Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by iamwewe »

geofreyap wrote: Wed Jul 11, 2018 2:25
iamwewe wrote: Tue Jul 10, 2018 6:03
geofreyap wrote: Tue Jul 10, 2018 4:04 Yaris 2014 brarti blom pakai 2NR + CVT kan ?
Kalau iya, oe prefer bakpau.
:big_smile]
kalo boleh tau emang bedanya signifikan antara 1nz 4at lele ke 2nr cvt om? maksudnya dalam hal top speed, tarikan, irit, dll yang berhubungan dgn perbandingan 2 mesin tranny ini, mengingat bodynya sama gitu2 aja
Oe punya & pakai 1NZ dari 2010 sampai skrg. Tapi bukan Yaris, melainkan sodaranya yg sedan, transmisi manual.
1NZ + manual tranny :
- tarikan low range jambak, tapi lalu flat sampai atas.
- bensin irit ? Nope. Mix driving 9.8 km/l.
- reliable & easy to maintain ? Yup.
- top speed oe ? Entah brp, speedometer mentok soalnya, estimasi ± 205 kph.
- RON 92 ke atas utk bensinnya.

2NR + CVT :
- tarikan low - mid B aja, tapi surprisingly atasnya lumayan.
- irit ? Yes.
- reliable & easy to maintain ? Belum battle proven, tapi so far so good kan ya ?
- top speed ? Belom coba, tp wkt bawa Sienta sempat di 160 & tdk terlalu ngos²an sampai ke 150an.
- bensin minimum 92 deh.

1 catatan, karakter CVT di 2NR ini bukan selera oe, sequential shift nya malah jadi aneh. CVT itu harusnya smooth & flawless, tapi karena di manipulasi seperti ada proses shifting, malah jadi aneh.

Sekian.
Terimagajih.
:big_childish:
mantap.. tq sharingnya om. yah... kalo tarikan jadi downgrade dbanding 1nz tapi dikompensasi dgn lebih irit rasanya ya udah lah ya, mgkn itu tradeoff nya.

kebetulan saya dulu pake 1nz di vios 2004 manual,emang sadis itu wkakakaka. 1nz di yaris 2006 at biasa aja sih. mgkn karena efek bekas dari manual ke matic ya emang kerasa downgrade, jadi gak ngerasain wow factor yaris 1nz at yang diblg jambak dll gt sih.

omong2 sequential shiftnya.... mirip kaya civic turbo or crv turbo gitu jadi nya? walopun cvt, tapi kalo dibejek dia ada kaya seolah torque converter gitu yang bikin RPM turun rasa lagi naik giginya gitu? duh susah jelasinnya bahasanya...........
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by marama »

iamwewe wrote: Wed Jul 11, 2018 2:33
dulu lele FL pertama ganti 1NR itu, tranny masih 4at ato pas ganti 1NR langsung cvt ya om?

oot sdkt
jujurnya saya bingung nih kedepannya toyota id ini bakal bikin mass platform TNGA dan mesin2 dynamic force nya kah di indo? misal. all new yaris next nya nanti pake TNGA + mesin dynamic force. mengingat level corolla aja udah dapet tnga dan mesin baru nya kan. jgn2 smua dagangannya ntar dapet tnga dan mesin baru.
Lele FL pakai mesin NR sdh dipasangkan dengan CVT om (kl g salah th 2015 akhir keatas cirinya velg nya design baru, yg TRD ada beda motif add on depan dan roof spoiler blkgnya jadi wrn hitam kombinasi merah) . CMIIW untuk yaris vios generasi lele ketika facelift mesin jadi NR smua sdh dipasangkan dengan CVT
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by vulvy8858 »

dulu pake Bapao
perna bawa lele
kemaren sebelom ambil BHB mao ambil Joker

bapao = irit, kencang, lincah, fun to drive banget lah. tapi ga nyaman sama sekali.
berisik, gemlodak, kalo uda agak kenceng dia melayang, sempit. bla bla bla.
tapik 160 kpj easy, bensin 1:10 pertalite easy, rawatan bener bener kayak teksy

lele buat fun to drive jauh dibawah bapao, kenyamanan diatas bapao dikit. buat kelegaan kabin, bagasi, model, menang lele.
joker? lebi halus dan lebi lambat lagi dari lele, ga lebi empuk dari lele, tapi jauh lebih irit dari lele.

vote for bapao

dari pengguna BHB
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by Volare »

ChZ wrote: Tue Jul 10, 2018 4:54
alvin23 wrote:
slapnuts wrote: Mon Jul 09, 2018 18:49 Jelas vote for Yaris Lele meskipun cuma G at
Suka heran dengan orang2 yang menyarankan mobil lebih tua (entah belum bisa move on atau bagaimana). Bagaimanapun juga generasi baru adalah penyempurnaan dari sebelumnya meskipun ada beberapa aspek lebih inferior (radius putar, akselerasi).

Beli Yaris Bakpao berarti membeli mobil yang sudah berumur 12 tahun (2006) meskipun ditempel aksesori body kit dan make up menor lainnya, tetap saja basis body dan chasis masih sama yakni yaris jadul 2006.

Kalau ada generasi lebih baru ngapain downgrade ke generasi sebelumnya? Kecuali FL malah sunatan seperti ertiga
secara umum logikanya memang begitu,
tapi kan ada juga kasus khusus


pertanyaanya, anda udah pernah pakai/punya yaris bapao? udah pernah bawa yaris lele?
saya pribadi sebagai yaris user, ngerasa yang gen lele apalagi yang mesin 1nz kurang worth it, kalau yang joker karena fitur safety naik signifikan dan mekanikal berubah masih lebih oke.

Salam
Ya pertanyaannya tinggal : lebih baik, diliat dari standpoint yang mana? Wkwkwkkw.

Kalo dari technical standpoint ya jelas lele secara handling memang lebih baik dibanding bakpao... nyetir luar kota pake lele jauh lebih enak krn bagasi luas, wb panjang... Dan suspensi lebih keras. Walau ya keselnya tetep sih... Lemot dan boros... Wkwkkww... 1:9 itu ga irit loh buat sebuah hatch 1500cc... Sedan 1800cc sya dulu aja 1:10...

Kalo dari practicality standpoint, kemudahan pake di kota, irit bbm, radius putar, kompartemen penyimpanan ya mohon maap aja bakpao jelas kemana mana lebih baik... mesin ditoel aja ngacir, bbm 1:10-11 ga susah... Muter balik se agya paling...

Masalahnya nomer 2 yang biasanya lebih dicari sama orang yang beli city car / hatchback... Kalo mau space harga segitu bisa dapet avanza yang lebih luas... mao handling kenapa ga beli fd seken... Hahaha... Harga udh sama.

Fun fact :

Enggak susah bikin bakpao punya handling yang menyamai lele, toh lele handling nya gak superior banget, biasa aja. Bakpao ganti lowering kit dan kasi strutbar dah tu lele jg lewat...

Tapi bikin lele sepraktis bakpao, yakin mau tuker steering rack ama bakpao? Modip harus beli header dan remap supaya performanya sama kayak bakpao... Itu juga mesin N/A dimodip pasti tambah boros...
Kalau komparasi build quality, kenyamanan, tarikan, antara grand veloz 2016 1.5 AT dengan Lele G 2014 gmn mod..?

Memang lele ini alternatif dari tendensi awal yaitu grand veloz 1.5 AT (160jt juga), yg mana saya ga perlu row ke 3, jd begitu lihat yaris terbaru space nya jauh lebih lega, kepikir apa ambil lele saja daripada veloz
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by iamwewe »

marama wrote: Wed Jul 11, 2018 3:05
iamwewe wrote: Wed Jul 11, 2018 2:33
dulu lele FL pertama ganti 1NR itu, tranny masih 4at ato pas ganti 1NR langsung cvt ya om?

oot sdkt
jujurnya saya bingung nih kedepannya toyota id ini bakal bikin mass platform TNGA dan mesin2 dynamic force nya kah di indo? misal. all new yaris next nya nanti pake TNGA + mesin dynamic force. mengingat level corolla aja udah dapet tnga dan mesin baru nya kan. jgn2 smua dagangannya ntar dapet tnga dan mesin baru.
Lele FL pakai mesin NR sdh dipasangkan dengan CVT om (kl g salah th 2015 akhir keatas cirinya velg nya design baru, yg TRD ada beda motif add on depan dan roof spoiler blkgnya jadi wrn hitam kombinasi merah) . CMIIW untuk yaris vios generasi lele ketika facelift mesin jadi NR smua sdh dipasangkan dengan CVT
berati kalo lele FL udah NR+cvt tapi joker NR+cvt lebih irit, confirm lah ya settingan ecu aja kali ya yang ngaruh
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by Volare »

Thx om2 semua review dan masukan2 nya

Kegalauan ane sebetulnya begini, kriteria:
1) Irit (1:10 mixed bagi ane udah irit karena biasa pake accord yg paling2 mixed itu 1:6)
2) Bisa minum pertalite
3) Body ramping (enak masuk gang2 di jakarta).. lebar s/d 1.7m masih oke, 1.75m dipertimbangkan
4) Bagasi mumpuni, supaya peace of mind kadang bawa barang (bisa masuk barang sepanjang 170cm = oke)
5) Suspensi empuk (Patokan avanza)
6) Fun to drive ga terlalu penting (Patokan avanza)

Soal Ground clearance:
Masalah gasruk ini sebetulnya penting ngga ya, ane gasruk biasa pada kecepatan rendah sehingga asal gasruk ini ngga merusak komponen yg mahal sebetulnya gpp sekali2 gasruk

Soal Radius putar:
Harusnya sih ngga mungkin radius putar lele lebih jelek daripada accord ya? Radius putar accord bagi ane no problem so far

Soal brand:
1) Toyota, karena memang mau beralih ke toyota, makin berumur makin ngga suka suspensi keras dan males jauh2 ke bengkel honda langganan karena ass nya yg bengkel honda deket rumah ancur banget

Alur pikir so far:
1) Awalnya galau calya almost new atau veloz agak tua 2013 --> jadinya decide mending tambah budget ke grand veloz 2016 di 160jt
2) Pas mau test drive, kebetulan lihat new yaris (joker sih tp bagasi lele sama)--> ternyata bagasinya lega.. karena tidak perlu row 3 jadi mikir apa yaris aja
3) Browsing2 ternyata yaris new harga cukup menarik di 160jt (dapat 2014, tapi versi lele bukan joker).. Baca2 review ternyata ga sebagus bakpau --> jadi galau lagi
4) Ketika memikirkan lele, kepikir kalo gitu apa ga sekalian new vios G 1.5 A/T aja (barunya lebih mahal tp seken nya lebih jatuh).. Tapi kayanya gugur di ground clearance yg rendah banget (133-140cm)..
5) Ketika memikirkan kalau sedan ok, apa ga mending beli civic FD1 lagi aja.. Bini kangen ama ni mobil (pernah punya).. Tapi masalahnya suspensi keras, merk honda, dan blm yakin apa mau sedan.. Plus konsumsi bbm civic tentu lebih boros.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by Pboyz97 »

Kalau diantara 2 itu dan ga terlalu butuh bagasi vote for bakpau, karena tempat penyimpanan lebih baik daripada lele dan radius putarnya ga segede lele. Kalau mau sedan lagi, mending altis aja, bantingan lebih empuk dan lebih nyaman dibanding civic kalau memang dipake buat keluarga
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by andyez86 »

kembali ke kebutuhan om mnrt saya...pernah pegang 2 2 nya dan saya klo disuruh milih tutup mata pilih yang bakpao..hahhaa
dnehemia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Wed Oct 19, 2016 9:09

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by dnehemia »

Volare wrote: Wed Jul 11, 2018 4:21 Thx om2 semua review dan masukan2 nya

Kegalauan ane sebetulnya begini, kriteria:
1) Irit (1:10 mixed bagi ane udah irit karena biasa pake accord yg paling2 mixed itu 1:6)
2) Bisa minum pertalite
3) Body ramping (enak masuk gang2 di jakarta).. lebar s/d 1.7m masih oke, 1.75m dipertimbangkan
4) Bagasi mumpuni, supaya peace of mind kadang bawa barang (bisa masuk barang sepanjang 170cm = oke)
5) Suspensi empuk (Patokan avanza)
6) Fun to drive ga terlalu penting (Patokan avanza)

Soal Ground clearance:
Masalah gasruk ini sebetulnya penting ngga ya, ane gasruk biasa pada kecepatan rendah sehingga asal gasruk ini ngga merusak komponen yg mahal sebetulnya gpp sekali2 gasruk

Soal Radius putar:
Harusnya sih ngga mungkin radius putar lele lebih jelek daripada accord ya? Radius putar accord bagi ane no problem so far

Soal brand:
1) Toyota, karena memang mau beralih ke toyota, makin berumur makin ngga suka suspensi keras dan males jauh2 ke bengkel honda langganan karena ass nya yg bengkel honda deket rumah ancur banget

Alur pikir so far:
1) Awalnya galau calya almost new atau veloz agak tua 2013 --> jadinya decide mending tambah budget ke grand veloz 2016 di 160jt
2) Pas mau test drive, kebetulan lihat new yaris (joker sih tp bagasi lele sama)--> ternyata bagasinya lega.. karena tidak perlu row 3 jadi mikir apa yaris aja
3) Browsing2 ternyata yaris new harga cukup menarik di 160jt (dapat 2014, tapi versi lele bukan joker).. Baca2 review ternyata ga sebagus bakpau --> jadi galau lagi
4) Ketika memikirkan lele, kepikir kalo gitu apa ga sekalian new vios G 1.5 A/T aja (barunya lebih mahal tp seken nya lebih jatuh).. Tapi kayanya gugur di ground clearance yg rendah banget (133-140cm)..
5) Ketika memikirkan kalau sedan ok, apa ga mending beli civic FD1 lagi aja.. Bini kangen ama ni mobil (pernah punya).. Tapi masalahnya suspensi keras, merk honda, dan blm yakin apa mau sedan.. Plus konsumsi bbm civic tentu lebih boros.
Saya punya alternatif Om.
Kalo boleh saya simpulkan, Butuh yg irit, brand selain honda, bagasi lega, body jangan lebar biar muat masuk gang, gc agak tinggi, krn ada FD1 berarti masih butuh yg fun to drive.

Bisa dipertimbangkan new baleno hatchback aja om ambil kredit dp besar dan cicilan kecil. semua nya masuk tuh... mobil nya ringkas, irit, gc ok, fun to drive better than avanza dan bengkel nya pasti ada ditempat om.
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by Volare »

Thx gan masukannya

Kebetulan tadi sudah lihat2 kandidat dan kayanya paling suka sama new vios th 2013

Tapi td adanya unit yang tipe E, browsing2 susah juga cari info perbedaan tipe E dan tipe G

Harga lumayan murah juga untuk all new vios tipe E th 2013 buka di 130jt, jok sudah dibalut
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by kunaskun »

iamwewe wrote: Wed Jul 11, 2018 2:33
dulu lele FL pertama ganti 1NR itu, tranny masih 4at ato pas ganti 1NR langsung cvt ya om?
saya baru sadar ternyata langsung CVT ketika pindah ke 2NR (koreksi bukan 1NR). dan di FL terakhir tsb hasil test memang beda.

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02 ... e=all#!%2F

https://otomania.gridoto.com/read/03239 ... e=all#!%2F
oot sdkt
jujurnya saya bingung nih kedepannya toyota id ini bakal bikin mass platform TNGA dan mesin2 dynamic force nya kah di indo? misal. all new yaris next nya nanti pake TNGA + mesin dynamic force. mengingat level corolla aja udah dapet tnga dan mesin baru nya kan. jgn2 smua dagangannya ntar dapet tnga dan mesin baru.
mesin dynamic force itu hanya impian semata saja. lah mesin 2NR aja bisa diacak2 toyota indo sampe segitu banyak varian. sudah beruntunglah indonesia tetiba dapet dual vvt-i atau enjin sekelas 2GD atau throttle-less enjin seperti 1AZ-FSE di NAV1. :mky_08:

harapan masih ada di camry 2018 nanti itupun tebakan saya masih di 2AR-FE... btw TNGA terkecil kayanya masih di C-HR dan altis, less likely dikecilin lagi sampe jadi seukuran yaris. karena auris (altis hatchback) saja ukuran sudah di 4,369 meter.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by kunaskun »

Volare wrote: Thu Jul 12, 2018 10:01 Thx gan masukannya

Kebetulan tadi sudah lihat2 kandidat dan kayanya paling suka sama new vios th 2013

Tapi td adanya unit yang tipe E, browsing2 susah juga cari info perbedaan tipe E dan tipe G

Harga lumayan murah juga untuk all new vios tipe E th 2013 buka di 130jt, jok sudah dibalut
yang saya paling ga suka dari vios jaman tsb adalah kelewatan miripnya dengan limo. asal betah sebelahan dengan taxi yang kelewatan miripnya its still good deal.

soal model mendingan type G, banyak banget bedanya seingat saya.
Volare
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Tue Apr 15, 2014 16:41

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by Volare »

kunaskun wrote: Thu Jul 12, 2018 10:16
Volare wrote: Thu Jul 12, 2018 10:01 Thx gan masukannya

Kebetulan tadi sudah lihat2 kandidat dan kayanya paling suka sama new vios th 2013

Tapi td adanya unit yang tipe E, browsing2 susah juga cari info perbedaan tipe E dan tipe G

Harga lumayan murah juga untuk all new vios tipe E th 2013 buka di 130jt, jok sudah dibalut
yang saya paling ga suka dari vios jaman tsb adalah kelewatan miripnya dengan limo. asal betah sebelahan dengan taxi yang kelewatan miripnya its still good deal.

soal model mendingan type G, banyak banget bedanya seingat saya.
Oo iya soal taxi saya ngga pusing sih hehe.. Toh alphard dan e class W212 pun juga banyak yg jadi taxi :)

Malah saya cenderung suka mobil yang dipilih jadi taxi artinya mobil badak, cocok lah untuk beater :)

Ada brosurnya gan? atau bisa diarahkan ke link yg merinci perbedaannya? Agak susah carinya hehe kurang populer ini mobil
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Yaris Bakpau S Limited 2011 atau New Yaris G 2014

Post by iamwewe »

kunaskun wrote: Thu Jul 12, 2018 10:13
iamwewe wrote: Wed Jul 11, 2018 2:33
dulu lele FL pertama ganti 1NR itu, tranny masih 4at ato pas ganti 1NR langsung cvt ya om?
saya baru sadar ternyata langsung CVT ketika pindah ke 2NR (koreksi bukan 1NR). dan di FL terakhir tsb hasil test memang beda.

https://otomotifnet.gridoto.com/read/02 ... e=all#!%2F

https://otomania.gridoto.com/read/03239 ... e=all#!%2F
oot sdkt
jujurnya saya bingung nih kedepannya toyota id ini bakal bikin mass platform TNGA dan mesin2 dynamic force nya kah di indo? misal. all new yaris next nya nanti pake TNGA + mesin dynamic force. mengingat level corolla aja udah dapet tnga dan mesin baru nya kan. jgn2 smua dagangannya ntar dapet tnga dan mesin baru.
mesin dynamic force itu hanya impian semata saja. lah mesin 2NR aja bisa diacak2 toyota indo sampe segitu banyak varian. sudah beruntunglah indonesia tetiba dapet dual vvt-i atau enjin sekelas 2GD atau throttle-less enjin seperti 1AZ-FSE di NAV1. :mky_08:

harapan masih ada di camry 2018 nanti itupun tebakan saya masih di 2AR-FE... btw TNGA terkecil kayanya masih di C-HR dan altis, less likely dikecilin lagi sampe jadi seukuran yaris. karena auris (altis hatchback) saja ukuran sudah di 4,369 meter.
Eh iya kok jadi 1nr :big_slap:

Wkwkwkwk udh hoki ya dpt turunan dual vvti ke produk2 lowend toyota id skr ya. Sy inget dulu awal di camry aja ya tam. Ya mikirnya kalo kita beli yg model yaris or vios gitu ehhhh ke dpn pake tnga platform plus diubah jadi dynamic force mesin kan nyesek bgt.

Walo mikir toyota id ud invest byk banget sih utk mesin 2nr ini. Masa iya sih masa bakti nih mesin gitu singkat.