Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by liemivan86 »


adrevolution wrote:
Seinget saya, shift point gigi 1->2 dan 2->3 kalo di posisi 3 lebih tinggi rpmnya ketimbang di D, makanya kalo di GNKI bensin berasa lebih ngacir di posisi 3. Di 2 sih lbh ngacir lagi tp rpm agak tinggi, dan shiftingnya berasa lbh nyentak terutama di speed rendah. Cmiiw.
Selama saya pakai Innova ortu dari 2005, sama aja sih kayaknya shift point nya. Mungkin kalo transmisi di posisi selain D, gaya setir berubah, karena mengharapkan tenaga lebih, jadi injak gas lebih dalam, Akhir nya shift point berubah. Mungkin ya...

Oh, sama engine brake jauh lebih terasa di gigi posisi selain D. Kalo di D ngeloyor aja tanpa ada engine brake sama sekali.

Yang malah lucu, kalo lihat gaya setir sopir di Jepang. Beberapa sopir hi ace yang saya lihat, untuk membantu rem, mereka pakai engine brake, jadi sambil di rem masuk ke gigi 3, 2, lalu masuk D lagi. Dan ini dilakukan setiap kali rem. Kalo saya sih sayang transmisi nya ya kalo dipakai gitu..
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by PRBS »

liemivan86 wrote: Sat Oct 07, 2017 3:46
adrevolution wrote:
Seinget saya, shift point gigi 1->2 dan 2->3 kalo di posisi 3 lebih tinggi rpmnya ketimbang di D, makanya kalo di GNKI bensin berasa lebih ngacir di posisi 3. Di 2 sih lbh ngacir lagi tp rpm agak tinggi, dan shiftingnya berasa lbh nyentak terutama di speed rendah. Cmiiw.
Selama saya pakai Innova ortu dari 2005, sama aja sih kayaknya shift point nya. Mungkin kalo transmisi di posisi selain D, gaya setir berubah, karena mengharapkan tenaga lebih, jadi injak gas lebih dalam, Akhir nya shift point berubah. Mungkin ya...

Oh, sama engine brake jauh lebih terasa di gigi posisi selain D. Kalo di D ngeloyor aja tanpa ada engine brake sama sekali.

Yang malah lucu, kalo lihat gaya setir sopir di Jepang. Beberapa sopir hi ace yang saya lihat, untuk membantu rem, mereka pakai engine brake, jadi sambil di rem masuk ke gigi 3, 2, lalu masuk D lagi. Dan ini dilakukan setiap kali rem. Kalo saya sih sayang transmisi nya ya kalo dipakai gitu..
Di SG juga gitu, taxi drivernya hobi mainin gear levernya.. dan ga segan2 untuk kickdown.. pernah iseng intip km nya udah tinggi2 bgt..

Beda dengan taxi di jepang (yg black cab, not yellow one) alus2 bawanya.. kayknya dia pantengin trus di D ( ga mainin gear)
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by liemivan86 »


PRBS wrote:
Di SG juga gitu, taxi drivernya hobi mainin gear levernya.. dan ga segan2 untuk kickdown.. pernah iseng intip km nya udah tinggi2 bgt..

Beda dengan taxi di jepang (yg black cab, not yellow one) alus2 bawanya.. kayknya dia pantengin trus di D ( ga mainin gear)
Taksi Jepang yang hitam ada beberapa yang turun in gigi untuk engine brake juga. Saya pernah dapat beberapa sopir yang seperti itu. Jadi itu tuas transmisi digeser2 terus.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 748
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by doge »

liemivan86 wrote: Sat Oct 07, 2017 3:46
adrevolution wrote:
Seinget saya, shift point gigi 1->2 dan 2->3 kalo di posisi 3 lebih tinggi rpmnya ketimbang di D, makanya kalo di GNKI bensin berasa lebih ngacir di posisi 3. Di 2 sih lbh ngacir lagi tp rpm agak tinggi, dan shiftingnya berasa lbh nyentak terutama di speed rendah. Cmiiw.
Selama saya pakai Innova ortu dari 2005, sama aja sih kayaknya shift point nya. Mungkin kalo transmisi di posisi selain D, gaya setir berubah, karena mengharapkan tenaga lebih, jadi injak gas lebih dalam, Akhir nya shift point berubah. Mungkin ya...

Oh, sama engine brake jauh lebih terasa di gigi posisi selain D. Kalo di D ngeloyor aja tanpa ada engine brake sama sekali.

Yang malah lucu, kalo lihat gaya setir sopir di Jepang. Beberapa sopir hi ace yang saya lihat, untuk membantu rem, mereka pakai engine brake, jadi sambil di rem masuk ke gigi 3, 2, lalu masuk D lagi. Dan ini dilakukan setiap kali rem. Kalo saya sih sayang transmisi nya ya kalo dipakai gitu..
Shift point itu tergantung injekan gas...
Yg beda itu klo taro D, begitu nyentuh 2rb rpm dan injekan gas sedikit, lsg masuk overdrive (gigi 4)
Klo taro 3, kan g msk overdrive (paling mentok di gigi 3), jd rpmnya agak tinggi drpd posisi D, dan mulai masuk area power/torque bandnya mesin... makanya kerasa enak larinya
Apalagi klo mesinnya bensin NA, cenderung peaky (ga digeber ga lari)

Klo engine brake mah geared a/t itu sm aja kyk manual... makin rendah giginya makin kuat engine brakenya

Klo matic, engine brake cm pake pas downhill, biar remnya g kepanasan
Selain itu jangan... gnti kampas matic lebih mahal dr kampas rem

Btw aku bru tw klo matic ipah taro 2 itu emg nyentak shiftingnya... aku kira maticnya mobil kluargaku mulai rusak ahahaha
:ngacir:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by carlzeiss »

Freed : selalu D , mau itu nyalip, santai atau tanjakan curam pun ga pernah gonta ganti, toh awet aja kuat pulan

GE8 : Jalan santai cruising dan jalan biasa pake D , kalo lagi semangat 45 pake S mainin paddle shift

RU1 : pake D all the way, cvt mah mau pake gigi apapun kayanya sama aja , jd D aja deh males pindah pindah
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by DOHC »

cvt hrv kl mau asik nyetir ala kimi raikonnen sehh biasa ane taruh di S... enak denger rpm tinggi... kl di D, dikit2 ud shifting... berasa mesin ga nyala
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by Gasoline24 »

ane biasanya kalo macet tak pindah ke 3, selain itu di D. kecuali nanjak parah baru maen di 3 or 2....jarang banget kalo sampe L
semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by semesta »

Ane sekarang mulai coba terapin:
1. Sebelum starter atau nyalain mesin gigi pindah dari P ke N.
2. Sebelum matiin mesin atau parkir, gigi N lalu matikan mesin dan baru pindah gigi ke P.

Maksudnya untuk memperkecil frekuensi penggunaan gigi R akibat perpindahan singkat dari N ke P...
Gimana menurut rekan-rekan?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by nugroho bagor »

semesta wrote: Tue Oct 10, 2017 23:05 Ane sekarang mulai coba terapin:
1. Sebelum starter atau nyalain mesin gigi pindah dari P ke N.
2. Sebelum matiin mesin atau parkir, gigi N lalu matikan mesin dan baru pindah gigi ke P.

Maksudnya untuk memperkecil frekuensi penggunaan gigi R akibat perpindahan singkat dari N ke P...
Gimana menurut rekan-rekan?
Sama,Om ,saya ritualnya juga begitu
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by liemivan86 »

semesta wrote:Ane sekarang mulai coba terapin:
1. Sebelum starter atau nyalain mesin gigi pindah dari P ke N.
2. Sebelum matiin mesin atau parkir, gigi N lalu matikan mesin dan baru pindah gigi ke P.

Maksudnya untuk memperkecil frekuensi penggunaan gigi R akibat perpindahan singkat dari N ke P...
Gimana menurut rekan-rekan?
Tidak terlalu signifikan lah. Saya dan papa saya pakai Innova 2005, sampai dijual tahun 2013 kalo tidak salah, sudah jalan 270rb km, dengan gaya setelah sampai di tujuan, dari D masuk N, setelah mobil berhenti, langsung P. Dan transmisi masih baik-baik saja sampai dijual.

Kalo dari N langsung masuk ke P, kan R tidak sempat engage, jadi ya tidak terlalu berpengaruh. Seandainya sempat engage pun, tidak terlalu bermasalah sih, memang desain nya begitu, P ditaruh setelah R.

Enak ganti Mercedes-Benz aja, dari N bisa langsung ke P tanpa melewati R. Ha2...
SAP
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Jan 25, 2017 22:10

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by SAP »

1 & 2. Hampir selalu di D, pindah ke S kalau tanjakan atau turunan.
3. D sudah cukup untuk cruising dan selap selip di jalan datar. Pindah ke S biar lebih enak waktu tanjakan dan mengurangi kerja rem waktu turunan.
4. N>R atau N>D selalu injak rem dan posisi berhenti. D>S atau S>D tidak injak rem saat mobil jalan.
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by antonyaulia »

Karena pake matic baru sebulan, ya biasanya cuman pake D aja, pindah ke mode sport kalo lagi pingin aja pas jalanan lancar, Kalo berhenti, lampu merah atau macet ya pindah N. pindah ke P kalo bener2 matikan mesin.
semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by semesta »

dear rekans, gimana caranya kalau mobil kita diposisi tanjakan, tranmisi kalau di N dan rem tangan mobil jadi mundur,,, apa sebaiknya :
1. tuas tetap di N, rem tangan dan rem kaki? (kalau macet panjang dan lama lumayan kaki pegel);
2. tuas di D sambil pake rem tangan; atau
3. tuas di P tanpa rem tangan atau kaki?

kalau tuas di P, takut juga transmisi gampang rusak, soalnya pasti kita selalu ngelewatin mode R untuk nunggu sedikit ditanjakan???

apa yang lebih baik ya rekan2???
atau rekan2 semuanya punya cara yang lebih baik???

terima kasih sebelumya ya rekan2...
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by imansyx »

semesta wrote: Tue Apr 03, 2018 16:31 dear rekans, gimana caranya kalau mobil kita diposisi tanjakan, tranmisi kalau di N dan rem tangan mobil jadi mundur,,, apa sebaiknya :
1. tuas tetap di N, rem tangan dan rem kaki? (kalau macet panjang dan lama lumayan kaki pegel);
2. tuas di D sambil pake rem tangan; atau
3. tuas di P tanpa rem tangan atau kaki?

kalau tuas di P, takut juga transmisi gampang rusak, soalnya pasti kita selalu ngelewatin mode R untuk nunggu sedikit ditanjakan???

apa yang lebih baik ya rekan2???
atau rekan2 semuanya punya cara yang lebih baik???

terima kasih sebelumya ya rekan2...
Servis remnya om, lebih murah kalo sampe maticnya kenapa2 :ngacir:

Parkir saya dirumah tiap hari nanjak di garasi, ritualnya dari D masuk ke N, di rem tangan, pindah ke P...hal sama juga saya terapin kalo macet nanjak minus P tapi.. sempet bbrp kali saya perhatiin diinjek habis rem tangannya tapi melorot dikit, yaudah servis rem sekalian bersih2 en rotasi cuma 75ribu...