Best LCGC or small city car?!!??

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Bigjo3
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Nov 25, 2018 9:27

Best LCGC or small city car?!!??

Post by Bigjo3 »

Halo salam kenal semua. Selama ini di smers cuma baca2 dan jd silent reader. Banyak dpet informasi dan masukan di sini..

Nah skrg ini saya lg galau nyari city car atau lcgc dgn budget di bawah 200juta dgn kondisi brand new dengan pertimbangan irit dan fun to drive.
Sblm pernah makai mazda2 sky, mobilio, dan terakhir subaru impreza.
Yg terakhir ini mau djual krena ga kuat borosnya, dan kurang cocok dpakai utk mobil perang hehe.

Ada beberapa kandidat, chevrolet spark, agya / ayla, ignis , spark, atau march ..
Sirion ga dimasukin hitungan krena disc nya kecil hehe.

Untuk nissan march sblm nya ga masuk kandidat, tp karena disc nya mayan d kepala 3, ckup menggoda.

Untuk member sm, lebih condong ke mana ya ? Dan pertimbangan nya apa ?
Apakah nissan march / ignis kalau d compare sama new brio tipe e, build quality jauh lbih bagus atau sama ?

Utk march apakah betul lemotjya parah ?
Terima kasih mSukan nyaa.
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by fikrirukmanaa »

Saya pribadi kalau di posisi om akan coret duo agay & march. Duo agay feelnya terlalu "ringkih", march udah keburu usang. Chevy spark ga pernah coba sama sekali jadi gatau impresinya.

BQ ignis compared to new brio lebih bagus ignis. Desain luar dalam juga lebih nyentrik ignis (new brio sangat disayangkan interiornya ga ada perubahan dan mukanya cuma swap dari mobilio), tapi ane suka bokong new brio.

Kalo soal tenaga sih ane belom coba TD new brio jadi gatau impresinya, since bodinya memanjang. Coba TD aja dua2nya mana yg lebih cocok buat om.
Bigjo3
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Nov 25, 2018 9:27

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Bigjo3 »

fikrirukmanaa wrote: Sun Nov 25, 2018 10:05 Saya pribadi kalau di posisi om akan coret duo agay & march. Duo agay feelnya terlalu "ringkih", march udah keburu usang. Chevy spark ga pernah coba sama sekali jadi gatau impresinya.

BQ ignis compared to new brio lebih bagus ignis. Desain luar dalam juga lebih nyentrik ignis (new brio sangat disayangkan interiornya ga ada perubahan dan mukanya cuma swap dari mobilio), tapi ane suka bokong new brio.

Kalo soal tenaga sih ane belom coba TD new brio jadi gatau impresinya, since bodinya memanjang. Coba TD aja dua2nya mana yg lebih cocok buat om.
Memang sih march ini model nya udah terlalu lama bgt ga gnti2, cuma interiornya masih jaug lbih mending drpd new brio ini.
Utk bq memang ignis lbih unggul dr brio ya ? Tp apakah amt ignis bnr2 buruk dan ga fun to drive ?
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by mike22 »

fikrirukmanaa wrote: Sun Nov 25, 2018 10:05 Saya pribadi kalau di posisi om akan coret duo agay & march. Duo agay feelnya terlalu "ringkih", march udah keburu usang. Chevy spark ga pernah coba sama sekali jadi gatau impresinya.

BQ ignis compared to new brio lebih bagus ignis. Desain luar dalam juga lebih nyentrik ignis (new brio sangat disayangkan interiornya ga ada perubahan dan mukanya cuma swap dari mobilio), tapi ane suka bokong new brio.

Kalo soal tenaga sih ane belom coba TD new brio jadi gatau impresinya, since bodinya memanjang. Coba TD aja dua2nya mana yg lebih cocok buat om.
Maaf om tanya emg agay ringkih gmn? Yg facelift dual vvti kan? Brarti caly* jg sama?
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by mike22 »

Berdasarkan liat video riview all new brio di yutup, dengan kriteria om spertinya all new brio rs masuk..
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by ak4ng »

Kalo buat harian cukup satya E cvt, sisa uang buat keliling Eropa lumayan 40jt
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
fikrirukmanaa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by fikrirukmanaa »

mike22 wrote: Sun Nov 25, 2018 10:12
fikrirukmanaa wrote: Sun Nov 25, 2018 10:05 Saya pribadi kalau di posisi om akan coret duo agay & march. Duo agay feelnya terlalu "ringkih", march udah keburu usang. Chevy spark ga pernah coba sama sekali jadi gatau impresinya.

BQ ignis compared to new brio lebih bagus ignis. Desain luar dalam juga lebih nyentrik ignis (new brio sangat disayangkan interiornya ga ada perubahan dan mukanya cuma swap dari mobilio), tapi ane suka bokong new brio.

Kalo soal tenaga sih ane belom coba TD new brio jadi gatau impresinya, since bodinya memanjang. Coba TD aja dua2nya mana yg lebih cocok buat om.
Maaf om tanya emg agay ringkih gmn? Yg facelift dual vvti kan? Brarti caly* jg sama?
Iya om yg facelift. Gatau, feel nya kurang solid aja gitu. Dari headrestnya yg kependekan, posisi mengemudi yg awkward utk postur tubuh ane, sama tuas persneling yg ga enak. Mesin 1.0 lebih parah lagi, dashboardnya agak goyang pas starter haha. Beda orang beda impresi kayaknya, tp duo agay ini ga akan masuk pilihan ane kalo disuruh pilih lcgc. Masih ada brio dan karimun yg feelnya lebih rigid (walaupun bentuknya begono). Entahlah gimana kalo calsig.
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by rechtmasta »

Karena Brio facelift sama Brio lama itu selain eksteriornya semua plek sama, driving qualitynya buat lgcg bisa dibilang top notch. Sebagai pengguna Brio CVT, nih mobil kumbang asik banget dibawa selap selip dalem kota, tol apalagi, hahahaha.
Pokonya fun to drive banget dah, cuma ya itu bangku belakang sempit, tapi surprisingly headroom legaaa....lebih lega dari para pesaingnya. Sama lupakan ttg peredaman suara, hahaha. Kalo mau liat review, ada short review Brio CVT yg saya buat ko.
Cuma kalo pilihan sama Ignis, itu beda sih, Ignis menang banyak di Interior (eksterior subjektif), luas juga menang Ignis, build quallity jelas! Tapi lupakan fun to drive!
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Penikmat_Kopi »

Ikutan nyimak juga. Btw ignis gak ada kemungkinan keluar baru ganti metiknya ya?
Bigjo3
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Nov 25, 2018 9:27

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Bigjo3 »

fikrirukmanaa wrote: Sun Nov 25, 2018 10:32
mike22 wrote: Sun Nov 25, 2018 10:12
fikrirukmanaa wrote: Sun Nov 25, 2018 10:05 Saya pribadi kalau di posisi om akan coret duo agay & march. Duo agay feelnya terlalu "ringkih", march udah keburu usang. Chevy spark ga pernah coba sama sekali jadi gatau impresinya.

BQ ignis compared to new brio lebih bagus ignis. Desain luar dalam juga lebih nyentrik ignis (new brio sangat disayangkan interiornya ga ada perubahan dan mukanya cuma swap dari mobilio), tapi ane suka bokong new brio.

Kalo soal tenaga sih ane belom coba TD new brio jadi gatau impresinya, since bodinya memanjang. Coba TD aja dua2nya mana yg lebih cocok buat om.
Maaf om tanya emg agay ringkih gmn? Yg facelift dual vvti kan? Brarti caly* jg sama?
Iya om yg facelift. Gatau, feel nya kurang solid aja gitu. Dari headrestnya yg kependekan, posisi mengemudi yg awkward utk postur tubuh ane, sama tuas persneling yg ga enak. Mesin 1.0 lebih parah lagi, dashboardnya agak goyang pas starter haha. Beda orang beda impresi kayaknya, tp duo agay ini ga akan masuk pilihan ane kalo disuruh pilih lcgc. Masih ada brio dan karimun yg feelnya lebih rigid (walaupun bentuknya begono). Entahlah gimana kalo calsig.
Kmren sempet td agya 1.2 trd facelift. Memang keliataan dashboard nya ringkih, bq bner2 keliataan plastik murah dan tuas matic nya bnr2 bkin ilfill bgt. Panjang bgt.
Utk suspensi memang empuk, tp utk tarikan kenapa berasa lebih enak nissan march ya ? Padahal secara kertas, tenaga agya di atas march.
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Astargea »

^^selama masih terus impor dari India, harusnya gaakan berubah tetap AGS. Tapi di eropa dia pake CVT, jadi kalo Suzuki mau CKD Ignis mungkin bakal dipertimbangkan CVT.
ndro
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Sat Feb 25, 2017 22:01

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by ndro »

Klo budget under 200 mungkin bisa dipertimbangin:
- mirage
- sirion
- brio rs
- baleno

Klo budget 200 tambah dikit scross recomended tuh
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by mike22 »

rechtmasta wrote: Sun Nov 25, 2018 10:49 Karena Brio facelift sama Brio lama itu selain eksteriornya semua plek sama, driving qualitynya buat lgcg bisa dibilang top notch. Sebagai pengguna Brio CVT, nih mobil kumbang asik banget dibawa selap selip dalem kota, tol apalagi, hahahaha.
Pokonya fun to drive banget dah, cuma ya itu bangku belakang sempit, tapi surprisingly headroom legaaa....lebih lega dari para pesaingnya. Sama lupakan ttg peredaman suara, hahaha. Kalo mau liat review, ada short review Brio CVT yg saya buat ko.
Cuma kalo pilihan sama Ignis, itu beda sih, Ignis menang banyak di Interior (eksterior subjektif), luas juga menang Ignis, build quallity jelas! Tapi lupakan fun to drive!
Kalo yg all new brio tentu lebih luas drpd ignis. Yg lama juga beda tipis, malah ignis row2 kesannya sempit karena kacanya kecil.
Ignis sampe sekarang ya menang push start engine, sm layar mid.
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by matra »

baleno manual after diskoni :weekk: :weekk:
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by pradit_d »

Ignis itu setirnya ga bisa balik sendiri abis belok. Itu lebih nyebelin daripada amt nya. Coba aja rasanya sama plek dgn splash, harusnya ok karena exteriornya keren.
March setuju ama yg atas, udah usang. Mirage n splash aja yg hampir seumuran udah discontinued, sirion jg udah ganti model.
Agya/ayla jg klo buat ane mah auto coret dr list.
Ada i10 n picanto jg sih, cuman ga tau di indonesia nasibnya udah ganti model atau blm, ga pernah ngikutin.
Jd mungkin pilihannya brio atau spark, tergantung mana yg disuka.
:big_peace:
Bigjo3
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Nov 25, 2018 9:27

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Bigjo3 »

pradit_d wrote: Sun Nov 25, 2018 12:58 Ignis itu setirnya ga bisa balik sendiri abis belok. Itu lebih nyebelin daripada amt nya. Coba aja rasanya sama plek dgn splash, harusnya ok karena exteriornya keren.
March setuju ama yg atas, udah usang. Mirage n splash aja yg hampir seumuran udah discontinued, sirion jg udah ganti model.
Agya/ayla jg klo buat ane mah auto coret dr list.
Ada i10 n picanto jg sih, cuman ga tau di indonesia nasibnya udah ganti model atau blm, ga pernah ngikutin.
Jd mungkin pilihannya brio atau spark, tergantung mana yg disuka.
Sempet tertarik sama hyundai i10, cuma disc nya bner2 keterlaluan. Masa barang ga laku disc cuma 10jt hehe. Dkira bs smpe kepala 3 atau 4 gituu.
Klo picanto udah ga ad brg, baleno masuk baru thun dpan.
Bner2 pilihan mobil di bawah 200 sdkit bgt ya.
Ak01382
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Thu Apr 27, 2017 14:43
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Ak01382 »

Vote ignis. Ipar punya brio sucks banget
Interior jelek. Gw nyetirin aja uda males. Apalagi jd duduk penumpang sempit. Bagasi minimalis abis.

Ignis cm tinggal upgrade ban aga lebar aja biar ga keliatan cingkrang.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by martinnn »

march 1.5 mungkin dapet.............................
:big_biglaugh:
andisyah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Fri Jun 24, 2011 6:40

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by andisyah »

March lemot? Iya kalo dibanding dengan brio, agya, ayla. Tapi built quality march paling bagus. Benerapa kali naik grab pake LCGC ya gitu deh built quality nya jelek.

Kalo sy pilih march. Tapiiii.. kalo mau BQ mendingan, dan fun to drive.. mungkin bisa dilirik jazz second..emang sih bukan baru
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by PRBS »

Bantu jawab, kebetulan user ignis gx.

Ignis itu kekurangannya (saya kasihtau yg jelek2 dulu) :
- suspensi keras bgt kek batu
- kursi di row 2, terlalu tegak. Sama penopang pahanya terlalu kecil.
- steernya ga bisa balik sendiri. BUT, diatas 5000km, steer saya bisa balik sendiri kalau diputer.. hahahaha aneh bgt.
- amtnya memang kurang smooth dibanding cvt or convention AT...but, ignis lumayan fun to drive loh.. yg bilang amt ignis itu menyebalkan atau ga fun to drive mungkin cuma denger dari “katanya” atau testdrive sebentar.. amt ignis itu terbantu akan manual modenya.. jadi kalau keluar kota atau driving aggressive saya lebih suka pakai manual modenya.. dan D modenya cukup smooth kalau gearny sudah diatas gear 2.. perpindahan gear 1 ke 2 (atau sebaliknya) keras dan kasar.. edan sih kasarnya.. sampai sempat saya claim.. saya kira ada fault, tauny memang karakter gear change di low gearnya seperti itu..

Btw big minusnya buat mata saya, bokongnya jelek bgt. :wkkk:
Image

Positif :
- irit
- BQ bagus, kekedapan oke. (Kecuali atap, kalau hujan lumayan berisik atapnya)
- fitur banyak kok. Ga cuma menang di mid atau push start button.. ada led projector, auto climate ac, warning sensor lumayan lengkap, spion retrack, apalagi ya? Lumayan sih fiturnya untuk harga yg dikeluarkan.
- amt, nahh.. amt saya masukin ke positif, karena jujur saya suka.. karena saya jujur suka dengan manual modenya. Amt itu Either u love it or hate it sih.. dulu waktu belum jadi user amt ignis, amt suka saya hina2.. pas sebulan awal pemakaian.. well not bad siih..not bad at all..

Untuk all new brio, saran saya ambil yg E saja sudah cukup.. dibanding beli brio RS harga 190jt no diskon menurut saya kurang worth.. untuk power dan fun to drive plus smoothness di transmisi, brio juara sih.. no doubt.
mike22 wrote: Sun Nov 25, 2018 12:49

Kalo yg all new brio tentu lebih luas drpd ignis. Yg lama juga beda tipis, malah ignis row2 kesannya sempit karena kacanya kecil.
Ignis sampe sekarang ya menang push start engine, sm layar mid.
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Woompy »

Kebetulan saya user ignis, udah jalan 27 ribu sekian km, mau kasi sedikit review aja mengenai ni mubil. Soal build quality sebenernya ga superior-superior amat, beberapa trim plastik interior terasa tipis, ga jauh berbeda sama brio. Door trim full plastik as brio dan konsol tengah yang buat cup holder juga itu kerasa ga solid. Tapi yang bagus dari ini mobil, walaupun interior full plastik dan keliatannya ga kokoh2 amat, ini mobil minim rattling. Well beberapa kali sempat muncul rattling sih, tapi itu occasionally aja. Biasanya muncul pas hajar jalan jelek ato habis hajar speed bump. Sisanya lebih sering senyapnya ini mobil. Jauh lebih baik dari livina saya yang dari kilometer 20 ribuan juga sampai sekarang 90 ribuan masi banyak rattlingnya. Padahal ini mobil udah dipake buat ke gunung halimun yang jalannya batuan semua, minggu lalu baru baru diajak ngetrip ke pantai selatan dari bsd - pangalengan - rancabuaya - ujung genteng - bsd. Udah beberapa kali juga dipake buat laga pantura, paling jauh ini mobil ke madiun dimana pas pulangnya lewat jalur tengah.

Soal fitur jelas lah ya ini mobil lebi oke dari brio. Soal driving&ride quality? Well saya gapernah nyetirin brio tapi pernah nebeng di brio. Deal breaker utama yang bikin saya ga pilih brio itu nvhnya, terutama road noisenya. Biasa naik livina yang nvh cukup oke walau rattling sana-sini, naik brio 20 km aja rasanya jadi terasa kurang nyaman buat saya. Untungnya ignis memiliki nvh yang cukup baik juga. Seberapa baiknya? Kemaren di cipularang cruising 100-120 saya masih bisa ngobrol santai sama temen saya. Tapi kalo om pernah pake mobilio sih harusnya ga terlalu bermasalah ya, ga jauh beda kok brio sama mobilio, 10-12 lah ya. Oiya ini brio yang saya tebengin yang rs cvt ya, bannya pake potenza kalo ga salah. Entah yang satya bannya pake enasave lebih baik atau tidak.

Soal fun to drive, ignis jelas lebih lebih limbung dari brio. Tapi ga beda jauh kalo dibandingin sama livina. Jauhh lebih baik dari datsun wkakakak. Kemaren waktu jalan dari ujung genteng ke ciawi yang berkelok-kelok, temen saya masih bisa terlelap. Dipake buat nyalip2 di jalan spt itu juga cukup nikmat. Di jalan toll juga stabilitynya oke. Temen saya yang biasa pake ANKI sama OPS aja rada surprise sama stabilitynya. Trade off dari stabilitynya yang oke untuk city car dengan ground clearance segitu ya jelas bantingannya jadi kerasa firm. Tapi firmnya ini buat saya terasa enak sih, ga mental-mentul. Buat jalan ga rata sih lumayan enak ya, kombinasi suspensi yang firm sama ban ecopianya somehow kerasa pas. Kalo dikasih ban yang comfort pasti kerasa lebih enak. Kombinasi ini baru kerasa ga enak kalo udah hajar lobang atau jalan gravel yang kasar ato batu2 yang rada besar. Buat hajar poldur yang rada curam ato tajam juga ga enak. Oiya, rasa suspensi yang enak itu bakal hancur kalo mobil diisi full load, mobil bakal kerasa mental-mentul banget. Kalo diisi 3-4 orang sih masih acceptable lah, paling yang dibelakang bakal ngerasain lebih harsh aja. Paling nikmat ini mobil buat dipake sendiri atau berdua.

Soal performa, cukupan lah ya. Saya pake oli 0w20 sama bensin Vpower/Pertabo sih ngerasa cukup puas. Paling RPM bawahnya aja yang rada ngeselin. Pernah di cipali ketemu sama old ford everest yang panas gara2 saya salip trus ngejar, saya gaspol sampe 140an akhirnya itu everest juga ga ngejar lagi wkakakaka. Kalo penasaran soal top speed, saya dapet 170 kph. Seharusnya masih bisa lebih, cuma kerasa spt ada limiternya di 160an kph. Buat akselerasi masih kencengan brio cvt sih. Pernah tarik-tarikan sama temen yang pake brio rs cvt kalah pas akselerasi soalnya wkakakaka.

Soal efisiensi, kemaren dipake ngetrip gaspol ke pantai selatan masih dapet 1:18,sekian. Waktu Jogja-Slipi-BSD kena macet di cikampek masih cukup 1 tanki tanpa refuel di jalan. Dalkot pamulang-alsut rata2 1:16, sekian. Paling jelek waktu dipake ke bogor kena macet sekitar 2 jam trus lanjut pulang dari puncak kena macet 2 jam lagi dapet 1:14,8an.

Overall ini mobil cukup memuaskan lah, apalagi waktu ngambil dapet di 150an kecil buat trim GX Mt, masih lebih murah dibanding brio rs Mt. Citycar lain buat yang Mt rata-rata trim bawah yang kopongan, jadi ga ngelirik waktu itu. Kenapa ambil Mt? Ya yang beliin mobil maunya Mt, masa saya harus bikin thread "Mau dibeliin mobil tapi harus Mt, saya harus apa?" :mky_07: . Well manualnya buat stop n go walau koplingnya enteng tapi menurut saya ga enak ya, soalnya koplingnya malah terasa lembek kayak mobil yang kampas koplingnya mau abis(?). Makanya saya sebisa mungkin ga macet2an pake ini mobil wkakakakak. Kalo yang Agsnya sih karena saya waktu test drive asal gaspol aja jadi idem deh sama om PRBS.
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by PRBS »

Ariazaki wrote: Sun Nov 25, 2018 16:59
Soal performa, cukupan lah ya. Saya pake oli 0w20 sama bensin Vpower/Pertabo sih ngerasa cukup puas. Paling RPM bawahnya aja yang rada ngeselin. Pernah di cipali ketemu sama old ford everest yang panas gara2 saya salip trus ngejar, saya gaspol sampe 140an akhirnya itu everest juga ga ngejar lagi wkakakaka. Kalo penasaran soal top speed, saya dapet 170 kph. Seharusnya masih bisa lebih, cuma kerasa spt ada limiternya di 160an kph. Buat akselerasi masih kencengan brio cvt sih. Pernah tarik-tarikan sama temen yang pake brio rs cvt kalah pas akselerasi soalnya wkakakaka.
Saya juga max speed di 160kmh.. mau diakalin kayak gimana juga ga bisa diatas 160kmh.. mungkin ada limiternya ya? Ya walaupun mobil kek gini buat apa ngejar top speed sih hehe.. untuk ngejar irit, baru oke. Saya juga agak kagum sih dengan harga yg tergolong bagus, dapat mobil seperti ini.. btw, ignis ini power mesin dan dimensi paling kecil dirumah tapi paling sering saya bawa untuk roadtrip.. karena feel “ringkih”nya somehow ga ada. Jadi untuk asal nyetir atau sruntul gilas lubang pantura lebih berasa safe.
Bigjo3
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Nov 25, 2018 9:27

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Bigjo3 »

andisyah wrote: Sun Nov 25, 2018 16:02 March lemot? Iya kalo dibanding dengan brio, agya, ayla. Tapi built quality march paling bagus. Benerapa kali naik grab pake LCGC ya gitu deh built quality nya jelek.

Kalo sy pilih march. Tapiiii.. kalo mau BQ mendingan, dan fun to drive.. mungkin bisa dilirik jazz second..emang sih bukan baru
wah bener y march lemot ? di compare sama agya dan ayla sekalipun march tetap lebih lemot ??
Bigjo3
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Nov 25, 2018 9:27

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Bigjo3 »

PRBS wrote: Sun Nov 25, 2018 16:04 Bantu jawab, kebetulan user ignis gx.

Ignis itu kekurangannya (saya kasihtau yg jelek2 dulu) :
- suspensi keras bgt kek batu
- kursi di row 2, terlalu tegak. Sama penopang pahanya terlalu kecil.
- steernya ga bisa balik sendiri. BUT, diatas 5000km, steer saya bisa balik sendiri kalau diputer.. hahahaha aneh bgt.
- amtnya memang kurang smooth dibanding cvt or convention AT...but, ignis lumayan fun to drive loh.. yg bilang amt ignis itu menyebalkan atau ga fun to drive mungkin cuma denger dari “katanya” atau testdrive sebentar.. amt ignis itu terbantu akan manual modenya.. jadi kalau keluar kota atau driving aggressive saya lebih suka pakai manual modenya.. dan D modenya cukup smooth kalau gearny sudah diatas gear 2.. perpindahan gear 1 ke 2 (atau sebaliknya) keras dan kasar.. edan sih kasarnya.. sampai sempat saya claim.. saya kira ada fault, tauny memang karakter gear change di low gearnya seperti itu..

Btw big minusnya buat mata saya, bokongnya jelek bgt. :wkkk:
Image

Positif :
- irit
- BQ bagus, kekedapan oke. (Kecuali atap, kalau hujan lumayan berisik atapnya)
- fitur banyak kok. Ga cuma menang di mid atau push start button.. ada led projector, auto climate ac, warning sensor lumayan lengkap, spion retrack, apalagi ya? Lumayan sih fiturnya untuk harga yg dikeluarkan.
- amt, nahh.. amt saya masukin ke positif, karena jujur saya suka.. karena saya jujur suka dengan manual modenya. Amt itu Either u love it or hate it sih.. dulu waktu belum jadi user amt ignis, amt suka saya hina2.. pas sebulan awal pemakaian.. well not bad siih..not bad at all..

Untuk all new brio, saran saya ambil yg E saja sudah cukup.. dibanding beli brio RS harga 190jt no diskon menurut saya kurang worth.. untuk power dan fun to drive plus smoothness di transmisi, brio juara sih.. no doubt.
mike22 wrote: Sun Nov 25, 2018 12:49

Kalo yg all new brio tentu lebih luas drpd ignis. Yg lama juga beda tipis, malah ignis row2 kesannya sempit karena kacanya kecil.
Ignis sampe sekarang ya menang push start engine, sm layar mid.
yup, kemarin memang sempet test drive ignis, cuma rada sbntar. perpindahan gigi dari 1 ke 2, 2 dan k3 berasa bgt yaa.. mgkn blom penyesuaian. utk manual mode nya, perpinadhan gigi nya jauh lebih smooth...
interior tipe gx bner2 menggoda bgt, ac udah digital, bnr2 worth it sbnrnya utk harga sgni. cuma sayang, bini kurang suka sama pantat nya ignis.. lg coba rayu2 biar bisa ke ignis, cuma slalu alasan pantat nya jelek bgt hahaha.
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Best LCGC or small city car?!!??

Post by Woompy »

PRBS wrote: Sun Nov 25, 2018 17:28
Ariazaki wrote: Sun Nov 25, 2018 16:59
Soal performa, cukupan lah ya. Saya pake oli 0w20 sama bensin Vpower/Pertabo sih ngerasa cukup puas. Paling RPM bawahnya aja yang rada ngeselin. Pernah di cipali ketemu sama old ford everest yang panas gara2 saya salip trus ngejar, saya gaspol sampe 140an akhirnya itu everest juga ga ngejar lagi wkakakaka. Kalo penasaran soal top speed, saya dapet 170 kph. Seharusnya masih bisa lebih, cuma kerasa spt ada limiternya di 160an kph. Buat akselerasi masih kencengan brio cvt sih. Pernah tarik-tarikan sama temen yang pake brio rs cvt kalah pas akselerasi soalnya wkakakaka.
Saya juga max speed di 160kmh.. mau diakalin kayak gimana juga ga bisa diatas 160kmh.. mungkin ada limiternya ya? Ya walaupun mobil kek gini buat apa ngejar top speed sih hehe.. untuk ngejar irit, baru oke. Saya juga agak kagum sih dengan harga yg tergolong bagus, dapat mobil seperti ini.. btw, ignis ini power mesin dan dimensi paling kecil dirumah tapi paling sering saya bawa untuk roadtrip.. karena feel “ringkih”nya somehow ga ada. Jadi untuk asal nyetir atau sruntul gilas lubang pantura lebih berasa safe.
Iya ni pasti ada limiternya. Pengen remap sih, biar low end torquenya lebih enak. Kerasa rada kurang kalo buat jalur pegunungan yang berkelok. Iya somehow saya lebih suka pake mobil ini buat roadtrip daripada buat dalkot, approach angle lumayan oke (masih suka gasruk), departure angle oke (ga pernah gasruk), manual trannynya enak buat cruising, bantingan suspensi pas, nvh oke, bagasi lumayan luas, irit lagi. Enak lah buat roadtrip berdua atau maksimal bertiga. Yang kurang buat perjalanan jauh paling bahan joknya aja yang menurut saya bikin cepet keringatan, kalo pake beludru harusnya lebih enak. Padahal seating positon buat row depan sih udah enak, yang penumpang depan mundurnya jauh jadi bisa selonjoran. Kalo direbahin juga enak buat tidur. Kemaren temen saya aja waktu lewat jalur selatan dari rancabuaya ke ujung genteng bisa lebih dari 2 jam tidurnya ga kebangun wkakakak
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20