Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Tue Oct 22, 2019 2:50
quyquy wrote: Mon Oct 21, 2019 17:07 Bikin nasi goreng 10-20 piring dengan rasa yang enak dan sama semua itu masih mudah

Tetapi, ketika bikin nasi goreng 100 bahkan 1000 piring dengan tetap mempertahankan kualitas itu nggak gampang. Butuh keseriusan.
Nah analogi di dunia catering ini pas. Misal ada catering dia soal rasa oke, kenapa bisa oke, salah satunya karena kuantitasnya ngga terlalu banyak jd QC nya bisa lebih terjaga.

Tp begitu ada permintaan pesanan yang mungkin secara kapasitas produksi masih mumpuni tp si catering belum pernah&siap melakukan itu, pasti ada kemungkinan rasa ngga konsisten, matang nya ngga merata, bahkan bisa jadi basi karena teknik masak jumlah banyak belom ngerti.
ane rasa permasalahan QC di mobil - mobil baru sekarang juga karena volume yang semakin banyak dan jenis yang makin beragam. Dulu 1 pabrik mungkin cuma produksi 1-2 jenis mobil, sekarang bisa lebih dari 5 karena menjamurnya platform share, dan kapasitas produksi nambah karena orang mampu beli mobil makin banyak... :mky_01:

blom lagi kalo inden numpuk yang korban ya pabrik mesti lembur2 (makanya kebanyakan error biasa di 1st batch production...)

repotnya mobil terdiri dari ribuan komponen. jadi bisa jd quality control di pabrik mobilnya oke, eh ternyata errornya dari supplier :mky_01:

nah yang sebesar merk jepang kawakan macem toyodai saja beberapa kali kelolosan... pdhl kita tau jepang sangat ketat soal quality control...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Tue Oct 22, 2019 3:25
ane rasa permasalahan QC di mobil - mobil baru sekarang juga karena volume yang semakin banyak dan jenis yang makin beragam. Dulu 1 pabrik mungkin cuma produksi 1-2 jenis mobil, sekarang bisa lebih dari 5 karena menjamurnya platform share, dan kapasitas produksi nambah karena orang mampu beli mobil makin banyak... :mky_01:

blom lagi kalo inden numpuk yang korban ya pabrik mesti lembur2 (makanya kebanyakan error biasa di 1st batch production...)

repotnya mobil terdiri dari ribuan komponen. jadi bisa jd quality control di pabrik mobilnya oke, eh ternyata errornya dari supplier :mky_01:

nah yang sebesar merk jepang kawakan macem toyodai saja beberapa kali kelolosan... pdhl kita tau jepang sangat ketat soal quality control...
Ya kayak kasus airbag takata itu salah satunya, bukan murni salah si pabrikan mobil. Ya ada salah sih kenapa pilih supplier itu, cuma kan itu special case
:mky_01:

Cuma balik lg skg ini bukan sekedar kualitas produksi nya aja yg bikin daya tarik tp aftersales nya juga. Bahkan tetangga saya aja setia sama brand Toyota cuma karena sales nya itu rutin per bulan nanyain kabar nya, kondisi mobilnya gimana, ada keluhan atau ngga. Pernah ada keluhan si sales nya bantu ajuin claim garansi.

Cuma gara2 hal sepele gitu doang ternyata bisa bikin orang kecantol dan ngga mau pindah ke lain hati. Padahal mungkin ngga semua sales gitu kan. Katanya sebagai konsumen dia ngerasa sangat dimanusiakan&dihargai dengan sikap si salesnya
:wkkk:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Tue Oct 22, 2019 3:42
Ya kayak kasus airbag takata itu salah satunya, bukan murni salah si pabrikan mobil. Ya ada salah sih kenapa pilih supplier itu, cuma kan itu special case
:mky_01:

Cuma balik lg skg ini bukan sekedar kualitas produksi nya aja yg bikin daya tarik tp aftersales nya juga. Bahkan tetangga saya aja setia sama brand Toyota cuma karena sales nya itu rutin per bulan nanyain kabar nya, kondisi mobilnya gimana, ada keluhan atau ngga. Pernah ada keluhan si sales nya bantu ajuin claim garansi.

Cuma gara2 hal sepele gitu doang ternyata bisa bikin orang kecantol dan ngga mau pindah ke lain hati. Padahal mungkin ngga semua sales gitu kan. Katanya sebagai konsumen dia ngerasa sangat dimanusiakan&dihargai dengan sikap si salesnya
:wkkk:
takata sendiri sbnrnya yang pake hampir semua merek jepang sih, makanya yg recall waktu itu nggak cuma honda. cuma honda yang duluan recall.

wkwkwkw yah itulah hebatnya toyota di +62 bisa ngasih experience yang memuaskan ke usernya. ditambah mobilnya juga terkenal kuat. temen saya di rumahnya ada yaris telor-sienta-innova reborn. pake toyota juga karena alesan yang sama gak perlu repot apa-apa tinggal panggil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ririeiman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
Location: pekanbaru
Daily Vehicle: Livina Xgear

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ririeiman »

Mau ngomong apa juga , mobil china akan berjaya dan mobil jepang akan tiarap . Dah hukum alam
sealplayerz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 203
Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by sealplayerz »

ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 3:57 Mau ngomong apa juga , mobil china akan berjaya dan mobil jepang akan tiarap . Dah hukum alam
Sebelum ngomong gitu, mending perbaiki dulu QC nya. Merek jepang juga gak bakal diem aja.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by Omnibus »

mari kita saksikan bersama. saya penasaran bgt sm masa depan wuling n dfsk, paling tdk di +62
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by AdmiralPhantom »

ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 3:57 Mau ngomong apa juga , mobil china akan berjaya dan mobil jepang akan tiarap . Dah hukum alam

Tapi bukan berarti mobil jepang lenyap. Macam dulu byk mobil eropa dan amrik tp ketika mobil jepang msk mobil eropa dan amrik ga lgsg tergantikan melainkan terkesan "naik kelas"

Lagi pula disini mobil china masih harus berkutat dgn image spt quality maupun sentimen sinophobia
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by KielConstantine »

Biasanya sih orang yg suka ngata2in mobil jepang mainstream (Toyota-Honda) jelek, mobil sejuta umat, mobil dipandang sebelah mata.

Umur mobil pribadinya rata-rata pada pendek. Itu smua ditebus demi sebuah gengsi.... ooooo mobil gue laen dari yg laen lohh. Jarang ada dijalan raya lohhh.... fun to drive bangetss lohhh. Wakakaka

Baru beli baru. Pake 1 - 2 tahunan langsung muncul problem silih berganti. Trus kesel sendiri. Apalagi dateng bill tagihan bengkel 5jt+++ muka langsun manyun tuh bibir pas ngebayar tagihan .

Masihhh terus ngejek2 avanza jelek lah, rush jelek lah, kijang jelek lah. Sementara mobil anti mainstream kebanggannya sudah mulai ngejogrok di garasi doank. Jd endless money pits :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2533
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by KielConstantine »

Contoh nyata si Ford wkwkwkwkwk.

Gw inget banget pada jamannya tahun 2012. Jaman ford fiesta lagi naek daun. Beuh di elu-elu kan banget sama pemiliknya itu mobil. Bikin club mobil dengan tag line "We are different" wahahahahahaha. Apalagi pas kluar type ecoboost 1.0 Turbo. Makin menjadi fanboynya

Sampe2 yg pake hatchback jepang jazz/yaris/swift dipandang sebelah mata, mobil kacangan lah, mainstream lah, lemot lah.

Coba liat sekarang apa yg terjadi...?
Itu fiesta udah kebanyakan jd endless money pits. Ngejogrok aja digarasi. Ntah kemana tuh mobil. Banyak transmisi control module yg rusak. Dy kan pake matic dual clutch. Biaya benerinnya 15jt rupiah. Dulu yg ngebangga2in pada manyun ditagih 15jt buat benerin tuh TCM. Trus nasib fiesta ecoboost? Banyak yg jebol turbonya tuh, rembes oli sana sini. Udah gitu ATPM nya kabur pula.


Trus nasib jazz/yaris/swift yg dulu dikata2in gmn skarang? Ohhhh masih melenggang kangkung boss dengan kuat dijalan raya. Jazz GE8 tetep jd inceran bekasannya, bgitu jg yaris bakpao. Mobilnya masih pada awet, reliable, gampang dirawat, ga nyusahin.

Masih belom belajar dari pengalaman?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ChZ »

AdmiralPhantom wrote: Tue Nov 05, 2019 6:55
ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 3:57 Mau ngomong apa juga , mobil china akan berjaya dan mobil jepang akan tiarap . Dah hukum alam

Tapi bukan berarti mobil jepang lenyap. Macam dulu byk mobil eropa dan amrik tp ketika mobil jepang msk mobil eropa dan amrik ga lgsg tergantikan melainkan terkesan "naik kelas"

Lagi pula disini mobil china masih harus berkutat dgn image spt quality maupun sentimen sinophobia
ini paling tipe orang orang norak delusional di grup fesbuk mobcin yang suka bangga banggain dan sok bilang "mobil cina sudah menguasai dunia mobil jepang harus siap siap". :mky_07:

bangun woy, 20 besar mobil terlaris masih didominasi duo astra by a very-huge margin :mky_07: itu eksekutif di astra daitoyo cuma ketawa geli sambil nyeruput kopi baca komentar ente :mky_07:
KielConstantine wrote: Tue Nov 05, 2019 7:51 Biasanya sih orang yg suka ngata2in mobil jepang mainstream (Toyota-Honda) jelek, mobil sejuta umat, mobil dipandang sebelah mata.
biasanya tipikal orang sok hebat yang merasa tidak ditipu ATPM dan merasa jadi konsumen paling cerdas sedunia tidak beli mobil fitur kosong macem innova :mky_07:

kebiasaan lainnya nyalahin market ... lah salah sendiri merek sembahan elu nasibnya kagak jelas jualan keluar masuk seenak jidat :mky_07: ibarat di sekolah nilai jelek nyalahin temennya yang lebih pinter :mky_07:
KielConstantine wrote: Tue Nov 05, 2019 8:16 Contoh nyata si Ford wkwkwkwkwk.

Gw inget banget pada jamannya tahun 2012. Jaman ford fiesta lagi naek daun. Beuh di elu-elu kan banget sama pemiliknya itu mobil. Bikin club mobil dengan tag line "We are different" wahahahahahaha. Apalagi pas kluar type ecoboost 1.0 Turbo. Makin menjadi fanboynya

Sampe2 yg pake hatchback jepang jazz/yaris/swift dipandang sebelah mata, mobil kacangan lah, mainstream lah, lemot lah.

Coba liat sekarang apa yg terjadi...?
Itu fiesta udah kebanyakan jd endless money pits. Ngejogrok aja digarasi. Ntah kemana tuh mobil. Banyak transmisi control module yg rusak. Dy kan pake matic dual clutch. Biaya benerinnya 15jt rupiah. Dulu yg ngebangga2in pada manyun ditagih 15jt buat benerin tuh TCM. Trus nasib fiesta ecoboost? Banyak yg jebol turbonya tuh, rembes oli sana sini. Udah gitu ATPM nya kabur pula.


Trus nasib jazz/yaris/swift yg dulu dikata2in gmn skarang? Ohhhh masih melenggang kangkung boss dengan kuat dijalan raya. Jazz GE8 tetep jd inceran bekasannya, bgitu jg yaris bakpao. Mobilnya masih pada awet, reliable, gampang dirawat, ga nyusahin.

Masih belom belajar dari pengalaman?
dulu pembelaannya "beli mobil buat dinikmati bukan buat dijual kembali"

sekarang yang pake jazz yaris swift "oh hellooo nikmatin ngebengkel ya broh"
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by martinnn »

nikmati saja duo astra - indomobil.... yang lain harap mundur teratur.... jangan beli yang non mainstream... beli yang 3s teruji.... [cencored] dengan fitur bla bla bla....

beli mobil buat dijual broo. bagi orang indon mobil itu bisa jadi aset kalo kepepet.... jadi harga jual harus bagus......
:big_biglaugh:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Tue Nov 05, 2019 8:29
KielConstantine wrote: Tue Nov 05, 2019 8:16 -CUT-

Itu fiesta udah kebanyakan jd endless money pits. Ngejogrok aja digarasi. Ntah kemana tuh mobil. Banyak transmisi control module yg rusak. Dy kan pake matic dual clutch. Biaya benerinnya 15jt rupiah. Dulu yg ngebangga2in pada manyun ditagih 15jt buat benerin tuh TCM. Trus nasib fiesta ecoboost? Banyak yg jebol turbonya tuh, rembes oli sana sini. Udah gitu ATPM nya kabur pula.


Trus nasib jazz/yaris/swift yg dulu dikata2in gmn skarang? Ohhhh masih melenggang kangkung boss dengan kuat dijalan raya. Jazz GE8 tetep jd inceran bekasannya, bgitu jg yaris bakpao. Mobilnya masih pada awet, reliable, gampang dirawat, ga nyusahin.

Masih belom belajar dari pengalaman?
dulu pembelaannya "beli mobil buat dinikmati bukan buat dijual kembali"

sekarang yang pake jazz yaris swift "oh hellooo nikmatin ngebengkel ya broh"
Merek 3 berlian juga menurut saya untuk mobil2 tertentu harap berhati-hati. Suka tau2 stop produksi, dan stop jg distribusi spare part nya.

Kayak mitsubishi kuda bensin, ngga semudah kijang kapsul/panther kalo mau cari spare part nya. Temen saya jg ada yg punya grandis, mulai mengeluhkan hal yg sama, mau ganti shockbreaker mesti inden lah, mahal lah, dll.

Nah Outlander Sport nih yg belom keliatan gimana nasibnya nanti
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Tue Nov 05, 2019 9:24
Merek 3 berlian juga menurut saya untuk mobil2 tertentu harap berhati-hati. Suka tau2 stop produksi, dan stop jg distribusi spare part nya.

Kayak mitsubishi kuda bensin, ngga semudah kijang kapsul/panther kalo mau cari spare part nya. Temen saya jg ada yg punya grandis, mulai mengeluhkan hal yg sama, mau ganti shockbreaker mesti inden lah, mahal lah, dll.

Nah Outlander Sport nih yg belom keliatan gimana nasibnya nanti
:mky_01:
Sementara ini kalo beli tiga berlian mending antara lineup diesel (L300, canter, pajero, triton) atau xpander. Tisoss juga aman karena mayan banyak.

Otlendir ini agak agak serem juga krn secara platform dia mirip sama LancerEX dan delicrot. Keduanya bukan lineup yang laris. Bisa dibilang ini platform yang umurnya pendek, at least di indonesia.

Ya kalau mau coba coba piara 5 taun saja mungkin masih oke.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Tue Nov 05, 2019 9:33

Sementara ini kalo beli tiga berlian mending antara lineup diesel (L300, canter, pajero, triton) atau xpander. Tisoss juga aman karena mayan banyak.

Otlendir ini agak agak serem juga krn secara platform dia mirip sama LancerEX dan delicrot. Keduanya bukan lineup yang laris. Bisa dibilang ini platform yang umurnya pendek, at least di indonesia.

Ya kalau mau coba coba piara 5 taun saja mungkin masih oke.
Yup. Temen saya ada yg kena nasib kurang mujur 2x.

Pertama pake nissan march tahun 2011, dijual tahun 2016 karena udah banyak banget yg mesti diperbaiki&harga udah jeblok. Akhirnya doi kapok sama batu makam.

Ganti lah doi ke Mirage, so far sih katanya ngga ada masalah. Cuma was-was jg karena udah stop produksi, takutnya spare part&harga jual nya makin jeblok. Mau dijual katanya sayang baru 3 tahun
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ririeiman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
Location: pekanbaru
Daily Vehicle: Livina Xgear

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ririeiman »

AdmiralPhantom wrote: Tue Nov 05, 2019 6:55
ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 3:57 Mau ngomong apa juga , mobil china akan berjaya dan mobil jepang akan tiarap . Dah hukum alam

Tapi bukan berarti mobil jepang lenyap. Macam dulu byk mobil eropa dan amrik tp ketika mobil jepang msk mobil eropa dan amrik ga lgsg tergantikan melainkan terkesan "naik kelas"

Lagi pula disini mobil china masih harus berkutat dgn image spt quality maupun sentimen sinophobia
Perjalanannya ke arah sana om , dah ga ketolongan . Jepang punya masalah dgn pertumbuhan penduduknya , r n d dan ekonominya dah ga mungkin selamet, kebalikan dr china . Satu2nya yg bisa nolong industri mobil jepang cuma kalo penduduk jepang pada mau kawin dan beranak pinak lagi :emo-big_love:
ririeiman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
Location: pekanbaru
Daily Vehicle: Livina Xgear

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ririeiman »

ChZ wrote: Tue Nov 05, 2019 8:29
AdmiralPhantom wrote: Tue Nov 05, 2019 6:55
ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 3:57 Mau ngomong apa juga , mobil china akan berjaya dan mobil jepang akan tiarap . Dah hukum alam

Tapi bukan berarti mobil jepang lenyap. Macam dulu byk mobil eropa dan amrik tp ketika mobil jepang msk mobil eropa dan amrik ga lgsg tergantikan melainkan terkesan "naik kelas"

Lagi pula disini mobil china masih harus berkutat dgn image spt quality maupun sentimen sinophobia
ini paling tipe orang orang norak delusional di grup fesbuk mobcin yang suka bangga banggain dan sok bilang "mobil cina sudah menguasai dunia mobil jepang harus siap siap". :mky_07:

bangun woy, 20 besar mobil terlaris masih didominasi duo astra by a very-huge margin :mky_07: itu eksekutif di astra daitoyo cuma ketawa geli sambil nyeruput kopi baca komentar ente :mky_07:
KielConstantine wrote: Tue Nov 05, 2019 7:51 Biasanya sih orang yg suka ngata2in mobil jepang mainstream (Toyota-Honda) jelek, mobil sejuta umat, mobil dipandang sebelah mata.
biasanya tipikal orang sok hebat yang merasa tidak ditipu ATPM dan merasa jadi konsumen paling cerdas sedunia tidak beli mobil fitur kosong macem innova :mky_07:

kebiasaan lainnya nyalahin market ... lah salah sendiri merek sembahan elu nasibnya kagak jelas jualan keluar masuk seenak jidat :mky_07: ibarat di sekolah nilai jelek nyalahin temennya yang lebih pinter :mky_07:
KielConstantine wrote: Tue Nov 05, 2019 8:16 Contoh nyata si Ford wkwkwkwkwk.

Gw inget banget pada jamannya tahun 2012. Jaman ford fiesta lagi naek daun. Beuh di elu-elu kan banget sama pemiliknya itu mobil. Bikin club mobil dengan tag line "We are different" wahahahahahaha. Apalagi pas kluar type ecoboost 1.0 Turbo. Makin menjadi fanboynya

Sampe2 yg pake hatchback jepang jazz/yaris/swift dipandang sebelah mata, mobil kacangan lah, mainstream lah, lemot lah.

Coba liat sekarang apa yg terjadi...?
Itu fiesta udah kebanyakan jd endless money pits. Ngejogrok aja digarasi. Ntah kemana tuh mobil. Banyak transmisi control module yg rusak. Dy kan pake matic dual clutch. Biaya benerinnya 15jt rupiah. Dulu yg ngebangga2in pada manyun ditagih 15jt buat benerin tuh TCM. Trus nasib fiesta ecoboost? Banyak yg jebol turbonya tuh, rembes oli sana sini. Udah gitu ATPM nya kabur pula.


Trus nasib jazz/yaris/swift yg dulu dikata2in gmn skarang? Ohhhh masih melenggang kangkung boss dengan kuat dijalan raya. Jazz GE8 tetep jd inceran bekasannya, bgitu jg yaris bakpao. Mobilnya masih pada awet, reliable, gampang dirawat, ga nyusahin.

Masih belom belajar dari pengalaman?
dulu pembelaannya "beli mobil buat dinikmati bukan buat dijual kembali"

sekarang yang pake jazz yaris swift "oh hellooo nikmatin ngebengkel ya broh"
Mending belajar dulu om soal perekonomian dan pertumbuhan industri baik Jepang dan China, baru ngegas lagi om
Tampanman
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by Tampanman »

KielConstantine wrote: Tue Nov 05, 2019 7:51 Biasanya sih orang yg suka ngata2in mobil jepang mainstream (Toyota-Honda) jelek, mobil sejuta umat, mobil dipandang sebelah mata.

Umur mobil pribadinya rata-rata pada pendek. Itu smua ditebus demi sebuah gengsi.... ooooo mobil gue laen dari yg laen lohh. Jarang ada dijalan raya lohhh.... fun to drive bangetss lohhh. Wakakaka

Baru beli baru. Pake 1 - 2 tahunan langsung muncul problem silih berganti. Trus kesel sendiri. Apalagi dateng bill tagihan bengkel 5jt+++ muka langsun manyun tuh bibir pas ngebayar tagihan .

Masihhh terus ngejek2 avanza jelek lah, rush jelek lah, kijang jelek lah. Sementara mobil anti mainstream kebanggannya sudah mulai ngejogrok di garasi doank. Jd endless money pits :wkkk:
Yang model kyak gini yang ujung2nya balik ke toyodai lagi...
User avatar
ders
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ders »

Hehehe...


Btt ahh... Mobil perang mah rwd aja om... Merk Ama tipe bebas
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ChZ »

ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 12:01
Mending belajar dulu om soal perekonomian dan pertumbuhan industri baik Jepang dan China, baru ngegas lagi om
Oh njenengan S3 ekonomi yah. Pardon me.

Saya well aware kok. Emang china lagi berkembang. Tapi terlalu sempit kalo pertumbuhan industri cuma liat dari angka kawin.

Penduduk china yang banyak itu kan justru akar permasalahan dari cheap labour yang bikin banyak investor asing mau ke China. Cheap labour, market besar, siapa gak tergiur? Tapi inget market mobil gak cuma di china.

Mobcin laris sih tp banyakan jago kandang aja, di luar stigmanya masih low quality product. Ya kalau mereka berhasil memperbaiki quality assurance sih saya yakin2 aja sukses.

Korea berhasil sih. Dulunya jago kandang skrg mendunia krn bisa jaga kualitas.

Masalahnya tidak segampang itu melawan etos kerja perush jepang. Ini yang bikin pabrikan amerika bahkan eropa yang lbh tua saja bisa keok.

Jepang juga sangat well aware dengan market, makanya sukses di belahan dunia manapun. RnD nya mopang justru skrg udah banyakan tidak di negara asalnya.

Istilahnya, jepang akan keok kalo momentumnya pas, misal dulu oil crisis di US yang bikin selera konsumennya lari ke mobil jepang.

Itupun tetep byk orang US yang masih cinta mesin boros haus BBM krn dianggep "sangat amerika".

Mopang sukses krn punya image reliabel, irit bbm, dan terjangkau. Nah apa yang bakal bikin selera konsumen dunia (krn market mobil di seluruh dunia seleranya ke jepang semua) beralih ke mobil china?

Entahlah, time will tell. Mungkin kalo china bisa bikin EV yang reliabel?

Ya silahkan saja, mimpi itu gratis kok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
AdmiralPhantom
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Thu Jul 04, 2019 16:56
Daily Vehicle: 2014 Toyota Innova G 1TR AT _ 2020 Mitsubishi Xpander Sport MT

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by AdmiralPhantom »

ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 12:00
AdmiralPhantom wrote: Tue Nov 05, 2019 6:55
ririeiman wrote: Tue Nov 05, 2019 3:57 Mau ngomong apa juga , mobil china akan berjaya dan mobil jepang akan tiarap . Dah hukum alam

Tapi bukan berarti mobil jepang lenyap. Macam dulu byk mobil eropa dan amrik tp ketika mobil jepang msk mobil eropa dan amrik ga lgsg tergantikan melainkan terkesan "naik kelas"

Lagi pula disini mobil china masih harus berkutat dgn image spt quality maupun sentimen sinophobia
Perjalanannya ke arah sana om , dah ga ketolongan . Jepang punya masalah dgn pertumbuhan penduduknya , r n d dan ekonominya dah ga mungkin selamet, kebalikan dr china . Satu2nya yg bisa nolong industri mobil jepang cuma kalo penduduk jepang pada mau kawin dan beranak pinak lagi :emo-big_love:
Masih jauh...buktinya aja mobil Jepang berhasil sampai ke pasar internasional seperti AS,Canada,dsb. sedangkan mobil China baru negara-negara berkembang doang. Selain itu seperti yang disebutkan sebelumnya China juga masih punya masalah seperti kualitas dan keoriginalitas produk ditambah kurangnya softpower dr China yang membuat orang masih punya sentiment negative terhadap negars tersebut

Fyi, pertumbuhan penduduk China skrg juga sudah rendah setara dengan rata-rata pertumbuhan peduduknya Uni Eropa cuman mereka terbantu krn jumlah penduduknya aja yg jauh lbh banyak dr Jepang.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ChZ »

AdmiralPhantom wrote: Tue Nov 05, 2019 14:54 Masih jauh...buktinya aja mobil Jepang berhasil sampai ke pasar internasional seperti AS,Canada,dsb. sedangkan mobil China baru negara-negara berkembang doang. Selain itu seperti yang disebutkan sebelumnya China juga masih punya masalah seperti kualitas dan keoriginalitas produk ditambah kurangnya softpower dr China yang membuat orang masih punya sentiment negative terhadap negars tersebut

Fyi, pertumbuhan penduduk China skrg juga sudah rendah setara dengan rata-rata pertumbuhan peduduknya Uni Eropa cuman mereka terbantu krn jumlah penduduknya aja yg jauh lbh banyak dr Jepang.
dan inget sekarang udah menuju era industri 4.0, manpower udah bukan jadi issue besar. industri sebagian besar akan beralih ke otomasi.

dan saya rasa jepang adalah yang paling siap soal otomasi. teknologi robot jepang itu sudah sangat maju.

mengharap industri otomotif jepang keok artinya industri di cina juga kena dampak karena banyak orang china (labours) juga menggantungkan hidup di sana. nggak hanya merek mobil jepang, tapi part-part mobil di dunia manapun juga banyak yang pabriknya di china.

dan plot twistnya, largest automotive manufacturer di dunia itu ya merk jepang. repot ye. hehehehehe. pabrikan otomotif jepang tutup berjamaah ekonomi dunia gak kebayang gimana nanti.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by sintoni »

Trit luar biasa.

Dari mobil manual under 300 jeti sampe jadi pertumbuhan ekonomi + proyeksi masa depan ekonomi global.

BTT kalau under 300 setuju sama si fenboi Honda, mending ambil Ipah.

:weekk: :ngacir:
ririeiman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Sun Jul 08, 2018 11:45
Location: pekanbaru
Daily Vehicle: Livina Xgear

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ririeiman »

ChZ wrote: Wed Nov 06, 2019 2:39
AdmiralPhantom wrote: Tue Nov 05, 2019 14:54 Masih jauh...buktinya aja mobil Jepang berhasil sampai ke pasar internasional seperti AS,Canada,dsb. sedangkan mobil China baru negara-negara berkembang doang. Selain itu seperti yang disebutkan sebelumnya China juga masih punya masalah seperti kualitas dan keoriginalitas produk ditambah kurangnya softpower dr China yang membuat orang masih punya sentiment negative terhadap negars tersebut

Fyi, pertumbuhan penduduk China skrg juga sudah rendah setara dengan rata-rata pertumbuhan peduduknya Uni Eropa cuman mereka terbantu krn jumlah penduduknya aja yg jauh lbh banyak dr Jepang.
dan inget sekarang udah menuju era industri 4.0, manpower udah bukan jadi issue besar. industri sebagian besar akan beralih ke otomasi.

dan saya rasa jepang adalah yang paling siap soal otomasi. teknologi robot jepang itu sudah sangat maju.

mengharap industri otomotif jepang keok artinya industri di cina juga kena dampak karena banyak orang china (labours) juga menggantungkan hidup di sana. nggak hanya merek mobil jepang, tapi part-part mobil di dunia manapun juga banyak yang pabriknya di china.

dan plot twistnya, largest automotive manufacturer di dunia itu ya merk jepang. repot ye. hehehehehe. pabrikan otomotif jepang tutup berjamaah ekonomi dunia gak kebayang gimana nanti.
Toyota ga mampu research BEV makanya gandeng BYD , bukan cuma masalah manpower . Research dan Teknologi China dah berkembang pesat , Jepang sebaliknya memangnya kekurangan orang ga ada pengaruhnya sama RnD apa?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15567
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by ChZ »

ririeiman wrote: Wed Nov 13, 2019 4:23
Toyota ga mampu research BEV makanya gandeng BYD , bukan cuma masalah manpower . Research dan Teknologi China dah berkembang pesat , Jepang sebaliknya memangnya kekurangan orang ga ada pengaruhnya sama RnD apa?
kebiasaan toyota dari dulu emang gitu, memang toyota pinternya jualan bukan pinter bikin tech. semua tech toyota outsourcing semua.

saya si tidak tutup mata kalo industry di china lagi rame, malah sudah cenderung jadi negara superpower. pasar besar tapi govtnya tidak mau negaranya cuma jadi sapi perah macem negara kita ni jadi melindungi industry lokal mereka.

kekurangan orang ? kalau RnD saja bisa kolaborasi dengan negara / perush automotive lain ngapain harus takut kekurangan orang ? toh RnD mobil jepang sekarang banyakan tidak dilakukan orang jepang sendiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mobil bensin manual untuk keliling budget 300 kebawah

Post by y_anjasrana »

sintoni wrote:Trit luar biasa.

Dari mobil manual under 300 jeti sampe jadi pertumbuhan ekonomi + proyeksi masa depan ekonomi global.

BTT kalau under 300 setuju sama si fenboi Honda, mending ambil Ipah.

:weekk: :ngacir:
hayooo.... semua kembali ke laptop. eh ke topik awal!!!
Accurate V5 Accounting System Consultant