Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 187
- Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10
Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Hallo Agan-Agan Seraya motor semuanya,,,
belakangan ini ane baca-baca artikel di internet kalau avanza/xenia memiliki sistem kompresi mesin 11.1 yang artinya mobil2 ini membutuhkan bensin bergizi sekelas pertamax plus (oktan 95) minimal,,,
Tapi pas ane baca-baca manual book mobil ane sendiri (xenia all new 1,3 th 2012) bahan bakar yang direkomendasikan minimal oktan 90 (itu berarti pertalit) untuk menghindari kerusakan mesin atau ngelitik...
Kalau ngeliat fakta kompresi besar sama anjuran manual book kayaknya kok timpang banget ya..?
Lebih parah lagi banyak yang pake premium buat mobil ini dan anenya mobilnya gak bermasalah (gak tau juga kalau jangka panjang)...
Apa ada agan-agan yang pernah ngebandingin performa mesin ketika dikasi premium, pertalit, pertamax dan pertamax plus???
dan apakah performa mesin masih tetep ok dengan jenis BBM yang Agan-Agan pake?
apa ada agan yang pernah coba make pertamax plus sesuai dengan kompresi mesin,,, apa itu jauh lebih baik performenb nya??
sementara ini ane baru coba pake premium, pertalit, dan pertamax di 2 mobil ane,,, hasilnya pake pertamax kinerja ok dan ngelitik berkurang...
ditunggu ya pengalaman-pengalaman Agan-Agan semuannya...
Sent from my SM-E500H
belakangan ini ane baca-baca artikel di internet kalau avanza/xenia memiliki sistem kompresi mesin 11.1 yang artinya mobil2 ini membutuhkan bensin bergizi sekelas pertamax plus (oktan 95) minimal,,,
Tapi pas ane baca-baca manual book mobil ane sendiri (xenia all new 1,3 th 2012) bahan bakar yang direkomendasikan minimal oktan 90 (itu berarti pertalit) untuk menghindari kerusakan mesin atau ngelitik...
Kalau ngeliat fakta kompresi besar sama anjuran manual book kayaknya kok timpang banget ya..?
Lebih parah lagi banyak yang pake premium buat mobil ini dan anenya mobilnya gak bermasalah (gak tau juga kalau jangka panjang)...
Apa ada agan-agan yang pernah ngebandingin performa mesin ketika dikasi premium, pertalit, pertamax dan pertamax plus???
dan apakah performa mesin masih tetep ok dengan jenis BBM yang Agan-Agan pake?
apa ada agan yang pernah coba make pertamax plus sesuai dengan kompresi mesin,,, apa itu jauh lebih baik performenb nya??
sementara ini ane baru coba pake premium, pertalit, dan pertamax di 2 mobil ane,,, hasilnya pake pertamax kinerja ok dan ngelitik berkurang...
ditunggu ya pengalaman-pengalaman Agan-Agan semuannya...
Sent from my SM-E500H
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Saya kebetulan pernah iseng kompare.. pastinya sih oktan lebih tinggi efisiensi mesin lebih bagus.. lebih kenceng iya.. lebih irit iya.. di mbl saya kompresi sama kayanya 11an:1, pake oktan 90 vs 92 beda nya bisa 1 detikan 0-100 kpj, fuel cons. nya juga beda kisaran 0.5 - 1kpl
Kalo ngomongin kerusakan, imho selama ga ngelitik kayanya aman aman aja yah.. tp biasanya kalo trus2an dicekokin oktan 88 efek ngelitik itu pasti muncul.. nah kalo udh ngelitik.. dipaksain trus ya urusannya bisa panjang nantinya hahahah...
Stau saya.. utk kelas2 macem lmpv atau kelas apapun yg ada embel2 low nya di indonesia.. biasanya pabrikan akan develop setinggan mesinnya utk oktan 88 sih..
Kalo ngomongin kerusakan, imho selama ga ngelitik kayanya aman aman aja yah.. tp biasanya kalo trus2an dicekokin oktan 88 efek ngelitik itu pasti muncul.. nah kalo udh ngelitik.. dipaksain trus ya urusannya bisa panjang nantinya hahahah...
Stau saya.. utk kelas2 macem lmpv atau kelas apapun yg ada embel2 low nya di indonesia.. biasanya pabrikan akan develop setinggan mesinnya utk oktan 88 sih..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
- Daily Vehicle: Pajero 4N15
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Saya punya apansah S 1.5 (3SZ-VE) beli baru awal thn 2009 sampai dijual thn 2016 selalu minum premium gak pernah ada masalah (dulu belom ada pertalite)..
Saya pake buat operasional harian, 1 hari nempuh jalan 50-an km..
Yg penting rutin ganti olie tepat km / waktu dan pake olie yg agak bagus..
Mungkin ini bukan contoh yg baik yaa, tapi saya gak pernah mengalami masalah..
Saya pake buat operasional harian, 1 hari nempuh jalan 50-an km..
Yg penting rutin ganti olie tepat km / waktu dan pake olie yg agak bagus..
Mungkin ini bukan contoh yg baik yaa, tapi saya gak pernah mengalami masalah..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Kalo ada dana lebih yah isi pertamax aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Avanza pake premium terus2an tp nggak ngelitik ada 2 penyebabnya: 1. Sering carbon clean. 2. Sering pindah gigi di rpm tinggi (lebih dari 3000rpm).
Nah, kalo 2 hal itu nggak dilakuin tp masih pake premium saya jamin ngelitik. Nggak percaya? Coba aja dari gear 3 rpm 2000 lgs bejek aja sampe rpm 4500 jamin kedengeran ngelitik.
Nah, kalo 2 hal itu nggak dilakuin tp masih pake premium saya jamin ngelitik. Nggak percaya? Coba aja dari gear 3 rpm 2000 lgs bejek aja sampe rpm 4500 jamin kedengeran ngelitik.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Avanza saya manual tahun 2008 selalu isi premium. Sampe sekarang alhamdulillah normal. Perawatan di bengkel resmi sekali setahun. Pemakaian normal gak ngelitik. Kalau dibejek bgt baru kerasa ngelitik, itu juga gak parah. Kalo dibandingkan innova matic.
Pernah beberapa kali isi pertamax, perasaan jadi lebih enak tarikannya. Kalo konsumsi bbm-nya blm pernah hitung. Gak ada mid juga.
Pernah beberapa kali isi pertamax, perasaan jadi lebih enak tarikannya. Kalo konsumsi bbm-nya blm pernah hitung. Gak ada mid juga.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Avania 11:1 itu salah kaprah, uda berlarut2 di internet....
https://ja.m.wikipedia.org/wiki/ダイハツ・K3型エンジン
K3VE avanza itu 10:1 90ps
Yg 11:1 itu K3VE2 versi highperformance 110ps
So yeah, 10:1 termasuk rendah untuk today standard . banyak yg sudah di 10.5:1 sampai 13:1 dan semua klaim min ron 90
https://ja.m.wikipedia.org/wiki/ダイハツ・K3型エンジン
K3VE avanza itu 10:1 90ps
Yg 11:1 itu K3VE2 versi highperformance 110ps
So yeah, 10:1 termasuk rendah untuk today standard . banyak yg sudah di 10.5:1 sampai 13:1 dan semua klaim min ron 90
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Btw ngelitik itu pas dibejek,bunyi klitik klitikklitik gitu kah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Kalo yg 11:1 bukannya malah xenia yg 1000cc ya om bil? Tempo hari pernah liat speknya cukup kaget juga mobil perang gini kok kompresinya tinggi amat...billyd1773dz wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 17:00 Avania 11:1 itu salah kaprah, uda berlarut2 di internet....
https://ja.m.wikipedia.org/wiki/ダイハツ・K3型エンジン
K3VE avanza itu 10:1 90ps
Yg 11:1 itu K3VE2 versi highperformance 110ps
So yeah, 10:1 termasuk rendah untuk today standard . banyak yg sudah di 10.5:1 sampai 13:1 dan semua klaim min ron 90
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Sat Oct 18, 2014 14:44
- Location: Bumi bung karno
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Iya ombil, kl gugling gitu yg keluar 11:1, cukup surpris jg rasio kompresi avxen tinggi bgt. Skrg sih minumnya selang seling antara pretamax n premium. Kl dr sisi performance mnurut feeling awam sy emank kerasa bgt bedanya lbh maknyus kl pmax. Kl mslh irit, jd nya ky sama aja krn kl beli sama2 100rb dpt liternya byk premium. Malah ky lbh lama premium. Pertalite jd ga pnh pake, krn slisih harga nya ga byk. Jd mending naik pmax atau turun pmium sxan. Hehebillyd1773dz wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 17:00 Avania 11:1 itu salah kaprah, uda berlarut2 di internet....
https://ja.m.wikipedia.org/wiki/ダイハツ・K3型エンジン
K3VE avanza itu 10:1 90ps
Yg 11:1 itu K3VE2 versi highperformance 110ps
So yeah, 10:1 termasuk rendah untuk today standard . banyak yg sudah di 10.5:1 sampai 13:1 dan semua klaim min ron 90
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
paling gampang dengerinnya dari suara mesin taxi oom... biasa nya start awal mereka selalu ngeletekan..ternakblog wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 20:10 Btw ngelitik itu pas dibejek,bunyi klitik klitikklitik gitu kah?
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
menurut ane, hari gini konsumen udah nggak perlu liat2 spek "rasio kompresi".
cukup ketahui "oktan minimum" saja dari manual.
hari ini rasio kompresi itu hal yang sederhana buat dipahami sebagai batas minimum jenis BBM yang bisa dipakai. kompresi 10:1 harus pake oktan 92? not necessarily. itu standar kuno pak, saat head n blok mesin belum pakai material aluminium, belum pakai intake plastik, belum kenal oil cooler dan radiator, belum pakai ECU closed-loop, blom kenal direct-injection, dan belum pakai "semi-atkinson" cycle. yang ane sebutin tadi itu komponen2 yang bisa bantu menurunkan permintaan oktan..
jadi, baca aja manual dah. udah ga mungkin salah.
kalopun manual salah, bisa sue produsennya dan get your money back.
cukup ketahui "oktan minimum" saja dari manual.
hari ini rasio kompresi itu hal yang sederhana buat dipahami sebagai batas minimum jenis BBM yang bisa dipakai. kompresi 10:1 harus pake oktan 92? not necessarily. itu standar kuno pak, saat head n blok mesin belum pakai material aluminium, belum pakai intake plastik, belum kenal oil cooler dan radiator, belum pakai ECU closed-loop, blom kenal direct-injection, dan belum pakai "semi-atkinson" cycle. yang ane sebutin tadi itu komponen2 yang bisa bantu menurunkan permintaan oktan..
jadi, baca aja manual dah. udah ga mungkin salah.
kalopun manual salah, bisa sue produsennya dan get your money back.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
apalagi kalo udah sore. mesin dah panas, kaki supirnya dah pegel ngopling. perfect dah buat ngerusak mesinefact wrote: ↑Wed Aug 23, 2017 1:14paling gampang dengerinnya dari suara mesin taxi oom... biasa nya start awal mereka selalu ngeletekan..ternakblog wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 20:10 Btw ngelitik itu pas dibejek,bunyi klitik klitikklitik gitu kah?
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
perasaan kasih minum avanza premium dr 2007, ga pernah ada masalah ya
Sent from my MI 5
Sent from my MI 5
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 214
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Dulu saya pernah bandingin di avanza 1500 waktu baru beli tahun 2008.
Premium : suara mesin kasar, tarikan loyo.
Shell Super 92 : suara mesin halus, tarikan oke.
Shell Super Extra 95 : suara mesin halus, tarikan malah loyo.
sejak saat itu selalu isi shell 92 atau pertamax terus.
Kalo soal konsumsi BBM sih saya nggak pernah bandingin, yang penting tarikan oke
Premium : suara mesin kasar, tarikan loyo.
Shell Super 92 : suara mesin halus, tarikan oke.
Shell Super Extra 95 : suara mesin halus, tarikan malah loyo.
sejak saat itu selalu isi shell 92 atau pertamax terus.
Kalo soal konsumsi BBM sih saya nggak pernah bandingin, yang penting tarikan oke
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Sun Jan 15, 2017 15:15
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Btw 2nr-ve yg 1500 cc ada yg tau kompresi berapa?
Kalo saya gampangnya gini lebih tinggi lebih bagus oktannya
Ane user gnv 1.5, dl pertama boil dateng pake pertamax 92, g lama pindah 95 kerasa banget lebih enteng dan halus, lebih irit dikit si
G lama 95 uda g ada dikota ane, jd pas turbo 98 masuk, langsung ane cekokin toh harganya sama, hasilnya 95 vs 98? Hampir g kerasa hahaha atau apa karena uda kebiasaan pake oktan segitu jd g seberapa kerasa
Sekarang uda g pernah pake pertamax lg cuma dl pas awal boil dateng aja, mau nyoba isi prtamax lg juga males karena pasti butuh bbrp kali pengisian jd tetep turbo dihati, kecuali harga turbo naik signifikan, mungkin bakal ganti ke pertamax
Notes ane jg nyoba di motor vixion ane yg kompresi 10 an, regularly biasa ane pake 95 juga dl, trus turbo
Nah dari turbo pernah nyoba ke pertalite dan pertamax
Bueda banget
Simpelnya gini
Pertalite : tarikan mesin berat g alus blas, digas ngeden
Pertamax : better than lite agak ngeden jg tp g separah lite
Turbo : alus enak, digas lgsg konstan g pake ngeden, kalo uda biasa turbo, coba pindah pertamax, kerasa banget bedanya worth it kalo beda cuma 1000 aja/ liter
Adalagi test ane pake solar di old ps dakar,
Solar dexlite dan dex nah ini yang buat feel ane g terlalu kerasa efeknya, ntah pake solar, dexlite dan dex menurut feel ane bedanya g terlalu signifikan, g pas kaya pake gasoline
Kalo saya gampangnya gini lebih tinggi lebih bagus oktannya
Ane user gnv 1.5, dl pertama boil dateng pake pertamax 92, g lama pindah 95 kerasa banget lebih enteng dan halus, lebih irit dikit si
G lama 95 uda g ada dikota ane, jd pas turbo 98 masuk, langsung ane cekokin toh harganya sama, hasilnya 95 vs 98? Hampir g kerasa hahaha atau apa karena uda kebiasaan pake oktan segitu jd g seberapa kerasa
Sekarang uda g pernah pake pertamax lg cuma dl pas awal boil dateng aja, mau nyoba isi prtamax lg juga males karena pasti butuh bbrp kali pengisian jd tetep turbo dihati, kecuali harga turbo naik signifikan, mungkin bakal ganti ke pertamax
Notes ane jg nyoba di motor vixion ane yg kompresi 10 an, regularly biasa ane pake 95 juga dl, trus turbo
Nah dari turbo pernah nyoba ke pertalite dan pertamax
Bueda banget
Simpelnya gini
Pertalite : tarikan mesin berat g alus blas, digas ngeden
Pertamax : better than lite agak ngeden jg tp g separah lite
Turbo : alus enak, digas lgsg konstan g pake ngeden, kalo uda biasa turbo, coba pindah pertamax, kerasa banget bedanya worth it kalo beda cuma 1000 aja/ liter
Adalagi test ane pake solar di old ps dakar,
Solar dexlite dan dex nah ini yang buat feel ane g terlalu kerasa efeknya, ntah pake solar, dexlite dan dex menurut feel ane bedanya g terlalu signifikan, g pas kaya pake gasoline
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Yg sering nglitik; taksi vios limo, angkot t120ss, livina & grand livina, apa lagi ya?racho wrote: ↑Wed Aug 23, 2017 1:15apalagi kalo udah sore. mesin dah panas, kaki supirnya dah pegel ngopling. perfect dah buat ngerusak mesinefact wrote: ↑Wed Aug 23, 2017 1:14paling gampang dengerinnya dari suara mesin taxi oom... biasa nya start awal mereka selalu ngeletekan..ternakblog wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 20:10 Btw ngelitik itu pas dibejek,bunyi klitik klitikklitik gitu kah?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
kyanya engga mungkin setinggi itu hahaha..adrevolution wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 22:10Kalo yg 11:1 bukannya malah xenia yg 1000cc ya om bil? Tempo hari pernah liat speknya cukup kaget juga mobil perang gini kok kompresinya tinggi amat...billyd1773dz wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 17:00 Avania 11:1 itu salah kaprah, uda berlarut2 di internet....
https://ja.m.wikipedia.org/wiki/ダイハツ・K3型エンジン
K3VE avanza itu 10:1 90ps
Yg 11:1 itu K3VE2 versi highperformance 110ps
So yeah, 10:1 termasuk rendah untuk today standard . banyak yg sudah di 10.5:1 sampai 13:1 dan semua klaim min ron 90
2NR aja skrng 10.5:1
paijodudul wrote: ↑Wed Aug 23, 2017 1:10Iya ombil, kl gugling gitu yg keluar 11:1, cukup surpris jg rasio kompresi avxen tinggi bgt. Skrg sih minumnya selang seling antara pretamax n premium. Kl dr sisi performance mnurut feeling awam sy emank kerasa bgt bedanya lbh maknyus kl pmax. Kl mslh irit, jd nya ky sama aja krn kl beli sama2 100rb dpt liternya byk premium. Malah ky lbh lama premium. Pertalite jd ga pnh pake, krn slisih harga nya ga byk. Jd mending naik pmax atau turun pmium sxan. Hehebillyd1773dz wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 17:00 Avania 11:1 itu salah kaprah, uda berlarut2 di internet....
https://ja.m.wikipedia.org/wiki/ダイハツ・K3型エンジン
K3VE avanza itu 10:1 90ps
Yg 11:1 itu K3VE2 versi highperformance 110ps
So yeah, 10:1 termasuk rendah untuk today standard . banyak yg sudah di 10.5:1 sampai 13:1 dan semua klaim min ron 90
seperti judul treat ini, kompresi vs manual book... klw menurut saya ikutin manual book saja.... kompresi uda g bisa jadi patokan...
banyak tech bwat ngurangin knock dgn ron rendah sekalipun cr tinggi... mulai dari desain head and intake tumble, dynamic compression si VVT sampai yg lebih canggih d skyactiv yg 13:1 tp bisa ron 90 dll..
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 187
- Joined: Fri Dec 13, 2013 8:10
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
kalau baca-baca sih kompresi tinggi sebagai akibat avanza/xenia punya cc kecil, tapi body dan performen tinggi jadi diimbangi dengan tingkat kompresi...
Tapi kalau model mobil kayak gini harus minum pertamax plus kayaknya gak bakal jadi mobil sejuta umat...
Sent from my SM-E500H
Tapi kalau model mobil kayak gini harus minum pertamax plus kayaknya gak bakal jadi mobil sejuta umat...
Sent from my SM-E500H
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
setuju, kompresi tinggi buat mesin 1,3 apalagi yg 1,0 tujuannya buat ngakalin supaya mesin berasa responsip aja.. biar rpm bawah - tengah nya ga kedodoran kalo stop n go..semesta wrote: ↑Fri Aug 25, 2017 0:17 kalau baca-baca sih kompresi tinggi sebagai akibat avanza/xenia punya cc kecil, tapi body dan performen tinggi jadi diimbangi dengan tingkat kompresi...
Tapi kalau model mobil kayak gini harus minum pertamax plus kayaknya gak bakal jadi mobil sejuta umat...
Sent from my SM-E500H
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1397
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
kalo saya ya manual book jadi patokan. kalo misal minimal ron 90 ya diisi 92 saja
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sat Dec 24, 2016 17:17
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Saya pakai yang 1000 cc.adrevolution wrote:Kalo yg 11:1 bukannya malah xenia yg 1000cc ya om bil? Tempo hari pernah liat speknya cukup kaget juga mobil perang gini kok kompresinya tinggi amat...billyd1773dz wrote: ↑Tue Aug 22, 2017 17:00 Avania 11:1 itu salah kaprah, uda berlarut2 di internet....
https://ja.m.wikipedia.org/wiki/ダイハツ・K3型エンジン
K3VE avanza itu 10:1 90ps
Yg 11:1 itu K3VE2 versi highperformance 110ps
So yeah, 10:1 termasuk rendah untuk today standard . banyak yg sudah di 10.5:1 sampai 13:1 dan semua klaim min ron 90
[emoji481]
Ngisi BBM sejak baru taun 2013, 80% nya pakai premium baik-baik saja. Bahkan menurut komentar bengkel langganan, mesinnya masih kedengeran halus (untuk ukuran raungan & getaran 1000 cc tentunya). FC relatif memuaskan 12-16 km/L (jalan provinsi di pedesaan jateng). Oli selalu Castrol magnetec 10/40.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Mesin yang dari orok ngelitik. Walau pakai oktan tinggi itu mesin yang desainnya nggak paripurna, heat dan power lossnya besar .
Makanya di redesain oleh mazda skyactive dgn kompresi besar tapi gak ngelitik.
Kalo engine avanza harusnya minim pertamax. Tapi krn mobil murah, ane pakai dari beli sampai dijual pakai premium juga gak masalah. Tuh mesin dipaksakan agar power Gedhe dgn cara mudah, menaikkan kompresi
Makanya di redesain oleh mazda skyactive dgn kompresi besar tapi gak ngelitik.
Kalo engine avanza harusnya minim pertamax. Tapi krn mobil murah, ane pakai dari beli sampai dijual pakai premium juga gak masalah. Tuh mesin dipaksakan agar power Gedhe dgn cara mudah, menaikkan kompresi
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 499
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Pernah baca/lihat video (lupa artikel/videonya) ttg kompresi mesin & bbm yg dibutuhkan, untuk kompresi mesin mobil pada umumnya di Indo (1:10 - 1:10.5) minimal pake ron90 & performa terbaik ada di ron92.
Kalo dikasi oktan yg lebih bagus (95/98) konon performa bakalan gak meningkat drastis alias cenderung sama aja.. dalam beberapa kasus bahkan sedikit lebih buruk.
Pengalaman dgn daily car saya (agya manual kompresi 10.5:1), 1,5 tahun dikasih premium terus sebelum akhirnya ada pertalite. pernah coba pertamax turbo, tarikan memang lebih spontan & mesin lebih halus. Tapi, setelah coba pertamax biasa ternyata experiencenya sama aja.. hahaha..
Oiya btw saya pernah baca artikel di autobild, doi ngetes brp nilai oktan di beberapa spbu di jakarta. Hasilnya lumayan "mencengangkan", saat pengetesan nilai oktan premium terbaik mencapai 90an, dan yg terburuk 87an. Aneh juga sih kenapa bisa gak standar begitu
Just my 2cents ya, kalo salah monggo dikoreksi..
Kalo dikasi oktan yg lebih bagus (95/98) konon performa bakalan gak meningkat drastis alias cenderung sama aja.. dalam beberapa kasus bahkan sedikit lebih buruk.
Pengalaman dgn daily car saya (agya manual kompresi 10.5:1), 1,5 tahun dikasih premium terus sebelum akhirnya ada pertalite. pernah coba pertamax turbo, tarikan memang lebih spontan & mesin lebih halus. Tapi, setelah coba pertamax biasa ternyata experiencenya sama aja.. hahaha..
Oiya btw saya pernah baca artikel di autobild, doi ngetes brp nilai oktan di beberapa spbu di jakarta. Hasilnya lumayan "mencengangkan", saat pengetesan nilai oktan premium terbaik mencapai 90an, dan yg terburuk 87an. Aneh juga sih kenapa bisa gak standar begitu
Just my 2cents ya, kalo salah monggo dikoreksi..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Sebenarnya BBM yang Tepat untuk Avanza/Xenia? Kompresi VS manual Book
Pernah baca, kalo mau isi BBM dgn RON lbh tinggi, maksimal 2 angka diatas manual book. Kalo lbh tinggi lg buang2 duit krn performanya gk akan berubah banyak lg...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82