Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Penikmat_Kopi »

Winz wrote: Sat Oct 28, 2017 4:45
Venturtle wrote: Wed Oct 18, 2017 11:49 om TS jadinya ambil ANPS atau ANF? :big_smile]
Fix ANPS Dakar 4x2 CKD kaya'nya, om, nunggu moment yang pas, rencana di nopember mau coba nego sadis, ini aja sales2 yang pernah saya hubungi banyak hubungi balik, tapi masih diskon 25-28jt jadi di 515-518jt utk White, klo grey atau silver baru bisa coba dinegoin 500jt kata sales'nya, secara pas ada moment galungan dan kuningan biasa'nya orang2 bali ga mau belanja, kebanyakan buat sembahyang, apalagi diikuti sudah mau akhir tahun, pasti dealer - dealer banyak yang kasih penawaran menarik :mky_01:
Dimana bisa kasih diskon 25-29 juta om? Ane di jakarta ditawarinnya mentok 20 jt aja. Bagi nmr salesnya dong om
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Winz »

Penikmat_Kopi wrote: Sat Oct 28, 2017 16:56
Winz wrote: Sat Oct 28, 2017 4:45
Venturtle wrote: Wed Oct 18, 2017 11:49 om TS jadinya ambil ANPS atau ANF? :big_smile]
Fix ANPS Dakar 4x2 CKD kaya'nya, om, nunggu moment yang pas, rencana di nopember mau coba nego sadis, ini aja sales2 yang pernah saya hubungi banyak hubungi balik, tapi masih diskon 25-28jt jadi di 515-518jt utk White, klo grey atau silver baru bisa coba dinegoin 500jt kata sales'nya, secara pas ada moment galungan dan kuningan biasa'nya orang2 bali ga mau belanja, kebanyakan buat sembahyang, apalagi diikuti sudah mau akhir tahun, pasti dealer - dealer banyak yang kasih penawaran menarik :mky_01:
Dimana bisa kasih diskon 25-29 juta om? Ane di jakarta ditawarinnya mentok 20 jt aja. Bagi nmr salesnya dong om
Di Bali, om, OTR aja ud beda 30jt sama jakarta, disc 30jt baru dapat OTR jakarta, om, heheheh
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Penikmat_Kopi »

Winz wrote: Sat Oct 28, 2017 19:21
Penikmat_Kopi wrote: Sat Oct 28, 2017 16:56
Winz wrote: Sat Oct 28, 2017 4:45

Fix ANPS Dakar 4x2 CKD kaya'nya, om, nunggu moment yang pas, rencana di nopember mau coba nego sadis, ini aja sales2 yang pernah saya hubungi banyak hubungi balik, tapi masih diskon 25-28jt jadi di 515-518jt utk White, klo grey atau silver baru bisa coba dinegoin 500jt kata sales'nya, secara pas ada moment galungan dan kuningan biasa'nya orang2 bali ga mau belanja, kebanyakan buat sembahyang, apalagi diikuti sudah mau akhir tahun, pasti dealer - dealer banyak yang kasih penawaran menarik :mky_01:
Dimana bisa kasih diskon 25-29 juta om? Ane di jakarta ditawarinnya mentok 20 jt aja. Bagi nmr salesnya dong om
Di Bali, om, OTR aja ud beda 30jt sama jakarta, disc 30jt baru dapat OTR jakarta, om, heheheh
Kirain di jakarta juga nih hehehe
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Winz »

Penikmat_Kopi wrote: Sat Oct 28, 2017 23:30
Winz wrote: Sat Oct 28, 2017 19:21
Penikmat_Kopi wrote: Sat Oct 28, 2017 16:56

Dimana bisa kasih diskon 25-29 juta om? Ane di jakarta ditawarinnya mentok 20 jt aja. Bagi nmr salesnya dong om
Di Bali, om, OTR aja ud beda 30jt sama jakarta, disc 30jt baru dapat OTR jakarta, om, heheheh
Kirain di jakarta juga nih hehehe
Wkwkwk, klo dpt 490jt kaya jakarta enak bgt, dapat 500jt aja pasti saya ambil, om
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

Ini sisi pandang SUBJECTIF ya. Pembelian di Surabaya.
* Saya punya Fortuner vnt diesel turbo 2013.
* Saya beli ANPS Dakar desember 2016 yg lalu harga Rp 502.900.000 dapat disc 10jt + free servis jasa+sparepart sampai 50ribu km/ 4 tahun.
Awal beli ya banyak lihat review dan forum2 di web, test drive ANF 2x, test drive ANPS 3x. Akhirnya saya memutuskan beli ANPS, padahal istri mintanya ANF (des 2016 harga ANF VRZ Lux 513jt disc 25jt).
Sempet sunroof kemasukan debit air banyak pas hujan (keadaan sunroof tertutup). Masuk di bengkel resmi srikandi mitsubishi panglima sudirman sekitar 3 minggu untuk penggantian plafon yg basah.
ANPS : Larinya kencang, kabin lebih kedap dari VRZ, panjang dan lebar dimensi mobilnya ternyata jauh lebih kecil dari ANF, bahkan masih lebih kecil dr fortuner vnt turbo 2013. Lambu belakangnya bagus terang banget.
Tapi HU (tape dll) biasa. Dan konsol tengahnya sangat mengganggu, saya pemakaian 10 bulan ini sudah 3x kepentok dengkul saya di konsol tengah warna silver, sakit banget. Pemakaian dex dalam kota surabaya rata rata 1 liter utk 9-10 km termasuk berhenti2 di toko tapi mesin tetap hidup. Kacaunya sparepart gratis di dealer resmi gratisnya oli 10w-40 CF, itu harus ganti paling lama 5.000km/ 5 bulan. Untung aja di dealer bengkel reaminya juga jualan oli FK Pulse GT Plus 10W-40 CJ4, kena sekitar Rp 125.000 per liter dan saya pakai itu karena bisa sampai 10rb km / 10 bulan (jadi penggantiannya dipaskan saat servis berkala).
Kalau dalam kota, dan walaupun ada jalan bergelombang enakan ANF VRZ. gak kepakai larinya di dalam kota. Music tape dan suaranya enak VRZ, interior dan ambience lampu bagus VRZ, dan yg paling oke penyimpanan botol minum dan tempat cas hp sangat memadai di VRZ. Di anps dakar juga ada tempat cas hp tapi susah (hanya di depan tuas persneling dan dalam konsol tengah).
Kalau mudah pengendalian, jarak pandang ke depan lebih bagus ANPS Dakar. Kalau naik VRZ bawanya kudu sabar dan hati2 karena kapnya panjang.

Ini saya juga lagi wait n see sampai akhir desember, ANPS saya mau kasih ke papa saya, lagi lihat2 diskon mau ambil ANF TRD SPORTIVO Putih atau MAZDA CX5 GT Putih. Lagi membandingkan diskon dan servis dll, minggu lalu pas pameran toyota ditawari ANF VRZ TRD th 2017 disc 28jt dari harga Rp 538jt, tapi kalau nik 2018 disc hanya 10-15jt dan harga tetap 538jt asal spk 10jt tapi stnk baru jadinya januari 2018, jadi kalau mau digratiskan plat nomer sementara sampai januari dari toyota auto 2000. Kalau CX5 GT Terakhir nanya awal bulan 531jt disc 10jt.

Anyway : kalau pemakaian dalam kota (tol/luar kota sebulan ga sampai 5x). Saya sangat sarankan ANF VRZ TRD.
Kalau pemakaian luar kota dan tol hampir tiap minggu saya sarankan ANPS Dakar. Hati2 ambil ultimate ada scbs (smart city brake support) yg kalau dipotong motor dari depan, bisa berhenti sendiri mobilnya kalau jalan dibawah 40km/jam. Sunroof juarang kepakai, apalagi hujan, dan anda harus perawatan bersihkan karetnya tiap bulan. Dan yg paling nyebelin ya konsol tengahnya itu keras, gak enak di dengkul kiri kaki.

Saya sedikit banyak tahu ANF VRZ karena om kandung saya beli VRZ 2016. Pemakaian bbm dex hampir sama lah. Setahu saya, untuk unit yg 2017 udah gak ada jedug jedug di persneling matic ANF, Apalagi yg trd sportivo (sangat saya sarankan kalau ambil ANF, yg trd sportivo) warna hitam dan putih sama sama bagus.
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

Kalau anda ambil toyota, dealer bengkel resmi top banget. Itu kalau dapet gratis jasa service+sparepart gak bohong, beneran dapat oli sintetic toyota seperti berbayar lainnya, pengalaman di fortuner vnt diesel 2013 saya dapat free spare part sampai 50km/ 4 tahun.
Dan kalau anda type pemilih, coba cari di bali bengkel toyota resmi rujukan untuk nangani lexus, nah servis di bengkel tersebut lebih ok.
Lexus 1-5 tahun free servis + free sparepart berapapun kilometernya, yang menangani servisnya hanya dealer resmi bengkel toyota terpilih aja. Atau kalau anda mau yg bagus, tanpa komplain ya naikkan aja bugetnya sekitar 1M. Kalau cuma pakai sendiri ambil aja lexus seri NX harga sekitar Rp 1M 35jt, atau lexus seri RX kalau berlima orang harga sekitar Rp 1,1M. Itu lexus 5 tahun anda gak keluar biaya untuk servis sama sekali berapapun kilometernya
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

Oh iya bedanya ANF VRZ termasuk yg TRD Sportivo yg baru dengan yang lama. Yg baru unit 2017 pertengahan ditambahkan cakram belakang, jadi rem cakram di keempat roda. Dan ditambah cruise control. Dan 4 power window sudah auto semua, sekali oenvet aja utk turun / naik. Tapi tetap belum ada HAC (HILL Assis Control) dan VSC ( VEHICLE STABILITY CONTROL) Tapi ga terlalu kepakai kalau dalam kota. HAC anps pun itu hanya sekitat 4 - 5 detik nahannya. CRV Turbo malah lebih parah lagi HAC hanya nahan 1-2 detik aja di tanjakan. Jadi kalau yg bawa Pria harusnya gak masalah. He3....
Last edited by mskitu on Sun Oct 29, 2017 5:18, edited 1 time in total.
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

FYI. Biaya Pajak PKB ANF TRD SPORTIVO sekitar 6,2 juta per tahun, Kemarin ditunjukin di stnk pembeli baru trd sportivo. Biaya pajak ANPS Dakar saya 2016 desember di stnk Rp 6.221.300 jt per tahun.
Itu untuk daerah surabaya ya
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by nugroho bagor »

mskitu wrote: Sun Oct 29, 2017 4:53 FYI. Biaya Pajak PKB ANF TRD SPORTIVO sekitar 6,2 juta per tahun, Kemarin ditunjukin di stnk pembeli baru trd sportivo. Biaya pajak ANPS Dakar saya 2016 desember di stnk Rp 6.221.300 jt per tahun.
Itu untuk daerah surabaya ya
Thanks for sharing,maaf itu dengkul kepentok,emang tinggi badan om , berapa, :thanks:
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

nugroho bagor wrote: Sun Oct 29, 2017 5:24
mskitu wrote: Sun Oct 29, 2017 4:53 FYI. Biaya Pajak PKB ANF TRD SPORTIVO sekitar 6,2 juta per tahun, Kemarin ditunjukin di stnk pembeli baru trd sportivo. Biaya pajak ANPS Dakar saya 2016 desember di stnk Rp 6.221.300 jt per tahun.
Itu untuk daerah surabaya ya
Thanks for sharing,maaf itu dengkul kepentok,emang tinggi badan om , berapa, :thanks:
Tinggi 170cm om. Dengkul kiri yg sering kena pilar silver tengah kalau pas naik mobil buru buru. Makanya posisi duduk saya turunin paling bawah, supaya dengkul tempurung lutut kaki pas dibawahnya pilar silver. Kalau posisi duduk saya tinggiin, dengkul sama tinggi / kadang diatas pilar dikit. Tapi posisi kaki kiri aja yg gak enak.
Hanya bagusnya ANPS tampang depannya sangar, kalau mepet2 mobil depan, kemungkinan besar mobil depan pasti minggir ngasih jalan. Dan hampir selalu dapat parkir kalau naik pajero / fortuner. Mungkin karena dipikir mobil pejabat. Tapi juga jangan lupan sogokannya 10-20 ribu supaya besok besok diingat dan jadi parkir tetap, just suggest
Last edited by mskitu on Sun Oct 29, 2017 5:50, edited 1 time in total.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Zaxis »

mskitu wrote: Sun Oct 29, 2017 4:33
Sempet sunroof kemasukan debit air banyak pas hujan (keadaan sunroof tertutup). Masuk di bengkel resmi srikandi mitsubishi panglima sudirman sekitar 3 minggu untuk penggantian plafon yg basah.
Kena biaya brp om ganti plafon?atau masi garansi?
Ngeri bener naek mobil setengah em berasa naek bajaj
Kalo ujan was was bocor ga nih atap nya
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Ivano »

mskitu wrote:Ini sisi pandang SUBJECTIF ya. Pembelian di Surabaya.
* Saya punya Fortuner vnt diesel turbo 2013.
* Saya beli ANPS Dakar desember 2016 yg lalu harga Rp 502.900.000 dapat disc 10jt + free servis jasa+sparepart sampai 50ribu km/ 4 tahun.
Awal beli ya banyak lihat review dan forum2 di web, test drive ANF 2x, test drive ANPS 3x. Akhirnya saya memutuskan beli ANPS, padahal istri mintanya ANF (des 2016 harga ANF VRZ Lux 513jt disc 25jt).
Sempet sunroof kemasukan debit air banyak pas hujan (keadaan sunroof tertutup). Masuk di bengkel resmi srikandi mitsubishi panglima sudirman sekitar 3 minggu untuk penggantian plafon yg basah.
ANPS : Larinya kencang, kabin lebih kedap dari VRZ, panjang dan lebar dimensi mobilnya ternyata jauh lebih kecil dari ANF, bahkan masih lebih kecil dr fortuner vnt turbo 2013. Lambu belakangnya bagus terang banget.
Tapi HU (tape dll) biasa. Dan konsol tengahnya sangat mengganggu, saya pemakaian 10 bulan ini sudah 3x kepentok dengkul saya di konsol tengah warna silver, sakit banget. Pemakaian dex dalam kota surabaya rata rata 1 liter utk 9-10 km termasuk berhenti2 di toko tapi mesin tetap hidup. Kacaunya sparepart gratis di dealer resmi gratisnya oli 10w-40 CF, itu harus ganti paling lama 5.000km/ 5 bulan. Untung aja di dealer bengkel reaminya juga jualan oli FK Pulse GT Plus 10W-40 CJ4, kena sekitar Rp 125.000 per liter dan saya pakai itu karena bisa sampai 10rb km / 10 bulan (jadi penggantiannya dipaskan saat servis berkala).
Kalau dalam kota, dan walaupun ada jalan bergelombang enakan ANF VRZ. gak kepakai larinya di dalam kota. Music tape dan suaranya enak VRZ, interior dan ambience lampu bagus VRZ, dan yg paling oke penyimpanan botol minum dan tempat cas hp sangat memadai di VRZ. Di anps dakar juga ada tempat cas hp tapi susah (hanya di depan tuas persneling dan dalam konsol tengah).
Kalau mudah pengendalian, jarak pandang ke depan lebih bagus ANPS Dakar. Kalau naik VRZ bawanya kudu sabar dan hati2 karena kapnya panjang.

Ini saya juga lagi wait n see sampai akhir desember, ANPS saya mau kasih ke papa saya, lagi lihat2 diskon mau ambil ANF TRD SPORTIVO Putih atau MAZDA CX5 GT Putih. Lagi membandingkan diskon dan servis dll, minggu lalu pas pameran toyota ditawari ANF VRZ TRD th 2017 disc 28jt dari harga Rp 538jt, tapi kalau nik 2018 disc hanya 10-15jt dan harga tetap 538jt asal spk 10jt tapi stnk baru jadinya januari 2018, jadi kalau mau digratiskan plat nomer sementara sampai januari dari toyota auto 2000. Kalau CX5 GT Terakhir nanya awal bulan 531jt disc 10jt.

Anyway : kalau pemakaian dalam kota (tol/luar kota sebulan ga sampai 5x). Saya sangat sarankan ANF VRZ TRD.
Kalau pemakaian luar kota dan tol hampir tiap minggu saya sarankan ANPS Dakar. Hati2 ambil ultimate ada scbs (smart city brake support) yg kalau dipotong motor dari depan, bisa berhenti sendiri mobilnya kalau jalan dibawah 40km/jam. Sunroof juarang kepakai, apalagi hujan, dan anda harus perawatan bersihkan karetnya tiap bulan. Dan yg paling nyebelin ya konsol tengahnya itu keras, gak enak di dengkul kiri kaki.

Saya sedikit banyak tahu ANF VRZ karena om kandung saya beli VRZ 2016. Pemakaian bbm dex hampir sama lah. Setahu saya, untuk unit yg 2017 udah gak ada jedug jedug di persneling matic ANF, Apalagi yg trd sportivo (sangat saya sarankan kalau ambil ANF, yg trd sportivo) warna hitam dan putih sama sama bagus.
ANPS nya coba di reflash ECU om.
Biaya sekitar 4.5jt di mbah bebong.
(Dinego aja sendiri)

Ntar pasti sayang kalo dilepas (even ke papa sendiri).
Nikmat banget dibawa nya.
Kalo suspensi, banyak solusinya.

1. Pengen keras dan tajam handlingnya:
Pakai shock pajero lama depan+belakang.
(Beda part number aja, fisik sama persis)
Masih cukup empuk (kurangi tekanan ban), tapi handling meningkat jauh.
Biaya: depan 1.2jt, blk 800rb (+pasang bengkel kaki2, 150rb)

2. Pengen tetep lembut, tapi ndak terlalu limbung: (per dan shock std)
Kasih karet damper di per (dpn 2cm, 1pcs. Blk 5cm, 2pcs). Biaya sekitar 1,2jt.

3. Bila point 2 masih terlalu lembut, pasang stabilizer (online sekitar 2,5 jt).

4. Bila dana lumayan tersedia, bisa pasang profender (body kuning), adjustable 4 level. Biaya sekitar 5,5jt di online/DBM Ngagel sby.

Semua poin diatas sudah saya coba di ANPS 4X4 2016, dan sesuai preferensi yg saya jelaskan diatas.

Silahkan pilih sesuai karakter dan dana yg disediakan.
Thanks.
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

Zaxis wrote: Sun Oct 29, 2017 5:50
mskitu wrote: Sun Oct 29, 2017 4:33
Sempet sunroof kemasukan debit air banyak pas hujan (keadaan sunroof tertutup). Masuk di bengkel resmi srikandi mitsubishi panglima sudirman sekitar 3 minggu untuk penggantian plafon yg basah.
Kena biaya brp om ganti plafon?atau masi garansi?
Ngeri bener naek mobil setengah em berasa naek bajaj
Kalo ujan was was bocor ga nih atap nya
Yg lalu pernah saya sharing juga di seraya motor mengenai plafon rembes di anps dakar.
Yg lalu km masih sekitar dibawah 1000, baru 3 minggu dari serah terima. Gak kena biaya apa apa. Diganti baru plafon dan karet sunroof.
Sunroof pasti masuk sedikit tetesan air, makanya ada got nya di bawah sunroof. Hanya yg di anps saya yg lalu debit airnya masuk gak normal (kebanyakan) padahal pas serah terima saya udah nanya 2x sama kepala bengkelnya apakah sunroof udah di cek katanya udah dicek list 2x dan udah dicoba siram air pas serah terima. Makanya pas komplain ke dealer srikandi panglima sudirman surabaya katanya masih dianalisis, sorenya saya langsung komplain ke KTB 2X, saya ngancem kalau seminggu gak ada dibetulin ganti baru, saya buat surat terbuka ke Mitsubishi Motor CorporationJepang, dapat alamatnya di Jepang dibantu sama om Tuboman. Untungnya selang 3 hari ditelp sama dealernya dan ganti baru plafon dan karet sunroof. Itu salahnya di pengaturan
Sunroofnya, ada baut kiri kanan untuk disetel. Nah coba kalau dari awal setelannya pas, ya pasti kedap dan hanay sedikit sekali debit air yg masuk di got dan gak sampai basahi plafon
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

Ivano wrote: Sun Oct 29, 2017 6:10
mskitu wrote:Ini sisi pandang SUBJECTIF ya. Pembelian di Surabaya.
* Saya punya Fortuner vnt diesel turbo 2013.
* Saya beli ANPS Dakar desember 2016 yg lalu harga Rp 502.900.000 dapat disc 10jt + free servis jasa+sparepart sampai 50ribu km/ 4 tahun.
Awal beli ya banyak lihat review dan forum2 di web, test drive ANF 2x, test drive ANPS 3x. Akhirnya saya memutuskan beli ANPS, padahal istri mintanya ANF (des 2016 harga ANF VRZ Lux 513jt disc 25jt).
Sempet sunroof kemasukan debit air banyak pas hujan (keadaan sunroof tertutup). Masuk di bengkel resmi srikandi mitsubishi panglima sudirman sekitar 3 minggu untuk penggantian plafon yg basah.
ANPS : Larinya kencang, kabin lebih kedap dari VRZ, panjang dan lebar dimensi mobilnya ternyata jauh lebih kecil dari ANF, bahkan masih lebih kecil dr fortuner vnt turbo 2013. Lambu belakangnya bagus terang banget.
Tapi HU (tape dll) biasa. Dan konsol tengahnya sangat mengganggu, saya pemakaian 10 bulan ini sudah 3x kepentok dengkul saya di konsol tengah warna silver, sakit banget. Pemakaian dex dalam kota surabaya rata rata 1 liter utk 9-10 km termasuk berhenti2 di toko tapi mesin tetap hidup. Kacaunya sparepart gratis di dealer resmi gratisnya oli 10w-40 CF, itu harus ganti paling lama 5.000km/ 5 bulan. Untung aja di dealer bengkel reaminya juga jualan oli FK Pulse GT Plus 10W-40 CJ4, kena sekitar Rp 125.000 per liter dan saya pakai itu karena bisa sampai 10rb km / 10 bulan (jadi penggantiannya dipaskan saat servis berkala).
Kalau dalam kota, dan walaupun ada jalan bergelombang enakan ANF VRZ. gak kepakai larinya di dalam kota. Music tape dan suaranya enak VRZ, interior dan ambience lampu bagus VRZ, dan yg paling oke penyimpanan botol minum dan tempat cas hp sangat memadai di VRZ. Di anps dakar juga ada tempat cas hp tapi susah (hanya di depan tuas persneling dan dalam konsol tengah).
Kalau mudah pengendalian, jarak pandang ke depan lebih bagus ANPS Dakar. Kalau naik VRZ bawanya kudu sabar dan hati2 karena kapnya panjang.

Ini saya juga lagi wait n see sampai akhir desember, ANPS saya mau kasih ke papa saya, lagi lihat2 diskon mau ambil ANF TRD SPORTIVO Putih atau MAZDA CX5 GT Putih. Lagi membandingkan diskon dan servis dll, minggu lalu pas pameran toyota ditawari ANF VRZ TRD th 2017 disc 28jt dari harga Rp 538jt, tapi kalau nik 2018 disc hanya 10-15jt dan harga tetap 538jt asal spk 10jt tapi stnk baru jadinya januari 2018, jadi kalau mau digratiskan plat nomer sementara sampai januari dari toyota auto 2000. Kalau CX5 GT Terakhir nanya awal bulan 531jt disc 10jt.

Anyway : kalau pemakaian dalam kota (tol/luar kota sebulan ga sampai 5x). Saya sangat sarankan ANF VRZ TRD.
Kalau pemakaian luar kota dan tol hampir tiap minggu saya sarankan ANPS Dakar. Hati2 ambil ultimate ada scbs (smart city brake support) yg kalau dipotong motor dari depan, bisa berhenti sendiri mobilnya kalau jalan dibawah 40km/jam. Sunroof juarang kepakai, apalagi hujan, dan anda harus perawatan bersihkan karetnya tiap bulan. Dan yg paling nyebelin ya konsol tengahnya itu keras, gak enak di dengkul kiri kaki.

Saya sedikit banyak tahu ANF VRZ karena om kandung saya beli VRZ 2016. Pemakaian bbm dex hampir sama lah. Setahu saya, untuk unit yg 2017 udah gak ada jedug jedug di persneling matic ANF, Apalagi yg trd sportivo (sangat saya sarankan kalau ambil ANF, yg trd sportivo) warna hitam dan putih sama sama bagus.
ANPS nya coba di reflash ECU om.
Biaya sekitar 4.5jt di mbah bebong.
(Dinego aja sendiri)

Ntar pasti sayang kalo dilepas (even ke papa sendiri).
Nikmat banget dibawa nya.
Kalo suspensi, banyak solusinya.

1. Pengen keras dan tajam handlingnya:
Pakai shock pajero lama depan+belakang.
(Beda part number aja, fisik sama persis)
Masih cukup empuk (kurangi tekanan ban), tapi handling meningkat jauh.
Biaya: depan 1.2jt, blk 800rb (+pasang bengkel kaki2, 150rb)

2. Pengen tetep lembut, tapi ndak terlalu limbung: (per dan shock std)
Kasih karet damper di per (dpn 2cm, 1pcs. Blk 5cm, 2pcs). Biaya sekitar 1,2jt.

3. Bila point 2 masih terlalu lembut, pasang stabilizer (online sekitar 2,5 jt).

4. Bila dana lumayan tersedia, bisa pasang profender (body kuning), adjustable 4 level. Biaya sekitar 5,5jt di online/DBM Ngagel sby.

Semua poin diatas sudah saya coba di ANPS 4X4 2016, dan sesuai preferensi yg saya jelaskan diatas.

Silahkan pilih sesuai karakter dan dana yg disediakan.
Thanks.
Itu karena papa saya minta ANPSnya, makanya saya overkan dan rencana ambil baru ANF VRZ TRD atau Mazda cx5....
Saya gak mau ambil anps lagi. Saya termasuk yg gak ada waktu modif2 dll om dan gak suka modif, ya standart pabrikan gitu. ANPS Dakar enak kalau jalan berlubang, tapi kalau jalan bergelombang gak enak seperti naik kuda aja. Dan gitu saya menggerutu dengkulku sakit kepentok panel silver tengah, istriku bilang KAPOK. dan tape dan suaranya sama aja seperti forti vnt 2013, masih lebih bagus ANF VRZ. makanya ini mau ambil yg lain. Kalau nanti juga seandainya kepingin bawa ANPS lagi ya tinggal ijolan/tuker sementara sama papa sendiri. He3...
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

Winz wrote: Sat Oct 28, 2017 4:45
Venturtle wrote: Wed Oct 18, 2017 11:49 om TS jadinya ambil ANPS atau ANF? :big_smile]
Fix ANPS Dakar 4x2 CKD kaya'nya, om, nunggu moment yang pas, rencana di nopember mau coba nego sadis, ini aja sales2 yang pernah saya hubungi banyak hubungi balik, tapi masih diskon 25-28jt jadi di 515-518jt utk White, klo grey atau silver baru bisa coba dinegoin 500jt kata sales'nya, secara pas ada moment galungan dan kuningan biasa'nya orang2 bali ga mau belanja, kebanyakan buat sembahyang, apalagi diikuti sudah mau akhir tahun, pasti dealer - dealer banyak yang kasih penawaran menarik :mky_01:
Om Winz, kalau hanya pemakaian 4-6 tahun masih amanlah karet sunroof, kecuali diatas 8 tahun nah itu pertanyaan karet sunroofnya gimana lagi.
Diisi Dex aja, saya pemakaian tiap hari, per hari +- 30-35 kilometer jalan, setiap 2 minggu biaya +- Rp 500.000 untuk bbm DEX. cari pombensin pertamina yg coco (bukan swasta), biasanya angka keduanya = 1. Misal kalau di surabaya depannya 51 = punya pertamina langsung, kalau depannya 52 biasanya joinan pertamina-swasta. Kalau depannya 54 murni swasta. Cari pompa bensin percontohan punya pertamina, itu gak akan pernah kosong/ habis stok
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

Winz wrote: Wed Aug 23, 2017 12:11
jemmyt wrote: Wed Aug 23, 2017 5:15 Sy usul VRZ TRD, marketingnya baik2...
Marketing'nya gila, suruh saya SPK terus, DP 10jt lah, diskon'nya aja kagak jelas, saya nagih utang kreditan, semangat 45 lah pokoknya kejar target, tanya diskon ngeles blg dp aja dulu nanti ga dapat unit biar saya simpankan, wah ga bener ini, bukan 1 sales aja, mungkin ada 2-4 sales begini semangatnya, beda sama merk sebelah masih ga sampai gtu kejar targetnya
Om Wins kalau ada dananya ya mending cash aja. Di toyota minggu lalu saya ditawari bisa dicicil 6 bulan tanpa bunga dan tetap dapat diskon 28jt untuk TRD Sportivo, hanya harus beli asuransi 1 tahun sekitar 7-8 juta garda oto. Kalau gak beli asuransi, gak boleh kredit sama sekali. Itu dicicil 0% selama 6 bulan dan diskon 28juta, syaratnya biaya spk 10jt, dan uang tdp 30% dari harga mobil untuk buka faktur, kekurangannya bisa cicil selama 6 bulan tanpa bunga
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Winz »

mskitu wrote: Sun Oct 29, 2017 7:23
Winz wrote: Wed Aug 23, 2017 12:11
jemmyt wrote: Wed Aug 23, 2017 5:15 Sy usul VRZ TRD, marketingnya baik2...
Marketing'nya gila, suruh saya SPK terus, DP 10jt lah, diskon'nya aja kagak jelas, saya nagih utang kreditan, semangat 45 lah pokoknya kejar target, tanya diskon ngeles blg dp aja dulu nanti ga dapat unit biar saya simpankan, wah ga bener ini, bukan 1 sales aja, mungkin ada 2-4 sales begini semangatnya, beda sama merk sebelah masih ga sampai gtu kejar targetnya
Om Wins kalau ada dananya ya mending cash aja. Di toyota minggu lalu saya ditawari bisa dicicil 6 bulan tanpa bunga dan tetap dapat diskon 28jt untuk TRD Sportivo, hanya harus beli asuransi 1 tahun sekitar 7-8 juta garda oto. Kalau gak beli asuransi, gak boleh kredit sama sekali. Itu dicicil 0% selama 6 bulan dan diskon 28juta, syaratnya biaya spk 10jt, dan uang tdp 30% dari harga mobil untuk buka faktur, kekurangannya bisa cicil selama 6 bulan tanpa bunga
Saya Rencana cari ANPS dakar 4x2 ckd, om, rencana pembelian cash memang, cuma cari diskon pembelian cash lebih susah :(

Bdw klo boleh tau kenapa ANPS’nya mau ditukar sama ANF? Kurang memuaskan’kah? Secara fitur dan power menang ANPS, kalah di kemewahan interior aja

Klo budget 1M kebablasan itu, om, dapat 2 ANF atau ANPS itu, wkwkwk, harga juga ga boong dah klo lexus, di bali saya kurang tahu ada ga dealer toyota yg mau tangani lexus, secara hampir ga pernah kelihatan mobil lexus lalu lalang d bali, klo di surabaya memang banyak ada yg pakai lexus
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Penikmat_Kopi »

mskitu wrote: Sun Oct 29, 2017 4:33
Saya sedikit banyak tahu ANF VRZ karena om kandung saya beli VRZ 2016. Pemakaian bbm dex hampir sama lah. Setahu saya, untuk unit yg 2017 udah gak ada jedug jedug di persneling matic ANF, Apalagi yg trd sportivo (sangat saya sarankan kalau ambil ANF, yg trd sportivo) warna hitam dan putih sama sama bagus.
Bukannya bedanya ANF VRZ dengan ANF VRZ TRD sportivo hanya body kitnya om? Yg TRD lebih keliatan muda dan sporty dan yg non TRD lebih kelihatan elegant.
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

Penikmat_Kopi wrote: Sun Oct 29, 2017 14:58
mskitu wrote: Sun Oct 29, 2017 4:33
Saya sedikit banyak tahu ANF VRZ karena om kandung saya beli VRZ 2016. Pemakaian bbm dex hampir sama lah. Setahu saya, untuk unit yg 2017 udah gak ada jedug jedug di persneling matic ANF, Apalagi yg trd sportivo (sangat saya sarankan kalau ambil ANF, yg trd sportivo) warna hitam dan putih sama sama bagus.
Bukannya bedanya ANF VRZ dengan ANF VRZ TRD sportivo hanya body kitnya om? Yg TRD lebih keliatan muda dan sporty dan yg non TRD lebih kelihatan elegant.
Tepat sekali. Bedanya dengan TRD Sportivo hanya exteriornya, jauhhhh lebih ganteng. Kalau ANF VRZ tampangnya feminim. Beda hanya 12jt utk velg dan perubahan banyak di tampang depan. Setahu saya sock juga sama dengan VRZ, sock pun bukan sock TRD
mskitu
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Wed Sep 07, 2016 0:53

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by mskitu »

@ Om Winz : Bdw klo boleh tau kenapa ANPS’nya mau ditukar sama ANF? Kurang memuaskan’kah? Secara fitur dan power menang ANPS, kalah di kemewahan interior aja.
Dulu pas awal awal 1-3 bulan pemakaian puas, hanya lama kelamaan baru kelihatan kok pingin balik beli lagi ANF VRZ yg TRD.
ANPS DAKAR : pertama kali dinyalakan, saya setidaknya manasin mesin mobil +- 8-10 menit supaya temperaturnya naik 3-4 bar sehingga tidak turbolag, kalau panasin mesinnya 2-3 menit aja udah pasti turbolag pas awal. Kalau jalan berlubang suspensinya enak, tapi kalau jalan bergelombang nah beneran gak enak. Fitur anps menang kenceng larinya, sunroof, HAC, VSC, tapi trust me itu semua gak terlalu kepakai pas bawa setiap hari dalam kota surabaya. Termasuk HAC paling pakai di parkiran mall aja. Dan pas menuruni jalan turunan, kok sepertinya HAC tidak berfungsi, hanya berfungsi saat mendaki jalan naikan.
Interior bener bener VRZ menang jauh dan HU-dan suaranya beneran top.
Saya bandingkan antara CX-5, crv, anps, vrz. Suara HU CX5 paling ok, setelah itu suara HU VRZ, Jauh lebih bagus drpd ANPS. dan yg paling buruk adalah suara HU CRV.
Sebelumnya saya berencana mau beli lagi diantara VRZ TRD, CX-5, CRV. tapi gara gara crv tapenya paling buruk diantara 4 suv diatas, dan unitnya ada beberapa yg bekas las lasan nya dalam pintu seperti berlubang kecil (gak rapi), takutnya pas hujan/ cuci mobil airnya masuk dalam body, lah gawat, makanya crv dicoret dari daftar pembelian.
Untuk cas hp, tempat hp di konsol tengah, tempat uang kecil. Media penyimpanan masih jauh lebih bagus di VRZ. Dan ini anps saya bunyi beklet kulit kursi tengahnya beneran bikin asing di telinga pas hanya di bawa sendiri. Tapi kalau kursi tengahnya didudukin, gak bunyi.
ANPS DAKAR bukan barang jelek. Hanya saya melihat untuk pemakaian sehari hari dalam kota, rasanya saya lebih condong ke VRZ makanya rencana beli VRZ sportivo : untuk kenyamanannya dan audionya, suspensinya lebih keras dikit makanya jalan bergelombang lebih baikan daripada anps, dan setirnya jauh lebih ringan dibandingkan anps. Dakar setirnya berat, menurut saya, bahkan lebih berat drpd fortuner vnt diesel. daripada dijual lagi rugi, makanya saya tuker ke papa saya, dan beli baru VRZ TRD. Ini subjectif ya, karena VRZ pun saya belum pernah bawa setiap hari berbulan bulan, hanya baru bawa beberapa kali saja. Untuk tahu apa saja kelemahannya ya paling gak pemakaian diatas 5 bulan baru ketahuan.
Servis bengkel resmi Mitsubishi bagus kok, kenalan sama supervisor bengkelnya supaya gamoang servisnya nanti. Hanya saja, nanti kalau jadi beli ANPS, oli mesin dari awal (mineral) segera ganti di km 5.000 atau max 5 bulan ya, itupun udah hitam kotor banget. Dan jangan kaget pada awal sampai +- 7000 km mesinnya kadang dengungnya agak keras sewaktu dibawa jalan. Dan pengingat waktu / jam hanya ada di HU aja dan itupun sekitar 30 menit setelah mesin awal dipanaskan baru jamnya syncronis sendiri karena setelan jamnya mengikuti GPS. oh iya. Seringkali di beberapa tempat dan selalu ketika masuk mall/ parkiran plaza, head unitnya bunyi keras : * GPS SIGNAL LOST* selama beberapa kali, lama kelamaan akan terbiasa juga. Nah 1 juga yg mengganggu, kamera belakang nya kalau hujan sebentar udah kabur kabur gambar belakangnya.
Dan suggest serius : kalau pasti mau ambil anps dakar, sebelumnya coba main ke dealernya dan coba buka pintu belakangnya beberapa kali, karena itu pakai sensor sentuhan dan harus ditekan dan diangkat baru bisa. Kalau ditekan dilepas dan kemudian diangkat, gak bisa buka pintu belakangnya. Dulu saya pikir pintu belakang anps saya rusak, tapi memang anps semuanya sedikit susah dibuka pintu belakangnya kalau gak tahu caranya. Kalau sudah tahu cara bukanya ya gampang aja. Tapi kalau berhenti pemeriksaan parkir, kadang satpamnya gak bisa buka pintu belakan dan terlanjur mencet utk dibuka, makanya kita harus turun lagi-buka-dan ditutup kembali, kalau gak ya di spedometernya bunyi terus
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Winz »

mskitu wrote: Mon Oct 30, 2017 15:22
Penikmat_Kopi wrote: Sun Oct 29, 2017 14:58
mskitu wrote: Sun Oct 29, 2017 4:33
Saya sedikit banyak tahu ANF VRZ karena om kandung saya beli VRZ 2016. Pemakaian bbm dex hampir sama lah. Setahu saya, untuk unit yg 2017 udah gak ada jedug jedug di persneling matic ANF, Apalagi yg trd sportivo (sangat saya sarankan kalau ambil ANF, yg trd sportivo) warna hitam dan putih sama sama bagus.
Bukannya bedanya ANF VRZ dengan ANF VRZ TRD sportivo hanya body kitnya om? Yg TRD lebih keliatan muda dan sporty dan yg non TRD lebih kelihatan elegant.
Tepat sekali. Bedanya dengan TRD Sportivo hanya exteriornya, jauhhhh lebih ganteng. Kalau ANF VRZ tampangnya feminim. Beda hanya 12jt utk velg dan perubahan banyak di tampang depan. Setahu saya sock juga sama dengan VRZ, sock pun bukan sock TRD
Tapi masih mending 12jt dari VRZ ke TRD, daripada 16jt dari Dakar ke Dakar Limited yg dimana hampir ga kelihatan beda’nya dan pilihan warna cuma dibatasin Hitam aja, velg’nya juga sama
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by liemivan86 »


Winz wrote:
Tapi masih mending 12jt dari VRZ ke TRD, daripada 16jt dari Dakar ke Dakar Limited yg dimana hampir ga kelihatan beda’nya dan pilihan warna cuma dibatasin Hitam aja, velg’nya juga sama
Dakar limited kan memang fokus nya bukan di bentuk exterior, tapi lebih ke fitur radar. Karena itu, luar nya sama aja.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by Winz »

liemivan86 wrote: Mon Oct 30, 2017 23:33
Winz wrote:
Tapi masih mending 12jt dari VRZ ke TRD, daripada 16jt dari Dakar ke Dakar Limited yg dimana hampir ga kelihatan beda’nya dan pilihan warna cuma dibatasin Hitam aja, velg’nya juga sama
Dakar limited kan memang fokus nya bukan di bentuk exterior, tapi lebih ke fitur radar. Karena itu, luar nya sama aja.
Yg fokus ke radar kan yang ultimate, om?

Klo limited bodykit model rally art dicat sewarna body

Apalagi kadang free 5 aksesoris, jadi cuma 6 aksesoris yg bener2 milik pajero limited ( termasuk emblem limited dihitung aksesoris -,-“ )
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by ginting »

Tapi HU (tape dll) biasa. Dan konsol tengahnya sangat mengganggu, saya pemakaian 10 bulan ini sudah 3x kepentok dengkul saya di konsol tengah warna silver, sakit banget.

Anyway : kalau pemakaian dalam kota (tol/luar kota sebulan ga sampai 5x). Saya sangat sarankan ANF VRZ TRD.
Kalau pemakaian luar kota dan tol hampir tiap minggu saya sarankan ANPS Dakar. Hati2 ambil ultimate ada scbs (smart city brake support) yg kalau dipotong motor dari depan, bisa berhenti sendiri mobilnya kalau jalan dibawah 40km/jam. Sunroof juarang kepakai, apalagi hujan, dan anda harus perawatan bersihkan karetnya tiap bulan. Dan yg paling nyebelin ya konsol tengahnya itu keras, gak enak di dengkul kiri kaki.


[/quote]

Yang ane bold di atas...itu juga yg menjadi deal breaker saya gak ambil ANPS..karena sy suka touring jarak jauh...pingin kaki kiri bisa dibuka lebar ke kiri..karena konsol tengah itu ngembang di arah depan...dengkul jadi gak bebas bergerak...semoga Wendy sebagai (salah satu) bos MItsu bisa mendengarkan feedback dari customer.
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 280
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo atau Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate?

Post by antonyaulia »

Sama seperti om mskitu, ini juga pandangan subyektif ya. Saya pakai ANPS Dakar baru sebulan ini, rencana awal mau ambil Exceed manual, tapi barang kosong sampai awal tahun 2018 (karena saya terbiasa manual) akhirnya ambil Dakar dan kredit karena dana cash cuma cukup buat Exceed. Sebelumnya saya pakai Grand New Innova 2013 G Bensin. dan belum pernah move on dari Toyota sejak kenal mobil dari Bapak saya. (Corona 84, Corona Twin Cam 91, Kijang 93, LSX Kapsul 97, Avanza 2006, Innova 2013, dan Innova Reborn 2016) dan sangat puas dengan kualitas dan pelayanan Toyota, terutama keawetan dan harga sparepart. Sebelum memutuskan membeli ANPS, tetangga saya ada yg punya ANF VRZ dan ANPS Dakar, saya mengamati keduanya hampir setahun, dan menurut pandangan subyektif saya, awalnya saya suka ANFortuner tapi lama2 kok saya bosen ya lihat tampangny. Sebaliknya malah AN Pajero Sport, awalnya biasa saja, malah cenderung sebel liat tampang belakangnya, tapi lama kelamaan malah sangat exciting. Itu yang akhirnya saya putuskan ambil ANPS, selain juga tentunya dari browsing internet.

Oya, saya tinggal di Solo dan sebagai informasi harga Dakar OTR 530jt saya dapat diskon 25juta (awalnya 17jt). dan ANF VRZ 534jt tawaran diskon awal 37jt belum nego. Kalo masalah di pelayanan dealer memang beda jauh ya, saya di Toyota mendapatkan perlakuan yg cukup istimewa, tapi kalo di Mitsu, ya seadanya sajalah, gak ada istimewanya.

Sekarang ke Performance mobil sendiri. Interior harus saya akui cakep ANF, Eksterior relatif, tapi kalo udah cakap driving experience, wah uenak ANPS kemana2, apalagi matic 8 speed, bener2 bikin perpindahan gigi jauh lebih smooth, kalo pake manual via paddle shift ya jadi manual beneran tanpa pindah gigi kalo gak kita pindah sendiri. Jangan ditanya kalo buat ngebut (buat yang seneng ngebut), gak usah dipakaiin apa2 udah kenceng banget ini mobil. Cruise Control dan Electric Handbreak juga cukup membantu, apalagi yg Ultimate pake ACC. Kabin jauh lebih senyap di ANPS. Kalo kekurangannya yaitu audio asal bunyi, ama Innova Reborn aja kalah. Oya, sebagai pertimbangan usia saya 40tahun dan pake Pajero ini rasanya serasa muda lagi deh, beda pas pakai Fortuner rasanya lebih mapan saja, kebetulan saya terlibat di kesibukan Jokowi mantu dan selalu pakai ANFortuner yg memang lebih banyak dipakai buat antar jemput tamu selain Alphard.

Oke, pilihan di tangan anda.