Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ricky2803
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Feb 13, 2019 8:15
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Ayla

Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by ricky2803 »

Selamat pagi om sekalian,

Mohon saran dan masukannya, 4 bulan ini saya baru saja ambil mercy e320 w210 96 AT.
Setelah merasakan pemakaian selama 4 bulan tsb. ternyata di unit saya ada beberapa kendala spt berikut :
1. dari analisa awal transmisi AT nya sptnya mengalami trobel, yg mana perpindahan dari gigi 2 ke 3 sedikit mengalami selip(nyantol mgkin istilahnya)
2. indicator bensin tdk akurat ketika mobil dipakai jalan(maksudnya kalo pas isi bbm indicator sesuai, tapi waktu dipakai jalan indicator turun)
3. ada beberapa rembes oli di bagian mesin(kalter klep, selang pw steering)
4. setir kemudi agak narik ke kiri, jadi harus ditahan ke kanan agar tidak narik ke kiri(padahal sudah ganti balljoin)
5. dan beberapa penyakit sedikit lainnya.

padahal ketika ambil unit saya sdh melakukan beberapa repair(kompresor ac, evap, ganti oli, ganti cover klep mesin, filter oli, filter bensin, dan beberapa part lainnya).

rencana mobil ini akan saya tukarkan lagi ke penjual dengan mercy E220 MT 96 MP, pertanyaannya adalah :
1. menurut dari beberapa sumber yang saya baca, kalo MP ini naikannya lebih nyaman daripada NE, apa itu betul?
2. apakah perseneling MP manual ini seberat innova 2005? atau di bawah innova?(krn saya ada innova manual, dan menurut saya koplingnya berat)
3. apakah penyakit di MP ini akan sama dengan NE? atau lebih ringan?
4. apakah saya tetep bertahan pakai NE dan melanjutkan perbaikan2 yang kurang tsb? melihat kalo transmisi AT nya ini diperbaikin perkiraan biaya ternyata lumayan juga berkisar antara 10-15jt(analisa paling buruk) istilahnya Overhaul ya?

hal hal yang mendukung kenapa saya agak cenderung ingin ganti ke E220 MP ini karena:
1. spt nya diameter mobil tidak begitu panjang dari NE, karena garasi rumah tdk panjang
2. CC lebih kecil yang tentu cukup okelah menekan biaya konsumsi bbm
3. saya tipe orang yang tdk begitu suka ngebut di tol atau jalanan sepi, jadi dari 3200cc ke 2200cc sptnya tdk menjadi kendala buat saya, soalnya kalo cari E220 MP yg AT koq agak susah.

saran dan masukan dari om om kira2 bgm ya? dengan pengalaman om om di sini yg sudah pernah pakai MP ataupun NE?

terima kasih,
salam hangat
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2580
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by farizfsa »

ricky2803 wrote: Tue Jul 23, 2019 2:38 Selamat pagi om sekalian,

Mohon saran dan masukannya, 4 bulan ini saya baru saja ambil mercy e320 w210 96 AT.
Setelah merasakan pemakaian selama 4 bulan tsb. ternyata di unit saya ada beberapa kendala spt berikut :
1. dari analisa awal transmisi AT nya sptnya mengalami trobel, yg mana perpindahan dari gigi 2 ke 3 sedikit mengalami selip(nyantol mgkin istilahnya)
2. indicator bensin tdk akurat ketika mobil dipakai jalan(maksudnya kalo pas isi bbm indicator sesuai, tapi waktu dipakai jalan indicator turun)
3. ada beberapa rembes oli di bagian mesin(kalter klep, selang pw steering)
4. setir kemudi agak narik ke kiri, jadi harus ditahan ke kanan agar tidak narik ke kiri(padahal sudah ganti balljoin)
5. dan beberapa penyakit sedikit lainnya.

padahal ketika ambil unit saya sdh melakukan beberapa repair(kompresor ac, evap, ganti oli, ganti cover klep mesin, filter oli, filter bensin, dan beberapa part lainnya).

rencana mobil ini akan saya tukarkan lagi ke penjual dengan mercy E220 MT 96 MP, pertanyaannya adalah :
1. menurut dari beberapa sumber yang saya baca, kalo MP ini naikannya lebih nyaman daripada NE, apa itu betul?
2. apakah perseneling MP manual ini seberat innova 2005? atau di bawah innova?(krn saya ada innova manual, dan menurut saya koplingnya berat)
3. apakah penyakit di MP ini akan sama dengan NE? atau lebih ringan?
4. apakah saya tetep bertahan pakai NE dan melanjutkan perbaikan2 yang kurang tsb? melihat kalo transmisi AT nya ini diperbaikin perkiraan biaya ternyata lumayan juga berkisar antara 10-15jt(analisa paling buruk) istilahnya Overhaul ya?

hal hal yang mendukung kenapa saya agak cenderung ingin ganti ke E220 MP ini karena:
1. spt nya diameter mobil tidak begitu panjang dari NE, karena garasi rumah tdk panjang
2. CC lebih kecil yang tentu cukup okelah menekan biaya konsumsi bbm
3. saya tipe orang yang tdk begitu suka ngebut di tol atau jalanan sepi, jadi dari 3200cc ke 2200cc sptnya tdk menjadi kendala buat saya, soalnya kalo cari E220 MP yg AT koq agak susah.

saran dan masukan dari om om kira2 bgm ya? dengan pengalaman om om di sini yg sudah pernah pakai MP ataupun NE?

terima kasih,
salam hangat
1. dari analisa awal transmisi AT nya sptnya mengalami trobel, yg mana perpindahan dari gigi 2 ke 3 sedikit mengalami selip(nyantol mgkin istilahnya)
Sudah bersihin body valve matic blm?
2. indicator bensin tdk akurat ketika mobil dipakai jalan(maksudnya kalo pas isi bbm indicator sesuai, tapi waktu dipakai jalan indicator turun)
Sudah cek pelampung bensin blm?
3. ada beberapa rembes oli di bagian mesin(kalter klep, selang pw steering)
Tinggal ganti sil-sil
4. setir kemudi agak narik ke kiri, jadi harus ditahan ke kanan agar tidak narik ke kiri(padahal sudah ganti balljoin)
sudah spooring? cek lg kaki2, mungkin bengkel kerjaannya ga bener
5. dan beberapa penyakit sedikit lainnya.
apa aja emg?

rencana mobil ini akan saya tukarkan lagi ke penjual dengan mercy E220 MT 96 MP, pertanyaannya adalah :
1. menurut dari beberapa sumber yang saya baca, kalo MP ini naikannya lebih nyaman daripada NE, apa itu betul?
tidak juga, w124 itu dalamnya lebih sempit, lagi pula naik mercy tp manual ribet, pedal ada 4 hahahaha, ga enak
2. apakah perseneling MP manual ini seberat innova 2005? atau di bawah innova?(krn saya ada innova manual, dan menurut saya koplingnya berat)
ngapain punya mercy manual
3. apakah penyakit di MP ini akan sama dengan NE? atau lebih ringan?
mesin M104 di NE om itu kuat, mesin M111 di E220 juga kuat. perawatan sama aja, konsumsi bensin sama aja, beda irit dikit bgt di E220
4. apakah saya tetep bertahan pakai NE dan melanjutkan perbaikan2 yang kurang tsb? melihat kalo transmisi AT nya ini diperbaikin perkiraan biaya ternyata lumayan juga berkisar antara 10-15jt(analisa paling buruk) istilahnya Overhaul ya?
cek dulu di bengkel mercy terpercaya, bisa dimulai dr besihin body valve matic paling murah, ganti oli dan filter matic

hal hal yang mendukung kenapa saya agak cenderung ingin ganti ke E220 MP ini karena:
1. spt nya diameter mobil tidak begitu panjang dari NE, karena garasi rumah tdk panjang
lebih pendek tp dalemya jg lebih sempit
2. CC lebih kecil yang tentu cukup okelah menekan biaya konsumsi bbm
body berat + tenaga kecil = boros, sama borosnya dgn tenaga besar body berat, cm kalo stop and go dan di toll jauh lebih relax
3. saya tipe orang yang tdk begitu suka ngebut di tol atau jalanan sepi, jadi dari 3200cc ke 2200cc sptnya tdk menjadi kendala buat saya, soalnya kalo cari E220 MP yg AT koq agak susah.
bebas, cari E220 dgn pr nya juga ya sama aja, malah bs2 nambah budget
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by rendr »

Setuju dgn om faris... Sudah menjawab semua..

Saya nambahin aja, W124 dan W210 ini sama2 nyaman kok.. dgn karakternya masing2..

Om domisili dimana klo boleh tau?
Lebih baik W210nya dibenahi, dan saya rasa problem matic sepertinya bisa di minimalisir lagi itu budgetnya..

Saya pake w202 manual (mirip 124 220) bisa enteng bisa jg berat.. ada 3 parts yg pengaruh enteng beratnya, master atas, master bawah, selang2 kopling.. 3 parts itu direplace dgn yg baru, pasti enteng.. ga mahal
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
cruising
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri May 13, 2016 2:22
Location: Bekasi

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by cruising »

Saya pemakai W123, W124 dan W210
Semua enak dan nyaman dipakai. Tentu W210 lebih modern karena tahunnya lebih muda.
Saran saya, kalau kerusakan masih bisa diperbaiki ya coba perbaiki dulu. Kalaupun sudah punya niat mau tukar dgn 220E MP pastikan kondisinya baik jgn sampai masalah yg sama terjadi.
Mobil mobil ini sudah masuk kategori mobil hobby ya, jadi tidak ada patokan harga yang pasti. Bisa jadi yang lebih tua lebih mahal dari yang lebih muda tergantung kondisi dan optional.
Buat saya pribadi, transmisi matic jauh lebih enak dari manual. Belum lama saya overhaul transmisi matic W124, biayanya lumayan sih, tapi paling tidak 5 tahun ke depan saya hanya perlu ganti oli matic saja.
Masalah narik kekiri, coba cek dari yg paling sederhana misalnya tekanan ban sama atau tidak, merek dan jenis ban sama atau tidak, kaliper rem macet atau tidak dll
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by dsign1990 »

kalau misalkan pusing atau waswas sama maticnya dan ingin ganti manual saran saya gantinya ke w124 e32O saja
6silinder mercy itu haluuus saat jalan dan tenaga selalu cukup buat hela body dan muatannya
hanya saja mercy2 9Os yg manual apalagi 4 silinder gak bakal dapat elect. seat
User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Thu Jan 18, 2018 0:12
Location: Bintaro

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by GasGus »

ricky2803 wrote: Tue Jul 23, 2019 2:38 Selamat pagi om sekalian,

Mohon saran dan masukannya, 4 bulan ini saya baru saja ambil mercy e320 w210 96 AT.
Setelah merasakan pemakaian selama 4 bulan tsb. ternyata di unit saya ada beberapa kendala spt berikut :
1. dari analisa awal transmisi AT nya sptnya mengalami trobel, yg mana perpindahan dari gigi 2 ke 3 sedikit mengalami selip(nyantol mgkin istilahnya)
2. indicator bensin tdk akurat ketika mobil dipakai jalan(maksudnya kalo pas isi bbm indicator sesuai, tapi waktu dipakai jalan indicator turun)
3. ada beberapa rembes oli di bagian mesin(kalter klep, selang pw steering)
4. setir kemudi agak narik ke kiri, jadi harus ditahan ke kanan agar tidak narik ke kiri(padahal sudah ganti balljoin)
5. dan beberapa penyakit sedikit lainnya.

padahal ketika ambil unit saya sdh melakukan beberapa repair(kompresor ac, evap, ganti oli, ganti cover klep mesin, filter oli, filter bensin, dan beberapa part lainnya).

rencana mobil ini akan saya tukarkan lagi ke penjual dengan mercy E220 MT 96 MP, pertanyaannya adalah :
1. menurut dari beberapa sumber yang saya baca, kalo MP ini naikannya lebih nyaman daripada NE, apa itu betul?
2. apakah perseneling MP manual ini seberat innova 2005? atau di bawah innova?(krn saya ada innova manual, dan menurut saya koplingnya berat)
3. apakah penyakit di MP ini akan sama dengan NE? atau lebih ringan?
4. apakah saya tetep bertahan pakai NE dan melanjutkan perbaikan2 yang kurang tsb? melihat kalo transmisi AT nya ini diperbaikin perkiraan biaya ternyata lumayan juga berkisar antara 10-15jt(analisa paling buruk) istilahnya Overhaul ya?

hal hal yang mendukung kenapa saya agak cenderung ingin ganti ke E220 MP ini karena:
1. spt nya diameter mobil tidak begitu panjang dari NE, karena garasi rumah tdk panjang
2. CC lebih kecil yang tentu cukup okelah menekan biaya konsumsi bbm
3. saya tipe orang yang tdk begitu suka ngebut di tol atau jalanan sepi, jadi dari 3200cc ke 2200cc sptnya tdk menjadi kendala buat saya, soalnya kalo cari E220 MP yg AT koq agak susah.

saran dan masukan dari om om kira2 bgm ya? dengan pengalaman om om di sini yg sudah pernah pakai MP ataupun NE?

terima kasih,
salam hangat
Nambahin dikit dari sharing yang sudah ada diatas..

Merc pertama yang saya pakai adalah W123 280E Matic tahun 1981, sekitar 8 bulan saja dipakai untuk selanjutnya nyobain W124.. Cukup lama saya pakai seri ini meskipun berganti-ganti, mulai dari 230E, 300E, E220 dan E320, seluruhnya matic.. Setelah kurang lebih dari 3 tahun pakai w124, saya tergoda nyobain W210, waktu itu tipe yang saya coba adalah E320 Avantgarde tahun 1996.. Namun ga sampe 1 tahun saya pakai W210, saya putuskan untuk dijual dan tetap kembali menggunakan W124 230E..

Beberapa rekan-rekan ternyata juga mengalami yang serupa, maksud hati ingin upgrade ke seri yang lebih muda tapi pada akhirnya kembali ke W124.. Bagi saya, W124 lebih fun to drive dibanding W210.. Sementara W210 lebih enak jika disupirin.. IMHO..

W210 lebih modern secara desain dan teknologi, apalagi yang facelift, mesin sudah V-Engine, tenaga lebih merata di segala RPM.. Pastinya makin modern dan canggih suatu model, biaya perawatan akan berbanding lurus.. Interior W210 jauh lebih modern dibanding W124, cuma menurut saya built quality nya lebih baik W124..

Dari beberapa seri W124 yang pernah saya miliki, untuk tenaga jelas E320 paling enak, terutama jika di tol, ga terasa klo pakai mobil tua.. Tapi kombinasi mesin dan suspensi paling pas menurut saya adalah 300E sportline.. Cuma... Klo untuk rute dalam kota dan kondisi macet, mesin 6 cyl ini sering bikin khawatir klo liat temperatur mesinnya, agak tinggi.. Meskipun menurut beberapa rekan-rekan itu hal yang lumrah..

Pada akhirnya, saya sangat cocok dengan karakter mesin 4cyl di W124, baik yang M102 di 230E atau M111 di E220.. Tenaga pas untuk kota, klo macet masih bisa agak lincah, tidak over power, temperatur ga bikin khawatir.. Cuma memang kebanyakan tipe 230E dan E220 sangat minim option, jok belum electric, setir belum telescopic, electric curtain belum ada, apalagi sunroof.. Best choice menurut saya adalah E220MP, namun pada saat itu ga mudah cari unitnya, sehingga saya cukup puas pakai W124 230E full option tahun 1990..

Klo untuk FC ya beda tipis aja antara 6 cyl dan 4 cyl, klo 6 cyl sekitar 1:5-6, klo 4 cyl 1:7-8..

Opsi TS untuk mencari E220 MP menurut saya sudah tepat, namun sedikit saran saya untuk TS, cari pelan-pelan aja E220 MP matic, nikmatnya merc itu di matic nya lho.. Klo manual rasanya akan berkurang nikmatnya.. IMHO..

Demikian sedikit sharing dari newbie, semoga berkenan... :frm_tumbright:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by ginting »

oom, nubie mau tanya...emang temperature suhu itu dipengaruhi faktor jumlah 6 silinder ya ??
kok kesannya yg 4 silinder temperature adem..yg 6 silinder kalau macet bikin was was...
GasGus wrote:
ricky2803 wrote: Tue Jul 23, 2019 2:38 Selamat pagi om sekalian,

Mohon saran dan masukannya, 4 bulan ini saya baru saja ambil mercy e320 w210 96 AT.
Setelah merasakan pemakaian selama 4 bulan tsb. ternyata di unit saya ada beberapa kendala spt berikut :
1. dari analisa awal transmisi AT nya sptnya mengalami trobel, yg mana perpindahan dari gigi 2 ke 3 sedikit mengalami selip(nyantol mgkin istilahnya)
2. indicator bensin tdk akurat ketika mobil dipakai jalan(maksudnya kalo pas isi bbm indicator sesuai, tapi waktu dipakai jalan indicator turun)
3. ada beberapa rembes oli di bagian mesin(kalter klep, selang pw steering)
4. setir kemudi agak narik ke kiri, jadi harus ditahan ke kanan agar tidak narik ke kiri(padahal sudah ganti balljoin)
5. dan beberapa penyakit sedikit lainnya.

padahal ketika ambil unit saya sdh melakukan beberapa repair(kompresor ac, evap, ganti oli, ganti cover klep mesin, filter oli, filter bensin, dan beberapa part lainnya).

rencana mobil ini akan saya tukarkan lagi ke penjual dengan mercy E220 MT 96 MP, pertanyaannya adalah :
1. menurut dari beberapa sumber yang saya baca, kalo MP ini naikannya lebih nyaman daripada NE, apa itu betul?
2. apakah perseneling MP manual ini seberat innova 2005? atau di bawah innova?(krn saya ada innova manual, dan menurut saya koplingnya berat)
3. apakah penyakit di MP ini akan sama dengan NE? atau lebih ringan?
4. apakah saya tetep bertahan pakai NE dan melanjutkan perbaikan2 yang kurang tsb? melihat kalo transmisi AT nya ini diperbaikin perkiraan biaya ternyata lumayan juga berkisar antara 10-15jt(analisa paling buruk) istilahnya Overhaul ya?

hal hal yang mendukung kenapa saya agak cenderung ingin ganti ke E220 MP ini karena:
1. spt nya diameter mobil tidak begitu panjang dari NE, karena garasi rumah tdk panjang
2. CC lebih kecil yang tentu cukup okelah menekan biaya konsumsi bbm
3. saya tipe orang yang tdk begitu suka ngebut di tol atau jalanan sepi, jadi dari 3200cc ke 2200cc sptnya tdk menjadi kendala buat saya, soalnya kalo cari E220 MP yg AT koq agak susah.

saran dan masukan dari om om kira2 bgm ya? dengan pengalaman om om di sini yg sudah pernah pakai MP ataupun NE?

terima kasih,
salam hangat
Nambahin dikit dari sharing yang sudah ada diatas..

Merc pertama yang saya pakai adalah W123 280E Matic tahun 1981, sekitar 8 bulan saja dipakai untuk selanjutnya nyobain W124.. Cukup lama saya pakai seri ini meskipun berganti-ganti, mulai dari 230E, 300E, E220 dan E320, seluruhnya matic.. Setelah kurang lebih dari 3 tahun pakai w124, saya tergoda nyobain W210, waktu itu tipe yang saya coba adalah E320 Avantgarde tahun 1996.. Namun ga sampe 1 tahun saya pakai W210, saya putuskan untuk dijual dan tetap kembali menggunakan W124 230E..

Beberapa rekan-rekan ternyata juga mengalami yang serupa, maksud hati ingin upgrade ke seri yang lebih muda tapi pada akhirnya kembali ke W124.. Bagi saya, W124 lebih fun to drive dibanding W210.. Sementara W210 lebih enak jika disupirin.. IMHO..

W210 lebih modern secara desain dan teknologi, apalagi yang facelift, mesin sudah V-Engine, tenaga lebih merata di segala RPM.. Pastinya makin modern dan canggih suatu model, biaya perawatan akan berbanding lurus.. Interior W210 jauh lebih modern dibanding W124, cuma menurut saya built quality nya lebih baik W124..

Dari beberapa seri W124 yang pernah saya miliki, untuk tenaga jelas E320 paling enak, terutama jika di tol, ga terasa klo pakai mobil tua.. Tapi kombinasi mesin dan suspensi paling pas menurut saya adalah 300E sportline.. Cuma... Klo untuk rute dalam kota dan kondisi macet, mesin 6 cyl ini sering bikin khawatir klo liat temperatur mesinnya, agak tinggi.. Meskipun menurut beberapa rekan-rekan itu hal yang lumrah..

Pada akhirnya, saya sangat cocok dengan karakter mesin 4cyl di W124, baik yang M102 di 230E atau M111 di E220.. Tenaga pas untuk kota, klo macet masih bisa agak lincah, tidak over power, temperatur ga bikin khawatir.. Cuma memang kebanyakan tipe 230E dan E220 sangat minim option, jok belum electric, setir belum telescopic, electric curtain belum ada, apalagi sunroof.. Best choice menurut saya adalah E220MP, namun pada saat itu ga mudah cari unitnya, sehingga saya cukup puas pakai W124 230E full option tahun 1990..

Klo untuk FC ya beda tipis aja antara 6 cyl dan 4 cyl, klo 6 cyl sekitar 1:5-6, klo 4 cyl 1:7-8..

Opsi TS untuk mencari E220 MP menurut saya sudah tepat, namun sedikit saran saya untuk TS, cari pelan-pelan aja E220 MP matic, nikmatnya merc itu di matic nya lho.. Klo manual rasanya akan berkurang nikmatnya.. IMHO..

Demikian sedikit sharing dari newbie, semoga berkenan... :frm_tumbright:
User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Thu Jan 18, 2018 0:12
Location: Bintaro

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by GasGus »

ginting wrote: Wed Jul 24, 2019 15:48 oom, nubie mau tanya...emang temperature suhu itu dipengaruhi faktor jumlah 6 silinder ya ??
kok kesannya yg 4 silinder temperature adem..yg 6 silinder kalau macet bikin was was...
Izin sharing suhu... :frm_salut:

Teknisnya saya ga terlalu paham, apakah suhu kerja 6 cyl lebih tinggi dari 4 cyl..

Ini hanya base on pengalaman menggunakan saja, semua W124 6 cyl yang saya pernah pakai, temperatur mesin ketika kondisi jalan agak macet ada di kisaran 90-100, sehingga pada saat itu saya akalin dengan pasang switch temp 85 punya W123, dimana switch tersebut akan membuat extra fan nyala di speed kedua, dimana biasanya speed kedua hanya nyala ketika temperatur mencapai kisaran 110, persisnya saya ga ingat.. CMIIW

Sementara semua W124 4 cyl yang saya pernah pakai pada kondisi jalan yang macet parah sekalipun, temperatur manteng di 85, sehingga saya ga perlu akalin pake switch temp 85 milik W123, hati pun tenang ga was-was liat jarum temperature..

Dan jika diperhatikan untuk W210 yang tipe E230 tidak memakai extra fan, berbeda dengan tipe E320 yang pakai extra fan.. CMIIW
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by thestoneroses »

Kalau M.104 yang saya pakai (S320) temperatur di atas 80 sedikit, tidak pernah menyentuh garis 100 apalagi 120.
Kalau macet 80 lebih sedikit, cruising stabil di 80. Macet-macet neraka arah cikarang tetep di 80 lebih sedikit, hajar naik turun cipularang terus keluar pasteur naik ke lembang juga 80 lebih sedikit. Asal fan bagus, speed ngga diakal-akalin, freon ac bagus sepertinya temperatur di m.104 ngga ada masalah.

@TS, saran daripada boxernya ganti ke ne, ganti ke paus aja. Banyak kok S320 sehat, ngebangunnya juga gampang, sepengalaman saya.

Yang masalah itu ya isi bensin di km.19, sampai atas lembang 1/2.
(100L jadi 1/2=50L) damput tenan haha
Ron Asheton Forever
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by MSU »

haha...cobain dah stop & go W124 di tanjakan...berasa ribet 4 pedal
dulu bokap pernah pake W124 seri 200 karbu sebentar...ajib memang berasa german engineering
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2580
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by farizfsa »

thestoneroses wrote: Thu Jul 25, 2019 23:11 Kalau M.104 yang saya pakai (S320) temperatur di atas 80 sedikit, tidak pernah menyentuh garis 100 apalagi 120.
Kalau macet 80 lebih sedikit, cruising stabil di 80. Macet-macet neraka arah cikarang tetep di 80 lebih sedikit, hajar naik turun cipularang terus keluar pasteur naik ke lembang juga 80 lebih sedikit. Asal fan bagus, speed ngga diakal-akalin, freon ac bagus sepertinya temperatur di m.104 ngga ada masalah.

@TS, saran daripada boxernya ganti ke ne, ganti ke paus aja. Banyak kok S320 sehat, ngebangunnya juga gampang, sepengalaman saya.

Yang masalah itu ya isi bensin di km.19, sampai atas lembang 1/2.
(100L jadi 1/2=50L) damput tenan haha
Hahaha jgn om, abis naik sonderklasse abis itu naik mbl yg umum ga enak, ga empuk dan sempit

Abis naik w221 naik bmw f10 aja udh agak ga enak, abis itu naik camry, udh kaya gerobak wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by marama »

Nimbrung ya om, saya flashback 2 tahun kebelakang pakai w124 (2x ganti e320 AT dan E220 AT), kemudian setelahnya saya pakai w210 (e320 dan E240).

Ini menurut saya pribadi ya:
1. naikannya enak 210 om, dalemnya luas, lebih kedap, posisi stir terasa lbh pas, jok blkg lega, tapi ya gimanapun 124 itu iconic ya selalu ada rasa kangen nyetir 124 lagi dengan bodi kotak2nya dan interior yang khas, kalau bantingan saya ngerasa 124 lbh nyaman (lbh brasa mercy generasi jadul yang empuk2 gimana gt feel nya)
2. krn fitur lbh banyak dari 124 , 210 kalau dapet unit yang kurang bagus (biasanya beli yg asal murah) perbaikan printilan2nya lbh banyak dari 124 yang simple.
3. kalau om menanyakan dari e320 ke e220 MT yg paling dirasakan pertama konsumsi BBM nya jauh lbh irit, tarikan bawahnya lbh kalem tp g lemot2 banget dan suara mesin ketika idle tidak segarang mesin inline 6cyl M104 E320
4, Saran saya ambil matic aja om, kedepannya jualnya juga gmpg hrg makin bagus , mercy kalau manual agak gimana gitu ya, dan apa g better cari w210 E320 lagi aja om? unit skrg dijual aja cari yg segeran PR minim , walaupun problem yg om sebut diatas smua bisa diperbaiki ya (matic nya mgkn hanya kotor BV nya, cb aja opsi ke bengkel lain)
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by dsign1990 »

GasGus wrote: Wed Jul 24, 2019 14:15
ricky2803 wrote: Tue Jul 23, 2019 2:38 Selamat pagi om sekalian,

Mohon saran dan masukannya, 4 bulan ini saya baru saja ambil mercy e320 w210 96 AT.
Setelah merasakan pemakaian selama 4 bulan tsb. ternyata di unit saya ada beberapa kendala spt berikut :
1. dari analisa awal transmisi AT nya sptnya mengalami trobel, yg mana perpindahan dari gigi 2 ke 3 sedikit mengalami selip(nyantol mgkin istilahnya)
2. indicator bensin tdk akurat ketika mobil dipakai jalan(maksudnya kalo pas isi bbm indicator sesuai, tapi waktu dipakai jalan indicator turun)
3. ada beberapa rembes oli di bagian mesin(kalter klep, selang pw steering)
4. setir kemudi agak narik ke kiri, jadi harus ditahan ke kanan agar tidak narik ke kiri(padahal sudah ganti balljoin)
5. dan beberapa penyakit sedikit lainnya.

padahal ketika ambil unit saya sdh melakukan beberapa repair(kompresor ac, evap, ganti oli, ganti cover klep mesin, filter oli, filter bensin, dan beberapa part lainnya).

rencana mobil ini akan saya tukarkan lagi ke penjual dengan mercy E220 MT 96 MP, pertanyaannya adalah :
1. menurut dari beberapa sumber yang saya baca, kalo MP ini naikannya lebih nyaman daripada NE, apa itu betul?
2. apakah perseneling MP manual ini seberat innova 2005? atau di bawah innova?(krn saya ada innova manual, dan menurut saya koplingnya berat)
3. apakah penyakit di MP ini akan sama dengan NE? atau lebih ringan?
4. apakah saya tetep bertahan pakai NE dan melanjutkan perbaikan2 yang kurang tsb? melihat kalo transmisi AT nya ini diperbaikin perkiraan biaya ternyata lumayan juga berkisar antara 10-15jt(analisa paling buruk) istilahnya Overhaul ya?

hal hal yang mendukung kenapa saya agak cenderung ingin ganti ke E220 MP ini karena:
1. spt nya diameter mobil tidak begitu panjang dari NE, karena garasi rumah tdk panjang
2. CC lebih kecil yang tentu cukup okelah menekan biaya konsumsi bbm
3. saya tipe orang yang tdk begitu suka ngebut di tol atau jalanan sepi, jadi dari 3200cc ke 2200cc sptnya tdk menjadi kendala buat saya, soalnya kalo cari E220 MP yg AT koq agak susah.

saran dan masukan dari om om kira2 bgm ya? dengan pengalaman om om di sini yg sudah pernah pakai MP ataupun NE?

terima kasih,
salam hangat
Nambahin dikit dari sharing yang sudah ada diatas..

Merc pertama yang saya pakai adalah W123 280E Matic tahun 1981, sekitar 8 bulan saja dipakai untuk selanjutnya nyobain W124.. Cukup lama saya pakai seri ini meskipun berganti-ganti, mulai dari 230E, 300E, E220 dan E320, seluruhnya matic.. Setelah kurang lebih dari 3 tahun pakai w124, saya tergoda nyobain W210, waktu itu tipe yang saya coba adalah E320 Avantgarde tahun 1996.. Namun ga sampe 1 tahun saya pakai W210, saya putuskan untuk dijual dan tetap kembali menggunakan W124 230E..

Beberapa rekan-rekan ternyata juga mengalami yang serupa, maksud hati ingin upgrade ke seri yang lebih muda tapi pada akhirnya kembali ke W124.. Bagi saya, W124 lebih fun to drive dibanding W210.. Sementara W210 lebih enak jika disupirin.. IMHO..

W210 lebih modern secara desain dan teknologi, apalagi yang facelift, mesin sudah V-Engine, tenaga lebih merata di segala RPM.. Pastinya makin modern dan canggih suatu model, biaya perawatan akan berbanding lurus.. Interior W210 jauh lebih modern dibanding W124, cuma menurut saya built quality nya lebih baik W124..

Dari beberapa seri W124 yang pernah saya miliki, untuk tenaga jelas E320 paling enak, terutama jika di tol, ga terasa klo pakai mobil tua.. Tapi kombinasi mesin dan suspensi paling pas menurut saya adalah 300E sportline.. Cuma... Klo untuk rute dalam kota dan kondisi macet, mesin 6 cyl ini sering bikin khawatir klo liat temperatur mesinnya, agak tinggi.. Meskipun menurut beberapa rekan-rekan itu hal yang lumrah..

Pada akhirnya, saya sangat cocok dengan karakter mesin 4cyl di W124, baik yang M102 di 230E atau M111 di E220.. Tenaga pas untuk kota, klo macet masih bisa agak lincah, tidak over power, temperatur ga bikin khawatir.. Cuma memang kebanyakan tipe 230E dan E220 sangat minim option, jok belum electric, setir belum telescopic, electric curtain belum ada, apalagi sunroof.. Best choice menurut saya adalah E220MP, namun pada saat itu ga mudah cari unitnya, sehingga saya cukup puas pakai W124 230E full option tahun 1990..

Klo untuk FC ya beda tipis aja antara 6 cyl dan 4 cyl, klo 6 cyl sekitar 1:5-6, klo 4 cyl 1:7-8..

Opsi TS untuk mencari E220 MP menurut saya sudah tepat, namun sedikit saran saya untuk TS, cari pelan-pelan aja E220 MP matic, nikmatnya merc itu di matic nya lho.. Klo manual rasanya akan berkurang nikmatnya.. IMHO..

Demikian sedikit sharing dari newbie, semoga berkenan... :frm_tumbright:
yg saya suka dari w21O interiornya banyak lapisan bludru sampai ke pinggiran2 plafon juga ada bludru , jok juga lebih ergonomis dan ruang lutut sama bahu jauh lebih lega... cuma itu interiornya gak sekokoh w124 kerasa kalau kena / kejeduk2 sama siku atau lagi nyender2 tangan
urusan over heat saya mlah kebalikannya di mercy boxer 2OO dan 23O temperatur lebih cepat naik dibandingkan dg 3OOe mungkin karena pake yg 4 silinder an bejek2nya lebih dalam pernah juga pake e22O yg ini naiknya sama kayak yg 3OOe mungkin ditambah faktor mobkas yg berumur ya ( bahkan kalau cw seumuran gini udah pada punya anak 2 wkwkwk ), semua tergantung kondisi
ricky2803
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Feb 13, 2019 8:15
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Ayla

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by ricky2803 »

Halo om sekalian,

terima kasih sekali atas masukan, saran, dan pencerahan2 nya, saya berdomisili di Sidoarjo(tapi jg dekat ke Surabaya)
sementara ini saya pantau terus masukan dari om sekalian, memang sekarang ini saya lebih dilema dengan kondisi unit yang saat ini saya pakai, soalnya ketika saya coba baca record history servis yang saya dapat dari pemilik sebelumnya, sepertinya oli transmisi & filter belum pernah diganti. karena itu jadi dilema apakah tetap bertahan dengan W210 ini, ataukah menjual dan berganti ke W124.

beberapa PR yg masih ada : ada elektrik seat yg kurang sempurna, cruise control hanya bisa beberapa detik saja(setelah ganti paking cover valve mesin), rpm naik turun tp tdk parah, kadang getaran mesin terasa sampe ke dalam kabin, terkait temperature setelah saya baca dari balasan di atas berati memang betul ya kalo kondisi macet bisa hampir 100?

Karna itu masukan dan saran dari om sekalian yg sudah pengalaman akan betul2 saya cerna dan saya pertimbangkan dengan cermat.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by thestoneroses »

farizfsa wrote: Fri Jul 26, 2019 1:38
thestoneroses wrote: Thu Jul 25, 2019 23:11 Kalau M.104 yang saya pakai (S320) temperatur di atas 80 sedikit, tidak pernah menyentuh garis 100 apalagi 120.
Kalau macet 80 lebih sedikit, cruising stabil di 80. Macet-macet neraka arah cikarang tetep di 80 lebih sedikit, hajar naik turun cipularang terus keluar pasteur naik ke lembang juga 80 lebih sedikit. Asal fan bagus, speed ngga diakal-akalin, freon ac bagus sepertinya temperatur di m.104 ngga ada masalah.

@TS, saran daripada boxernya ganti ke ne, ganti ke paus aja. Banyak kok S320 sehat, ngebangunnya juga gampang, sepengalaman saya.

Yang masalah itu ya isi bensin di km.19, sampai atas lembang 1/2.
(100L jadi 1/2=50L) damput tenan haha
Hahaha jgn om, abis naik sonderklasse abis itu naik mbl yg umum ga enak, ga empuk dan sempit

Abis naik w221 naik bmw f10 aja udh agak ga enak, abis itu naik camry, udh kaya gerobak wkwk
Betul, kalau kata anakku di mobil ibu (istri) ngga bisa main lempar bola.
Sedih sih, tapi yah, sebetulnya dia mirip-mirip empuknya dengan S90 lama.
Sama-sama opa-opa style, sama-sama 6 silinder, sama-sama ngantukan. wkwkwk

@TS, coba cari bengkel alternatif lainnya saja soal m.104, tanya ke komunitas mereka open biasanya.
Ron Asheton Forever
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2580
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by farizfsa »

ricky2803 wrote: Fri Jul 26, 2019 4:47 Halo om sekalian,

terima kasih sekali atas masukan, saran, dan pencerahan2 nya, saya berdomisili di Sidoarjo(tapi jg dekat ke Surabaya)
sementara ini saya pantau terus masukan dari om sekalian, memang sekarang ini saya lebih dilema dengan kondisi unit yang saat ini saya pakai, soalnya ketika saya coba baca record history servis yang saya dapat dari pemilik sebelumnya, sepertinya oli transmisi & filter belum pernah diganti. karena itu jadi dilema apakah tetap bertahan dengan W210 ini, ataukah menjual dan berganti ke W124.

beberapa PR yg masih ada : ada elektrik seat yg kurang sempurna, cruise control hanya bisa beberapa detik saja(setelah ganti paking cover valve mesin), rpm naik turun tp tdk parah, kadang getaran mesin terasa sampe ke dalam kabin, terkait temperature setelah saya baca dari balasan di atas berati memang betul ya kalo kondisi macet bisa hampir 100?

Karna itu masukan dan saran dari om sekalian yg sudah pengalaman akan betul2 saya cerna dan saya pertimbangkan dengan cermat.
temperature mepet 100 santai aja om, normal.

mercy2 tua saya dulu jg gt kok, 230 kompre mantengnya di 95an, 300CE malah 80an aja.

pindah ke e220 manual maupun matic ga ada electric seat loh, cruise control jg ga ada cmiiw.

kalo saran saya sih mendingan rapihin aja, cr bengkel alternatif lain.

cm kayanya si om udh kepikiran pindah ke W124, ya cobain aja.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by Pboyz97 »

Mending rapihin aja om pelan2 W210 nya, sayang juga kalo gantinya tahunnya lebih tua dan ketinggalan 1 generasi + CC nya lebih kecil. Kalau memang tetap pengen W124 , mending cari yg unitnya sehat aja om, sm service historynya jelas
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Geroo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Oct 19, 2019 15:43
Location: jakarta
Daily Vehicle: W124

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by Geroo »

Permisi om saya baru cobain pake w124 E220 tahun 1995..
saya mau nanya dong, w124 itu kalo ad tetesan oli di bagian depan kolong mesin karna apa ya biasanya, oli mesin kah? Powersteering atau apa lagi ya slain itu, tapi di knalpot aman ga ad oli dan ga ngebul asap putuh dll...
Berbahayakah?
Sama satu lagi kalo masuk di dalem mbl, ad bunyi kasar gitu di bagian bawah jok pengemudi (kaya tabung knalpot bocor), utk ini belum di cobain cek ke bengkel knalpot sih, tapi mau nanya aja gitu apa emang suara kasar itu wajar di w124 ? Atau sebenernya halus ga kedengeran kaya gitu di kabin w124 ?
Bengkel rekomendasi yang bagus, jujur dan handal di mana ya daerah jakarta utara atau sekitarnya

Thanks yah semuanya, mohon maaf newbie bgt pake w124 jadi mau nanya2 ama yang paham
User avatar
GasGus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Thu Jan 18, 2018 0:12
Location: Bintaro

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by GasGus »

Geroo wrote: Sat Oct 19, 2019 15:50 Permisi om saya baru cobain pake w124 E220 tahun 1995..
saya mau nanya dong, w124 itu kalo ad tetesan oli di bagian depan kolong mesin karna apa ya biasanya, oli mesin kah? Powersteering atau apa lagi ya slain itu, tapi di knalpot aman ga ad oli dan ga ngebul asap putuh dll...
Berbahayakah?
Sama satu lagi kalo masuk di dalem mbl, ad bunyi kasar gitu di bagian bawah jok pengemudi (kaya tabung knalpot bocor), utk ini belum di cobain cek ke bengkel knalpot sih, tapi mau nanya aja gitu apa emang suara kasar itu wajar di w124 ? Atau sebenernya halus ga kedengeran kaya gitu di kabin w124 ?
Bengkel rekomendasi yang bagus, jujur dan handal di mana ya daerah jakarta utara atau sekitarnya

Thanks yah semuanya, mohon maaf newbie bgt pake w124 jadi mau nanya2 ama yang paham
Izin sharing om..

Cek saja warna oli yang netes, klo agak kemerahan umumnya oli PS, perlu repair seal dll.. Klo warnanya agak hitam kemungkinan oli mesin, cuma setau saya klo mesin M111 yang dipake di E220 jarang ada kasus ini, kecuali memang pemilik sebelumnya "jorok", berbeda dengan mesin M012 yang dipakai di 230E umumnya ditemukan oli "meler" karena faktor packing silinder yang getas..

Klo bunyi2an ada baiknya dicek di bengkel saja om, agak susah memprediksinya.. Mengenai rekomendasi bengkel, saya biasa ke Mas Gunawan di cirendeu atau ke Pak Maani di pulo gebang, so far memuaskan... :mrgreen:
Geroo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Oct 19, 2019 15:43
Location: jakarta
Daily Vehicle: W124

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by Geroo »

GasGus wrote: Tue Oct 22, 2019 14:00
Geroo wrote: Sat Oct 19, 2019 15:50 Permisi om saya baru cobain pake w124 E220 tahun 1995..
saya mau nanya dong, w124 itu kalo ad tetesan oli di bagian depan kolong mesin karna apa ya biasanya, oli mesin kah? Powersteering atau apa lagi ya slain itu, tapi di knalpot aman ga ad oli dan ga ngebul asap putuh dll...
Berbahayakah?
Sama satu lagi kalo masuk di dalem mbl, ad bunyi kasar gitu di bagian bawah jok pengemudi (kaya tabung knalpot bocor), utk ini belum di cobain cek ke bengkel knalpot sih, tapi mau nanya aja gitu apa emang suara kasar itu wajar di w124 ? Atau sebenernya halus ga kedengeran kaya gitu di kabin w124 ?
Bengkel rekomendasi yang bagus, jujur dan handal di mana ya daerah jakarta utara atau sekitarnya

Thanks yah semuanya, mohon maaf newbie bgt pake w124 jadi mau nanya2 ama yang paham
Izin sharing om..

Cek saja warna oli yang netes, klo agak kemerahan umumnya oli PS, perlu repair seal dll.. Klo warnanya agak hitam kemungkinan oli mesin, cuma setau saya klo mesin M111 yang dipake di E220 jarang ada kasus ini, kecuali memang pemilik sebelumnya "jorok", berbeda dengan mesin M012 yang dipakai di 230E umumnya ditemukan oli "meler" karena faktor packing silinder yang getas..

Klo bunyi2an ada baiknya dicek di bengkel saja om, agak susah memprediksinya.. Mengenai rekomendasi bengkel, saya biasa ke Mas Gunawan di cirendeu atau ke Pak Maani di pulo gebang, so far memuaskan... :mrgreen:
Oli gearbox sepertinya om...pertama selang matic bawah uda ganti, eh skrng masih ad rembesan dr gearbox nya sdikit, bahaya ga sih ya ino, oli matic sih saya oantau ga kurang, masih bagus kapasitasnya ... matic jg alus bgt ga ada jedug atau susah ganti gigi dll...mungkin packingnya ya om?
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by satrialiar69 »

Sepertinya udah jelas banget sih ya om keterangan di atas. Yang bocor2 bisa dicek pelan2, bersihin dulu lumeran olinya, baru tes lagi...bocor? Tinggal ganti
Setir narik bisa cek tekanan ban, kondisi ban apakah makan dalam?

Sayang sih kalo pindah ke W124 E220 manual...pastinya lemot om..belum tentu juga lebih bagus dari W210nya
E220MP
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Jan 20, 2020 1:14
Location: Kesultanan Jayakarta
Daily Vehicle: W124 E220 MP

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by E220MP »

saya dulu pakai S60 Volvo 2.3T, handling enak, tarikan mantab. begitu kena transmisinya, nah never ending story dah. beli paket kopling, total habis 15 juta termasuk biaya bongkar dll. gak beres juga dan masih aneh transmisi nya. karena saya termasuk tipikal orang yang penasaran dan mau belajar, saya pindah bengkel buat belah bongkar sistem transmisi matic nya. ternyata dari situ saya mulai paham bahwa sistem transmisi matic itu sangatlah rumit karena mekanis dan elektrik jadi satu dan saling terkait. sudah gitu, alur kerja transmisi berhubungan dengan mekanisme yang kecil kecil rumit dan butuh presisi fisika kimia mekanis fluida elektrikal yang kalau ada gangguan kecil saja maka akan ngefek ke kinerja transmisi. saat itu hampir 2 tahun saya ikut nimbrung belah transmisi matic dan pelajari sistem nya.

akhirnya, saya jual S60 ini dan saya ganti E220 MP tahun 95 dan pilih MANUAL.

kenapa saya pilih MANUAL? saya tidak mau direpotkan lagi dengan transmisi matic mobil lama lagi hehehe

satu pelajaran yang saya paling ingat adalah begitu matic dibongkar, dia tidak akan pernah sama lagi dengan keluaran pabrik meskipun disusun ulang utuh lagi, apalagi untuk mobil berumur tua.

begitu saya beli E220 MP sekitar 4 tahunan lalu, tidak pernah ada masalah apa apa, paling ganti oli rutin, 1x ganti kampas handrem, 1x kampas rem depan belakang dan sekali ganti selang AC yang getas. nyaman dipakai buat kerja PP Serpong Senayan saban hari. 3 bulanan lalu baru kerasa kopling mulai tidak ngegigit, langsung saya bawa ke Kurnia Jaya ganti master kopling atas dan bawah dan kopling set. total cuman 3.7 juta doang.

W124 ini pernah saya bawa ke Denpasar mampir Surabaya utk ganti oli disana. saya bawa ke Garut Tasik Pangandaran Boyolali Solo Malang Jogjakarta Terbanggi Metro tidak pernah ada masalah. saya akhirnya harus akui, mesin M111.960 ini memang hasil kawin campuran BADAK sama HARIMAU, berat namun power nya mantab apalagi diatas 2.500 RPM. buat lari 180-200 kpj di tol transjawa enteng dan nyaman sekali, meski napasnya panjang. tidak pernah overheat, selama pakai macet macetan dan jarak jauh, gak pernah lebih 80 Celcius, mesin halus, AC duingin, tampilan oke rapi, praktis tidak degdegan dan bolak balik ke bengkel.

apalagi yang saya butuhkan coba?? hehehe


saya tidak peduli orang mau bilang apa soal transmisi matic, buat saya Mercedes ya tetep Mercedes meskipun itu MANUAL hehehe...

punya mobil itu ya buat dipakai dan dinikmati, jangan untuk bikin deg degan hehe

moga bermanfaat
thedaligram
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Dec 16, 2018 20:19
Location: Jakarta

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by thedaligram »

E220MP wrote: Mon Jan 20, 2020 1:46 saya dulu pakai S60 Volvo 2.3T, handling enak, tarikan mantab. begitu kena transmisinya, nah never ending story dah. beli paket kopling, total habis 15 juta termasuk biaya bongkar dll. gak beres juga dan masih aneh transmisi nya. karena saya termasuk tipikal orang yang penasaran dan mau belajar, saya pindah bengkel buat belah bongkar sistem transmisi matic nya. ternyata dari situ saya mulai paham bahwa sistem transmisi matic itu sangatlah rumit karena mekanis dan elektrik jadi satu dan saling terkait. sudah gitu, alur kerja transmisi berhubungan dengan mekanisme yang kecil kecil rumit dan butuh presisi fisika kimia mekanis fluida elektrikal yang kalau ada gangguan kecil saja maka akan ngefek ke kinerja transmisi. saat itu hampir 2 tahun saya ikut nimbrung belah transmisi matic dan pelajari sistem nya.

akhirnya, saya jual S60 ini dan saya ganti E220 MP tahun 95 dan pilih MANUAL.

kenapa saya pilih MANUAL? saya tidak mau direpotkan lagi dengan transmisi matic mobil lama lagi hehehe

satu pelajaran yang saya paling ingat adalah begitu matic dibongkar, dia tidak akan pernah sama lagi dengan keluaran pabrik meskipun disusun ulang utuh lagi, apalagi untuk mobil berumur tua.

begitu saya beli E220 MP sekitar 4 tahunan lalu, tidak pernah ada masalah apa apa, paling ganti oli rutin, 1x ganti kampas handrem, 1x kampas rem depan belakang dan sekali ganti selang AC yang getas. nyaman dipakai buat kerja PP Serpong Senayan saban hari. 3 bulanan lalu baru kerasa kopling mulai tidak ngegigit, langsung saya bawa ke Kurnia Jaya ganti master kopling atas dan bawah dan kopling set. total cuman 3.7 juta doang.

W124 ini pernah saya bawa ke Denpasar mampir Surabaya utk ganti oli disana. saya bawa ke Garut Tasik Pangandaran Boyolali Solo Malang Jogjakarta Terbanggi Metro tidak pernah ada masalah. saya akhirnya harus akui, mesin M111.960 ini memang hasil kawin campuran BADAK sama HARIMAU, berat namun power nya mantab apalagi diatas 2.500 RPM. buat lari 180-200 kpj di tol transjawa enteng dan nyaman sekali, meski napasnya panjang. tidak pernah overheat, selama pakai macet macetan dan jarak jauh, gak pernah lebih 80 Celcius, mesin halus, AC duingin, tampilan oke rapi, praktis tidak degdegan dan bolak balik ke bengkel.

apalagi yang saya butuhkan coba?? hehehe


saya tidak peduli orang mau bilang apa soal transmisi matic, buat saya Mercedes ya tetep Mercedes meskipun itu MANUAL hehehe...

punya mobil itu ya buat dipakai dan dinikmati, jangan untuk bikin deg degan hehe

moga bermanfaat
Permisi Om, mau bertanya.. saya tertarik dengan W124 E220 manual, kira-kira apa saja yang harus diperhatikan saat hunting unitnya... thank you Om :)
rizkiprat
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sun Sep 27, 2020 5:18
Location: Medan
Daily Vehicle: Mercedes Benz W124 E220 Masterpiece

Re: Mohon saran, tukar guling dari E320 W210 ke E220 MP

Post by rizkiprat »

thedaligram wrote: Wed May 06, 2020 22:03
E220MP wrote: Mon Jan 20, 2020 1:46 saya dulu pakai S60 Volvo 2.3T, handling enak, tarikan mantab. begitu kena transmisinya, nah never ending story dah. beli paket kopling, total habis 15 juta termasuk biaya bongkar dll. gak beres juga dan masih aneh transmisi nya. karena saya termasuk tipikal orang yang penasaran dan mau belajar, saya pindah bengkel buat belah bongkar sistem transmisi matic nya. ternyata dari situ saya mulai paham bahwa sistem transmisi matic itu sangatlah rumit karena mekanis dan elektrik jadi satu dan saling terkait. sudah gitu, alur kerja transmisi berhubungan dengan mekanisme yang kecil kecil rumit dan butuh presisi fisika kimia mekanis fluida elektrikal yang kalau ada gangguan kecil saja maka akan ngefek ke kinerja transmisi. saat itu hampir 2 tahun saya ikut nimbrung belah transmisi matic dan pelajari sistem nya.

akhirnya, saya jual S60 ini dan saya ganti E220 MP tahun 95 dan pilih MANUAL.

kenapa saya pilih MANUAL? saya tidak mau direpotkan lagi dengan transmisi matic mobil lama lagi hehehe

satu pelajaran yang saya paling ingat adalah begitu matic dibongkar, dia tidak akan pernah sama lagi dengan keluaran pabrik meskipun disusun ulang utuh lagi, apalagi untuk mobil berumur tua.

begitu saya beli E220 MP sekitar 4 tahunan lalu, tidak pernah ada masalah apa apa, paling ganti oli rutin, 1x ganti kampas handrem, 1x kampas rem depan belakang dan sekali ganti selang AC yang getas. nyaman dipakai buat kerja PP Serpong Senayan saban hari. 3 bulanan lalu baru kerasa kopling mulai tidak ngegigit, langsung saya bawa ke Kurnia Jaya ganti master kopling atas dan bawah dan kopling set. total cuman 3.7 juta doang.

W124 ini pernah saya bawa ke Denpasar mampir Surabaya utk ganti oli disana. saya bawa ke Garut Tasik Pangandaran Boyolali Solo Malang Jogjakarta Terbanggi Metro tidak pernah ada masalah. saya akhirnya harus akui, mesin M111.960 ini memang hasil kawin campuran BADAK sama HARIMAU, berat namun power nya mantab apalagi diatas 2.500 RPM. buat lari 180-200 kpj di tol transjawa enteng dan nyaman sekali, meski napasnya panjang. tidak pernah overheat, selama pakai macet macetan dan jarak jauh, gak pernah lebih 80 Celcius, mesin halus, AC duingin, tampilan oke rapi, praktis tidak degdegan dan bolak balik ke bengkel.

apalagi yang saya butuhkan coba?? hehehe


saya tidak peduli orang mau bilang apa soal transmisi matic, buat saya Mercedes ya tetep Mercedes meskipun itu MANUAL hehehe...

punya mobil itu ya buat dipakai dan dinikmati, jangan untuk bikin deg degan hehe

moga bermanfaat
Permisi Om, mau bertanya.. saya tertarik dengan W124 E220 manual, kira-kira apa saja yang harus diperhatikan saat hunting unitnya... thank you Om :)
Yang penting udah dapat bengkel & komunitas terdekatnya om. Trus hunting barang yang interiornya masih oke. Patokan kedua kondisi mesin & terakhir eksterior. Syukur kalau dapat yang semuanya masih oke jadi restorasinya bisa minim om. Begitu udah fully restored, hati puas pakainya om