Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mybear
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sat Jul 23, 2016 14:19

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by mybear »

Kalau opini saya sih ANKI diesel at
Kalau 350 mungkin yang masuk tipe g kalau v mungkin masih harus nambah lagi.

Btw yang dimaksud hambar bgm ya?
Kalau ane, secara tenaga ANKI 2gd dibandingkan sekelas os sport, jauh lebih enak ANKI. Comfort juga masih menang ANKI.
Jalan jauh menurut ane, ANKI nyaman banget dan muat banyak
Dibandingkan dengan HRV, ya jauh ANKI lah nyamannya.
HRV mah cocok buat kota2 aja.
Cuman untuk interior sih emang biasa aja. Dan pasaran banget.

Menurut ane coba test drive aja. Coba deh ANKI yang diesel.

Just my opinion yah...
Bukan sales T
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by epinjose »

mybear wrote: Sat Nov 11, 2017 17:47
Btw yang dimaksud hambar bgm ya?
Kalau ane, secara tenaga ANKI 2gd dibandingkan sekelas os sport, jauh lebih enak ANKI. Comfort juga masih menang ANKI.
Jalan jauh menurut ane, ANKI nyaman banget dan muat banyak
Dibandingkan dengan HRV, ya jauh ANKI lah nyamannya.
HRV mah cocok buat kota2 aja.
Cuman untuk interior sih emang biasa aja. Dan pasaran banget.
Saya 3 thn dipinjami kantor GNKI e dan ANKI g, dua2nya mt bensin (diesel kurang populer disini).
Nyaman memang om. Cuma berasa "insecure". Contoh bbrp bulan kemarin saya bawa ANKI trip ke Bira (5jam). Kurang nyaman dibawa curvy road & overtake.
kebetulan konvoy dengan hrv teman(manual), halfway sempat tukeran. Disini baru berasa, pantesan saya ditinggal mulu.. hehehe.
Comfort se level hrv masih acceptable buat saya, walau ANKI memang superior di sisi ini.
Ga enak nya pas saya nebeng, entah itu Ac kenapa dibuat begitu.

Saya pikir, kayaknya Crossover cukup buat di Jkt nanti.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by Pboyz97 »

Kalau merk & akomodasi ga jadi masalah, CX3 Touring bisa jadi pertimbangan alternatif/ chevy trax fl juga boleh dipertimbangkan
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by Kuroboy »

Kalo memang sudah ingin hati pengen HRV apalagi sudah nyatu "feels" nya, rasanya langsung ambil HRV aja om. Tapi supaya cengli atau fair, sebaiknya saya sarankan tes drive selama 1 jam setengah atau lebih dengan rute om sehari2. Sales nya ga akan marah kok asal ditraktir makan siang :mky_07:


Berhubung saya pengguna Trax untuk sehari2 sejak Agustus kemarin, saya mau coba "racunin" TS :mky_03:

Desain


Bicara soal desain, ini gimana penilaian subjektif masing2. Sekilas dari belakang mirip Captiva tapi versi mini nya. Plus mobil ini adalah mobil rakitan Korea Selatan yang terkenal karena KIA dan Hyundai nya, sehingga secara model maupun impresi berkendara, mobil ini lebih mirip mobil Korea ketimbang mobil Amrik yang terkesan kotak dan kaku.

Cuma kalo diperhatiin lebih seksama, mobil ini posturnya nungging. Tinggi di belakang, ceper di depan (GC mau ga mau jadi ikutan nungging, berasa kagok buat adventuring the uknown :big_slap: tapi buat kebut2an di tol postur ini cukup ngebantu. Ban rasanya gigit ke aspal bahkan kecepatan 160 Km/h, mungkin kaitannya sama aerodinamika mobil nungging ini dan TCS dan stability control nya ya).

Satu waktu pernah sakit hati karena mobil ini dianggap under 200 jt. Padahal OTR mobil ini yg LTZ diangka 315 jutaan. Temen saya pengen ganti Avanza nya setelah nyobain 2nd row mobil ini. Katanya mobilnya lega untuk ukuran badan dia BB 90 Kg TB 180 cm an plus kondisi 3an d blakang dan masih lega. Dia pikir mobil ini ada di range less equal 200 jt karena modelnya yang kurang populer dan kecil dari luar :big_slap: belum lagi temen bokap waktu bokap bawa mobil ini, lagi2 dikira mobil ini under 200 jt karena modelnya kurang populer. Setelah ngoceh soal mobil ini katanya murah dan ga mungkin seharga HRV, dia langsung hening setelah liat PKB mobil ini diangka 4 jutaan. Dan banyak lagi kisah seperti itu dikarenakan modelnya yang kurang populer ini :off_no:

Untuk ketebalan plat bodi sendiri, mobil ini kalo ditutup pintunya bunyinya blepp bukan blakk. Asumsi saya plat bodinya tebal, tapi berat mobil ini sekitar 1.3 ton an lah

Untuk penerangan, mobil ini masih ngandalin auto on halogen tapi udah projector headlamp tapi udah dilengkapi DRL warna putih. Tingkat sensitivitas cahayanya ga bisa diatur dan cenderung ga peka sama cahaya, lingkungan redup dikit langsung on, kecuali siang bolong pasti auto off :mky_05:

Fog lamp nya bahkan tersedia juga untuk bemper belakang. Cukup terang untuk ngasi tau ke mobil belakang saat ditengah kabut. Sementara lampu belakang sudah LED sisanya masih bohlam (termasuk lampu sein)


Kenyamanan

Mobil ini termasuk lega untuk dijejali 5 orang didalamnya. Sudah saya singgung sebelumnya, waktu itu pas bawa temen saya yang ukurannya TB 180 cm dan BB 90 Kg an posisi 3an di belakang, yang 2 lagi ukurannya TB 170 cm an BB 60 Kg an dan TB 160 BB 50Kg an. Posisi duduk saya sudah hampir mentok ke belakang. Komen mreka, mobil ini lega, ga ajrut2an (rada empuk) dan ga krasa kalo lagi ngebut (waktu itu jalan 140 Km/h an di Pantura dan ga krasa ngebut kata mreka). Peredaman mobil ini cukup baik meskipun bukan terbaik.

Kualitas audio nya pun lebih dari cukup untuk mobil standar dengan audio ga bermerk (beda sama Bose nya Mazda, harus enak ini audionya Mazda :big_biglaugh:). Tapi udah lebih dari cukup lah meskipun bass nya kurang nendang (belum ada subwoofer bawaan). Sistem audionya uda mengakomodir Apple car play dan android auto yang caranya harus pair bluetooth atau konek kabel data. Bisa juga setel lagu via flashdisk. Headunit nya ga bisa puter CD/DVD. Sayang belum ada sistem navigasi, meskipun bisa melalui HP yang di mirror ke head unit

Mobil ini tersedia amrest plus 2 cup holder di belakangnya, tapi 1 yang aneh, mobil ini ga ada armrest tengah yang biasanya untuk tempat penyimpanan baris depan. Apa maksudnya ya ini :mky_06: untuk material soft touch, jangan berharap banyak dalem mobil ini, jumlahnya seadanya dengan keempukan alakadarnya meskipun secara kualitas sih nampak tangguh. Ngomong soal cupholder, mobil ini punya total 8 cup holder (depan 4 blakang 4) dengan yang di pintu posisi miring, aga aneh memang tapi sejauh ini blm ada kasus minuman tumpah di mobil saya apapun minumannya.


Oh iya, salah satu fitur yang mujarab buat para peragu soal mobil yang katanya murah itu adalah adanya sunroof dengan pilihan buka atap atau sekedar dibuka dikit/tilted (buat para perokok, fitur satu ini berguna karena tanpa harus buka jendela) :big_smoking:

Khusus untuk kaca jendela belakang, mobil ini sudah tinted glass alias kacanya aga berwarna gitu, warnanya gelap kayak uda dikasi kaca film. Untuk privasi dan keamanan sih uda oke, tapi untuk kenyamanan, saya sarankan semuanya pakai kaca film clear 40% untuk mengurangi panas dari sinar matahari, gitu juga di kaca sunroof nya biar ga panas ke kabinnya.

Bagasi belakangnya juga luas, cukup untuk perjalanan lukot selama seminggu di kampung halaman plus bawa oleh2 yang bejibun itu jumlahnya dan ga karuan rupanya (mulai dari baju sampe buah2an atau apalah itu :big_slap: )

Sayangnya, untuk AC masih model analog, tingkat kedinginannya juga ga standar, kadang dingin2 banget kadang ya dingin hambar gt :mky_05:

Untuk wiper ujan, udah menganut auto rain sensing sementara yg belakang kalau kaca basah dan lg mundur, dia lgsg auto wipe.

Untuk lampu sein, posisinya kebalik sama posisi wiper mobil kebanyakan. Dia uda menganut sistem one touch on yg tinggal toel dia langsung nyala sama 4 detikan. Berguna kalau mau nyusul.

Mobil ini juga udah tersedia cruise control yg pengoperasiannya gampang.

Sementara mobil ini juga dilengkapi auto lock saat transmisi dipindah dari P ke posisi lainnya dan akan otomatis buka saat masuk lagi k P. Dilengkapi juga tombol kunci central. Dan kalo mobil ini dalem posisi mati maupun nyala sementara kunci mobil ketinggalan di dalem dan pintu kemudi abis kebuka tutup, diasumsikan pengemudi keluar mobil, dia bakal ngingetin berupa klakson kecil 2x bunyi dan kalo mobil kondisi lagi diparkir dan kita ninggalin mobil, dia bakal otomatis ngunci setelah 8 detik kita keluar dari mobil. Cukup aman.

Oh iya, untuk buka tangki bensin, mobil ini cukup tekan penutup pengisian bensin aja, dia ga ada tuas pembuka tangki pengisian

Mobil ini jg menyediakan 3 power outlet untuk ngecas gadget dan 1 soket mata 3 220v untuk ngecas laptop ato peranti lainnya.

Belum lagi MID nya lengkap, mulai dari tripmeter 1 & 2, konsumsi BBM rata2, sensor tekanan angin, pengingat kapan harus ganti oli mesin, pengingat sabuk pengaman dan sensor kecepatan live

Jok mobil ini uda semi bucket dan semi kulit sintetis. Rasanya empuk.


Performa



Ini dia yang ditunggu, gimana soal performa nya?

Mobil yang ngusung mesin Ecotec 1.4L variable valve ini tenaga maksimal nya 139 hp @6000 RPM dan torsi maksimal nya 200 Nm @3000 RPM (mohon koreksi). Mesinnya 1.4L loh, kok bisa sebanding sama rival yang 400 cc lebih gede mesinnya? Yaa karena mobil ini sudah Turbocharged alias ada turbo turbo nya gitu sementara rivalnya yang 400 cc lebih gede itu masih NA alias belum ada turbo nya. Kita skip dulu Honda CRV Turbo yang cc nya 1500an tenaganya bisa nyentuh 170 hp an tapi harganya uda diangka 400 juta keatas. Kembali ke Trax, turbo mobil ini mulai aktif di RPM c.a 1800an. Cukup kerasa turbo lag nya tapi gitu udah muter, turbo nya berasa ngasi extra power up :mky_03: ini juga jadi salah satu obat mujarab untuk para peragu yang ngatain mobil ini murah. Mana ada mobil murah tapi uda dijejali turbo di mesinnya. Yang saya tau, dulu ada mobil berturbo pabrikan negeri asal Upin Ipin yang pernah sohor di sini, setau saya lagi, waktu itu harganya juga ga murah2 amat.

Soal mesinnya, rasanya label ECOTEC di mesinnya itu ga cocok sama sekali dengan karakter mesinnya. Harusnya sesuatu yang mengandung kata ECO itu sesuatu yang irit, hemat dan cenderung pelit tenaga. Ini malah kebalikannya, tenaga mesinnya begitu dermawan, ga pelit soal tenaga kalo dibutuhkan (ga butuh juga tetep aja kasih tenaga) sementara keiritan konsumsi BBM nya ga bisa dibilang irit2 amat, malah cenderung boros untuk mobil sekelas 1.4L. Ada yang bilang kalau mesin pakai turbo pasti lebih boros dari mesin NA kaitannya sama induksi tenaga tambahan yang butuh asupan bensin berlebih makanya boros, saya juga ga tau pasti. Tapi memang, untuk mesin ukuran 1.4L rasanya tenaganya udah jauh melebihi ekspektasi. Sejauh ini, saya maksimal ngebut di kecepatan 160 Km/h itupun di RPM 4000an. Ada yang bilang harus matiin TCS biar bisa lebih dari angka itu. Cuma saya ga brani ambil resiko. Sementara dikecepatan 100 Km/h mobil ini cukup di RPM 2000an, makanya kalau mobil ini rajin lewat tol, konsumsi BBMnya bisa nyentuh 12 Km/l sementara kalau macet banget paling diangka 9 Km/l sementara kombinasi keduanya sekitar 9.7 Km/l. Itu perhitungan manual, kalau di MID selalu diangka 10.3 Km/l. Mobil ini bagusnya dikasi Pertamax Turbo atau RON 95 keatas, karena mobil ini sudah berturbo :mky_04:


Untuk kesigapan transmisi, mobil ini ga tralu bagus respon transmisinya untuk dibawa kebut, karena aga lemot responnya terlebih model tiptroniknya yang aga aneh, kadang suka ketuker mana buat shift up mana buat shift down karena ga ada lampunya kalau gelap2an. :mky_05:

Sementara untuk stop n go kelemotan transmisi ini kebantu sama dorongan tenaga dari peranti turbo nya


Untuk handling, saya rasa mobil ini ok, ga limbung tapi juga ga mantul2 alias masih dalam tahap empuk tapi masih stabil di kecepatan tinggi. Mobil ini juga minim blindspot khususnya pas lagi parkir karena mobil ini uda dilengkapi sensor parkir plus kamera parkir yang ada garis pembantu jarak dan arah mobil yang juga bisa belok ngikutin arah setir kemana arahnya. Kalo bicara fun to drive, mobil ini enak dikendarai, meskipun kalo disandingkan sama CX3 saya belum tau perbandingannya karena belum pernah coba.

Biaya perawatan

Mobil ini membutuhkan oli spesifikasi DEXOS 1 Gen 2 5W30 atau 0W30 yang punya kisaran harga 175 rb per liternya dan dibutuhkan 4 liter oli. Tiap penggantian oli disarankan juga dengan penggantian filter oli dengan harga 200 ribuan. Mobil ini memiliki interval servis sekitar 10.000 Km atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu. (Kalau gak salah) mobil ini juga gratis jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan juga garansi selama 3 taun

Kesimpulan


Mobil seharga OTR 315 juta rupiah belum termasuk diskon ini bisa dibilang lengkap (bukan terlengkap) dibandingkan rival2nya. Sebut aja auto on off lampu penerangan, auto sensing rain wiper, auto lock, one touch sign lamp, sunroof, head unit yg bisa apple car play dan android auto, MID yang lengkap, fog lamp depan belakang, kamera parkir yang bisa menunjukan arah jlannya mobil dan peringatan objek yang dekat mobil, cruise control, jok semi bucket dan semi kulit bahkan mobil ini sudah dilengkapi turbo.

Meskipun turbo di mesin ini sangat membantu dalam hal tenaga, tapi kurang bisa diandalkan dalam hal konsumsi BBM, yakni mencatat 9,5 Km/l kondisi lalin kota Bandung dengan jaŕak rata2 20-30 km per hari.

Soal biaya servis, mobil ini digratiskan (mohon koreksi) jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan garansi selama 3 taun.

Dengan sederet kelebihan diatas, Trax hanya kurang lampu xenon atau HID maupun AC digital yang menjadi kekurangannya.

Memang semua kelebihan diatas bisa ditebus dengan harga 315 juta OTR dan bisa dibilang murah bila dibandingkan rival2 sekelasnya, meskipun murah disini bukan murah ala mobil LCGC :glodak: hanya saja kelemahan produk Chevrolet adalah menyoal resale value dan after sales service. Asalkan di kota anda terdapat bengkel dan showroom Chevrolet, itu semua tidak menjadi soal.

Sekian hasil review saya. Kembali lagi, keputusan dalam membeli mobil adalah sesuai kebutuhan, budget dan impresi berkendara saat test drive. Oleh karena itu, saya sangat sarankan test drive dulu semua mobil pilihan anda sepuas yang bisa anda dapatkan dan tanyakan semua diskon dan promo yang berlaku :big_deal:
:frm_snipper: :snipersmile:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by ChZ »

epinjose wrote: Sun Nov 12, 2017 3:29 Saya 3 thn dipinjami kantor GNKI e dan ANKI g, dua2nya mt bensin (diesel kurang populer disini).
Nyaman memang om. Cuma berasa "insecure". Contoh bbrp bulan kemarin saya bawa ANKI trip ke Bira (5jam). Kurang nyaman dibawa curvy road & overtake.
kebetulan konvoy dengan hrv teman(manual), halfway sempat tukeran. Disini baru berasa, pantesan saya ditinggal mulu.. hehehe.
Comfort se level hrv masih acceptable buat saya, walau ANKI memang superior di sisi ini.
Ga enak nya pas saya nebeng, entah itu Ac kenapa dibuat begitu.

Saya pikir, kayaknya Crossover cukup buat di Jkt nanti.
Naaah sama ni... saya juga kurang pede pake mobil gede macem kijang kijangan... malah klo nyetir sendiri rasanya mending bawa avanza karna lebih lincah dan lebih pede karena kecil... apalagi klo jalan berkelok - kelok.

Bukan saya benci kijang ya... hehehe... cm selera aja lebih suka mobil kecil. Mobil gede pun lebih suka sedan gede daripada SUV gede.

klo mau HRV 1.5 baru sebenernya ada opsi lain... di upgrade dikit kalo gak anti modif... performa dah beda tipis ama 1.8 kok. Pasang downpep non katalis, di remap... udah enak banget pasti.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by Pugman »

Kuroboy wrote: Mon Nov 13, 2017 4:05 Kalo memang sudah ingin hati pengen HRV apalagi sudah nyatu "feels" nya, rasanya langsung ambil HRV aja om. Tapi supaya cengli atau fair, sebaiknya saya sarankan tes drive selama 1 jam setengah atau lebih dengan rute om sehari2. Sales nya ga akan marah kok asal ditraktir makan siang :mky_07:


Berhubung saya pengguna Trax untuk sehari2 sejak Agustus kemarin, saya mau coba "racunin" TS :mky_03:

Desain


Bicara soal desain, ini gimana penilaian subjektif masing2. Sekilas dari belakang mirip Captiva tapi versi mini nya. Plus mobil ini adalah mobil rakitan Korea Selatan yang terkenal karena KIA dan Hyundai nya, sehingga secara model maupun impresi berkendara, mobil ini lebih mirip mobil Korea ketimbang mobil Amrik yang terkesan kotak dan kaku.

Cuma kalo diperhatiin lebih seksama, mobil ini posturnya nungging. Tinggi di belakang, ceper di depan (GC mau ga mau jadi ikutan nungging, berasa kagok buat adventuring the uknown :big_slap: tapi buat kebut2an di tol postur ini cukup ngebantu. Ban rasanya gigit ke aspal bahkan kecepatan 160 Km/h, mungkin kaitannya sama aerodinamika mobil nungging ini dan TCS dan stability control nya ya).

Satu waktu pernah sakit hati karena mobil ini dianggap under 200 jt. Padahal OTR mobil ini yg LTZ diangka 315 jutaan. Temen saya pengen ganti Avanza nya setelah nyobain 2nd row mobil ini. Katanya mobilnya lega untuk ukuran badan dia BB 90 Kg TB 180 cm an plus kondisi 3an d blakang dan masih lega. Dia pikir mobil ini ada di range less equal 200 jt karena modelnya yang kurang populer dan kecil dari luar :big_slap: belum lagi temen bokap waktu bokap bawa mobil ini, lagi2 dikira mobil ini under 200 jt karena modelnya kurang populer. Setelah ngoceh soal mobil ini katanya murah dan ga mungkin seharga HRV, dia langsung hening setelah liat PKB mobil ini diangka 4 jutaan. Dan banyak lagi kisah seperti itu dikarenakan modelnya yang kurang populer ini :off_no:

Untuk ketebalan plat bodi sendiri, mobil ini kalo ditutup pintunya bunyinya blepp bukan blakk. Asumsi saya plat bodinya tebal, tapi berat mobil ini sekitar 1.3 ton an lah

Untuk penerangan, mobil ini masih ngandalin auto on halogen tapi udah projector headlamp tapi udah dilengkapi DRL warna putih. Tingkat sensitivitas cahayanya ga bisa diatur dan cenderung ga peka sama cahaya, lingkungan redup dikit langsung on, kecuali siang bolong pasti auto off :mky_05:

Fog lamp nya bahkan tersedia juga untuk bemper belakang. Cukup terang untuk ngasi tau ke mobil belakang saat ditengah kabut. Sementara lampu belakang sudah LED sisanya masih bohlam (termasuk lampu sein)


Kenyamanan

Mobil ini termasuk lega untuk dijejali 5 orang didalamnya. Sudah saya singgung sebelumnya, waktu itu pas bawa temen saya yang ukurannya TB 180 cm dan BB 90 Kg an posisi 3an di belakang, yang 2 lagi ukurannya TB 170 cm an BB 60 Kg an dan TB 160 BB 50Kg an. Posisi duduk saya sudah hampir mentok ke belakang. Komen mreka, mobil ini lega, ga ajrut2an (rada empuk) dan ga krasa kalo lagi ngebut (waktu itu jalan 140 Km/h an di Pantura dan ga krasa ngebut kata mreka). Peredaman mobil ini cukup baik meskipun bukan terbaik.

Kualitas audio nya pun lebih dari cukup untuk mobil standar dengan audio ga bermerk (beda sama Bose nya Mazda, harus enak ini audionya Mazda :big_biglaugh:). Tapi udah lebih dari cukup lah meskipun bass nya kurang nendang (belum ada subwoofer bawaan). Sistem audionya uda mengakomodir Apple car play dan android auto yang caranya harus pair bluetooth atau konek kabel data. Bisa juga setel lagu via flashdisk. Headunit nya ga bisa puter CD/DVD. Sayang belum ada sistem navigasi, meskipun bisa melalui HP yang di mirror ke head unit

Mobil ini tersedia amrest plus 2 cup holder di belakangnya, tapi 1 yang aneh, mobil ini ga ada armrest tengah yang biasanya untuk tempat penyimpanan baris depan. Apa maksudnya ya ini :mky_06: untuk material soft touch, jangan berharap banyak dalem mobil ini, jumlahnya seadanya dengan keempukan alakadarnya meskipun secara kualitas sih nampak tangguh. Ngomong soal cupholder, mobil ini punya total 8 cup holder (depan 4 blakang 4) dengan yang di pintu posisi miring, aga aneh memang tapi sejauh ini blm ada kasus minuman tumpah di mobil saya apapun minumannya.


Oh iya, salah satu fitur yang mujarab buat para peragu soal mobil yang katanya murah itu adalah adanya sunroof dengan pilihan buka atap atau sekedar dibuka dikit/tilted (buat para perokok, fitur satu ini berguna karena tanpa harus buka jendela) :big_smoking:

Khusus untuk kaca jendela belakang, mobil ini sudah tinted glass alias kacanya aga berwarna gitu, warnanya gelap kayak uda dikasi kaca film. Untuk privasi dan keamanan sih uda oke, tapi untuk kenyamanan, saya sarankan semuanya pakai kaca film clear 40% untuk mengurangi panas dari sinar matahari, gitu juga di kaca sunroof nya biar ga panas ke kabinnya.

Bagasi belakangnya juga luas, cukup untuk perjalanan lukot selama seminggu di kampung halaman plus bawa oleh2 yang bejibun itu jumlahnya dan ga karuan rupanya (mulai dari baju sampe buah2an atau apalah itu :big_slap: )

Sayangnya, untuk AC masih model analog, tingkat kedinginannya juga ga standar, kadang dingin2 banget kadang ya dingin hambar gt :mky_05:

Untuk wiper ujan, udah menganut auto rain sensing sementara yg belakang kalau kaca basah dan lg mundur, dia lgsg auto wipe.

Untuk lampu sein, posisinya kebalik sama posisi wiper mobil kebanyakan. Dia uda menganut sistem one touch on yg tinggal toel dia langsung nyala sama 4 detikan. Berguna kalau mau nyusul.

Mobil ini juga udah tersedia cruise control yg pengoperasiannya gampang.

Sementara mobil ini juga dilengkapi auto lock saat transmisi dipindah dari P ke posisi lainnya dan akan otomatis buka saat masuk lagi k P. Dilengkapi juga tombol kunci central. Dan kalo mobil ini dalem posisi mati maupun nyala sementara kunci mobil ketinggalan di dalem dan pintu kemudi abis kebuka tutup, diasumsikan pengemudi keluar mobil, dia bakal ngingetin berupa klakson kecil 2x bunyi dan kalo mobil kondisi lagi diparkir dan kita ninggalin mobil, dia bakal otomatis ngunci setelah 8 detik kita keluar dari mobil. Cukup aman.

Oh iya, untuk buka tangki bensin, mobil ini cukup tekan penutup pengisian bensin aja, dia ga ada tuas pembuka tangki pengisian

Mobil ini jg menyediakan 3 power outlet untuk ngecas gadget dan 1 soket mata 3 220v untuk ngecas laptop ato peranti lainnya.

Belum lagi MID nya lengkap, mulai dari tripmeter 1 & 2, konsumsi BBM rata2, sensor tekanan angin, pengingat kapan harus ganti oli mesin, pengingat sabuk pengaman dan sensor kecepatan live

Jok mobil ini uda semi bucket dan semi kulit sintetis. Rasanya empuk.


Performa



Ini dia yang ditunggu, gimana soal performa nya?

Mobil yang ngusung mesin Ecotec 1.4L variable valve ini tenaga maksimal nya 139 hp @6000 RPM dan torsi maksimal nya 200 Nm @3000 RPM (mohon koreksi). Mesinnya 1.4L loh, kok bisa sebanding sama rival yang 400 cc lebih gede mesinnya? Yaa karena mobil ini sudah Turbocharged alias ada turbo turbo nya gitu sementara rivalnya yang 400 cc lebih gede itu masih NA alias belum ada turbo nya. Kita skip dulu Honda CRV Turbo yang cc nya 1500an tenaganya bisa nyentuh 170 hp an tapi harganya uda diangka 400 juta keatas. Kembali ke Trax, turbo mobil ini mulai aktif di RPM c.a 1800an. Cukup kerasa turbo lag nya tapi gitu udah muter, turbo nya berasa ngasi extra power up :mky_03: ini juga jadi salah satu obat mujarab untuk para peragu yang ngatain mobil ini murah. Mana ada mobil murah tapi uda dijejali turbo di mesinnya. Yang saya tau, dulu ada mobil berturbo pabrikan negeri asal Upin Ipin yang pernah sohor di sini, setau saya lagi, waktu itu harganya juga ga murah2 amat.

Soal mesinnya, rasanya label ECOTEC di mesinnya itu ga cocok sama sekali dengan karakter mesinnya. Harusnya sesuatu yang mengandung kata ECO itu sesuatu yang irit, hemat dan cenderung pelit tenaga. Ini malah kebalikannya, tenaga mesinnya begitu dermawan, ga pelit soal tenaga kalo dibutuhkan (ga butuh juga tetep aja kasih tenaga) sementara keiritan konsumsi BBM nya ga bisa dibilang irit2 amat, malah cenderung boros untuk mobil sekelas 1.4L. Ada yang bilang kalau mesin pakai turbo pasti lebih boros dari mesin NA kaitannya sama induksi tenaga tambahan yang butuh asupan bensin berlebih makanya boros, saya juga ga tau pasti. Tapi memang, untuk mesin ukuran 1.4L rasanya tenaganya udah jauh melebihi ekspektasi. Sejauh ini, saya maksimal ngebut di kecepatan 160 Km/h itupun di RPM 4000an. Ada yang bilang harus matiin TCS biar bisa lebih dari angka itu. Cuma saya ga brani ambil resiko. Sementara dikecepatan 100 Km/h mobil ini cukup di RPM 2000an, makanya kalau mobil ini rajin lewat tol, konsumsi BBMnya bisa nyentuh 12 Km/l sementara kalau macet banget paling diangka 9 Km/l sementara kombinasi keduanya sekitar 9.7 Km/l. Itu perhitungan manual, kalau di MID selalu diangka 10.3 Km/l. Mobil ini bagusnya dikasi Pertamax Turbo atau RON 95 keatas, karena mobil ini sudah berturbo :mky_04:


Untuk kesigapan transmisi, mobil ini ga tralu bagus respon transmisinya untuk dibawa kebut, karena aga lemot responnya terlebih model tiptroniknya yang aga aneh, kadang suka ketuker mana buat shift up mana buat shift down karena ga ada lampunya kalau gelap2an. :mky_05:

Sementara untuk stop n go kelemotan transmisi ini kebantu sama dorongan tenaga dari peranti turbo nya


Untuk handling, saya rasa mobil ini ok, ga limbung tapi juga ga mantul2 alias masih dalam tahap empuk tapi masih stabil di kecepatan tinggi. Mobil ini juga minim blindspot khususnya pas lagi parkir karena mobil ini uda dilengkapi sensor parkir plus kamera parkir yang ada garis pembantu jarak dan arah mobil yang juga bisa belok ngikutin arah setir kemana arahnya. Kalo bicara fun to drive, mobil ini enak dikendarai, meskipun kalo disandingkan sama CX3 saya belum tau perbandingannya karena belum pernah coba.

Biaya perawatan

Mobil ini membutuhkan oli spesifikasi DEXOS 1 Gen 2 5W30 atau 0W30 yang punya kisaran harga 175 rb per liternya dan dibutuhkan 4 liter oli. Tiap penggantian oli disarankan juga dengan penggantian filter oli dengan harga 200 ribuan. Mobil ini memiliki interval servis sekitar 10.000 Km atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu. (Kalau gak salah) mobil ini juga gratis jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan juga garansi selama 3 taun

Kesimpulan


Mobil seharga OTR 315 juta rupiah belum termasuk diskon ini bisa dibilang lengkap (bukan terlengkap) dibandingkan rival2nya. Sebut aja auto on off lampu penerangan, auto sensing rain wiper, auto lock, one touch sign lamp, sunroof, head unit yg bisa apple car play dan android auto, MID yang lengkap, fog lamp depan belakang, kamera parkir yang bisa menunjukan arah jlannya mobil dan peringatan objek yang dekat mobil, cruise control, jok semi bucket dan semi kulit bahkan mobil ini sudah dilengkapi turbo.

Meskipun turbo di mesin ini sangat membantu dalam hal tenaga, tapi kurang bisa diandalkan dalam hal konsumsi BBM, yakni mencatat 9,5 Km/l kondisi lalin kota Bandung dengan jaŕak rata2 20-30 km per hari.

Soal biaya servis, mobil ini digratiskan (mohon koreksi) jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan garansi selama 3 taun.

Dengan sederet kelebihan diatas, Trax hanya kurang lampu xenon atau HID maupun AC digital yang menjadi kekurangannya.

Memang semua kelebihan diatas bisa ditebus dengan harga 315 juta OTR dan bisa dibilang murah bila dibandingkan rival2 sekelasnya, meskipun murah disini bukan murah ala mobil LCGC :glodak: hanya saja kelemahan produk Chevrolet adalah menyoal resale value dan after sales service. Asalkan di kota anda terdapat bengkel dan showroom Chevrolet, itu semua tidak menjadi soal.

Sekian hasil review saya. Kembali lagi, keputusan dalam membeli mobil adalah sesuai kebutuhan, budget dan impresi berkendara saat test drive. Oleh karena itu, saya sangat sarankan test drive dulu semua mobil pilihan anda sepuas yang bisa anda dapatkan dan tanyakan semua diskon dan promo yang berlaku :big_deal:
Ngenes juga ya.. Mobil 300++ disangka under 200. Padahal tampangnya kelihatan mahal lho..
:wkkk:
[emo-yesno]
Mungkin jadi seperti golf mkvi yang sering dikira seharga Jazz padahal aslinya seharga 2 jazz.

Harusnya kalau bawa orang pertama yang harus Om lakukan adalah buka sunroofnya hihihi..
:big_smoking:
:ngacir:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by Pugman »

CX-3 sepertinya pilihan paling menarik. Tapi bukannya OS akan ada versi baru yang seperti Xpander?? Mungkin itu bisa ditunggu juga Om.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by epinjose »

Kuroboy wrote: Mon Nov 13, 2017 4:05 Kalo memang sudah ingin hati pengen HRV apalagi sudah nyatu "feels" nya, rasanya langsung ambil HRV aja om.
...
Memang semua kelebihan diatas bisa ditebus dengan harga 315 juta OTR dan bisa dibilang murah bila dibandingkan rival2 sekelasnya, meskipun murah disini bukan murah ala mobil LCGC :glodak: hanya saja kelemahan produk Chevrolet adalah menyoal resale value dan after sales service. Asalkan di kota anda terdapat bengkel dan showroom Chevrolet, itu semua tidak menjadi soal.
Mantap Om Kuroboy.. fitur dan value for money nya sebetulnya oke ya dikelasnya. Bisa jd alternatif untuk saya TD nanti.
Tapi (balik lagi, subjektif) saya masih pikir2 lagi untuk meminang "uncommon" brands untuk operasional harian.

As Subject, memang condong hrv, hanya saya lg korek2 info estimasi fl nya. 3-6 bulan oke lah bisa nunggu
seandainya masih Q4 2018, ya cari alternatif wis, kesuwen.. hehe
ChZ wrote: Mon Nov 13, 2017 4:48 Naaah sama ni... saya juga kurang pede pake mobil gede macem kijang kijangan... malah klo nyetir sendiri rasanya mending bawa avanza karna lebih lincah dan lebih pede karena kecil... apalagi klo jalan berkelok - kelok.

Bukan saya benci kijang ya... hehehe... cm selera aja lebih suka mobil kecil. Mobil gede pun lebih suka sedan gede daripada SUV gede.

klo mau HRV 1.5 baru sebenernya ada opsi lain... di upgrade dikit kalo gak anti modif... performa dah beda tipis ama 1.8 kok. Pasang downpep non katalis, di remap... udah enak banget pasti.
Yup Om Chz. apalagi kalau menghuni 2nd row, enak pakai Kijang.

-intermezzo-
Tp teman di jkt malah bilang, "yakin mau bawa sendiri? mending rasain dulu skrng macet nya gimana.." :big_think:
segitunya bedanya yah dari 2-3 thn lalu?
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by fl4b1e »

Kalau COP, usul saya maksimumkan saja budgetnya. Tunggu deket desember dan ambil hrv 1.8 kalau sudah suka. Namun kalau TS hanya memiliki keluarga kecil (bertiga) go for CX-3. Sensasi berkendaranya memang jauh lebih prima dibanding hrv menurut saya.

Alternatifnya ya setuju dengan usulan teman2 sebelumnya tuk SCross fl. Lebih bagus lagi kalau dpt XTrail 2.0 sih.. hehehe..

Memang pengendalian, fitur dan FC memang penting, namun dengan posisi cuma 1 mobil, kalau menurut pendapat saya pribadi terkadang pemilihan tersebut bisa dikalahkan oleh kapasitas/kelegaan penumpang.

Sehinggs kalau TS benar ingin kapaditas 5+2 yg optimal namun kurang menyukai innova, lebih baik ambil sienta Q yang sayangnya kurang nikmat untuk ngebut menurut saya, tapi nyaman tuk di dalam kota.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Tunggu HRV facelift, atau alternatif lain?

Post by epinjose »

Sienta ndak di approve oleh dirkeu, karena ga suka model ngotak, dan nanggung 2rd row nya model bench.