Setelah 7 bulan dari sharing saya sebelumnya, berikut sambungan User Experience VW Polo 1.2 TSI 2019. Km sekarang di 24rb.
Semua lampu di depan sudah diganti pakai LED (lampu dekat, sein, senja, foglamp). Lampu jauh diganti halogen white. Soket lampu utama H7, foglamp H8. Semua lampu belakang saya ganti bolam full LED. Kelistrikan berfungsi baik dan tidak ada pesan error di dashboard.
Aki bawaan pabrik (merknya Sebang, merk dari Korea) akhirnya tutup usia setelah umurnya 3 thn, wajar untuk usia aki kering. Diganti dengan Go Battery 55219 (merk Korea juga), beli di toko aki. Setelah diganti tidak ada problem kelistrikan. Hanya power window perlu di-reset dengan menekan & menahan tombol power window selama 5 detik.
Iseng bongkar air filter, dan ternyata di air filter polo ada lapiran dakron yang bisa dilepas dari filter kertasnya. Karena dakronnya sangat kotor, saya lepas dari filter kertasnya dan dakronnya saya rendam di air sabun. Setelah bersih dan kering, saya pasang kembali.
Ban standar pabrik (Goodyear Assurance Triplemax) saya ganti dengan Hankook Ventus Prime. Rasanya lebih empuk/lembut Ventus Prime. Sedangkan untuk road noise, dry & wet grip relatif sama saat ngebut.
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
Di bulan Mei sempat ada suara getar-getar halus saat AC mulai dihidupkan. Saya bawa ke diler VW, lalu dilakukan penyetelan sebentar, dan langsung beres. Sebenarnya ada ongkos kerja Rp 500rb, tp karena usia mobilnya blm 3 tahun, maka digratiskan oleh VW.
Pernah juga ada sedikit bunyi karet seal pintu yg beradu dengan body mobil. Saya oles karetnya dengan silicon grease, bunyipun hilang.
Untuk Km/L BBM pernah saya bandingkan pakai BP95/shell95 vs pertabo. Rute sama persis (mixed dalkot, macet2an di ciledug n tol), masing-masing BBM ditempuh di atas 100 km. Untuk ron95 dapat di angka 13,25 km/L. Untuk pertabo dpt angka 13,61 km/L. Sedikit lebih hemat pertabo.
Cruise Control (CC)nya enak untuk dipakai tol yg lengang/sepi. Kaki kanan bisa istirahat. Mesin dan DSG masih mulus dan nyaman digunakan, baik dalkot, macet maupun tol.
VW Polo sebagai mobil perang?
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2507
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Ditunggu review ngebengkelnya pas udh void warranty..
Atau mungkin dijual aja biar kg pusing hahaaa
Atau mungkin dijual aja biar kg pusing hahaaa
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Tue Jan 09, 2018 12:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: VW_Polo
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Accu nya awet juga bisa sampai 3 thn, tidak ada tambahan perangkat elektrik lainnya? punya saya accu tidak sampai 2 thn sdh off (ada modifikasi tambah perangkat audio system 2ways std sih)sbm22 wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 9:50 Setelah 7 bulan dari sharing saya sebelumnya, berikut sambungan User Experience VW Polo 1.2 TSI 2019. Km sekarang di 24rb.
Semua lampu di depan sudah diganti pakai LED (lampu dekat, sein, senja, foglamp). Lampu jauh diganti halogen white. Soket lampu utama H7, foglamp H8. Semua lampu belakang saya ganti bolam full LED. Kelistrikan berfungsi baik dan tidak ada pesan error di dashboard.
Aki bawaan pabrik (merknya Sebang, merk dari Korea) akhirnya tutup usia setelah umurnya 3 thn, wajar untuk usia aki kering. Diganti dengan Go Battery 55219 (merk Korea juga), beli di toko aki. Setelah diganti tidak ada problem kelistrikan. Hanya power window perlu di-reset dengan menekan & menahan tombol power window selama 5 detik.
Iseng bongkar air filter, dan ternyata di air filter polo ada lapiran dakron yang bisa dilepas dari filter kertasnya. Karena dakronnya sangat kotor, saya lepas dari filter kertasnya dan dakronnya saya rendam di air sabun. Setelah bersih dan kering, saya pasang kembali.
Ban standar pabrik (Goodyear Assurance Triplemax) saya ganti dengan Hankook Ventus Prime. Rasanya lebih empuk/lembut Ventus Prime. Sedangkan untuk road noise, dry & wet grip relatif sama saat ngebut.
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
Di bulan Mei sempat ada suara getar-getar halus saat AC mulai dihidupkan. Saya bawa ke diler VW, lalu dilakukan penyetelan sebentar, dan langsung beres. Sebenarnya ada ongkos kerja Rp 500rb, tp karena usia mobilnya blm 3 tahun, maka digratiskan oleh VW.
Pernah juga ada sedikit bunyi karet seal pintu yg beradu dengan body mobil. Saya oles karetnya dengan silicon grease, bunyipun hilang.
Untuk Km/L BBM pernah saya bandingkan pakai BP95/shell95 vs pertabo. Rute sama persis (mixed dalkot, macet2an di ciledug n tol), masing-masing BBM ditempuh di atas 100 km. Untuk ron95 dapat di angka 13,25 km/L. Untuk pertabo dpt angka 13,61 km/L. Sedikit lebih hemat pertabo.
Cruise Control (CC)nya enak untuk dipakai tol yg lengang/sepi. Kaki kanan bisa istirahat. Mesin dan DSG masih mulus dan nyaman digunakan, baik dalkot, macet maupun tol.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Siap Om, nanti saya update rutin suka-dukanya miara yang satu inih.KielConstantine wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 10:33 Ditunggu review ngebengkelnya pas udh void warranty..
Atau mungkin dijual aja biar kg pusing hahaaa
di mobil yg ini tdk ada tambahan elektrik apapun, full standar pabrikan. Mungkin usia aki juga tergantung rute & kondisi jalan (panas, macet, dll). Bisa juga tergantung pakai/tidak selimut aki. di sini akinya masih pakai selimut aki bawaan pabrik.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
punya saya dapet free ngebengkel 5 tahunKielConstantine wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 10:33 Ditunggu review ngebengkelnya pas udh void warranty..
Atau mungkin dijual aja biar kg pusing hahaaa
pas kebetulan dulu belinya dapet promo ini
masih 4 taun lg br kebayang biaya2nya
ohya saya ada ganti audio
dan ganti lampu led
commentnya toko variasi bilang ini polo elektrikalnya beda sama mobil eropa kebanayakn, polo itu simpel..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Bbrp bulan yg lalu saya ganti sendiri lampu-lampu belakang polo saya dgn full LED. Pas knop lampu diputar, ada bunyi khas sekering putus dari bawah setir. Semua lampu belakang (sein, rem, senja, mundur, dll) padam dengan tenang hehe...evolution21 wrote: ↑Tue Nov 16, 2021 7:55 ohya saya ada ganti audio
dan ganti lampu led
commentnya toko variasi bilang ini polo elektrikalnya beda sama mobil eropa kebanayakn, polo itu simpel..
Sepertinya karena saya ketukar soket lampu kiri dan kanan.
Saya buka fuse box, trus googling di internet cari skema fuse box polo. Jalan ke toko variasi terdekat, beli sekering kecil, dan ganti 2 sekering yang putus tadi. Lampu pun kembali menyala, semua indikator berfungsi normal.
Memang elektrikalnya polo lebih simple dan lebih mudah diperbaiki.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Om masih ada link yt nya ga? boleh dong dishare om. Kemarin pas ngurus pajak 5 tahunan Mk.7 saya juga waktu paling lama dihabiskan buat nyari lokasi nomor mesin. Datang pagi pulang sore karena bapaknya ga ketemu2 lokasi nomor mesinnya wkwkwkwksbm22 wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 9:50
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Feb 06, 2021 11:16
- Location: Tangerang Selatan
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Saya lupa linknya, hehe. Tapi waktu itu saya search di yt pakai keyword 'vw polo nomor mesin' dan dapat 3 video. Kalau golf tinggal disearch 'nomor mesin vw golf', trus tunjukin videonya ke bapak petugasnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: VW Polo sebagai mobil perang?
Emang susah mana lama dingin nya nih mesin. Antri datang pagi jam 6 di Samsat, baru kepegang jam 9.wekiweko wrote:Om masih ada link yt nya ga? boleh dong dishare om. Kemarin pas ngurus pajak 5 tahunan Mk.7 saya juga waktu paling lama dihabiskan buat nyari lokasi nomor mesin. Datang pagi pulang sore karena bapaknya ga ketemu2 lokasi nomor mesinnya wkwkwkwksbm22 wrote: ↑Tue Sep 21, 2021 9:50
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) plus SWDKLLJ dan biaya Adm untuk VW Polo 2019 ini sekitar Rp 4,4jt (progresif ke-2, di propinsi Banten). Please note bahwa lokasi nomor mesin VW polo ini cukup tersembunyi dan sempit buat yang mau balik nama atau pajak 5 tahunan. Untungnya ada video di YT yang menjelaskan letak persembunyiannya.
Lokasi dibelakang gear box nya om nomor mesin polo. Apa sama golf kurang tau juga
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.