kaca depan kayanya diberi kaca film lbh terang dibanding jaman 3M dulu

Tempat coating coba saya PM om aja ya
Kaca film sekarang dapetnya Eurotek, much more better than 3M menurut saya. ANKI 2.4V 2021 kemarin dapet bawaan 3M dari Toyota, tone nya memang lebih hitam gelap tapi penolakan panasnya ampun ga ada ampuh-ampuhnya sama sekali. Panas! [emo-mark-F] Akhirnya diganti sendiri pakai Solar Gard Black Phantom.

Eurotek bawaan Mazda tone nya lebih ke hijau, nggak terlalu gelap, dari luar masih terlihat interior mobil, tapi penolakan panasnya menurut saya malah lebih top daripada 3M. IMHO, tone green-ish di kaca film Eurotek ini malah bikin vibes european market car nya makin berasa di warna Polymetal Grey. Pernah dapat info, Mazda cuma bisa kasih kaca film Eurotek ke customer karena importirnya di bawah naungan perusahaan yang sama, Eurokars. Mungkin yang kasih 3M waktu ATPM nya masih MMI ya. Sejak dipegang Eurokars, semua wajib pakai Eurotek.

Masalah pelayanan, sikapnya aja sih. Pengalaman 5 kali transaksi mobil baru, baru kali ini sales dengan terang-terangan pesen minta uang rokok ke customer untuk supir yg antar mobilnya. Kalah sama sikap sales Wuling & Toyota. Transaksi brp ratus juta masa masih minta uang lebih [emo-mark-F] Bukan masalah pelit uangnya, tapi kan sama sekali tidak mencerminkan Mazda yg kiblatnya mau ke arah Japanese premium brand. Ya saya masih kompromi aja utk masalah yg ini, kasian juga kalo sampai sales dapat SP karena keluhan ini. Tau sendiri kan owner dealernya... :weekk: makin gaenak lagi ntar. Yg penting unit saya segera dilengkapi kelengkapannya, selesai urusan :big_grin: Toh sales-sales lain yg saya kenal ga pernah bersikap spt itu, personal aja sepertinya. Overall service Mazda Semarang selalu top dan fast response, terbukti komplain karpet & segitiga pengaman dlm 2 hari langsung solved :big_exellent:
Sorry om oot, mau tau reviu kaca film euroteknya, is it good? Stl bbrp lama pake apa lebi bgs dibanding 3M gratisan mazda yg dulu?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by darrelund »

marvelio wrote: Thu Mar 18, 2021 16:01 Hai om-om rekan2 SM, ini post pertama saya setelah bertahun-tahun jadi silent reader.. :mky_02: Salam kenal ya om

Awal cerita saya lagi cari pengganti buat Ford Fiesta 2012 1.6 S Manual yang baru aja terjual, saya memang melirik salah satunya Mazda CX-3. Pas tanya-tanya sales yang memang udah kenal (sebelumnya pernah TD CX-3 sebelum ambil Almaz 2019, Almaznya udh kejual juga :big_peace: ), eh ternyata dapat pricelist CX-3 tipe Sport tapi speknya mesin 1.5L! Berdasar kabar burung akan rilis di akhir bulan Maret atau awal April tahun ini. Jadi memang udah bisa inden.

Entah performanya bakal seperti apa kalau body CX-3 dipakein mesin Mazda 2, tapi saya udah kepincut banget sama warna baru yang bakal rilis (yep, kabar terselubung juga) yaitu POLYMETAL GREY :big_love:

Ini dia cuplikan gambarnya yang menurut saya ganteng bangaaatss

Image
Image
Image

Mazda CX-3 versi 1.5L Bensin sebenarnya udah rilis tahun lalu tapi khusus untuk pasar Jepang. Dari brosur yang saya dapat, line up CX-3 bakal jadi 2: 1.5 SPORT dan 2.0 PRO. Fitur-fiturnya CX-3 1.5 juga kurang lebih sama dengan versi Sport saat ini, bukan yang sunated seperti pasar Jepun :big_exellent:

Saya jadi makin yakin ambil CX-3 setelah mesin 1.5L masuk karena harganya jadi turun lumayan, se HR-V 1.5. Value for money-nya kembali masuk akal karena yg sebelumnya nyentuh kepala 4. Tapi yang ganjel bagi saya, apakah kira2 akan jadi 'boyo' karena beban CX-3 ditanggung dengan mesin Mazda 2 (yang dari speknya sih ga impresif2 amat powernya, 111 PS dan 149 NM) ?

Boleh dong om-om yang udah pernah cicip Mazda 2 SkyActiv share seputar impresi mesinnya yg bakal dipake di CX-3. Jujur saya agak gak tertarik sama HR-V, karena udah pegang Fiesta selama 6 tahun terakhir, Mazda lebih menggiurkan buat saya. Kalaupun tertarik aHond, City Hatchback yg menggiurkan bagian buntutnya. Kemarin udah cek unit di kota saya juga, build quality jauh lebih bagus dari aHond HR-V dan Jazz, tapi somehow hati saya tetep di Mazda yg ganteng ini :big_childish:
kayaknya sih untuk CX-3 klo dipasang mesin 1.5 sih masih oke, cuma ya jangan expect klo tarikannya kek 2.0/ pasti lebih boyo rasanya. tapi masih cukup lah untuk ukuran CX-3 karena klo dilihat di market lain kyk jerman dan jepang rata" sih beli yg 1.5 biar lebih irit & efisien + murah.

toh di jerman pun CX-3 yg 2.0 aja cuma dapet 121 PS, padahal itu negara yg jalan tolnya panjang bukan main dan average speed disana tinggi, jadi harusnya sih 1.5 115 PS cukup.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by darrelund »

hackers11 wrote: Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
kayaknya si om ngegas nya agak kenceng nih, soalnya klo dari pengalaman sih. mazda kayaknya ngeliat dari angle throttle pedalnya, soalnya pernah gini:

pedal diinjak secara gradual makin dalam, walaupun pedalnya udah 1/2 jalan = ga downshift

tapi ketika gas nya di posisi 1/4 dan sentak dikit = langsung downshift
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by hackers11 »

darrelund wrote:
hackers11 wrote: Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
kayaknya si om ngegas nya agak kenceng nih, soalnya klo dari pengalaman sih. mazda kayaknya ngeliat dari angle throttle pedalnya, soalnya pernah gini:

pedal diinjak secara gradual makin dalam, walaupun pedalnya udah 1/2 jalan = ga downshift

tapi ketika gas nya di posisi 1/4 dan sentak dikit = langsung downshift
Rasanya saya gasnya under control om, soalnya sedang sambil eco driving bwt tes FC.
Entah kenapa di tanjakan Cipularang toel dikit gearboxnya milih shift down instead nahan rpm karena shift down juga bentar bwt naikin rpm aja, deket2 rpm 3000 shift up lagi.
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue May 21, 2019 16:24

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Gangenlyt69 »

hackers11 wrote: Wed May 05, 2021 1:32
darrelund wrote:
hackers11 wrote: Thu Apr 15, 2021 7:12 Numpang komen adek kemaren ngambil mazda 2. Asunsi mesin sama apa ngerasain om transmisinya gas agak dalem dikit langsung downshift.
Emang gt ya?
Susah bawa halus mobilnya, agresif terus wkwkwk. Dan itu belum sports mode.
Rem setuju, enak bgt dan linear. Coba drpd downshift langsung lebih baik stay di gear dan naik rpmnya pelan2, mungkin lebih smooth.
kayaknya si om ngegas nya agak kenceng nih, soalnya klo dari pengalaman sih. mazda kayaknya ngeliat dari angle throttle pedalnya, soalnya pernah gini:

pedal diinjak secara gradual makin dalam, walaupun pedalnya udah 1/2 jalan = ga downshift

tapi ketika gas nya di posisi 1/4 dan sentak dikit = langsung downshift
Rasanya saya gasnya under control om, soalnya sedang sambil eco driving bwt tes FC.
Entah kenapa di tanjakan Cipularang toel dikit gearboxnya milih shift down instead nahan rpm karena shift down juga bentar bwt naikin rpm aja, deket2 rpm 3000 shift up lagi.
Saya sebagai user M2 juga confirm sih, memang seperti itu karakternya om..
Apalagi waktu awal2 bawa M2 ini, susah bener nyetir alusnya wkwkwk
Tapi kalo kita udah adaptasi, lama2 bisa juga kok bawa M2 dengan smooth, even di tanjakan..

Kuncinya memang di bukaan gasnya, kalo kita nginjeknya agak nyentak dikiiit aja, transmisi langsung downshift. Makanya sebisa mungkin saya jaga momentum mobil pas lagi jalan, supaya injek gasnya bisa tetep gradual dan smooth waktu butuh akselerasi..

Tapi karakter kayak gini asik banget sih waktu speeding, terasa lebih ngisi dan cekatan tenaganya. Ini saya compare dengan Jazz GK5 saya, walaupun secara di atas kertas tenaga lebih besar Jazz, tapi sensasi waktu diajak speeding lebih asik M2 :big_love:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by hackers11 »

Gangenlyt69 wrote:
hackers11 wrote: Wed May 05, 2021 1:32
darrelund wrote: kayaknya si om ngegas nya agak kenceng nih, soalnya klo dari pengalaman sih. mazda kayaknya ngeliat dari angle throttle pedalnya, soalnya pernah gini:

pedal diinjak secara gradual makin dalam, walaupun pedalnya udah 1/2 jalan = ga downshift

tapi ketika gas nya di posisi 1/4 dan sentak dikit = langsung downshift
Rasanya saya gasnya under control om, soalnya sedang sambil eco driving bwt tes FC.
Entah kenapa di tanjakan Cipularang toel dikit gearboxnya milih shift down instead nahan rpm karena shift down juga bentar bwt naikin rpm aja, deket2 rpm 3000 shift up lagi.
Saya sebagai user M2 juga confirm sih, memang seperti itu karakternya om..
Apalagi waktu awal2 bawa M2 ini, susah bener nyetir alusnya wkwkwk
Tapi kalo kita udah adaptasi, lama2 bisa juga kok bawa M2 dengan smooth, even di tanjakan..

Kuncinya memang di bukaan gasnya, kalo kita nginjeknya agak nyentak dikiiit aja, transmisi langsung downshift. Makanya sebisa mungkin saya jaga momentum mobil pas lagi jalan, supaya injek gasnya bisa tetep gradual dan smooth waktu butuh akselerasi..

Tapi karakter kayak gini asik banget sih waktu speeding, terasa lebih ngisi dan cekatan tenaganya. Ini saya compare dengan Jazz GK5 saya, walaupun secara di atas kertas tenaga lebih besar Jazz, tapi sensasi waktu diajak speeding lebih asik M2 :big_love:
Agree kalo lg spirited driving.
Cuma karena memang sedang eco run adanya kesel.
Tp bukan mobil saya jadi ga akan kesel lama2.
At least handling enak bgt[emoji16]
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by DrivingPotato »

Update ahh

Mulai muncul bunyi-bunyi 'klek' dari sebelah kiri mobil setiap ban depan baru nyentuh polisi tidur. Padahal low speed. Ga sampe 10 km/h.
Dibiarin sebulan, muncul hilang muncul hilang, tp cukup mengganggu karena deket rumah banyak banget speed bump jadi sering bunyi.

Akhirnya bawa ke BeRes, test drive sama kepala bengkel. Susah bgt nyari bunyi-bunyinya. Setelah ketemu bunyinya, digrease ulang baut dan joint2 termasuk baut2 chasis kiri depan. Saya lihat waktu pengerjaan greasingnya gak pelit.

Image
Image
Image

Lalu minta baut-bautnya dikencengin dgn torsi yang bener semuanya.

Turns out waktu pulang bunyi-bunyiannya masih ada ketika lewat polisi tidur atau jalan yg agak naik, misal naikan pas mau masuk parkiran dealer.

Akhirnya kepala bengkel approve utk pengajuan warranty claim shock breaker.

Baca2 dari internet banyak yg ngalamin dari bearing support shock, tapi pas dicek tadi masih aman-aman aja.

Persis seperti yg dialami user satu ini gejalanya


Sempet baca di thread M2sky nya om @josomba pernah ngalamin juga, ternyata masih terjadi di CX-3 2021
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Penikmat_Kopi »

Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by pendoli »

Penikmat_Kopi wrote: Sat Jan 08, 2022 19:39 Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
Kemaren ke dealer mazda simprug
All unit indent sampai mei/juni coba 😅
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Penikmat_Kopi »

pendoli wrote: Sat Jan 08, 2022 23:18
Penikmat_Kopi wrote: Sat Jan 08, 2022 19:39 Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
Kemaren ke dealer mazda simprug
All unit indent sampai mei/juni coba 😅
Kasian marketingnya ya
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by peterming77 »

Agan2 sekalian, minta masukan buat yg paham CX3 Touring 2019 apa sudah ada BSM dan RCTA nya? Soalnya yang Touring 2018 kayaknya nga ada, tapi siapa tau yg 2019 sudah ada soalnya Mazda kan sering kasih fitur2 improvement di batch produksi tanpa harus facelift.

Saya lagi inden CX3 Sport (baru dari Jan 2022 sih) tapi nunggunya bikin PTSD, soalnya tidak pernah ada kejelasan kapan pastinya, sampai saya SPK 2 dealer di Sby nanti tinggal dilihat siapa yg bisa kirim duluan. Skrg sambil intip2 unit bekas siapa tau ada yg nyantol, jadinya kan lumayan dapat 2000cc harga 1500cc. Kmrn sempat muncul 2020 Pro tapi krn kelamaan mikir akhirnya sold, skrg lagi mantengin 2019 Touring siapa tau jodoh, cuman ragunya di BSM sama RCTA itu, kalo nga ada ya wajib tunggu inden Sport.
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by yaseinotulip »

Stock nya masih ghoib terus ya mazda cx-3 1.5.
Entah sodara sy udah dpt atau blm udah 6 bln lebih dari SPK klo ga salah wkwk
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by Tats »

Iseng cerita ah...
Akhirnya ambil cx3 2.0 bekas umur 8 bulan
Gara2 1.5 ga dateng2 udh nunggu 4 bulan ga ada kabar
Ntah lah booking fee hangus apa ngga
Intinya sih hampir semua gosip2 di thread ini bener, salah satunya ada bunyi "klek" di jalan yg agak gerenjelan
Mesin 2.0 ga seirit crv turbo sy, cuma tetep kerasa murah soalnya si crv pake pertabo dan cx3 pake pertamax biasa
Aktivitas dalkot si cx3 dapet 10km/l, si crv dapet 10,7 km/l yaa beda tipis
I-stop ga pernah dinyalain
Seinget sy test drive versi 1.5 sih tenaga awal di dalam kota sih ga beda jauh sama 2.0 tp kalau nanjak2 jalan layang baru kerasa agak signifikan
Pas nanjak si 1.5 mesin agak "bernyanyi", kalau 2.0 lebih effortless
Masalah downshift sebenernya bukan transmisinya yang ga halus, lebih ke arah si mazda ini karakter mesinnya pengen sporty gitu
Jadi kalo digas agak dalam langsung bunyinya garang khususnya di rpm 2500 ke atas, mirip pake valvetronic padahal ngga
Gatau juga ya kok bisa gitu
Kalo penasaran kira2 suara "garang" itu mirip bunyi coldstart semua mazda kekinian hehe
Intinya sih transmisi perpindahan halus dan cepat juga, bahkan mirip sekali sama dsg vw group
Dipikir2 keren juga ya transmisi mazda bisa sebagus itu dengan harga lebih murah dari hrv (nyindir dikit)
Posisi duduk agak mengingatkan sama bmw 2016 ke atas, santai tp sporty
Suspensi keras
Kualitas bahan dan bq sangat bagus, bahkan lexus rx300 armrest tengah pengemudi masih bunyi kriet2 lah si cx3 malah lebih sunyi
Road noise hampir mirip crv tp lebih sunyi dikit
Tapi skr si crv udh ganti ban senyap jadi agak lebih bagus road noise nya

Gitu aja sih...
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by darrelund »

pendoli wrote: Sat Jan 08, 2022 23:18
Penikmat_Kopi wrote: Sat Jan 08, 2022 19:39 Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
Kemaren ke dealer mazda simprug
All unit indent sampai mei/juni coba 😅
sampe skrg belom kelar juga, dah mau setahun :big_biglaugh:

entah pabriknya gakuat atau gimana kurang ngerti saya, tapi hampir setahun belom kelar sih wadidaw ya :big_biglaugh:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by peterming77 »

darrelund wrote: Thu Mar 10, 2022 16:19
pendoli wrote: Sat Jan 08, 2022 23:18
Penikmat_Kopi wrote: Sat Jan 08, 2022 19:39 Bini gue sempet pengin mobil ini. Kirain unit 2021 masih ada dijual dan dapat diskon gede spt biasanya, eh ternyata abis dan malah yg 2022 pun unitnya masih blm ada. Ya sudah sekalian nunggu hrv baru aja.
Kemaren ke dealer mazda simprug
All unit indent sampai mei/juni coba 😅
sampe skrg belom kelar juga, dah mau setahun :big_biglaugh:

entah pabriknya gakuat atau gimana kurang ngerti saya, tapi hampir setahun belom kelar sih wadidaw ya :big_biglaugh:
Launching Maret 2021 ATPM masih pede beritanya setiap bulan disiapkan 200 unit ke dealer, setelah launching pembeli membludak krn tipe sport 1.5 harga termasuk murah buat CX3 yg sebelum e diatas 400. Ehhhh ternyata habis itu ada krisis chip + ada kebakaran di pabrik produksi CX3 Jepang, cuma secara bisnis masih diharuskan jualan, ya akhirnya SPK numpuk ga karuan. Kayaknya masih ada kok yg SPK di April 2021 masih belum dapat unit sampe hari ini (baca2 dari komen2 di sosmed Mazda). Belum lagi di GIIAS jualan (SPK) juga kenceng, tapi lucunya udah ada yg dapat kan waktu GIIAS kmrn, apa mungkin pilihan warnanya pas hoki udah dtg duluan. Harusnya kalau udah tau ada hambatan pengiriman dari pabrik ya sementara ditahan dulu lah jangan jualan SPK, bilang aja kran penjualan dibuka kembali kalau supply sudah normal. Kalau udah kejadian gini kan calon pembeli jadi badmood sama merk Mazda, secara bukan BMW atau Lexus atau Aston Martin tapi indennya gila2an panjang.

Saya sendiri masih menunggu dng sebel, soalnya belum ada opsi lain yg masuk dihati: City HB model ok tapi CVT, Hyundai Creta bodi terlalu tinggi/besar, AN HRV rasanya juga bakal bongsor bodi.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by peterming77 »

Tats wrote: Thu Mar 10, 2022 9:32 Iseng cerita ah...
Akhirnya ambil cx3 2.0 bekas umur 8 bulan
Gara2 1.5 ga dateng2 udh nunggu 4 bulan ga ada kabar
Ntah lah booking fee hangus apa ngga
Intinya sih hampir semua gosip2 di thread ini bener, salah satunya ada bunyi "klek" di jalan yg agak gerenjelan
Mesin 2.0 ga seirit crv turbo sy, cuma tetep kerasa murah soalnya si crv pake pertabo dan cx3 pake pertamax biasa
Aktivitas dalkot si cx3 dapet 10km/l, si crv dapet 10,7 km/l yaa beda tipis
I-stop ga pernah dinyalain
Seinget sy test drive versi 1.5 sih tenaga awal di dalam kota sih ga beda jauh sama 2.0 tp kalau nanjak2 jalan layang baru kerasa agak signifikan
Pas nanjak si 1.5 mesin agak "bernyanyi", kalau 2.0 lebih effortless
Masalah downshift sebenernya bukan transmisinya yang ga halus, lebih ke arah si mazda ini karakter mesinnya pengen sporty gitu
Jadi kalo digas agak dalam langsung bunyinya garang khususnya di rpm 2500 ke atas, mirip pake valvetronic padahal ngga
Gatau juga ya kok bisa gitu
Kalo penasaran kira2 suara "garang" itu mirip bunyi coldstart semua mazda kekinian hehe
Intinya sih transmisi perpindahan halus dan cepat juga, bahkan mirip sekali sama dsg vw group
Dipikir2 keren juga ya transmisi mazda bisa sebagus itu dengan harga lebih murah dari hrv (nyindir dikit)
Posisi duduk agak mengingatkan sama bmw 2016 ke atas, santai tp sporty
Suspensi keras
Kualitas bahan dan bq sangat bagus, bahkan lexus rx300 armrest tengah pengemudi masih bunyi kriet2 lah si cx3 malah lebih sunyi
Road noise hampir mirip crv tp lebih sunyi dikit
Tapi skr si crv udh ganti ban senyap jadi agak lebih bagus road noise nya

Gitu aja sih...
Wah bisa dapat unit bekas umur 8 bulan? Hoki banget ya Gan, di market kebanyakan tahun 2019. Sempat ada unit 2020 yg Pro tapi udah laku.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by DrivingPotato »

peterming77 wrote: Fri Mar 11, 2022 4:47
Launching Maret 2021 ATPM masih pede beritanya setiap bulan disiapkan 200 unit ke dealer, setelah launching pembeli membludak krn tipe sport 1.5 harga termasuk murah buat CX3 yg sebelum e diatas 400. Ehhhh ternyata habis itu ada krisis chip + ada kebakaran di pabrik produksi CX3 Jepang, cuma secara bisnis masih diharuskan jualan, ya akhirnya SPK numpuk ga karuan. Kayaknya masih ada kok yg SPK di April 2021 masih belum dapat unit sampe hari ini (baca2 dari komen2 di sosmed Mazda). Belum lagi di GIIAS jualan (SPK) juga kenceng, tapi lucunya udah ada yg dapat kan waktu GIIAS kmrn, apa mungkin pilihan warnanya pas hoki udah dtg duluan. Harusnya kalau udah tau ada hambatan pengiriman dari pabrik ya sementara ditahan dulu lah jangan jualan SPK, bilang aja kran penjualan dibuka kembali kalau supply sudah normal. Kalau udah kejadian gini kan calon pembeli jadi badmood sama merk Mazda, secara bukan BMW atau Lexus atau Aston Martin tapi indennya gila2an panjang.

Saya sendiri masih menunggu dng sebel, soalnya belum ada opsi lain yg masuk dihati: City HB model ok tapi CVT, Hyundai Creta bodi terlalu tinggi/besar, AN HRV rasanya juga bakal bongsor bodi.
Kia Seltos udah coba test drive om? Atau Kia Sonet?
Saya awalnya naksir itu tapi ga mantep jadi ga test drive. Akhirnya ya CX-3 ini aja.

Btw, CVT Honda menurut saya not bad kok. Salah satu CVT terbaik bahkan menurut saya. Kalo yg suka smooth cocok sbenernya. Malah kalo saya batal City HB gara2 fender depannya aneh di mata saya :big_peace:

Berarti saya yg cukup beruntung beli pas barangnya masih ada, batch pertama banget. Ngaret seminggu SPK kayanya barang ga dateng sampe sekarang nih.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
irw
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Jun 17, 2018 12:41
Location: Indonesia

Re: MAZDA CX-3 1500 CC!

Post by irw »

Kemarin sempat liat2 ke Mazda simprug, inden cx3 1.5 bisa sampe Juli/Agustus. Kata salesnya nanti dpt Model 2022 yg uda pake wireless charging, lokasinya di tempat slot DVD yg model sekarang. Jd DVD nanti uda didelete. Dan layar HU sizenya membesar sedikit. Itu aja sih katanya yg berubah. Kemungkinan harga naik 10-15 jt.
Sempet test drive yg seken 2.0 th 2020, tenaganya memang lebih enak sih. Dikasih harga 375 jt cash.
Masih pikir2 dulu nih.
F6560818-EFDD-4F34-81FE-318C2D8C01DA.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by irw on Fri Mar 11, 2022 5:24, edited 1 time in total.