Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ZellDincht
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jun 20, 2017 22:25
Location: Bogor
Daily Vehicle: City

Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ZellDincht »

:mky_02: HALO SEMUA SM MANIA :mky_02:

Mau mencari pencerahan ni, semua readers.
Langsung To The Point, sesuai Judul.

Honda Civic FB vs City GM6
Mau ambil seken, better yang mana ya?. :mky_04:
Saya tau itu beda segment, gk apple to apple, tapi mengingat harga seken nya yang mirip2 dan juga mengingat civic FB ini yang "katanya" downspec dan less sporty dari FD, membuat saya bingung. Sejujurnya kalau soal design dashboard, civic FB juara. :mky_01:

Jadi yang menjadi parameter adalah:
1.Value for money.
2.Kenyamanan suspensi (makin empuk makin bagus buat jalan berlobang).
3.Cabin space, Rear Legroom, dan Rear seat angle (kerebahan senderan bangku belakang).
4.Kesenyapan kabin (road noise & rattling interior).
5.Build Quality (plastic interior mudah baret, finnishing body luar mudah gores, rattling).

Thankyu yang sebesar-besarnya bagi yang memberi masukan :mky_08:

*FYI sekarang saya pake City GM2, sebelumnya pake Altis 2010
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by Pugman »

Pertamax diamankan.
:big_grin:
Kalau ga mikirin harga Part seh tetap pilih Civic lah.. Pakai teori Apapun, namanya mobil harganya lebih mahal (saat baru) pasti rata2 harga part juga lebih mahal termasuk pajak dan Gimanapun bakal lebih enak dan lebih lega Civic juga.
ZellDincht
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jun 20, 2017 22:25
Location: Bogor
Daily Vehicle: City

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ZellDincht »

Pugman wrote: Sun Jan 07, 2018 0:44 Pertamax diamankan.
:big_grin:
Kalau ga mikirin harga Part seh tetap pilih Civic lah.. Pakai teori Apapun, namanya mobil harganya lebih mahal (saat baru) pasti rata2 harga part juga lebih mahal termasuk pajak dan Gimanapun bakal lebih enak dan lebih lega Civic juga.
Masalah softtouch interior bagaimana?.
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by adrevolution »

Eh? Harga secondnya dah mirip2 ya civic fb sama city gm6? :big_chicken:
Asumsi unitnya bagus, vote civic aja deh. Sedan beneran. Sehina2nya civic masih lbh enak lah dibanding city. City kan basically jazz dikasih buntut, jd kalau saya sendiri sih mending jazz sekalian drpd city kalau mau ahond kelas cenggo.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by geofreyap »

Better civic dong.
Kaki² independent.
Driving agility juga masih kaya FD.
City mah sedan²an.
:)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by Kent »

Saya pengguna Civic FB3.
Bantu jawab.

1.Value for money.
Menurut sy sgt value, irit sekali.

2.Kenyamanan suspensi (makin empuk makin bagus buat jalan berlobang).
Civic ini Typical Honda, tdk empuk bgt. Tp civic suspensi nya jauh better di banding H shape dan torsion beam.
Lalu civic FB ini tinggi bgt untuk ukuran honda, gk nyangkut di polisi tidur dan jalan jelek.
GC nya 155mm.
Kebetulan jg ada jazz (selalu gasruk), kyknya sekitar 140mm (beda 10mm berasa.

3.Cabin space, Rear Legroom, dan Rear seat angle (kerebahan senderan bangku belakang).
Klo ini sudah tidak perlu di compare, pzt besar dan tebal civic.
Size mobil nya lbh besar.
Tapi jika sering jalan kampung kecil susah pakai

4.Kesenyapan kabin (road noise & rattling interior).
Civic dibanding Gm6 better civic, tp gk jauh bgt.
Sedangkan civic dgn jazz jauh.
Entah kenapa city itu dibanding jazz sgt refine city. (mungkin kompensasi harga nya yg dahsyat dibanding jazz)

5.Build Quality (plastic interior mudah baret, finnishing body luar mudah gores, rattling).
Interior sama aja. Kelas brio sampe accord mah gk beda.
Punya saya rata2 semua rontok. Hahahaha
Tp untungnya gk rattling, tp pada barer n mengkelupas bagian switch power window.

Klo body y sama aja, tp y civic lbh tebal.
Klo cat sama.


Intinya civic fb ini downside nya dibanding city ada di konsumsi bbm, ukuran mobil lbh besar, pajak lbh mahal (5jutaan), asuransi lbh mahal (6jutaan), MODEL JELEK.
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by Mkresnap »

vote civic, mobil legendaris develpmentnya udah lama harusnya lebih enak sih dibanding city, apalagi harganya lebih mahal
ZellDincht
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jun 20, 2017 22:25
Location: Bogor
Daily Vehicle: City

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ZellDincht »

Pugman wrote: Sun Jan 07, 2018 0:44 Pertamax diamankan.
:big_grin:
Kalau ga mikirin harga Part seh tetap pilih Civic lah.. Pakai teori Apapun, namanya mobil harganya lebih mahal (saat baru) pasti rata2 harga part juga lebih mahal termasuk pajak dan Gimanapun bakal lebih enak dan lebih lega Civic juga.
legroomnya bukanya better gm6 ya?, dan gm6 dashboard ada softtouchnya
adrevolution wrote: Sun Jan 07, 2018 1:37 Eh? Harga secondnya dah mirip2 ya civic fb sama city gm6? :big_chicken:
Asumsi unitnya bagus, vote civic aja deh. Sedan beneran. Sehina2nya civic masih lbh enak lah dibanding city. City kan basically jazz dikasih buntut, jd kalau saya sendiri sih mending jazz sekalian drpd city kalau mau ahond kelas cenggo.
iya fb 2012 seken nya mirip2 gm6 2014 :mky_01:
"enak" dsini tu handlingnya atau suspensi empuk atau NVH nya ya?

geofreyap wrote: Sun Jan 07, 2018 2:30 Better civic dong.
Kaki² independent.
Driving agility juga masih kaya FD.
City mah sedan²an.
:)
ehehe, torsion beam bukany nya banyak yang nyaman juga ya?
ZellDincht
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jun 20, 2017 22:25
Location: Bogor
Daily Vehicle: City

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ZellDincht »

Kent wrote: Sun Jan 07, 2018 3:07 Saya pengguna Civic FB3.
Bantu jawab.

1.Value for money.
Menurut sy sgt value, irit sekali.

2.Kenyamanan suspensi (makin empuk makin bagus buat jalan berlobang).
Civic ini Typical Honda, tdk empuk bgt. Tp civic suspensi nya jauh better di banding H shape dan torsion beam.
Lalu civic FB ini tinggi bgt untuk ukuran honda, gk nyangkut di polisi tidur dan jalan jelek.
GC nya 155mm.
Kebetulan jg ada jazz (selalu gasruk), kyknya sekitar 140mm (beda 10mm berasa.

3.Cabin space, Rear Legroom, dan Rear seat angle (kerebahan senderan bangku belakang).
Klo ini sudah tidak perlu di compare, pzt besar dan tebal civic.
Size mobil nya lbh besar.
Tapi jika sering jalan kampung kecil susah pakai

4.Kesenyapan kabin (road noise & rattling interior).
Civic dibanding Gm6 better civic, tp gk jauh bgt.
Sedangkan civic dgn jazz jauh.
Entah kenapa city itu dibanding jazz sgt refine city. (mungkin kompensasi harga nya yg dahsyat dibanding jazz)

5.Build Quality (plastic interior mudah baret, finnishing body luar mudah gores, rattling).
Interior sama aja. Kelas brio sampe accord mah gk beda.
Punya saya rata2 semua rontok. Hahahaha
Tp untungnya gk rattling, tp pada barer n mengkelupas bagian switch power window.

Klo body y sama aja, tp y civic lbh tebal.
Klo cat sama.


Intinya civic fb ini downside nya dibanding city ada di konsumsi bbm, ukuran mobil lbh besar, pajak lbh mahal (5jutaan), asuransi lbh mahal (6jutaan), MODEL JELEK.
Nah, complete pencerahan ini, mantab bro, :mky_02:
kalau soal MODEL JELEK, itu tergantung selera, justru mnurut ane FB ini selera ane :mky_01:
Kalau soal body bongsor, justru overall size nya gk begitu jauh dibanding City, cuma lebih lebar sedikit dan lebih panjag sedikit. :big_smile]
Pajak ya sudah pasti mengikuti segmentasi.
Suspensi typical Honda?, geladakan? :mky_06:

Nah, kebetulan user langsung, mau tanya, penyakit umum FB apa ya? :big_childish:
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by Kent »

Suspensi gladakan sih gak ya.
keluarga sy mulai pake honda dr 2004 mulai dr city iDSI, sampai sekarang gonta ganti honda.
Malah gk pernah ketemu penyakit kaki2.
Mungkin memang beruntung.

Dan FB ini beli 2013, masih jd kuda tempur tiap hari.
Isi premium jg hajar jalan (pas zaman 2014 shell sentuh 10rb)
Tidak ada yg di ganti sampai sekarang, kaki2, matic, mesin, semua msh standard service Honda.
Tp aki aneh nya di civic ini tiap tahun ganti.
Mobil lain rata2 bs 2-3thn.
Km sudah 85rb per hari ini.

Coba tunggu comment dr bro Chz, dy sebelum ganti civic turbo pengguna FB jg.
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by adrevolution »

ZellDincht wrote: Sun Jan 07, 2018 3:26
Pugman wrote: Sun Jan 07, 2018 0:44 Pertamax diamankan.
:big_grin:
Kalau ga mikirin harga Part seh tetap pilih Civic lah.. Pakai teori Apapun, namanya mobil harganya lebih mahal (saat baru) pasti rata2 harga part juga lebih mahal termasuk pajak dan Gimanapun bakal lebih enak dan lebih lega Civic juga.
legroomnya bukanya better gm6 ya?, dan gm6 dashboard ada softtouchnya
adrevolution wrote: Sun Jan 07, 2018 1:37 Eh? Harga secondnya dah mirip2 ya civic fb sama city gm6? :big_chicken:
Asumsi unitnya bagus, vote civic aja deh. Sedan beneran. Sehina2nya civic masih lbh enak lah dibanding city. City kan basically jazz dikasih buntut, jd kalau saya sendiri sih mending jazz sekalian drpd city kalau mau ahond kelas cenggo.
iya fb 2012 seken nya mirip2 gm6 2014 :mky_01:
"enak" dsini tu handlingnya atau suspensi empuk atau NVH nya ya?

geofreyap wrote: Sun Jan 07, 2018 2:30 Better civic dong.
Kaki² independent.
Driving agility juga masih kaya FD.
City mah sedan²an.
:)
ehehe, torsion beam bukany nya banyak yang nyaman juga ya?
Berhubung 2 mobil ini saya cm pernah tes duduk (blm pernah nyetir), enak disini maksudnya nyaman duduknya. Jok civic selalu lbh enak dibanding city di tahun yg sama/deket2. Begitu juga ambiencenya yang lebih enak. Kelas gak bohong sih...
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
ZellDincht
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jun 20, 2017 22:25
Location: Bogor
Daily Vehicle: City

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ZellDincht »

Kent wrote: Sun Jan 07, 2018 5:41 Suspensi gladakan sih gak ya.
keluarga sy mulai pake honda dr 2004 mulai dr city iDSI, sampai sekarang gonta ganti honda.
Malah gk pernah ketemu penyakit kaki2.
Mungkin memang beruntung.

Dan FB ini beli 2013, masih jd kuda tempur tiap hari.
Isi premium jg hajar jalan (pas zaman 2014 shell sentuh 10rb)
Tidak ada yg di ganti sampai sekarang, kaki2, matic, mesin, semua msh standard service Honda.
Tp aki aneh nya di civic ini tiap tahun ganti.
Mobil lain rata2 bs 2-3thn.
Km sudah 85rb per hari ini.

Coba tunggu comment dr bro Chz, dy sebelum ganti civic turbo pengguna FB jg.
bro Kent, civic nya 2.0 smart entry ya?.
dulu waktu saya pake altis smart entry, aki nya emang rada "Ajaib" . apa karena detector smart entry nya itu yg always ON ?

bro CHZ pake 1.8 kn ya. Lah doi udah ganti FC? :big_childish:
ZellDincht
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jun 20, 2017 22:25
Location: Bogor
Daily Vehicle: City

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ZellDincht »

adrevolution wrote: Sun Jan 07, 2018 5:46
Berhubung 2 mobil ini saya cm pernah tes duduk (blm pernah nyetir), enak disini maksudnya nyaman duduknya. Jok civic selalu lbh enak dibanding city di tahun yg sama/deket2. Begitu juga ambiencenya yang lebih enak. Kelas gak bohong sih...
Kelas gk bohong, spertinya kata2 yg mujarab :mky_03:
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by geofreyap »

ZellDincht wrote: Sun Jan 07, 2018 3:26
Pugman wrote: Sun Jan 07, 2018 0:44 Pertamax diamankan.
:big_grin:
Kalau ga mikirin harga Part seh tetap pilih Civic lah.. Pakai teori Apapun, namanya mobil harganya lebih mahal (saat baru) pasti rata2 harga part juga lebih mahal termasuk pajak dan Gimanapun bakal lebih enak dan lebih lega Civic juga.
legroomnya bukanya better gm6 ya?, dan gm6 dashboard ada softtouchnya
adrevolution wrote: Sun Jan 07, 2018 1:37 Eh? Harga secondnya dah mirip2 ya civic fb sama city gm6? :big_chicken:
Asumsi unitnya bagus, vote civic aja deh. Sedan beneran. Sehina2nya civic masih lbh enak lah dibanding city. City kan basically jazz dikasih buntut, jd kalau saya sendiri sih mending jazz sekalian drpd city kalau mau ahond kelas cenggo.
iya fb 2012 seken nya mirip2 gm6 2014 :mky_01:
"enak" dsini tu handlingnya atau suspensi empuk atau NVH nya ya?

geofreyap wrote: Sun Jan 07, 2018 2:30 Better civic dong.
Kaki² independent.
Driving agility juga masih kaya FD.
City mah sedan²an.
:)
ehehe, torsion beam bukany nya banyak yang nyaman juga ya?
Torsion beam atau independent itu bukan hanya masalah nyaman atau ga.
Itu masalah konstruksi / struktur yg berpengaruh ke banyak hal, terutama sisi pengendalian.

Kalo cuma butuh empuk yg hajar lobang enak, tinggal cari spring yg lembek + shock yg rebound nya lambat.

CMIIW
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Senargitar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Fri Dec 11, 2015 12:21

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by Senargitar »

Civic itu kelasnya di atas city.. jadi ya better Civic lah harusnya
journey
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Jan 06, 2018 9:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Sepeda

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by journey »

menurut saya utk honda platform civic dan turunannya (CRV) paling pas dan enak dilihat dari panjang x lebar x tingginya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ChZ »

Pantes kok pulang kostan bersin bersin... ada yang manggil... :big_biglaugh:

Ya saya pakai FB2 (1.8L matic) dan sampe sekarang masih dipake kok, belum dijual walau dah ada Civic baru... :mky_01: karena Civic barunya di kampung halaman sedangkan saya lg merantau :mky_01:

Tahun 2012, odometer sampai hari ini di 55ribu.

Rule pertama kalo ngincar Civic FB adalah lupakan fakta mobil ini adalah sebuah Civic karena nggak ada rasa sport nya sama sekali. Kalo expect rasa sporti mending beli FD aja.

Tapi tetep hands down lebih baik dibanding City di segala aspek... Kecuali build quality nya. City bahan empuknya lebih banyak dan terasa lebih solid... Mungkin karena GM6 keluar lebih akhir daripada FB.

Kurang lebih sama sih... soal kenyamanan FB suspensinya disetting untuk bawa penumpang di belakang... karena waktu di bawa kosong malah terasa agak agresif karena karakter shock ma travel pernya agak kurang cocok, waktu diisi penumpang jatuhnya pas.

Kabin belakang mumpuni walaupun gak bisa dibilang luas banget. Kalo sama GM6 perasaan saya lebih luas GM6 atau saya salah... Di posisi nyetir saya FB legroomnya agak terbatas sementara GM6 masih agak ada sisa.

Rawatan dan konsumsi BBM standar sih, malah buat ukuran sedan yang rata - rata kaki suka rontok di 20ribuan ini 55ribu nggak ada masalah, glodakan enggak, bunyi juga enggak ada. Di luar kualitas interior mobil ini seriously tough... EPS juga nggak rattling. Oh ya FYI aja rute sehari - hari sih yang jelas cukup parah jalannya, di depan kos dah kayak trek rallycross, belum jalanan Surabaya isinya aspal tembelan semua, gak ada yang rata.

Semua dilibas dengan kecepatan normal (krn sayanya juga males ngerem :big_peace: ) jadi klo ada yang bilang "ah awet kan mileage rendah" atau "lo bawanya alus kali makanya awet" semuanya nggak bener, mileage rendah kalo rute kayak saya juga rontok kaki-kaki biasanya. Makanya cukup kagum juga mobil tiap hari dibawa jalanan begitu masih awet :big_peace:

Konsumsi BBM dalem kota sekitar 8-10 km/l liat kondisi ya, kalo lancar mulu sih 10 juga tembus... Luar kota bisa 15 km/l ++, paling irit kemarin dari Lawang ke Surabaya 18.6 km/l di MID... tapi banyak gliding karena jalannya menurun. BBM selalu pake oktan 92 Pertamax. Mesin udah modif exhaust pake ORD (non-catalytic) dan remap.

Ya intinya, kalo cuma berharap mobil yang simpel, mudah perawatan, dan naikan enak FB cukup boleh dipertimbangkan... tapi jangan kaget kalo sering disangka Honda City sama abang-abang tukang valet :big_peace: tapi buat ngebut di tol, buat salip-salip, jelas lebih mantap dibanding City :big_peace:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1050
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by fizrmen »

tetep mending FB sih kalo ane, soalnya tetep aja dipandang sebagai "Civic" ama orang awam, mobilnya para manajer kelas menengah keatas, beda ama City yg kelasnya dipandang manajer menengan
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
ZellDincht
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jun 20, 2017 22:25
Location: Bogor
Daily Vehicle: City

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ZellDincht »

geofreyap wrote: Sun Jan 07, 2018 6:43
Torsion beam atau independent itu bukan hanya masalah nyaman atau ga.
Itu masalah konstruksi / struktur yg berpengaruh ke banyak hal, terutama sisi pengendalian.

Kalo cuma butuh empuk yg hajar lobang enak, tinggal cari spring yg lembek + shock yg rebound nya lambat.

CMIIW
Iya, gan, emang beda konstruksi.
btw, shock yang reboundnya lebih lambat dari stock, apa ya? :big_childish:

Senargitar wrote: Sun Jan 07, 2018 7:46 Civic itu kelasnya di atas city.. jadi ya better Civic lah harusnya
ya harusnya seperti itu, gan.
Tapi rumor nya kan FB termasuk civic gagal "katanya"
journey wrote: Sun Jan 07, 2018 8:18 menurut saya utk honda platform civic dan turunannya (CRV) paling pas dan enak dilihat dari panjang x lebar x tingginya
emang pas bgt proporsional,, apalagi pembandingnya ditengah hiruk pikuk lautan LCGC dijalanan :big_smile]

ChZ wrote: Sun Jan 07, 2018 8:27 Pantes kok pulang kostan bersin bersin... ada yang manggil... :big_biglaugh:

Ya saya pakai FB2 (1.8L matic) dan sampe sekarang masih dipake kok, belum dijual walau dah ada Civic baru... :mky_01: karena Civic barunya di kampung halaman sedangkan saya lg merantau :mky_01:

Tahun 2012, odometer sampai hari ini di 55ribu.

Rule pertama kalo ngincar Civic FB adalah lupakan fakta mobil ini adalah sebuah Civic karena nggak ada rasa sport nya sama sekali. Kalo expect rasa sporti mending beli FD aja.

Tapi tetep hands down lebih baik dibanding City di segala aspek... Kecuali build quality nya. City bahan empuknya lebih banyak dan terasa lebih solid... Mungkin karena GM6 keluar lebih akhir daripada FB.

Kurang lebih sama sih... soal kenyamanan FB suspensinya disetting untuk bawa penumpang di belakang... karena waktu di bawa kosong malah terasa agak agresif karena karakter shock ma travel pernya agak kurang cocok, waktu diisi penumpang jatuhnya pas.

Kabin belakang mumpuni walaupun gak bisa dibilang luas banget. Kalo sama GM6 perasaan saya lebih luas GM6 atau saya salah... Di posisi nyetir saya FB legroomnya agak terbatas sementara GM6 masih agak ada sisa.

Rawatan dan konsumsi BBM standar sih, malah buat ukuran sedan yang rata - rata kaki suka rontok di 20ribuan ini 55ribu nggak ada masalah, glodakan enggak, bunyi juga enggak ada. Di luar kualitas interior mobil ini seriously tough... EPS juga nggak rattling. Oh ya FYI aja rute sehari - hari sih yang jelas cukup parah jalannya, di depan kos dah kayak trek rallycross, belum jalanan Surabaya isinya aspal tembelan semua, gak ada yang rata.

Semua dilibas dengan kecepatan normal (krn sayanya juga males ngerem :big_peace: ) jadi klo ada yang bilang "ah awet kan mileage rendah" atau "lo bawanya alus kali makanya awet" semuanya nggak bener, mileage rendah kalo rute kayak saya juga rontok kaki-kaki biasanya. Makanya cukup kagum juga mobil tiap hari dibawa jalanan begitu masih awet :big_peace:

Konsumsi BBM dalem kota sekitar 8-10 km/l liat kondisi ya, kalo lancar mulu sih 10 juga tembus... Luar kota bisa 15 km/l ++, paling irit kemarin dari Lawang ke Surabaya 18.6 km/l di MID... tapi banyak gliding karena jalannya menurun. BBM selalu pake oktan 92 Pertamax. Mesin udah modif exhaust pake ORD (non-catalytic) dan remap.

Ya intinya, kalo cuma berharap mobil yang simpel, mudah perawatan, dan naikan enak FB cukup boleh dipertimbangkan... tapi jangan kaget kalo sering disangka Honda City sama abang-abang tukang valet :big_peace: tapi buat ngebut di tol, buat salip-salip, jelas lebih mantap dibanding City :big_peace:
1. Gk ada rasa Sport tu artinya bantingan paling lembut diantara semua line-up Civic?
2. Interior ada yang rattling kah om?, NVH nya oke punya?
3. Per sama shock nya bagusnya diganti apa biar pas, om?
4. Nah, saya juga ngeliatnya GM6 tu kayak legroomnya lebih lega dibanding FB.
5. konsumsi bbm segitu ECO mode ON ?
6. maksudnya simpel t dbandingka denga apa ya bro? :big_childish:

fizrmen wrote: Sun Jan 07, 2018 8:49 tetep mending FB sih kalo ane, soalnya tetep aja dipandang sebagai "Civic" ama orang awam, mobilnya para manajer kelas menengah keatas, beda ama City yg kelasnya dipandang manajer menengan
kalo mobil operasional perusahaan, rata2 dikasihnya merk aToyot sioV-litAs-ramCy :big_grin: . Lebih Badak, perawatan murah, Initial cost jg lebih terjangkau
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by ChZ »

ZellDincht wrote: Sun Jan 07, 2018 10:39
1. Gk ada rasa Sport tu artinya bantingan paling lembut diantara semua line-up Civic?
2. Interior ada yang rattling kah om?, NVH nya oke punya?
3. Per sama shock nya bagusnya diganti apa biar pas, om?
4. Nah, saya juga ngeliatnya GM6 tu kayak legroomnya lebih lega dibanding FB.
5. konsumsi bbm segitu ECO mode ON ?
6. maksudnya simpel t dbandingka denga apa ya bro? :big_childish:
Bantingan gak bisa dibilang lembut-lembut amat, tapi rasa sport ini maksudnya setirnya ampang gak ada rasanya, lock-to-lock setir juga itungan gede banget buat sedan (3.0x) .

Interior sampe hari ini gak ada rattling, cukup mengagetkan since ini Honda... NVH jangan ditanya..... kacau :big_biglaugh:

Nah kebetulan saya blom pernah eksperimen ganti ganti per ama shocknya krn memang masih 100% standar kaki-kakinya, mungkin saran ganti shock belakang yang karakternya agak lebih lembut biarpun pasti akan pengaruh ke pengendalian juga.

Nope, saya gak pernah pake mode ECON ... :big_peace: yang luar kota bervariasi ya tergantung rute. Kalo mix macet lancar average 12 km/l, kalo bener-bener lancar dan banyak turunan maksimal saya bisa dapetnya 18.6 itu...

Simpel, ya simpel aja, gak banyak trobel aneh-aneh... gak penyakitan, sekarang pake sih buat ukuran mobil hampir 6 taun dan kurang dirawat sama pemilik sebelum2nya (tangan pertama unit test drive, tangan kedua anak kuliahan udah modifan, tangan ketiga saya) cukup reliable yah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by Koddy »

Jelas milih Civic FB lah.
Tapi cari yang unitnya masih bagus.
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by Kent »

ChZ wrote: Sun Jan 07, 2018 8:27 Pantes kok pulang kostan bersin bersin... ada yang manggil... :big_biglaugh:

Ya saya pakai FB2 (1.8L matic) dan sampe sekarang masih dipake kok, belum dijual walau dah ada Civic baru... :mky_01: karena Civic barunya di kampung halaman sedangkan saya lg merantau :mky_01:


Tapi tetep hands down lebih baik dibanding City di segala aspek... Kecuali build quality nya. City bahan empuknya lebih banyak dan terasa lebih solid... Mungkin karena GM6 keluar lebih akhir daripada FB.


Kabin belakang mumpuni walaupun gak bisa dibilang luas banget. Kalo sama GM6 perasaan saya lebih luas GM6 atau saya salah... Di posisi nyetir saya FB legroomnya agak terbatas sementara GM6 masih agak ada sisa.

Konsumsi BBM dalem kota sekitar 8-10 km/l liat kondisi ya, kalo lancar mulu sih 10 juga tembus... Luar kota bisa 15 km/l ++, paling irit kemarin dari Lawang ke Surabaya 18.6 km/l di MID... tapi banyak gliding karena jalannya menurun. BBM selalu pake oktan 92 Pertamax. Mesin udah modif exhaust pake ORD (non-catalytic) dan remap.

Ya intinya, kalo cuma berharap mobil yang simpel, mudah perawatan, dan naikan enak FB cukup boleh dipertimbangkan... tapi jangan kaget kalo sering disangka Honda City sama abang-abang tukang valet :big_peace: tapi buat ngebut di tol, buat salip-salip, jelas lebih mantap dibanding City :big_peace:
Jika boleh tau Civic Turbo nya konsumsi bbm nya rata2 berapa?
OOT ke Turbo.. hahaha.
Juli ini FB 5thn, sebenarnya msh sayang bgt tp model nya gak tahan sama model nya.


Saya malah 95% ECON mode, kecuali pengen jogging bentar di toll. tp biasa abis salip saya nyalakan lagi ECON nya.
untuk rata-rata 18km/jam sekitar 9.5 km/ltr.
tp sy lbh sering di average 21 km/jam sekitar 10.3-10.7 km/ltr.
malah keluar kota gk pernah irit ini mobil. 2x di bawa ke puncak cuma dapat 10,x (sama kyk di jakarta).
Sy merasa irit bgt untuk tenaga yg di dapat.

Untuk belakang lebih gede, mungkin karena generasi GM6 dan Jazz ini agak tinggi posisi duduk nya.
JazzGK5 ini sy klo pake rasa posisi duduk nya beda sama Honda yg lain, mirip posisi duduk toyota.
tp sepertinya msh gede civic belakang nya.
harusnya kan sama ya GK5 dan GM6.

udah gk usah pusing lg, bungkus saja FB nya.
toh gk ada problem sama model tampang dan biaya yg lbh tinggi dr city.
hati2 hunting nya, karena sedan jgn sampe dpt yg bekas banjir.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by Pugman »

ZellDincht wrote: Sun Jan 07, 2018 1:27
Pugman wrote: Sun Jan 07, 2018 0:44 Pertamax diamankan.
:big_grin:
Kalau ga mikirin harga Part seh tetap pilih Civic lah.. Pakai teori Apapun, namanya mobil harganya lebih mahal (saat baru) pasti rata2 harga part juga lebih mahal termasuk pajak dan Gimanapun bakal lebih enak dan lebih lega Civic juga.
Masalah softtouch interior bagaimana?.
No softpad, hanya bagian atas dortrim..
Ada koq review honda master, Om CHZ..

:ngacir:
ChZ wrote: Sun Jan 07, 2018 10:52
ZellDincht wrote: Sun Jan 07, 2018 10:39
1. Gk ada rasa Sport tu artinya bantingan paling lembut diantara semua line-up Civic?
2. Interior ada yang rattling kah om?, NVH nya oke punya?
3. Per sama shock nya bagusnya diganti apa biar pas, om?
4. Nah, saya juga ngeliatnya GM6 tu kayak legroomnya lebih lega dibanding FB.
5. konsumsi bbm segitu ECO mode ON ?
6. maksudnya simpel t dbandingka denga apa ya bro? :big_childish:
Bantingan gak bisa dibilang lembut-lembut amat, tapi rasa sport ini maksudnya setirnya ampang gak ada rasanya, lock-to-lock setir juga itungan gede banget buat sedan (3.0x) .

Interior sampe hari ini gak ada rattling, cukup mengagetkan since ini Honda... NVH jangan ditanya..... kacau :big_biglaugh:

Nah kebetulan saya blom pernah eksperimen ganti ganti per ama shocknya krn memang masih 100% standar kaki-kakinya, mungkin saran ganti shock belakang yang karakternya agak lebih lembut biarpun pasti akan pengaruh ke pengendalian juga.

Nope, saya gak pernah pake mode ECON ... :big_peace: yang luar kota bervariasi ya tergantung rute. Kalo mix macet lancar average 12 km/l, kalo bener-bener lancar dan banyak turunan maksimal saya bisa dapetnya 18.6 itu...

Simpel, ya simpel aja, gak banyak trobel aneh-aneh... gak penyakitan, sekarang pake sih buat ukuran mobil hampir 6 taun dan kurang dirawat sama pemilik sebelum2nya (tangan pertama unit test drive, tangan kedua anak kuliahan udah modifan, tangan ketiga saya) cukup reliable yah...
Sorry Oot, kalau value for money, mana lebih baik Civic Turbo Sedan atau Hatchback?
Windscreen noise jangan lupa...hehehe..
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by carlzeiss »

Vote GM 6 kalo bisanyang tipe ES ( 6 airbags ) bakal jd kolektor item nih entar .
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Honda CIVIC FB vs CITY GM6

Post by adrevolution »

Kent wrote: Sun Jan 07, 2018 12:09
ChZ wrote: Sun Jan 07, 2018 8:27 Pantes kok pulang kostan bersin bersin... ada yang manggil... :big_biglaugh:

Ya saya pakai FB2 (1.8L matic) dan sampe sekarang masih dipake kok, belum dijual walau dah ada Civic baru... :mky_01: karena Civic barunya di kampung halaman sedangkan saya lg merantau :mky_01:


Tapi tetep hands down lebih baik dibanding City di segala aspek... Kecuali build quality nya. City bahan empuknya lebih banyak dan terasa lebih solid... Mungkin karena GM6 keluar lebih akhir daripada FB.


Kabin belakang mumpuni walaupun gak bisa dibilang luas banget. Kalo sama GM6 perasaan saya lebih luas GM6 atau saya salah... Di posisi nyetir saya FB legroomnya agak terbatas sementara GM6 masih agak ada sisa.

Konsumsi BBM dalem kota sekitar 8-10 km/l liat kondisi ya, kalo lancar mulu sih 10 juga tembus... Luar kota bisa 15 km/l ++, paling irit kemarin dari Lawang ke Surabaya 18.6 km/l di MID... tapi banyak gliding karena jalannya menurun. BBM selalu pake oktan 92 Pertamax. Mesin udah modif exhaust pake ORD (non-catalytic) dan remap.

Ya intinya, kalo cuma berharap mobil yang simpel, mudah perawatan, dan naikan enak FB cukup boleh dipertimbangkan... tapi jangan kaget kalo sering disangka Honda City sama abang-abang tukang valet :big_peace: tapi buat ngebut di tol, buat salip-salip, jelas lebih mantap dibanding City :big_peace:
Jika boleh tau Civic Turbo nya konsumsi bbm nya rata2 berapa?
OOT ke Turbo.. hahaha.
Juli ini FB 5thn, sebenarnya msh sayang bgt tp model nya gak tahan sama model nya.


Saya malah 95% ECON mode, kecuali pengen jogging bentar di toll. tp biasa abis salip saya nyalakan lagi ECON nya.
untuk rata-rata 18km/jam sekitar 9.5 km/ltr.
tp sy lbh sering di average 21 km/jam sekitar 10.3-10.7 km/ltr.
malah keluar kota gk pernah irit ini mobil. 2x di bawa ke puncak cuma dapat 10,x (sama kyk di jakarta).
Sy merasa irit bgt untuk tenaga yg di dapat.

Untuk belakang lebih gede, mungkin karena generasi GM6 dan Jazz ini agak tinggi posisi duduk nya.
JazzGK5 ini sy klo pake rasa posisi duduk nya beda sama Honda yg lain, mirip posisi duduk toyota.
tp sepertinya msh gede civic belakang nya.
harusnya kan sama ya GK5 dan GM6.

udah gk usah pusing lg, bungkus saja FB nya.
toh gk ada problem sama model tampang dan biaya yg lbh tinggi dr city.
hati2 hunting nya, karena sedan jgn sampe dpt yg bekas banjir.
Cmiiw, jazz dari GD3, GE8 sampe GK5 posisi duduknya emg rada tinggi krn tangki bensin dibawah jok depan, krn jok belakang pake ultra seat. Kebetulan 3 3nya pernah nyetir dan setting jok depannya tetep gak bisa rendah even compared to mazda 2.

Begitu juga dgn city yang mulai 1 basis ama jazz.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE