Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
riizv89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Wed Apr 12, 2017 5:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Post by riizv89 »

Ah ngga juga om, saya puas2 aja pakai nmax. Kombinasi dalkot lurkot : 45-47,5km/liter.
Oli pakai Kendall SDXA 10w-30 per 8000km, oli gardan ganti per 10.000 km. Getaran lebih minim dari Vario, suara juga lebih halus.
Enjoy ngga capek dipakai harian, daripada ninin 250..hihi
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Post by ZEXELGRIFONE »

outlaw wrote: ↑Tue Dec 17, 2019 8:55
bero89 wrote: ↑Tue Dec 17, 2019 7:39
ZEXELGRIFONE wrote: ↑Thu Jul 18, 2019 6:54

Iya om aki di dek, klo yg badannya tinggi, dengkul kaki bisa nyenggol tebeng bagian atas. hehehe..
Tapi apa ini yg bikin akinya awet ya? Saya pake vario 125 led, dah hampir 4 tahun blum jg minta ganti aki.
Pdhal setahu saya umur aki paling cuma 2 tahunan.

Klo rattling body, untungnya sampe skrg ini punya saya masih dikit rattlingnya.
1-2 th pertama malah bebas rattling, dan berasa lebih solid daripada jaman bebek SupraX 125 yg baru setahunan dah ratling.
Ini pengalaman saya aja, coz udah pernah punya keduanya dari baru.. :frm_salut:
Mio m3 (2015) dirumah juga tembus 4th 5bulan om aki nya, saya ganti dengan aki Yuasa, masih brand yg sama, harapannya sih biar sama awetnya.

Untuk yang tanya getaran di stang (terutama throtle gas), semenjak di mio S sudah gak ada (coba pakai punya teman, dengan jarak yang cukup jauh), perkiraan saya sih karena ada perbaikan, karena itu juga saya kasih saran kakak yang mau ambil motor baru untuk pilih freego, karena walaupun mesin generasi yang sama dengan mio m3 tapi sudah perbaikan, tarikannya benar2 berbeda, selain itu akomodasi yang lapang (panjang joknya lebih panjang dari nmax & skywave dirumah), praktikalitas isi bensinya.

Waktu ikut YRA (Yamaha Riding Academy) sengaja pilih unit freego, karena penasaran soal getaran itu, sambil mau tahu karakter mesinnya. Feelnya gambot, ringan, powernya cukupan, handling mudah untuk dijinakan. Walaupun tangki dibawah kaki, saya gak ngerasa duduknya sejongkok naik beat yang baru. Soal getaran di stang memang gak terasa selama sesi itu sih. Keyless nya jadi pangalaman yang baru sih.
Ini ts nya sudah beli apa dapat motor belum yah , kalau sudah , anggap sharing pengalaman saja .

Aki motor kalau saya perhatikanusianya memang rd awet 4tahunanan lah,apa ini karena aki tidak terpapar panas berlebihan dr mesin? atau jg memang krn beban kelistrikan motor kecil? mungkin bisa dari dua-duanya
Sory ni jadi menjurus per-aki-aki-an πŸ˜†πŸ˜†

Bisa jadi ya:
1.Letak aki yg agak jauh dr mesin sehingga tidak terpapar panas berlebihan.
2.Beban listrik yg standar (vario 125-led saya kondisi standar, cuma lampu belakang+rem aja yg sudah ganti led semua).
3.Kondisi pengisian listrik yg bagus (yg ini blum pernah ngukur sih).

Mungkin itu faktor yg bikin aki motor matik saya awet.
Dibanding dulu saat pake SupraX 125 kekna rutin 2 tahunan ganti aki. Pdhal kondisi sama2 standar dan sama2 pakai aki MF.

Oia klo aki yamaha macam NMAX dimana posisinya?
Kepikiran mo ganti NMAX euy πŸ˜†
User avatar
bero89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Post by bero89 »

Posisi aki mio m3 sih ada di bagasi, disitu panas mesin kerasa kok, kanebo sampai kaku kering padahal didalem kotaknya.

Untuk cc 110-125 Honda enak sih kombinasi cvt-mesin nya. Bisa irit & respon bagus tarikan awalnya, terutama 110cc nya, 125cc nya ternodai gredek nya. 150cc megang racikan Yamaha.

---

TS dapet motor apa?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9678
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Post by Suryaputra »

bero89 wrote: ↑Sun Dec 22, 2019 16:37 Posisi aki mio m3 sih ada di bagasi, disitu panas mesin kerasa kok, kanebo sampai kaku kering padahal didalem kotaknya.

Untuk cc 110-125 Honda enak sih kombinasi cvt-mesin nya. Bisa irit & respon bagus tarikan awalnya, terutama 110cc nya, 125cc nya ternodai gredek nya. 150cc megang racikan Yamaha.

---

TS dapet motor apa?
gak cuma honda om.
yamaha skutik 125cc ke atas jg gredek parah klo mangkok kopling cvt kotor.

solusi gredek, pakai mangkok custom kaya gini,
https://tokopedia.link/35y61zAkP2
basenya dari mangkok ori OEM.

ring pulleynya gak perlu dipasang, pakai std pabrik aja.
doi jual juga buat skutik merk lain.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Post by indeskey »

Om Riizv89 pake oli kendall itu aman om penguapan dipake 8000km?

Jd pingin coba.
riizv89 wrote:Ah ngga juga om, saya puas2 aja pakai nmax. Kombinasi dalkot lurkot : 45-47,5km/liter.
Oli pakai Kendall SDXA 10w-30 per 8000km, oli gardan ganti per 10.000 km. Getaran lebih minim dari Vario, suara juga lebih halus.
Enjoy ngga capek dipakai harian, daripada ninin 250..hihi
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Post by mobilkutu »

Motor matic yg worthed tu aerox, harga second nya mayan drop, model ganteng cc gede. 17-18jt mah dapet yg tahun muda km rendah
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Post by outlaw »

Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 30, 2019 0:34
bero89 wrote: ↑Sun Dec 22, 2019 16:37 Posisi aki mio m3 sih ada di bagasi, disitu panas mesin kerasa kok, kanebo sampai kaku kering padahal didalem kotaknya.

Untuk cc 110-125 Honda enak sih kombinasi cvt-mesin nya. Bisa irit & respon bagus tarikan awalnya, terutama 110cc nya, 125cc nya ternodai gredek nya. 150cc megang racikan Yamaha.

---

TS dapet motor apa?
gak cuma honda om.
yamaha skutik 125cc ke atas jg gredek parah klo mangkok kopling cvt kotor.

solusi gredek, pakai mangkok custom kaya gini,
https://tokopedia.link/35y61zAkP2
basenya dari mangkok ori OEM.

ring pulleynya gak perlu dipasang, pakai std pabrik aja.
doi jual juga buat skutik merk lain.
Sedikit namabahin saja

Kalau kata montir pinggir jalan, gredek" CVT bs jg dr bushing shaft CVT nya yg sdh aus/oblak.
Dari sana memang baiknya jg ada ganti grease khusus cvt secara periodik pd bushing CVT nya, sisanya ganti per/spring klep kalau motor Yamaha yg sdh berumur krn per kebanyakan sdh lemah daya pegasnya shg kompresi mesin menurun Dan tenaga jd berkurang...itu kata montir
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9678
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Motor untuk daily Rp. 17-18juta.

Post by Suryaputra »

outlaw wrote: ↑Mon Dec 30, 2019 10:52
Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 30, 2019 0:34
bero89 wrote: ↑Sun Dec 22, 2019 16:37 Posisi aki mio m3 sih ada di bagasi, disitu panas mesin kerasa kok, kanebo sampai kaku kering padahal didalem kotaknya.

Untuk cc 110-125 Honda enak sih kombinasi cvt-mesin nya. Bisa irit & respon bagus tarikan awalnya, terutama 110cc nya, 125cc nya ternodai gredek nya. 150cc megang racikan Yamaha.

---

TS dapet motor apa?
gak cuma honda om.
yamaha skutik 125cc ke atas jg gredek parah klo mangkok kopling cvt kotor.

solusi gredek, pakai mangkok custom kaya gini,
https://tokopedia.link/35y61zAkP2
basenya dari mangkok ori OEM.

ring pulleynya gak perlu dipasang, pakai std pabrik aja.
doi jual juga buat skutik merk lain.
Sedikit namabahin saja

Kalau kata montir pinggir jalan, gredek" CVT bs jg dr bushing shaft CVT nya yg sdh aus/oblak.
Dari sana memang baiknya jg ada ganti grease khusus cvt secara periodik pd bushing CVT nya, sisanya ganti per/spring klep kalau motor Yamaha yg sdh berumur krn per kebanyakan sdh lemah daya pegasnya shg kompresi mesin menurun Dan tenaga jd berkurang...itu kata montir
:big_okay: :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri