mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blink182surabay
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Dec 31, 2018 4:39
Location: Jakarta Utara

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by blink182surabay »

alie45 wrote: Sat Dec 22, 2018 6:23 wah judulnya sama nih ama kondisi sy saat ini.. walau bukan mobil pertama.. sy jg masih bingung.. antara sienta Q ATAU ANT .. tujuan sama istri mau belajar .. tp seminggu ini sy baca2 review tentang sienta... kog kayaknya banyak yg kurang bagus ya...buat sy ragu...
pertama performa nya lemot walau boros bensin (ini yg bikin ragu karna suka jalan2 bersama ke;uarga ke daerah2 nanjak).. kedua modelnya sih kurang gagah. 3. harga jual sepertinya jatuh ya.. tp wajar karna mobil keluarga.. untuk kenyamanan sy akui sienta lebih baik... kmrn sy TD dua2nya.. sienta nyaman bgt.. audio lebih baik dari ANT.. naik ANT jadi inget mobil pertama sy avanza... hampir sama.. cm beda di fitur.. dan sy suka fitur keselamatan 6 airbag dari ANT. sampai sekarang sy masih pusing... mau yg mana? mohon bantu lagi pencerahannya suhu2... ssoalnya sy jarang ganti2 mobil.. rencana jangka panjang....
Akhirnya pilih apa oom? Sienta atau Rush?
Harga jual jatuh jangan dibandingin dengan price listnya (Type Q diskon 40-45 juta).
Ambil Sienta yg keluaran 2018 akhir, build quality meningkat, air intake bawaan jadi ga lemot.
Sienta Medium MPV, Rush Low SUV, udah beda kelas dari segi kenyamanan dan keselamatan.
RollinBoss5009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by RollinBoss5009 »

liep wrote: Wed Feb 06, 2019 3:32
RollinBoss5009 wrote: Mon Jan 28, 2019 2:55 Pas tuker rush trd lama ke sienta

Tp pengalaman ganti ban freed ujan2
plus minus dg prit sbg user, gmana om drs sisi tarikan+handling+knyamana+iritnya+ground clearance? pritnya sdh dobel blower?
Krn udah lama banget yah miara pritnya. Prit batch awal yg masih non dbl blower. Jd seingetnya ya ✌️
Kl tarikan+handling.. ini plus minus ampir sama, krn saya bukan tipe sruntulan jd g visa komen banyak, cmn krn sienta q fitur2 driver assistancenya lbh banyak plus ukuran ban lbh gede. Jd lbh pede aja bawanya kl kecepatan tinggi.
Ground clearance beda tipis, ketolong ama ukuran ban q yg lbh tebel dibanding v ato yg dibawah.
Iritnya.. yah krn kakinya eco.. jd dalkot sby masih rata2 1:10keatas.. tp ya g sampe nembus 1:13. Isi pertalite ✌️😅✌️

Nah kl soal kenyamanan yah..
Alesan g nuker rush trd konde ke rush trd baru, krn bokap udah 70+ dan mobilitas g seperti dulu pasca bypass. Jd cari yg gampang naek turunnya.
Kl dulu nuker prit ke trd konde.. krn.. gagah, tinggi, bandel dan duduk didepan lbh manusiawi. Jd masalah utama prit buat kami.. itu dashboard mentok ama dengkul. Glovebox kl mau pake, mobil brenti.. buka pintu.. ngangkang baru bisa diakses ato g gaya bonceng motor baru bisa bongkar2 glovebox.
Nah sienta Q, minusnya yah..
Shifter dibawah.. pdhl kl didashboard kaya versi luar lbh enak.
G ada handle dipilar B kaya versi luar buat bantu keluar masuk (ini mau dinyinyirin gpp, ntar kl udah masuk masa hrs bawa lansia baru kerasa yg namanya sliding door ama handle pilar b ama bench seat itu jauh2 lbh prioritas).
Nah trs desain eksteriornya.. kl mau yg aman, warna item.. itu garis2 plastik itemnya ketutup jd g terlalu ganggu mata. Alternatif warna putih, jd berasa storm trooper 🤓
Trs duduk dibaris kedua g ada tempat buat sandarin tangan, minimal yg dipintu. Diakalin, bantal sofa ruang tamu pindah dua ke mobil 😜.
Trus airbagnya minim.. pdhl yaris ama rush udah keliling airbangnya. (Masih parah anf vrz lux siy.. harga segitu, tipe teratas dgn logo baru.. 🤣😂😅)

Skrg ke plusnya ya,
Serep didalem kabin, g kotor dan lebih awet. Ini tiap org punya preference sendiri2.. kecuali ada tutup ori macam terios, anki dan anf. Cmn microbus kaya prit dan sienta, lbh nyaman didalem.
Ruang kabin jauh lebih luas dibanding prit, terlebih kl dilipet semua baris 2&3nya. Rata ama lantai dan g ganggu rearview mirror. Jd dikombinasi ama pintu geser.. enak banget ngaturnya. Kerasa kl bawa kursi roda.
Dan surprisingly baris ke3 juauh lbh enak ini dibanding prit ato rushter terserah konde atau yg baru. Efek dr kl lipet lantai rata, ada ceruk dalem banget buat kaki.. jd duduknya enak dibaris ke 3. Not ideal tp surprisingly nyaman.
Nah ini kontroversial yah.. mslh captain seat dibaris kedua. Buat banyak org, lbh nyaman dan keliatan mewah.
Buat kami, waste of space. Sama kaya pelipetan kursi ipah/fortie yg dittiru juga a.a prit. G praktis juga makan tempat dan ganggu rear view mirror. Jd terlepas minusnya baris kedua yg 50-50split yg bikin g mungkij modif armrest. At least sejauh jni blm nemu. Toh captain seat juga space kosong ditengah kebuang, g bisa dilewatin org dewasa. Anak kecil pun max 10taun kali yah. Kl bench seat, selain bisa muat 3-4org (tipikal indonesian customer yah). Kl bawa lansia, enak banget.. beliau bisa masuk dr pintu kanan trus keluar pintu kiri. Tinggal geser ajah. Dan krn bench seat g ada sandaran tangan kanan kiri, akses keluar masuk lebh enak buat lansia.
Trs captain seat, kl yg duduk lansia. Itu masuk ama keluarnya ribet.
Trus.. hmm..
Di sienta tiap trim ukuran bannya beda2.
Trs kl suka audio.. itu head unitnya kenwood 9series..cmn hrs tambah processor ama speaker kali yah utk maksimalin Suaranya.

Eiya, utk manuver... Ini yaris lele minibus yah.. jd plus minus mirip. 😜
Trus..
Diskon maxi dong 😝😝😝
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by liep »

RollinBoss5009 wrote: Wed Feb 06, 2019 15:54
Krn udah lama banget yah miara pritnya. Prit batch awal yg masih non dbl blower. Jd seingetnya ya ✌️
Kl tarikan+handling.. ini plus minus ampir sama, krn saya bukan tipe sruntulan jd g visa komen banyak, cmn krn sienta q fitur2 driver assistancenya lbh banyak plus ukuran ban lbh gede. Jd lbh pede aja bawanya kl kecepatan tinggi.
Ground clearance beda tipis, ketolong ama ukuran ban q yg lbh tebel dibanding v ato yg dibawah.
Iritnya.. yah krn kakinya eco.. jd dalkot sby masih rata2 1:10keatas.. tp ya g sampe nembus 1:13. Isi pertalite ✌️😅✌️

Nah kl soal kenyamanan yah..
Alesan g nuker rush trd konde ke rush trd baru, krn bokap udah 70+ dan mobilitas g seperti dulu pasca bypass. Jd cari yg gampang naek turunnya.
Kl dulu nuker prit ke trd konde.. krn.. gagah, tinggi, bandel dan duduk didepan lbh manusiawi. Jd masalah utama prit buat kami.. itu dashboard mentok ama dengkul. Glovebox kl mau pake, mobil brenti.. buka pintu.. ngangkang baru bisa diakses ato g gaya bonceng motor baru bisa bongkar2 glovebox.
Nah sienta Q, minusnya yah..
Shifter dibawah.. pdhl kl didashboard kaya versi luar lbh enak.
G ada handle dipilar B kaya versi luar buat bantu keluar masuk (ini mau dinyinyirin gpp, ntar kl udah masuk masa hrs bawa lansia baru kerasa yg namanya sliding door ama handle pilar b ama bench seat itu jauh2 lbh prioritas).
Nah trs desain eksteriornya.. kl mau yg aman, warna item.. itu garis2 plastik itemnya ketutup jd g terlalu ganggu mata. Alternatif warna putih, jd berasa storm trooper 🤓
Trs duduk dibaris kedua g ada tempat buat sandarin tangan, minimal yg dipintu. Diakalin, bantal sofa ruang tamu pindah dua ke mobil 😜.
Trus airbagnya minim.. pdhl yaris ama rush udah keliling airbangnya. (Masih parah anf vrz lux siy.. harga segitu, tipe teratas dgn logo baru.. 🤣😂😅)

Skrg ke plusnya ya,
Serep didalem kabin, g kotor dan lebih awet. Ini tiap org punya preference sendiri2.. kecuali ada tutup ori macam terios, anki dan anf. Cmn microbus kaya prit dan sienta, lbh nyaman didalem.
Ruang kabin jauh lebih luas dibanding prit, terlebih kl dilipet semua baris 2&3nya. Rata ama lantai dan g ganggu rearview mirror. Jd dikombinasi ama pintu geser.. enak banget ngaturnya. Kerasa kl bawa kursi roda.
Dan surprisingly baris ke3 juauh lbh enak ini dibanding prit ato rushter terserah konde atau yg baru. Efek dr kl lipet lantai rata, ada ceruk dalem banget buat kaki.. jd duduknya enak dibaris ke 3. Not ideal tp surprisingly nyaman.
Nah ini kontroversial yah.. mslh captain seat dibaris kedua. Buat banyak org, lbh nyaman dan keliatan mewah.
Buat kami, waste of space. Sama kaya pelipetan kursi ipah/fortie yg dittiru juga a.a prit. G praktis juga makan tempat dan ganggu rear view mirror. Jd terlepas minusnya baris kedua yg 50-50split yg bikin g mungkij modif armrest. At least sejauh jni blm nemu. Toh captain seat juga space kosong ditengah kebuang, g bisa dilewatin org dewasa. Anak kecil pun max 10taun kali yah. Kl bench seat, selain bisa muat 3-4org (tipikal indonesian customer yah). Kl bawa lansia, enak banget.. beliau bisa masuk dr pintu kanan trus keluar pintu kiri. Tinggal geser ajah. Dan krn bench seat g ada sandaran tangan kanan kiri, akses keluar masuk lebh enak buat lansia.
Trs captain seat, kl yg duduk lansia. Itu masuk ama keluarnya ribet.
Trus.. hmm..
Di sienta tiap trim ukuran bannya beda2.
Trs kl suka audio.. itu head unitnya kenwood 9series..cmn hrs tambah processor ama speaker kali yah utk maksimalin Suaranya.

Eiya, utk manuver... Ini yaris lele minibus yah.. jd plus minus mirip. 😜
Trus..
Diskon maxi dong 😝😝😝
weh lengkap hehe..
btul sih cuma msh shifter ga kyk ori jpg di dasboard...senderan tgn yg bisa disembunyiin dlm jok.

bisa jd 2hal td buat bahan upgrade sienta.
hu apa ada rca output? biasa toyota ga ad...musti nambahin hi lo dulu...dan ga yakin btul itu seri 9 yg sama spt 9017 ato 9018 sih...denger2 versi low budget khusus toyota tp ya tetep aj mayan baguslah suaranya
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by fl4b1e »

Waduh.. lengkap bgt om.. says juga lagi berpikir tuk gantiin nissin march istri ke mobil sienta ini. Pandangam saya sama: kenyamanan, akomodasi pintu geser tuk angkut omanya si kecil sams bagasi yang rata..
RollinBoss5009 wrote:
liep wrote: Wed Feb 06, 2019 3:32
RollinBoss5009 wrote: Mon Jan 28, 2019 2:55 Pas tuker rush trd lama ke sienta

Tp pengalaman ganti ban freed ujan2
plus minus dg prit sbg user, gmana om drs sisi tarikan+handling+knyamana+iritnya+ground clearance? pritnya sdh dobel blower?
Krn udah lama banget yah miara pritnya. Prit batch awal yg masih non dbl blower. Jd seingetnya ya [emoji3577]
Kl tarikan+handling.. ini plus minus ampir sama, krn saya bukan tipe sruntulan jd g visa komen banyak, cmn krn sienta q fitur2 driver assistancenya lbh banyak plus ukuran ban lbh gede. Jd lbh pede aja bawanya kl kecepatan tinggi.
Ground clearance beda tipis, ketolong ama ukuran ban q yg lbh tebel dibanding v ato yg dibawah.
Iritnya.. yah krn kakinya eco.. jd dalkot sby masih rata2 1:10keatas.. tp ya g sampe nembus 1:13. Isi pertalite [emoji3577][emoji28][emoji3577]

Nah kl soal kenyamanan yah..
Alesan g nuker rush trd konde ke rush trd baru, krn bokap udah 70+ dan mobilitas g seperti dulu pasca bypass. Jd cari yg gampang naek turunnya.
Kl dulu nuker prit ke trd konde.. krn.. gagah, tinggi, bandel dan duduk didepan lbh manusiawi. Jd masalah utama prit buat kami.. itu dashboard mentok ama dengkul. Glovebox kl mau pake, mobil brenti.. buka pintu.. ngangkang baru bisa diakses ato g gaya bonceng motor baru bisa bongkar2 glovebox.
Nah sienta Q, minusnya yah..
Shifter dibawah.. pdhl kl didashboard kaya versi luar lbh enak.
G ada handle dipilar B kaya versi luar buat bantu keluar masuk (ini mau dinyinyirin gpp, ntar kl udah masuk masa hrs bawa lansia baru kerasa yg namanya sliding door ama handle pilar b ama bench seat itu jauh2 lbh prioritas).
Nah trs desain eksteriornya.. kl mau yg aman, warna item.. itu garis2 plastik itemnya ketutup jd g terlalu ganggu mata. Alternatif warna putih, jd berasa storm trooper [emoji851]
Trs duduk dibaris kedua g ada tempat buat sandarin tangan, minimal yg dipintu. Diakalin, bantal sofa ruang tamu pindah dua ke mobil [emoji12].
Trus airbagnya minim.. pdhl yaris ama rush udah keliling airbangnya. (Masih parah anf vrz lux siy.. harga segitu, tipe teratas dgn logo baru.. [emoji1787][emoji23][emoji28])

Skrg ke plusnya ya,
Serep didalem kabin, g kotor dan lebih awet. Ini tiap org punya preference sendiri2.. kecuali ada tutup ori macam terios, anki dan anf. Cmn microbus kaya prit dan sienta, lbh nyaman didalem.
Ruang kabin jauh lebih luas dibanding prit, terlebih kl dilipet semua baris 2&3nya. Rata ama lantai dan g ganggu rearview mirror. Jd dikombinasi ama pintu geser.. enak banget ngaturnya. Kerasa kl bawa kursi roda.
Dan surprisingly baris ke3 juauh lbh enak ini dibanding prit ato rushter terserah konde atau yg baru. Efek dr kl lipet lantai rata, ada ceruk dalem banget buat kaki.. jd duduknya enak dibaris ke 3. Not ideal tp surprisingly nyaman.
Nah ini kontroversial yah.. mslh captain seat dibaris kedua. Buat banyak org, lbh nyaman dan keliatan mewah.
Buat kami, waste of space. Sama kaya pelipetan kursi ipah/fortie yg dittiru juga a.a prit. G praktis juga makan tempat dan ganggu rear view mirror. Jd terlepas minusnya baris kedua yg 50-50split yg bikin g mungkij modif armrest. At least sejauh jni blm nemu. Toh captain seat juga space kosong ditengah kebuang, g bisa dilewatin org dewasa. Anak kecil pun max 10taun kali yah. Kl bench seat, selain bisa muat 3-4org (tipikal indonesian customer yah). Kl bawa lansia, enak banget.. beliau bisa masuk dr pintu kanan trus keluar pintu kiri. Tinggal geser ajah. Dan krn bench seat g ada sandaran tangan kanan kiri, akses keluar masuk lebh enak buat lansia.
Trs captain seat, kl yg duduk lansia. Itu masuk ama keluarnya ribet.
Trus.. hmm..
Di sienta tiap trim ukuran bannya beda2.
Trs kl suka audio.. itu head unitnya kenwood 9series..cmn hrs tambah processor ama speaker kali yah utk maksimalin Suaranya.

Eiya, utk manuver... Ini yaris lele minibus yah.. jd plus minus mirip. [emoji12]
Trus..
Diskon maxi dong [emoji13][emoji13][emoji13]
RollinBoss5009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52

Re: mobil pertama: Sienta Q or Rush TRD

Post by RollinBoss5009 »

Kenwood dnr916wsit kl yg 2016. Cmn yg 2018 blm sempet liat, krn blm sempet nabung buat upgrade audio. Hrs beli rca adapter emang.

Emang ini kl bawa lansia mantep nian.. hehehe udah gitu saiznya sienta pas kl buat transport ke rs kontrol dokter. Parkir gampang, keluar masuk beliau2nya enak 😁