need help W212 mesinnya trouble
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 18, 2016 16:02
need help W212 mesinnya trouble
Saya punya w212 coupe (c207) tahun 2010, kalau mesinnya dingin, begitu dinyalain brebet dan setelah beberapa kali coba selalu kondisi mesin seperti pincang (salah satu atau 2 silinder gk fungsi). Tapi begitu ditunggu beberapa saat sampai mesin naik temperaturenya sekitar 80c, saya matikan mesin, saya nyalakan mesin lagi sudah normal lagi. Sdh coba datang ke bengkel resmi mercedes, tp blm ada hasil memuaskan, dicurigai ECUnya rusak dan harus ganti harga barunya 35jt
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: need help W212 mesinnya trouble
Tipe mobilnya yg apa Om? E200, E250, E350?
Baik ECU engine M271 (4 cyl turbo) ataupun M272 (6 cyl N/A) rentan terpanggang karena panas.
Jika sudah pasti ECU nya, yg M271 bisa coba diservis sedangkan yang M272 kemungkinan besar harus ganti.
E250 saya pernah alami gejala yg mirip (akselerasi terhambat, starter awal bergetar hebat) lalu setelah dicheck, sure enough...ECU nya bermasalah. Sembuh setelah servis di Atak.
Gejala di E300 ipar saya beda lagi; accu nya bocor sampai soak setelah parkir lama. Coba servis ECU tapi tidak berhasil; ganti ECU baru ex-China juga cuma bertahan beberapa hari. Akhirnya fixed setelah ganti ECU copotan ori ex-Germany.
Semoga membantu.
Baik ECU engine M271 (4 cyl turbo) ataupun M272 (6 cyl N/A) rentan terpanggang karena panas.
Jika sudah pasti ECU nya, yg M271 bisa coba diservis sedangkan yang M272 kemungkinan besar harus ganti.
E250 saya pernah alami gejala yg mirip (akselerasi terhambat, starter awal bergetar hebat) lalu setelah dicheck, sure enough...ECU nya bermasalah. Sembuh setelah servis di Atak.
Gejala di E300 ipar saya beda lagi; accu nya bocor sampai soak setelah parkir lama. Coba servis ECU tapi tidak berhasil; ganti ECU baru ex-China juga cuma bertahan beberapa hari. Akhirnya fixed setelah ganti ECU copotan ori ex-Germany.
Semoga membantu.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11326
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: need help W212 mesinnya trouble
mau ikutan brainstorm aja boleh ya ....
kl ecu kena panggang gitu biasanya brebet (misfire) aja atau mesinnya sama sekali ga bisa nyala?
trus kl seandainya betul ecu nya yg NG, kenapa kok cuma di cyl 2 aja misfire nya? karena kan infonya coil sdh di rolling dan tetap sama, tapi siapa tau cuma krn businya kotor (carbon fouling), injektor kotor atau maf sensor kotor. maksudnya yg sepele2 gitu. atau sdh dicek sebelumnya ya....
kl ecu kena panggang gitu biasanya brebet (misfire) aja atau mesinnya sama sekali ga bisa nyala?
trus kl seandainya betul ecu nya yg NG, kenapa kok cuma di cyl 2 aja misfire nya? karena kan infonya coil sdh di rolling dan tetap sama, tapi siapa tau cuma krn businya kotor (carbon fouling), injektor kotor atau maf sensor kotor. maksudnya yg sepele2 gitu. atau sdh dicek sebelumnya ya....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: need help W212 mesinnya trouble
Biayanya ga main" tuh bisa beli motor 150cc
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: need help W212 mesinnya trouble
Saya ngalamin itu....
Koil mati 3 tapi yang itu” aja setelah di rolling
Mobil C230 tahun 2006, solved setelah ganti ECU
Mobilnya engine apa oom btw?
@oom ripratama
M271 bukannya ecu di samping ya? Ternyata rentan panas juga?
Servis dimana oom atak? Boleh dong kasih rujukannya hehe
Koil mati 3 tapi yang itu” aja setelah di rolling
Mobil C230 tahun 2006, solved setelah ganti ECU
Mobilnya engine apa oom btw?
@oom ripratama
M271 bukannya ecu di samping ya? Ternyata rentan panas juga?
Servis dimana oom atak? Boleh dong kasih rujukannya hehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue May 17, 2016 9:37
Re: need help W212 mesinnya trouble
Menyimak om.
Misfire ya om, saya juga pernah waktu mobil ga dipakai 3 minggu. Solusi sementara dimatiin terus nyalain lagi sudah normal.
Pas cek di bengkel, sd tulisannya ignition coil fail 3 buah, tapi kata mekaniknya cuma bensin turun balik ke tangki aja ga ada problem apa2.
Misfire ya om, saya juga pernah waktu mobil ga dipakai 3 minggu. Solusi sementara dimatiin terus nyalain lagi sudah normal.
Pas cek di bengkel, sd tulisannya ignition coil fail 3 buah, tapi kata mekaniknya cuma bensin turun balik ke tangki aja ga ada problem apa2.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2590
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: need help W212 mesinnya trouble
sebelum keluar uang banyak, coba cari bengkel alternatifrifat175 wrote: ↑Wed Feb 26, 2020 16:52 Saya punya w212 coupe (c207) tahun 2010, kalau mesinnya dingin, begitu dinyalain brebet dan setelah beberapa kali coba selalu kondisi mesin seperti pincang (salah satu atau 2 silinder gk fungsi). Tapi begitu ditunggu beberapa saat sampai mesin naik temperaturenya sekitar 80c, saya matikan mesin, saya nyalakan mesin lagi sudah normal lagi. Sdh coba datang ke bengkel resmi mercedes, tp blm ada hasil memuaskan, dicurigai ECUnya rusak dan harus ganti harga barunya 35jt
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.
ane biasa ke "garasiku" di permata hijau, 081280055808
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 18, 2016 16:02
Re: need help W212 mesinnya trouble
mobil saya e250 keluaran awal 2010. Jadi masih bisa diselamatkan ya ECUnya, saya tanya2 yg second masih belasan jt, barunya 35anjt, hehe. Mohon info ATAK dimana ya bengkelnya? Lucunya, getaran hebat ini hanya pas mesin dingin aja, pas panas hilang sendiri (cuman check engine nya jd nyala). Nanti klo sdh panas, dimatiin mesinnya, nyalain lg hilang sendiri check engine nya.ripratama wrote: ↑Wed Feb 26, 2020 17:26 Tipe mobilnya yg apa Om? E200, E250, E350?
Baik ECU engine M271 (4 cyl turbo) ataupun M272 (6 cyl N/A) rentan terpanggang karena panas.
Jika sudah pasti ECU nya, yg M271 bisa coba diservis sedangkan yang M272 kemungkinan besar harus ganti.
E250 saya pernah alami gejala yg mirip (akselerasi terhambat, starter awal bergetar hebat) lalu setelah dicheck, sure enough...ECU nya bermasalah. Sembuh setelah servis di Atak.
Gejala di E300 ipar saya beda lagi; accu nya bocor sampai soak setelah parkir lama. Coba servis ECU tapi tidak berhasil; ganti ECU baru ex-China juga cuma bertahan beberapa hari. Akhirnya fixed setelah ganti ECU copotan ori ex-Germany.
Semoga membantu.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 18, 2016 16:02
Re: need help W212 mesinnya trouble
businya sdh saya ganti baru semua, nah MAF ini yg blm dicek. makasih infonya, coba saya ke bengkel lg ngecek itu. Klo MAF simple fix kan yaOmnibus wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 0:30 mau ikutan brainstorm aja boleh ya ....
kl ecu kena panggang gitu biasanya brebet (misfire) aja atau mesinnya sama sekali ga bisa nyala?
trus kl seandainya betul ecu nya yg NG, kenapa kok cuma di cyl 2 aja misfire nya? karena kan infonya coil sdh di rolling dan tetap sama, tapi siapa tau cuma krn businya kotor (carbon fouling), injektor kotor atau maf sensor kotor. maksudnya yg sepele2 gitu. atau sdh dicek sebelumnya ya....
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Mon Jul 18, 2016 16:02
Re: need help W212 mesinnya trouble
mirip dgn saya, kebetulan mobil ini sangat jarang saya pakai. Sebulan paling 2-3 kali aja keluar. Saya juga gitu, pas getar hebat, diemin bentar, begitu udh panas mesinnya 80c, dinyalain lg hilang. Klo bensin disuruh turun kenapa ya om? Saya pake pertamax turbo terus pdhal.kingmidas wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 2:28 Menyimak om.
Misfire ya om, saya juga pernah waktu mobil ga dipakai 3 minggu. Solusi sementara dimatiin terus nyalain lagi sudah normal.
Pas cek di bengkel, sd tulisannya ignition coil fail 3 buah, tapi kata mekaniknya cuma bensin turun balik ke tangki aja ga ada problem apa2.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11326
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: need help W212 mesinnya trouble
cuma dibersihkan aja pakai CRC Maf Cleaner
mobilnya garage queen bisa macem2 penyebabnya. sebaiknya dipastikan dulu sblm vonis ecu. 2-3x sebulan jalannya bensin mungkin aja basi. wiring harness socket jg kl kena lembab atau gigitan tikus. next nya pas start up pertama coba dulu fuel pump nya di prime 2-3x (kunci kontak ke on-off 3x tp jgn start engine dulu) utk rule out bkn krn fuel return to tank akibat mbl didiamkan lama.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: need help W212 mesinnya trouble
M271 ECU samping, Om. Fisik nya jg beda dgn ECU M272.adriangaut wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 1:58
@oom ripratama
M271 bukannya ecu di samping ya? Ternyata rentan panas juga?
Servis dimana oom atak? Boleh dong kasih rujukannya hehe
HP / WA Atak: +62 815-8833-669.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2533
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: need help W212 mesinnya trouble
Coba:rifat175 wrote: ↑Wed Feb 26, 2020 16:52 Saya punya w212 coupe (c207) tahun 2010, kalau mesinnya dingin, begitu dinyalain brebet dan setelah beberapa kali coba selalu kondisi mesin seperti pincang (salah satu atau 2 silinder gk fungsi). Tapi begitu ditunggu beberapa saat sampai mesin naik temperaturenya sekitar 80c, saya matikan mesin, saya nyalakan mesin lagi sudah normal lagi. Sdh coba datang ke bengkel resmi mercedes, tp blm ada hasil memuaskan, dicurigai ECUnya rusak dan harus ganti harga barunya 35jt
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.
Cek MAF sensor.
Cek Oxygen sensor.
Cek semua sparkplug
Cek semua Ignition Coil.
Pastiin semua komponen diatas dalam kondisi perfect, kalo perlu ganti ya ganti baru.
Ke empat item diatas harganya masih murah-murah (sekitar 2-4 jutaan) ketimbang beli ECU baru (30jt++).
----
Baca kasus-kasus begini ya wajar lah pelihara eropa.
Ga heran.. hahahaha
#endlessmoneypitsdetected
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 70
- Joined: Sat Aug 24, 2019 9:49
- Location: Jawa
- Daily Vehicle: Rush
Re: need help W212 mesinnya trouble
Bini dl ngiler2 ama W212 seken..
Sy bilang : big NO!
Sy bilang : big NO!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: need help W212 mesinnya trouble
Ga tau seberapa berhubungan nih, tapi saya pernah ngalamin kejadian yang agak mirip di Peugeot 406. Kalau mesin masih dingin sering banget pincang, kabel injector dicabut di silinder 3 ga ada ngaruh apa-apa. Udah coba ganti coil, ga pengaruh, tuker-tuker busi dan injector, ga pengaruh. Sampai akhirnya ketika di-Top Overhaul, ketauan bahwa klepnya ada yang bengkok. Setelah Top OH ga ada pincang lagi...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: need help W212 mesinnya trouble
Wah ini lbh seremTaufiq6210 wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 8:26 Ga tau seberapa berhubungan nih, tapi saya pernah ngalamin kejadian yang agak mirip di Peugeot 406. Kalau mesin masih dingin sering banget pincang, kabel injector dicabut di silinder 3 ga ada ngaruh apa-apa. Udah coba ganti coil, ga pengaruh, tuker-tuker busi dan injector, ga pengaruh. Sampai akhirnya ketika di-Top Overhaul, ketauan bahwa klepnya ada yang bengkok. Setelah Top OH ga ada pincang lagi...
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon May 27, 2019 13:07
Re: need help W212 mesinnya trouble
Dari segi harga jauh lebih serem beli ECU puluhan juta lah, top OH palingan berapa sih hehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: need help W212 mesinnya trouble
Why not? It's still a very good exec saloon.
Ga banyak problem. Kalaupun ada, sudah banyak yg bisa solve.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Sat Feb 24, 2018 9:31
Re: need help W212 mesinnya trouble
Diagnosa aja dulu, cek mekanikal, cek sensor, baru ke ECU. Kadang mekanikal baik2 saja, tapi sensor bermasalah, ecu jadi ngaco. Jgn gampang nyalahin ecu, kasian, hahaaa.
Sering2 dinamis bawa mobilnya, pelan, geber, nyetir pagi, malam, sejam 2 jam, touring. Jangan di manja tp jg jgn di siksa.
Sering2 dinamis bawa mobilnya, pelan, geber, nyetir pagi, malam, sejam 2 jam, touring. Jangan di manja tp jg jgn di siksa.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Dec 15, 2015 23:46
Re: need help W212 mesinnya trouble
Ringkih juga ya mercy sekarang, saya punya w124 1995 e320 tangan pertama dari baru KM 180K , gapernah jajan macam2 Hanya service berkala aja di NV mass
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: need help W212 mesinnya trouble
om rifat, sy hanya bisa berbagi alternatif mercy, dulu sy bawa nya ke Bm dia ada didalam PMK masuk dr pintu 7 langsung belok kanan, palingan 100-150 meter udah keliatan ada aktifitas bengkel yg banyak mercynya. konteknya pak Rudy no hp 0817-0995-850 atau 0812-8309-4908. Kontek aja, org nya baik kok, bisa nanya2 dulu. Dan disana mnrt sy bengkelnya cukup jujur, yg ngk perlu ganti dia akan bilang jgn dulu, kalo emang rusak yah dia juga bilang rusak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: need help W212 mesinnya trouble
Nah, saya juga kepikiran yg sama.Taufiq6210 wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 8:26 Ga tau seberapa berhubungan nih, tapi saya pernah ngalamin kejadian yang agak mirip di Peugeot 406. Kalau mesin masih dingin sering banget pincang, kabel injector dicabut di silinder 3 ga ada ngaruh apa-apa. Udah coba ganti coil, ga pengaruh, tuker-tuker busi dan injector, ga pengaruh. Sampai akhirnya ketika di-Top Overhaul, ketauan bahwa klepnya ada yang bengkok. Setelah Top OH ga ada pincang lagi...
Maksudnya ada yg gak beres di jeroan sekitar silinder no 2.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue May 17, 2016 9:37
Re: need help W212 mesinnya trouble
Saya sekali skalinya itu aja sih om, karena pas lagi ditinggal keluar kota, biasanya jalan tiap hari. Coil nanya ke mekanik katanya jangan diganti dulu, kalo masih problem baru coba ganti. Sampai sekarang belum problem lagi jadi ga diganti.rifat175 wrote:mirip dgn saya, kebetulan mobil ini sangat jarang saya pakai. Sebulan paling 2-3 kali aja keluar. Saya juga gitu, pas getar hebat, diemin bentar, begitu udh panas mesinnya 80c, dinyalain lg hilang. Klo bensin disuruh turun kenapa ya om? Saya pake pertamax turbo terus pdhal.kingmidas wrote: ↑Thu Feb 27, 2020 2:28 Menyimak om.
Misfire ya om, saya juga pernah waktu mobil ga dipakai 3 minggu. Solusi sementara dimatiin terus nyalain lagi sudah normal.
Pas cek di bengkel, sd tulisannya ignition coil fail 3 buah, tapi kata mekaniknya cuma bensin turun balik ke tangki aja ga ada problem apa2.
Coba dipake rutin seminggu om. Mudah2an ga pincang lagi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS
Re: need help W212 mesinnya trouble
ECU M272 bisa diservis kok.
Dulu bini gue pakai C280 AMG W204 ECU rusak kata beres nya bisa dibenerin kok asal belum terlalu parah.
Cuman waktu itu milih untuk ganti aja, biar lebih aman.
Oh iya, waktu itu harga ganti ECU sekitar 40 jutaan, tahun 2011-2012. Kalau servis kurang lebih 15 juta. Sekarang lebih murah katanya.
Problem hanya di ECU gosong (khusus 6 silinder) dan kalau 7G-Tronic katanya suka masalah sensor. Both sangat bisa di solve.
Setiap mobil pasti ada masalah nya tersendiri.
Bahkan Camry pun sampai generasi XV70 aja selalu ada masalah dengan rack steer. Gantinya 20 juta juga, nggak murah.
Dulu bini gue pakai C280 AMG W204 ECU rusak kata beres nya bisa dibenerin kok asal belum terlalu parah.
Cuman waktu itu milih untuk ganti aja, biar lebih aman.
Oh iya, waktu itu harga ganti ECU sekitar 40 jutaan, tahun 2011-2012. Kalau servis kurang lebih 15 juta. Sekarang lebih murah katanya.
Still one of the most reliable sedans in Indonesia.
Problem hanya di ECU gosong (khusus 6 silinder) dan kalau 7G-Tronic katanya suka masalah sensor. Both sangat bisa di solve.
Setiap mobil pasti ada masalah nya tersendiri.
Bahkan Camry pun sampai generasi XV70 aja selalu ada masalah dengan rack steer. Gantinya 20 juta juga, nggak murah.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sun Jun 16, 2019 15:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CLS350
Re: need help W212 mesinnya trouble
Coba cek airmassnya om, e300 sy jg pernah ky gt. Ganti airmass lsg beres.rifat175 wrote: ↑Wed Feb 26, 2020 16:52 Saya punya w212 coupe (c207) tahun 2010, kalau mesinnya dingin, begitu dinyalain brebet dan setelah beberapa kali coba selalu kondisi mesin seperti pincang (salah satu atau 2 silinder gk fungsi). Tapi begitu ditunggu beberapa saat sampai mesin naik temperaturenya sekitar 80c, saya matikan mesin, saya nyalakan mesin lagi sudah normal lagi. Sdh coba datang ke bengkel resmi mercedes, tp blm ada hasil memuaskan, dicurigai ECUnya rusak dan harus ganti harga barunya 35jt
Butuh second opinionnya, kira2 kenapa dengan mobil saya ya? Ignition coil sdh dirolling2, problem tetep stay di cylinder nomer 2.