mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: FRD, y_anjasrana, artoodetoo, b8099ok, F 272, ginting

xv40user
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 16 Jun 2016, 17:14

mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by xv40user »

selamat sore semua..
sebelumnya saya disini tidak berniat menjelekan pihak manapun.. saya hanya ingin mencari pendapat/saran dari agan2 semua
kebetulan saya pemilik new livina VL 2019.. pembelian juli 2019 yang termasuk kena recall..
kebetulan juga mobil ini kebanyakan yang pakai istri saya untuk PP kantor dan rumah..
saat servis pertama kali di km 1000 nissan puri... saya utarakan keluhan2 yg saya dan istri saya alami saat mengendarai new livina ini.. yaitu saat mesin terasa seperti menghentak sendiri saat tuas transmisi di posisi D dan mobil dalam keadaan menanjak.. lalu bunyi di shock kiri belakang yg saat melewati gajrukan saja bunyi jedug dug.. fyi.. saya sehari2 pakai sedan.. dan tidak pernah suspensi sampai bunyi jedug saat melewati gajrukan yg sama.. hasilnya pd saat itu belum ditemukan sumber mslhnya.. saya pkir ya sudahlah.. nanti saya coba di dealer lain dekat rumah.. saya jg baru pertama kali pakai merk Nissan.. kemudian keesokan pagi nya saya panaskan mobil.. ada bunyi tek tek tek tek dr kap mesin dalam posisi mesin idle..
saya berpikir bunyi tsb wajar dan bukan masalah besar.. sampai kemudian di ingatkan untuk servis 10rb.. kilometer mobil saat itu hanya 2600an.. maklum jarak rumah dan kantor istri tdak jauh.. saat servis 10rb.. saya sempat singgung mslh power window yg kadang ga mau otomatis dan bunyi mesin..
mslh power window beres.. tp bunyi tidak keluar kata pihak nissan.. disini saya servis 10rb di nissan gading serpong.. karen lokasi nya dekat dengan rumah saya..
karena bunyi tidak keluar saat diservis.. ya saya positif thinking saja.. berarti memang itu wajar dan bukan masalah.. mobil terus digunakan sampai di bulan juni kemarin ada mncul peringatan servis kembali.. servis 20rb km.. sedangkan kilometer mobil saat itu hanya 4rban km...
saya datang kembali ke nissan gading serpong.. seraya berkeluh kesah lagi mengenai otomatis power window yg gagal otomatis dan bunyi tek tek tek dr dalam kap mesin.. dr situ sama seperti bbrpa bulan lalu.. power window beres.. tetapi bunyi katanya tidak ada atau tidak keluar..
ya sudah saya bawa pulang kendaraan seperti biasa.. selang 2 hari.. pas hari senin ada sms masuk utk ke dealer nissan terdekat.. karena livina saya termasuk unit yg kena recall.. saat yang sama juga servis advisor nissan gading serpong yg menangani livina saya menghubungi utk coba kembali ke bengkel utk recall dan pengecekan lebih lanjut..
ya berselang beberapa hri saya ke bengkel nissan gading serpong kembali.. untuk recall dan cek bunyi2.. disini saya menunggu di bngkel.. sekitar 3 jam.. servis advisor memberi tahu saya.. bunyi nya keluar.. tapi belum ditemukan sumber nya darimana.. disitu saya dikasih opsi untuk nggu dealer hub nissan pusat atau tinggal.. karena saya ada keperluan lain.. mobil saya tinggal..
setelah itu servis advisor dr nissan Gading serpong cukup komunikatif dengan saya melalui WA.. di awal saya sempat menanyakan.. apabila itu dr mesin.. apakah ad kemungkinan turun mesin? lalu dijawab iya..
nah selang sekitar seminggu mobil saya nginap di nissan Gading serpong.. hari ini di info kalo mau cek dalam mesin yang otomatis berarti harus turun mesin..
menurut para suhu disini.. apa yg harus saya sampaikan ke nissan gading serpong? adakah solusi lain? karena kebetulan ini pengalaman pertama saya punya mobil yg belum setahun tp sudah hrus turun mesin.. kira2 langkah apa yg harus saya ambil?
ohya sekali lagi disini saya tidak berniat menjelekan pihak manapun.. karena komunikasi berjalan dengan baik.. saya juga dipinjamkun mobil pengganti utk aktivitas isteri saya.. saya murni ingin minta saran untuk langkah2 kedepan mengenai apa yg harus saya lakukan..

terima kasih
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: 30 Oct 2011, 21:37

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by pradit_d »

Karena mobil masih garansi, harusnya minta mereka servis semua yg baermasalah n minta mobil pengganti selama mobil diinapkan disana. Adik ane pernah ngalamin kejadian serupa (penyakitnya beda tapi) di bengkel h miring n dpt mobil pengganti selama mobil diservis.
:big_peace:
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2496
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by erwinign »

Kalo sampe harus turun mesin sih udah fatal om, coba minta ganti unit baru sih. Aneh kan, masih kinyis2 kok mesinnya udah kaya gitu (defect bawaan mestinya). Kaya bbrp waktu lalu di kasus civic turbo itu contohnya, mesin diganti tp tanpa sepengetahuan owner. Wkt itu pakai lawyer pak siapa saya lupa.
Don't Judge The Book By It's Cover
xv40user
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 16 Jun 2016, 17:14

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by xv40user »

pradit_d wrote: 06 Jul 2020, 17:10 Karena mobil masih garansi, harusnya minta mereka servis semua yg baermasalah n minta mobil pengganti selama mobil diinapkan disana. Adik ane pernah ngalamin kejadian serupa (penyakitnya beda tapi) di bengkel h miring n dpt mobil pengganti selama mobil diservis.
untuk mobil pengganti sih sudah diberikan om.. komunikasi dengan dealer juga berjalan baik.. yang saya bingung hanya langkah untuk kedepan nya jika amit2 terjadi kendala berkelanjutan.. ditambah ini sama sekali tidak ada surat keterangan apa2.. semua hanya by lisan dan WA..

erwinign wrote: 06 Jul 2020, 20:26 Kalo sampe harus turun mesin sih udah fatal om, coba minta ganti unit baru sih. Aneh kan, masih kinyis2 kok mesinnya udah kaya gitu (defect bawaan mestinya). Kaya bbrp waktu lalu di kasus civic turbo itu contohnya, mesin diganti tp tanpa sepengetahuan owner. Wkt itu pakai lawyer pak siapa saya lupa.
sepertinya saya agak pesimis untuk meminta ganti unit om.. mobil saat ini genap usia 1 tahun.. dan kilometer di angka 4rban.. terakhir kemarin sudah dihitung masuk ke servis 20rb.. memang agak kecewa untuk ukuran mobil yg masih sangat baru terjadi hal seperti ini.. ditambah ini pengalaman saya pertama kali menggunakan merk Nissan.. tapi langsung dapet jackpot sepertinya..
overall saya hanya ingin tau hak2 saya sebagai cust apa untuk kedepan nya jika terjadi amit2 hal yang diluar ekspetasi.. karena saya khawatir salah langkah yang berakibat rugi lebih fatal..
sejauh ini komunikasi dengan pihak Nissan berjalan lancar.. saya juga dipinjamkan mobil pengganti.. tapi tidak ada surat/keterangan jelas hitam diatas putih.. semua hanya by lisan/Wa..
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2496
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by erwinign »

xv40user wrote: 07 Jul 2020, 02:28
pradit_d wrote: 06 Jul 2020, 17:10 Karena mobil masih garansi, harusnya minta mereka servis semua yg baermasalah n minta mobil pengganti selama mobil diinapkan disana. Adik ane pernah ngalamin kejadian serupa (penyakitnya beda tapi) di bengkel h miring n dpt mobil pengganti selama mobil diservis.
untuk mobil pengganti sih sudah diberikan om.. komunikasi dengan dealer juga berjalan baik.. yang saya bingung hanya langkah untuk kedepan nya jika amit2 terjadi kendala berkelanjutan.. ditambah ini sama sekali tidak ada surat keterangan apa2.. semua hanya by lisan dan WA..

erwinign wrote: 06 Jul 2020, 20:26 Kalo sampe harus turun mesin sih udah fatal om, coba minta ganti unit baru sih. Aneh kan, masih kinyis2 kok mesinnya udah kaya gitu (defect bawaan mestinya). Kaya bbrp waktu lalu di kasus civic turbo itu contohnya, mesin diganti tp tanpa sepengetahuan owner. Wkt itu pakai lawyer pak siapa saya lupa.
sepertinya saya agak pesimis untuk meminta ganti unit om.. mobil saat ini genap usia 1 tahun.. dan kilometer di angka 4rban.. terakhir kemarin sudah dihitung masuk ke servis 20rb.. memang agak kecewa untuk ukuran mobil yg masih sangat baru terjadi hal seperti ini.. ditambah ini pengalaman saya pertama kali menggunakan merk Nissan.. tapi langsung dapet jackpot sepertinya..
overall saya hanya ingin tau hak2 saya sebagai cust apa untuk kedepan nya jika terjadi amit2 hal yang diluar ekspetasi.. karena saya khawatir salah langkah yang berakibat rugi lebih fatal..
sejauh ini komunikasi dengan pihak Nissan berjalan lancar.. saya juga dipinjamkan mobil pengganti.. tapi tidak ada surat/keterangan jelas hitam diatas putih.. semua hanya by lisan/Wa..
Yg kasus civic turbo wkt itu juga udah 9 bulan pemakaian om seinget saya. Kalo gitu kasarannya om ngga dapet hak garansi 3th scr menyeluruh kl saya simpulin, malah lama2 cuma diulur2 sama bengkel dg solusi temporer (dapet pinjaman mobil contohnya) kl spt ini. Nah ini susah om kl cuma WA, at least om simpen screenshotnya ato jangan clear chat. Coba deh kontak ke pak lawyernya itu om, seinget saya namanya Pak David M.L. Tobing. Beliau spesialisasi di hak konsumen
Don't Judge The Book By It's Cover
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10704
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by ChZ »

xv40user wrote: 07 Jul 2020, 02:28 sepertinya saya agak pesimis untuk meminta ganti unit om.. mobil saat ini genap usia 1 tahun.. dan kilometer di angka 4rban.. terakhir kemarin sudah dihitung masuk ke servis 20rb.. memang agak kecewa untuk ukuran mobil yg masih sangat baru terjadi hal seperti ini.. ditambah ini pengalaman saya pertama kali menggunakan merk Nissan.. tapi langsung dapet jackpot sepertinya..
overall saya hanya ingin tau hak2 saya sebagai cust apa untuk kedepan nya jika terjadi amit2 hal yang diluar ekspetasi.. karena saya khawatir salah langkah yang berakibat rugi lebih fatal..
sejauh ini komunikasi dengan pihak Nissan berjalan lancar.. saya juga dipinjamkan mobil pengganti.. tapi tidak ada surat/keterangan jelas hitam diatas putih.. semua hanya by lisan/Wa..
karena case nya konsumen sdh setuju prosedur overhaul...

hak konsumen yg pertama itu adalah transparansi informasi... apa yg terjadi selama mobil dikerjakan... dan dealer tidak berhak buat mengambil keputusan sepihak tanpa sepengatahuan konsumen. saya saranin selama pengerjaan tetep kontrol ke bengkel.

konsumen jg berhak dapet penjelasan tentang masalah mobilnya bkn sekedar terima aj unit mesin baru atau komponen baru. tipikal bengkel resmi itu males mikir, gantinya langsung segelondong tanpa mau nyariin masalahnya apa.

masalah biaya juga adalah 100% tanggungan dealer, konsumen tidak berhak di-charge untuk apapun, termasuk ngurus surat-menyurat di polisi kalopun keputusannya ganti mesin baru.

mnrt saya selama komunikasi masih lancar blm perlu sewa lawyer. kalau pihak dealer mulai crossing the line baru gebuk gebukan di meja hijau...
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
xv40user
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 16 Jun 2016, 17:14

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by xv40user »

erwinign wrote: 07 Jul 2020, 11:57
xv40user wrote: 07 Jul 2020, 02:28
pradit_d wrote: 06 Jul 2020, 17:10 Karena mobil masih garansi, harusnya minta mereka servis semua yg baermasalah n minta mobil pengganti selama mobil diinapkan disana. Adik ane pernah ngalamin kejadian serupa (penyakitnya beda tapi) di bengkel h miring n dpt mobil pengganti selama mobil diservis.
untuk mobil pengganti sih sudah diberikan om.. komunikasi dengan dealer juga berjalan baik.. yang saya bingung hanya langkah untuk kedepan nya jika amit2 terjadi kendala berkelanjutan.. ditambah ini sama sekali tidak ada surat keterangan apa2.. semua hanya by lisan dan WA..

erwinign wrote: 06 Jul 2020, 20:26 Kalo sampe harus turun mesin sih udah fatal om, coba minta ganti unit baru sih. Aneh kan, masih kinyis2 kok mesinnya udah kaya gitu (defect bawaan mestinya). Kaya bbrp waktu lalu di kasus civic turbo itu contohnya, mesin diganti tp tanpa sepengetahuan owner. Wkt itu pakai lawyer pak siapa saya lupa.
sepertinya saya agak pesimis untuk meminta ganti unit om.. mobil saat ini genap usia 1 tahun.. dan kilometer di angka 4rban.. terakhir kemarin sudah dihitung masuk ke servis 20rb.. memang agak kecewa untuk ukuran mobil yg masih sangat baru terjadi hal seperti ini.. ditambah ini pengalaman saya pertama kali menggunakan merk Nissan.. tapi langsung dapet jackpot sepertinya..
overall saya hanya ingin tau hak2 saya sebagai cust apa untuk kedepan nya jika terjadi amit2 hal yang diluar ekspetasi.. karena saya khawatir salah langkah yang berakibat rugi lebih fatal..
sejauh ini komunikasi dengan pihak Nissan berjalan lancar.. saya juga dipinjamkan mobil pengganti.. tapi tidak ada surat/keterangan jelas hitam diatas putih.. semua hanya by lisan/Wa..
Yg kasus civic turbo wkt itu juga udah 9 bulan pemakaian om seinget saya. Kalo gitu kasarannya om ngga dapet hak garansi 3th scr menyeluruh kl saya simpulin, malah lama2 cuma diulur2 sama bengkel dg solusi temporer (dapet pinjaman mobil contohnya) kl spt ini. Nah ini susah om kl cuma WA, at least om simpen screenshotnya ato jangan clear chat. Coba deh kontak ke pak lawyernya itu om, seinget saya namanya Pak David M.L. Tobing. Beliau spesialisasi di hak konsumen
untuk saat ini saya belum kepikiran untuk sampai ke meja hijau om.. karena dari pihak nissan cukup baik komunikasi nya.. sebelum melakukan apa2 mereka info dulu ke saya.. yg saya inginkan hanya kejelasan masalah apa di mobil saya.. lalu jaminan dan rasa aman setelah nanti mobil diserahkan kembali kepada saya..
untuk masalah garansi 3 tahun.. saya rasa saya ingin memperjuangkan garansi tsb.. maksudnya.. saya berencana untuk meminta nissan memperpanjang masa garansi mobil saya nanti kedepan nya jika sudah serah terima kembali ke saya..
ChZ wrote: 07 Jul 2020, 12:58
xv40user wrote: 07 Jul 2020, 02:28 sepertinya saya agak pesimis untuk meminta ganti unit om.. mobil saat ini genap usia 1 tahun.. dan kilometer di angka 4rban.. terakhir kemarin sudah dihitung masuk ke servis 20rb.. memang agak kecewa untuk ukuran mobil yg masih sangat baru terjadi hal seperti ini.. ditambah ini pengalaman saya pertama kali menggunakan merk Nissan.. tapi langsung dapet jackpot sepertinya..
overall saya hanya ingin tau hak2 saya sebagai cust apa untuk kedepan nya jika terjadi amit2 hal yang diluar ekspetasi.. karena saya khawatir salah langkah yang berakibat rugi lebih fatal..
sejauh ini komunikasi dengan pihak Nissan berjalan lancar.. saya juga dipinjamkan mobil pengganti.. tapi tidak ada surat/keterangan jelas hitam diatas putih.. semua hanya by lisan/Wa..
karena case nya konsumen sdh setuju prosedur overhaul...

hak konsumen yg pertama itu adalah transparansi informasi... apa yg terjadi selama mobil dikerjakan... dan dealer tidak berhak buat mengambil keputusan sepihak tanpa sepengatahuan konsumen. saya saranin selama pengerjaan tetep kontrol ke bengkel.

konsumen jg berhak dapet penjelasan tentang masalah mobilnya bkn sekedar terima aj unit mesin baru atau komponen baru. tipikal bengkel resmi itu males mikir, gantinya langsung segelondong tanpa mau nyariin masalahnya apa.

masalah biaya juga adalah 100% tanggungan dealer, konsumen tidak berhak di-charge untuk apapun, termasuk ngurus surat-menyurat di polisi kalopun keputusannya ganti mesin baru.

mnrt saya selama komunikasi masih lancar blm perlu sewa lawyer. kalau pihak dealer mulai crossing the line baru gebuk gebukan di meja hijau...
untuk komunikasi sejauh ini baik om.. tapi sekali lagi hanya via Wa.. karena tidak ada hitam diatas putih.. atau surat2 dan dokumen apapun.. saya hanya pegang selebaran kuning work order saja..
untuk biaya disebutkan by lisan oleh servis advisor nya karena masih dalam masa garansi jadi tidak dipungut biaya sama sekali..
apakah mobil yg sudah turun mesin akan bermasalah ketika dijual kembali? maaf saya masih sangat awam masalah seperti ini
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by Greenhunter »

Kalau pembeli tidak menanyakan pernah turun mesin dan penjual tidak menginformasikan pernah turun mesin ya tidak ada pengaruh ke harga jual kendaraan.
Kecuali masalahnya terus ada pada saat hendak dijual membuat pembeli tahu ada masalah dengan mesinnya itu akan membuat pembeli menguringkan niat beli atau tawar murah. Selama problem mesin hilang setelah turun mesinnya gak ada masalah diharga jual. Saat jual yg lebih diperhatikan : kerapihan bodi (tidak penyok, dll), warna cat kinclong tidak pudar tidak belang, kebersihan, dll. Ipar saya pernah jual taruna kondisi water jacket retak, air radiator campur dengan oli tapi sdh diperbaiki dan di pakai 3 bulan tdk ada masalah lalu dijual, waktu jual kita cerita ke pembelinya dan diperbaiki di bengkel A, masih ada garansi dari bengkel A tersebut. Kebetulan pembelinya ok ok saja di jual dengan harga wajar, bodi mulus, kilometer rendah
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by FU27 »

Bener kata oom CHz, yang penting bengkel transparan dan komunikasi berjalan baik.

Karena kita wajib tau, mobil kita udah diapain aja.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20749
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by DOHC »

Kl kes nya sperti ini, nanti minta pihak beres rincikan aj penyebab nya apa, parts yg dganti apa

Bunyi klek2 gt bsa banyak penyebab dan after effect nya kaya apa ga tau.. apalagi kl ampe bkin metal jalan ama duduk lecet, atau panjul noken as baret gara2 jalur oli atau tekanan oli error.. amit2 kl ampe kena liner silinder

Kl emg kerusakan ampe bkin ad komponen2 internal mesin ad yg lecet dan ga dganti total yah mending abis d servis cepet2 djual aj, toh taon muda odo rendah, record servis berkala.. masi gampang d jual
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
casabalancas
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 555
Joined: 02 Oct 2017, 17:20
Location: Jakarta

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by casabalancas »

yang penting selalu minta work order saja Om, kan kitapun tidak bisa setiap hari menunggu mobil di bengkel, jadi kalau suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan kita mengambil langkah terakhir, yaitu menempuh jalur hukum kita punya dokumen-dokumen untuk pembuktian.

Kalau untuk dijual kembali asalkan kondisi mobil semua normal pembeli jarang menanyakan sampai sejauh itu Om, yang penting workshop Nissan benar2 mau tanggung jawab agar kondisi mobil mendekati perfect agar setelah masa garansi usai tidak ada masalah yang berarti pada mobil.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10704
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by ChZ »

xv40user wrote: 07 Jul 2020, 21:40
untuk komunikasi sejauh ini baik om.. tapi sekali lagi hanya via Wa.. karena tidak ada hitam diatas putih.. atau surat2 dan dokumen apapun.. saya hanya pegang selebaran kuning work order saja..
untuk biaya disebutkan by lisan oleh servis advisor nya karena masih dalam masa garansi jadi tidak dipungut biaya sama sekali..
apakah mobil yg sudah turun mesin akan bermasalah ketika dijual kembali? maaf saya masih sangat awam masalah seperti ini
nah ini yang tricky...

secara fungsional selama pemasangan bener pasti akan baik-baik aja...

tp secara harga jualnya... asal gak tertulis di record harusnya gak akan pengaruh. tp masalahnya kalopun ga ketulis di record pasti ter-record di komputer beres wong ada work ordernya... kalo ketemu pembeli yang rewel mahh bisa jd senjata buat jatohin harga.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
xv40user
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 16 Jun 2016, 17:14

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by xv40user »

FU27 wrote: 08 Jul 2020, 07:11 Bener kata oom CHz, yang penting bengkel transparan dan komunikasi berjalan baik.

Karena kita wajib tau, mobil kita udah diapain aja.
iya om.. sejauh ini komunikasi terjalin dengan baik.. skrg ini masih nuggu update selanjutnya dari nissan GS
Greenhunter wrote: 08 Jul 2020, 06:30 Kalau pembeli tidak menanyakan pernah turun mesin dan penjual tidak menginformasikan pernah turun mesin ya tidak ada pengaruh ke harga jual kendaraan.
Kecuali masalahnya terus ada pada saat hendak dijual membuat pembeli tahu ada masalah dengan mesinnya itu akan membuat pembeli menguringkan niat beli atau tawar murah. Selama problem mesin hilang setelah turun mesinnya gak ada masalah diharga jual. Saat jual yg lebih diperhatikan : kerapihan bodi (tidak penyok, dll), warna cat kinclong tidak pudar tidak belang, kebersihan, dll. Ipar saya pernah jual taruna kondisi water jacket retak, air radiator campur dengan oli tapi sdh diperbaiki dan di pakai 3 bulan tdk ada masalah lalu dijual, waktu jual kita cerita ke pembelinya dan diperbaiki di bengkel A, masih ada garansi dari bengkel A tersebut. Kebetulan pembelinya ok ok saja di jual dengan harga wajar, bodi mulus, kilometer rendah
saya sejujurnya tidak ada niatan untuk menjual.. tetapi ketika terkena problem seperti ini rasanya seperti campur aduk om.. kecewa iya.. was2 iya.. insecure juga jadinya.. terlebih ibu negara sepertinya lebih menghendaki setelah selesai serah terima untuk langsung dijual..
sedangkan saya masih ingin coba mempertahankan livina ini.. hanya takutnya jika bermasalah lagi dikemudian hari.. saya bisa kena oceh ibu negara 2x24 jam sepertinya..
casabalancas wrote: 08 Jul 2020, 10:21 yang penting selalu minta work order saja Om, kan kitapun tidak bisa setiap hari menunggu mobil di bengkel, jadi kalau suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan kita mengambil langkah terakhir, yaitu menempuh jalur hukum kita punya dokumen-dokumen untuk pembuktian.

Kalau untuk dijual kembali asalkan kondisi mobil semua normal pembeli jarang menanyakan sampai sejauh itu Om, yang penting workshop Nissan benar2 mau tanggung jawab agar kondisi mobil mendekati perfect agar setelah masa garansi usai tidak ada masalah yang berarti pada mobil.
work order yang saya terima hanya 1 om.. itu saat datang untuk cek bnyi di mesin sekalian recall fuel pump..
betul.. jujur ini juga sedang di masa2 sibuk saya.. saya sangat sulit untuk dateng ke bengkel tiap hari..
nah untuk dokumen2 ini yg ingin saya tanyakan.. kira2 ada dokumen pendukung apa yg harus saya minta ke nissan ya??
DOHC wrote: 08 Jul 2020, 09:40 Kl kes nya sperti ini, nanti minta pihak beres rincikan aj penyebab nya apa, parts yg dganti apa

Bunyi klek2 gt bsa banyak penyebab dan after effect nya kaya apa ga tau.. apalagi kl ampe bkin metal jalan ama duduk lecet, atau panjul noken as baret gara2 jalur oli atau tekanan oli error.. amit2 kl ampe kena liner silinder

Kl emg kerusakan ampe bkin ad komponen2 internal mesin ad yg lecet dan ga dganti total yah mending abis d servis cepet2 djual aj, toh taon muda odo rendah, record servis berkala.. masi gampang d jual
pasti saya minta om.. sampai sekarang juga tiap hari saya tanyakan penyebab nya.. tp dr pihak nissan belum sebutkan jelas penyebab nya.. hanya blg di bagian mesin..
kira2 dokumen pendukung apa ya om yg harus saya minta ke nissan untuk sebagai bukti/jaminan dikemudian hari jika terjadi masalah??
kebetulan ibu negara juga bicara seperti itu.. agar supaya setelah beres.. untuk dijual saja.. tapi saya masih ada rasa ingin mempertahankan.. ada bbrpa poin plus yg membuat saya ingin mempertahankan livina ini.. hanya memang kalo amit2 sampai bermasalah dikemudian hari.. pasti akan merepotkan sekali
ChZ wrote: 08 Jul 2020, 10:31
xv40user wrote: 07 Jul 2020, 21:40
untuk komunikasi sejauh ini baik om.. tapi sekali lagi hanya via Wa.. karena tidak ada hitam diatas putih.. atau surat2 dan dokumen apapun.. saya hanya pegang selebaran kuning work order saja..
untuk biaya disebutkan by lisan oleh servis advisor nya karena masih dalam masa garansi jadi tidak dipungut biaya sama sekali..
apakah mobil yg sudah turun mesin akan bermasalah ketika dijual kembali? maaf saya masih sangat awam masalah seperti ini
nah ini yang tricky...

secara fungsional selama pemasangan bener pasti akan baik-baik aja...

tp secara harga jualnya... asal gak tertulis di record harusnya gak akan pengaruh. tp masalahnya kalopun ga ketulis di record pasti ter-record di komputer beres wong ada work ordernya... kalo ketemu pembeli yang rewel mahh bisa jd senjata buat jatohin harga.
nah bener.. kalo saya yang agak paranoid mkir nya udah kemana2 om.. takutnya dikemudian hari mobil bermasalah lagi.. tp di satu sisi ga pengen jual juga..
kira2 ada dokumen atau surat2 yg perlu saya minta ga om? utk sbg penguta atau bukti jika trjadi problem dikemudian hari
saat ini saya hanya masih menunggu penyebab masalah nya dimana..
semoga segera ditemukan dan bisa diselesaikan dnegan baik
Greenhunter
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by Greenhunter »

Garansi mesin nissan kan 3 tahun sejak tanggal penyerahan unit, karena masalah mesin ini coba minta garansinya tetap 3 tahun tapi sejak perbaikan ini selesai
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2496
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by erwinign »

Kalo saya pikir2 ya om, rata2 beres nissan udah way much better dr jaman dulu. Contonya klaim garansi yg ga belibet. Cb dulu ditunggu prosesnya om, saya kemarin rekomen om lewat lawyer rada pikir2 kasian sebenernya sama merk satu ini. Kl dimasukin jalur hijau, om menang mereka kena. Imbasnya image nissan bs ancur lagi, ato kemungkinan byebye. Padahal scr ASS mereka sdh baik walaupun produknya gurem2 semua kecuali levina yg masih lumayan jalan
Don't Judge The Book By It's Cover
Pboyz97
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: CX5 Elite 2018

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by Pboyz97 »

Turut prihatin om atas kejadian yg menimpa livina om. Mungkin om dapet yg cacat produksi atau defect, sehingga blm 1 tahun udah turun mesin, xpander saya yg 1 basis sama livina ini, udah 2 tahun pemakaian masih aman2 aja. Cuma ganti kompresor ac aja pas tahun ke 2 dan kena idle up pas tahun pertama. Kalau dari kasus ini sih, yg pas minta ganti unit baru atau gak proses penggantian mesin barunya dijelaskan secara terbuka dan transparan ke konsumen. Semoga livinanya cepet sembuh ya om dan bisa dipake dengan normal kembali
Past:
1NZFE 4AT / L15A 5AT / K24Z1 5AT / 2.0 Skyactiv 6AT / 4A91 4AT / 2NRFE CVT / K3VE 5MT / 1NRVE 5MT

Now:
2.5 SKYACTIV - G 6AT / 1.5 VTEC Turbo CVT / L15Z1 CVT
xv40user
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 16 Jun 2016, 17:14

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by xv40user »

Greenhunter wrote: 08 Jul 2020, 19:33 Garansi mesin nissan kan 3 tahun sejak tanggal penyerahan unit, karena masalah mesin ini coba minta garansinya tetap 3 tahun tapi sejak perbaikan ini selesai
iya om.. saya juga berencana untuk garansi tetap 3 tahun setelah mobil serah terima kembali..
hanya saja da ke khawatiran setelah serah terima terjaid masalah lagi.. itu pastinya akan menguras waktu dan tenaga..
erwinign wrote: 08 Jul 2020, 19:50 Kalo saya pikir2 ya om, rata2 beres nissan udah way much better dr jaman dulu. Contonya klaim garansi yg ga belibet. Cb dulu ditunggu prosesnya om, saya kemarin rekomen om lewat lawyer rada pikir2 kasian sebenernya sama merk satu ini. Kl dimasukin jalur hijau, om menang mereka kena. Imbasnya image nissan bs ancur lagi, ato kemungkinan byebye. Padahal scr ASS mereka sdh baik walaupun produknya gurem2 semua kecuali levina yg masih lumayan jalan
hmm.. jujur saya baru pertama kali menggunakan merk nissan om.. jadi saya belum tau kualitas aftersales nissan seperti apa.. tp kalau dibadnignkan dengan merk favorit sebagian besar msyarakat kita.. yaa kalau boleh jujur nissan masih kurang di masalah waktu dan efisiensi..
tapi sejauh ini nissan Gading serpong memberi pelayanan terbaik dibanding bngkel2 nissan lain nya..
semua keluhan saya ditanggapi dengan serius.. bukan hanya iya iya nnti dicek saja.. untuk yang satu ini saya salut sm nissan gading serpong..
Pboyz97 wrote: 08 Jul 2020, 22:05 Turut prihatin om atas kejadian yg menimpa livina om. Mungkin om dapet yg cacat produksi atau defect, sehingga blm 1 tahun udah turun mesin, xpander saya yg 1 basis sama livina ini, udah 2 tahun pemakaian masih aman2 aja. Cuma ganti kompresor ac aja pas tahun ke 2 dan kena idle up pas tahun pertama. Kalau dari kasus ini sih, yg pas minta ganti unit baru atau gak proses penggantian mesin barunya dijelaskan secara terbuka dan transparan ke konsumen. Semoga livinanya cepet sembuh ya om dan bisa dipake dengan normal kembali
amin.. terima kasih om..
iya kemungingkinan saya dapet produk seperti itu.. sejauh ini untuk proses nya.. masih lewat komunikasi antara saya dan servis advisor.. via Wa..
kalau untuk ganti unit baru saya jujur agak pesimis om.. apalg kalau harus traik2an urat nnti dengan pihak sana.. rasanya akan sangat melelahkan..
saya ingin nya dr nissan yg siap memberi solusi dan penawaran terbaik saja apabila memang mobil saya tidak dapat sembuh..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10704
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by ChZ »

xv40user wrote: 08 Jul 2020, 15:59
nah bener.. kalo saya yang agak paranoid mkir nya udah kemana2 om.. takutnya dikemudian hari mobil bermasalah lagi.. tp di satu sisi ga pengen jual juga..
kira2 ada dokumen atau surat2 yg perlu saya minta ga om? utk sbg penguta atau bukti jika trjadi problem dikemudian hari
saat ini saya hanya masih menunggu penyebab masalah nya dimana..
semoga segera ditemukan dan bisa diselesaikan dnegan baik
biasanya tetep ada garansi pengerjaan om abis heavy repair... jd kalo masalah lg ya claim lagi.

yang jadi bukti ya record perbaikannya om.

nah makanya saya pikir untuk skrg ikuti alurnya dl... yg paling penting ya itu, pastiin sama-sama enak, ga ada keputusan sepihak yg dilakukan tanpa persetujuan konsumen.

ampe skrg update dari pihak bengkelnya gimana om?
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
xv40user
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 16 Jun 2016, 17:14

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by xv40user »

ChZ wrote: 09 Jul 2020, 14:42
xv40user wrote: 08 Jul 2020, 15:59
nah bener.. kalo saya yang agak paranoid mkir nya udah kemana2 om.. takutnya dikemudian hari mobil bermasalah lagi.. tp di satu sisi ga pengen jual juga..
kira2 ada dokumen atau surat2 yg perlu saya minta ga om? utk sbg penguta atau bukti jika trjadi problem dikemudian hari
saat ini saya hanya masih menunggu penyebab masalah nya dimana..
semoga segera ditemukan dan bisa diselesaikan dnegan baik
biasanya tetep ada garansi pengerjaan om abis heavy repair... jd kalo masalah lg ya claim lagi.

yang jadi bukti ya record perbaikannya om.

nah makanya saya pikir untuk skrg ikuti alurnya dl... yg paling penting ya itu, pastiin sama-sama enak, ga ada keputusan sepihak yg dilakukan tanpa persetujuan konsumen.

ampe skrg update dari pihak bengkelnya gimana om?
update terbaru hari ini belum ditemukan kerusakan.. namun ada part yang akan diganti.. namanya sprocket cvtc.. sedang dalam tahap pemesanan dari dealer.. dijelaskan oleh servis advisor nya, sprocket cvtc di bagian head cylinder mesin itu buat ngatur bukaan katup/klep/valve..
untuk saat ini baru info itu yg saya dapatkan om..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3021
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by kunaskun »

xv40user wrote: 09 Jul 2020, 15:29 update terbaru hari ini belum ditemukan kerusakan.. namun ada part yang akan diganti.. namanya sprocket cvtc.. sedang dalam tahap pemesanan dari dealer.. dijelaskan oleh servis advisor nya, sprocket cvtc di bagian head cylinder mesin itu buat ngatur bukaan katup/klep/valve..
untuk saat ini baru info itu yg saya dapatkan om..
kalau saya ya, ini kalau saya ya, ikutin saja maunya itu beres, toh konsumen juga dapat garansi, memang rugi waktu dsb bla2 tapi kalau hanya khawatir soal resale cuekin saja, kalau buyer ga bawel atau pikirannya bener bukan oportunis juga santai saja, toh service record jelas ada. kalau buyer oportunis omong ini itu iya2in saja namanya saja org oportunis jualan, semua dikecap2in :big_biglaugh:

yg menyebalkan itu setelah perbaikan apakah semua akan normal lagi, karena ini kan bongkar pasang, sejago2nya bengkel kan namanya saja manusia, bisa aja ada miss, nah ini yg jadi kerjaan lagi. jadi mesti siapkan sumber daya lagi.
xv40user
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 16 Jun 2016, 17:14

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by xv40user »

kunaskun wrote: 09 Jul 2020, 20:31
xv40user wrote: 09 Jul 2020, 15:29 update terbaru hari ini belum ditemukan kerusakan.. namun ada part yang akan diganti.. namanya sprocket cvtc.. sedang dalam tahap pemesanan dari dealer.. dijelaskan oleh servis advisor nya, sprocket cvtc di bagian head cylinder mesin itu buat ngatur bukaan katup/klep/valve..
untuk saat ini baru info itu yg saya dapatkan om..
kalau saya ya, ini kalau saya ya, ikutin saja maunya itu beres, toh konsumen juga dapat garansi, memang rugi waktu dsb bla2 tapi kalau hanya khawatir soal resale cuekin saja, kalau buyer ga bawel atau pikirannya bener bukan oportunis juga santai saja, toh service record jelas ada. kalau buyer oportunis omong ini itu iya2in saja namanya saja org oportunis jualan, semua dikecap2in :big_biglaugh:

yg menyebalkan itu setelah perbaikan apakah semua akan normal lagi, karena ini kan bongkar pasang, sejago2nya bengkel kan namanya saja manusia, bisa aja ada miss, nah ini yg jadi kerjaan lagi. jadi mesti siapkan sumber daya lagi.
nah setuju om..
saya juga sependapat mengenai kekhawatiran setelah perbaikan.. takutnya dikemudian hari terjadi problem lagi atau malah problem baru..
saat ini saya sedang berusaha untuk terus berpikir positif.. untung nya dari pihak nissan juga memberi timbal balik yang baik.. berupa info dan komunikasi yg cukup baik..
merek menjelaskan kalau saat ini livina saya menjadi concern utama mereka..
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1009
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by vp920b »

Saya lebih setuju ibu negara untuk jual mobilnya.

Kemarin sy sempet pakai 1 bulan memang aneh rasa mobilnya, tipe VE. Ternyata memang xpander/livina bermasalah. Kalau idle kadang drop rpmnya, terus kena recall, terus sempet brebet ga bs lari kaya loss power katanya throttle body kotor, terus kl mundur suka kaya setengah kopling nanti ada naik sedikit rpmnya jd harus sigap ngerem. Mobil yg saya pakai baru 4000KM. Walaupun service bagus ya sekarang dan cepat beresnya.

Tapi walaupun bantingan dan fiturnya bagus, paling males kalau mondar mandir bengkel.

Semoga cepet selesai mobilnya dan semoga ga ada masalah lagi kedepannya just in case masih mau dipakai.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10361
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by ak4ng »

Yg pasti di sistem riwayat perbaikan akan ketahuan di km 4rb udh turun mesin, and kalo dijual plus calon buyer mau general check up pasti muncul, :big_okay: maybe bisa ditanyakan apa saja yg di cek Dan ganti, :big_childish: and garansi after perbaikan nya gmn :big_peace:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by Kaleng »

vp920b wrote: 10 Jul 2020, 08:18 Saya lebih setuju ibu negara untuk jual mobilnya.

Kemarin sy sempet pakai 1 bulan memang aneh rasa mobilnya, tipe VE. Ternyata memang xpander/livina bermasalah. Kalau idle kadang drop rpmnya, terus kena recall, terus sempet brebet ga bs lari kaya loss power katanya throttle body kotor, terus kl mundur suka kaya setengah kopling nanti ada naik sedikit rpmnya jd harus sigap ngerem. Mobil yg saya pakai baru 4000KM. Walaupun service bagus ya sekarang dan cepat beresnya.

Tapi walaupun bantingan dan fiturnya bagus, paling males kalau mondar mandir bengkel.

Semoga cepet selesai mobilnya dan semoga ga ada masalah lagi kedepannya just in case masih mau dipakai.
untuk mundur rpm naik sendiri ini sempat bikin kaget sewaktu sy disuruh setir xpander mobil om. pas mundur tiba2 rpm naik dan lgsg mobil mundur dengan cepat. km mobil sendiri sudah diatas 30rb. ternyata mobil baru km rendah juga sama ya.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1009
Joined: 20 Aug 2013, 15:41

Re: mohon saran dan pendapat utk livina VL 2019

Post by vp920b »

Kaleng wrote: 10 Jul 2020, 08:47
vp920b wrote: 10 Jul 2020, 08:18 Saya lebih setuju ibu negara untuk jual mobilnya.

Kemarin sy sempet pakai 1 bulan memang aneh rasa mobilnya, tipe VE. Ternyata memang xpander/livina bermasalah. Kalau idle kadang drop rpmnya, terus kena recall, terus sempet brebet ga bs lari kaya loss power katanya throttle body kotor, terus kl mundur suka kaya setengah kopling nanti ada naik sedikit rpmnya jd harus sigap ngerem. Mobil yg saya pakai baru 4000KM. Walaupun service bagus ya sekarang dan cepat beresnya.

Tapi walaupun bantingan dan fiturnya bagus, paling males kalau mondar mandir bengkel.

Semoga cepet selesai mobilnya dan semoga ga ada masalah lagi kedepannya just in case masih mau dipakai.
untuk mundur rpm naik sendiri ini sempat bikin kaget sewaktu sy disuruh setir xpander mobil om. pas mundur tiba2 rpm naik dan lgsg mobil mundur dengan cepat. km mobil sendiri sudah diatas 30rb. ternyata mobil baru km rendah juga sama ya.
Betul om.

Padahal build quality bagus, fitur lengkap dan ada android auto serasa mobil mewah.

Sayang untuk reliablity ga bagus. Untuk urusan reliable masih bagusan ertiga baru, karena mertua pakai ga ada masalah uda 2 tahun. Cuma ganti oli aja..
Post Reply