BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by Fookyoo »

Halo Suhu/Master semua,

Per subject, saya lagi galau antara 2 pilihan ini, tapi juga consider 2-3 mobil brand lain di rentang harga 180-240 juta, max umur 8 tahun.

Kira-kira lebih worth mana ya antara X1 dan CX5 in terms of (urutan prioritas):
1. Reliable (dalam arti less problem - andai ada problem pun, yang cukup common gak aneh2, lalu parts dan service nya mudah/banyak e.g. BeRes terpercaya, non-BeRes juga mampu lakukan maintenance).
2. Fun to drive.
3. Power cukup bertenaga.
4. FC dalkot 7-8 km/l acceptable.

Khusus untuk X1, better yang Petrol atau Diesel ya? :e-think:
Jika Diesel, apakah harus Dex?
Atau Shell/Total/BP Diesel boleh?
Apa saja yang harus diperhatikan dari X1 ini?
Atau tanggung better upgrade ke X3 2013 (kalo ga salah ada petrol dan diesel juga, CMIIW) sekalian?

Mohon pencerahannya :ungg:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by martinnn »

saya sih cx 5 aja .... lebih peace of mind aja....biaya rejuvenate mazda juga kyknya masih lebih murah daripada bmw
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by Fookyoo »

martinnn wrote: 09 Apr 2019, 10:35 saya sih cx 5 aja .... lebih peace of mind aja....biaya rejuvenate mazda juga kyknya masih lebih murah daripada bmw
Thanks masukan-nya, Om.
Karena saya buta dengan 2 brand itu, berarti parts dan service masih lebih mudah Mazda (dan tentu gak semahal BMW) ya, Om ? :big_think:
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 13 Sep 2016, 12:27

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by NestlePureLife »

Piihan aneh, rentan harga segitu masih jauh lebih bnyk yg realibe such as CRV
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by krniawnhdr »

NestlePureLife wrote: 09 Apr 2019, 14:33 Piihan aneh, rentan harga segitu masih jauh lebih bnyk yg realibe such as CRV
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
crv lebih reliable?
built qualitynya aja udah ngga reliable dibanding 2 mobil itu..

saran saya untuk ts, kalau antara cx5 dan x1, go for cx5. tapi cx5 tahun segitu row 2 nya sempit, ga bisa slide. entah kalau x1.
btw, 2-3 mobil yang lainnya itu apa aja? jadi penasaran.

note: x1 gasoline itu cuma 150hp, 200nM. kentang :mky_01:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by rendr »

Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.

Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...

Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk

X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.

Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by Fookyoo »

NestlePureLife wrote: 09 Apr 2019, 14:33 Piihan aneh, rentan harga segitu masih jauh lebih bnyk yg realibe such as CRV
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
Thanks masukan nya, Om. Tapi sejak awal saya gak bilang ada concern harga spare part, tapi kemudahan parts dan service. Untuk CRV, selain baca di forum, tp ada 2 teman yg pakai dan sangat tidak puas. Jadi saya pass dulu deh
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by Fookyoo »

krniawnhdr wrote: 09 Apr 2019, 15:35
NestlePureLife wrote: 09 Apr 2019, 14:33 Piihan aneh, rentan harga segitu masih jauh lebih bnyk yg realibe such as CRV
Jangan beli mazda/ bmw deh kalau masi mikir harga sparepart, apalagi kedua brand tsb bnyk part elektrikal
crv lebih reliable?
built qualitynya aja udah ngga reliable dibanding 2 mobil itu..

saran saya untuk ts, kalau antara cx5 dan x1, go for cx5. tapi cx5 tahun segitu row 2 nya sempit, ga bisa slide. entah kalau x1.
btw, 2-3 mobil yang lainnya itu apa aja? jadi penasaran.

note: x1 gasoline itu cuma 150hp, 200nM. kentang :mky_01:
Mobil Lainnya ada Accord CR2, Om.
Beda ya CX5 2013 dan yang face-lift? :big_think:
Kebanyakan sih memang buat dibawa sendiri sehari-hari sih, Om. Paling weekend aja sama family. :D
Nah CX5 itu apa parts dan service (kalo ada problem) itu aman? Maksudnya common problem :D
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by Fookyoo »

rendr wrote: 09 Apr 2019, 15:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.

Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...

Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk

X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.

Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Thanks opini nya, Om. :D
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...

Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by paidjho »

Fookyoo wrote:
rendr wrote: 09 Apr 2019, 15:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.

Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...

Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk

X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.

Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Thanks opini nya, Om. :D
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...

Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
Pernah coba torsi 3++ Om?

People by HP, but they drive torque...
[emoji16][emoji16][emoji16]

Coba bandingin aja 0-100kpj, cepetan mana...

Me, X1 it is... Walaupun plain dash nya...

Electricnya, 22 nya dah modern canbus, bmw lebih banyak bengkel specialisnya... harga Sparepart jg gak beda jauh dan availability banyakan bmw...
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by rendr »

Fookyoo wrote: 09 Apr 2019, 17:49
rendr wrote: 09 Apr 2019, 15:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.

Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...

Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk

X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.

Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Thanks opini nya, Om. :D
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...

Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
Iya untuk N47 tensioner timing chain lifetime nya sekitar 50k km.. oh walaupun dia 150hp tetep dia seekor bmw.. responsif..
:mky_01:
Disamping X1 1.8i pake mesin N46B20 yg saya kurang sreg sama reliability nya.. walaupun partsnya berlimpah ruah (sharing sama e46/e90)

Tapi sebisa mungkin kalo X1 ambil 2.0d sih, atau kalo maksa mau bensin coba hunting pelan2 X1 2.5 XDrive.. 3.0L 6cyl N52B30.. muantabbb...

Oh maksud saya tadi FC 9km/L itu X3 2.0d diesel om..
Selain X3 diesel blom bisa comment banyak.
:mky_01:

Ga pertimbangkan Vw Tiguan juga om? Jauh lebih murah dari X3 sepertinya... paling bensin doang minta RON 98...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by farizfsa »

Kalo bs sih cari x1 diesel 2013 keatas yg panoramic dan idrive dgn 8 speed auto

Atau x3 diesel juga, 2011 masih ada yg pano, setelahnga ga ada kayanya ya

Harus hati2 cek mesin yg bener, ada beberapa kasus timing chain, yg bs merembet ke kruk as piston dll, 90 jt lah repairnya

Bmw diesel cm bs pertadex, ga boleh lain

Dalkot
320d avg speed 20kmh bs dapet 1:14
520d avg speed 20kmh bs dapet 1:12.8
X3 diesel 20kmh bs dapet 1:12 karena awd dan bobot

X1 bensin? Lupain aja
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
telytims
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 14 Dec 2010, 22:28
Location: jakarta
Daily Vehicle: scross

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by telytims »

Saya pernah pakai 2 2nya...
Cx 5 lebih enak dibawa dan penumpang belakang lebih manusiawi.
Bmw diesel tenaganya gede tapi bangku penumpangnya ga enak.
Kalau posisi bawa saya tinggi 179 berap 100 enakan cx5 ya.
Mengenai part bmw x1 saya jual km 20rban kejebak banjir di greengarden abis 80 jt buat dia jalan lagi.
Saya dengar dari mekanik bmw nya ... ini katanya ya. Sekitar 100rban km biasa ada turun mesin abisnya bs 50an jt lebih. Saya ga ngerti buat apa.
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by Fookyoo »

paidjho wrote: 09 Apr 2019, 19:07
Fookyoo wrote:
rendr wrote: 09 Apr 2019, 15:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.

Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...

Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk

X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.

Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Thanks opini nya, Om. :D
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...

Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
Pernah coba torsi 3++ Om?

People by HP, but they drive torque...
[emoji16][emoji16][emoji16]

Coba bandingin aja 0-100kpj, cepetan mana...

Me, X1 it is... Walaupun plain dash nya...

Electricnya, 22 nya dah modern canbus, bmw lebih banyak bengkel specialisnya... harga Sparepart jg gak beda jauh dan availability banyakan bmw...
Torsi 3++ Nm udah coba di Camry 3.5Q saya (343 Nm, masih kalah dari X1 diesel :frm_salut: ), Om.
Tapi entah beda atau nggak tarikan Petrol engine VS Diesel engine, seumur-umur belum pernah megang diesel engine. :mky_01:
Jadi rekomen X1 yang diesel ya, cuma serem masalah timing chain yang Om rendr bilang aja sih. :big_slap:
rendr wrote: 09 Apr 2019, 19:41
Fookyoo wrote: 09 Apr 2019, 17:49
rendr wrote: 09 Apr 2019, 15:58 Jelas X1 2.0d Diesel. Kalo bisa cari yg LCI 2014-2015 udah On Board Monitor + panoramic + sport shifter (launch control). Jambakan dieselnyaaaa muantaabb tapi super irit... gimana ya ini mobil kecil gini dipasang mesin diesel + RWD pula.. gokil.

Kalo X3 (F25) boleh juga cuman dia AWD , FC nya sih masih dapet 9 koma km/L.. ga se irit X1 2.0d walaupun X3 F25 LCI itu sama2 menggiurkan juga fiturnya...

Ini yg bilang biaya maintenance bmw lebih mahal dari mazda....... belom pernah main2 ke afon/buana sakti/anugrah kyknya ya? Atau ke Bestindo deh general check up bandingin biayanya sama mazda.. wkwkwkwkwkwkwk

X1 bisa service di bengkel spesialis bmw ga gitu ribet, paling transmisinya aja yg msh ZF 6 speed perlu perhatian lebih.. pastiin masuk gigi 1~6 perpindahannya lancar n halus, dan mesin N series diesel itu ada kendala di tensioner timing chain.. pastiin tiap 50rb km cek masih kencang n ok.

Kalo bensin wajib isi PertaDEX. Gausah pusing, abisnya lamaaaaaaaa...
Thanks opini nya, Om. :D
Nah betul, Om... Tadi saya baca2 X1 yang diesel itu (mesin N47) suka masalah sama Timing Chain. Dan udah pasti kena seiring pemakaian (baru baca beberapa artikel sih). Jadi recommended ambil yang bensin saat baca2. Tapi tadi di atas Om, sebut spec cuma 150 HP haha...

Kalo X3 yang 35i...menarik sih, FC 9 km/l sih OK lab untuk 3.0 L Turbo engine... Ada opini ttg mobil ini, Om?
Iya untuk N47 tensioner timing chain lifetime nya sekitar 50k km.. oh walaupun dia 150hp tetep dia seekor bmw.. responsif..
:mky_01:
Disamping X1 1.8i pake mesin N46B20 yg saya kurang sreg sama reliability nya.. walaupun partsnya berlimpah ruah (sharing sama e46/e90)

Tapi sebisa mungkin kalo X1 ambil 2.0d sih, atau kalo maksa mau bensin coba hunting pelan2 X1 2.5 XDrive.. 3.0L 6cyl N52B30.. muantabbb...

Oh maksud saya tadi FC 9km/L itu X3 2.0d diesel om..
Selain X3 diesel blom bisa comment banyak.
:mky_01:

Ga pertimbangkan Vw Tiguan juga om? Jauh lebih murah dari X3 sepertinya... paling bensin doang minta RON 98...
Oh saya baru tau kalo ada X1 yang 3,000cc ....ini mesinnya sama kayak X3 yang 35i atau nggak ya? reliability nya gimana X1 dengan mesin ini, Om?
Lalu untuk X3 diesel dan X1 diesel, sepertinya sama-sama mesin N47 ya? berarti harus lihat timing chain juga?
farizfsa wrote: 09 Apr 2019, 22:32 Kalo bs sih cari x1 diesel 2013 keatas yg panoramic dan idrive dgn 8 speed auto

Atau x3 diesel juga, 2011 masih ada yg pano, setelahnga ga ada kayanya ya

Harus hati2 cek mesin yg bener, ada beberapa kasus timing chain, yg bs merembet ke kruk as piston dll, 90 jt lah repairnya

Bmw diesel cm bs pertadex, ga boleh lain

Dalkot
320d avg speed 20kmh bs dapet 1:14
520d avg speed 20kmh bs dapet 1:12.8
X3 diesel 20kmh bs dapet 1:12 karena awd dan bobot

X1 bensin? Lupain aja
Wah kalo DC repair 90 juta saya nyerah deh :big_chicken:
Ok, noted Om. Berarti shell diesel ga boleh ya, hmmmm... poinnya jadi bergantung sama SPBU Pertamina tok.
X1 diesel 2013 ke atas yang Om sebut, apakah sudah bebas dari masalah timing chain?
Thanks, Om :big_peace:
telytims wrote: 10 Apr 2019, 00:26 Saya pernah pakai 2 2nya...
Cx 5 lebih enak dibawa dan penumpang belakang lebih manusiawi.
Bmw diesel tenaganya gede tapi bangku penumpangnya ga enak.
Kalau posisi bawa saya tinggi 179 berap 100 enakan cx5 ya.
Mengenai part bmw x1 saya jual km 20rban kejebak banjir di greengarden abis 80 jt buat dia jalan lagi.
Saya dengar dari mekanik bmw nya ... ini katanya ya. Sekitar 100rban km biasa ada turun mesin abisnya bs 50an jt lebih. Saya ga ngerti buat apa.
Bangku penumpang belakang sih akan lebih banyak kosong, Om.
Tapi weekend paling diisi anak istri aja. Ga enaknya kayak gimana ya? :D
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by rendr »

Fookyoo wrote: 10 Apr 2019, 11:00
paidjho wrote: 09 Apr 2019, 19:07
Fookyoo wrote:
Torsi 3++ Nm udah coba di Camry 3.5Q saya (343 Nm, masih kalah dari X1 diesel :frm_salut: ), Om.
Tapi entah beda atau nggak tarikan Petrol engine VS Diesel engine, seumur-umur belum pernah megang diesel engine. :mky_01:
Jadi rekomen X1 yang diesel ya, cuma serem masalah timing chain yang Om rendr bilang aja sih. :big_slap:
rendr wrote: 09 Apr 2019, 19:41
Fookyoo wrote: 09 Apr 2019, 17:49
Oh saya baru tau kalo ada X1 yang 3,000cc ....ini mesinnya sama kayak X3 yang 35i atau nggak ya? reliability nya gimana X1 dengan mesin ini, Om?
Lalu untuk X3 diesel dan X1 diesel, sepertinya sama-sama mesin N47 ya? berarti harus lihat timing chain juga?
farizfsa wrote: 09 Apr 2019, 22:32
Wah kalo DC repair 90 juta saya nyerah deh :big_chicken:
Ok, noted Om. Berarti shell diesel ga boleh ya, hmmmm... poinnya jadi bergantung sama SPBU Pertamina tok.
X1 diesel 2013 ke atas yang Om sebut, apakah sudah bebas dari masalah timing chain?
Thanks, Om :big_peace:
telytims wrote: 10 Apr 2019, 00:26
Bangku penumpang belakang sih akan lebih banyak kosong, Om.
Tapi weekend paling diisi anak istri aja. Ga enaknya kayak gimana ya? :D
Beda om.. X3 3.5i itu sama kyk 335i F30,535i F10, or X5 3.5i dan semua yg pake nama 35i dibelakangnya di generasi itu.. mesin yg dipake N55B30 twin turbo dgn berbagai power output yg beda2..

Kalo X1 2.5i itu 3.0L NA (non turbo) sama kyk 530i e60 (2005-2007) atau 330i e90 atau 528i F10 awal2 (2010-2011).. emang rare unit, yg masuk resmi sedikit.. CBU full option...

Soal Timing chain di mesin N47D20 ini khususnya, hampir semua bmw diesel 2012 keatas pake mesin ini.. contoh 320d f30 (pre lci 2012-2015) 520d f10 (2012-2015 facelift interior hitam) X1 2.0d tentunya, sampe X3 F25 2.0d.. sebenernya mudah aja ngecek kondisi timing chain, dengerin apa ada suara rattling dibagian depan mesin (paling deket ke kita), kalo ga ada aman.. ini issues classic di bmw, di mesin bmw lawas mulai M50 juga udh ada rattling timing chain seperti itu...
Sejak mesin B series diesel yg bebas issue timing chain...

Soal reliability mesin N series ini emg perlu perhatian lebih.. tapi kalo udh tau celah nya enak aja.. terutama dari sisi oli dan bensin, contoh mudah oli sebisa mungkin pake yg full syn atau kalo bisa pake yg PAO based (grup III+/grup IV), bensin pake yg minim sulfur..
:big_smile]
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by KielConstantine »

Betul kata beberapa user bmw yg diatas cerita. Mesin diesel bmw harus lebih diperhatikan, apalagi udh lewat warranty selesai.

Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.

Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).

Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.

X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by maastricht889 »

KielConstantine wrote: 10 Apr 2019, 13:17 Betul kata beberapa user bmw yg diatas cerita. Mesin diesel bmw harus lebih diperhatikan, apalagi udh lewat warranty selesai.

Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.

Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).

Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.

X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
X3 Xdrive pernah coba numpang om, gile itu tarikan nya 3000cc dr diem perfect banget buat saya (jambakan ada tapi halus), lbh kedap dr F10 diesel. Cuma nggak tau kenapa ya, row 2 nya X3 F25 kok kurang sreg saya
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by Fookyoo »

rendr wrote: 10 Apr 2019, 13:09
Fookyoo wrote: 10 Apr 2019, 11:00
paidjho wrote: 09 Apr 2019, 19:07
Torsi 3++ Nm udah coba di Camry 3.5Q saya (343 Nm, masih kalah dari X1 diesel :frm_salut: ), Om.
Tapi entah beda atau nggak tarikan Petrol engine VS Diesel engine, seumur-umur belum pernah megang diesel engine. :mky_01:
Jadi rekomen X1 yang diesel ya, cuma serem masalah timing chain yang Om rendr bilang aja sih. :big_slap:
rendr wrote: 09 Apr 2019, 19:41
Oh saya baru tau kalo ada X1 yang 3,000cc ....ini mesinnya sama kayak X3 yang 35i atau nggak ya? reliability nya gimana X1 dengan mesin ini, Om?
Lalu untuk X3 diesel dan X1 diesel, sepertinya sama-sama mesin N47 ya? berarti harus lihat timing chain juga?
farizfsa wrote: 09 Apr 2019, 22:32
Wah kalo DC repair 90 juta saya nyerah deh :big_chicken:
Ok, noted Om. Berarti shell diesel ga boleh ya, hmmmm... poinnya jadi bergantung sama SPBU Pertamina tok.
X1 diesel 2013 ke atas yang Om sebut, apakah sudah bebas dari masalah timing chain?
Thanks, Om :big_peace:
telytims wrote: 10 Apr 2019, 00:26
Bangku penumpang belakang sih akan lebih banyak kosong, Om.
Tapi weekend paling diisi anak istri aja. Ga enaknya kayak gimana ya? :D
Beda om.. X3 3.5i itu sama kyk 335i F30,535i F10, or X5 3.5i dan semua yg pake nama 35i dibelakangnya di generasi itu.. mesin yg dipake N55B30 twin turbo dgn berbagai power output yg beda2..

Kalo X1 2.5i itu 3.0L NA (non turbo) sama kyk 530i e60 (2005-2007) atau 330i e90 atau 528i F10 awal2 (2010-2011).. emang rare unit, yg masuk resmi sedikit.. CBU full option...

Soal Timing chain di mesin N47D20 ini khususnya, hampir semua bmw diesel 2012 keatas pake mesin ini.. contoh 320d f30 (pre lci 2012-2015) 520d f10 (2012-2015 facelift interior hitam) X1 2.0d tentunya, sampe X3 F25 2.0d.. sebenernya mudah aja ngecek kondisi timing chain, dengerin apa ada suara rattling dibagian depan mesin (paling deket ke kita), kalo ga ada aman.. ini issues classic di bmw, di mesin bmw lawas mulai M50 juga udh ada rattling timing chain seperti itu...
Sejak mesin B series diesel yg bebas issue timing chain...

Soal reliability mesin N series ini emg perlu perhatian lebih.. tapi kalo udh tau celah nya enak aja.. terutama dari sisi oli dan bensin, contoh mudah oli sebisa mungkin pake yg full syn atau kalo bisa pake yg PAO based (grup III+/grup IV), bensin pake yg minim sulfur..
:big_smile]
KielConstantine wrote: 10 Apr 2019, 13:17 Betul kata beberapa user bmw yg diatas cerita. Mesin diesel bmw harus lebih diperhatikan, apalagi udh lewat warranty selesai.

Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.

Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).

Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.

X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
erwinign wrote: 10 Apr 2019, 13:44
KielConstantine wrote: 10 Apr 2019, 13:17 Betul kata beberapa user bmw yg diatas cerita. Mesin diesel bmw harus lebih diperhatikan, apalagi udh lewat warranty selesai.

Bbrapa minggu lalu, ane abis servis ke anugerah. Ada user 320d (f30 non lci) ganti timing chain dan lain2, abis 17juta an. Yaa disiapkan saja dananya kurang lebih segitu untuk restore2.

Gw pribadi kalo mau pelihara bmw mending langsung yg mesin petrol inline-6 aja baik turbo/NA . Jauh lebih reliable + kepuasan pas ngebejek dengerin alunan 6 cyl. Exhaust standart pabrikan sj sudah bagus banget suaranya.
Contoh yg reliable: M54 (N/A), N55 (Turbo).

Mazda wise choice, tapi rasa nanggung yah mending BMW aja sekalian. Harga pada jeblok smua kok bekasannya.

X3 Xdrive 35i barang langka. Harga masih 350jt++.
Itu best choice u/ bmw suv second harga terjangkau.
X3 Xdrive pernah coba numpang om, gile itu tarikan nya 3000cc dr diem perfect banget buat saya (jambakan ada tapi halus), lbh kedap dr F10 diesel. Cuma nggak tau kenapa ya, row 2 nya X3 F25 kok kurang sreg saya
Kemarin sempat cek salah satu incaran X3 yang 35i, dan saya coba cek ke BMW mengenai service history.... menurut BMW pernah terjadi penggantian Crankshaft 1-2 tahun lalu dikarenakan owner mengeluh ada suara berisik dari mesin... Ini aman gak ya, Om semua? Asumsi diganti oleh BMW resmi, harusnya no problem at least sampai beberapa tahun ke depan ya? apa masalah ini common terjadi? kalo ya, serem juga karena udah gak warranty :big_slap:

Sambil consider Accord CR2 dan Mazda6 GJ juga :mky_01:
X1 diesel karena ada potenis timing chain problem, sepertinya saya batal consider. :big_slap:
Makasih, Oms
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by maastricht889 »

Fookyoo wrote: 11 Apr 2019, 15:26
Kemarin sempat cek salah satu incaran X3 yang 35i, dan saya coba cek ke BMW mengenai service history.... menurut BMW pernah terjadi penggantian Crankshaft 1-2 tahun lalu dikarenakan owner mengeluh ada suara berisik dari mesin... Ini aman gak ya, Om semua? Asumsi diganti oleh BMW resmi, harusnya no problem at least sampai beberapa tahun ke depan ya? apa masalah ini common terjadi? kalo ya, serem juga karena udah gak warranty :big_slap:

Sambil consider Accord CR2 dan Mazda6 GJ juga :mky_01:
X1 diesel karena ada potenis timing chain problem, sepertinya saya batal consider. :big_slap:
Makasih, Oms
Tinggal berharap sama goodwiil dr bmw indonesia kl itu om
DJanto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 06 Dec 2017, 00:34

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by DJanto »

Ikutan nimbrung biarpun OOT dikit, pemakai X3 2.0i F25 pre LCI tahun 2014, ga nyesel ambil ini. Dibawa santai enak, mau lincah tinggal mainin manual mode nya. Bawa ngebut wuenakk poll apalgi pake sport mode, nikung highspeed juga nyaman krn xdrive nya. Bantingan relatif keras tapi so far nyonyah ama anak2 ga ada yg protest. Interior nya juga cukup mewah, masih aura bmw bgt, ga kayak model baru nya G01 yg IMO terlalu futuristik plastik,

Minus nya di FC, in avg 1:6.5 itung full2full pake aplikasi drivvo.Itungan MID 6.9. Pemakaian 95% dalkot non-toll. Tapi dengan bobot segitu mesin 2liter masih ok lah. Beda tipis ama siarpih 1.5 temen yg 1:7
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by rendr »

Fookyoo wrote: 11 Apr 2019, 15:26
rendr wrote: 10 Apr 2019, 13:09
Fookyoo wrote: 10 Apr 2019, 11:00

KielConstantine wrote: 10 Apr 2019, 13:17
erwinign wrote: 10 Apr 2019, 13:44
KielConstantine wrote: 10 Apr 2019, 13:17
Kemarin sempat cek salah satu incaran X3 yang 35i, dan saya coba cek ke BMW mengenai service history.... menurut BMW pernah terjadi penggantian Crankshaft 1-2 tahun lalu dikarenakan owner mengeluh ada suara berisik dari mesin... Ini aman gak ya, Om semua? Asumsi diganti oleh BMW resmi, harusnya no problem at least sampai beberapa tahun ke depan ya? apa masalah ini common terjadi? kalo ya, serem juga karena udah gak warranty :big_slap:

Sambil consider Accord CR2 dan Mazda6 GJ juga :mky_01:
X1 diesel karena ada potenis timing chain problem, sepertinya saya batal consider. :big_slap:
Makasih, Oms
Bmw tiap penggantian parts apapun pasti dapet warranty 2 tahun om .. but wait? crankshaft? bisa ampe fail kacau juga.. either dia tuning overrated or diisi bensin oktan 91 kebawah...

kalo emg udh ga yakin ambil Bmw bisa pertimbangkan CRV RM 2.4 Prestige facelift, or Santafe CRDI or Sorento diesel (bensinnya anjlog bgt tuh kembalian banyak wkwkwk)
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
telytims
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: 14 Dec 2010, 22:28
Location: jakarta
Daily Vehicle: scross

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by telytims »

saya pribadi ga pernah om duduk dibelakang. Testimoni di belakang istri dan anak2 saya. Kalau naik x1 ga enak lebih enak cx5. Katanya keras goyangnya dan posisi duduknya ga enak. Meskipun subjektif tapi itu yang bisa saya info om
dittotama
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: 04 Aug 2017, 14:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Livina_XGear

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by dittotama »

telytims wrote: 14 Apr 2019, 01:08 saya pribadi ga pernah om duduk dibelakang. Testimoni di belakang istri dan anak2 saya. Kalau naik x1 ga enak lebih enak cx5. Katanya keras goyangnya dan posisi duduknya ga enak. Meskipun subjektif tapi itu yang bisa saya info om
CX-5 nya yang taun berapa om? blm pernah duduk si di X1 dan Cx-5 tp kalo sepintas ko keliatannya x1 lebih rebah ya?

oh iya X1 bensin apa iya sejelek itu? apa dibanding xtrail T32 atau CR-v masi mending duo jepang itu kl buat weekeend driving?
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by farizfsa »

dittotama wrote: 18 Apr 2019, 09:13
telytims wrote: 14 Apr 2019, 01:08 saya pribadi ga pernah om duduk dibelakang. Testimoni di belakang istri dan anak2 saya. Kalau naik x1 ga enak lebih enak cx5. Katanya keras goyangnya dan posisi duduknya ga enak. Meskipun subjektif tapi itu yang bisa saya info om
CX-5 nya yang taun berapa om? blm pernah duduk si di X1 dan Cx-5 tp kalo sepintas ko keliatannya x1 lebih rebah ya?

oh iya X1 bensin apa iya sejelek itu? apa dibanding xtrail T32 atau CR-v masi mending duo jepang itu kl buat weekeend driving?
x1 bensin jelek om, tenaga ga ada, mesin cukup kasar, boyo dan x1 tahun awal setirnya berat bgt, entertainment cupu gada layar dll. weekend driving ya mendingan duo jepang itu.

tp kalo x1 diesel yg udah facelift sih ok, idrive, panoramic, torsi hampir 400nm mbl sekecil itu, larinya enak diesel irit. remap dpt 220 hp torsi 480nm lah tp ttp irit.

kl sy ada duit segitu mending ambil bmw f30 atau x3 bensin jg gpp, remap dpt kok jd 260 hpan torsi jd 450nm, gatau jd irit apa lebih boris kalo bensin.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta

Re: BMW X1 (Petrol/Diesel) 2011 VS Mazda CX5 GT 2013

Post by Fookyoo »

rendr wrote: 13 Apr 2019, 23:19
Fookyoo wrote: 11 Apr 2019, 15:26
rendr wrote: 10 Apr 2019, 13:09
KielConstantine wrote: 10 Apr 2019, 13:17
erwinign wrote: 10 Apr 2019, 13:44
Kemarin sempat cek salah satu incaran X3 yang 35i, dan saya coba cek ke BMW mengenai service history.... menurut BMW pernah terjadi penggantian Crankshaft 1-2 tahun lalu dikarenakan owner mengeluh ada suara berisik dari mesin... Ini aman gak ya, Om semua? Asumsi diganti oleh BMW resmi, harusnya no problem at least sampai beberapa tahun ke depan ya? apa masalah ini common terjadi? kalo ya, serem juga karena udah gak warranty :big_slap:

Sambil consider Accord CR2 dan Mazda6 GJ juga :mky_01:
X1 diesel karena ada potenis timing chain problem, sepertinya saya batal consider. :big_slap:
Makasih, Oms
Bmw tiap penggantian parts apapun pasti dapet warranty 2 tahun om .. but wait? crankshaft? bisa ampe fail kacau juga.. either dia tuning overrated or diisi bensin oktan 91 kebawah...

kalo emg udh ga yakin ambil Bmw bisa pertimbangkan CRV RM 2.4 Prestige facelift, or Santafe CRDI or Sorento diesel (bensinnya anjlog bgt tuh kembalian banyak wkwkwk)
Iya, Om. Akhirnya consider beberapa mobil lain dulu. Mungkin malah mau ambil antara Mazda CX5 atau Mazda 6...tapi masih ragu sama after-sales Mazda. Membaik atau nggak sih sejak dipegang Eurokars? Thanks masukan nya, Om.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post