Bingung Mobil Budget 120-130jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by slapnuts »

Pertama, kalau ambil baru, udah siapkah dengan depresiasi tahun pertama dan kedua mobil baru? Karena tahun tab adalah depresiasi terbesar, apalagi bakal diapakai cuma 3 tahun.

Kedua, di SM ini sering terlalu insecure terhadap mobil bekas. Mobil umur 2013an juga asal dirawat baik-baik juga ga akan merongrong, kecuali fast moving yang memang wajib diganti sesuai umurnya. Apalagi kalau pilihannya cuma Yaris, ini mesin dipakai taksi sampai 500rb kilometer saja kuat apalagi cuma bekas pribadi. Kalau cuma dipakai 3 tahun mah kuat-kuat saja.

Pernah lihat mobil 2012-2013 mogok di jalan? Apalagi mobil jepang? Jarang kan. Jadi buat TS apabila suka Yaris yaudah ambil saja toh bukan mobil rewel, malah termasuk kategori mobil badak. Mazda2 juga sama-sama badak, namun spare part mahal (pernah pakai yang non-sky, engine mountingnya mahal). Juke? Lebih baik jangan, apalagi pakai cvt.

Beli mobil bekas paling siapkan 10juta buat beberes, dijual lagi pun depresiasinya ga seseram mobil baru yang ga mungkin baru dan bekasnya selisih 10juta saja.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by ChZ »

slapnuts wrote: Tue Nov 12, 2019 3:14 Pertama, kalau ambil baru, udah siapkah dengan depresiasi tahun pertama dan kedua mobil baru? Karena tahun tab adalah depresiasi terbesar, apalagi bakal diapakai cuma 3 tahun.

Kedua, di SM ini sering terlalu insecure terhadap mobil bekas. Mobil umur 2013an juga asal dirawat baik-baik juga ga akan merongrong, kecuali fast moving yang memang wajib diganti sesuai umurnya. Apalagi kalau pilihannya cuma Yaris, ini mesin dipakai taksi sampai 500rb kilometer saja kuat apalagi cuma bekas pribadi. Kalau cuma dipakai 3 tahun mah kuat-kuat saja.

Pernah lihat mobil 2012-2013 mogok di jalan? Apalagi mobil jepang? Jarang kan. Jadi buat TS apabila suka Yaris yaudah ambil saja toh bukan mobil rewel, malah termasuk kategori mobil badak. Mazda2 juga sama-sama badak, namun spare part mahal (pernah pakai yang non-sky, engine mountingnya mahal). Juke? Lebih baik jangan, apalagi pakai cvt.

Beli mobil bekas paling siapkan 10juta buat beberes, dijual lagi pun depresiasinya ga seseram mobil baru yang ga mungkin baru dan bekasnya selisih 10juta saja.
cukup setuju wkwkwk saya baru ngambil suzy splash 2013 kemarin buat mobil perang nyokap si kalo asal jalan doang ya jalan mobilnya. perbaikannya bisa dicicil paling kaki-kaki aja.

yaris 2013 si asal barangnya gak busuk perbaikan biasanya seputar kaki-kaki aja. penyakit mobil FWD monokok di indonesia rata-rata kalo dah tua pasti kaki-kaki dan steering rack. itupun bisa dicicil kok asal kuping cukup kebal dengan suara-suara.

buat saya si mobil bekas menangnya di kalo lecet lecet kita nggak terlalu ambil pusing ya. kalo mobil baru lecet dikit aja rasanya kok sayang banget...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by ak4ng »

Jelas beli yaris udah paling bener, parts pake limo taxi and juga Ada kw ori aspira and merk gurem :big_love: hindari type J karena non abs non airbag, minimal E,, perkiraan sih 120 bisa dapet yg S TRD sing penting bisa nego nya :big_love: btw baik yaris maupun vios tahun sgituan harganya beda tipis kok, maybe dipertimbangkan jg, :big_peace: soale vios gen2 dapet lampu HID :big_grin:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
kazhs
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Nov 10, 2019 16:37

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by kazhs »

black2345 wrote: Mon Nov 11, 2019 3:43 - Yaris pilihan yang paling masuk akal mengingat ini mobil pertama, mending pelihara yg rawatannya gampang, banyak bengkel resminya & partsnya melimpah

- Opsi kedua go for sirion, yes meskipun ini mobil desainnya aneh tapi ajaibnya nyaman & lega, belum lagi bengkel daihatsu & parts yg melimpah baik ori ataupun kw. Ane dulu tiap ke bali mesti ngerental sirion matic kalau untuk acara pribadi, berhubung sekarang rental uda ga ada yang ambil sirion, mau ga mau sewa yg lain
nah iyaa, sirion desainnya agak aneh sih menurut ane, kayanya lebih condong ke yaris daripada sirion om.
Jailanijailani wrote: Mon Nov 11, 2019 5:56 Kalo mbl pertama dan blm paham ngerawat mobil, mending ambil baru brio. Daripada ambil yaris dapatnya tahun tua. Kalo ada rewelnya bakal habisin waktu dan uang, belum lagi seandainya mogok tengah malam, tengah jalan, tengah hutan pas ujan deres pula
Iya om, setelah baca2 diskusi disini, jadi agak mikir2 lagi buat beli mobkas.

lemonadelovers wrote: Mon Nov 11, 2019 5:59 Ga menpertimbangkan ertiga gx 2013?
Nyari yang 2 row aja om, kegedean om kalo yang 3 row, hehe.

densept wrote: Mon Nov 11, 2019 6:05 Selain itu sih perbaikan besar yang saya ingat ganti hub bearing roda belakang kiri / kanan lupa 600rban, magnet clutch AC aja sih 1,2jt, selain itu no major issue, mungkin suspensi yang cenderung keras tapi gak level mengganggu kaya avanza / xenia sih.

Oh iya saya lupa all new swift 2nd di range harga yang sama tahunnya juga gak tua amat, all around fitur lebih oke dibanding Sirion, vote swift deh tapi trim GX ya, kalo trim GL nya terondolan kynya :mky_01:
Iyaa om, setelah liat2, bagus juga swift GX, cuma kemaren nyari2 sekilas, masih diatas 130 yang tahunnya ga terlalu tua.

FU27 wrote: Mon Nov 11, 2019 6:21 Test drive. Suruh istri yang test drive
Iyaa siap om, hehe.

kunaskun wrote: Mon Nov 11, 2019 7:32 kalau sudah pengalaman keluar masuk bengkel umum ya ambil yaris okelah. tapi kalau belum pernah sama sekali. mau gimana soal selera, mendingan amankan dompet dulu. karena mobil itu benda yang depresiasi gila2an diiringi dengan pengeluaran yang banyak juga.
Nah, ane sangat concern sama depresiasi ini gan.
Yang sangat jadi pertanyaan buat ane adalah:
"Apakah dalam 2-3 tahun ke depan (nilai depresiasi mobil baru = nilai depresiasi + cost perawatan mobil bekas)"
thirdstar7 wrote: Mon Nov 11, 2019 8:07 ga mempertimbangkan Kia rio 2010-2013/hyundai grand avega 2010-2013 om?
secara kelas ane rasa itu mobil paling ganteng and surprisingly enak loh.
sparepart ama mazda 2 masih murahan 2 boil ini kayaknya
Kia Rio sempet ngelirik om, tapi karena pabrikan korea, lumayan banyak sentimen negatif-nya ya? Kalo dibanding sama pabrikan jepang
Kalo kata om gimana? Saya ga terlalu paham sih. Apakah bisa disamaratakan Toyota Honda Mazda Suzuki dibanding dengan Kia Hyundai.

evanbngdor wrote: Mon Nov 11, 2019 8:55 Mobil pertama dan kalau memang msh awam sebenernya paling enak ambil baru, yg perlu dipikirin cuma bayarnya aja, tp setidaknya umumnya selama 3 tahun pertama msh ada garansi. Serahin aja semua ke bengkel resmi kalau emang mau yg praktis.

Kalau mau ambil bekas harus siap dana cadangan untuk peremajaan dan kalaupun ada perbaikan, di bengkel resmi udah pasti lebih mahal, kalau mau menghemat ya di bengkel swasta lainnya.

Kalau salah satu tujuannya biar punya pengalaman masalah2 mobil dimana itu jg ngga harus ambil mobil bekas sih Om. Gabung ke komunitas atau baca2 forum kayak SM ini juga pasti bakal dapet informasi itu sih. Cuma kalo om lebih seneng learning by doing sih ya boleh aja sih Om, yg penting harus dipikirkan matang-matang benefitnya
Siap om, ini juga lagi dipikir2 lagi yang pas yang gimana, hehe.

FU27 wrote: Mon Nov 11, 2019 15:33 Bener nih. Belajar ngerawat mobil bukan berarti harus beli mobil seken yang udah lumayan tua. Karena klo beli mobil seken keluaran 2012an aja, udah wajib siap2 dana 10jutaan buat beresin lagi. Belum biaya BBN. Banyak orang beli mobil seken, dan ketika waktunya bayar pajak tahunan ngebacot sana-sini nyinyir pemerintah. Koar2 bayar pajak dipersulit. Padahal dia yang ga patuh aturan untuk segera balik nama, karena duitnya habis. Cuma cukup buat beli mobil, dan perbaiki mobil sekadarnya.

Belum lagi yang nyetir belum piawai nyetir, bisa banyak lecet2. Asuransi biasanya sudah ga mau cover mobil2 umur segitu.

Klo duit ada 120-130jt. Baiknya beli mobil seken yang harganya maksimal 100jt, sisanya buat perbaikan dan balik nama. Jangan sampai punya mobil malah bikin pusing dan bikin keuangan morat-marit.
Iya sih om, biaya BBN juga lumayan, sekitar 2 jutaan ya untuk mobkas 100 jutaan?
Nah ini "belum piawai nyetir, bisa banyak lecet2", yang juga sangat jadi pikiran, haha, tapi dipikir2 ya udahlah, emg mobil buat dipake, nubruk dan baret ya nasib, kalo ga mau baret dan lecet ya ga usah pake mobil, nge-grab aja, hahahha
Siap om.

mike22 wrote: Mon Nov 11, 2019 23:31 Paling cocok yasir aja, visibilitasnya ok.
Irit+lincah+bandel.
Sip om.

pradit_d wrote: Tue Nov 12, 2019 1:01 Klo mobkas sih ada bagusnya jg, misalkan perlu duit tiba2 n harus jual mobil segera ga rugi2 amat karena harga jualnya ga beda jauh ama harga beli, asalkan yg kondiai bagus n gampang dijual ya. Klo mobil baru, depresiasi paling gede ya waktu dari pemilik pertama jual ke pemilik kedua.
Nah iya om, depresiasi ini yang ane concern.
Kayanya nanti ane mau bikin tabel perbandingannya deh, biar yakin, hahaa

gadjahalphien wrote: Tue Nov 12, 2019 1:09 Kalo mau cari mobil bekas dg range budget seperti itu dg salah satu tujuannya belajar dan g masalah dg agak tua, Cari yg bulletproof om.
Salah satu nya Altis, tuh mobil bulletproof banget selain Kijang, panther. Cari altis yg 2011-2013, dah di sekitar 100-130an. Lebih nyaman dibanding hatchback B segment (yaris, m2, jazz), size juga masih moderat.

Pengalaman melihara altis 2003 MT, kerusakan yg pernah terjadi : ganti engine mounting (2018), & evaporator AC (2013), selebihnya oli rutin.
Siap om, nanti coba ane cari2 altis.

mobilkutu wrote: Tue Nov 12, 2019 1:26 Ambil brio tipe terbaru tipe e cvt, udah best deal, cari km plg rendah tahun 2018 2019. Pake jasa check <500rb idr, hati tenang kantong aman.
Brio e cvt masih >140-150an om kayanya.
BTW mobil barunya 160, kalo dapet yang NIK tahun sebelumnya dapet diskon berapa ya om ?
Iya om, rencana kalo beli mobkas kayanya pake jasa kaya oto*pector gitu, Ok kan ya?

evanbngdor wrote: Tue Nov 12, 2019 2:18 Iyesss, terkadang biaya balik nama itu ngga diperhitungkan, padahal ya lumayan juga itu nominal nya. Apalagi kalo mobil yg termasuk mewah. Ujung2nya ya nunggu periode pemutihan dari pemerintah
:mky_01:
Nunggu periode pemutihannya untung2an om, kalo ada syukur, kalo ga ada ? hahaha

evanbngdor wrote: Tue Nov 12, 2019 2:21 Iya ini ada benernya juga kalo mau ngitung secara nilai buku (NBV) nya udah pasti depresiasinya lebih gede mobil baru drpd mobil bekas kalo dijual lg.

Cuma ya balik lg sesuai kebutuhan pemiliknya mau baru atau bekas. Ada temen saya jg dia anti beli mobil baru karena dia ngitung secara presentase&nominal itu jauh lebih banyak kerugian duit nya dibanding mobil bekas.
Nah kayanya saya setipe sama temennya om evan.
Dan nanti mau ane buat deh tabel value-nya worth yang mana, hahaha

slapnuts wrote: Tue Nov 12, 2019 3:14 Pertama, kalau ambil baru, udah siapkah dengan depresiasi tahun pertama dan kedua mobil baru? Karena tahun tab adalah depresiasi terbesar, apalagi bakal diapakai cuma 3 tahun.

Kedua, di SM ini sering terlalu insecure terhadap mobil bekas. Mobil umur 2013an juga asal dirawat baik-baik juga ga akan merongrong, kecuali fast moving yang memang wajib diganti sesuai umurnya. Apalagi kalau pilihannya cuma Yaris, ini mesin dipakai taksi sampai 500rb kilometer saja kuat apalagi cuma bekas pribadi. Kalau cuma dipakai 3 tahun mah kuat-kuat saja.

Pernah lihat mobil 2012-2013 mogok di jalan? Apalagi mobil jepang? Jarang kan. Jadi buat TS apabila suka Yaris yaudah ambil saja toh bukan mobil rewel, malah termasuk kategori mobil badak. Mazda2 juga sama-sama badak, namun spare part mahal (pernah pakai yang non-sky, engine mountingnya mahal). Juke? Lebih baik jangan, apalagi pakai cvt.

Beli mobil bekas paling siapkan 10juta buat beberes, dijual lagi pun depresiasinya ga seseram mobil baru yang ga mungkin baru dan bekasnya selisih 10juta saja.
Nah ini om, kayanya saya belom siap kalo depresiasi nya gede banget.
Oh, yaris dipake taxi apa ya om? baru tahu yaris ada yang dipakai taxi, saya taunya cuma limo, mobilio, avanza dll.
Siap om, sampai saat ini masih prefer mobkas sih mengingat value depresiasinya.
Nah BTW om seperti pertanyaan saya sebelumnya/
Apakah depresiasi mobil baru > depresiasi mobil bekas + cost perawatannya? (dengan asumsi kondisi mobil bekas-nya ga busuk)

ChZ wrote: Tue Nov 12, 2019 3:24 cukup setuju wkwkwk saya baru ngambil suzy splash 2013 kemarin buat mobil perang nyokap si kalo asal jalan doang ya jalan mobilnya. perbaikannya bisa dicicil paling kaki-kaki aja.

yaris 2013 si asal barangnya gak busuk perbaikan biasanya seputar kaki-kaki aja. penyakit mobil FWD monokok di indonesia rata-rata kalo dah tua pasti kaki-kaki dan steering rack. itupun bisa dicicil kok asal kuping cukup kebal dengan suara-suara.

buat saya si mobil bekas menangnya di kalo lecet lecet kita nggak terlalu ambil pusing ya. kalo mobil baru lecet dikit aja rasanya kok sayang banget...
Iya om, kemaren ada temen yang beli brio baru, gesrek trotoar, uring2annya ampun dah, padahal masih ada asuransi, tapi tetep aja uring2an, hehehe.

ak4ng wrote: Tue Nov 12, 2019 3:53 Jelas beli yaris udah paling bener, parts pake limo taxi and juga Ada kw ori aspira and merk gurem :big_love: hindari type J karena non abs non airbag, minimal E,, perkiraan sih 120 bisa dapet yg S TRD sing penting bisa nego nya :big_love: btw baik yaris maupun vios tahun sgituan harganya beda tipis kok, maybe dipertimbangkan jg, :big_peace: soale vios gen2 dapet lampu HID :big_grin:
Siap om, minimal E yaa, iyaa liat2 yg TRD banyak 130an sih kemaren, tinggal nego ya? hahaha.
Thx om infonya.


Btw thx buat diskusinya om black2345, jailanijailani, lemonadelovers, densept, FU27, kunaskun,thirdstar7, evanbngdor, mike22, mobilkutu, pradit_d, gadjahalphien, slapnuts, ChZ, dan ak4ng.

Sangat membuka pandangan baru.

Ditunggu diskusi lainnya, hehe
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by kunaskun »

kazhs wrote: Tue Nov 12, 2019 4:20
Nah, ane sangat concern sama depresiasi ini gan.
Yang sangat jadi pertanyaan buat ane adalah:
"Apakah dalam 2-3 tahun ke depan (nilai depresiasi mobil baru = nilai depresiasi + cost perawatan mobil bekas)"
ya kalau sangat concern ke depresiasi jgn beli mobil, apalagi mobil baru. 3 tahun pertama saja pasti tembus 20-30%. belum hitung biaya lainnya yang mesti dibayar: pajak, bensin, parkir, asuransi, perawatan, dsb.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by FU27 »

kazhs wrote: Tue Nov 12, 2019 4:20
Nah, ane sangat concern sama depresiasi ini gan.
Yang sangat jadi pertanyaan buat ane adalah:
"Apakah dalam 2-3 tahun ke depan (nilai depresiasi mobil baru = nilai depresiasi + cost perawatan mobil bekas)"

Klo mikirin depresiasi, jangan beli mobil oom. Beli mobil harus siap untuk depresiasi, karena mobil bisa dibilang barang konsumsi.

Klo dapat mobil bekas yang bagus, cost perawatan dan perbaikan bisa rendah. Tapi perlu diingat, makin tua mobil, cost perawatannya makin besar.

Tapi ada beberapa mobil yang nilai depresiasinya rendah. Sekadar share, saya pernah beli brio satya e mt 2015. Beli 2015 akhir dapat di harga 120jt. Jual awal 2019, laku 98,5jt. Selama 3 tahun pakai, mobil belum jajan apa2. Tapi kondisi ban mulai tipis, aki siap2 ganti. Dan yang beli wajib segera balik nama, karena STNK langsung saya blokir.
Last edited by FU27 on Tue Nov 12, 2019 7:14, edited 1 time in total.
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by slapnuts »


Nah ini om, kayanya saya belom siap kalo depresiasi nya gede banget.
Oh, yaris dipake taxi apa ya om? baru tahu yaris ada yang dipakai taxi, saya taunya cuma limo, mobilio, avanza dll.
Siap om, sampai saat ini masih prefer mobkas sih mengingat value depresiasinya.
Nah BTW om seperti pertanyaan saya sebelumnya/
Apakah depresiasi mobil baru > depresiasi mobil bekas + cost perawatannya? (dengan asumsi kondisi mobil bekas-nya ga busuk)
Yaris=Vios=Limo(Taxi), ketiga mobil tersebut sama, cuma beda berbuntut dan tidak, dan beberapa fitur pendukung saja. Apalagi Yaris Bakpao masih memakai mesin legandaris 1NZ-FE yang terkenal badak dan digunakan sejak Vios Gen 1 2003-2004 kalau ga salah.

mengenai depresiasi sudah disampaikan om di atas, yang jelas ga mungkin orang mau beli mobil bekas (kondisi normal/bukan karena hype model baru) apabila selisih cuma 10-20 juta dari harga baru (mending baru sekalian). Dari sini sudah terlihat depresiasi tahun pertama yang sangat besar, semakin ke belakang persentase depresiasi semakin berkurang.
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by mobilkutu »

Kalo ambil tipe s manual mah baru nya 130jt jg dapet. Nah ini baru belajar nama nya, belajar manual hahahaha, brio s manual baru sih dijamin peace of mind and peace of our wallet, irit banget, di rumah ada brio lama dan innova bensin, bagai bumi dan langit beda keiritan nya hahahah
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by marama »

swift 2013-2014 dapet tuh om, mesin plek r3 g usah ragu durabilitynya fitur banyak kl compare yaris ya, lbh kedap dr yaris
albertkartono
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Mar 12, 2018 3:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by albertkartono »

kazhs wrote: Sun Nov 10, 2019 22:52 Suhu, minta sarannya buat mobil harga 120-130, mobil pertama (tp ane siap belajar, dan ane cepet belajar), buat istri, harus matic, prefer hatchback/mobil2 kecil.

Beberapa hari ini cari2 mobil:
1. Mazda 2 (2012-2013), sreg banget sama interior dan exterior, apalagi ada kamera mundur, head udh bagus, di setir ada tombol2nya, dll. Tapi, baca2 disini, katanya servis+part mahal, kemungkinan banyak banget yg harus diganti. Baca salah satu komen juga, tahun segitu udh pada tumbang di bengkel2.

2. Nissan Juke (2011-2012), persis kaya mazda 2, suka sama exterior sama interior, tp di harga segitu kemaren dapetnya di km >80.000an, dan disini jarang yg recommend di harga segitu buat juke ya?.

3. Yaris (2012-2013) disini pada nyebut yaris bakpao ya? Ini nih most recommended disini kayanya, part melimpah, servis murah, dan toyota. Tp interior kurang suka, sebenernya gara2 headnya aja sih, ganti head paling kena 1jutaan ya? Pengen yg LCD.

Awalnya pengen old mazda 2 / old juke, tp setelah baca2 disini, pada recommend yaris bakpao, makin bingung. Pengen juga sebenernya all new brio, tp yg matic ga masuk budget. Harus matic soalnya istri bisanya matic.

Kalo kata suhu disini gimana ya? Prefer yg mobkas drpd LCGC baru, soalnya, istri yg make, paling nubruk, baret2, dsb, biar ga terlalu ngenes aja, dan ga tau, ga suka LCGC, walaupun worry free kalo beli baru

+Ignis juga ane dan istri ga suka sama design-nya, kalo juke suka, padahal sama2 nyentrik design-nya.

Mohon saran dan pengalamannya dari para suhu dijabarkan sedetailnya untuk ane yg bingung, hehehe.


Makasih sebelumnya.
Yaris bakpao aja om aplg buat istri thn
2012 e at.
Perawatan gampang, sparepart melimpah,durable, irit,buat prempuan pas penyimpanan melimpah, body kompak.
Kl mazda 2 dan juke sempit kabinnya om, penyimpanan jg ga sebyk di yaris bakpao.
:mky_02: :big_exellent: :big_smoking:
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by thirdstar7 »

Setau saya kia rio/grand avega durable kok om, temen sy ada pake ampe 200rb km masih ok aja.
Body jg gk ketinggalan zaman dibanding hb masa kini.
Transmisi jg matic konvensional, harusnya smpe km tinggi masih ok
kazhs
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Nov 10, 2019 16:37

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by kazhs »

kunaskun wrote: Tue Nov 12, 2019 5:36 ya kalau sangat concern ke depresiasi jgn beli mobil, apalagi mobil baru. 3 tahun pertama saja pasti tembus 20-30%. belum hitung biaya lainnya yang mesti dibayar: pajak, bensin, parkir, asuransi, perawatan, dsb.
Saya sih concern ke depresiasi, tapi menerima kalo mengalami depresiasi asal ga gede2 amat depresiasinya.
Nah mobil baru kurang sreg gara2 pasti tembus 20-30%nya itu..

FU27 wrote: Tue Nov 12, 2019 7:12 Klo mikirin depresiasi, jangan beli mobil oom. Beli mobil harus siap untuk depresiasi, karena mobil bisa dibilang barang konsumsi.

Klo dapat mobil bekas yang bagus, cost perawatan dan perbaikan bisa rendah. Tapi perlu diingat, makin tua mobil, cost perawatannya makin besar.

Tapi ada beberapa mobil yang nilai depresiasinya rendah. Sekadar share, saya pernah beli brio satya e mt 2015. Beli 2015 akhir dapat di harga 120jt. Jual awal 2019, laku 98,5jt. Selama 3 tahun pakai, mobil belum jajan apa2. Tapi kondisi ban mulai tipis, aki siap2 ganti. Dan yang beli wajib segera balik nama, karena STNK langsung saya blokir.
Iyaa ya om, mobil itu aset, tp bisa dibilang sebagai barang konsumsi juga yaa.
Nah, feeling sih all new brio depresiasinya rendah juga deh kayanya.

slapnuts wrote: Tue Nov 12, 2019 7:13 Yaris=Vios=Limo(Taxi), ketiga mobil tersebut sama, cuma beda berbuntut dan tidak, dan beberapa fitur pendukung saja. Apalagi Yaris Bakpao masih memakai mesin legandaris 1NZ-FE yang terkenal badak dan digunakan sejak Vios Gen 1 2003-2004 kalau ga salah.

mengenai depresiasi sudah disampaikan om di atas, yang jelas ga mungkin orang mau beli mobil bekas (kondisi normal/bukan karena hype model baru) apabila selisih cuma 10-20 juta dari harga baru (mending baru sekalian). Dari sini sudah terlihat depresiasi tahun pertama yang sangat besar, semakin ke belakang persentase depresiasi semakin berkurang.
Ohh sama yaa, kirain cuma Limo=Vios aja, ternyata sama juga sama Yaris, hehe.
Iyaa sih om, mesti selisihnya >10 jutaan pertahun untuk tahun2 awal.

mobilkutu wrote: Tue Nov 12, 2019 9:45 Kalo ambil tipe s manual mah baru nya 130jt jg dapet. Nah ini baru belajar nama nya, belajar manual hahahaha, brio s manual baru sih dijamin peace of mind and peace of our wallet, irit banget, di rumah ada brio lama dan innova bensin, bagai bumi dan langit beda keiritan nya hahahah
Iyaaa om, cuma belajar manualnya ntar lama lagi, baru PD makenya ntar taun depan, apalagi mobil baru, hahhaaha.

marama wrote: Tue Nov 12, 2019 9:51 swift 2013-2014 dapet tuh om, mesin plek r3 g usah ragu durabilitynya fitur banyak kl compare yaris ya, lbh kedap dr yaris
Swift GX ya om? kayanya kurang cocok sih sama swift, skrg lebih condong ke yaris bakpao.

albertkartono wrote: Tue Nov 12, 2019 10:26 Yaris bakpao aja om aplg buat istri thn
2012 e at.
Perawatan gampang, sparepart melimpah,durable, irit,buat prempuan pas penyimpanan melimpah, body kompak.
Kl mazda 2 dan juke sempit kabinnya om, penyimpanan jg ga sebyk di yaris bakpao.
Nah iyaaaa om, perempuan kayanya lebih cocok sama yang lega2, dan penyimpanannya banyak, hehe.
Juke kayanya coret sih, katanya maticnya ga bagus.

thirdstar7 wrote: Tue Nov 12, 2019 11:46 Setau saya kia rio/grand avega durable kok om, temen sy ada pake ampe 200rb km masih ok aja.
Body jg gk ketinggalan zaman dibanding hb masa kini.
Transmisi jg matic konvensional, harusnya smpe km tinggi masih ok
Tapi baca2 di tempat lain kia rio udh 100ribu udh harus banyak jajan gan, gimana nasib kali ya ? hehehe.

Skrg sangat condong ke Yaris E AT 2012-2013, sukur2 dapet yang S AT 2012-2013.
Cuma pengen retract spion aja sih dari seri S, kalo nambah sendiri retract spionnya 2 jutaan ya ?

Btw Thx lagi buat om kunaskun, FU27, slapnuts, mobilkutu, marama, albertkartono, dan thridstar7.
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by FU27 »

Semangat hunting oom. Jangan lupa sisakan budget buat perbaikan dan balik nama.
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by iwidiyanto »

avanza matic
duryudana
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Mar 05, 2016 12:52

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by duryudana »

Bulan kemarin sempet ngalamin hal yg serupa nih om, akhirnya dengan segala pertimbangan saya sama istri pilih datsun go cvt dapet dibawah 130 setelah diskon, kemarin pengen ambil yaris pertimbangan utamanya takut habis waktu untuk perbaikan ke bengkel untuk biaya sih itu soal pasti ya tapi waktu kadang ketika mobil diperlukan malah ada yg perlu perbaikan untuk tahun segitu yg perlu diperhatikan sisi ac kadang suka ga dingin soalnya cewek yg penting mobil lancar dihidupkan dan ac dingin.
Maunya brio tapi rasa2nya kemahalan soalnya setelah test drive go rasa berkendaranya hampir mirip dengan harga yang terpaut jauh, NVH go sudah bagus improvementnya, cvt memberikan rasa premium juga, yg beda karakter suspensinya saja brio lebih keras dan go lebih empuk tinggal selera. Tapi klo ngomongin RV go pasti ancur dan brio lebih baik.
Kemudian keduanya imho memiliki rasa berkendara yg lebih baik dari ignis. Yg terakhir eksterior go mirip sama yaris bapau jadi itu juga yg bikin istri saya suka bagasi juga lebih luas go dibanding brio.
Sebenernya klo nissan niat jualan ini go saingan brio sama kayak yaris bapau vs jazz ge8.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by Pboyz97 »

Vote for yaris, perawatan gampang dan mesinnya badak + akomodasi jg lebih baik daripada old m2 dan juke. Kalau mau baru, brio Satya S jg bisa jadi pertimbangan
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by ginting »

kazhs wrote:
kunaskun wrote: Tue Nov 12, 2019 5:36 ya kalau sangat concern ke depresiasi jgn beli mobil, apalagi mobil baru. 3 tahun pertama saja pasti tembus 20-30%. belum hitung biaya lainnya yang mesti dibayar: pajak, bensin, parkir, asuransi, perawatan, dsb.
Saya sih concern ke depresiasi, tapi menerima kalo mengalami depresiasi asal ga gede2 amat depresiasinya.
Nah mobil baru kurang sreg gara2 pasti tembus 20-30%nya itu..

FU27 wrote: Tue Nov 12, 2019 7:12 Klo mikirin depresiasi, jangan beli mobil oom. Beli mobil harus siap untuk depresiasi, karena mobil bisa dibilang barang konsumsi.

Klo dapat mobil bekas yang bagus, cost perawatan dan perbaikan bisa rendah. Tapi perlu diingat, makin tua mobil, cost perawatannya makin besar.

Tapi ada beberapa mobil yang nilai depresiasinya rendah. Sekadar share, saya pernah beli brio satya e mt 2015. Beli 2015 akhir dapat di harga 120jt. Jual awal 2019, laku 98,5jt. Selama 3 tahun pakai, mobil belum jajan apa2. Tapi kondisi ban mulai tipis, aki siap2 ganti. Dan yang beli wajib segera balik nama, karena STNK langsung saya blokir.
Iyaa ya om, mobil itu aset, tp bisa dibilang sebagai barang konsumsi juga yaa.
Nah, feeling sih all new brio depresiasinya rendah juga deh kayanya.

slapnuts wrote: Tue Nov 12, 2019 7:13 Yaris=Vios=Limo(Taxi), ketiga mobil tersebut sama, cuma beda berbuntut dan tidak, dan beberapa fitur pendukung saja. Apalagi Yaris Bakpao masih memakai mesin legandaris 1NZ-FE yang terkenal badak dan digunakan sejak Vios Gen 1 2003-2004 kalau ga salah.

mengenai depresiasi sudah disampaikan om di atas, yang jelas ga mungkin orang mau beli mobil bekas (kondisi normal/bukan karena hype model baru) apabila selisih cuma 10-20 juta dari harga baru (mending baru sekalian). Dari sini sudah terlihat depresiasi tahun pertama yang sangat besar, semakin ke belakang persentase depresiasi semakin berkurang.
Ohh sama yaa, kirain cuma Limo=Vios aja, ternyata sama juga sama Yaris, hehe.
Iyaa sih om, mesti selisihnya >10 jutaan pertahun untuk tahun2 awal.

mobilkutu wrote: Tue Nov 12, 2019 9:45 Kalo ambil tipe s manual mah baru nya 130jt jg dapet. Nah ini baru belajar nama nya, belajar manual hahahaha, brio s manual baru sih dijamin peace of mind and peace of our wallet, irit banget, di rumah ada brio lama dan innova bensin, bagai bumi dan langit beda keiritan nya hahahah
Iyaaa om, cuma belajar manualnya ntar lama lagi, baru PD makenya ntar taun depan, apalagi mobil baru, hahhaaha.

marama wrote: Tue Nov 12, 2019 9:51 swift 2013-2014 dapet tuh om, mesin plek r3 g usah ragu durabilitynya fitur banyak kl compare yaris ya, lbh kedap dr yaris
Swift GX ya om? kayanya kurang cocok sih sama swift, skrg lebih condong ke yaris bakpao.

albertkartono wrote: Tue Nov 12, 2019 10:26 Yaris bakpao aja om aplg buat istri thn
2012 e at.
Perawatan gampang, sparepart melimpah,durable, irit,buat prempuan pas penyimpanan melimpah, body kompak.
Kl mazda 2 dan juke sempit kabinnya om, penyimpanan jg ga sebyk di yaris bakpao.
Nah iyaaaa om, perempuan kayanya lebih cocok sama yang lega2, dan penyimpanannya banyak, hehe.
Juke kayanya coret sih, katanya maticnya ga bagus.

thirdstar7 wrote: Tue Nov 12, 2019 11:46 Setau saya kia rio/grand avega durable kok om, temen sy ada pake ampe 200rb km masih ok aja.
Body jg gk ketinggalan zaman dibanding hb masa kini.
Transmisi jg matic konvensional, harusnya smpe km tinggi masih ok
Tapi baca2 di tempat lain kia rio udh 100ribu udh harus banyak jajan gan, gimana nasib kali ya ? hehehe.

Skrg sangat condong ke Yaris E AT 2012-2013, sukur2 dapet yang S AT 2012-2013.
Cuma pengen retract spion aja sih dari seri S, kalo nambah sendiri retract spionnya 2 jutaan ya ?

Btw Thx lagi buat om kunaskun, FU27, slapnuts, mobilkutu, marama, albertkartono, dan thridstar7.
oom oom..sy mau tanya..Yaris yg pake CVT itu mulai tahun brp sih ?
yg geared AT terakhir diluncurkan kapan ya ? 2017 ya ?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by maastricht889 »

ginting wrote: Sun Nov 17, 2019 3:18
kazhs wrote:
kunaskun wrote: Tue Nov 12, 2019 5:36 ya kalau sangat concern ke depresiasi jgn beli mobil, apalagi mobil baru. 3 tahun pertama saja pasti tembus 20-30%. belum hitung biaya lainnya yang mesti dibayar: pajak, bensin, parkir, asuransi, perawatan, dsb.
Saya sih concern ke depresiasi, tapi menerima kalo mengalami depresiasi asal ga gede2 amat depresiasinya.
Nah mobil baru kurang sreg gara2 pasti tembus 20-30%nya itu..

FU27 wrote: Tue Nov 12, 2019 7:12 Klo mikirin depresiasi, jangan beli mobil oom. Beli mobil harus siap untuk depresiasi, karena mobil bisa dibilang barang konsumsi.

Klo dapat mobil bekas yang bagus, cost perawatan dan perbaikan bisa rendah. Tapi perlu diingat, makin tua mobil, cost perawatannya makin besar.

Tapi ada beberapa mobil yang nilai depresiasinya rendah. Sekadar share, saya pernah beli brio satya e mt 2015. Beli 2015 akhir dapat di harga 120jt. Jual awal 2019, laku 98,5jt. Selama 3 tahun pakai, mobil belum jajan apa2. Tapi kondisi ban mulai tipis, aki siap2 ganti. Dan yang beli wajib segera balik nama, karena STNK langsung saya blokir.
Iyaa ya om, mobil itu aset, tp bisa dibilang sebagai barang konsumsi juga yaa.
Nah, feeling sih all new brio depresiasinya rendah juga deh kayanya.

slapnuts wrote: Tue Nov 12, 2019 7:13 Yaris=Vios=Limo(Taxi), ketiga mobil tersebut sama, cuma beda berbuntut dan tidak, dan beberapa fitur pendukung saja. Apalagi Yaris Bakpao masih memakai mesin legandaris 1NZ-FE yang terkenal badak dan digunakan sejak Vios Gen 1 2003-2004 kalau ga salah.

mengenai depresiasi sudah disampaikan om di atas, yang jelas ga mungkin orang mau beli mobil bekas (kondisi normal/bukan karena hype model baru) apabila selisih cuma 10-20 juta dari harga baru (mending baru sekalian). Dari sini sudah terlihat depresiasi tahun pertama yang sangat besar, semakin ke belakang persentase depresiasi semakin berkurang.
Ohh sama yaa, kirain cuma Limo=Vios aja, ternyata sama juga sama Yaris, hehe.
Iyaa sih om, mesti selisihnya >10 jutaan pertahun untuk tahun2 awal.

mobilkutu wrote: Tue Nov 12, 2019 9:45 Kalo ambil tipe s manual mah baru nya 130jt jg dapet. Nah ini baru belajar nama nya, belajar manual hahahaha, brio s manual baru sih dijamin peace of mind and peace of our wallet, irit banget, di rumah ada brio lama dan innova bensin, bagai bumi dan langit beda keiritan nya hahahah
Iyaaa om, cuma belajar manualnya ntar lama lagi, baru PD makenya ntar taun depan, apalagi mobil baru, hahhaaha.

marama wrote: Tue Nov 12, 2019 9:51 swift 2013-2014 dapet tuh om, mesin plek r3 g usah ragu durabilitynya fitur banyak kl compare yaris ya, lbh kedap dr yaris
Swift GX ya om? kayanya kurang cocok sih sama swift, skrg lebih condong ke yaris bakpao.

albertkartono wrote: Tue Nov 12, 2019 10:26 Yaris bakpao aja om aplg buat istri thn
2012 e at.
Perawatan gampang, sparepart melimpah,durable, irit,buat prempuan pas penyimpanan melimpah, body kompak.
Kl mazda 2 dan juke sempit kabinnya om, penyimpanan jg ga sebyk di yaris bakpao.
Nah iyaaaa om, perempuan kayanya lebih cocok sama yang lega2, dan penyimpanannya banyak, hehe.
Juke kayanya coret sih, katanya maticnya ga bagus.

thirdstar7 wrote: Tue Nov 12, 2019 11:46 Setau saya kia rio/grand avega durable kok om, temen sy ada pake ampe 200rb km masih ok aja.
Body jg gk ketinggalan zaman dibanding hb masa kini.
Transmisi jg matic konvensional, harusnya smpe km tinggi masih ok
Tapi baca2 di tempat lain kia rio udh 100ribu udh harus banyak jajan gan, gimana nasib kali ya ? hehehe.

Skrg sangat condong ke Yaris E AT 2012-2013, sukur2 dapet yang S AT 2012-2013.
Cuma pengen retract spion aja sih dari seri S, kalo nambah sendiri retract spionnya 2 jutaan ya ?

Btw Thx lagi buat om kunaskun, FU27, slapnuts, mobilkutu, marama, albertkartono, dan thridstar7.
oom oom..sy mau tanya..Yaris yg pake CVT itu mulai tahun brp sih ?
yg geared AT terakhir diluncurkan kapan ya ? 2017 ya ?
CVT mulai 2016an akhir om, jaman2 heykers launch itu udah jd cvt
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by FU27 »

2016 kayanya oom. Pas ganti CVT, mesin juga ikut ganti jadi NR, klo mesinnya masih 1NZ, masih 4AT
Memberbaruapril19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by Memberbaruapril19 »

Karena mobil pertama mending uangnya dijadiin DP hyundai kona atau santa fe... Worry free ada garansi 5 tahun pula... Hati senang hidup pun tenang pakai mobil kualitas global
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by pengendiesel »

Memberbaruapril19 wrote: Sun Nov 17, 2019 9:57 Karena mobil pertama mending uangnya dijadiin DP hyundai kona atau santa fe... Worry free ada garansi 5 tahun pula... Hati senang hidup pun tenang pakai mobil kualitas global
Spk lagi sepi om?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Bingung Mobil Budget 120-130jt

Post by evanbngdor »

Memberbaruapril19 wrote: Sun Nov 17, 2019 9:57 Karena mobil pertama mending uangnya dijadiin DP hyundai kona atau santa fe... Worry free ada garansi 5 tahun pula... Hati senang hidup pun tenang pakai mobil kualitas global
DP 120-130 jutaan, cicilan 0 rupiah sih menarik jg Om. Siapa tau TS tertarik jg, sesuai budget jg kan kalo gitu
:mky_08:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T