Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by akur79 »

F 272 wrote: Fri Jan 25, 2019 2:38 Kalo saya ada sebab ke 3 :
Road Trip nya kurang jauh juga bisa mual2 dan muntah2 tak berkesudahan om...
:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Sebab ke 4 :
Wajip pake ANF wkwkwkwk :angel:
gara2 baca Road Tripnya om yg satu ini, malah bikin sy 'terpaksa' dan 'akhirnya' ambil ANF.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by F272 »

akur79 wrote: Fri Jan 25, 2019 3:58
F 272 wrote: Fri Jan 25, 2019 2:38 Kalo saya ada sebab ke 3 :
Road Trip nya kurang jauh juga bisa mual2 dan muntah2 tak berkesudahan om...
:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Sebab ke 4 :
Wajip pake ANF wkwkwkwk :angel:
gara2 baca Road Tripnya om yg satu ini, malah bikin sy 'terpaksa' dan 'akhirnya' ambil ANF.
Wooow...???
Tapi saya nga kaget om...
Om @akur79 adalah orang ke 99 yang bilang gitu ke saya ..

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Maap saya bcanda om... Beneran neh om ambil ANF ..?
Gimana nyesel ngga ..?

Tar diasepin ANPS di tol lho om... (ini Kejadian nyata, ada di iG saya)

:big_blushing: :big_childish: :big_dunno:
nowtaps
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jul 05, 2018 6:04
Location: Bandung

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by nowtaps »

Iseng-iseng nanya mumpung threadnya nongol lagi hehe

Kira-kira ada gak ya kombinasi aftermarket shock/spring untuk Fortuner supaya jadi lebih empuk dari standarnya? Gapapa kaya perahu, mobilnya juga didalem kota pemakaiannya, jarang masuk tol hehe

Kayanya aftermarket seperti OME dll itu lebih keras ya karena lebih mengarah ke offroad?
User avatar
speedy208
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Jun 09, 2005 4:17

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by speedy208 »

anadzir wrote:
Coolblue wrote: Thu Jan 24, 2019 14:43 Seandainya kita ganti dengan per ANPS dengan per aftermarket seperti yang disebutkan diatas, apakah bisa menghilangkan rasa mual waktu berkendara, dan suspensi paling tidak bisa menyamai ANF? Atau masih ada sedikit limbung?
Untuk ngatasin limbungnya sy ganti shock depan saja dengan merk AMADA XTREME, jauh lebih stabil dibanding bawaan anps. Kalau ganti per sepertinya malah terlalu keras, tambah asesoris 'bantalan karet' juga ga lama bakal limbung lagi.

Kemungkinan besar mobil pajero ini notabene suka terbalik karena shocknya terlalu empuk, emang pas awal ambil mobil ini bikin mual, ngerem biasa bisa nungging dan di tol kaya naik kapal terombang ambing padahal jalan rata.

Kalo belakang belum nemu obatnya nih (di jalan rusak parah mantul-mantul kiri-kanan), ada yang pernah coba space arm belakang?
jadi untuk solusi suspensi belakang pajero yg limbung belum ada yg pas banget yah?
akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by akur79 »

F 272 wrote: Fri Jan 25, 2019 5:00
Wooow...???
Tapi saya nga kaget om...
Om @akur79 adalah orang ke 99 yang bilang gitu ke saya ..

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Maap saya bcanda om... Beneran neh om ambil ANF ..?
Gimana nyesel ngga ..?

Tar diasepin ANPS di tol lho om... (ini Kejadian nyata, ada di iG saya)

:big_blushing: :big_childish: :big_dunno:
'
nyesel sih ambil ANF... nyesel kenapa nggak dari kemarin2 ambilnya,
Jd akhir taun cm dapet sisa stok yg ada dan gak bs milih warna. :roll: :roll: :roll:

gak masalah jd korban diasepin ANPS om.. saya rela kok..
yg penting menyenangkan mobil di belakang saya bisa lihat cantiknya lampu belakang ANF
:big_blushing:
Coolblue
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jan 23, 2019 13:49
Location: Malang
Daily Vehicle: Innova

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Coolblue »

F 272 wrote: Fri Jan 25, 2019 2:38
ginting wrote: Thu Jan 24, 2019 23:58
Coolblue wrote:
Seandainya kita ganti dengan per ANPS dengan per aftermarket seperti yang disebutkan diatas, apakah bisa menghilangkan rasa mual waktu berkendara, dan suspensi paling tidak bisa menyamai ANF? Atau masih ada sedikit limbung?
rasa mual krn limbung itu ada 2 sebab..

1. suspensi
2. kursi yg terlalu rendah sehingga badan mudah oleng..terutama kalau kita di row 2.

kalo mobil wedan kursinya rendah itu gak papa, krn mobil ceper dan jarak turun naek suspensi itu sedikit.
kalau SUV kan jarak main suspensinitu kan jauh..up and down..up and down...
Kalo saya ada sebab ke 3 :

Road Trip nya kurang jauh juga bisa mual2 dan muntah2 tak berkesudahan om...

:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Sebab ke 4 :

Wajip pake ANF wkwkwkwk :angel:
Dan akhirnya pilihan saya ambil ANF om2 yang baik... :big_smile]
Dengan pertimbangan:

1. Ngga perlu modif2an di bagian suspensi.. sempat dengar cerita dari teman yang pakai ANPS, waktu awal2 dulu dipakai pergi ke Surabaya, pulangnya si istri minta naik KA karena mual (seperti yang saya rasakan waktu test drive)..sorry no offence :big_peace: ...karena tubuh tiap orang berbeda2 reaksinya..

2. Ruang pengemudi lebih luas karena console tengah ANF ngga setinggi ANPS

3. Row seat ke 3 lebih lebar tidak terpotong spakbor, karena anak saya yang kecil suka tidur melintang di bagian paling belakang (selama ini saya pengguna innova).

4. Dari performa mesin diatas kertas, ANPS menang jauh dibanding ANF, tapi saya pakainya sebagai mobil keluarga, lebih butuh nyaman daripada garang di jalan..

Semoga 3 tahun lagi waktu mau ganti mobil, ANPS sudah bisa mengatasi masalah suspensi yang terlalu empuk.. biar saya bisa ikut merasakan garang nya mesin 4N15 di body yang nyaman... :big_okay:
Estate46
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2019 11:31
Location: Bekasi-indonesia
Daily Vehicle: yaris

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Estate46 »

Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 🙏
nowtaps
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jul 05, 2018 6:04
Location: Bandung

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by nowtaps »

Pengaruh ban sih ada pastinya, saya nyoba sendiri soalnya dari 265/65 R18 ke 275/65 R17 dan emang terasa lebih empuk.

Tapi kayanya kalo bandingin empuknya Rush dengan ANPS, faktor paling besar ya Rush itu monocoque dan ANPS itu ladder frame. Pasti beda rasanya
Estate46
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2019 11:31
Location: Bekasi-indonesia
Daily Vehicle: yaris

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Estate46 »

nowtaps wrote: Tue Mar 05, 2019 10:42 Pengaruh ban sih ada pastinya, saya nyoba sendiri soalnya dari 265/65 R18 ke 275/65 R17 dan emang terasa lebih empuk.

Tapi kayanya kalo bandingin empuknya Rush dengan ANPS, faktor paling besar ya Rush itu monocoque dan ANPS itu ladder frame. Pasti beda rasanya
Oiya saya baru ngeh klo si rush ini stengah ladder stengah monocoque ya..sbelumnya emg gpernah naik yg pure ladder frame gini, prnah punya jg dlu bgt jaman kijang kapsul stelah itu suv monocoque smua makanya agak kaget jg sma bantingannya kok kata org2 empuk tp kena jalan keriting sdikit kerasa banget, takutnya mbl saya doang ini yg bermasalah
Nah kebetulan nih agan kn turun ring ke 17, pake ban apa ya gan? AT or HT tipenya? Saya fix mau turun ring jg soalnya ke 17 dpet bekasan passport lama cmn blm ada bannya
Makasih infonya gan btw 🙏
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Koddy »

Coba ganti shockbreaker ANPS nya
Bisa pake Pedders atau OME
Estate46 wrote:Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 [emoji120]
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Nugrohonug »

F 272 wrote: Fri Jan 25, 2019 5:00
akur79 wrote: Fri Jan 25, 2019 3:58
F 272 wrote: Fri Jan 25, 2019 2:38 Kalo saya ada sebab ke 3 :
Road Trip nya kurang jauh juga bisa mual2 dan muntah2 tak berkesudahan om...
:ngacir: :ngacir: :ngacir:

Sebab ke 4 :
Wajip pake ANF wkwkwkwk :angel:
gara2 baca Road Tripnya om yg satu ini, malah bikin sy 'terpaksa' dan 'akhirnya' ambil ANF.
Wooow...???
Tapi saya nga kaget om...
Om @akur79 adalah orang ke 99 yang bilang gitu ke saya ..

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Maap saya bcanda om... Beneran neh om ambil ANF ..?
Gimana nyesel ngga ..?

Tar diasepin ANPS di tol lho om... (ini Kejadian nyata, ada di iG saya)

:big_blushing: :big_childish: :big_dunno:
Sy jg om karna sering buka ig roadtrip om wah jd yakin mutusin beli anf trd, tdnya mau beli vrz eh tapi trd phantom brown lebih menggoda, perasaan yakin aja liat om wah kayaknya pake anf nyaman,masalah tenaga anf kalah sama anps sih bodo amat lah.
Puffy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sun Nov 27, 2016 15:59

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Puffy »

Estate46 wrote: Sun Mar 03, 2019 11:55 Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 🙏
Hal serupa jga sy rasakan pas nyetir mbl teman (vrz trd)kurleb 1jam.,
Unt melewati jalan kriting getaran terasa smpai didlm kabin..
Mgkn para own vrz dan anps bisa turun gunung unt sekedar berbagi dan memberi input..
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by adiputra4 »

Puffy wrote: Thu Mar 07, 2019 3:52
Estate46 wrote: Sun Mar 03, 2019 11:55 Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 🙏
Hal serupa jga sy rasakan pas nyetir mbl teman (vrz trd)kurleb 1jam.,
Unt melewati jalan kriting getaran terasa smpai didlm kabin..
Mgkn para own vrz dan anps bisa turun gunung unt sekedar berbagi dan memberi input..
Fortuner vnt jg sama om, kalo lewat jalan yg agak keriting gt getarannya kerasa, jd mblnya kaya goyang2. Vrz jg sama ya berarti

Tp lama kelamaan jg terbiasa sih, jd ga terlalu masalah, masih tetep nyaman
Estate46
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2019 11:31
Location: Bekasi-indonesia
Daily Vehicle: yaris

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Estate46 »

Koddy wrote: Thu Mar 07, 2019 2:02 Coba ganti shockbreaker ANPS nya
Bisa pake Pedders atau OME
Estate46 wrote:Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 [emoji120]
Terimakasih gan masukannya, cuman kbetulan mau coba pake r17 dikawin pake ban 265/70 nah ban AT yg terjangkau dan ga berisik kira2 apa yaa? Thx btw 🙏quote=adiputra4 post_id=1056550 time=1551934178 user_id=47953]
Puffy wrote: Thu Mar 07, 2019 3:52
Estate46 wrote: Sun Mar 03, 2019 11:55 Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 🙏
Hal serupa jga sy rasakan pas nyetir mbl teman (vrz trd)kurleb 1jam.,
Unt melewati jalan kriting getaran terasa smpai didlm kabin..
Mgkn para own vrz dan anps bisa turun gunung unt sekedar berbagi dan memberi input..
Fortuner vnt jg sama om, kalo lewat jalan yg agak keriting gt getarannya kerasa, jd mblnya kaya goyang2. Vrz jg sama ya berarti

Tp lama kelamaan jg terbiasa sih, jd ga terlalu masalah, masih tetep nyaman
[/quote]

Wah berarti memang karakternya ya begini..nanti saya coba bandingin sma ANPS yg lain dh klo dpet pinjeman hehe btw makasih infonya gan 🙏
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Winz »

akur79 wrote: Fri Jan 25, 2019 13:50
F 272 wrote: Fri Jan 25, 2019 5:00
Wooow...???
Tapi saya nga kaget om...
Om @akur79 adalah orang ke 99 yang bilang gitu ke saya ..

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Maap saya bcanda om... Beneran neh om ambil ANF ..?
Gimana nyesel ngga ..?

Tar diasepin ANPS di tol lho om... (ini Kejadian nyata, ada di iG saya)

:big_blushing: :big_childish: :big_dunno:
'
nyesel sih ambil ANF... nyesel kenapa nggak dari kemarin2 ambilnya,
Jd akhir taun cm dapet sisa stok yg ada dan gak bs milih warna. :roll: :roll: :roll:

gak masalah jd korban diasepin ANPS om.. saya rela kok..
yg penting menyenangkan mobil di belakang saya bisa lihat cantiknya lampu belakang ANF
:big_blushing:
Bokong ANPS diakalin dikit jadi lebih Agresif, om :
Image
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Winz »

Estate46 wrote: Sun Mar 03, 2019 11:55 Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 🙏
wah, sama ini asuhan'nya, saya juga Old Rusuh sama ANPS

Akalin'nya coba kencengin tekanan ban'nya, coba 32/36 biar lebih keras
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by ngalih »

Koddy wrote: Thu Mar 07, 2019 2:02 Coba ganti shockbreaker ANPS nya
Bisa pake Pedders atau OME
Estate46 wrote:Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 [emoji120]
Saya pakai ome sport. Limbung berkurang jauh dan cepet reboundnya jd sejauh ini nyaman bantingannya. Speed trap jg ndak kerasa dilibas kencang. Klo pelan ya gluduk2.

Secara fisik saya lihat pedders lebih gede diameternya drpd ome sport. Lebih nyaman kli ya. Mohon share review peddersnya...
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by tokezz »

Coba tekanan bannya di sesuaikan dengan pentujuk pabrik walaupun akan terlihat seperti kempes. Kebetulan sya jg pengguna anps dan baru jln 3500 km. Pengalaman klo tekanan terlalu tinggi lbh berasa mobil limbung . Aga bingung sih sebernya anps emng lembut bgt shocknya jd klo dibandingin sma rush pasti jauh bgt gan rush itu kerasnya ampun" kena kontur jalan aja berasa bgt dibadan seperti gk pake shock, mungkin yg di maksud geter disini goyang" terus kali yah?

Jujur klo dr pengalaman saya anps ini termasuk enak untuk setting suspensinya ( sbg driver, gk tau klo penumpang ya wkwk tp kemaren pules" aja) klo buat cruising di tol smpe 190 kpj tol jagorawi termasuk stabil salip kiri kanan pun termasuk ok selama gk melakukan manuver tiba" ( pecicilan). Kena kontur jalan gk rata juga shock akan ngayun tp halus gk gradakan beda klo compare pas bawa rush yg berasa kya di banting" karena rebound shockbrekaernya lbh cepat dn mainya cmn dikit".

Cmn yg jd masalah yg paling berasa gk enak adalah karena terlalu empuk jd klo ngerem brake divenya parah dan entah knp berasa remnya kok kya kedodorannya jd gk pede. Dan iyah klo jalan pelan" dijalan gk rata atau berbatu berasa bgt klo goyang"nih mobil jd ane hajar keceng aja sekalian hahaha malah berasa lbh stabil wkwkw.
Estate46 wrote:Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 [emoji120]
Estate46
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2019 11:31
Location: Bekasi-indonesia
Daily Vehicle: yaris

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Estate46 »

Winz wrote: Sat Mar 09, 2019 5:41
Estate46 wrote: Sun Mar 03, 2019 11:55 Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 🙏
wah, sama ini asuhan'nya, saya juga Old Rusuh sama ANPS

Akalin'nya coba kencengin tekanan ban'nya, coba 32/36 biar lebih keras
Halo gan iya saya pake old rush walupun gaenak tp udh cinta mau dijual pun ga dihargain org haha kbetulan sbelumnya saya pake 33/34psi trs gan malah didalem agak berisik kalo ada jalan keriting mungkin krna ban makin keras kali yaa..rencana sih mau nyobain ANPS lain ntr klo dpet pinjeman
Estate46
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2019 11:31
Location: Bekasi-indonesia
Daily Vehicle: yaris

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Estate46 »

ngalih wrote: Sat Mar 09, 2019 5:44
Koddy wrote: Thu Mar 07, 2019 2:02 Coba ganti shockbreaker ANPS nya
Bisa pake Pedders atau OME
Estate46 wrote:Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 [emoji120]
Saya pakai ome sport. Limbung berkurang jauh dan cepet reboundnya jd sejauh ini nyaman bantingannya. Speed trap jg ndak kerasa dilibas kencang. Klo pelan ya gluduk2.

Secara fisik saya lihat pedders lebih gede diameternya drpd ome sport. Lebih nyaman kli ya. Mohon share review peddersnya...
Kena brp ya gan untuk omenya? Itu beli satu set dpn belakang apa gimana? Soalnya saya liat2 di internet bnyak bner tipenya ome buat pasport, jd bingung..ga mungkin saya test drive satu2 hehe
Estate46
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sun Mar 03, 2019 11:31
Location: Bekasi-indonesia
Daily Vehicle: yaris

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Estate46 »

tokezz wrote: Sat Mar 09, 2019 6:33 Coba tekanan bannya di sesuaikan dengan pentujuk pabrik walaupun akan terlihat seperti kempes. Kebetulan sya jg pengguna anps dan baru jln 3500 km. Pengalaman klo tekanan terlalu tinggi lbh berasa mobil limbung . Aga bingung sih sebernya anps emng lembut bgt shocknya jd klo dibandingin sma rush pasti jauh bgt gan rush itu kerasnya ampun" kena kontur jalan aja berasa bgt dibadan seperti gk pake shock, mungkin yg di maksud geter disini goyang" terus kali yah?

Jujur klo dr pengalaman saya anps ini termasuk enak untuk setting suspensinya ( sbg driver, gk tau klo penumpang ya wkwk tp kemaren pules" aja) klo buat cruising di tol smpe 190 kpj tol jagorawi termasuk stabil salip kiri kanan pun termasuk ok selama gk melakukan manuver tiba" ( pecicilan). Kena kontur jalan gk rata juga shock akan ngayun tp halus gk gradakan beda klo compare pas bawa rush yg berasa kya di banting" karena rebound shockbrekaernya lbh cepat dn mainya cmn dikit".

Cmn yg jd masalah yg paling berasa gk enak adalah karena terlalu empuk jd klo ngerem brake divenya parah dan entah knp berasa remnya kok kya kedodorannya jd gk pede. Dan iyah klo jalan pelan" dijalan gk rata atau berbatu berasa bgt klo goyang"nih mobil jd ane hajar keceng aja sekalian hahaha malah berasa lbh stabil wkwkw.
Estate46 wrote:Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 [emoji120]
Bantingan emg empuk saya berapa kali nyoba hajar poldur atau marka jalan di ANPS ini lbh manusiawi ketimbang rush yg gludak/uk. Tapi yg saya rasain klo pelan beda. Misal di jalan coran yg banyak sambungannya si ANPS ini lbh kerasa 'duk duk' ketimbang rush pas lewatin sambungan corannya. Makanya rencana saya mau nyobain ANPS lain dlu buat bandingin, yg saya takutin sbenrnya unit saya aja yg cacat produksi gan di karet kaki2nya hehe oiya soal brake dive sama persis, nih mbl berasa bgt kapalnya klo udh ngerem trs soal rem pakem atau ga nya. Sekedar share aja gan, selang seminggu mbl sampe rmh langsung saya bawa beres lg gara2 remnya masuk angin. coba di cek aja dlu gan, siapa tau kasusnya sama
Btw thx buat sharenya 🙏🙏
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by ngalih »

Estate46 wrote: Sat Mar 09, 2019 11:08
ngalih wrote: Sat Mar 09, 2019 5:44
Koddy wrote: Thu Mar 07, 2019 2:02 Coba ganti shockbreaker ANPS nya
Bisa pake Pedders atau OME
Saya pakai ome sport. Limbung berkurang jauh dan cepet reboundnya jd sejauh ini nyaman bantingannya. Speed trap jg ndak kerasa dilibas kencang. Klo pelan ya gluduk2.

Secara fisik saya lihat pedders lebih gede diameternya drpd ome sport. Lebih nyaman kli ya. Mohon share review peddersnya...
Kena brp ya gan untuk omenya? Itu beli satu set dpn belakang apa gimana? Soalnya saya liat2 di internet bnyak bner tipenya ome buat pasport, jd bingung..ga mungkin saya test drive satu2 hehe
Klo ndak salah 7jt an depan belakang untuk forti gen 1 di kemayoran. Tokonya punya banyak cabang, kli gede gini biasanya jaga nama lah. Sbelumnya saya survey dl. Ternyata ada yg bungkus kardus coklat di toko2 lain. Takutnya rekondisi ato kw. Sebaiknya bli bungkus berwarna.
nowtaps
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Thu Jul 05, 2018 6:04
Location: Bandung

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by nowtaps »

Estate46 wrote: Tue Mar 05, 2019 19:12
Oiya saya baru ngeh klo si rush ini stengah ladder stengah monocoque ya..sbelumnya emg gpernah naik yg pure ladder frame gini, prnah punya jg dlu bgt jaman kijang kapsul stelah itu suv monocoque smua makanya agak kaget jg sma bantingannya kok kata org2 empuk tp kena jalan keriting sdikit kerasa banget, takutnya mbl saya doang ini yg bermasalah
Nah kebetulan nih agan kn turun ring ke 17, pake ban apa ya gan? AT or HT tipenya? Saya fix mau turun ring jg soalnya ke 17 dpet bekasan passport lama cmn blm ada bannya
Makasih infonya gan btw 🙏
Saya sebelumnya HT, ganti pake Toyo Open Country AT, sengaja saya rekam pake HP suara cabin dgn kecepetan 100km/jam buat bedain, ternyata dikit bgt sih bedanya. Kayanya AT frekuensi suara roadnoise nya lebih tinggi dari HT, jadi nada dengungnya lebih tinggi haha. Kalo berisiknya sih ga beda jauh, apalagi kalo udah nyalain lagu, sama aja.
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by F272 »

Ikutan pasang Foto aaahh..... gimana cantik ngga stop lamp VRZ di foto ini.......

:emo-photo: :emo-photo: :emo-flowerforyou: :emo-flowerforyou:


Image
Foto : Menikmati Sunset di pantai Lhok Nga, Aceh... Desember 2017

Bersama VRZ nya @Mr Q Nopol L (Surabaya) :angel: :angel:


:mky_02: :mky_02: :mky_02:
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by F272 »

Puffy wrote: Thu Mar 07, 2019 3:52
Estate46 wrote: Sun Mar 03, 2019 11:55 Permisi gan, kbetulan baru di forum ini mau tanya sdikit..saya kbetulan pake ANPS dakar CKD, saya mau tnya kebetulan di rmh ada Rush 2010 (first gen) saya ngerasa ANPS ini "firm" sekali suspensinya ya dalam artian klo ada jalan keriting dia geter2 gtu bodynya sedangkan rush saya ga segitu geternya apa pengaruh ban nya? (ANPS= grandtrek AT25 , Rush= grandtrek ST20) tekanan angin, dan spek bannya kebetulan saya samakan 30/32psi ban 265/60 cmn beda diameter velg
Kalo soal bantingan jujur si Rush jauh lbh kaya "speedboat" poldur dikit aja lompat sana sini klo digradak, beda sma ANPS lebih empuk, cuman ya itu keriting dkit geter2 bodynya ANPS
Suhu2 disini apa memang begitu karakter suspensinya ANPS? Dan kalo mau diminimalisir apa dengan ganti ban lbh tebal dengan profil HT bisa lebh baik getarannya?
Sbelumnya saya gapernah naik ANPS, ANFpun blm, jd perbandingannya sama mbl yg ada dirumah aja hehe mohon bantuannya suhu2 🙏
Hal serupa jga sy rasakan pas nyetir mbl teman (vrz trd)kurleb 1jam.,
Unt melewati jalan kriting getaran terasa smpai didlm kabin..
Mgkn para own vrz dan anps bisa turun gunung unt sekedar berbagi dan memberi input..
Kalo menurut saya nih.......

kita lewatin jalan keriting trus kabin bergetar .. = itu wajar...

Yang engga wajar justru sebaliknya....
Lewatin jalan mulus = kabin bergertar
Lewatin jalan keriting = kabin senyap...

Sepertinya semua setuju.......
:mky_02: :mky_01: :emo-photo: :emo-flowerforyou: