Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by Winz »

Bulgogi wrote: Wed Jul 25, 2018 10:29 Fyi, led terios itu agak gelap kalo malem..
Kalah terang sm led crv turbo..

Dan lagi, kalo di tol hujan deres led ngga membantu sama sekali.. jalanan malah gelap.. masih mending halogen xpander.. masih keliatan dikit2..

Kecuali led terios mau di upgrade pake warna kuning & wattnya di naikin biar makin terang.. nah begini lebih enak buat terabas hujan di tol..
Led model honda vario ini memang kurang bagus klo dbanding projector, teknologi roda dua dibawa ke roda empat :big_biglaugh:

Masih mending klo dkasih projector trus ganti led sendiri :big_peace:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by slapnuts »

Winz wrote: Wed Jul 25, 2018 13:11 Led model honda vario ini memang kurang bagus klo dbanding projector, teknologi roda dua dibawa ke roda empat :big_biglaugh:

Masih mending klo dkasih projector trus ganti led sendiri :big_peace:
Kemungkinan untuk cutting cost om
Karena biaya pembuatan LED reflektor jauh lebih murah dan gampang dibanding Proyektor, tinggal bikin reflector trus tembak LED dari atas untuk dipantulkan, kelar, persis Vario.

Dari segi pancaran juga jauh lebih bagus Proyektor, output sinar lebih luas sehingga kalau hujan dan aspal kondisi gelap, pancaran sinar masih bisa menjangkau tepi kanan-kiri jalan sehingga penglihatan terbantu.

Sedikit OOT, kondisi aspal sehabis hujan memang agak tricky, karena aspal menyerap air sehingga warna jadi hitam pekat, bayangkan tembok warna hitam disinari senter warna putih/kuning ya tetep saja hitam. Lebih parah lagi kalau ada genangan air di atasnya, sinar lampu mobil malah dipantulkan ke pengendara berlawanan sebesar sudut datang arah lampu kita ke jalan. Makanya kalau hujan kita malah silau sinar lampu berlawanan yang mantul di atas jalan, ibarat jalan menjadi seperti cermin.
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by patrickstar »

Kalo ngga konsen di budget, vote xpander.
Konsekuensinya hrg sedikit lbh mahal, fitur lbh minim, durability blm terbukti.
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 807
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by pradit_d »

patrickstar wrote: Wed Jul 25, 2018 23:34 Kalo ngga konsen di budget, vote xpander.
Konsekuensinya hrg sedikit lbh mahal, fitur lbh minim, durability blm terbukti.
Emang terios udah terbukti durability nya? Okelah klo mesin, transmisi masih pake yg lama n settingan lama jg. Namanya mobil bukan cuman itu bagian2nya. Rattling jg menurut ane bagian dari durability yg kurang bagus. Jd dlm hal ini baik xpander maupun terios sama2 blm terbukti.
:big_peace:
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by pilotgaruda »

xpander aja..bisa dipasang cruise control
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by 34lee »

Xpander ja,,, mobil bahan banget,, lihat tu BChannel,, xpander dgn fitur terlengkap n mewah,,,
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by piraku »

Saya jg butuh saran nih antara Xpander sama All New Terios, mending nanya disini atau bikin topik baru ya?

Saya dapet harga 235 buat terios R AT dapet diskon 5jt krna kebetulan bapa punya banyak relasi org astra. xpander terakhir di 246 bulan lalu, blm cek lagi. Budget 250jt, harus udh bisa dipake prantal printil kaya bungkus ulang jok, upgrade HU, dsb.
butuh yg kompak krna hanya untuk sendiri paling kadang bawa ibu sama adik tp bisa diisi 6 org kalau dibutuhkan. saya sendiri umur baru 23 lajang :ungg: tinggi 168 dan berat badan rada sehat wkwkwk
di rumah ada c24 2011 kepunyaan bapa. isi keluarga cuma saya, bapak, ibu, dan adik saya yg baru mau masuk kuliah. semua tingginya ga lebih dari 170.

kebutuhan
1. Bisa diajak light to medium offroad, selain pingin dipakai melancong ke tempat wisata berikut dibuat nyasar sama google maps, juga buaat melibas trek offroad di perumahan tempat saya tinggal, disini lucu rumah bagus bagus tapi jalan keriting, tiba tiba aspal, sebelahnya paving block, eh sebelahnya lagi batu batu beserta danau kubangannya, belum lagi polisi bobo yang tajem tajem, lebar engga tinggi iya.
2. Bisa diajak melibas banjirnya bandung saat musim banjir tiba.
3. Memungkinkan dipakai lebih dari 5 tahun, krna saya lebih senang mempertahankan suatu hubungan dibandingkan putus terus cari pasangan baru :big_slap:
4. Kenyamanan, fun to drive, kelapangan bukan poin utama, cukupan aja dan ga harus terkesan lapang krna kadang bawa c24 bapa itu kagok krna lebar banget aura dari dalemnya padahal dari luar ga selebar yg dibayangkan.
5. Perawatan mudah dan murah, jangan kaya mobil si bapa jangan hehe cukup satu aja yg jajanannya lumayan.
6. Bisa dikasih minum pertalite fulltime

Belum sempet test drive sih krna males kalau udh dipaksa spk itu kalau udh TD didampingi sama sales. baru nyoba naik pas ada unit pameran aja. kesan sih ga jauh beda, desain interior tergantung selera, xpander terkesan mewah, terios lebih biasa banget, keleluasan kabin terios cukupan ga merasa sempit walaupun joknya kecil pas duduk ga ada complain, driving posisition jg bingung saya wkwkwk saya sendiri ga tau mana posisi menyetir yg enak, malah terkesan saya kalau bawa mobil orang ikut aja sama settingan kursi dan setir yg punyanya, entahlah mungkin badan saya punya mukjizat menyesuaikan dalam segala posisi :big_think:
krna emang dari dlu suka rental avanza buat melancong bersama teman kuliah ke pantai, yg katanya posisi duduk paling ga enak saya mah ngerasanya ga ada komplain, lempeng aja. ga tau lah bingung saya jg. Paling yg kerasa jok baris tiga punya terios jongkok banget tp di xpander kaki kena rel sliding row ke2.
cuma emang masalah jok kecilnya terios yg bikin ga sreg, tp hanya sekedar visual aja kalau duduk mah sama sama aja. Mungkin ga ya kalau dimodif joknya ditambah busa atasnya biar rada tinggi sandarannya? wkwkwk

Kalau secara desain jujur selera saya ke terios, krna sejujurnya emang selera saya itu suv ladder frame/body on frame macam fortuner dan pajero sport atau lc200 atau lx570, tp krna ini mbil pertama milik pribadi jadi saya takut terpesona oleh kecantikannya tapi ternyata dia matre dan rewel. jadi perlu pertimbangan lain selain hanya selera :big_childish:
jadi mungkin om om disini bisa bantu memperkuat pilihan saya sesuai kebutuhan bukan sesuai tampilan semata, juga yg worth to buy dg harga yg udh saya jabarkan diawal, sebanding harga dengan fitur.

Sebelum tambah curhat saya tutup aja deh, terimakasih.
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by dream_theater »

Vote Xpander...
- Dari sisi teknis, walau powernya sama (104 ps/6000 rpm) tapi torsi ANT 13.9 kgm atau 136 Nm/4200 rpm, masih kalah dari XPander (14.378 kgm atau 141 Nm/4000 rpm. Karena ANT lebih berat, (1870 kg vs xpander 1780 kg) maka power to weight ratio Xpander 0,0584 ps/kg juga lebih besar dari ANT yg 0,0556 ps/kg.
- Body Xpander lebih panjang 40mm dari ANT tapi wheelbase Xpander lebih panjang 90mm dari ANT. Artinya roda Xpander lebih ditarik ke ujung body, wheelbase lebih panjang membuat Xpander lebih stabil di luar kota (p x l x t Xpander : 4.475 x 1.750 x 1700 mm, ANT 4.435 x 1.695 x 1.705 mm, Wheelbase Xpander: 2.775 mm, ANT 2.685 mm).
- GC selisih 15mm, (Xpander 205mm, ANT 220mm) tapi tinggi cuma terpaut 5mm. Karena body Xpander monokok sementara ANT monokok depan & ladder frame belakang, kabin Xpander lebih lega.
- ANT ACnya digital climate control tapi arah semburan terbatas....di Xpander walau tombol putar tapi ada pilihan semburan ke kaca depan & kaki.
- Spion Xpander exceed juga sudah auto rectract, mobil dikunci spion ngelipet sendiri (innova reborn V aja belom).
- Handling Xpander stabil & bantingan nyaman. Saya belum coba ANT, tapi dgn ban lebih tinggi namun bodi kalah lebar, mestinya lebih enak Xpander
- Kabin Xpander kedap...lari 160 kpj masih nyaman (RPM 4000)
- BBM Xpander cukup irit, matic dalkot 1:10-12 tergantung kondisi lalin, lukot 1:14-25 tergantung beban, kondisi medan & kesabaran kaki...
- Walau FWD, Xpander gak masalah buat jalan tanjakan. Saya pernah coba bawa naik gunung ke desa Sepakung di lereng gunung Telomoyo (dekat Banyubiru, Rawapening, Ambarawa) bisa sampe bumi perkemahan Balong. Jalan bervariasi aspal-beton-tanah. Temen yg bawa avanza 1.3 malah ngos-ngosan...(gosepakung.com)
- Kabin luas, power outlet di setiap baris, bagasi muat banyak.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by ginting »

dream_theater wrote: Fri Jul 27, 2018 0:37 Vote Xpander...
- Dari sisi teknis, walau powernya sama (104 ps/6000 rpm) tapi torsi ANT 13.9 kgm atau 136 Nm/4200 rpm, masih kalah dari XPander (14.378 kgm atau 141 Nm/4000 rpm. Karena ANT lebih berat, (1870 kg vs xpander 1780 kg) maka power to weight ratio Xpander 0,0584 ps/kg juga lebih besar dari ANT yg 0,0556 ps/kg.
- Body Xpander lebih panjang 40mm dari ANT tapi wheelbase Xpander lebih panjang 90mm dari ANT. Artinya roda Xpander lebih ditarik ke ujung body, wheelbase lebih panjang membuat Xpander lebih stabil di luar kota (p x l x t Xpander : 4.475 x 1.750 x 1700 mm, ANT 4.435 x 1.695 x 1.705 mm, Wheelbase Xpander: 2.775 mm, ANT 2.685 mm).
- GC selisih 15mm, (Xpander 205mm, ANT 220mm) tapi tinggi cuma terpaut 5mm. Karena body Xpander monokok sementara ANT monokok depan & ladder frame belakang, kabin Xpander lebih lega.
- ANT ACnya digital climate control tapi arah semburan terbatas....di Xpander walau tombol putar tapi ada pilihan semburan ke kaca depan & kaki.
- Spion Xpander exceed juga sudah auto rectract, mobil dikunci spion ngelipet sendiri (innova reborn V aja belom).
- Handling Xpander stabil & bantingan nyaman. Saya belum coba ANT, tapi dgn ban lebih tinggi namun bodi kalah lebar, mestinya lebih enak Xpander
- Kabin Xpander kedap...lari 160 kpj masih nyaman (RPM 4000)
- BBM Xpander cukup irit, matic dalkot 1:10-12 tergantung kondisi lalin, lukot 1:14-25 tergantung beban, kondisi medan & kesabaran kaki...
- Walau FWD, Xpander gak masalah buat jalan tanjakan. Saya pernah coba bawa naik gunung ke desa Sepakung di lereng gunung Telomoyo (dekat Banyubiru, Rawapening, Ambarawa) bisa sampe bumi perkemahan Balong. Jalan bervariasi aspal-beton-tanah. Temen yg bawa avanza 1.3 malah ngos-ngosan...(gosepakung.com)
- Kabin luas, power outlet di setiap baris, bagasi muat banyak.
Mengenai berat Expander, saya baru ngeh bahwa beratnya 1780 kgs.
ANT 1870 kg
Saya jadi ragu jangan jangan ini adalah GVW

gross vehicle weight
The gross vehicle weight rating (GVWR), or gross vehicle mass (GVM) is the maximum operating weight/mass of a vehicle as specified by the manufacturer including the vehicle's chassis, body, engine, engine fluids, fuel, accessories, driver, passengers and cargo but excluding that of any trailers.

From kuskus :
1780kg itu curb weight atau berat kotor gan. Berat kotor itu termasuk berat 7 penumpang dan bagasi.
Kalo berat bersihnya blm ada yg tau krn ga dicantumin di speknya.


sementara GNKI cuma 1665 kg (kosong)
http://www.ortizaku.com/index.php/Otomo ... ang-innova
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by halooo »

piraku wrote: Thu Jul 26, 2018 19:02 Saya jg butuh saran nih antara Xpander sama All New Terios, mending nanya disini atau bikin topik baru ya?
Satu saran silahkan test drive. Jgn takut dipaksa spk? Mereka punya tujuan cuatomer spk. Customer punya tujuan cari mobil yg terbaik krn mau dipakai dlm waktu lama
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by IGedeAmat »

ginting wrote: Fri Jul 27, 2018 1:04 ....
From kuskus :
1780kg itu curb weight atau berat kotor gan. Berat kotor itu termasuk berat 7 penumpang dan bagasi.
Kalo berat bersihnya blm ada yg tau krn ga dicantumin di speknya.


sementara GNKI cuma 1665 kg (kosong)
http://www.ortizaku.com/index.php/Otomo ... ang-innova
hmm.. mungkin si agan kuskusernya ada typo mod ?
curb weight itu bukannya berat kosong
berat kendaraan include oli+air radiator + bensin full tank tapi gak include penumpang

CMIIW...
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by quyquy »

Sedikit OOT nih..

Xpander GLS matic kira2 dikeluarin nggak ya?

Saat ini pilihan yang worth utk harga 200-220 matic hanya ANT X deluxe dan All new ertiga GL
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by ChZ »

piraku wrote: Thu Jul 26, 2018 19:02
kebutuhan
1. Bisa diajak light to medium offroad, selain pingin dipakai melancong ke tempat wisata berikut dibuat nyasar sama google maps, juga buaat melibas trek offroad di perumahan tempat saya tinggal, disini lucu rumah bagus bagus tapi jalan keriting, tiba tiba aspal, sebelahnya paving block, eh sebelahnya lagi batu batu beserta danau kubangannya, belum lagi polisi bobo yang tajem tajem, lebar engga tinggi iya.
2. Bisa diajak melibas banjirnya bandung saat musim banjir tiba.
3. Memungkinkan dipakai lebih dari 5 tahun, krna saya lebih senang mempertahankan suatu hubungan dibandingkan putus terus cari pasangan baru :big_slap:
4. Kenyamanan, fun to drive, kelapangan bukan poin utama, cukupan aja dan ga harus terkesan lapang krna kadang bawa c24 bapa itu kagok krna lebar banget aura dari dalemnya padahal dari luar ga selebar yg dibayangkan.
5. Perawatan mudah dan murah, jangan kaya mobil si bapa jangan hehe cukup satu aja yg jajanannya lumayan.
6. Bisa dikasih minum pertalite fulltime
Ni dari kriteria no.1 aja udah jelas Terios sih... melancong ke tempat wisata dengan medan berat GC beda 15mm itu signifikan loh.

Nomer 3 apalagi... si duo rusuh teroris udah teruji ketahanannya kuat dipake belasan taun... plus it's literally avanza yang dikasih steroid jadi kriteria no 5 udah pasti si duo teroris rusuh.

Apalagi nomer 4 bukan poin utama ya udah makin jelas lagi.
IGedeAmat wrote: Fri Jul 27, 2018 2:35
ginting wrote: Fri Jul 27, 2018 1:04 ....
From kuskus :
1780kg itu curb weight atau berat kotor gan. Berat kotor itu termasuk berat 7 penumpang dan bagasi.
Kalo berat bersihnya blm ada yg tau krn ga dicantumin di speknya.


sementara GNKI cuma 1665 kg (kosong)
http://www.ortizaku.com/index.php/Otomo ... ang-innova
hmm.. mungkin si agan kuskusernya ada typo mod ?
curb weight itu bukannya berat kosong
berat kendaraan include oli+air radiator + bensin full tank tapi gak include penumpang

CMIIW...
GVW pasti... Gross Vehicle Weight.

Kerb Weight nya 1.7ton, mosok Terios cuma beda 200kg dari Pajero ... :big_biglaugh:

Padahal liat barang aja gak mungkin beda 2 benda ini cuma 2 kwintal a.k.a 3 penumpang dewasa... mobil 1.7ton diisi mesin 1.5liter 104ps itu engineernya perlu disekolahin lagi... :mky_07: lari kaga boros iya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by dream_theater »

ginting wrote: Fri Jul 27, 2018 1:04
dream_theater wrote: Fri Jul 27, 2018 0:37 Vote Xpander...
- Dari sisi teknis, walau powernya sama (104 ps/6000 rpm) tapi torsi ANT 13.9 kgm atau 136 Nm/4200 rpm, masih kalah dari XPander (14.378 kgm atau 141 Nm/4000 rpm. Karena ANT lebih berat, (1870 kg vs xpander 1780 kg) maka power to weight ratio Xpander 0,0584 ps/kg juga lebih besar dari ANT yg 0,0556 ps/kg.
- Body Xpander lebih panjang 40mm dari ANT tapi wheelbase Xpander lebih panjang 90mm dari ANT. Artinya roda Xpander lebih ditarik ke ujung body, wheelbase lebih panjang membuat Xpander lebih stabil di luar kota (p x l x t Xpander : 4.475 x 1.750 x 1700 mm, ANT 4.435 x 1.695 x 1.705 mm, Wheelbase Xpander: 2.775 mm, ANT 2.685 mm).
- GC selisih 15mm, (Xpander 205mm, ANT 220mm) tapi tinggi cuma terpaut 5mm. Karena body Xpander monokok sementara ANT monokok depan & ladder frame belakang, kabin Xpander lebih lega.
- ANT ACnya digital climate control tapi arah semburan terbatas....di Xpander walau tombol putar tapi ada pilihan semburan ke kaca depan & kaki.
- Spion Xpander exceed juga sudah auto rectract, mobil dikunci spion ngelipet sendiri (innova reborn V aja belom).
- Handling Xpander stabil & bantingan nyaman. Saya belum coba ANT, tapi dgn ban lebih tinggi namun bodi kalah lebar, mestinya lebih enak Xpander
- Kabin Xpander kedap...lari 160 kpj masih nyaman (RPM 4000)
- BBM Xpander cukup irit, matic dalkot 1:10-12 tergantung kondisi lalin, lukot 1:14-25 tergantung beban, kondisi medan & kesabaran kaki...
- Walau FWD, Xpander gak masalah buat jalan tanjakan. Saya pernah coba bawa naik gunung ke desa Sepakung di lereng gunung Telomoyo (dekat Banyubiru, Rawapening, Ambarawa) bisa sampe bumi perkemahan Balong. Jalan bervariasi aspal-beton-tanah. Temen yg bawa avanza 1.3 malah ngos-ngosan...(gosepakung.com)
- Kabin luas, power outlet di setiap baris, bagasi muat banyak.
Mengenai berat Expander, saya baru ngeh bahwa beratnya 1780 kgs.
ANT 1870 kg
Saya jadi ragu jangan jangan ini adalah GVW

gross vehicle weight
The gross vehicle weight rating (GVWR), or gross vehicle mass (GVM) is the maximum operating weight/mass of a vehicle as specified by the manufacturer including the vehicle's chassis, body, engine, engine fluids, fuel, accessories, driver, passengers and cargo but excluding that of any trailers.

From kuskus :
1780kg itu curb weight atau berat kotor gan. Berat kotor itu termasuk berat 7 penumpang dan bagasi.
Kalo berat bersihnya blm ada yg tau krn ga dicantumin di speknya.


sementara GNKI cuma 1665 kg (kosong)
http://www.ortizaku.com/index.php/Otomo ... ang-innova
Betul om Ginting, itu GVW...
Berat kosong ANT: 1.270kg (R AT), berat kosong Xpander di laman resmi tidak tercantum, tapi ada yg memperkirakan 1.230kg, dgn asumsi berat total penumpang 455kg + barang 95kg (https://carusermagz.com/membandingkan-m ... oz-livina/)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by marmut »

dream_theater wrote: Fri Jul 27, 2018 0:37 Vote Xpander...
- Dari sisi teknis, walau powernya sama (104 ps/6000 rpm) tapi torsi ANT 13.9 kgm atau 136 Nm/4200 rpm, masih kalah dari XPander (14.378 kgm atau 141 Nm/4000 rpm. Karena ANT lebih berat, (1870 kg vs xpander 1780 kg) maka power to weight ratio Xpander 0,0584 ps/kg juga lebih besar dari ANT yg 0,0556 ps/kg.

-

sangat tidak mungkin mobil dengan kapasitas sekecil itu beratnya lebih dari 1,5 ton.
sekedar info, bmw 320 e36 beratnya 1,3 ton. volvo 940 2300cc sekitar 1,4 ton.
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by dream_theater »

quyquy wrote: Fri Jul 27, 2018 2:40 Sedikit OOT nih..

Xpander GLS matic kira2 dikeluarin nggak ya?

Saat ini pilihan yang worth utk harga 200-220 matic hanya ANT X deluxe dan All new ertiga GL
Beritanya sih mau dikeluarin om...
https://autonetmagz.com/mitsubishi-xpan ... agi/70032/
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by liemivan86 »

ChZ wrote:
piraku wrote: Thu Jul 26, 2018 19:02
kebutuhan
1. Bisa diajak light to medium offroad, selain pingin dipakai melancong ke tempat wisata berikut dibuat nyasar sama google maps, juga buaat melibas trek offroad di perumahan tempat saya tinggal, disini lucu rumah bagus bagus tapi jalan keriting, tiba tiba aspal, sebelahnya paving block, eh sebelahnya lagi batu batu beserta danau kubangannya, belum lagi polisi bobo yang tajem tajem, lebar engga tinggi iya.
2. Bisa diajak melibas banjirnya bandung saat musim banjir tiba.
3. Memungkinkan dipakai lebih dari 5 tahun, krna saya lebih senang mempertahankan suatu hubungan dibandingkan putus terus cari pasangan baru :big_slap:
4. Kenyamanan, fun to drive, kelapangan bukan poin utama, cukupan aja dan ga harus terkesan lapang krna kadang bawa c24 bapa itu kagok krna lebar banget aura dari dalemnya padahal dari luar ga selebar yg dibayangkan.
5. Perawatan mudah dan murah, jangan kaya mobil si bapa jangan hehe cukup satu aja yg jajanannya lumayan.
6. Bisa dikasih minum pertalite fulltime
Ni dari kriteria no.1 aja udah jelas Terios sih... melancong ke tempat wisata dengan medan berat GC beda 15mm itu signifikan loh.

Nomer 3 apalagi... si duo rusuh teroris udah teruji ketahanannya kuat dipake belasan taun... plus it's literally avanza yang dikasih steroid jadi kriteria no 5 udah pasti si duo teroris rusuh.

Apalagi nomer 4 bukan poin utama ya udah makin jelas lagi.
IGedeAmat wrote: Fri Jul 27, 2018 2:35
ginting wrote: Fri Jul 27, 2018 1:04 ....
From kuskus :
1780kg itu curb weight atau berat kotor gan. Berat kotor itu termasuk berat 7 penumpang dan bagasi.
Kalo berat bersihnya blm ada yg tau krn ga dicantumin di speknya.


sementara GNKI cuma 1665 kg (kosong)
http://www.ortizaku.com/index.php/Otomo ... ang-innova
hmm.. mungkin si agan kuskusernya ada typo mod ?
curb weight itu bukannya berat kosong
berat kendaraan include oli+air radiator + bensin full tank tapi gak include penumpang

CMIIW...
GVW pasti... Gross Vehicle Weight.

Kerb Weight nya 1.7ton, mosok Terios cuma beda 200kg dari Pajero ... :big_biglaugh:

Padahal liat barang aja gak mungkin beda 2 benda ini cuma 2 kwintal a.k.a 3 penumpang dewasa... mobil 1.7ton diisi mesin 1.5liter 104ps itu engineernya perlu disekolahin lagi... :mky_07: lari kaga boros iya.
Tiba-tiba jadi inget tukang parkir yang ngos2an karena dorong pajero sport exceed saya waktu parkir paralel. Ha2...

Xpander dan Terios pasti di bawah 1.5 ton koq. Mobil kecil ini, masak lebih berat dari X-trail yang 1.6 ton.

Btw, buat TS, kebutuhan nya kayaknya lebih ke Terios. Lebih tahan untuk pertalite, kuat dipakai semi off road dan cari yang tahan lama. Xpander juga pasti awet sih, kalo dipakai 100rb km aja saya yakin tidak akan ada masalah besar, cuma di atas 100rb km, memang Terios (dan avanza) teruji lebih kuat.
firman93m
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Aug 18, 2017 2:23
Location: Jak
Daily Vehicle: Brinyo

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by firman93m »

Vote expander deh, kenyamanan nya jauh dibanding ANT (Driving position, spacious, noise insulation, suspension, etc, etc)

Mungkin ANT menang kalo untuk jalur2 agak extreme saja.

Fitur2 kayak lampu LED dll bisa ditambahkan sendiri kalo memang hobby.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by piraku »

ChZ wrote: Fri Jul 27, 2018 2:54
piraku wrote: Thu Jul 26, 2018 19:02
kebutuhan
1. Bisa diajak light to medium offroad, selain pingin dipakai melancong ke tempat wisata berikut dibuat nyasar sama google maps, juga buaat melibas trek offroad di perumahan tempat saya tinggal, disini lucu rumah bagus bagus tapi jalan keriting, tiba tiba aspal, sebelahnya paving block, eh sebelahnya lagi batu batu beserta danau kubangannya, belum lagi polisi bobo yang tajem tajem, lebar engga tinggi iya.
2. Bisa diajak melibas banjirnya bandung saat musim banjir tiba.
3. Memungkinkan dipakai lebih dari 5 tahun, krna saya lebih senang mempertahankan suatu hubungan dibandingkan putus terus cari pasangan baru :big_slap:
4. Kenyamanan, fun to drive, kelapangan bukan poin utama, cukupan aja dan ga harus terkesan lapang krna kadang bawa c24 bapa itu kagok krna lebar banget aura dari dalemnya padahal dari luar ga selebar yg dibayangkan.
5. Perawatan mudah dan murah, jangan kaya mobil si bapa jangan hehe cukup satu aja yg jajanannya lumayan.
6. Bisa dikasih minum pertalite fulltime
Ni dari kriteria no.1 aja udah jelas Terios sih... melancong ke tempat wisata dengan medan berat GC beda 15mm itu signifikan loh.

Nomer 3 apalagi... si duo rusuh teroris udah teruji ketahanannya kuat dipake belasan taun... plus it's literally avanza yang dikasih steroid jadi kriteria no 5 udah pasti si duo teroris rusuh.

Apalagi nomer 4 bukan poin utama ya udah makin jelas lagi.
Kurang lebih mesin dan part mesinnya sama kaya veloz 1.5 kan ya. Kalau masalah bantingan nih, si terirusuh mirip atau lebih parah dari pajero sport gen 1 ya? Krna pernah coba PS pakai sbg supir dan penumpang,. Kalau diajak pelan lumayan ada empuknya tp kalau langsung dihajar misal ada polisi tidur kecil kerasa kebanting. Tp kalau emg mirip mirip sih ga ada masalah. Kalau lebih parah jd pertimbangan.
Kalau masalah jok supir tinggi entah kenapa saya emg seneng posisi tinggi, pas naik di terios jg malah posisi paling rendah yg katanya udh ketinggian masih kurang buat saya. Lebih seneng keliatan kap mesin biar makin pede lewat jalan sempit.
halooo wrote: Fri Jul 27, 2018 1:40
piraku wrote: Thu Jul 26, 2018 19:02 Saya jg butuh saran nih antara Xpander sama All New Terios, mending nanya disini atau bikin topik baru ya?
Satu saran silahkan test drive. Jgn takut dipaksa spk? Mereka punya tujuan cuatomer spk. Customer punya tujuan cari mobil yg terbaik krn mau dipakai dlm waktu lama
Kebetulan tadi pagi saya TD keduanya. Tp malah tetep bingung. Krna sensasi berkendara keduanya mirip mirip aja perasaan saya mah. Sama sama nyetir mobil :e-wall:
Tapi ga bisa nilai bantingan dan kenyamanan suspensi krna test drive nya cuma dijalan mulus ga ada lubang dan aneh aneh krna macet jg jd kurang bisa kenilai masalah bantingan dan suspensi.
Tp xpander kebetulan punya temen. Tipe ultimate. Dia beli bulan 4.
Sempet nanya nanya via wa ke sales keduanya. Buat terios R AT ready silver. Kalau xpander ultimate ready silver, merah otr 255. Kalau sport inden minimal 1-2 bln maksimal ga tau deh.

Pertimbangan ambil terios
- takut bantingannya sangat2 ga manusiawi, kalau masih mirip PS gen awal sih ga masalah.
- ban kurang lebar secara desain lebih keliatan cungkring, andai diganti pakai lebar dikit misal 235 pengaruh ke kestabilan atau tarikan ga sih?
- sandaran jok terlihat pendek walaupun secara fungsi ga keliatan ada trouble, entah apa bisa diakalin dikemudian hari dg tambah busa.

Pertimbangan ambil xpander
- desain, selera sih, lebih mirip mobil keluarga bukan mobil buat main main. Apalagi diliat dari samping itu ban kaya yg kekecilan dibanding model body yg kaya fender segede gitu, ditambah punya temen saya pakai body kit gitu bikin makin aneh aja. Tp kata dia kalau beli cash harus tambah bodykit (lho?)
- Sekilas body roll malah lebih kerasa di xpander ya entah kenapa.
- yg ultimate interior terang ga suka, ambil sport tp minus headunit, kamera mundur, tombol stir berkurang. Sensor parkir jg kalau pasang kqtanya hangus garansi.kalau ditambah semua kurangnya itu bakal lebih dari 250 ga ya dari otr 246. Hmm
- baca baca di grup xp, masalah idle up rada horror, kebetulan temen saya kena, tp udh fix, walau kadang masih ada loncat. Dlu katanya bisan sampai ke rpm 3000 skrang masih ada walaupun naiknya paling 500 tp tetep ada hentakannya pas jalan merayap hrus siap pedal rem. Entah kenapa kalau ambil xpander skrang kaya yg dijadiin percobaan ya. Atau krna full baru jadi harus menyesuaikan, atau qc nya abal abal. Insting saya kalau mau ambil xpander kayanya harus mundur 1th lagi biar ketauan semua belangnya. Ambil batch selanjutnya.

Overall cukup nyaman sih ini sipander, kerasa lebih luas kabinnya, headroom paling kerasa. Tp tetep poin utama saya fungsi sesuai kebutuhan bukan nyari nyaman.
Seandainya ambil terios, kaki kakinkatanya sama aja kaya yg lama cuma tambah stabilizer itu? Berarti sisi mesin dan kaki kaki udh terjamin ya kurang lebih?
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by Koddy »

XPander vs ANT?
Jelas lah pilih XPander......
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by patrickstar »

piraku wrote: Thu Jul 26, 2018 19:02 ----- cut -----
kebutuhan
1. Bisa diajak light to medium offroad, selain pingin dipakai melancong ke tempat wisata berikut dibuat nyasar sama google maps, juga buaat melibas trek offroad di perumahan tempat saya tinggal, disini lucu rumah bagus bagus tapi jalan keriting, tiba tiba aspal, sebelahnya paving block, eh sebelahnya lagi batu batu beserta danau kubangannya, belum lagi polisi bobo yang tajem tajem, lebar engga tinggi iya.
2. Bisa diajak melibas banjirnya bandung saat musim banjir tiba.
3. Memungkinkan dipakai lebih dari 5 tahun, krna saya lebih senang mempertahankan suatu hubungan dibandingkan putus terus cari pasangan baru
4. Kenyamanan, fun to drive, kelapangan bukan poin utama, cukupan aja dan ga harus terkesan lapang krna kadang bawa c24 bapa itu kagok krna lebar banget aura dari dalemnya padahal dari luar ga selebar yg dibayangkan.
5. Perawatan mudah dan murah, jangan kaya mobil si bapa jangan hehe cukup satu aja yg jajanannya lumayan.
6. Bisa dikasih minum pertalite fulltime
----- cut -----
Kalo syaratnya om Piranha ini beda dengan TS pertama ( TS pertama saya menyarankan XP ).
Nah kalo syarat yg 1-6 ini ada di Terios semua, kuncinya di no. 4. IMHO.
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by ChZ »

piraku wrote: Fri Jul 27, 2018 6:29
Kurang lebih mesin dan part mesinnya sama kaya veloz 1.5 kan ya. Kalau masalah bantingan nih, si terirusuh mirip atau lebih parah dari pajero sport gen 1 ya? Krna pernah coba PS pakai sbg supir dan penumpang,. Kalau diajak pelan lumayan ada empuknya tp kalau langsung dihajar misal ada polisi tidur kecil kerasa kebanting. Tp kalau emg mirip mirip sih ga ada masalah. Kalau lebih parah jd pertimbangan.
Kalau masalah jok supir tinggi entah kenapa saya emg seneng posisi tinggi, pas naik di terios jg malah posisi paling rendah yg katanya udh ketinggian masih kurang buat saya. Lebih seneng keliatan kap mesin biar makin pede lewat jalan sempit.

Pertimbangan ambil terios
- takut bantingannya sangat2 ga manusiawi, kalau masih mirip PS gen awal sih ga masalah.
- ban kurang lebar secara desain lebih keliatan cungkring, andai diganti pakai lebar dikit misal 235 pengaruh ke kestabilan atau tarikan ga sih?
- sandaran jok terlihat pendek walaupun secara fungsi ga keliatan ada trouble, entah apa bisa diakalin dikemudian hari dg tambah busa.

Pertimbangan ambil xpander
- desain, selera sih, lebih mirip mobil keluarga bukan mobil buat main main. Apalagi diliat dari samping itu ban kaya yg kekecilan dibanding model body yg kaya fender segede gitu, ditambah punya temen saya pakai body kit gitu bikin makin aneh aja. Tp kata dia kalau beli cash harus tambah bodykit (lho?)
- Sekilas body roll malah lebih kerasa di xpander ya entah kenapa.
- yg ultimate interior terang ga suka, ambil sport tp minus headunit, kamera mundur, tombol stir berkurang. Sensor parkir jg kalau pasang kqtanya hangus garansi.kalau ditambah semua kurangnya itu bakal lebih dari 250 ga ya dari otr 246. Hmm
- baca baca di grup xp, masalah idle up rada horror, kebetulan temen saya kena, tp udh fix, walau kadang masih ada loncat. Dlu katanya bisan sampai ke rpm 3000 skrang masih ada walaupun naiknya paling 500 tp tetep ada hentakannya pas jalan merayap hrus siap pedal rem. Entah kenapa kalau ambil xpander skrang kaya yg dijadiin percobaan ya. Atau krna full baru jadi harus menyesuaikan, atau qc nya abal abal. Insting saya kalau mau ambil xpander kayanya harus mundur 1th lagi biar ketauan semua belangnya. Ambil batch selanjutnya.

Overall cukup nyaman sih ini sipander, kerasa lebih luas kabinnya, headroom paling kerasa. Tp tetep poin utama saya fungsi sesuai kebutuhan bukan nyari nyaman.
Seandainya ambil terios, kaki kakinkatanya sama aja kaya yg lama cuma tambah stabilizer itu? Berarti sisi mesin dan kaki kaki udh terjamin ya kurang lebih?
Mesin 2NR sama di tiga elips kekinian Avanza, Yaris, Sienta jd soal perawatan dan sperpart pasti banyak. Esblender justru yang gak punya kesamaan ama lini tiga berlian lainnya.

Klo butt-o-meternya OPJS sih bakal ngerasa Terios lebih enak... :mky_01: OPJS itu bantingannya emang parah banget kayak mobil pikap suspensinya gak ditune ulang buat bodi SUV. yang ANPS malah terlalu empuk jadi goyang.

Terios lama itu pake ban 235 loh... tarikan pasti agak bolot dikit ... ya enaknya basicnya mesin ANT ini respon gas awalnya enak jadi gak bikin berasa boyo amat macem Terios lama. Kestabilan pasti pengaruh apalagi klo buat "main" di medan agak kasar, enak pake yang lebar buat cengkraman lebih. Saya jg ngerasa si ANR/ANT ini terlalu kurus sih bannya... jadi kayak MPV dikasi GC tinggi aja.

Klo esblender ambil cash mesti nambah bodykit si engga... kalo emang gitu berarti akal-akalan seles nakal... Bodyroll iya berasa di esblender padahal GC lebih rendah.

Tp klo ngeliat ke kebutuhan om ya kayaknya emang condong ke ambil Terios, cari yang robust kan berarti klo kesimpulan saya, tp jangan lupa minta diskon yang gede :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by Jupiemx99 »

Om TS (cakdul) kemana nih... :big_bored:
Sudah sampai page 3 blm ada komen.. :big_think:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by michaelgiri93 »

Jangan jangan hit and run, ada beberapa member baru sih yg kaya gitu mainnya om
Bikin post, begitu di comment ilang, muncul pun setelah beberapa hari...
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Serius Butuh Advice Xpander atau All New Terios

Post by piraku »

patrickstar wrote: Fri Jul 27, 2018 15:48 Kalo syaratnya om Piranha ini beda dengan TS pertama ( TS pertama saya menyarankan XP ).
Nah kalo syarat yg 1-6 ini ada di Terios semua, kuncinya di no. 4. IMHO.
Siap om, thanks advice nya. Krna emg belum berkeluarga jadi kalau saya pribadi emg mengidamkan SUV jadi kenyamanan dan fun to drive pasti bukan faktor utama, kalaupun ada jg bonus aja lah. hehe
ChZ wrote: Sat Jul 28, 2018 2:42 Mesin 2NR sama di tiga elips kekinian Avanza, Yaris, Sienta jd soal perawatan dan sperpart pasti banyak. Esblender justru yang gak punya kesamaan ama lini tiga berlian lainnya.

Klo butt-o-meternya OPJS sih bakal ngerasa Terios lebih enak... :mky_01: OPJS itu bantingannya emang parah banget kayak mobil pikap suspensinya gak ditune ulang buat bodi SUV. yang ANPS malah terlalu empuk jadi goyang.

Terios lama itu pake ban 235 loh... tarikan pasti agak bolot dikit ... ya enaknya basicnya mesin ANT ini respon gas awalnya enak jadi gak bikin berasa boyo amat macem Terios lama. Kestabilan pasti pengaruh apalagi klo buat "main" di medan agak kasar, enak pake yang lebar buat cengkraman lebih. Saya jg ngerasa si ANR/ANT ini terlalu kurus sih bannya... jadi kayak MPV dikasi GC tinggi aja.

Klo esblender ambil cash mesti nambah bodykit si engga... kalo emang gitu berarti akal-akalan seles nakal... Bodyroll iya berasa di esblender padahal GC lebih rendah.

Tp klo ngeliat ke kebutuhan om ya kayaknya emang condong ke ambil Terios, cari yang robust kan berarti klo kesimpulan saya, tp jangan lupa minta diskon yang gede :mky_01:
iya nih kayanya fix ambil terios aja, awalnya ragu mau ambil terios krna banyak banget yg ga suka, cenderung ngebully gitu ke duo terirusuh. sempet nanya ke grup sipander jg kesannya hina banget ini mobil. tapi malah sipander yg kesannya banyak masalah ya mulai idle up, shock bocor, pelayanan aftersales yg masih butuh pengingkatan, padahal sebelum duo ini keluar udh fix banget ambil sipander mengingat duo yang lama masih pelit fitur. kalau seandainya pun saya ambil xpander kayanya bakal takut ambil skrang, mending nunggu batch selanjutnya, mungkin udh stabil dan lebih problem free. :big_childish:
terios lama bukannya sama aja 215 ya? kalau yg rush lama emang 235, setau saya sih gitu. niatnya jg ini kalau ambil terios mau dilebarin pake 235 pengaruh ke lebih stabil kah? secara cengkramannya mungkin lebih. krna betul, akibat GC tinggi terus rada nungging, dari belakang cungkring bgt.

kurang lebih sih iya krna ini mobil pertama jadi kasarnya harus tahan sama kondisi saya yg masih belajar dalam perawatan mobil, ga rewel. kasarnya mau dipakai rada kasar pun masih kuat. cuma ada satu yg ganjeeeel banget di ant, ga ada tombol dedicated central lock, jadi kalau berhenti sebentar tekan unlock sekali cuma pintu driver aja yg kebuka, tekan dua kali baru semua pintu kebuka, entah deh kalau bisa ditambah atau engga. krna bakal lebih aman gitu.