ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by pengendiesel »

whitehorse4 wrote: Wed Feb 24, 2021 16:39 kondisi sama2 2nd pilih mana om, untuk long term bagus gnki v 2012-13 (200-210jt) atau anki g 2016 (270-280jt)
rencana untuk jadi mobil yang akan dipake sampai rusak
dan isi biosolar
masi single belum berkeluarga hehe

kalau gnki sisa dana mau buat light tune macam remap, downpipe, air filter, fmic, atf&oil cooler dll (200hp apa bisa ubahan gini aja?)

sebenernya ANKI bagi sy pilihan yg no-brainer namun masi ragu jedug di anki ini bakal ngerusak matic atau hanya "mengganggu" saja? kalau emang gak bikin rusak sy ga masalah kena jedug karena semua anki diesel yg permah sy coba jedug semua (punya teman, sodara, rental, dll.)
model lebih seneng ANKI dan jauh lebih nyaman juga rasanya
namun ya balik lagi kalau isu jedug apakah bakalan ngefek ke pemakaian jangka panjang?

pilihan nyeleneh lain: beli swift sport mt aja
gak nyambung sih memang.. cuma cari yang kenceng tapi low running cost.. hehehe
masalahnya habis bawa anki diesel nyetir hrv 1.8 jazz outlander kerasa lemot.. padahal mereka bukan mobil pelan dan termasuk menyenangkan untuk dikendarai
nah apa swift sport bakal gini juga

thanks in advance
Gak ngelirik forti vnt om?
Tenaga dan figur akselerasi 11-12 sama anki. Gak perlu remap lagi.
Spare part rata2 lebih murah daripada anki. Dan gak ada problem aneh2. Kalo anki problem yang paling merata di grup sosmed itu rem geter.
Info sa a2k, kampas rem depan vnt 700rb, anki 1,1jt cmiiw. Injectornya 2gd lebih halus dan tekanan lebih tinggi dibandingkan vnt. Jadi vnt secara teori lebih aman terhadap solar goceng.
Dengan kata lain, sebelum 2kd rontok kena solar goceng, 2gd sama 4n15 mestinya rontok duluan :big_biglaugh:

Minusnya kalo dibandingin anki :
1. Kenyamanan. Vnt, apalagi yang trd, suspensinya balok kayu.
2. Shockbreaker ori tipe trd 10jt depan belakang. Yang non trd mungkin separuhnya
3. Fc. Dalkot paling bagus 1:10. 2gd lebih hemat.
4. Ban lebih mahal
5. Torsi enakan anki. Angkanya mirip2, tapi anki didapat di rpm yang lebih rendah.
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by whitehorse4 »

pengendiesel wrote: Thu Feb 25, 2021 12:28
whitehorse4 wrote: Wed Feb 24, 2021 16:39 kondisi sama2 2nd pilih mana om, untuk long term bagus gnki v 2012-13 (200-210jt) atau anki g 2016 (270-280jt)
rencana untuk jadi mobil yang akan dipake sampai rusak
dan isi biosolar
masi single belum berkeluarga hehe

kalau gnki sisa dana mau buat light tune macam remap, downpipe, air filter, fmic, atf&oil cooler dll (200hp apa bisa ubahan gini aja?)

sebenernya ANKI bagi sy pilihan yg no-brainer namun masi ragu jedug di anki ini bakal ngerusak matic atau hanya "mengganggu" saja? kalau emang gak bikin rusak sy ga masalah kena jedug karena semua anki diesel yg permah sy coba jedug semua (punya teman, sodara, rental, dll.)
model lebih seneng ANKI dan jauh lebih nyaman juga rasanya
namun ya balik lagi kalau isu jedug apakah bakalan ngefek ke pemakaian jangka panjang?

pilihan nyeleneh lain: beli swift sport mt aja
gak nyambung sih memang.. cuma cari yang kenceng tapi low running cost.. hehehe
masalahnya habis bawa anki diesel nyetir hrv 1.8 jazz outlander kerasa lemot.. padahal mereka bukan mobil pelan dan termasuk menyenangkan untuk dikendarai
nah apa swift sport bakal gini juga

thanks in advance
Gak ngelirik forti vnt om?
Tenaga dan figur akselerasi 11-12 sama anki. Gak perlu remap lagi.
Spare part rata2 lebih murah daripada anki. Dan gak ada problem aneh2. Kalo anki problem yang paling merata di grup sosmed itu rem geter.
Info sa a2k, kampas rem depan vnt 700rb, anki 1,1jt cmiiw. Injectornya 2gd lebih halus dan tekanan lebih tinggi dibandingkan vnt. Jadi vnt secara teori lebih aman terhadap solar goceng.
Dengan kata lain, sebelum 2kd rontok kena solar goceng, 2gd sama 4n15 mestinya rontok duluan :big_biglaugh:

Minusnya kalo dibandingin anki :
1. Kenyamanan. Vnt, apalagi yang trd, suspensinya balok kayu.
2. Shockbreaker ori tipe trd 10jt depan belakang. Yang non trd mungkin separuhnya
3. Fc. Dalkot paling bagus 1:10. 2gd lebih hemat.
4. Ban lebih mahal
5. Torsi enakan anki. Angkanya mirip2, tapi anki didapat di rpm yang lebih rendah.
fortuner keren sih laki banget cuman rasanya lebih bongsor tp lebih sempit plus duduknya tinggi banget dan suspensi agak keras ya (pernah numpang namun belum pernah tes setir)
sama modelnya lebih suka ANKI yang kalem dan lebih modern aja gitu
entah kenapa juga limbugnya kerasa banget di vnt dibanding anki.. entah perasaan doang apa gimana
:big_childish:

bagusnya vnt power gain nya jauh ningkat kayanya ya kalo di pakein piggyback
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by whitehorse4 »

mike22 wrote: Thu Feb 25, 2021 0:02 Alternatif lain: isuzu mux, jelas kuat solar goceng
ini mobilnya xpedition travelore ya om yang suka keliling indonesia masuk hutan2 di youtube
kalo model suv kayanya condong ke fortuner vnt sih om
quyquy wrote: Thu Feb 25, 2021 0:21 Hmmm..

Pengennya modal dikit, dapat mobil super kenceng, kaki2 bandel shg jarang ke bengkel kaki2,
trus masih bisa minum bbm yang seharusnya buat membantu masyarakat kelas bawah tapi dipake buat ngebut2an..

Back to topic..

Matic ANKI dng 6 speednya nggak akan pernah bohong dibandingkan 4 speednya GNKI. Masalah jedug? hmm sampai skr kok belum ada kabar ada ANKI overhoul transmisi stdnya..

GNKI diesel yg berumur nggak akan pernah bohong perihal rekondisi. Secara jarang banget GNKI menjadi garage queen alias dapat yag low kilometer. Rata2 uda gondrong kilometernya. Dan you know rekondisi mesin diesel itu nggak murah..

Ngomongin innova diesel lalu di compare dng mobil2 bensin dibawah 2000cc, si Om kelupaan satu hal: Urusan ganti oli mesin si innova diesel ini lebih mahal ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc.

Innova diesel butuh oli mesin dan trainy lebih banyak ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc. Oli trainy ini oli gearbox dan oli gardan lho ya.

Apalagi rencananya cuman maunya minum biosol plus jangka pemakaian 10 tahun. Minum biosol dan pengen nya awet 10 tahun, mau nggak mau trade off nya di penggantian oli mesin yang lebih cepat ketimbang yg pake DEX.

Ingat minum biosol itu juga ada tradeoff nya: lebih sering ganti filsol, lebih sering ganti oli mesin, lebih sering kasih additif. Itu kalo pengen pemakaian mobilnya longterm. Kecuali hanya make 2-3 tahun trs jual shg beban utk rekondisi dikasihkan ke pembeli mobil berikutnya.

Kesimpulannya?
Kalo dana utk maintenance periodik (gnt oli dsbnya) masih terbatas, pengen kenceng, masih bisa minum bbm range harga 7650-9000, mending pilih HRV 1.8 lalu di remap plus pake header 421 full system. Paling tradeoffnya hanya di keawetan kaki2 dibanding innova. Ya jadinya pinter2 milih jalan aja. Pokok jalan keriting, jalan berlubang jng asal ngegas aja.
kenceng secukupnya ajah... dijambak tarikan juga udah seneng kok :big_peace:
terima kasih om sarannya, noted untuk item2 yg jauh lebih banyak di diesel
DOHC wrote: Thu Feb 25, 2021 1:21 Metik ac60e 6 speed anki ga masalah koq

Tuh di sini aj ud ad beberapa yg make rada gondrong, ad yg make buat road trip ksana kmari (om eF272), ad jg pembalap 3S (om kompre) contohnya.. mobil abuse itungan nya tuh.. toh masi running strong

Perihal jedug, jgnkan yg diesel, anki bensin saya aj pas awal2 beli ad jedug kl d power mode walaupun ga sganas disel,tp stelah ganti atf yg rada kentelan, dan pake prosedur check atf fluid level the omnibus way, aman jaya ampe skrg, mo power mode, mo d bejeg berjam2 jg amannn
asal ganti rutin fluid atf haruse aman yo om
. thanks kalao gitu
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by maastricht889 »

quyquy wrote: Thu Feb 25, 2021 0:21 Hmmm..

Pengennya modal dikit, dapat mobil super kenceng, kaki2 bandel shg jarang ke bengkel kaki2,
trus masih bisa minum bbm yang seharusnya buat membantu masyarakat kelas bawah tapi dipake buat ngebut2an..

Back to topic..

Matic ANKI dng 6 speednya nggak akan pernah bohong dibandingkan 4 speednya GNKI. Masalah jedug? hmm sampai skr kok belum ada kabar ada ANKI overhoul transmisi stdnya..

GNKI diesel yg berumur nggak akan pernah bohong perihal rekondisi. Secara jarang banget GNKI menjadi garage queen alias dapat yag low kilometer. Rata2 uda gondrong kilometernya. Dan you know rekondisi mesin diesel itu nggak murah..

Ngomongin innova diesel lalu di compare dng mobil2 bensin dibawah 2000cc, si Om kelupaan satu hal: Urusan ganti oli mesin si innova diesel ini lebih mahal ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc.

Innova diesel butuh oli mesin dan trainy lebih banyak ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc. Oli trainy ini oli gearbox dan oli gardan lho ya.

Apalagi rencananya cuman maunya minum biosol plus jangka pemakaian 10 tahun. Minum biosol dan pengen nya awet 10 tahun, mau nggak mau trade off nya di penggantian oli mesin yang lebih cepat ketimbang yg pake DEX.

Ingat minum biosol itu juga ada tradeoff nya: lebih sering ganti filsol, lebih sering ganti oli mesin, lebih sering kasih additif. Itu kalo pengen pemakaian mobilnya longterm. Kecuali hanya make 2-3 tahun trs jual shg beban utk rekondisi dikasihkan ke pembeli mobil berikutnya.

Kesimpulannya?
Kalo dana utk maintenance periodik (gnt oli dsbnya) masih terbatas, pengen kenceng, masih bisa minum bbm range harga 7650-9000, mending pilih HRV 1.8 lalu di remap plus pake header 421 full system. Paling tradeoffnya hanya di keawetan kaki2 dibanding innova. Ya jadinya pinter2 milih jalan aja. Pokok jalan keriting, jalan berlubang jng asal ngegas aja.
Dapet banget ini om poinnya, krn saya pernah ngalamin tapi di livina 1.5 2007 beli baru wkt itu. Pake daily sejorok2nya, oli mesran hajar 3rb an km, oli nissan pake 10rb km, bengsin premium, ga pernah tuneup krn memang ilmunya belom sampe situ dan jaman itu spesialis nissan samsek belum ada.

Masuk th ke4-5 keluar semua deh boroknya, baik untuk mesin dan drivetrain ya. Yg di mesin itu busi setiap 3 bulan ganti (tau kan busi iridium livina harganya berapa waktu itu), diakal2in biar sebisa mungkin nenggak premium sampe pernah trial ganti ke busi march 1.2 jadi pincang mesinnya. Oli mesin tiap 2rb km nambah, aki tiap 6 bulan koit. Drivetrain kaya tongkat transmisi patah dsb. Yasudah 2012 jual ganti ertiga 2013 manual.

Sehabis itu di yaris bakpao matic saya juga sempet paksain pake premium sampe ngelitik mulu dan bensin diukur 7 km/l. Yaudh deh switch pertamax agak mendingan dan masih ngelitik. Akhirnya tracing problem di beres dan nemu problemnya kalau di tangki bensin isinya pasir semua dan dikuras, cukup solved dan masih ngelitik. Bawa ke bengkel spesialis akhirnya nemu masalahnya di tuneup carbon clean sampe 5x baru berkurang signifikan dengan catetan tiap servis berkala busi 1 set ganti dan oli dibagusin. Fuelcons membaik jd 10km/l dan tarikan kembali kaya mobil baru.

Dr pengalaman itu akhirnya saya udah emoh pake premium lagi dan mobil di rumah saya mostly pake pertamax, contoh di ertiga matic saya. Beli baru di 2014 dan sampe hari ini rutin servis, oli dibagusin, rutin tuneup, isi pertamax dr baru+aditif amsoil akhir2 ini hampir jalan 70rb km masih bener2 enak, filter bensin disemprot dr selang out juga pasirnya bener2 sedikit.

Kalau saya pribadi sependapat dg om, kl saya own ANKI diesel dan mau dipake long term sih oli saya bagusin dan bakal isinya dex. Mau banyak orang bilang apa saya bodo amat, krn ngalamin kejadian maintenance asal, diakal2 dan diirit2 itu ga sebanding dg kerusakan di akhir kaya di livina saya dulu, dan juga di kudanya om vanzmatic yg kapan ari dibahas. Apalg untuk 2GD itu kaya filter BBMnya juga mahal sejauh sy pelajarin, makanya saya pikir bbm dibagusin sekalian. Kalau saya mau purposenya rawatan diirit2 saya prefer beli mobil bensin sekalian atau innova bensin krn lebih simpel maintainnya. Sekali lagi ini unt cara pakai saya yg mau own long term, kadang jarang jalan juga. Kl pakenya tiap hari dan beli baru cm pake misal 3th okelah, rawatan ditanggung sama yg beli bekas nantinya :big_biglaugh:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Thu Feb 25, 2021 10:11
evanbngdor wrote: Thu Feb 25, 2021 9:48 Hehehe, banyak kok innova diesel yg udah remap itu di uji emisi gagal semua. Opacity nya > 40 semua. Itu salah satu akibat ke tuner abal2 yg gak mau saya sebutkan mereknya.

Tp beda cerita kalo pake Dastek/Monmax/piggyback lainnya. Opacity nya ngga ada yg lebih dr 12, padahal power nya jg gak main2 itu. Cuma memang secara biaya ya remap sama piggyback itu beda jauh pasti
Ah saya denger crita mbah bebonk serem liat pengaturan tuningannya ngaco abis... dan itu ga dikit.

Kadang jg nama nama yang sering terkenal di internet malah. Serem jg.
Maksudnya tuningan piggyback Om? So far sih di komunitas itu banyak yg pake piggyback yg selalu di-abuse mobilnya bahkan sampe ada yg odometernya udah 200rb lebih aman-aman aja sih.

Satu2nya kekurangan pake piggyback ya biaya nya aja, piggyback full set minimal 15jt sekarang. Kalo remap kan mulai dari yg 1 juta abal2 juga ada
:mky_03:

Memang ada beberapa tuner yg ngaco, ngga care sama kondisi mobilnya setelah tuning, yg penting jualan. Itu yg perlu dihindari, jangan berpatokan sama fasilitas aja, ngeliat ada mesin dyno dirasa pasti bagus, begitu pula sebaliknya. Harus pinter2 pilih tuner juga, dan balik lg cocok2an sih tuner itu.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Fri Feb 26, 2021 1:50
Maksudnya tuningan piggyback Om? So far sih di komunitas itu banyak yg pake piggyback yg selalu di-abuse mobilnya bahkan sampe ada yg odometernya udah 200rb lebih aman-aman aja sih.

Satu2nya kekurangan pake piggyback ya biaya nya aja, piggyback full set minimal 15jt sekarang. Kalo remap kan mulai dari yg 1 juta abal2 juga ada
:mky_03:

Memang ada beberapa tuner yg ngaco, ngga care sama kondisi mobilnya setelah tuning, yg penting jualan. Itu yg perlu dihindari, jangan berpatokan sama fasilitas aja, ngeliat ada mesin dyno dirasa pasti bagus, begitu pula sebaliknya. Harus pinter2 pilih tuner juga, dan balik lg cocok2an sih tuner itu.
remap om... ntu beberapa file yang dibuka mbah bebonk ketauan ngaco abis setelannya. ada yang fuel rail pressure nya dimentokin semua coba :mky_07:

tul nama besar dan punya dyno tidak jaminan sih. kalo too good to be true malah mencurigakan biasanya.

tenaga nambah besar, tidak dikasih protokol pengaman, dibilang bengkelnya pake spek oli OEM masih masuk, ikut jadwal servis berkala pabrikan biasa gpp, jelas komersil ini mah.

tuning ama mbah bebonk soalnya malah ditakut takutin yang sebaliknya... :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by indeskey »

saya dapat sekali poin2 yg om share. :big_okay:
erwinign wrote: Fri Feb 26, 2021 1:15
quyquy wrote: Thu Feb 25, 2021 0:21 Hmmm..

Pengennya modal dikit, dapat mobil super kenceng, kaki2 bandel shg jarang ke bengkel kaki2,
trus masih bisa minum bbm yang seharusnya buat membantu masyarakat kelas bawah tapi dipake buat ngebut2an..

Back to topic..

Matic ANKI dng 6 speednya nggak akan pernah bohong dibandingkan 4 speednya GNKI. Masalah jedug? hmm sampai skr kok belum ada kabar ada ANKI overhoul transmisi stdnya..

GNKI diesel yg berumur nggak akan pernah bohong perihal rekondisi. Secara jarang banget GNKI menjadi garage queen alias dapat yag low kilometer. Rata2 uda gondrong kilometernya. Dan you know rekondisi mesin diesel itu nggak murah..

Ngomongin innova diesel lalu di compare dng mobil2 bensin dibawah 2000cc, si Om kelupaan satu hal: Urusan ganti oli mesin si innova diesel ini lebih mahal ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc.

Innova diesel butuh oli mesin dan trainy lebih banyak ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc. Oli trainy ini oli gearbox dan oli gardan lho ya.

Apalagi rencananya cuman maunya minum biosol plus jangka pemakaian 10 tahun. Minum biosol dan pengen nya awet 10 tahun, mau nggak mau trade off nya di penggantian oli mesin yang lebih cepat ketimbang yg pake DEX.

Ingat minum biosol itu juga ada tradeoff nya: lebih sering ganti filsol, lebih sering ganti oli mesin, lebih sering kasih additif. Itu kalo pengen pemakaian mobilnya longterm. Kecuali hanya make 2-3 tahun trs jual shg beban utk rekondisi dikasihkan ke pembeli mobil berikutnya.

Kesimpulannya?
Kalo dana utk maintenance periodik (gnt oli dsbnya) masih terbatas, pengen kenceng, masih bisa minum bbm range harga 7650-9000, mending pilih HRV 1.8 lalu di remap plus pake header 421 full system. Paling tradeoffnya hanya di keawetan kaki2 dibanding innova. Ya jadinya pinter2 milih jalan aja. Pokok jalan keriting, jalan berlubang jng asal ngegas aja.
Dapet banget ini om poinnya, krn saya pernah ngalamin tapi di livina 1.5 2007 beli baru wkt itu. Pake daily sejorok2nya, oli mesran hajar 3rb an km, oli nissan pake 10rb km, bengsin premium, ga pernah tuneup krn memang ilmunya belom sampe situ dan jaman itu spesialis nissan samsek belum ada.

Masuk th ke4-5 keluar semua deh boroknya, baik untuk mesin dan drivetrain ya. Yg di mesin itu busi setiap 3 bulan ganti (tau kan busi iridium livina harganya berapa waktu itu), diakal2in biar sebisa mungkin nenggak premium sampe pernah trial ganti ke busi march 1.2 jadi pincang mesinnya. Oli mesin tiap 2rb km nambah, aki tiap 6 bulan koit. Drivetrain kaya tongkat transmisi patah dsb. Yasudah 2012 jual ganti ertiga 2013 manual.

Sehabis itu di yaris bakpao matic saya juga sempet paksain pake premium sampe ngelitik mulu dan bensin diukur 7 km/l. Yaudh deh switch pertamax agak mendingan dan masih ngelitik. Akhirnya tracing problem di beres dan nemu problemnya kalau di tangki bensin isinya pasir semua dan dikuras, cukup solved dan masih ngelitik. Bawa ke bengkel spesialis akhirnya nemu masalahnya di tuneup carbon clean sampe 5x baru berkurang signifikan dengan catetan tiap servis berkala busi 1 set ganti dan oli dibagusin. Fuelcons membaik jd 10km/l dan tarikan kembali kaya mobil baru.

Dr pengalaman itu akhirnya saya udah emoh pake premium lagi dan mobil di rumah saya mostly pake pertamax, contoh di ertiga matic saya. Beli baru di 2014 dan sampe hari ini rutin servis, oli dibagusin, rutin tuneup, isi pertamax dr baru+aditif amsoil akhir2 ini hampir jalan 70rb km masih bener2 enak, filter bensin disemprot dr selang out juga pasirnya bener2 sedikit.

Kalau saya pribadi sependapat dg om, kl saya own ANKI diesel dan mau dipake long term sih oli saya bagusin dan bakal isinya dex. Mau banyak orang bilang apa saya bodo amat, krn ngalamin kejadian maintenance asal, diakal2 dan diirit2 itu ga sebanding dg kerusakan di akhir kaya di livina saya dulu, dan juga di kudanya om vanzmatic yg kapan ari dibahas. Apalg untuk 2GD itu kaya filter BBMnya juga mahal sejauh sy pelajarin, makanya saya pikir bbm dibagusin sekalian. Kalau saya mau purposenya rawatan diirit2 saya prefer beli mobil bensin sekalian atau innova bensin krn lebih simpel maintainnya. Sekali lagi ini unt cara pakai saya yg mau own long term, kadang jarang jalan juga. Kl pakenya tiap hari dan beli baru cm pake misal 3th okelah, rawatan ditanggung sama yg beli bekas nantinya :big_biglaugh:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by Profith83 »

Saya perlihara ke 2 nya, GNKI dan ANKI

ANKI 2017 g matic diesel km 30rb
GNKI 2012 G matic diesel KM 80rb. Ganti timing belt 1x waktu KM 70rb tapi umur dah 7 thn.

GNKI baru thn lalu ganti cuma long tie road. Yang pakai cewe, mobil diem setir diputar habis wakakaka
ANKI beberapa kaki kaki yang 3-4 thn sudah ganti tie road (punya orang lain)
ANKI saya sendiri kalau jalan paving kalau yang pasang tidak rata, maka setir terasa kocak, kapan hari sempat ganti joint steer FREE.
Tapi tetap saja tidak sembuh entah darimana, sekarang sudah tidak garansi lagi.

ANKI jedug. Ganti ATF bawaan pabrik masalah akan selesai. Cuma kearah ECU saja yang kurang pas. Punya saya jarang sekali jedug. Itupun tidak keras.

Bedanya GNKI RPM 2000 kecepatan 100 KM per jam, ANKI RPM 2000 kecepatan 125 KM per jam.

Kalau sering lewat jalan jelek GNKI lebih robust.
Kalau sering jalan tol ANKI lebih santai.
Punya saya ANKI juga jarang lewat jalan jelek padahal
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by maastricht889 »

indeskey wrote: Fri Feb 26, 2021 2:33 saya dapat sekali poin2 yg om share. :big_okay:
erwinign wrote: Fri Feb 26, 2021 1:15
quyquy wrote: Thu Feb 25, 2021 0:21 Hmmm..

Pengennya modal dikit, dapat mobil super kenceng, kaki2 bandel shg jarang ke bengkel kaki2,
trus masih bisa minum bbm yang seharusnya buat membantu masyarakat kelas bawah tapi dipake buat ngebut2an..

Back to topic..

Matic ANKI dng 6 speednya nggak akan pernah bohong dibandingkan 4 speednya GNKI. Masalah jedug? hmm sampai skr kok belum ada kabar ada ANKI overhoul transmisi stdnya..

GNKI diesel yg berumur nggak akan pernah bohong perihal rekondisi. Secara jarang banget GNKI menjadi garage queen alias dapat yag low kilometer. Rata2 uda gondrong kilometernya. Dan you know rekondisi mesin diesel itu nggak murah..

Ngomongin innova diesel lalu di compare dng mobil2 bensin dibawah 2000cc, si Om kelupaan satu hal: Urusan ganti oli mesin si innova diesel ini lebih mahal ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc.

Innova diesel butuh oli mesin dan trainy lebih banyak ketimbang mobil2 bensin dibawah 2000cc. Oli trainy ini oli gearbox dan oli gardan lho ya.

Apalagi rencananya cuman maunya minum biosol plus jangka pemakaian 10 tahun. Minum biosol dan pengen nya awet 10 tahun, mau nggak mau trade off nya di penggantian oli mesin yang lebih cepat ketimbang yg pake DEX.

Ingat minum biosol itu juga ada tradeoff nya: lebih sering ganti filsol, lebih sering ganti oli mesin, lebih sering kasih additif. Itu kalo pengen pemakaian mobilnya longterm. Kecuali hanya make 2-3 tahun trs jual shg beban utk rekondisi dikasihkan ke pembeli mobil berikutnya.

Kesimpulannya?
Kalo dana utk maintenance periodik (gnt oli dsbnya) masih terbatas, pengen kenceng, masih bisa minum bbm range harga 7650-9000, mending pilih HRV 1.8 lalu di remap plus pake header 421 full system. Paling tradeoffnya hanya di keawetan kaki2 dibanding innova. Ya jadinya pinter2 milih jalan aja. Pokok jalan keriting, jalan berlubang jng asal ngegas aja.
Dapet banget ini om poinnya, krn saya pernah ngalamin tapi di livina 1.5 2007 beli baru wkt itu. Pake daily sejorok2nya, oli mesran hajar 3rb an km, oli nissan pake 10rb km, bengsin premium, ga pernah tuneup krn memang ilmunya belom sampe situ dan jaman itu spesialis nissan samsek belum ada.

Masuk th ke4-5 keluar semua deh boroknya, baik untuk mesin dan drivetrain ya. Yg di mesin itu busi setiap 3 bulan ganti (tau kan busi iridium livina harganya berapa waktu itu), diakal2in biar sebisa mungkin nenggak premium sampe pernah trial ganti ke busi march 1.2 jadi pincang mesinnya. Oli mesin tiap 2rb km nambah, aki tiap 6 bulan koit. Drivetrain kaya tongkat transmisi patah dsb. Yasudah 2012 jual ganti ertiga 2013 manual.

Sehabis itu di yaris bakpao matic saya juga sempet paksain pake premium sampe ngelitik mulu dan bensin diukur 7 km/l. Yaudh deh switch pertamax agak mendingan dan masih ngelitik. Akhirnya tracing problem di beres dan nemu problemnya kalau di tangki bensin isinya pasir semua dan dikuras, cukup solved dan masih ngelitik. Bawa ke bengkel spesialis akhirnya nemu masalahnya di tuneup carbon clean sampe 5x baru berkurang signifikan dengan catetan tiap servis berkala busi 1 set ganti dan oli dibagusin. Fuelcons membaik jd 10km/l dan tarikan kembali kaya mobil baru.

Dr pengalaman itu akhirnya saya udah emoh pake premium lagi dan mobil di rumah saya mostly pake pertamax, contoh di ertiga matic saya. Beli baru di 2014 dan sampe hari ini rutin servis, oli dibagusin, rutin tuneup, isi pertamax dr baru+aditif amsoil akhir2 ini hampir jalan 70rb km masih bener2 enak, filter bensin disemprot dr selang out juga pasirnya bener2 sedikit.

Kalau saya pribadi sependapat dg om, kl saya own ANKI diesel dan mau dipake long term sih oli saya bagusin dan bakal isinya dex. Mau banyak orang bilang apa saya bodo amat, krn ngalamin kejadian maintenance asal, diakal2 dan diirit2 itu ga sebanding dg kerusakan di akhir kaya di livina saya dulu, dan juga di kudanya om vanzmatic yg kapan ari dibahas. Apalg untuk 2GD itu kaya filter BBMnya juga mahal sejauh sy pelajarin, makanya saya pikir bbm dibagusin sekalian. Kalau saya mau purposenya rawatan diirit2 saya prefer beli mobil bensin sekalian atau innova bensin krn lebih simpel maintainnya. Sekali lagi ini unt cara pakai saya yg mau own long term, kadang jarang jalan juga. Kl pakenya tiap hari dan beli baru cm pake misal 3th okelah, rawatan ditanggung sama yg beli bekas nantinya :big_biglaugh:
Saya kl bahas ANKI isi solar biasa aja, saya bayangin langsung kalo ke depannya solar biasa itu jadi B50 ato B100 bisa segimananya itu om buat long term. Makanya saya udah emoh pake cara begitu. Tp kl emang siap mental dg ritual seperti itu sih ya boleh2 aja buat yg lain, kl saya pribadi yg udah ngalamin kaya gitu dan yg kasian lagi kl misal user awam yg kena sih kasian saya. Misalkan udah remap ttp "kata" yg ngeremap boleh pake TMO 15W40, isi solar biasa asal gelinding itu yg nanti bkl kenapa2 buat maintainnya. Selain itu jg kl pake solar biasa di innova 2GD yg saya alamin sih bau asapnya beti sama bau asap panther, itu yg saya ngga tahan juga
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4579
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by Profith83 »

Profith83 wrote: Fri Feb 26, 2021 2:41 Saya perlihara ke 2 nya, GNKI dan ANKI

ANKI 2017 g matic diesel km 30rb
GNKI 2012 G matic diesel KM 80rb. Ganti timing belt 1x waktu KM 70rb tapi umur dah 7 thn.

GNKI baru thn lalu ganti cuma long tie road. Yang pakai cewe, mobil diem setir diputar habis wakakaka
ANKI beberapa kaki kaki yang 3-4 thn sudah ganti tie road (punya orang lain)
ANKI saya sendiri kalau jalan paving kalau yang pasang tidak rata, maka setir terasa kocak, kapan hari sempat ganti joint steer FREE.
Tapi tetap saja tidak sembuh entah darimana, sekarang sudah tidak garansi lagi.

ANKI jedug. Ganti ATF bawaan pabrik masalah akan selesai. Cuma kearah ECU saja yang kurang pas. Punya saya jarang sekali jedug. Itupun tidak keras.

Bedanya GNKI RPM 2000 kecepatan 100 KM per jam, ANKI RPM 2000 kecepatan 125 KM per jam.

Kalau sering lewat jalan jelek GNKI lebih robust.
Kalau sering jalan tol ANKI lebih santai.
Punya saya ANKI juga jarang lewat jalan jelek padahal
Oh iya semuanya selalu pakai Bio dari baru baik GNKI maupun ANKI. Tetapi selalu pakai vitamin.
Vitaminnya PSDK 980 ml harga 300 rb. Alias per ml Rp 300.
Tiap 1 liter butuh 2 sd 2.5 ml. Saya pakai dosis 1 liter 2 ml. Berarti tambah duit 600 rupiah per liter Bio Solar.
GNKI dari baru tidak ada bersihkan injector, cuma kalau keluar kota sering main RPM diatas 2000
ANKI juga belum pernah bersihkan injector.

Untuk GNKI mobilnya tidak tutup EGR, tapi CC dari baru pabriknya thn 2012 memang tidak ada CC.
ANKI sudah tutup EGR, buang CC(pakai Down pipe ORI yang tanpa CC), pakai OCT
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by DOHC »

ChZ wrote: Fri Feb 26, 2021 2:24
evanbngdor wrote: Fri Feb 26, 2021 1:50
Maksudnya tuningan piggyback Om? So far sih di komunitas itu banyak yg pake piggyback yg selalu di-abuse mobilnya bahkan sampe ada yg odometernya udah 200rb lebih aman-aman aja sih.

Satu2nya kekurangan pake piggyback ya biaya nya aja, piggyback full set minimal 15jt sekarang. Kalo remap kan mulai dari yg 1 juta abal2 juga ada
:mky_03:

Memang ada beberapa tuner yg ngaco, ngga care sama kondisi mobilnya setelah tuning, yg penting jualan. Itu yg perlu dihindari, jangan berpatokan sama fasilitas aja, ngeliat ada mesin dyno dirasa pasti bagus, begitu pula sebaliknya. Harus pinter2 pilih tuner juga, dan balik lg cocok2an sih tuner itu.
remap om... ntu beberapa file yang dibuka mbah bebonk ketauan ngaco abis setelannya. ada yang fuel rail pressure nya dimentokin semua coba :mky_07:

tul nama besar dan punya dyno tidak jaminan sih. kalo too good to be true malah mencurigakan biasanya.

tenaga nambah besar, tidak dikasih protokol pengaman, dibilang bengkelnya pake spek oli OEM masih masuk, ikut jadwal servis berkala pabrikan biasa gpp, jelas komersil ini mah.

tuning ama mbah bebonk soalnya malah ditakut takutin yang sebaliknya... :mky_07:
Kl bengkel tuner resing resing yg ngasi oli keraton tp masi dicaMpur berbotol2 liqui moly ceratec biar katanya mesin nya jd lebi alus itu kira2 gmana tu mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by pradit_d »

Gnki 10 tahun lagi bakal jadi barang yg ketinggalan 2 generasi, sementara anki baru ketinggalan 1 generasi, layaknya kita ngeliat gnki saat ini. Ini cuman mempengaruhi perasaan pakai nya aja sih. Klo teknis udah dijelasin di atas ama suhu2 lain
:big_peace:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ginting »

whitehorse4 wrote: Wed Feb 24, 2021 16:39 kondisi sama2 2nd pilih mana om, untuk long term bagus gnki v 2012-13 (200-210jt) atau anki g 2016 (270-280jt)
rencana untuk jadi mobil yang akan dipake sampai rusak
dan isi biosolar
masi single belum berkeluarga hehe

kalau gnki sisa dana mau buat light tune macam remap, downpipe, air filter, fmic, atf&oil cooler dll (200hp apa bisa ubahan gini aja?)

sebenernya ANKI bagi sy pilihan yg no-brainer namun masi ragu jedug di anki ini bakal ngerusak matic atau hanya "mengganggu" saja? kalau emang gak bikin rusak sy ga masalah kena jedug karena semua anki diesel yg permah sy coba jedug semua (punya teman, sodara, rental, dll.)
model lebih seneng ANKI dan jauh lebih nyaman juga rasanya
namun ya balik lagi kalau isu jedug apakah bakalan ngefek ke pemakaian jangka panjang?

pilihan nyeleneh lain: beli swift sport mt aja
gak nyambung sih memang.. cuma cari yang kenceng tapi low running cost.. hehehe
masalahnya habis bawa anki diesel nyetir hrv 1.8 jazz outlander kerasa lemot.. padahal mereka bukan mobil pelan dan termasuk menyenangkan untuk dikendarai
nah apa swift sport bakal gini juga

thanks in advance
kalau dari pilihan yang 2 itu sih saya akan rekomen ANKI saja, mengingat akan dipakai 10 tahun.
soal feeling bawa HRV 1.8 jazz outlander kok asa jd lambat...itu mungkin lebih kepada "lag/delay" karena CVT saja karena kalau ditest 0-100 rasanya ANKI gak menang…
memang salah satu sensasi diesel adalah kita selalu merasa "lots of torque / power ready to deliver instantly anytime"..
evanbngdor wrote: Thu Feb 25, 2021 9:48
ChZ wrote: Thu Feb 25, 2021 2:38
silentIm2 wrote: Wed Feb 24, 2021 17:25 vote ANKI G sih.., GNKI seawet2nya sudah ga muda lagi, minimal timing belt ganti. Packing2 dan gasket sudah berumur cepat atau lambat pasti bakal rembes. Apalagi mau remap dan modif, kalo ngejar awet mending keep standar aja om. Apalagi mau dipake 10 tahun. Mesin yang ditambah powernya berarti menambah stres kerja mesin itu, mungkin bisa injektor jebol, bisa transmisi clutch pack gosong, dll. Mobil awet setelah remap? jarang om, kecuali om juga upgrade semua komponen secara keseluruhan dari injektor, piston, water pump, radiator, transmisi. Tim engineer pabrik itu sudah desain bagaimana beban kerja dalam keadaan standar, trus ditambahin faktor safety. Om modif mobilnya untuk power lebih dari standar berarti memakai faktor safety itu.

Knapa saya bisa ngomong gini? Temen grup ada yang ring pistonnya patah karena remap = solar lebih banyak diinjeksi dari seharusnya = power 200++ dk, asap ngebul, tapi 1 tahun dipake piston cuil + ring piston patah.
mari kita geser mic ke mbah bebonk @b8099ok , our legendary tuner... :mky_03:

tidak sedikit koq tuner yang cuma hasilnya asal kenceng pdhl mappingnya gak karu-karuan map asal copas tinggal nunggu waktu aja kapan rontok... sering mbah bebonk nemu ginian yang tau-tau bermasalah abis dibuka mapnya kacau abis asal main mentok mentokin aja :mky_07:

ini yang kasian tuner yang bener-bener ngerti, bikin stigma orang berpikir di remap pasti gak awet... pdhl ya asal tunernya ngerti awet awet saja...

civic turbo sy garapan mbah bebonk pake 4 thn tidak ada masalah. udah remap dari 1.000 kilo sekarang jalan 23.000 kilo.
Hehehe, banyak kok innova diesel yg udah remap itu di uji emisi gagal semua. Opacity nya > 40 semua. Itu salah satu akibat ke tuner abal2 yg gak mau saya sebutkan mereknya.

Tp beda cerita kalo pake Dastek/Monmax/piggyback lainnya. Opacity nya ngga ada yg lebih dr 12, padahal power nya jg gak main2 itu. Cuma memang secara biaya ya remap sama piggyback itu beda jauh pasti
menurut saya sih kalau 1 tahun piston jadi cuil dan ring piston patah maka ada 2 kemungkinan : (1) map yg diterapkan salah / abal abal tuner kagak ngerti safety (2) oli yg dipakai kagak sesuai , entah karena gak mau rugi, atau bokek, atau salah nasehat (aman kok pakai oli standard,...padahal mesin udah naek 2x lipat powernya)

saya sih sudah remap mux sejak odo 5000, sekarang sudah 51,000 so far so good...
gak pernah CE atau jedag jedug..
tapi memang saya gak muluk muluk sih mintanya...yg penting ke lukot bisa anteng aja tarikannya disbanding standard tapi mengganggu durability

tapi saya karena di kantor sering diskusi dengan forensic engineer, maka saya faham betul hubungan antara cyclic stress dengan usia pakai dari benda.

makin tinggi stressnya suatu benda maka semakin rendah lifetimenya...it is a must..tinggal kitanya aja a sampai tahap mana kita bisa tolerir penurunan lifetime itu sebagai trade off dari naiknya stress (baca : power) tersebut
kalau harus dibayar dengan turun mesin dalam setahun, menurut saya gak worth it.

yg lebih memperburuk sebenarnya social media, internet...
mereka terlalu banyak expose bahwa mobil diesel si Anu ditune di bengkel X dapat 200 HP...
lalu si B posting, nih gue tune di bengkel Nua, dapet 250 HP, dst…
sehingga kayak lomba lomba siapa paling gede angkanya…

sepanjang aman dan safe sih gak papa...tapi ingat kata oom Kompree, modif itu kejam dan berisiko..dan risiko itu ada di owner...

jadi menurut saya sih modif yang proper adalah modif yang bisa memaksimalkan potensi terpendam mobilnya, sampai batas yang masih aman...dan owner harus dikasih tahu tentang risiko risiko yang mungkin terjadi dan precaution yg harus dilakukan...kalau sudah modif…

mungkin ada yg akan ngeyel, tapi kan mobil 250 HP itu kan gak selalu dipentokin sampai tenaga keluar 250 HP...??

hei...ingat...ingat...bahwa mobil 150 HP standar juga gak selamanya dipakai yang 150 HP itu…
jadi akan ada peningkatan load stress dari standard ke load stress yang baru gara gara mesin udah makin bringas.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ChZ »

ginting wrote: Fri Feb 26, 2021 6:06
menurut saya sih kalau 1 tahun piston jadi cuil dan ring piston patah maka ada 2 kemungkinan : (1) map yg diterapkan salah / abal abal tuner kagak ngerti safety (2) oli yg dipakai kagak sesuai , entah karena gak mau rugi, atau bokek, atau salah nasehat (aman kok pakai oli standard,...padahal mesin udah naek 2x lipat powernya)

saya sih sudah remap mux sejak odo 5000, sekarang sudah 51,000 so far so good...
gak pernah CE atau jedag jedug..
tapi memang saya gak muluk muluk sih mintanya...yg penting ke lukot bisa anteng aja tarikannya disbanding standard tapi mengganggu durability

tapi saya karena di kantor sering diskusi dengan forensic engineer, maka saya faham betul hubungan antara cyclic stress dengan usia pakai dari benda.

makin tinggi stressnya suatu benda maka semakin rendah lifetimenya...it is a must..tinggal kitanya aja a sampai tahap mana kita bisa tolerir penurunan lifetime itu sebagai trade off dari naiknya stress (baca : power) tersebut
kalau harus dibayar dengan turun mesin dalam setahun, menurut saya gak worth it.

yg lebih memperburuk sebenarnya social media, internet...
mereka terlalu banyak expose bahwa mobil diesel si Anu ditune di bengkel X dapat 200 HP...
lalu si B posting, nih gue tune di bengkel Nua, dapet 250 HP, dst…
sehingga kayak lomba lomba siapa paling gede angkanya…

sepanjang aman dan safe sih gak papa...tapi ingat kata oom Kompree, modif itu kejam dan berisiko..dan risiko itu ada di owner...

jadi menurut saya sih modif yang proper adalah modif yang bisa memaksimalkan potensi terpendam mobilnya, sampai batas yang masih aman...dan owner harus dikasih tahu tentang risiko risiko yang mungkin terjadi dan precaution yg harus dilakukan...kalau sudah modif…

mungkin ada yg akan ngeyel, tapi kan mobil 250 HP itu kan gak selalu dipentokin sampai tenaga keluar 250 HP...??

hei...ingat...ingat...bahwa mobil 150 HP standar juga gak selamanya dipakai yang 150 HP itu…
jadi akan ada peningkatan load stress dari standard ke load stress yang baru gara gara mesin udah makin bringas.
nah alumni bebonk yang lain jg bersuara :ngacir:

tapi sy mikir justru remap kalau diterapkan dengan tepat dan cara mengemudinya tepat malah mesin makin efficient...

yes betul load stressnya meningkat, tapi dulu ibarat kata buat dapat power 100 hp harus injek gas separo rpm di 4.000 , ini cukup injek 1/4 dan rpm di 2.000-an udah cukup... jadi walau load stress di 2.000 meningkat tapi mobilnya ngga perlu di push terus terusan utk dapat power yang cukup, anggep aja impas lah. kayak saya campur campur jalan raya dan tol dalem kota average fuel cons di 11-12 km/l malah lebih irit dr standar... :ngacir:

toh di urban roads dan toll yang dibutuhkan adalah kemampuan mesin di range segitu.

itulah knp mbah bebonk selalu sarankan gunakan FRD oil... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by evanbngdor »

ginting wrote: Fri Feb 26, 2021 6:06
evanbngdor wrote: Thu Feb 25, 2021 9:48 Hehehe, banyak kok innova diesel yg udah remap itu di uji emisi gagal semua. Opacity nya > 40 semua. Itu salah satu akibat ke tuner abal2 yg gak mau saya sebutkan mereknya.

Tp beda cerita kalo pake Dastek/Monmax/piggyback lainnya. Opacity nya ngga ada yg lebih dr 12, padahal power nya jg gak main2 itu. Cuma memang secara biaya ya remap sama piggyback itu beda jauh pasti
menurut saya sih kalau 1 tahun piston jadi cuil dan ring piston patah maka ada 2 kemungkinan : (1) map yg diterapkan salah / abal abal tuner kagak ngerti safety (2) oli yg dipakai kagak sesuai , entah karena gak mau rugi, atau bokek, atau salah nasehat (aman kok pakai oli standard,...padahal mesin udah naek 2x lipat powernya)

saya sih sudah remap mux sejak odo 5000, sekarang sudah 51,000 so far so good...
gak pernah CE atau jedag jedug..
tapi memang saya gak muluk muluk sih mintanya...yg penting ke lukot bisa anteng aja tarikannya disbanding standard tapi mengganggu durability

tapi saya karena di kantor sering diskusi dengan forensic engineer, maka saya faham betul hubungan antara cyclic stress dengan usia pakai dari benda.

makin tinggi stressnya suatu benda maka semakin rendah lifetimenya...it is a must..tinggal kitanya aja a sampai tahap mana kita bisa tolerir penurunan lifetime itu sebagai trade off dari naiknya stress (baca : power) tersebut
kalau harus dibayar dengan turun mesin dalam setahun, menurut saya gak worth it.

yg lebih memperburuk sebenarnya social media, internet...
mereka terlalu banyak expose bahwa mobil diesel si Anu ditune di bengkel X dapat 200 HP...
lalu si B posting, nih gue tune di bengkel Nua, dapet 250 HP, dst…
sehingga kayak lomba lomba siapa paling gede angkanya…

sepanjang aman dan safe sih gak papa...tapi ingat kata oom Kompree, modif itu kejam dan berisiko..dan risiko itu ada di owner...

jadi menurut saya sih modif yang proper adalah modif yang bisa memaksimalkan potensi terpendam mobilnya, sampai batas yang masih aman...dan owner harus dikasih tahu tentang risiko risiko yang mungkin terjadi dan precaution yg harus dilakukan...kalau sudah modif…

mungkin ada yg akan ngeyel, tapi kan mobil 250 HP itu kan gak selalu dipentokin sampai tenaga keluar 250 HP...??

hei...ingat...ingat...bahwa mobil 150 HP standar juga gak selamanya dipakai yang 150 HP itu…
jadi akan ada peningkatan load stress dari standard ke load stress yang baru gara gara mesin udah makin bringas.
Nah itu, balik lg kyk yg saya bilang, akibat tuner abal-abal. ngertinya cuma remap asal aja, ubah2 map atau copy map aja, kan banyak banget yang gitu. Modal data ECU dan alat aja bisa kok langsung punya gelar jasa remap. Ada temen iseng nyari alatnya itu ke vendor harga gak sampe 20jt. Misal tarif per mobil 2 juta aja, 10 mobil udah balik modal.
:mky_04:

Jd sebagai konsumen harus pinter2 juga pilih tuner, rekam jejak nya jelas juga. Saya sendiri di komunitas ada beberapa member yg punya bengkel dan bisa remap, tp ngga banyak itu member lain yg remap ke beliau, ya maaf-maaf aja sesama member juga bukan berarti bisa terpengaruh dan mau dibodohi kan
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ginting »

ChZ wrote: Fri Feb 26, 2021 7:48
ginting wrote: Fri Feb 26, 2021 6:06
menurut saya sih kalau 1 tahun piston jadi cuil dan ring piston patah maka ada 2 kemungkinan : (1) map yg diterapkan salah / abal abal tuner kagak ngerti safety (2) oli yg dipakai kagak sesuai , entah karena gak mau rugi, atau bokek, atau salah nasehat (aman kok pakai oli standard,...padahal mesin udah naek 2x lipat powernya)

saya sih sudah remap mux sejak odo 5000, sekarang sudah 51,000 so far so good...
gak pernah CE atau jedag jedug..
tapi memang saya gak muluk muluk sih mintanya...yg penting ke lukot bisa anteng aja tarikannya disbanding standard tapi mengganggu durability

tapi saya karena di kantor sering diskusi dengan forensic engineer, maka saya faham betul hubungan antara cyclic stress dengan usia pakai dari benda.

makin tinggi stressnya suatu benda maka semakin rendah lifetimenya...it is a must..tinggal kitanya aja a sampai tahap mana kita bisa tolerir penurunan lifetime itu sebagai trade off dari naiknya stress (baca : power) tersebut
kalau harus dibayar dengan turun mesin dalam setahun, menurut saya gak worth it.

yg lebih memperburuk sebenarnya social media, internet...
mereka terlalu banyak expose bahwa mobil diesel si Anu ditune di bengkel X dapat 200 HP...
lalu si B posting, nih gue tune di bengkel Nua, dapet 250 HP, dst…
sehingga kayak lomba lomba siapa paling gede angkanya…

sepanjang aman dan safe sih gak papa...tapi ingat kata oom Kompree, modif itu kejam dan berisiko..dan risiko itu ada di owner...

jadi menurut saya sih modif yang proper adalah modif yang bisa memaksimalkan potensi terpendam mobilnya, sampai batas yang masih aman...dan owner harus dikasih tahu tentang risiko risiko yang mungkin terjadi dan precaution yg harus dilakukan...kalau sudah modif…

mungkin ada yg akan ngeyel, tapi kan mobil 250 HP itu kan gak selalu dipentokin sampai tenaga keluar 250 HP...??

hei...ingat...ingat...bahwa mobil 150 HP standar juga gak selamanya dipakai yang 150 HP itu…
jadi akan ada peningkatan load stress dari standard ke load stress yang baru gara gara mesin udah makin bringas.
nah alumni bebonk yang lain jg bersuara :ngacir:

tapi sy mikir justru remap kalau diterapkan dengan tepat dan cara mengemudinya tepat malah mesin makin efficient...

yes betul load stressnya meningkat, tapi dulu ibarat kata buat dapat power 100 hp harus injek gas separo rpm di 4.000 , ini cukup injek 1/4 dan rpm di 2.000-an udah cukup... jadi walau load stress di 2.000 meningkat tapi mobilnya ngga perlu di push terus terusan utk dapat power yang cukup, anggep aja impas lah. kayak saya campur campur jalan raya dan tol dalem kota average fuel cons di 11-12 km/l malah lebih irit dr standar... :ngacir:

toh di urban roads dan toll yang dibutuhkan adalah kemampuan mesin di range segitu.

itulah knp mbah bebonk selalu sarankan gunakan FRD oil... :ngacir:

karena "FRD" is the one and only answer for all of problems - jarene mbah bebonk.

ditanya Oli apa yang bagus, dijawab simbah "FRD oil"
ditanya ATF fluid apa yang bagus, dijawab simbah "FRD fluid" (peresan FRD) [emo-yesno] [emo-yesno]

Calon mertua macam apa itu !!??? :mky_07: :mky_07: :mky_07:

@b8099ok waktu dan tempat dipersilahkan untuk klarifkasi.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by b8099ok »

Ya,... Sapa suru remap di tmpt abal (baik tmptnya (misal pinggir tol, atau di parkiran kontainer) maupun orangnya abal (baru main setaon dua taon lagaknya uda kek ribuan abad jd suhu ecu).
Kembali lagi tapi, krn prinsip indon yg begitu melekat, cheap is better. Then what you get is what you've paid for.

Sy msh suka geli liat tunner lokal or so called master lokal tsb berkoar" bisa edit ecu gen3. Pdhl ga ada akun winols dan tidak aktif di forum winols. Dan kebetulan sy kenal sama source pembuat file dimana mereka sbnrnya membeli bukan bikin.
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ginting »

b8099ok wrote: Fri Feb 26, 2021 12:28 Ya,... Sapa suru remap di tmpt abal (baik tmptnya (misal pinggir tol, atau di parkiran kontainer) maupun orangnya abal (baru main setaon dua taon lagaknya uda kek ribuan abad jd suhu ecu).
Kembali lagi tapi, krn prinsip indon yg begitu melekat, cheap is better. Then what you get is what you've paid for.

Sy msh suka geli liat tunner lokal or so called master lokal tsb berkoar" bisa edit ecu gen3. Pdhl ga ada akun winols dan tidak aktif di forum winols. Dan kebetulan sy kenal sama source pembuat file dimana mereka sbnrnya membeli bukan bikin.
terima kasih elaborasinya soal tuner abal abal, mbah…
it makes everything on clear and right vantage points.

but one thing left, mbah..
gimana mengenai FRD oil ? apakah tuner abal abal itu lupa ngusep FRD oil di alat tunernya seperti alientech, KESS, dkk...sehingga hasilnya jadi ambyar ?
tolong dijawab ya, mbah supaya gejil bisa tidur nyenyak..

jangan diwisuda ya, mbah..soalnya gejil masih ngompolan….
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by b8099ok »

ginting wrote: Fri Feb 26, 2021 14:13
b8099ok wrote: Fri Feb 26, 2021 12:28 Ya,... Sapa suru remap di tmpt abal (baik tmptnya (misal pinggir tol, atau di parkiran kontainer) maupun orangnya abal (baru main setaon dua taon lagaknya uda kek ribuan abad jd suhu ecu).
Kembali lagi tapi, krn prinsip indon yg begitu melekat, cheap is better. Then what you get is what you've paid for.

Sy msh suka geli liat tunner lokal or so called master lokal tsb berkoar" bisa edit ecu gen3. Pdhl ga ada akun winols dan tidak aktif di forum winols. Dan kebetulan sy kenal sama source pembuat file dimana mereka sbnrnya membeli bukan bikin.
terima kasih elaborasinya soal tuner abal abal, mbah…
it makes everything on clear and right vantage points.

but one thing left, mbah..
gimana mengenai FRD oil ? apakah tuner abal abal itu lupa ngusep FRD oil di alat tunernya seperti alientech, KESS, dkk...sehingga hasilnya jadi ambyar ?
tolong dijawab ya, mbah supaya gejil bisa tidur nyenyak..

jangan diwisuda ya, mbah..soalnya gejil masih ngompolan….
Mslh alat sih hanya perangkat saja. Yg jd penentu itu sang editor aka tunernya. Klo kurang FRD ya gitu deh,... Wkwkwk
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2526
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by KielConstantine »

ginting wrote: Fri Feb 26, 2021 10:39 karena "FRD" is the one and only answer for all of problems - jarene mbah bebonk.

ditanya Oli apa yang bagus, dijawab simbah "FRD oil"
ditanya ATF fluid apa yang bagus, dijawab simbah "FRD fluid" (peresan FRD) [emo-yesno] [emo-yesno]
Ane lagi pesen blok EGR buat 2kd, karya om turboman .. mau di grafir muka FRD sama si mbah bebonk di platnya .... :wkkk:


Kita beri nama.. “FRD EGR Delete” [emo-yesno]
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by satria120s »

2 tahun pake ANKI G A/T Diesel 2016, beli di 2019 dan lsg remap di autocartrix..

sampe dijual kemaren ga ada masalah sama skali di mesin dan transmisi..

kebetulan laku terjual di harga yg cukup tinggi drpd pasaran, karena si buyer seneng banget ngerasain tenaga di mobil saya yg berbeda dibanding innova diesel lain (ybs sudah test drive beberapa ANKI Diesel).

Kaki2 udah upgrade eibach + upsize velg ke uk 18 punya Harrier.. dan sampe dijual pun kaki2 masih aman sentosa tanpa bunyi2an apapun..

btw klo liat2 harga GNKI diesel, kyknya beda tipis ama ANKI Diesel.. mending ke ANKI sekalian kyknya..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by maastricht889 »

satria120s wrote: Sun Feb 28, 2021 4:15 2 tahun pake ANKI G A/T Diesel 2016, beli di 2019 dan lsg remap di autocartrix..

sampe dijual kemaren ga ada masalah sama skali di mesin dan transmisi..

kebetulan laku terjual di harga yg cukup tinggi drpd pasaran, karena si buyer seneng banget ngerasain tenaga di mobil saya yg berbeda dibanding innova diesel lain (ybs sudah test drive beberapa ANKI Diesel).

Kaki2 udah upgrade eibach + upsize velg ke uk 18 punya Harrier.. dan sampe dijual pun kaki2 masih aman sentosa tanpa bunyi2an apapun..

btw klo liat2 harga GNKI diesel, kyknya beda tipis ama ANKI Diesel.. mending ke ANKI sekalian kyknya..
Bagus nih om ANKInya, sy tau yg dimaksud om krn liat di olx :big_peace: Kl pake per eibach perbedaannya sampai gimana om naikannya dibanding OEM?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by Pboyz97 »

erwinign wrote: Sun Feb 28, 2021 4:28
satria120s wrote: Sun Feb 28, 2021 4:15 2 tahun pake ANKI G A/T Diesel 2016, beli di 2019 dan lsg remap di autocartrix..

sampe dijual kemaren ga ada masalah sama skali di mesin dan transmisi..

kebetulan laku terjual di harga yg cukup tinggi drpd pasaran, karena si buyer seneng banget ngerasain tenaga di mobil saya yg berbeda dibanding innova diesel lain (ybs sudah test drive beberapa ANKI Diesel).

Kaki2 udah upgrade eibach + upsize velg ke uk 18 punya Harrier.. dan sampe dijual pun kaki2 masih aman sentosa tanpa bunyi2an apapun..

btw klo liat2 harga GNKI diesel, kyknya beda tipis ama ANKI Diesel.. mending ke ANKI sekalian kyknya..
Bagus nih om ANKInya, sy tau yg dimaksud om krn liat di olx :big_peace: Kl pake per eibach perbedaannya sampai gimana om naikannya dibanding OEM?
ohhh, ternyata ankinya punya member sini. baru tau, kemarin sempet naksir sih sm anki nya buat gantiin HRV saya sekarang, cuma blm jodoh dan blm rejeki, ternyata sudah laku duluan. wkwk. saya jg suka sm velg harrier + modifan lainnya, cukup proper menurut saya heheeh, saya jg liat di OLX sama seperti yg bro erwinign bilang wkkw. congrats ya om satria120s karena mobilnya sudah laku dengan harga yg bagus, semoga dapet pengganti yg lebih baik lagi hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ricz »

whitehorse4 wrote: Wed Feb 24, 2021 22:59
ricz wrote: Wed Feb 24, 2021 17:57 kayanya untuk pemakaian lama, anki bakal lebih meyakinkan sih... ibarat taun ini kan 2021, 2031 baru ganti mobil lagi. gnki 2011 udah berumur 20 taun dan udah pasti kondisinya kaya kapsul di tahun 2021 ; model udah jadul abis dan teknologi udah ketinggalan jauh meskipun mechanical wise masi enak. dan bodyparts udah pasti mulai susah (terbukti di kijang kapsul yg bodypartsnya mulai susah skrg)

anki meskipun udah 10 taun di 2031 nanti, harusnya ga terlalu jadul2 amat di usianya yg ke 10 yak.... gw rasa kayanya paling kaya kita liat gnki skrg..

terus untuk jajan pasti lebih hemat anki krn masih 5 taun, innova lama udah pasti muncul penyakit khas mobil tua kaya seal rembes dll dsb... meskipun untuk daily maintenance kaya ganti oli masi murahan innova lama krn teknologi blm advanced (oli bisa pake 15w40 vs anki yg minimal 10w30 dsb) dan filsol yg lebi mahal anki (400-500an rb vs 100an rb)

btw soal swift sport, itu mobil sih cocoknya buat weekend car aja, lagian ga menutup kemungkinan itu mobil bakal appreciated harganya in the future :mky_03:
kalo harga bakal naik malah makin pengen beli sekarang mumpung harga dibawah GNKI dikit :mky_01:

yang masih galau terkait ANKI itu jedug, apa ada kemungkinan di tahun 6 8 10 dll kudu turun girboks? kalo ini cuma sekedar suara yang ganggu sih ga masalah cuma berdasarkan sedikit pengalaman yg ada mobil matic kasar = bentar lagi minta overhaul
Temen ada yg pake VRZ 2016, jedug dari baru smpe skrg KM 60 rb en blm pernah kuras matic, so far so good blom jebol samsek :mky_01:

Paling pas huntingnya sebisa mungkin cari yg bebas jedug sih biar peace of mindnya lebi dpt. Atau kalo bisa stretch budget bisa hunting yg 2017 up, konon problem jedug rata2 udah solved di minorchange yg 2017 up....
2021 Fortuner VRZ
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: ANKI vs GNKI untuk 10 tahun

Post by ginting »

satria120s wrote: Sun Feb 28, 2021 4:15 2 tahun pake ANKI G A/T Diesel 2016, beli di 2019 dan lsg remap di autocartrix..

sampe dijual kemaren ga ada masalah sama skali di mesin dan transmisi..

kebetulan laku terjual di harga yg cukup tinggi drpd pasaran, karena si buyer seneng banget ngerasain tenaga di mobil saya yg berbeda dibanding innova diesel lain (ybs sudah test drive beberapa ANKI Diesel).

Kaki2 udah upgrade eibach + upsize velg ke uk 18 punya Harrier.. dan sampe dijual pun kaki2 masih aman sentosa tanpa bunyi2an apapun..

btw klo liat2 harga GNKI diesel, kyknya beda tipis ama ANKI Diesel.. mending ke ANKI sekalian kyknya..
Dapat sepeda nih dari simbah bebonk, karena sudah testimony...

mbah, mana atensinya….?????

btw, boleh copy link mobilnya waktu dijual, oom
pingin lihat penampakan ANKI pakai velg harrier