Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by y_anjasrana »

sama candi sukuh di gn. lawu ekstrim mana ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by Kaleng »

sudah jalan nanjak sampai atas, pas turun jgn lupa om kalau A/T lebih minim engine break. Dulu pakai jazz idsi cvt turun dari tangkuban perahu super cemas karena rem makin lama makin gak pakem karena panas.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by NYoman »

jawaban nya jelas.. L300, kaga ada yang seperkasa L300 buat tanjakan di isi beban penuh =D
Swap ke AT =P

Becanda...
Matic2 jaman sekarang udah ok, saya pakai mobil sewa Xenia AT 1.3 baru juga ok2 aja saya pakai nanjak sampai 1700mdpl di Bali =)
Saya pakai mobil yang dibilang lemot dan underpower, artinya most car capable to do this simple job..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
limaues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Wed Feb 10, 2016 13:57

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by limaues »

:wkkk: Setuju ama om liep aja. Xpander...

Cuma jalan mundur nya itu loh hahaha

Beberapa kali pake fwd 1000cc kuat aja ke bukit tinggi Malaysia (Castle mirip2 perancis), lumayan curam tanjakan nya, baik2 aja. kayaknya mobil2 jaman now... Ga usah jalan mundur bisa aja :wkkk:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by ak4ng »

Fwd kalo ada HSA rasanya ga bakal susah nanjak secara ecu ud mikir ga bole g kuat nanjak, driver tinggal gaspol aja
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by Kuroboy »

Toyota Rush atau Terios terbaru sajah. Atau Papanjah Senia juga sudah ok
:frm_snipper: :snipersmile:
SweetCoffee
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Nov 21, 2017 9:56

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by SweetCoffee »

Wah... Tengkyu brader atas semua masukannya

Poin yg saya tangkap
1. Hampir semua mobil at baru kuat menanjak di dieng dengan segala resiko terhadap mobil setelah trip berakhir dan seberapa sering mobil digunakan untuk rute semacam itu berefek terhadap mobil
2. Innova d4d mt untuk mobil seken masih yg terbaik secara kriteria, kenyamanan, dan budget.

Karena si baby masih baru lahir dan belum bisa diajak trip jauh-jauh jadi saya masih banyak waktu untuk mempertimbangkan masukan dari Suhu-suhu sekalian untuk membeli mobil yg terbaik dan ternyaman, daya tahan kuat buat tanjakan cukup ekstrim.

Barangkali ada suhu yg ingin memberikan masukan lagi saya sangat berterimakasih.
Saya buatin gambaran tentang dieng buat yg belum pernah trip kesana agar bisa memberi saya masukan jg.
Dieng medannya cukup curam dan panjang. Biasanya saya lewat magelang-temanggung-wonosobo-dieng. Dieng menurut saya lebih tinggi dan curam dibanding Bromo, batu malang, danau batur Trunyan kintamani via singaraja-catur (bali). Awan terlihat seperti diatas genteng kalo di dieng dan kadang kelihatan dibawah kalau dilihat dari jurang kadang jg hujan seperti salju. Se ekstrim apa dg gunung lawu ? Saya belum pernah ke gunung lawu πŸ˜€
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 811
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by r12qiSonH4ji »

SweetCoffee wrote: ↑Mon Dec 04, 2017 12:50 Hai agan agan SM yg GANTENGMAKSIMAL and ladies.


Saya ingin cari mobil at yg enak buat tanjakan dieng, bromo, cafe coffee di gunung ungaran, guci.. pokoknya tanjakan cukup ekstrim.

Kriteria : Row 3 seat, nyaman, irit, perawatan gampang dan gk merepotkan, budged 200jt bs di up dikit lah..

Saya tinggal di Surabaya , mobil saya sebelumnya fotuner 2012 blm vnt d4d mt jadi gk ada masalah melibas tanjakan tersebut diatas. Dan beberapa kali menggunakan innova diesel mt lagi milik mertua dan ayah saya untuk tanjakan tersebut dan enteng2 aja, tapi nyampe lokasi capek banget karena mt dan dari surabaya ke lokasi banyak jalan merambat di jogja dll.

Jadi ceritanya sekarang saya baru jadi seorang ayah.. karena alasan ada bayi, kenyamanan cost, safety cost, dll fortie akhirnya dilego dan ganti jazz.....mt jg. [emoji28] [emoji28] [emoji28]

Mohon saran dari suhu-suhu SMers untuk pilihan mobilnya.. diutamakan pendapat dari para Suhu yg pernah ke Dieng dan Cafe Coffee ungaran menggunakan mobil at.

Kenapa hanya dieng dan cafe ungaran yg jadi acuan ? Karena tanjakan dieng cukup curam dan panjaaang. Dan cafe ungaran medannya cukup ekstrim buat saya. Jika mobil bisa lewat 2 lokasi itu maka saya yakin bisa lewat manapun.

Oh ya biasanya mobil diisi 4 orang dewasa dan 2 anak SD.

Dan untuk penutup saya mengucapkan "HAIL D4D" [emoji8]
Nih ane langsung kasih barang buktinya, silahkan pilih
itu rombongan roadtrip ke Gunung Papandayan kmren

Image
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by mr_mytplx »

kl sudah dijual sepertinya nissan e power cocok. torsi gede mulai rpm 0.

paling kelemahannya ground clearance yg agak rendah.
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by patrickstar »

numpang oot mumpung trit dieng :)
pernah ke dieng tapi dari jalur pekalongan belok kanan, pake ertiga manual, km 35rb.
sekitar 15km mau nyampe ditengah hutan, tahu2 ga mau digas, untuk dibantu dorong sama pemuda2 setempat ( orangnya masih baik2 ).
akhirnya ngadem 1 jam, balik kanan.
mohon infonya, apakah karena kopling panas & kondisi ini masih termasuk normal ?
atau kopling mau habis ? terimakasih suhu2 SM.
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by sintoni »

Kata2 penutupnya aja sudah tau mau beli apa.

Ini mah buat trit cuma untuk perlu keyanikan tambahan.
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by MitshuToyo »

SweetCoffee wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 4:49 Wah... Tengkyu brader atas semua masukannya

Poin yg saya tangkap
1. Hampir semua mobil at baru kuat menanjak di dieng dengan segala resiko terhadap mobil setelah trip berakhir dan seberapa sering mobil digunakan untuk rute semacam itu berefek terhadap mobil
2. Innova d4d mt untuk mobil seken masih yg terbaik secara kriteria, kenyamanan, dan budget.

Karena si baby masih baru lahir dan belum bisa diajak trip jauh-jauh jadi saya masih banyak waktu untuk mempertimbangkan masukan dari Suhu-suhu sekalian untuk membeli mobil yg terbaik dan ternyaman, daya tahan kuat buat tanjakan cukup ekstrim.

Barangkali ada suhu yg ingin memberikan masukan lagi saya sangat berterimakasih.
Saya buatin gambaran tentang dieng buat yg belum pernah trip kesana agar bisa memberi saya masukan jg.
Dieng medannya cukup curam dan panjang. Biasanya saya lewat magelang-temanggung-wonosobo-dieng. Dieng menurut saya lebih tinggi dan curam dibanding Bromo, batu malang, danau batur Trunyan kintamani via singaraja-catur (bali). Awan terlihat seperti diatas genteng kalo di dieng dan kadang kelihatan dibawah kalau dilihat dari jurang kadang jg hujan seperti salju. Se ekstrim apa dg gunung lawu ? Saya belum pernah ke gunung lawu πŸ˜€
Kalau gunung lawu cobain solo tawangmangu sarangan lewat jalur lama. Duluu pakai L300 diesel merayap +zig zag. Atau coba wisata ke candi cetho,naiknya dr karanganyar.Tanjakan terakhir ngeri. Dulu pake motor bebek aja rasanya mau kebalik wkwkw
Coba googling/youtube daihatsu ayla melorot disini. 2 meninggal.

kalau terjal2 mending parkir di bawah trus tracking aja,lebih sehat. Atau pilih diesel & rwd. Pengalaman untuk tanjakan tinggi yang panjang fwd seperti kehabisan nafas.Imho
Lagi nginjek rem..
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by dieselman228 »

r12qiSonH4ji wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 5:24
SweetCoffee wrote: ↑Mon Dec 04, 2017 12:50 Hai agan agan SM yg GANTENGMAKSIMAL and ladies.


Saya ingin cari mobil at yg enak buat tanjakan dieng, bromo, cafe coffee di gunung ungaran, guci.. pokoknya tanjakan cukup ekstrim.

Kriteria : Row 3 seat, nyaman, irit, perawatan gampang dan gk merepotkan, budged 200jt bs di up dikit lah..

Saya tinggal di Surabaya , mobil saya sebelumnya fotuner 2012 blm vnt d4d mt jadi gk ada masalah melibas tanjakan tersebut diatas. Dan beberapa kali menggunakan innova diesel mt lagi milik mertua dan ayah saya untuk tanjakan tersebut dan enteng2 aja, tapi nyampe lokasi capek banget karena mt dan dari surabaya ke lokasi banyak jalan merambat di jogja dll.

Jadi ceritanya sekarang saya baru jadi seorang ayah.. karena alasan ada bayi, kenyamanan cost, safety cost, dll fortie akhirnya dilego dan ganti jazz.....mt jg. [emoji28] [emoji28] [emoji28]

Mohon saran dari suhu-suhu SMers untuk pilihan mobilnya.. diutamakan pendapat dari para Suhu yg pernah ke Dieng dan Cafe Coffee ungaran menggunakan mobil at.

Kenapa hanya dieng dan cafe ungaran yg jadi acuan ? Karena tanjakan dieng cukup curam dan panjaaang. Dan cafe ungaran medannya cukup ekstrim buat saya. Jika mobil bisa lewat 2 lokasi itu maka saya yakin bisa lewat manapun.

Oh ya biasanya mobil diisi 4 orang dewasa dan 2 anak SD.

Dan untuk penutup saya mengucapkan "HAIL D4D" [emoji8]
Nih ane langsung kasih barang buktinya, silahkan pilih
itu rombongan roadtrip ke Gunung Papandayan kmren

Image

wah ada mobil gw ipah D4D tapi.....................

















manual :big_slap:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by ransyah1234 »

r12qiSonH4ji wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 5:24
SweetCoffee wrote: ↑Mon Dec 04, 2017 12:50 Hai agan agan SM yg GANTENGMAKSIMAL and ladies.


Saya ingin cari mobil at yg enak buat tanjakan dieng, bromo, cafe coffee di gunung ungaran, guci.. pokoknya tanjakan cukup ekstrim.

Kriteria : Row 3 seat, nyaman, irit, perawatan gampang dan gk merepotkan, budged 200jt bs di up dikit lah..

Saya tinggal di Surabaya , mobil saya sebelumnya fotuner 2012 blm vnt d4d mt jadi gk ada masalah melibas tanjakan tersebut diatas. Dan beberapa kali menggunakan innova diesel mt lagi milik mertua dan ayah saya untuk tanjakan tersebut dan enteng2 aja, tapi nyampe lokasi capek banget karena mt dan dari surabaya ke lokasi banyak jalan merambat di jogja dll.

Jadi ceritanya sekarang saya baru jadi seorang ayah.. karena alasan ada bayi, kenyamanan cost, safety cost, dll fortie akhirnya dilego dan ganti jazz.....mt jg. [emoji28] [emoji28] [emoji28]

Mohon saran dari suhu-suhu SMers untuk pilihan mobilnya.. diutamakan pendapat dari para Suhu yg pernah ke Dieng dan Cafe Coffee ungaran menggunakan mobil at.

Kenapa hanya dieng dan cafe ungaran yg jadi acuan ? Karena tanjakan dieng cukup curam dan panjaaang. Dan cafe ungaran medannya cukup ekstrim buat saya. Jika mobil bisa lewat 2 lokasi itu maka saya yakin bisa lewat manapun.

Oh ya biasanya mobil diisi 4 orang dewasa dan 2 anak SD.

Dan untuk penutup saya mengucapkan "HAIL D4D" [emoji8]
Nih ane langsung kasih barang buktinya, silahkan pilih
itu rombongan roadtrip ke Gunung Papandayan kmren

Image
dipilih bang dipilih...harga cocok...bawa pulang...kayanya 60-70%an itu mobil udah sampe dieng..hehehe
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by NYoman »

Dieng ya, saya pernah juga ke arah candi Ceto pakai Kijang LGX MATIC! Nanjak2 aja gak masalah hehehe..
Pada dasarnya bisa2 aja kok nanjak, yang penting itu sense dari driver nya =)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2283
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by ilhami »

Yang repot mobil manual, stop n go, driver capek. Feeling terhadap kopling jadi hilang, bisa ndlosor juga
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by daftar »

MitshuToyo wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 7:41Pengalaman untuk tanjakan tinggi yang panjang fwd seperti kehabisan nafas.Imho
apa hubungannya FWD sama kehabisan nafas om?




BTW untuk mobil di daerah tinggi, lebih baik sih pakai mobil yang udah berturbo, disamping menambah torsi, pada tempat tinggi kepadatan udaranya lebih renggang ketimbang di daerah yang rendah, otomatis suplay udara ke mesin juga lebih kecil,, pada ketinggian 1500m itu kepadatan udara hanya sekitar 85% daripada di pantai. Dieng itu 3000an meter dpl kepadatan udara sekitar 70%.
ini lebih berasa banget kalo pake mesin karbu,, di daerah tinggi pasti tenaga loyo walaupun nggak nanjak,, kalau injeksi sedikit lebih terbantu
dengan adanya turbo lebih mebantu menambah volume udara ke dalam ruang bakar.

untuk itu saran saya: Pajero sport, MU-X, atau captiva, fortuner vnt (kalau dapat)
:ngacir:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by pengendiesel »

daftar wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 12:00
MitshuToyo wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 7:41Pengalaman untuk tanjakan tinggi yang panjang fwd seperti kehabisan nafas.Imho
apa hubungannya FWD sama kehabisan nafas om?
Pertanyaan saya sama persis om :big_biglaugh:

Nampaknya masih banyak yang berpikiran kalau FWD bikin mobil gak kuat nanjak.
Padahal dengan mesin yg sama, losses power mesin ke ban di FWD lebih kecil drpd RWD, CMIIW.

Yang benar masalah FWD pada saat nanjak itu adalah TRAKSI ban. Ini terkutuk banget memangnya :frm_bang_head:
Saya beberapa kali bawa mobil FWD dan harus stop di tengah2 tanjakan. Dan sialnya, ban depan harus stop di pasir/jalan basah. Alhasil saat mau jalan lagi, ban depan cuma spin di tempat dan mobil cenderung melorot :frm_bang_head: terutama di mobil bensin m/t FWD, karena saat start di tanjakan, bukaan gas kudu agak besar spy mesin gak mati.

Knp ban depan kehilangan traksi di tanjakan? Karena di tanjakan beban mobil lebih banyak di poros roda belakang karena posisi kemiringan mobil.
User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
Location: Boyolali, Jawa Tengah
Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by NewMarine »


MitshuToyo wrote:
SweetCoffee wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 4:49 Wah... Tengkyu brader atas semua masukannya

Poin yg saya tangkap
1. Hampir semua mobil at baru kuat menanjak di dieng dengan segala resiko terhadap mobil setelah trip berakhir dan seberapa sering mobil digunakan untuk rute semacam itu berefek terhadap mobil
2. Innova d4d mt untuk mobil seken masih yg terbaik secara kriteria, kenyamanan, dan budget.

Karena si baby masih baru lahir dan belum bisa diajak trip jauh-jauh jadi saya masih banyak waktu untuk mempertimbangkan masukan dari Suhu-suhu sekalian untuk membeli mobil yg terbaik dan ternyaman, daya tahan kuat buat tanjakan cukup ekstrim.

Barangkali ada suhu yg ingin memberikan masukan lagi saya sangat berterimakasih.
Saya buatin gambaran tentang dieng buat yg belum pernah trip kesana agar bisa memberi saya masukan jg.
Dieng medannya cukup curam dan panjang. Biasanya saya lewat magelang-temanggung-wonosobo-dieng. Dieng menurut saya lebih tinggi dan curam dibanding Bromo, batu malang, danau batur Trunyan kintamani via singaraja-catur (bali). Awan terlihat seperti diatas genteng kalo di dieng dan kadang kelihatan dibawah kalau dilihat dari jurang kadang jg hujan seperti salju. Se ekstrim apa dg gunung lawu ? Saya belum pernah ke gunung lawu [emoji3]
Kalau gunung lawu cobain solo tawangmangu sarangan lewat jalur lama. Duluu pakai L300 diesel merayap +zig zag. Atau coba wisata ke candi cetho,naiknya dr karanganyar.Tanjakan terakhir ngeri. Dulu pake motor bebek aja rasanya mau kebalik wkwkw
Coba googling/youtube daihatsu ayla melorot disini. 2 meninggal.

kalau terjal2 mending parkir di bawah trus tracking aja,lebih sehat. Atau pilih diesel & rwd. Pengalaman untuk tanjakan tinggi yang panjang fwd seperti kehabisan nafas.Imho
Ini yg saya pernah lewat daerah itu 2 tahun lalu. Dari karanganyar ke candi cetho. Mampir sebentar di kebun teh. Trus lanjut ke sarangan via tawangmangu cemoro sewu lewat jalur lama. Penumpang 6 dewasa 4 anak2.

Terus pernah juga dari boyolali ke magelang via selo n ketep. Penumpang 6 dewasa 4 anak2.

Tahun 2016 ke umbul sidomukti, bandungan. Penumpang 6 dewasa 2 anak2. Inilah roadtrip terakhir pake freed sebelum mobil dijual ganti yg lebih besar.

Mobil freed E PSD 2013 tanpa modifikasi apapun. Perawatan di beres. Mobil dipake istri saya tiap hari utk antar jemput anak.

Semua road trip diatas lancar dan tanpa kendala. Termasuk juga trip2 ke tempat2 lain semua lancar. Yg penting kondisi mobil sehat. Pengemudi sehat, mengerti karakteristik mobil yg dikendarai dan kenal medan.
koenam
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Nov 28, 2017 2:41
Location: Purwokerto
Daily Vehicle: Honda

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by koenam »

Uda nyoba rute yg lewat banjar om??
Medan lbh kerasa nanjaknya n mobil bs lbh keliatan krjanya dibanding jalur wonosobo. Biasa lewatin rute itu pake mobil kntr strada, panther, apv, inova, emg yg pake turbo lbh greget dan lbh terasa "kerjanya".
Kl medan yg dilewatin sbnrnya lbh greget "aspal" kaltim, dulu wktu sering mbolang disana mobil favorit kl gak d4d ya vnt meskipun secara ketinggian gak ada apa2nya dibanding dieng tp medannya msh yg plg menantang menurut ane, apalagi dgn "aspal" jalanan kaltim yg "ajib" itu :mky_03:
User avatar
NewMarine
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
Location: Boyolali, Jawa Tengah
Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by NewMarine »


koenam wrote:Uda nyoba rute yg lewat banjar om??
Medan lbh kerasa nanjaknya n mobil bs lbh keliatan krjanya dibanding jalur wonosobo. Biasa lewatin rute itu pake mobil kntr strada, panther, apv, inova, emg yg pake turbo lbh greget dan lbh terasa "kerjanya".
Kl medan yg dilewatin sbnrnya lbh greget "aspal" kaltim, dulu wktu sering mbolang disana mobil favorit kl gak d4d ya vnt meskipun secara ketinggian gak ada apa2nya dibanding dieng tp medannya msh yg plg menantang menurut ane, apalagi dgn "aspal" jalanan kaltim yg "ajib" itu :mky_03:
Klo ga salah yg lewat Karangkobar ya Om?
Pernah lewat dgn penumpang 5 orang dewasa.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by adityabp »

patrickstar wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 6:32 numpang oot mumpung trit dieng :)
pernah ke dieng tapi dari jalur pekalongan belok kanan, pake ertiga manual, km 35rb.
sekitar 15km mau nyampe ditengah hutan, tahu2 ga mau digas, untuk dibantu dorong sama pemuda2 setempat ( orangnya masih baik2 ).
akhirnya ngadem 1 jam, balik kanan.
mohon infonya, apakah karena kopling panas & kondisi ini masih termasuk normal ?
atau kopling mau habis ? terimakasih suhu2 SM.
Maksudnya gimana om? Digas mobil gak mau jalan, ATAU, digas rpm mesin gak naik?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by ginting »

koenam wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 16:44 Uda nyoba rute yg lewat banjar om??
Medan lbh kerasa nanjaknya n mobil bs lbh keliatan krjanya dibanding jalur wonosobo. Biasa lewatin rute itu pake mobil kntr strada, panther, apv, inova, emg yg pake turbo lbh greget dan lbh terasa "kerjanya".
Kl medan yg dilewatin sbnrnya lbh greget "aspal" kaltim, dulu wktu sering mbolang disana mobil favorit kl gak d4d ya vnt meskipun secara ketinggian gak ada apa2nya dibanding dieng tp medannya msh yg plg menantang menurut ane, apalagi dgn "aspal" jalanan kaltim yg "ajib" itu :mky_03:
Saya koq jadi langsung teringat suatu spot yang berada antara Samarinda dan Bontang, yg bernama Tanjakan Menangis.
Konon karena disana mobil mobil pada menangis (baca : meraung bunyi gasnya) karena tanjakan panjang.

Jalan ke arah Kutabangun, Melak, Sendawar, Muara Bunyut juga gak terlalu extreme. Asal jangan lewat jalan motong kawasan logging yang Samoja (Bukit Suharto) belok kiri...kalau itu dilewati saat hujan, bisa bisa seminggu gak keluar dari sana karena kepater. Saya dulu lewati itu waktu pulang saat kering. debu semua.
Sisanya sih gak ada extreme lah...Kecuali mungkin ke arah Tanjung Selor, Bukungan, Muara Wahau yang saya belum jajal.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by jivos »

pengendiesel wrote: ↑Wed Dec 06, 2017 12:19 .....cut
Yang benar masalah FWD pada saat nanjak itu adalah TRAKSI ban. Ini terkutuk banget memangnya :frm_bang_head:
....cut

Knp ban depan kehilangan traksi di tanjakan? Karena di tanjakan beban mobil lebih banyak di poros roda belakang karena posisi kemiringan mobil.
Mantap penjelasanya um :thanks:
apalagi klo trek jln licin/basah hbs d guyur ujan...merangkak k parkiran mall yg basah aja spin terkadang.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Mobil a/t matic yg enteng buat tanjakan gunung Dieng

Post by arfyano »

pernah coba test drive ford everest om?? coba deh test drive dl yg matic, 200jt lebih dpt yg thn muda (2014 matic 4x2), kl MT 4x4 mesti ny lbh murah lg