Butuh saran untuk pengganti Yaris Lele

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Butuh saran untuk pengganti Yaris Lele

Post by Pboyz97 »

Go for OS, mobilnya enak kok dan fiturnya lumayan banyak, kelemahannya cuma ada di desain exterior dan interiornya yg udh outdated
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Butuh saran untuk pengganti Yaris Lele

Post by BADAK »

Udah pakai OS selama setahun ini. Awalnya sempat ragu jg ambil expander baru atau OS seken, karena dana nya mmg tdk pingin nambah banyak dr penjualan si lele. Setelah puter2 n baca review akhirnya diputuskan meminang OS seken aja. Tiap hari pantengin iklan di ol ataupun koran. Akhirnya dapet jg unit 2013 PX di harga 17x.[cencored], dgn odo masih 48rb warna merah metalic. Udah sesuai semua dgn pencarian termasuk warna dan lokasi. Inspeksi mobil sendiri sekedarnya dgn pengetahuan pas2an n langsung deal. Waktu di dapat ada kerusakan di kabel spiral atau biasa disebut Clock spring, yaitu socket dan kabel penghubung di stir. Jd kalo clock spring ini putus biasanya tombol2 di steer termasuk klakson dan airbag akan non aktif, yg akan ditandai dgn munculnya notif airbag di MID. Ok lah saya pikir hal sepele, paling2 ratusan ribu doang.
Begitu dibawa pulang eh ternyata part ori nya kisaran 2jt, itupun hrs inden di Jkt. Wkwkwkwk. Ok lah beli online yg KW toh fungsinya sama aja. Yg diluar dugaan, sewaktu saya sharing dgn owner sebelumnya kalo clock spring putus, beliau berbaek hati memberikan ganti rugi senilai 1jt langsung di tranfer :off_good_job:
Mungkin ini bisa jadi salah satu sisi positif dalam membeli mobil seken tanpa perantara atau di showroom, karena kita dapat menilai karakter dr owner nya. Apakah owner nya mengerti mobil, apakah mobil nya dijadiin mobil perang, apakah lokasi rumahnya dekat pantai dan medan yg berat, kerusakan apa yg belum diservis, dll. Kebetulan owner yg saya datangi memiliki 3 mobil (VRZ, CRV RM dan OS PX), makanya saya yakin OS yg akan saya beli ini bukan mobil perang dan cukup terawat. Begitu dipasang n di reflash ECU 4bulan kemudian muncul notif lg, ya udah di non aktifkan saja drpd mengganggu. :mky_05:

Selain clock spring, penggantian berikutnya velg & ban BS 4pcs karena udah berumur walopun grip nya masih tebal, aki keok ganti dgn Motolite MF 70Ah, filter AC pake OEM, Filter udara Ferrox, pasang voltage stabilizer KW sekaligus kabel grounding, pasang front strutbar, pasang rear foglamp, TPMS, antena sirip. Pengerjaan berikutnya kuras oli mesin ganti STP 5W-30, ganti oli CVT dgn OEM mitsu, kuras radiator coolant, ganti minyak rem dgn DOT4, tambah freon AC. Total rekondisi menghabiskan 16-18jt, dgn catatan sebagian barang saya hitung harga modal karena saya sendiri menjual sparepart :big_smile]

Pengalaman dlm memelihara selama 1th ini hampir tidak ada keluhan berarti untuk kerusakan yg vital. Yg dialami hanya gangguan2 minor, seperti bunyik krekk..krek.. pada stir kalo melibas lubang yg dalam (dialami oleh owner OS yg lain), baut sangit di kabin apabila dibawa lari kencang di atas 120kpj (kalo sering dibawa lari kencang bau nya akan hilang sendiri), HU JVC sering error muncul production mode (solusinya mudah kalo udah ngerti caranya), magnetic clutch AC sering bunyi nyaring waktu aktif (udah bawaan), suara mesin cukup nyaring meraung (kadang mlh ada yg suka), bunyi ngikk..ngikkk kalo dibawa lari kentjang (ternyata dudukan knalpot menmpel ke chassis), jok row 2 terlalu tegak karena punya saya yg non FL. Untuk sandaran jok yg terlalu tegak ini udah diperbaiki oleh mitsu di tipe FL, bahkan mitsu indo mematenkan sendiri untuk sandaran jok di FL.
Untuk FC ya so..so. saja. Bagi saya sudah cukup irit untuk mobil 2000cc dgn isi pertalite. Saya bandingkannya dgn mobil2 saya sebelumnya Sidekick (boros), panther old (irit pake banget), panther grand touring (irit tp sengaja diborosin buat ngejar tarikan) , GV (boros amit), innova (irit), jazz (irit) , yaris (irit), n ANPS (manja nan boros karena minum nya dex). :big_weee:

Kelebihannya, kentjang khas mesin mitsu (di group banyak yg bejek 180-200kpj), fun to drive, sedangkan tarikan yg lemot khas CVT bisa diakalin dgn paddle shift, lincah untuk selap selip dikeramaian, radius putar jg masih normal (si lele abnormal), moonroof, headlamp terang dan luas jangkauannya, suspensi cukup nyaman tidak terlalu keras jg tidak terlalu lembek.

Tambahan untuk yg mencari OS seken, perhatikan kaki2 dan kelistrikannya. Karena 2 hal ini cukup rentan pada OS yg cukup berumur. Dan part2 ori nya cukup menguras kantong.

Kesimpulannya saya puas dgn ekspektasi yg didapat, lincah, FC tidak terlalu boros, GC cukup tinggi dibandingkan si lele, kentjang, model nya cakep mirip Lancer. Tentunya jg karena didapatkan harga lebih murah drpd mobil baru macam expander. Hehehe.

Sekian sharing report saya, mungkin bisa dijadikan referensi bagi yg ingin meminang OS seken jg. Maap kalo berlepotan karena pengetahuan dan pengalaman saya msh minim :mky_01:
:thanks:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today