seputar coilover

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

seputar coilover

Post by Sandaljepit »

saran dong gan , mau mendekin mobil pake coilover , rencana nya sih

tp denger2 kok coil , keras banget ya , katanya sih nyiksa ya , padahal uda ada setingan bump nya ...

mohon petunjuk master2 disini , makasih ...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: seputar coilover

Post by sintoni »

Hmm.

Coilover sih rata2 pasti lebih keras dari kombinasi per + shock standardbiarpun sudah di setting yang paling empuk, secara mereka pasti lebih ceper sama orientasi ke performance.
larakifulgura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
Location: semarang

Re: seputar coilover

Post by larakifulgura »

Sandaljepit wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 7:10 saran dong gan , mau mendekin mobil pake coilover , rencana nya sih

tp denger2 kok coil , keras banget ya , katanya sih nyiksa ya , padahal uda ada setingan bump nya ...

mohon petunjuk master2 disini , makasih ...
Mungkin tdk bisa digeneralisir. Ada temen pny Benz CLA ganti coilover jd jauh lebih empuk πŸ‘Œ
2017 Toyota Camry 2.5V
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2589
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: seputar coilover

Post by farizfsa »

balik lg ke spec coilover nya sih

tujuan coilover kan performance, jd kalo cr bener2 comfort gampang2 susah.

di beberapa mobil bisa jadi lebih nyaman, tp di beberapa mbl jd lebih keras.

kalo ga salah ada yg pake di grandis jd lebih nyaman, nyaman ya bukan lebih empuk karena kadang ke empuk an ga nyaman jg.

di cla atau a class jd nyaman, karena std nya kaya batu.

sy sendiri pake, satu merek bc racing, satu merek D2.

coilover ini buat sy kurang enaknya kalo di gundukan kecil atau kena speedtrap gt aja sih.

cuma kalo udah diajak meliuk2 gt sih enak
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Padang, West Sumatera
Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300

Re: seputar coilover

Post by 808BB »

Sandaljepit wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 7:10 saran dong gan , mau mendekin mobil pake coilover , rencana nya sih

tp denger2 kok coil , keras banget ya , katanya sih nyiksa ya , padahal uda ada setingan bump nya ...

mohon petunjuk master2 disini , makasih ...
Tergantung coilover merek apa dan tipe nya apa terus dipasang di mobil apa.
Sudah pernah pakai 3 brand coilover di 3 mobil berbeda. Hasil nya beda beda.

Bc v1 di GE8 terasa lebih stiff dibanding standar nya

Kw street comfort di slk lebih nyaman dibanding standarnya. Mungkin bisa lebih empuk kalo pake wheels standar.

Tanabe NF di cx5. Sofar ini coilover paling nyaman. Tapi dia ga ada setting lembut keras nya, jadi fix dari pabrikan.
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: seputar coilover

Post by lemonadelovers »

Pengalaman saya sih iya, pakai BC coilover d odyssey RB, enakan pakai per ceper Tein
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: seputar coilover

Post by Sandaljepit »

farizfsa wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 7:45 balik lg ke spec coilover nya sih

tujuan coilover kan performance, jd kalo cr bener2 comfort gampang2 susah.

di beberapa mobil bisa jadi lebih nyaman, tp di beberapa mbl jd lebih keras.
kalo ga salah ada yg pake di grandis jd lebih nyaman, nyaman ya bukan lebih empuk karena kadang ke empuk an ga nyaman jg.
di cla atau a class jd nyaman, karena std nya kaya batu.
sy sendiri pake, satu merek bc racing, satu merek D2.
coilover ini buat sy kurang enaknya kalo di gundukan kecil atau kena speedtrap gt aja sih.
cuma kalo udah diajak meliuk2 gt sih enak
Nah di temenku e400 pake BC , bisa empuk , pake velg r20 , ban agak celup , katanya dia sih , semua merci klo di coilover pasti empuk , nah kan bingung hahaha ...
808BB wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 8:48
Sandaljepit wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 7:10 saran dong gan , mau mendekin mobil pake coilover , rencana nya sih
tp denger2 kok coil , keras banget ya , katanya sih nyiksa ya , padahal uda ada setingan bump nya ...
mohon petunjuk master2 disini , makasih ...
Tergantung coilover merek apa dan tipe nya apa terus dipasang di mobil apa.
Sudah pernah pakai 3 brand coilover di 3 mobil berbeda. Hasil nya beda beda.
Bc v1 di GE8 terasa lebih stiff dibanding standar nya
Kw street comfort di slk lebih nyaman dibanding standarnya. Mungkin bisa lebih empuk kalo pake wheels standar.
Tanabe NF di cx5. Sofar ini coilover paling nyaman. Tapi dia ga ada setting lembut keras nya, jadi fix dari pabrikan.
Nah ini yg bingung , beda mobil , beda hasil , klo uda dipasang , dianggap beli dah , cocok ga cocok , makan tuh hahahaa ...
klo pake spring susah , pingin mendekin ga bisa sesuai selera
apakah mungkin di mobil eropa lebi empuk , mungkin dia lebi berat ...atau apa
saya liat comment2 disini cenderung eropa lebi empuk ya ....
Last edited by Sandaljepit on Mon Jun 04, 2018 9:14, edited 1 time in total.
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Padang, West Sumatera
Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300

Re: seputar coilover

Post by 808BB »

Sandaljepit wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 9:05 apakah mungkin di mobil eropa lebi empuk , mungkin dia lebi berat ...atau apa
Tergantung tipe coilover nya. Ada yang eropa pakai coilover untuk track spec makin keras
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: seputar coilover

Post by Sandaljepit »

808BB wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 9:11
Sandaljepit wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 9:05 apakah mungkin di mobil eropa lebi empuk , mungkin dia lebi berat ...atau apa
Tergantung tipe coilover nya. Ada yang eropa pakai coilover untuk track spec makin keras
klo merek BC , yg tipe apa gan yg empuk ? alias nyaman
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: seputar coilover

Post by paidjho »

Sandaljepit wrote:
808BB wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 9:11
Sandaljepit wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 9:05 apakah mungkin di mobil eropa lebi empuk , mungkin dia lebi berat ...atau apa
Tergantung tipe coilover nya. Ada yang eropa pakai coilover untuk track spec makin keras
klo merek BC , yg tipe apa gan yg empuk ? alias nyaman
Pertama, Tergantung spring rate nya Om....
Kompare ke standard bagaimana? Bisa dihitung kok, referensinya banyak...

Kedua, tergantung valving (otaknya shock breaker) nya dan pressure gas/nitrogen nya. Damping & compression pressure nya bisa berbeda2.
User avatar
B064RT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:53
Location: Bandung
Daily Vehicle: Escape

Re: seputar coilover

Post by B064RT »

paidjho wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 11:21
Sandaljepit wrote:
808BB wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 9:11

Tergantung tipe coilover nya. Ada yang eropa pakai coilover untuk track spec makin keras
klo merek BC , yg tipe apa gan yg empuk ? alias nyaman
Pertama, Tergantung spring rate nya Om....
Kompare ke standard bagaimana? Bisa dihitung kok, referensinya banyak...

Kedua, tergantung valving (otaknya shock breaker) nya dan pressure gas/nitrogen nya. Damping & compression pressure nya bisa berbeda2.
mastah...... :emo-flowerforyou:
nyimak dulu...
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: seputar coilover

Post by Sandaljepit »

paidjho wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 11:21
Sandaljepit wrote:
808BB wrote: ↑Mon Jun 04, 2018 9:11

Tergantung tipe coilover nya. Ada yang eropa pakai coilover untuk track spec makin keras
klo merek BC , yg tipe apa gan yg empuk ? alias nyaman
Pertama, Tergantung spring rate nya Om....
Kompare ke standard bagaimana? Bisa dihitung kok, referensinya banyak...

Kedua, tergantung valving (otaknya shock breaker) nya dan pressure gas/nitrogen nya. Damping & compression pressure nya bisa berbeda2.
mantep nih om , makasi om infonya
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: seputar coilover

Post by evolution21 »

ane pengalaman pake 2 merk
GAP di grandis
plusnya stabil banget, setingan dari 0 - 32 bener2 berasa sekali dr empuk - sedang - keras - keras glodakan amit2 hehehe
minusnya jarak travel pendek, gampang mentok stoppper kalo ketemu jalanan yg ancur. Kalo ground clearance aman, ga pernah mentok
saya cuman pake setingan 6 klik aja, karena kejar nyaman, stabilnya juga dah lumayan dapet. pernah 12 klik keluarga dah komplen ga bisa tidur, apalagi diatas 18 klik... hadeh... ampun de kerasnya, meski diakui kalo jalan di tol jadi super stabil hehehe
ketinggian bisa stel tinggi rendahnya, electronic conttroller di luar negri tersedia, tp setau saya kalo mau pesen khusus agak susah skarang lg kena larangan impor kata pedagangnya

Tein street advance di cx5
plusnya, setingan bisa dari 0 -32 , ini coil cenderung empuk.. utk harian 12klik, dibawah itu malah sampe terlalu ngayun keempukan, kalo di tol ane naikin sampe 22 klik baru stabil... itupun di pake daily masih ga nyiksa, kalo di merk GAP 22 klik mah dah kerasnya ampun2 (nyiksa). jarak travel di tein berkurang tp ga sependek gap, better utk jalanan rusak.
electronic contrrollernya ada 2 macam, yg versi edfc active paling bagus kareng bisa otomatis ngerasin dan empukin sesuai kondisi nyetirnya
minusnya, kalah sporty dibanding gap.
ketinggian bisa stel juga tinggi rendahnya
kalo bingung sebenernya empuk itu empuknya segimana sih? ya t32 crv, bmw x1 dan tiguan di set comfort semua kalah empuknya. Tp ingat ya ada kompensasi dr travel per yg lebih pendek. Saya dirumah punya t32 dan new tiguan soalnya

selama jalanan yg dipake halus atau bergelombang / berlubang tp kecil2 ya lebih enak coilover, tp kalo jalanannya rusak wah jangan deh

utk penampilan saya ga terlalu perhatikan, meski mobil jadi agak pendek sedikit sebetulnya bikin penampilan memang jd sedikit lebih keren.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: seputar coilover

Post by sintoni »

evolution21 wrote: ↑Tue Jun 05, 2018 5:50 ane pengalaman pake 2 merk
GAP di grandis
plusnya stabil banget, setingan dari 0 - 32 bener2 berasa sekali dr empuk - sedang - keras - keras glodakan amit2 hehehe
minusnya jarak travel pendek, gampang mentok stoppper kalo ketemu jalanan yg ancur. Kalo ground clearance aman, ga pernah mentok
saya cuman pake setingan 6 klik aja, karena kejar nyaman, stabilnya juga dah lumayan dapet. pernah 12 klik keluarga dah komplen ga bisa tidur, apalagi diatas 18 klik... hadeh... ampun de kerasnya, meski diakui kalo jalan di tol jadi super stabil hehehe
ketinggian bisa stel tinggi rendahnya, electronic conttroller di luar negri tersedia, tp setau saya kalo mau pesen khusus agak susah skarang lg kena larangan impor kata pedagangnya

Tein street advance di cx5
plusnya, setingan bisa dari 0 -32 , ini coil cenderung empuk.. utk harian 12klik, dibawah itu malah sampe terlalu ngayun keempukan, kalo di tol ane naikin sampe 22 klik baru stabil... itupun di pake daily masih ga nyiksa, kalo di merk GAP 22 klik mah dah kerasnya ampun2 (nyiksa). jarak travel di tein berkurang tp ga sependek gap, better utk jalanan rusak.
electronic contrrollernya ada 2 macam, yg versi edfc active paling bagus kareng bisa otomatis ngerasin dan empukin sesuai kondisi nyetirnya
minusnya, kalah sporty dibanding gap.
ketinggian bisa stel juga tinggi rendahnya
kalo bingung sebenernya empuk itu empuknya segimana sih? ya t32 crv, bmw x1 dan tiguan di set comfort semua kalah empuknya. Tp ingat ya ada kompensasi dr travel per yg lebih pendek. Saya dirumah punya t32 dan new tiguan soalnya

selama jalanan yg dipake halus atau bergelombang / berlubang tp kecil2 ya lebih enak coilover, tp kalo jalanannya rusak wah jangan deh

utk penampilan saya ga terlalu perhatikan, meski mobil jadi agak pendek sedikit sebetulnya bikin penampilan memang jd sedikit lebih keren.
Maksunya GAB ya om?

Kalo iya ane sempet pake juga kemaren pas di LCGC ane, bilangnya 1 pabrikan sama BC, tapi harga beda jauh.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: seputar coilover

Post by evolution21 »

ups sori ya betul GAB, kalo ga salah GAB udah pabrikan malaysia, meski lisensi UK
cmiiw
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: seputar coilover

Post by sintoni »

evolution21 wrote: ↑Tue Jun 05, 2018 6:25 ups sori ya betul GAB, kalo ga salah GAB udah pabrikan malaysia, meski lisensi UK
cmiiw
Dulu ane diomong pabrikan Taiwan om, mirip kayak BC. Hahahaha.

Tapi sudah 5 taun lalu yah.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2589
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: seputar coilover

Post by farizfsa »

kalo mau dan ngerti spring rate yg di inginkan biasanya merek besar bisa sediain spesifik

kalo setting coilover sebenernya mungkin harus org yg ngerti ya.. tp karena ini dipake dalkot aja dan pgn mbl jd ceper, ya sy settingnya hampir paling empuk (ga mentok) dan setinggan tinggi hampir paling rendah (ga mentok juga).

Travel suspensi jadi pendek sekali kl di mbl ane. sering nge gantung jadinya kalo ada jalan masuk miring2, untung nya ada traction control jd masih bisa naik meski ban gantung.

untuk bc kalo shock nya udah lemah, dia bisa beli cartridge shock nya aja, kurang lebih 2 juta kalo ga salah sepasang. kl di mbl ane jd lebih murah drpd ori nya.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Mamen009
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Jan 24, 2018 5:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2000 Mitsubishi Galant ST MT

Re: seputar coilover

Post by Mamen009 »

ada yg udah pernah pake "coilover" universal? yg warnanya merah2 gitu, belakangan lagi rame di FB.

gimana reviewnya? harga sangat menggoda soalnya :mky_01:
Sandaljepit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Wed Jan 17, 2018 4:03
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Honda

Re: seputar coilover

Post by Sandaljepit »

farizfsa wrote: ↑Tue Jun 05, 2018 7:17 kalo mau dan ngerti spring rate yg di inginkan biasanya merek besar bisa sediain spesifik

kalo setting coilover sebenernya mungkin harus org yg ngerti ya.. tp karena ini dipake dalkot aja dan pgn mbl jd ceper, ya sy settingnya hampir paling empuk (ga mentok) dan setinggan tinggi hampir paling rendah (ga mentok juga).

Travel suspensi jadi pendek sekali kl di mbl ane. sering nge gantung jadinya kalo ada jalan masuk miring2, untung nya ada traction control jd masih bisa naik meski ban gantung.

untuk bc kalo shock nya udah lemah, dia bisa beli cartridge shock nya aja, kurang lebih 2 juta kalo ga salah sepasang. kl di mbl ane jd lebih murah drpd ori nya.
klo bawaan spring keras yg di coilover , apakah diganti per empuk bisa om ? saya sedikit awam , masalah coilover
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2589
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: seputar coilover

Post by farizfsa »

Mamen009 wrote: ↑Wed Jun 06, 2018 9:18 ada yg udah pernah pake "coilover" universal? yg warnanya merah2 gitu, belakangan lagi rame di FB.

gimana reviewnya? harga sangat menggoda soalnya :mky_01:
haha gatau om, kalo cuma dr shock biasa ubah coilover sih emang banyak yg bisa

tp hasil nya gatau deh.. secara rnd nya pasti minimum dan itu barang universal begitu
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2589
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: seputar coilover

Post by farizfsa »

Sandaljepit wrote: ↑Wed Jun 06, 2018 16:43
farizfsa wrote: ↑Tue Jun 05, 2018 7:17 kalo mau dan ngerti spring rate yg di inginkan biasanya merek besar bisa sediain spesifik

kalo setting coilover sebenernya mungkin harus org yg ngerti ya.. tp karena ini dipake dalkot aja dan pgn mbl jd ceper, ya sy settingnya hampir paling empuk (ga mentok) dan setinggan tinggi hampir paling rendah (ga mentok juga).

Travel suspensi jadi pendek sekali kl di mbl ane. sering nge gantung jadinya kalo ada jalan masuk miring2, untung nya ada traction control jd masih bisa naik meski ban gantung.

untuk bc kalo shock nya udah lemah, dia bisa beli cartridge shock nya aja, kurang lebih 2 juta kalo ga salah sepasang. kl di mbl ane jd lebih murah drpd ori nya.
klo bawaan spring keras yg di coilover , apakah diganti per empuk bisa om ? saya sedikit awam , masalah coilover
ga semudah itu, per empuk atau ga ya balik lg ke spring rate dan tipe per apakah progressive atau ga. kalo macem custom per kan based on feeling not data.

ya itu yg sy blg kalo mau empukan ya order ke pabrikan coilover sesuai spring rate yg di inginkan, plus setting coilover nya ke klik empuk.

cuma ya kalo mau beneran empuk dalam artian ngayun jgn pake coilover sih imho
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
feri307
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: seputar coilover

Post by feri307 »

Numpang nanya. Kalo pake coilover di mobil yang gak ada setelan camber-nya, jatuhnya semua ban negative camber-nya nambah ya? Katanya karena tinggi suspensinya turun, jadi negative camber ikutan membesar untuk mengompensasi penurunan suspensinya. Khawatir aja, ban jadi gak rata lagi "makan"-nya karena cambernya terlalu negatif.
similikiti
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Feb 04, 2017 7:07

Re: seputar coilover

Post by similikiti »

feri307 wrote: ↑Sun Sep 02, 2018 9:43 Numpang nanya. Kalo pake coilover di mobil yang gak ada setelan camber-nya, jatuhnya semua ban negative camber-nya nambah ya? Katanya karena tinggi suspensinya turun, jadi negative camber ikutan membesar untuk mengompensasi penurunan suspensinya. Khawatir aja, ban jadi gak rata lagi "makan"-nya karena cambernya terlalu negatif.
Bener gan, kalo tukang spooring langganan saya nyebutnya β€œauto camber”. Kalo kita perhatiin posisi suspensi itu pas keteken (terkompresi), dia akan agak miring ke dalem bagian atasnya (negatif camber), nah kl ganti spring/coilover yg lebih pendek, otomatis cambernya makin negatif, begitu jg sebaliknya kalo mobil ditinggiin, cambernya akan mendekati positif.
Perhatiin kl pas agan cuci mobil dan diangkat mobilnya, si ban pas ngambay itu cambernya cenderung positif. Jd seakan2 udh ada sudut bawaan pabriknya utk posisi ketinggian tertentu gitu utk camber standarnya.
Kalopun kita pasang camber kit custom, kemiringan camber ini ttp ada klo suspensi terkompresi, bedanya kita bisa tentuin di ketinggian yg baru (ceper), kemiringan standarnya bisa lbh mendekati nol.

Kl dr yg saya baca2 (CMIIW), yg makan ban ini efek paling besar bkn dr camber, tp lbh besar pengaruhnya dr settingan toe nya. Kl toe-nya belok atau ga imbang kanan kiri, ban bakal lbh cepet abisnya.
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: seputar coilover

Post by 12punch »

mau nanya dong, kalo pake shockbreaker standard kan pemakaian 4-5 tahun lama2 shocknya bisa lemah dan harus ganti
nah kalo shockbreakernya coilover ini gmn ya? apakah 4-5 tahun lama2 dia akan lemah ? lalu kalau sudah lemah digantinya dengana beli coilover baru lg kah? atau ada sparepart shocknya? atau bisa di servis saja?

lumayan bgt kalo 4-5 tahun musti kuar 15 juta lagi
" In times of crisis, we stand united! β€œ
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017