Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

semesta
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 187
Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10

Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by semesta »

Halo rekan-rekan serayamotor semuanya,,,

Ane belakangan ini suka merhatiin gaya orang-orang menggunakan transmisi matic...

Sebagian orang ada yang cuman mantengin transmisi di D pas jalan,, Alasannya karena males mindahin selain itu memang fungsi transmisi matic yang bisa menyesuaikan sendiri...

Ada juga yang suka pindah mindahin transmisi pas lagi jalan,,, alasannya buat performa mobil sesuai dengan kehendak kita,,, selain untuk sirkulasi transmisi matic itu sendiri...

Ane pernah nanya juga ke beres tentang penggunaan transmisi matic yang baik,,, ada yang bilang pantengin aja D kalau enggak butuh banget dipindahin ke gigi lain,,, alasannya takut merusak sistem komputer yang ada di transmisi selain mempercepat tipisnya kanvas...

Tapi ada yang bilang juga harus sering-sering di ganti ganti,,, supaya transmisi matic lebih awet dan Oli terus bersirkulasi ..

Gimana kalau rekan-rekan semuanya,
1. Apakah transmisi yang digunakan selalu D atau selalu dipindah-pindah in?
2. Kalau sering dipindah-pindah in, seberapa sering dan kalau kondisi jalan seperti apa?
3. Apa alasannya rekans menggunakan gaya transmisi tersebut?
4. Apa selalu injek rem atau mobil berhenti sebelum berpindah gigi?

Kalau ane:
1. Selalu di D.
2. Pindahin sekali-kali aja kalau tanjakan curam...
3. Transmisi matic lebih pintar dari kita jadi gak perlu repot-repot. Meskipun ane nggak tahu penggunaan transmisi matic yang baik..?
4. Injek rem dan mobil harus berhenti

Mohon tanggapannya,,, Semoga bisa jadi manfaat kita bersama dalam menjaga keawetan transmisi matic mobil kita semua....
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri May 19, 2017 14:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by Herdy999 »

1. hampir sering
2. nanjak n jogging manteng rpm 4000 buat bersihin ruang bakar di toll
3. hari gini di jabodetabek pake manual buat daily omg
4. kalau denger di otomotif sonora kalau brenti lama sambil rem dan pindah di N kalau bentar D gpp. biar gak hentak katanya.
CMIIW
Telordadar
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun Sep 18, 2016 2:59

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by Telordadar »

1. Seringan di D
2. Pindah ke S kalau tanjakan panjang
3. Capek kalau manual apalagi di jabodetabek
4. Kalau lg berenti agak lama (lampu merah) injek rem pindah dari D ke N. Kalau lg tanjakan dari D pindah ke S ga pake injek rem.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by PRBS »

1. kalau di mobil pribadi, selalu manteng di D, 3 tahun pemakaian bisa dihitung jari buat pindah ke gear L. Btw, supir kantor suka bgt pindah2in gear D3 ke D ( atau sebaliknya), katanya sih biar lebih narik.. jadi logikanya dia D3 itu macam gigi 1 di matic.. kalo D3 udah sampe 50kpj barulah dia pindah ke D.

Sebenarnya itu boleh ga sih? Oiya mobil kantornya innova 2KD.

2. Kalo saya pribadi di mobil sendiri, males aja pindah2in gear.. toh isinya cuma p-r-n-d-l hahaha

3. Mobil pilihan keluarga saya ga ada manualnya.. tapi jadi makin suka ke matic sih

4. Ini rada ga mudeng pertanyaannya.. mungkin maksudnya pas berhenti posisi gear level di N atau P ya? Kalau saya, misal berhenti lebih dari 30detik, pindah ke N.. entah itu parkir atau pas macet.. (dengan kondisi mesin menyala ya). Biar oli sirkulasi..

CMIIW, masih kurang pro sebagai matic user
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by kenop »

1 dan 2. selalu di D, kecuali tanjakan ato turunan, bs ke D3 (O/D off) ato 2 ato L, tergantung sikon aja
3. uda punya mobil matic dinikmati aja, kl masih harus pindah2 terus (dijalanan rata), mau ngapain beli matic hoho
4. ini sy kurang paham pertanyaan nya
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by doge »

Klo 4at sering D <->3... biar bs lari... klo cm cruising ya D

Klo 5at taro D saja, kecuali bner" butuh ngacir

Cvt... taro D, klo butuh nyelip klik O/D off

Klo stop >10dtk masuk N (males nahan pedal rem... kecuali klo lg capek mikir)
Q
Pindah gigi? D <-> 3 <-> 2 <-> L on the fly
Selain itu ya injek rem full smpe standstill baru pindah ke R/N
Klo mw ke P malah ke N dlu, aktifin e-brake, klo mbl sdh standstill masuk P (biar g susah mindah dr P)
:ngacir:
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by geofreyap »

1. Selalu di D. Pindah N kalau lagi berhenti di traffic & menepi sebentar. Pindah P kalau mau benar2 Parkir & meninggalkan mobil.

2. Pindah ke mode manual / turun ke gear rendah hanya saat di jalan turun, biar dapet engine brake.

3. Alasannya? Karena ini matic. And its supposed to be that way :D

4. Kalau dari N ke D ( Dan gear yg forward lainnya) ataupun sebaliknya, oe jarang injak rem. Sisanya, harus injak rem sampai berhenti total, baru shift.
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by classicrock »

Jawab berdasarkan transmisi matic 4 speed konvensional ya om:

1. Kalo untuk di jalan perkotaan saya pakai D terus. Tipikal pengendara santai juga soalnya. Biarkan transmisi yang mikir.

2. Dipindahin tergantung kebutuhan, kalau udah ketemu jalan naik turun tanjakan ya dipindahin. Misal perlu engine brake ya dipindah ke 3 atau bisa O/D Off atau kalo turunan kelewat curam ya ke 2 atau L. Mau nyalip di tanjakan ya bisa pilih kickdown atau saya pindahkan ke gigi lebih rendah.

3. Alasan pindah pindah gigi ya tergantung kondisi jalan yang dihadapi. Kalo alasan pake matic ya karena saya udah kelelahan kalo harus pake manual.

4. Dari P ke R dan sebaliknya, R ke N dan sebaliknya, N ke D dan sebaliknya ya selalu injak rem alias kendaraan berhenti.

Kalo dari D ke 3, 2, L dan sebaliknya ya pindah aja sambil mobil jalan (disesuaikan sama kondisi medan jalan dan kecepatan bila memang perlu pindah).
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by Herman7103 »

1. Pasti selalu di D utk jalan rata serta tanjakan tidak curam. Kalau dari bawah ada cukup ancang ancang juga D utk tanjakan curam yg jalannya naik lurus dan mobil di dpn mobil kita dlm jarak aman atau udh nyampe dekat puncak tanjakan.
2. Transmisi di L untuk naik tanjakan atau turun turunan yg sangat curam serta jalannya pas pas an lalu nikung patah pula dan mobil di dpn mobil kita juga jalannya sdh pelan. Dipindahkan dari D ke N & tarik hand break utk berhenti di lampu merah atau jalan macet parah sehingga berhenti bisa lbh dari 15 dtk. Pindah P utk parkir tapi kalau tukang parkir minta transmisi di netralin maka stlh P lalu matiin mesin colokin kunci utk pindah N biar bisa digeser mobilnya.
3. Lebih enjoy dan menikmati denger lagu kesukaan dlm mobil krn ngak mikirin kopling lg dan saat kondisi jalan macet pendapat pribadi saya lebih ngak pegel di banding pake MT dan trend ke depan pabrikan mobil ke matic semua sehingga yg MT tinggal sedikit jadinya.
4. Tergantung situasinya kalau situasi aman dgn liat spion kalau dibelakang mobil kita safe utk melakukannya ya berhenti dulu lalu pindah gigi.


:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by liat2aja »

1. Waktu pakai Freed 2012, kebanyakan di D, jika tanjakan curam saya pindahkan ke L dalam posisi mobil berhenti atau pelan. Sekarang pakai Sienta 2016 jika posisi saat nanjak mendadak kehilangan momentum (bahasanya sesuai tidak ya?) saya langsung pindah ke Manual biasanya dapat M2 atau M3 dan saya tahan posisi tersebut setelah lewat tanjakan baru pindah ke D. Mohon koreksi saya jika cara tsb salah
2 dan 3. Termasuk jarang dipindah sih (kecuali dalam posisi seperti dijelaskan di no 1).
4. Kebanyakan memang posisi mobil berhenti dan injak rem, tapi seperti yg saya sebutkan di no 1, saat tanjakan dan mobil terhambat, saya pindahkan mode D ke Manual saat mobil berjalan kecepatan ya mungkin 40 km per jam
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by ricz »

Karena gerobak crossover butut punya ortu nubie adanya PRNDS (S ada manual mode di paddleshift) dan nubie termasuk sering nyupir itu mobil maka :
1. Selalu panteng D
2. Kalo ingin nyalip mobil depan ato ingin kencang suka pindah S, tp ga mainin manual modenya
3. Buat apa repot” pindahin kalo ga perlu2 banget misalnya nanjak ato mau nyalip, kaya orang kurang kerjaan....
4. Selalu injak rem, kalo D ke S ga pernah injak rem
2021 Fortuner VRZ
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by octafiantos »

Pake E36.
1. Transmisinya P-R-N-D-4-3-2 dan tombol S(port)-E(cono)-Gambar Ice (Winter)
Transmisi geared AT 5 speed. Kalo nyetir selalu pake D, ga pindah ke 4-3-2.
2. Cuma pindah tombol lain, ke S.
Kalo butuh power iseng, pindah S. Kalo flat pedal D maksimum shifting sebelum 5000, kalo S redlinenya di 6250 baru gearnya shifting. Berhenti lama pindah N. Ga pernah -bukan ga pernah sih, kalo cuma buat nyoba doang pernah- iseng buat 2-3-4-D.
3. Ya karena butuh :p
4. Selalu injak rem, karena powernya berasa. Kalo ngga direm nyelonong maju atau mundur.

Pake CVT ga pindah pindah. D aja, belum pernah coba dan belum butuh pake S.
CVTnya BRV lumayan pinter menurut saya. Belum ngerasa butuh buat pindah pindah meskipun di Cipularang.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
mamat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Thu Jul 23, 2009 12:03
Location: +62

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by mamat »

1. Selalu di D, lampu merah atau macet tetap di D, jarang jarang banget kalau lampu merah atau macet di N.

2 dan 3. Jarang pindah pindahin kecuali 2 kondisi, butuh tenaga yang instant atau butuh engine breake, baru mainin triptonic atau turun ke 2 atau L.

4. Kalau dari P/N > D/R selalu pakai rem, kecuali dari ke D > 3/2/L langsung aja.
powered by B20VTEC kick in yoo :mky_08:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by liemivan86 »


PRBS wrote:1. kalau di mobil pribadi, selalu manteng di D, 3 tahun pemakaian bisa dihitung jari buat pindah ke gear L. Btw, supir kantor suka bgt pindah2in gear D3 ke D ( atau sebaliknya), katanya sih biar lebih narik.. jadi logikanya dia D3 itu macam gigi 1 di matic.. kalo D3 udah sampe 50kpj barulah dia pindah ke D.

Sebenarnya itu boleh ga sih? Oiya mobil kantornya innova 2KD.
Innova transmisi nya kan P-R-N-D-3-2-L. Logika sopir nya kurang benar sih. Intinya gini:
Posisi L: gigi 1 saja
Posisi 2: gigi 1-2
Posisi 3: gigi 1-3
Posisi D: gigi 1-4

Jadi kalo mau narik, seharusnya masukkan 2 aja, jangan 3. Gigi 3 di Innova jalan 50 km/jam ya tidak terlalu pengaruh.

Gigi 3 itu dipakai kalo kita jalan 80 km/jam di D (seharusnya posisi gigi sudah 4 atau overdrive) , lalu tiba-tiba mau salip mobil depan, perlu tenaga lebih, pindah ke 3, supaya turun ke gigi 3, salip, balik ke D, gigi kembali ke 4 supaya rpm turun dan lebih irit.
aabx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
Location: Batavia

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by aabx »

Kalo keawetan ane percaya 3 hal:
- Pindah dari N ke D kasih waktu buat transmisi buat masuk "sepenuhnya", jadi baru injek gas sekitar 2-3 detikan setelah tuas masuk. Kalau agak buru2 (biasanya meleng ngeliat mobil depan udah jauh) masuk D, langsung angkat rem (kadang juga gak pake injek rem), tapi gas tetep nunggu dulu sebelom diinjak.
- D ke R dan sebaliknya, dan masuk P, nunggu roda berhenti total
- Masuk P setelah N, tarik rem tangan, angkat pedal rem, baru pindahin ke P. Fungsinya setau ane biar bobot mobil di parkir tanjakan/turunan ditahan sama rem tangan, bukan transmisi.

1. Hampir selalu D, pindah seperlunya, toh setelah ganti2 mobil matik punya ortu ane rasain lebih kenceng kalau gaspol untuk flat out tanpa main tuas, shifting juga lebih halus. Untuk nyalip2 yang masih ada ngeremnya ane pindah tuas karena ngandelin kickdown kelamaan :big_peace:
2. Jalanan pegunungan/parkiran mall ekstrim, entah buat nanjak atau nyari engine brake, nyalip2 di poin 1
3. Berarti ini driving style pas kickdown ya, ane ngerasa otaknya si matik lebih tau batasannya, jadi mau gaspol kayak apapun nantinya bakal dilimit sama si otaknya matik.
4. Udah terjawab di atas ya
teppey
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by teppey »

Jangan pindah antara D dan R sebelum mobil benar benar berhenti.

Kalau berhenti pindahkan ke N supaya transmission ga overheating.
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by adrevolution »

1&2. Nyetir dalkot biasa ya kalo jalan di D, berenti di N, except kalo spirited driving ya pindah2 atau pake mode manual. Kalo lukot tergantung mobilnya, nyetir GNKI pasti pindah2 D-3-2-L tergantung jalannya, karena TCM nya rada bolot. Kalo nyetir M2 lama juga pindah2 utk power yg optimal, biar kata TCM nya rada pinter tp karena cuma 4 speed ya wajib pindah2 dan main hold gear via tombol utk power optimal. Nah kalo nyetir GK5 CVT bener2 gak perlu pindah2, bejek langsung ngacir dgn halus. Oh ya kalo di tol juga ketika rem agak mendadak dibarengi dgn downshift, turun brp giginya tergantung speed saat itu dan seberapa mendadak ngeremnya, baik nurunin gigi via persneling atau pencet paddle shift buat engine brake supaya gak terlalu nukik mobilnya.

3. Kalo saya, prinsipnya TCM kadang gak lebih pinter dari otak kita, apalagi di matic2 lama. Bisa aja sih kickdown, tapi kurang nyaman karena biasanya ada yg hrs digas dalem baru kickdown, jadi kaget. Disamping itu juga kalo spirited driving, ada sensasi yg beda kalau shifting manual, even itu virtual gears dari CVT.

4. Kalo P ke posisi manapun dan dari posisi manapun, iya dong, kalo gak injek rem gak bisa ganti posisi shifter hahaha. Kalo dari R ke P, N atau D juga wajib berenti & injek rem. Tapi kalo dari N ke D atau posisi shifter manapun yg buat jalan maju, situasional, normalnya injek rem, tapi kalo kyk nanjak biasanya gak injek rem, biar rem tangan ngehold aja, kaki udah siap di pedal gas utk kasih torsi lebih buat nanjak. Lain cerita kalo pindah dari D ke S, atau ke 3, 2, L, itu ngapain berenti dulu, pindahin aja asalkan speednya pas utk posisi gigi tsb (nyetir matic tp mindset manual, hrs hapal kira2 rasio giginya).
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by adrevolution »

liemivan86 wrote: Fri Oct 06, 2017 17:44
PRBS wrote:1. kalau di mobil pribadi, selalu manteng di D, 3 tahun pemakaian bisa dihitung jari buat pindah ke gear L. Btw, supir kantor suka bgt pindah2in gear D3 ke D ( atau sebaliknya), katanya sih biar lebih narik.. jadi logikanya dia D3 itu macam gigi 1 di matic.. kalo D3 udah sampe 50kpj barulah dia pindah ke D.

Sebenarnya itu boleh ga sih? Oiya mobil kantornya innova 2KD.
Innova transmisi nya kan P-R-N-D-3-2-L. Logika sopir nya kurang benar sih. Intinya gini:
Posisi L: gigi 1 saja
Posisi 2: gigi 1-2
Posisi 3: gigi 1-3
Posisi D: gigi 1-4

Jadi kalo mau narik, seharusnya masukkan 2 aja, jangan 3. Gigi 3 di Innova jalan 50 km/jam ya tidak terlalu pengaruh.

Gigi 3 itu dipakai kalo kita jalan 80 km/jam di D (seharusnya posisi gigi sudah 4 atau overdrive) , lalu tiba-tiba mau salip mobil depan, perlu tenaga lebih, pindah ke 3, supaya turun ke gigi 3, salip, balik ke D, gigi kembali ke 4 supaya rpm turun dan lebih irit.
Seinget saya, shift point gigi 1->2 dan 2->3 kalo di posisi 3 lebih tinggi rpmnya ketimbang di D, makanya kalo di GNKI bensin berasa lebih ngacir di posisi 3. Di 2 sih lbh ngacir lagi tp rpm agak tinggi, dan shiftingnya berasa lbh nyentak terutama di speed rendah. Cmiiw.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
danielkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sun Aug 17, 2014 7:43

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by danielkt »

semesta wrote: Fri Oct 06, 2017 12:30 Halo rekan-rekan serayamotor semuanya,,,

Ane belakangan ini suka merhatiin gaya orang-orang menggunakan transmisi matic...

Sebagian orang ada yang cuman mantengin transmisi di D pas jalan,, Alasannya karena males mindahin selain itu memang fungsi transmisi matic yang bisa menyesuaikan sendiri...

Ada juga yang suka pindah mindahin transmisi pas lagi jalan,,, alasannya buat performa mobil sesuai dengan kehendak kita,,, selain untuk sirkulasi transmisi matic itu sendiri...

Ane pernah nanya juga ke beres tentang penggunaan transmisi matic yang baik,,, ada yang bilang pantengin aja D kalau enggak butuh banget dipindahin ke gigi lain,,, alasannya takut merusak sistem komputer yang ada di transmisi selain mempercepat tipisnya kanvas...

Tapi ada yang bilang juga harus sering-sering di ganti ganti,,, supaya transmisi matic lebih awet dan Oli terus bersirkulasi ..

Gimana kalau rekan-rekan semuanya,
1. Apakah transmisi yang digunakan selalu D atau selalu dipindah-pindah in?
>> Kebanyakan D dan tidak pindah2, kecuali berenti lama (lebih dari 1 menit) pindah ke N


2. Kalau sering dipindah-pindah in, seberapa sering dan kalau kondisi jalan seperti apa?
>> Kalau saya terutama saat turunan curam --> untuk engine break

3. Apa alasannya rekans menggunakan gaya transmisi tersebut?
>> Ya begitu, memang untuk memudahkan & sesuai kondisi

4. Apa selalu injek rem atau mobil berhenti sebelum berpindah gigi?
>> Berhenti dulu sebelum pindah dari D ke R.
Dan satu lagi, waktu mau parkir mobil berhenti, tarik rem tangan dan baru ke P. Tujuannya supaya bukan transmisi yg nahan beban mobil waktu berhenti, apalagi kalau parkirnya di jalan curam/nanjak.


Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by Yonatanw »

Kalau di GE

1&2 : selalu di D, kecuali butuh power secara instan teken paddle shift (-) 1x, tapi tetep di D.
3: supaya ga usah tekan gas dalam2 kalau butuh power
4. Kalau N ke D, iya
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by efact »

Ikutan share gaya saya om..

1. Apakah transmisi yang digunakan selalu D atau selalu dipindah-pindah in?
Selalu D kalo lagi jalan normal, dipindah2in ke tiptronic kalo lgi pengen sekedar iseng aja,
2. Kalau sering dipindah-pindah in, seberapa sering dan kalau kondisi jalan seperti apa?
Umumnya di highway kalo pengen ngebut, atau di jalan perbukitan yang kontur nya naik turun
3. Apa alasannya rekans menggunakan gaya transmisi tersebut?
kalo di highway simply iseng biar berasa manual,
kalo di jalan naik supaya transmisi nya ga bingung gonta ganti gigi,
kalo di jalan menurun supaya ada efek engine brake ga nyelosor aja ngandelin rem
4. Apa selalu injek rem atau mobil berhenti sebelum berpindah gigi?
ga pernah sama sekali klo khusus nginjek rem hanya untuk pindah gigi nya
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by nugroho bagor »

Ada point pentingnya:

1.Kalau manasin di N, biar bisa sirkulasi
2.Kalau berhenti pindah ke N,alasannya biar sirkulasi
3.Mematikan mesin di N dalam kondisi benar2 berhenti
Baru pindah ke P
4.Kalau jalan menurun jangan di D , mobil meluncur,
Di bantu rem-pun mobil bisa melintir,pindah gigi
Untuk engine break
5.Oli Atf yah per 20 - 30 K ganti olilah
Mumpung discount 52% (lupakan just joke)
6.Injak rem setiap perpindahan jangan lupa
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by Pugman »

nugroho bagor wrote: Sat Oct 07, 2017 2:19 Ada point pentingnya:

1.Kalau manasin di N, biar bisa sirkulasi
2.Kalau berhenti pindah ke N,alasannya biar sirkulasi
3.Mematikan mesin di N dalam kondisi benar2 berhenti
Baru pindah ke P
4.Kalau jalan menurun jangan di D , mobil meluncur,
Di bantu rem-pun mobil bisa melintir,pindah gigi
Untuk engine break
5.Oli Atf yah per 20 - 30 K ganti olilah
Mumpung discount 52% (lupakan just joke)
6.Injak rem setiap perpindahan jangan lupa
Gitu ya Om? Hehe.. Nice sharing.

Berhubung mobil saya manual jadi patokan saya bawa mobil matic ya asal jangan lewat redline rpm aja dan juga tergantung tipe maticnya. Kalau macam fortuner yang punya torsi gede saya ga pernah pindah dari D, pakai Yaris juga hanya di D. Tapi kalau macam Honda jazz RS atau peugeot saya hanya pakai 2 mode, kalau macet di D kalau lancar di M(manual stepteonic).
Dan seperti Om Nug bilang, kalau lagi berhenti macet selalu saya taruh di N.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by PRBS »

liemivan86 wrote: Fri Oct 06, 2017 17:44
PRBS wrote:1. kalau di mobil pribadi, selalu manteng di D, 3 tahun pemakaian bisa dihitung jari buat pindah ke gear L. Btw, supir kantor suka bgt pindah2in gear D3 ke D ( atau sebaliknya), katanya sih biar lebih narik.. jadi logikanya dia D3 itu macam gigi 1 di matic.. kalo D3 udah sampe 50kpj barulah dia pindah ke D.

Sebenarnya itu boleh ga sih? Oiya mobil kantornya innova 2KD.
Innova transmisi nya kan P-R-N-D-3-2-L. Logika sopir nya kurang benar sih. Intinya gini:
Posisi L: gigi 1 saja
Posisi 2: gigi 1-2
Posisi 3: gigi 1-3
Posisi D: gigi 1-4

Jadi kalo mau narik, seharusnya masukkan 2 aja, jangan 3. Gigi 3 di Innova jalan 50 km/jam ya tidak terlalu pengaruh.

Gigi 3 itu dipakai kalo kita jalan 80 km/jam di D (seharusnya posisi gigi sudah 4 atau overdrive) , lalu tiba-tiba mau salip mobil depan, perlu tenaga lebih, pindah ke 3, supaya turun ke gigi 3, salip, balik ke D, gigi kembali ke 4 supaya rpm turun dan lebih irit.

Oh i seee.. thanks infonya.. membantu sekali.. soalnya baru 2 kali punya cvt, dan matic jadul (cheroqee)
Makanya agak aneh dan kaget aja lihat supir kantor saya seperti itu.
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: Gimana Gaya Rekans Menggunakan Tranmisi Matic?

Post by ABEDUL »

Kalau pake XV50 butut ane, pakai semua shifter atau tiptronic yang ada. Jika lewat jalan biasa baik ada tanjakan yang curam atau menyalip mobil di depan cukup di D. Karena automaticnya sudah cukup pintar dan tidak pernah kehilangan torsi apalagi kehilangan momen untuk menyalip.
Kemudian jika lewat tol, pasti pakai shift L. Alasan, karena kangen hentakan mobil manual, agar terobati kangen tersebut.

Selama pakai XV50 sejauh 80rb KM baru sekali kuras oli transmisi di KM 40rb sekian.