Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by timbermaniac123 »

WTA sarannya nih,

Sebelum nya saya pernah pake hrv, beberapa bulan lalu ganti almaz, tapi karena ga cocok sama kondisi mesin + FC dalam kotanya yang bisa 1:5-1:6. Makanya mau ganti mobil, kebetulan adek saya mau ambil almaz saya.

Kondisi saat ini, anak masih 1 dan suster 1. Jadi ber4 sama istri kalau jalan jalan. Sejauh ini ada 3 pilihan dmobil yang masing masing berbeda model.

1. HRV : FC sangat irit, daerah jakarta macet masih dapet 1:9. Road noise dan rattle ga jadi masalah besar karena dulu pernah bawa hrv dan pemakaian sehari2 non tol. Rencana kalau jadi hrv, ambil yang SE, jadi ga perlu modif apa apa langsung pakai aja, semua jok dan door trim sudah kulit.

Mungkin minus di saya cuma racksteer nya dan kapasitas 5 seater nya yang lebih kecil di antara 3 ini. istri, anak sama suster duduk di belakang semua.

2. Anki V diesel : FC ga jauh beda untuk dalam kota, mungkin sekitar 1:10 tapi harga dex lebih mahal dari pertamax (jadi harusnya si mirip2), legroom baris row 2 hampir sama leganya dengan hrv. Plus anki, torsi besar dan ready kapan pun dibawa keluar kota ajak mertua atau orang tua (7 seater).

Minusnya, perlu modif jok armrest, akan bau lem untuk berapa lama, dan saya masih skeptik apakah suara dan getaran diesel akan mengganggu. Sebelum nya tes drive anps punya kakak, nyetir lama lama lebih cepet cape kakinya dibanding mobil bensin. kekedapan anps masih bisa ditolerir sama keluarga. Fitur safety mungkin yang paling kurang di antara 3 mobil ini. Belum ada HSA + VSC di tipe V. Modelnya juga kurang sreg di saya secara saya agak kurang suka model mobil mobil MPV

3. Voxy : plusnya interior sangat lega untuk penumpang, fitur safety lebih lengkap dari anki. Lebih bergengsi untuk dipakai kerja juga dibanding anki. Suara mobil bensin pasti lebih senyap.

minusnya : saya tau isu suara berisik pintu2 ketika lewat jalanan jelek. takut FC sama borosnya dengan almaz. Saya dengar2 macet dalam kota bisa 1:7 (entah sudah eco mode atau belum), ada juga yang bilang bisa 1:9. Kalau bisa 1:9 sudah sangat cukup alasan untuk membeli voxy. Kekhawatiran lainnya dari segi kenyamanan harian bawa voxy untuk kerja, apakah gampang manuver untuk lewat2 jalan kecil (saya dengar radius putarnya jauh), biasa bawa suv apakah feel drive nya sangat berbeda jauh untuk mobil boxy? Dan apakah mobil ini siap dibawa untuk jalan2 keluar kota seperti bandung (concern GC nya) ?

So far istri suka innova dibanding hrv, karena sebelumnya pernah pakai hrv duduk belakang ber3 sama suster rasanya sumpek (tapi harusnya si mirip ya sama anki kalau row 2 duduk ber3). Kalau saya cenderung hrv, lebih lincah dan irit tapi khawatir 5 taun ke depan kayanya bakal makin sumpek lagi ini mobil karena kecil. Pertimbangan voxy, harga lebih mahal, takut sparepart indent & lebih mahal karena CBU, dan juga ini mobil satu satunya jadi sebisa mungkin masuk bengkel ga bisa lama lama atau ga bisa nunggu sp[arepart indent.
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by black2345 »

Kalau concern-nya ke fc jelas ambil ipah v diesel, apalagi kedepan pas anak nambah nggak bingung space buat barang bawaan yang segudang, btw memang getaran mesin diesel bisa sampe kaki pegel yak?
Kalau cari mobil keluarga murni di dalem kota, go for voxy.. Beberapa hari yang lalu saya lihat model yang terbaru cakep juga sih yg warna item.. MPV dengan sliding door itu nyaman banget dipakai di dalam kota
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by pendoli »

Kekhawatiran lainnya dari segi kenyamanan harian bawa voxy untuk kerja, apakah gampang manuver untuk lewat2 jalan kecil (saya dengar radius putarnya jauh), biasa bawa suv apakah feel drive nya sangat berbeda jauh untuk mobil boxy? Dan apakah mobil ini siap dibawa untuk jalan2 keluar kota seperti bandung (concern GC nya) ?
Gampang kok om. Gw merasa lebih lincah voxy malah daripada GLA wkwkwk. Ke bandung aman kok, ni besok mau ke bandung malah...
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by tesna »

family oriented: voxy
balance: innova diesel
hrv sih mobil dalkot sehari2 saja, tp saya sempet survive kok selama 4 tahun dengan 3 anak dengan 2 mobil 5 seater πŸ˜….Tentunya pas punya innova (lagi) anak2 lebih hepi sih emang.

btw, istri saya ngga suka nyetir innova, mungkin karena dashboard terlalu tinggi. Dia lebih prefer nyetir mazda6... bingung juga padahal secara dimensi mazda6 lbh panjang hahahaah

Alhasil saya terpaksa ngalah untuk pake innova buat harian saya ke kantor, jadilah innova dipasangin piggy biar ga kalah sm mazda6 🀣🀣🀣

PS: innova diesel sm mazda6 bensin cost buat bbm nya sama aja
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by pengendiesel »

Anki 2gd alus banget kok suara dan getaran mesinnya.

Tapi kalo saya di posisi om ts, saya bakal ambil voxy. Fitur lengkap, buat bawa keluarga pasti jauh lebih nyaman dibandingkan anki/hrv.
Kalo sekedar jakarta-bandung sih gak perlu bingung...konon di sm ada the legendary serena yang hobinya main offroad :big_biglaugh:
Saya pernah nulis di thread lainnya, pernah ketemu sl r129 di jalanan keriting + gelombang daerah besuki, bawanya lebih kenceng daripada pajero/42ner/innova :big_exellent:
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by doge »

ini mw beli baru apa seken? klo mw beli baru, atau muka tebel, cb aja ke diler minta TD.. sp tau mrk ada unit TDnya V diesel a/t.. 2th lalu dlu aku dpt unit TDnya V diesel a/t...

klo bwt allrounder yg males nginep bengkel lama" kyknya innova paling mending dr 3 opsi ini...
:ngacir:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by timbermaniac123 »

tesna wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 12:53 family oriented: voxy
balance: innova diesel
hrv sih mobil dalkot sehari2 saja, tp saya sempet survive kok selama 4 tahun dengan 3 anak dengan 2 mobil 5 seater πŸ˜….Tentunya pas punya innova (lagi) anak2 lebih hepi sih emang.

btw, istri saya ngga suka nyetir innova, mungkin karena dashboard terlalu tinggi. Dia lebih prefer nyetir mazda6... bingung juga padahal secara dimensi mazda6 lbh panjang hahahaah

Alhasil saya terpaksa ngalah untuk pake innova buat harian saya ke kantor, jadilah innova dipasangin piggy biar ga kalah sm mazda6 🀣🀣🀣

PS: innova diesel sm mazda6 bensin cost buat bbm nya sama aja
Haha alamak, tapi kalau 3 anak di belakang emang masih oke ya. 3 orang dewasa kayanya big no no. Hrv vs innova lebih enak bawa nya yang mana om ? ini anki diesel ? kalau iya, ada keluhan soal suara mesin ga oelh anak istri ? Memang, sepertinya anki udah paling seimbang ya. cuma kepikiran voxy kalau lebih worth buat anak dan istri happy, kayanya boleh juga. soalnya bakal dipake paling minim 5 taun ke depan.
doge wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 13:08 ini mw beli baru apa seken? klo mw beli baru, atau muka tebel, cb aja ke diler minta TD.. sp tau mrk ada unit TDnya V diesel a/t.. 2th lalu dlu aku dpt unit TDnya V diesel a/t...

klo bwt allrounder yg males nginep bengkel lama" kyknya innova paling mending dr 3 opsi ini...
Beli baru om. belum si, rencana mau ajak family ke showroom dulu untuk bandingin luas interior voxy sama innova. bini lebih suka yang mana nanti. bedanya si sekitar 70an, tapi kayanya masih worth kalau mereka suka. soalnya tiap pulang sekolah anak umur 2 taun pasti tidurnya di pangkuan istri, mungkin voxy bisa tidurin anak di voxy secara row 2 dan 3 bisa dibuat flat panjang.

nah itu mungkin jadi salah satu dilema voxy. tapi kata member vci si aman aman aja sparepart nya.

pengendiesel wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 12:55 Anki 2gd alus banget kok suara dan getaran mesinnya.

Tapi kalo saya di posisi om ts, saya bakal ambil voxy. Fitur lengkap, buat bawa keluarga pasti jauh lebih nyaman dibandingkan anki/hrv.
Kalo sekedar jakarta-bandung sih gak perlu bingung...konon di sm ada the legendary serena yang hobinya main offroad :big_biglaugh:
Saya pernah nulis di thread lainnya, pernah ketemu sl r129 di jalanan keriting + gelombang daerah besuki, bawanya lebih kenceng daripada pajero/42ner/innova :big_exellent:
Haha, jadi masih aman ya kalau voxy di bawa ke bandung. sip2 de, paling nanti sekalian mau td anki dulu.

pendoli wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 12:28
Kekhawatiran lainnya dari segi kenyamanan harian bawa voxy untuk kerja, apakah gampang manuver untuk lewat2 jalan kecil (saya dengar radius putarnya jauh), biasa bawa suv apakah feel drive nya sangat berbeda jauh untuk mobil boxy? Dan apakah mobil ini siap dibawa untuk jalan2 keluar kota seperti bandung (concern GC nya) ?
Gampang kok om. Gw merasa lebih lincah voxy malah daripada GLA wkwkwk. Ke bandung aman kok, ni besok mau ke bandung malah...
Hm gitu ya. itu voxy dibawa sehari2 om di jakarta ? Sejauh ini pernah sampe ga kuat nanjak ga ?

black2345 wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 10:45 Kalau concern-nya ke fc jelas ambil ipah v diesel, apalagi kedepan pas anak nambah nggak bingung space buat barang bawaan yang segudang, btw memang getaran mesin diesel bisa sampe kaki pegel yak?
Kalau cari mobil keluarga murni di dalem kota, go for voxy.. Beberapa hari yang lalu saya lihat model yang terbaru cakep juga sih yg warna item.. MPV dengan sliding door itu nyaman banget dipakai di dalam kota
Sebenernya saya sangat jarang keluar kota si. mungkin setahun paling banyak 1x. itupun paling jauh sekitar bandung. ho oh, saya si merasanya kaki nya lebih pegel.
blackwarr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Wed Feb 07, 2018 14:03

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by blackwarr »

maaf ya kalo jadi curhat
saya juga lagi galau pilihan yg mirip om
bedanya saya antara innova v diesel ama hrv prestige
hasil kemarin survey soalnya 2 mobil ini harganya mirip2
untuk saat saya sih lebih condong ke innova karna baca2 disini dia bisa minum solbus
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by martinnn »

innova aja deh.... betul betul multi purpose
:big_biglaugh:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by timbermaniac123 »

blackwarr wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 14:02 maaf ya kalo jadi curhat
saya juga lagi galau pilihan yg mirip om
bedanya saya antara innova v diesel ama hrv prestige
hasil kemarin survey soalnya 2 mobil ini harganya mirip2
untuk saat saya sih lebih condong ke innova karna baca2 disini dia bisa minum solbus
kalau saya si udah pasti kasih dex. kalau saya belum punya anak si, saya merem pilih hrv. secara dibawa kerja sehari2 praktis banget. Istri sempet ngeluh tau dulu saya mau upgrade ke hrv facelift. Hahaha
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by geofreyap »

Voxy lebih luas dalemnya di banding innova.
Tapi all rounder tetep anki sih.
Btw, arm rest yg di maksud di row 1 atau 2 Om ?

Trus masalah pegel kaki naik pajero, mgkn krn jok yg cenderung rendah, jadi posisi lebih jongkok.
Fortuner jg begitu soalnya.
Kalau anki lebih duduk posisinya.
CMIIW
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
becoolsp
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Tue Jan 14, 2014 0:26

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by becoolsp »

Posisi sy sama banget sama TS, ipah dono diesel dipake jd mobil sehari2 dan mobil keluarga. Yah enak2 aja kok om ts, tenaga dibawah gede, ga bakal underpower ni mobil, bolak balik semarang jakarta tahun ini ada kali 5x, semarang-sby sekali, semarang-malang 1x, semarang jogja banyak dah. Aman2 aja om. Dieselnya pake solbus, isi 200rb sampe jakarta πŸ˜‚ top speed 160 udah mentokkk, se kondisi keluarga sama, istri,anak+suster. Udah umur 5 sih, skrg di baris 2 bisa tdr pake bantal dan guling sendirian kalo pas ga bawa suster. Kadang bingungg, ni mobil harga jualnya masih di 210jt, mau jual tuker tambah, tapi sama mobil apa. Ini mobil all rounder banget. Ujung2nya sy yakin banget ya beli ipah diesel lagi, Istri sih ada mobil sendiri, jadi aman, kalo suruh nyetir ini dia ga mau, kaya kapal katanya, setir juga berat, dia kebiasaan bawa mobil kecil soalnya.

tp kenapaa ya ipah ga dibikin console box bagus, apa kasih arm rest kek ke supirnya, tangan kiri ini melayang2 kl nyetir jauh, om ts di atas ada bahas armrest, sy tertarik dengan idenya om, itu arm rest buat supir kan? Bisa ya modif arm rest untuk ipah, nanti console tengah tetep bisa dibuka om?
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by arsaerescool »

timbermaniac123 wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 10:30 WTA sarannya nih,

3. Voxy : plusnya interior sangat lega untuk penumpang, fitur safety lebih lengkap dari anki. Lebih bergengsi untuk dipakai kerja juga dibanding anki. Suara mobil bensin pasti lebih senyap.

minusnya : saya tau isu suara berisik pintu2 ketika lewat jalanan jelek. takut FC sama borosnya dengan almaz. Saya dengar2 macet dalam kota bisa 1:7 (entah sudah eco mode atau belum), ada juga yang bilang bisa 1:9. Kalau bisa 1:9 sudah sangat cukup alasan untuk membeli voxy. Kekhawatiran lainnya dari segi kenyamanan harian bawa voxy untuk kerja, apakah gampang manuver untuk lewat2 jalan kecil (saya dengar radius putarnya jauh), biasa bawa suv apakah feel drive nya sangat berbeda jauh untuk mobil boxy? Dan apakah mobil ini siap dibawa untuk jalan2 keluar kota seperti bandung (concern GC nya) ?

So far istri suka innova dibanding hrv, karena sebelumnya pernah pakai hrv duduk belakang ber3 sama suster rasanya sumpek (tapi harusnya si mirip ya sama anki kalau row 2 duduk ber3). Kalau saya cenderung hrv, lebih lincah dan irit tapi khawatir 5 taun ke depan kayanya bakal makin sumpek lagi ini mobil karena kecil. Pertimbangan voxy, harga lebih mahal, takut sparepart indent & lebih mahal karena CBU, dan juga ini mobil satu satunya jadi sebisa mungkin masuk bengkel ga bisa lama lama atau ga bisa nunggu sp[arepart indent.
All rounder tetap menang innova, dari segi kaki-kaki lebih kuat, radius putar lebih kecil dari voxy
Untuk mobil boxy sliding door emang lebih rattle kalo kena jalan jelek
Bawa keluar kota ? siapp
Voxy lebih kearah kenyamanan untuk keluarga di dalam kabinnya
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

timbermaniac123 wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 10:30 WTA sarannya nih,

Sebelum nya saya pernah pake hrv, beberapa bulan lalu ganti almaz, tapi karena ga cocok sama kondisi mesin + FC dalam kotanya yang bisa 1:5-1:6. Makanya mau ganti mobil, kebetulan adek saya mau ambil almaz saya.

Kondisi saat ini, anak masih 1 dan suster 1. Jadi ber4 sama istri kalau jalan jalan. Sejauh ini ada 3 pilihan dmobil yang masing masing berbeda model.

1. HRV : FC sangat irit, daerah jakarta macet masih dapet 1:9. Road noise dan rattle ga jadi masalah besar karena dulu pernah bawa hrv dan pemakaian sehari2 non tol. Rencana kalau jadi hrv, ambil yang SE, jadi ga perlu modif apa apa langsung pakai aja, semua jok dan door trim sudah kulit.

Mungkin minus di saya cuma racksteer nya dan kapasitas 5 seater nya yang lebih kecil di antara 3 ini. istri, anak sama suster duduk di belakang semua.

2. Anki V diesel : FC ga jauh beda untuk dalam kota, mungkin sekitar 1:10 tapi harga dex lebih mahal dari pertamax (jadi harusnya si mirip2), legroom baris row 2 hampir sama leganya dengan hrv. Plus anki, torsi besar dan ready kapan pun dibawa keluar kota ajak mertua atau orang tua (7 seater).

Minusnya, perlu modif jok armrest, akan bau lem untuk berapa lama, dan saya masih skeptik apakah suara dan getaran diesel akan mengganggu. Sebelum nya tes drive anps punya kakak, nyetir lama lama lebih cepet cape kakinya dibanding mobil bensin. kekedapan anps masih bisa ditolerir sama keluarga. Fitur safety mungkin yang paling kurang di antara 3 mobil ini. Belum ada HSA + VSC di tipe V. Modelnya juga kurang sreg di saya secara saya agak kurang suka model mobil mobil MPV

3. Voxy : plusnya interior sangat lega untuk penumpang, fitur safety lebih lengkap dari anki. Lebih bergengsi untuk dipakai kerja juga dibanding anki. Suara mobil bensin pasti lebih senyap.

minusnya : saya tau isu suara berisik pintu2 ketika lewat jalanan jelek. takut FC sama borosnya dengan almaz. Saya dengar2 macet dalam kota bisa 1:7 (entah sudah eco mode atau belum), ada juga yang bilang bisa 1:9. Kalau bisa 1:9 sudah sangat cukup alasan untuk membeli voxy. Kekhawatiran lainnya dari segi kenyamanan harian bawa voxy untuk kerja, apakah gampang manuver untuk lewat2 jalan kecil (saya dengar radius putarnya jauh), biasa bawa suv apakah feel drive nya sangat berbeda jauh untuk mobil boxy? Dan apakah mobil ini siap dibawa untuk jalan2 keluar kota seperti bandung (concern GC nya) ?

So far istri suka innova dibanding hrv, karena sebelumnya pernah pakai hrv duduk belakang ber3 sama suster rasanya sumpek (tapi harusnya si mirip ya sama anki kalau row 2 duduk ber3). Kalau saya cenderung hrv, lebih lincah dan irit tapi khawatir 5 taun ke depan kayanya bakal makin sumpek lagi ini mobil karena kecil. Pertimbangan voxy, harga lebih mahal, takut sparepart indent & lebih mahal karena CBU, dan juga ini mobil satu satunya jadi sebisa mungkin masuk bengkel ga bisa lama lama atau ga bisa nunggu sp[arepart indent.
sharing experience aja, kebetulan pake HRV 1.5E dan Voxy, sehari2 dipake buat ngantor PP Bogor-Jkt. Fuel consumption sama2 pake pertamax based on MID: HRV 13,x dan Voxy 11,2 realnya Voxy kira2 1/10.

HRV buat saya plusnya gampang manuver dan lincah, minusnya kadang cape juga sama suspensi kerasnya. Soal akomodasi, HRV cukup lega tapi anak istri saya lebih suka naik Voxy kalo pergi sekeluarga (4 orang dewasa). :big_smile]

Sebelum pake Voxy, saya pake Nav1 hampir 5 tahun dgn jarak tempuh >120rb km. So far gakda masalah dengan part fast moving dan saya selalu servis rutin di Auto 2000. Memang ada 1-2 part slow moving yg harus inden 2-3 hari, selebihnya aman2 aja.

Kalo Voxy harusnya ketersediaan spare part pasti lebih aman, mobilnya aja terjual 300-an unit/bulan.

So far pake Voxy puas, tampilan exterior keren, kualitas interior mewah, kabin lega, fitur lengkap, jok kulit, CBU Japan, dan.....anak kecil pasti senang karena bisa jalan2 dari kabin depan sampe belakang :wkkk:

Radius putar Voxy menurut saya lebih kecil atau sama dengan Yaris Lele (pernah beberapa kalo pake punya sodara).

Kekurangan Voxy, GC rendah, bunyi2 rattle di sliding door (punya saya kiri doang) kalo lewat jalan keriting.

So, kalo saya vote buat VOXY karena masih nyaman dipake buat harian dan beberapa tahun kedepan pasti Om butuh kabin yg lebih luas :mky_08:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by FU27 »

Klo saya di posisi oom, merem ambil voxy. Innova bagaimanapun tetap sebuah MPV. Bisa dibilang avanza++. Tapi ambience kabin tetap aja berasa MPV yang lantainya tidak rata. Klo voxy berasa di kelas lebih tinggi, anak2 bisa leluasa di dalam kabinnya.

Untuk masalah sliding door, harusnya ga masalah. Dulu saya pakai Granmax aja ga pernah bermasalah rattle yang mengganggu klo lewat jalan rusak. Pernah satu dua kali rattle, bisa beres dengan gampang kok, tinggal di stel pintunya. Selama stelan pintu pas, dan mekanisme penguncinya masih bagus, ga bakal berisik kok sliding door itu
mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Jan 11, 2016 5:09

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by mastom »

kenapa gak ANKI bensin?
konsumsi berapa sih, klo pake pertamax ujung2nya sama ga dgn pertadex

1-2 thn lagi kepikiran jg ganti mobil2 cc 1500an ke 2000an ..krn anak2 makin besar
yg masuk radar emang voxy dan anki bensin,
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by timbermaniac123 »

geofreyap wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 16:32 Voxy lebih luas dalemnya di banding innova.
Tapi all rounder tetep anki sih.
Btw, arm rest yg di maksud di row 1 atau 2 Om ?

Trus masalah pegel kaki naik pajero, mgkn krn jok yg cenderung rendah, jadi posisi lebih jongkok.
Fortuner jg begitu soalnya.
Kalau anki lebih duduk posisinya.
CMIIW
arm rest pintu maksudnya om. bahan beludru sedangkan saya gampang keringetan. pengalaman pake hrv pintu fabric, dipake 2 tahun, fabric armrestnya dakian putih2 gitu. ahahaha
becoolsp wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 17:30 Posisi sy sama banget sama TS, ipah dono diesel dipake jd mobil sehari2 dan mobil keluarga. Yah enak2 aja kok om ts, tenaga dibawah gede, ga bakal underpower ni mobil, bolak balik semarang jakarta tahun ini ada kali 5x, semarang-sby sekali, semarang-malang 1x, semarang jogja banyak dah. Aman2 aja om. Dieselnya pake solbus, isi 200rb sampe jakarta πŸ˜‚ top speed 160 udah mentokkk, se kondisi keluarga sama, istri,anak+suster. Udah umur 5 sih, skrg di baris 2 bisa tdr pake bantal dan guling sendirian kalo pas ga bawa suster. Kadang bingungg, ni mobil harga jualnya masih di 210jt, mau jual tuker tambah, tapi sama mobil apa. Ini mobil all rounder banget. Ujung2nya sy yakin banget ya beli ipah diesel lagi, Istri sih ada mobil sendiri, jadi aman, kalo suruh nyetir ini dia ga mau, kaya kapal katanya, setir juga berat, dia kebiasaan bawa mobil kecil soalnya.

tp kenapaa ya ipah ga dibikin console box bagus, apa kasih arm rest kek ke supirnya, tangan kiri ini melayang2 kl nyetir jauh, om ts di atas ada bahas armrest, sy tertarik dengan idenya om, itu arm rest buat supir kan? Bisa ya modif arm rest untuk ipah, nanti console tengah tetep bisa dibuka om?
Kemarin2 saya cari di toped, adanya si kaya bantal tambahan yang ditempel di atas cosole box. Kalau mobil2 lain, ada beberapa yang jual custom armrest console box tambahan. Ngayun nya parah ga om, soalnya kemarin pake anps, istri saya ngeluh banget gampang mual duduk di belakang.
arsaerescool wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 18:36
All rounder tetap menang innova, dari segi kaki-kaki lebih kuat, radius putar lebih kecil dari voxy
Untuk mobil boxy sliding door emang lebih rattle kalo kena jalan jelek
Bawa keluar kota ? siapp
Voxy lebih kearah kenyamanan untuk keluarga di dalam kabinnya
Hahaha sip2 lah, ditampung sarannya om. tinggal mampir ke showroom ama TD (kalau ada unit td)
Iriawans wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 23:53
sharing experience aja, kebetulan pake HRV 1.5E dan Voxy, sehari2 dipake buat ngantor PP Bogor-Jkt. Fuel consumption sama2 pake pertamax based on MID: HRV 13,x dan Voxy 11,2 realnya Voxy kira2 1/10.

HRV buat saya plusnya gampang manuver dan lincah, minusnya kadang cape juga sama suspensi kerasnya. Soal akomodasi, HRV cukup lega tapi anak istri saya lebih suka naik Voxy kalo pergi sekeluarga (4 orang dewasa). :big_smile]

Sebelum pake Voxy, saya pake Nav1 hampir 5 tahun dgn jarak tempuh >120rb km. So far gakda masalah dengan part fast moving dan saya selalu servis rutin di Auto 2000. Memang ada 1-2 part slow moving yg harus inden 2-3 hari, selebihnya aman2 aja.

Kalo Voxy harusnya ketersediaan spare part pasti lebih aman, mobilnya aja terjual 300-an unit/bulan.

So far pake Voxy puas, tampilan exterior keren, kualitas interior mewah, kabin lega, fitur lengkap, jok kulit, CBU Japan, dan.....anak kecil pasti senang karena bisa jalan2 dari kabin depan sampe belakang :wkkk:

Radius putar Voxy menurut saya lebih kecil atau sama dengan Yaris Lele (pernah beberapa kalo pake punya sodara).

Kekurangan Voxy, GC rendah, bunyi2 rattle di sliding door (punya saya kiri doang) kalo lewat jalan keriting.

So, kalo saya vote buat VOXY karena masih nyaman dipake buat harian dan beberapa tahun kedepan pasti Om butuh kabin yg lebih luas :mky_08:
Ternyata voxy borosnya lumayan juga ya beda nya sampe 2kpl. Dalam kota jakarta fc nya bagaimana ? Kalau saya baca2 info voxy, kayanya emang voxy ini bors kalau keluar kota ya. Pernah coba eco mode om dibangin hrv gimana ?
FU27 wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 0:20 Klo saya di posisi oom, merem ambil voxy. Innova bagaimanapun tetap sebuah MPV. Bisa dibilang avanza++. Tapi ambience kabin tetap aja berasa MPV yang lantainya tidak rata. Klo voxy berasa di kelas lebih tinggi, anak2 bisa leluasa di dalam kabinnya.

Untuk masalah sliding door, harusnya ga masalah. Dulu saya pakai Granmax aja ga pernah bermasalah rattle yang mengganggu klo lewat jalan rusak. Pernah satu dua kali rattle, bisa beres dengan gampang kok, tinggal di stel pintunya. Selama stelan pintu pas, dan mekanisme penguncinya masih bagus, ga bakal berisik kok sliding door itu
Ah iya, itu salah satu pertimbangan besar pilih voxy, apalagi sekarang pake almaz, standart istri lebih naik, lebih suka row 2 ga ada tunneling lantainya. anak saya lebih leluasa berdiri di tengah lantai. Apalagi liat captain seat venturer, makin ke belakang lantai nya makin naik, makin susah ke belakangnya.
mastom wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 0:57 kenapa gak ANKI bensin?
konsumsi berapa sih, klo pake pertamax ujung2nya sama ga dgn pertadex

1-2 thn lagi kepikiran jg ganti mobil2 cc 1500an ke 2000an ..krn anak2 makin besar
yg masuk radar emang voxy dan anki bensin,
saya denger2 si bisa 1:6 kalau dibandingkan diesel 1:10. Saya sendiri ga tahan bensin sekarang juga 1:6. 400rb cuma sanggup 250km.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 10:30 WTA sarannya nih,

Sebelum nya saya pernah pake hrv, beberapa bulan lalu ganti almaz, tapi karena ga cocok sama kondisi mesin + FC dalam kotanya yang bisa 1:5-1:6. Makanya mau ganti mobil, kebetulan adek saya mau ambil almaz saya.

Kondisi saat ini, anak masih 1 dan suster 1. Jadi ber4 sama istri kalau jalan jalan. Sejauh ini ada 3 pilihan dmobil yang masing masing berbeda model.

1. HRV : FC sangat irit, daerah jakarta macet masih dapet 1:9. Road noise dan rattle ga jadi masalah besar karena dulu pernah bawa hrv dan pemakaian sehari2 non tol. Rencana kalau jadi hrv, ambil yang SE, jadi ga perlu modif apa apa langsung pakai aja, semua jok dan door trim sudah kulit.

Mungkin minus di saya cuma racksteer nya dan kapasitas 5 seater nya yang lebih kecil di antara 3 ini. istri, anak sama suster duduk di belakang semua.

2. Anki V diesel : FC ga jauh beda untuk dalam kota, mungkin sekitar 1:10 tapi harga dex lebih mahal dari pertamax (jadi harusnya si mirip2), legroom baris row 2 hampir sama leganya dengan hrv. Plus anki, torsi besar dan ready kapan pun dibawa keluar kota ajak mertua atau orang tua (7 seater).

Minusnya, perlu modif jok armrest, akan bau lem untuk berapa lama, dan saya masih skeptik apakah suara dan getaran diesel akan mengganggu. Sebelum nya tes drive anps punya kakak, nyetir lama lama lebih cepet cape kakinya dibanding mobil bensin. kekedapan anps masih bisa ditolerir sama keluarga. Fitur safety mungkin yang paling kurang di antara 3 mobil ini. Belum ada HSA + VSC di tipe V. Modelnya juga kurang sreg di saya secara saya agak kurang suka model mobil mobil MPV

3. Voxy : plusnya interior sangat lega untuk penumpang, fitur safety lebih lengkap dari anki. Lebih bergengsi untuk dipakai kerja juga dibanding anki. Suara mobil bensin pasti lebih senyap.

minusnya : saya tau isu suara berisik pintu2 ketika lewat jalanan jelek. takut FC sama borosnya dengan almaz. Saya dengar2 macet dalam kota bisa 1:7 (entah sudah eco mode atau belum), ada juga yang bilang bisa 1:9. Kalau bisa 1:9 sudah sangat cukup alasan untuk membeli voxy. Kekhawatiran lainnya dari segi kenyamanan harian bawa voxy untuk kerja, apakah gampang manuver untuk lewat2 jalan kecil (saya dengar radius putarnya jauh), biasa bawa suv apakah feel drive nya sangat berbeda jauh untuk mobil boxy? Dan apakah mobil ini siap dibawa untuk jalan2 keluar kota seperti bandung (concern GC nya) ?

So far istri suka innova dibanding hrv, karena sebelumnya pernah pakai hrv duduk belakang ber3 sama suster rasanya sumpek (tapi harusnya si mirip ya sama anki kalau row 2 duduk ber3). Kalau saya cenderung hrv, lebih lincah dan irit tapi khawatir 5 taun ke depan kayanya bakal makin sumpek lagi ini mobil karena kecil. Pertimbangan voxy, harga lebih mahal, takut sparepart indent & lebih mahal karena CBU, dan juga ini mobil satu satunya jadi sebisa mungkin masuk bengkel ga bisa lama lama atau ga bisa nunggu sp[arepart indent.
Haervi itu dari pengalaman saya sendiri pake si idealnya buat single atau newlyweds aja. emang dalemnya luas sih untuk ukuran krosoper, tapi tidak bisa buat proper family hauler. Harus upgrade ke kakaknya (CRV) kalo mau proper family hauler. selain itu, haervi bawa 4 orang buat luar kota saja berasa bolot tenaganya.

blom lagi anak tambah gede pasti kebutuhan ruang di mobil makin banyak. Kurang wise kalo nantinya beli HRV terus dijual lagi ganti mobil lagi. saya di rumah kalo angkut orang sampe 5 saja gak pernah pake haervi kalo rutenya luar kota.

jadi kita mengkerucut ke 2 pilihan : Voxy dan ANKI.

Ini saya kasih pertanyaan simple saja :
- kurang dari 5 taun atau lebih dari 5 taun rencana dipakenya? Pertahun kira-kira jalan berapa KM, kurang dari 30.000 atau lebih dari 30.000 ?

kalau lebih dari 5yrs atau pertahun jalan lebih dari 30.000 definitely ANKI.

MPV boxy FWD begini tidak didesain untuk jalanan keriting Indonesia. Mereka didesain untuk jalanan Jepang yang mulus. Kaki-kaki sedan dengan badan segede MPV korbannya adalah keawetan komponen kaki-kaki dan steering utk jangka panjang.

Pengalaman dari yang murah (Freed) sampai yang mahal (Alphard) sama semua kaki-kakinya mulai minta jajan di tahun ke-5 / di atas 50.000 KM kalo dipake sehari-hari. Biarpun duitnya ada buat benerin, tapi kan sayang kalo mobil ngebengkel terus dan tiap ke luar kota musti tahan tahanin kuping dengan suara rattle dari kaki-kaki gegara tierod / balljointnya kena :mky_07:

Kalo jawabannya adalah less than 5yrs / less than 30k per tahun ya Voxy jelas pilihan menarik krn kualitas dan kemewahannya di atas ANKI. ohya ini MPV boxy kelebihannya pasti anak anak lebih suka dan aksesibilitasnya lebih bagus.
Last edited by ChZ on Fri Nov 15, 2019 3:06, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by evanbngdor »

timbermaniac123 wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 10:30
2. Anki V diesel : FC ga jauh beda untuk dalam kota, mungkin sekitar 1:10 tapi harga dex lebih mahal dari pertamax (jadi harusnya si mirip2), legroom baris row 2 hampir sama leganya dengan hrv. Plus anki, torsi besar dan ready kapan pun dibawa keluar kota ajak mertua atau orang tua (7 seater).

Minusnya, perlu modif jok armrest, akan bau lem untuk berapa lama, dan saya masih skeptik apakah suara dan getaran diesel akan mengganggu. Sebelum nya tes drive anps punya kakak, nyetir lama lama lebih cepet cape kakinya dibanding mobil bensin. kekedapan anps masih bisa ditolerir sama keluarga. Fitur safety mungkin yang paling kurang di antara 3 mobil ini. Belum ada HSA + VSC di tipe V. Modelnya juga kurang sreg di saya secara saya agak kurang suka model mobil mobil MPV
Ngaruh langsung ya Om kaki lebih cepet capek di mobil diesel dibanding mobil bensin?
:mky_01:

Untuk pemakaian jangka panjang ya ANKI pilihan paling oke dibanding opsi lainnya menurut saya. Ya sesuai jenis mobilnya "Multi Purpose Vehicle"
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by PRBS »

Saya (agak) di posisi om.. mobil perangnya nissan serena C26 (ya mirip2 lah sama voxy, walaupun lebih sophisticated si voxy).. alasannya mobil ini jadi mobil perang sih simple, sliding doornya memudahkan akses keluar masuk, kabin yg super lega dengan (semi) capt seatnya, dan mobil ini memang murni buat β€œsoccer moms” activity (buat antar jemput ke sekolah dan tempat les keponakan saya, buat les balet bareng gangnya dkk)..

Kilometer sudah 85rb, dengan daily activity BSD-Bintaro-Senopati.. kadang buat luarkota trayek jakarta-jogja (isi mobil udah kayak kos2an, ada stroller dkk).. tangguh? Tentu.. kaki2 baru ganti arm depan saja, sama shock belakang, (let say struktur kaki2 si C26 sama dengan voxy ya).. apakah buat daily merepotkan? Tergantung rutenya, kalau saya sih super fine, as long tidak memikirkan FC. Untuk manuver masih oke, apalagi ngubek2 cari jalan alternatif di kemang jaksel, masih oke kok.

Untuk bantu TS voting, saya voting agak 50:50.. separuh hati vote ke voxy, tapi separuh hati ke ANKI.. kenapa? Karena ANKI ini totally all rounded.. dia GC pas buat daily activity, sasis trucknya jaminan tahan banting, mesin dieselnya superior (dan masih bisa diisi solbus loh), dan kaki2nya jauh dari kata ringkih..

So, pilihan di TS sih.. oiya, tambahan lagi.. based on pengalaman saya, kalau daily activity hanya diisi untuk 2-3 orang, agak mubazir pakai mobil sekelas serena dan voxy.. mubazir space dan FC.. masih cocok pakai ANKI (IMHO ya)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 3:05
Ngaruh langsung ya Om kaki lebih cepet capek di mobil diesel dibanding mobil bensin?
:mky_01:

Untuk pemakaian jangka panjang ya ANKI pilihan paling oke dibanding opsi lainnya menurut saya. Ya sesuai jenis mobilnya "Multi Purpose Vehicle"
mungkin yang dimaksud ada 2 hal :

ANPS buat beberapa orang memang ada keluhan di legroom pengemudi karena desain centerdash nya.

atau

si oom ini gak terbiasa ngurut gas ala mobil diesel. krn ini juga terjadi di saya waktu dulu bawa Santafe diesel :mky_01: kakinya lebih cepet pegel.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

timbermaniac123 wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 1:33
geofreyap wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 16:32 Voxy lebih luas dalemnya di banding innova.
Tapi all rounder tetep anki sih.
Btw, arm rest yg di maksud di row 1 atau 2 Om ?

Trus masalah pegel kaki naik pajero, mgkn krn jok yg cenderung rendah, jadi posisi lebih jongkok.
Fortuner jg begitu soalnya.
Kalau anki lebih duduk posisinya.
CMIIW
arm rest pintu maksudnya om. bahan beludru sedangkan saya gampang keringetan. pengalaman pake hrv pintu fabric, dipake 2 tahun, fabric armrestnya dakian putih2 gitu. ahahaha
becoolsp wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 17:30 Posisi sy sama banget sama TS, ipah dono diesel dipake jd mobil sehari2 dan mobil keluarga. Yah enak2 aja kok om ts, tenaga dibawah gede, ga bakal underpower ni mobil, bolak balik semarang jakarta tahun ini ada kali 5x, semarang-sby sekali, semarang-malang 1x, semarang jogja banyak dah. Aman2 aja om. Dieselnya pake solbus, isi 200rb sampe jakarta πŸ˜‚ top speed 160 udah mentokkk, se kondisi keluarga sama, istri,anak+suster. Udah umur 5 sih, skrg di baris 2 bisa tdr pake bantal dan guling sendirian kalo pas ga bawa suster. Kadang bingungg, ni mobil harga jualnya masih di 210jt, mau jual tuker tambah, tapi sama mobil apa. Ini mobil all rounder banget. Ujung2nya sy yakin banget ya beli ipah diesel lagi, Istri sih ada mobil sendiri, jadi aman, kalo suruh nyetir ini dia ga mau, kaya kapal katanya, setir juga berat, dia kebiasaan bawa mobil kecil soalnya.

tp kenapaa ya ipah ga dibikin console box bagus, apa kasih arm rest kek ke supirnya, tangan kiri ini melayang2 kl nyetir jauh, om ts di atas ada bahas armrest, sy tertarik dengan idenya om, itu arm rest buat supir kan? Bisa ya modif arm rest untuk ipah, nanti console tengah tetep bisa dibuka om?
Kemarin2 saya cari di toped, adanya si kaya bantal tambahan yang ditempel di atas cosole box. Kalau mobil2 lain, ada beberapa yang jual custom armrest console box tambahan. Ngayun nya parah ga om, soalnya kemarin pake anps, istri saya ngeluh banget gampang mual duduk di belakang.
arsaerescool wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 18:36
All rounder tetap menang innova, dari segi kaki-kaki lebih kuat, radius putar lebih kecil dari voxy
Untuk mobil boxy sliding door emang lebih rattle kalo kena jalan jelek
Bawa keluar kota ? siapp
Voxy lebih kearah kenyamanan untuk keluarga di dalam kabinnya
Hahaha sip2 lah, ditampung sarannya om. tinggal mampir ke showroom ama TD (kalau ada unit td)
Iriawans wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 23:53
sharing experience aja, kebetulan pake HRV 1.5E dan Voxy, sehari2 dipake buat ngantor PP Bogor-Jkt. Fuel consumption sama2 pake pertamax based on MID: HRV 13,x dan Voxy 11,2 realnya Voxy kira2 1/10.

HRV buat saya plusnya gampang manuver dan lincah, minusnya kadang cape juga sama suspensi kerasnya. Soal akomodasi, HRV cukup lega tapi anak istri saya lebih suka naik Voxy kalo pergi sekeluarga (4 orang dewasa). :big_smile]

Sebelum pake Voxy, saya pake Nav1 hampir 5 tahun dgn jarak tempuh >120rb km. So far gakda masalah dengan part fast moving dan saya selalu servis rutin di Auto 2000. Memang ada 1-2 part slow moving yg harus inden 2-3 hari, selebihnya aman2 aja.

Kalo Voxy harusnya ketersediaan spare part pasti lebih aman, mobilnya aja terjual 300-an unit/bulan.

So far pake Voxy puas, tampilan exterior keren, kualitas interior mewah, kabin lega, fitur lengkap, jok kulit, CBU Japan, dan.....anak kecil pasti senang karena bisa jalan2 dari kabin depan sampe belakang :wkkk:

Radius putar Voxy menurut saya lebih kecil atau sama dengan Yaris Lele (pernah beberapa kalo pake punya sodara).

Kekurangan Voxy, GC rendah, bunyi2 rattle di sliding door (punya saya kiri doang) kalo lewat jalan keriting.

So, kalo saya vote buat VOXY karena masih nyaman dipake buat harian dan beberapa tahun kedepan pasti Om butuh kabin yg lebih luas :mky_08:
Ternyata voxy borosnya lumayan juga ya beda nya sampe 2kpl. Dalam kota jakarta fc nya bagaimana ? Kalau saya baca2 info voxy, kayanya emang voxy ini bors kalau keluar kota ya. Pernah coba eco mode om dibangin hrv gimana ?
FU27 wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 0:20 Klo saya di posisi oom, merem ambil voxy. Innova bagaimanapun tetap sebuah MPV. Bisa dibilang avanza++. Tapi ambience kabin tetap aja berasa MPV yang lantainya tidak rata. Klo voxy berasa di kelas lebih tinggi, anak2 bisa leluasa di dalam kabinnya.

Untuk masalah sliding door, harusnya ga masalah. Dulu saya pakai Granmax aja ga pernah bermasalah rattle yang mengganggu klo lewat jalan rusak. Pernah satu dua kali rattle, bisa beres dengan gampang kok, tinggal di stel pintunya. Selama stelan pintu pas, dan mekanisme penguncinya masih bagus, ga bakal berisik kok sliding door itu
Ah iya, itu salah satu pertimbangan besar pilih voxy, apalagi sekarang pake almaz, standart istri lebih naik, lebih suka row 2 ga ada tunneling lantainya. anak saya lebih leluasa berdiri di tengah lantai. Apalagi liat captain seat venturer, makin ke belakang lantai nya makin naik, makin susah ke belakangnya.
mastom wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 0:57 kenapa gak ANKI bensin?
konsumsi berapa sih, klo pake pertamax ujung2nya sama ga dgn pertadex

1-2 thn lagi kepikiran jg ganti mobil2 cc 1500an ke 2000an ..krn anak2 makin besar
yg masuk radar emang voxy dan anki bensin,
saya denger2 si bisa 1:6 kalau dibandingkan diesel 1:10. Saya sendiri ga tahan bensin sekarang juga 1:6. 400rb cuma sanggup 250km.
Udah pasti Voxy lebih boros, secara cc lebih gede dan mobilnya lebih gambot hehehe. Keluar kota kalo nyetirnya nyantai sih gak boros2 amat ya. Saya gak pernah pake Ecomodenya (emang ada ya?), paling cuma liat dari indikator Eco mode di dashboard nyala atau enggak.
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

ChZ wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 3:01
timbermaniac123 wrote: ↑Thu Nov 14, 2019 10:30 WTA sarannya nih,

Sebelum nya saya pernah pake hrv, beberapa bulan lalu ganti almaz, tapi karena ga cocok sama kondisi mesin + FC dalam kotanya yang bisa 1:5-1:6. Makanya mau ganti mobil, kebetulan adek saya mau ambil almaz saya.

Kondisi saat ini, anak masih 1 dan suster 1. Jadi ber4 sama istri kalau jalan jalan. Sejauh ini ada 3 pilihan dmobil yang masing masing berbeda model.

1. HRV : FC sangat irit, daerah jakarta macet masih dapet 1:9. Road noise dan rattle ga jadi masalah besar karena dulu pernah bawa hrv dan pemakaian sehari2 non tol. Rencana kalau jadi hrv, ambil yang SE, jadi ga perlu modif apa apa langsung pakai aja, semua jok dan door trim sudah kulit.

Mungkin minus di saya cuma racksteer nya dan kapasitas 5 seater nya yang lebih kecil di antara 3 ini. istri, anak sama suster duduk di belakang semua.

2. Anki V diesel : FC ga jauh beda untuk dalam kota, mungkin sekitar 1:10 tapi harga dex lebih mahal dari pertamax (jadi harusnya si mirip2), legroom baris row 2 hampir sama leganya dengan hrv. Plus anki, torsi besar dan ready kapan pun dibawa keluar kota ajak mertua atau orang tua (7 seater).

Minusnya, perlu modif jok armrest, akan bau lem untuk berapa lama, dan saya masih skeptik apakah suara dan getaran diesel akan mengganggu. Sebelum nya tes drive anps punya kakak, nyetir lama lama lebih cepet cape kakinya dibanding mobil bensin. kekedapan anps masih bisa ditolerir sama keluarga. Fitur safety mungkin yang paling kurang di antara 3 mobil ini. Belum ada HSA + VSC di tipe V. Modelnya juga kurang sreg di saya secara saya agak kurang suka model mobil mobil MPV

3. Voxy : plusnya interior sangat lega untuk penumpang, fitur safety lebih lengkap dari anki. Lebih bergengsi untuk dipakai kerja juga dibanding anki. Suara mobil bensin pasti lebih senyap.

minusnya : saya tau isu suara berisik pintu2 ketika lewat jalanan jelek. takut FC sama borosnya dengan almaz. Saya dengar2 macet dalam kota bisa 1:7 (entah sudah eco mode atau belum), ada juga yang bilang bisa 1:9. Kalau bisa 1:9 sudah sangat cukup alasan untuk membeli voxy. Kekhawatiran lainnya dari segi kenyamanan harian bawa voxy untuk kerja, apakah gampang manuver untuk lewat2 jalan kecil (saya dengar radius putarnya jauh), biasa bawa suv apakah feel drive nya sangat berbeda jauh untuk mobil boxy? Dan apakah mobil ini siap dibawa untuk jalan2 keluar kota seperti bandung (concern GC nya) ?

So far istri suka innova dibanding hrv, karena sebelumnya pernah pakai hrv duduk belakang ber3 sama suster rasanya sumpek (tapi harusnya si mirip ya sama anki kalau row 2 duduk ber3). Kalau saya cenderung hrv, lebih lincah dan irit tapi khawatir 5 taun ke depan kayanya bakal makin sumpek lagi ini mobil karena kecil. Pertimbangan voxy, harga lebih mahal, takut sparepart indent & lebih mahal karena CBU, dan juga ini mobil satu satunya jadi sebisa mungkin masuk bengkel ga bisa lama lama atau ga bisa nunggu sp[arepart indent.
Haervi itu dari pengalaman saya sendiri pake si idealnya buat single atau newlyweds aja. emang dalemnya luas sih untuk ukuran krosoper, tapi tidak bisa buat proper family hauler. Harus upgrade ke kakaknya (CRV) kalo mau proper family hauler. selain itu, haervi bawa 4 orang buat luar kota saja berasa bolot tenaganya.

blom lagi anak tambah gede pasti kebutuhan ruang di mobil makin banyak. Kurang wise kalo nantinya beli HRV terus dijual lagi ganti mobil lagi. saya di rumah kalo angkut orang sampe 5 saja gak pernah pake haervi kalo rutenya luar kota.

jadi kita mengkerucut ke 2 pilihan : Voxy dan ANKI.

Ini saya kasih pertanyaan simple saja :
- kurang dari 5 taun atau lebih dari 5 taun rencana dipakenya? Pertahun kira-kira jalan berapa KM, kurang dari 30.000 atau lebih dari 30.000 ?

kalau lebih dari 5yrs atau pertahun jalan lebih dari 30.000 definitely ANKI.

MPV boxy FWD begini tidak didesain untuk jalanan keriting Indonesia. Mereka didesain untuk jalanan Jepang yang mulus. Kaki-kaki sedan dengan badan segede MPV korbannya adalah keawetan komponen kaki-kaki dan steering utk jangka panjang.

Pengalaman dari yang murah (Freed) sampai yang mahal (Alphard) sama semua kaki-kakinya mulai minta jajan di tahun ke-5 / di atas 50.000 KM kalo dipake sehari-hari. Biarpun duitnya ada buat benerin, tapi kan sayang kalo mobil ngebengkel terus dan tiap ke luar kota musti tahan tahanin kuping dengan suara rattle dari kaki-kaki gegara tierod / balljointnya kena :mky_07:

Kalo jawabannya adalah less than 5yrs / less than 30k per tahun ya Voxy jelas pilihan menarik krn kualitas dan kemewahannya di atas ANKI. ohya ini MPV boxy kelebihannya pasti anak anak lebih suka dan aksesibilitasnya lebih bagus.
Pengalaman saya pake NAV1 selama hampir 5 tahun dan jarak tempuh >120rb km, kaki2 aman dan gakda yg perlu diganti. Mungkin faktor keberuntungan dapet mobil yg bagus kualitas produksinya atau karena rute yg dilalui sehari2 mostly jalan tol. :frm_salut:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by ChZ »

Iriawans wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 4:42
Pengalaman saya pake NAV1 selama hampir 5 tahun dan jarak tempuh >120rb km, kaki2 aman dan gakda yg perlu diganti. Mungkin faktor keberuntungan dapet mobil yg bagus kualitas produksinya atau karena rute yg dilalui sehari2 mostly jalan tol. :frm_salut:
nah iya experience may vary sih kalo rutenya bisa menjamin 80% aspal mulus tanpa ketemu jalan rusak si aman-aman saja. pengalaman sendiri soalnya pernah ngurusin Freed temen dan ada temen lain jg pake Freed kaki-kakinya kayak gak pernah bener :mky_01: ada aja masalahnya. Alphard pun keluhan beberapa pengguna juga rattle di kaki-kaki dan steering rack. cm kembali lagi ke rute dan gaya nyetirnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by evanbngdor »

Iriawans wrote: ↑Fri Nov 15, 2019 4:42
Pengalaman saya pake NAV1 selama hampir 5 tahun dan jarak tempuh >120rb km, kaki2 aman dan gakda yg perlu diganti. Mungkin faktor keberuntungan dapet mobil yg bagus kualitas produksinya atau karena rute yg dilalui sehari2 mostly jalan tol. :frm_salut:
Biasannya secara fisik part kaki2 masih kelihatan bagus, cuma tingkat keausan pasti ada Om, misalnya shockbreaker, mungkin secara fisik ngga keliatan bocor/rembes, tp daya redam nya pasti udah berkurang apalagi udah sampe 5 tahun&120rb km.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T