BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

BmwTomang wrote: Mon Jun 12, 2017 12:58
BmwTomang wrote: Mon Jun 12, 2017 10:14 Kalau uda habis waranty nya dan ga diperpanjang,baru sekarabg mau perpanjang lagi setau saya sudah ga bisa om.
Kalo bsi masih jalan. Itu masih bisa diperpanjang kan?? Bsi itu icl apa saja?? Kalau ban rftnya itu di warranty ya??
Bisa om.kalau bsi hanya untuk yg berhubungan dengan service rutin nya aja om,kayak oli,kampas rem,dll .
Kalau waranty yg ban RFT (tyre coverage) itu sebetul nya dari Allianz waranty nya,semua unit dari awal 2016 yg mulai diwaranty nya,tapi ada beberapa unit kayak 218 nik 2015 pemakaian 2016 ada yg didaftarin Tyre Coverage juga.
[/quote]

Worthed ga om bsi diperpanjang?? Atau mending nanti jika bsi abis misal service rutin di bengkel biasa saja??
User avatar
katumiri
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sun Dec 25, 2016 2:18
Location: Jakarta

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by katumiri »

coba pertimbangin juga beli di used BMW center, lumayan juga ada garansinya
arseniussugi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Jan 06, 2016 14:09

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by arseniussugi »

just sharing, kebetulan piara 2"nya , 528i f10 2013 dan 320i f30 2014
1. sama aja, dua2nya dipake daily dan gaperna ada masalah berarti. Perawatan gampang, ikutin apa yg harus diganti dari idrive aja, jgn sampe lewat waktunya
2. Better pake pertamax turbo or v power, dulu pas bensin masi mahal2nya f30 sempet dicekokin pertamax biasa selama setaun. gaada masalah berarti sih cmn lemot aja mobilnya. Kalo 328i better isi ron 95 sih minimal karna boost lebih gede dibanding 320i
3. F30: Steering Rack, punya saya power window belakang kanan agak macet, biaya perbaikan gak tau karna smua dicover warranty. F10: Kemaren ganti thermostat, perbaikan gak tau dicover warranty juga. Dan jangan lupa ban standar RFT bmw super mahal, taun kemaren ganti ban F10 1 biji kena 4.6 juta
4. Suka nyetir sendiri ato disupirin? Kalo f30 buat nyetir sendiri dan demen ngebut superfun apalagi 328i, power gede, sasis enak, suspensi udah adaptive. F10 lebi enak kalo nyetirnya nyantai, ngga salip2an kalo kena macet karna susah dengan body yg hampir 5 meter, dan nyetir f10 lebih gak pegel soalnya lebih besar ruang pengemudinya

:big_peace:
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

arseniussugi wrote: Tue Jun 13, 2017 5:18 just sharing, kebetulan piara 2"nya , 528i f10 2013 dan 320i f30 2014
1. sama aja, dua2nya dipake daily dan gaperna ada masalah berarti. Perawatan gampang, ikutin apa yg harus diganti dari idrive aja, jgn sampe lewat waktunya
2. Better pake pertamax turbo or v power, dulu pas bensin masi mahal2nya f30 sempet dicekokin pertamax biasa selama setaun. gaada masalah berarti sih cmn lemot aja mobilnya. Kalo 328i better isi ron 95 sih minimal karna boost lebih gede dibanding 320i
3. F30: Steering Rack, punya saya power window belakang kanan agak macet, biaya perbaikan gak tau karna smua dicover warranty. F10: Kemaren ganti thermostat, perbaikan gak tau dicover warranty juga. Dan jangan lupa ban standar RFT bmw super mahal, taun kemaren ganti ban F10 1 biji kena 4.6 juta
4. Suka nyetir sendiri ato disupirin? Kalo f30 buat nyetir sendiri dan demen ngebut superfun apalagi 328i, power gede, sasis enak, suspensi udah adaptive. F10 lebi enak kalo nyetirnya nyantai, ngga salip2an kalo kena macet karna susah dengan body yg hampir 5 meter, dan nyetir f10 lebih gak pegel soalnya lebih besar ruang pengemudinya

:big_peace:
Untuk skala "kekerasan" dari f30 328i itu segimana ya om?? Dibandingkan dengan mobil2 biasa.... takutnya saya keras seri 3
arseniussugi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Jan 06, 2016 14:09

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by arseniussugi »

rizkifjr wrote: Tue Jun 13, 2017 7:57
arseniussugi wrote: Tue Jun 13, 2017 5:18 just sharing, kebetulan piara 2"nya , 528i f10 2013 dan 320i f30 2014
1. sama aja, dua2nya dipake daily dan gaperna ada masalah berarti. Perawatan gampang, ikutin apa yg harus diganti dari idrive aja, jgn sampe lewat waktunya
2. Better pake pertamax turbo or v power, dulu pas bensin masi mahal2nya f30 sempet dicekokin pertamax biasa selama setaun. gaada masalah berarti sih cmn lemot aja mobilnya. Kalo 328i better isi ron 95 sih minimal karna boost lebih gede dibanding 320i
3. F30: Steering Rack, punya saya power window belakang kanan agak macet, biaya perbaikan gak tau karna smua dicover warranty. F10: Kemaren ganti thermostat, perbaikan gak tau dicover warranty juga. Dan jangan lupa ban standar RFT bmw super mahal, taun kemaren ganti ban F10 1 biji kena 4.6 juta
4. Suka nyetir sendiri ato disupirin? Kalo f30 buat nyetir sendiri dan demen ngebut superfun apalagi 328i, power gede, sasis enak, suspensi udah adaptive. F10 lebi enak kalo nyetirnya nyantai, ngga salip2an kalo kena macet karna susah dengan body yg hampir 5 meter, dan nyetir f10 lebih gak pegel soalnya lebih besar ruang pengemudinya

:big_peace:
Untuk skala "kekerasan" dari f30 328i itu segimana ya om?? Dibandingkan dengan mobil2 biasa.... takutnya saya keras seri 3
328i mah ga keras om, malah dia adaptive. Jadi kalo di comfort dia empuk, kalo di sport baru jadi stiff
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

arseniussugi wrote: Tue Jun 13, 2017 13:02
rizkifjr wrote: Tue Jun 13, 2017 7:57
arseniussugi wrote: Tue Jun 13, 2017 5:18 just sharing, kebetulan piara 2"nya , 528i f10 2013 dan 320i f30 2014
1. sama aja, dua2nya dipake daily dan gaperna ada masalah berarti. Perawatan gampang, ikutin apa yg harus diganti dari idrive aja, jgn sampe lewat waktunya
2. Better pake pertamax turbo or v power, dulu pas bensin masi mahal2nya f30 sempet dicekokin pertamax biasa selama setaun. gaada masalah berarti sih cmn lemot aja mobilnya. Kalo 328i better isi ron 95 sih minimal karna boost lebih gede dibanding 320i
3. F30: Steering Rack, punya saya power window belakang kanan agak macet, biaya perbaikan gak tau karna smua dicover warranty. F10: Kemaren ganti thermostat, perbaikan gak tau dicover warranty juga. Dan jangan lupa ban standar RFT bmw super mahal, taun kemaren ganti ban F10 1 biji kena 4.6 juta
4. Suka nyetir sendiri ato disupirin? Kalo f30 buat nyetir sendiri dan demen ngebut superfun apalagi 328i, power gede, sasis enak, suspensi udah adaptive. F10 lebi enak kalo nyetirnya nyantai, ngga salip2an kalo kena macet karna susah dengan body yg hampir 5 meter, dan nyetir f10 lebih gak pegel soalnya lebih besar ruang pengemudinya

:big_peace:
Untuk skala "kekerasan" dari f30 328i itu segimana ya om?? Dibandingkan dengan mobil2 biasa.... takutnya saya keras seri 3
328i mah ga keras om, malah dia adaptive. Jadi kalo di comfort dia empuk, kalo di sport baru jadi stiff
Lebih empuk kah dibanding 528i?? Dia belom adaptive kah??
arseniussugi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Jan 06, 2016 14:09

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by arseniussugi »

rizkifjr wrote: Tue Jun 13, 2017 14:13
arseniussugi wrote: Tue Jun 13, 2017 13:02
rizkifjr wrote: Tue Jun 13, 2017 7:57

Untuk skala "kekerasan" dari f30 328i itu segimana ya om?? Dibandingkan dengan mobil2 biasa.... takutnya saya keras seri 3
328i mah ga keras om, malah dia adaptive. Jadi kalo di comfort dia empuk, kalo di sport baru jadi stiff
Lebih empuk kah dibanding 528i?? Dia belom adaptive kah??
528i kayanya belom, saya punya sih ga ada perbedaan di suspensinya. Kalo dibandingin saya kurang tau karna saya punya sih 320i hehe
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

arseniussugi wrote: Wed Jun 14, 2017 5:31
rizkifjr wrote: Tue Jun 13, 2017 14:13
arseniussugi wrote: Tue Jun 13, 2017 13:02

328i mah ga keras om, malah dia adaptive. Jadi kalo di comfort dia empuk, kalo di sport baru jadi stiff
Lebih empuk kah dibanding 528i?? Dia belom adaptive kah??
528i kayanya belom, saya punya sih ga ada perbedaan di suspensinya. Kalo dibandingin saya kurang tau karna saya punya sih 320i hehe
528i dibandingkan 320inya om lebih empuk 528inya ya?? Saran2 semua om2 saya tampung dulu sembari berkelana sana sini. Nanti saya berikan kelanjutannya
arseniussugi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Jan 06, 2016 14:09

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by arseniussugi »

rizkifjr wrote: Wed Jun 14, 2017 6:14
arseniussugi wrote: Wed Jun 14, 2017 5:31
rizkifjr wrote: Tue Jun 13, 2017 14:13

Lebih empuk kah dibanding 528i?? Dia belom adaptive kah??
528i kayanya belom, saya punya sih ga ada perbedaan di suspensinya. Kalo dibandingin saya kurang tau karna saya punya sih 320i hehe
528i dibandingkan 320inya om lebih empuk 528inya ya?? Saran2 semua om2 saya tampung dulu sembari berkelana sana sini. Nanti saya berikan kelanjutannya
saya ga gt sempet bandingin sih soalnya 320i udah pake coilover, tapi rasanya naekannya ttp lebih enak f10
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by Pboyz97 »

Vote for F30 om, cocok buat nyetir sendiri & model lebih fresh dikit dibanding F10 hehehe + pajaknya lebih murah juga, tapi kalo ada budget lebih, harga mirip , tahun sama & kondisi sama2 sehat better Seri 5 sekalian om, soalnya kelas ga pernah bohong hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

Setelah liat sana sini. Pertimbangan bbrp waktu. Jadi fix kayaknya ambil bmw 528i.... kira2 yang harus diperhatikan apa2 aja ya om? Lalu pertimbabgan nanti g30(seri 5 yang baru) keluar apakah gapapa ane beli body f10 ini?? Apa mending f30 yang masih belom ada generasi penerusnya (setidaknya belom jelas).....
Karena saya masih leasing 1 tahun. Khawatir lansung kerasa tua mobilnya nanti
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by aspsilver »

528i 3.0 Fc kalo pake Pertamax turbo diatas 1:7 koq, untuk dalam kota.
Kalo luar kota diatas 8.

Wajar lah untuk mobil seukuran ini.

Pajak, akhirnya turun jadi 9 jutaan tahun ini.


Kalo nyetir sendiri enak seri 3. Tapi kalo pake supir, seri 3 sempit dibelakang.
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by adrevolution »

rizkifjr wrote: Sat Jun 17, 2017 10:16 Setelah liat sana sini. Pertimbangan bbrp waktu. Jadi fix kayaknya ambil bmw 528i.... kira2 yang harus diperhatikan apa2 aja ya om? Lalu pertimbabgan nanti g30(seri 5 yang baru) keluar apakah gapapa ane beli body f10 ini?? Apa mending f30 yang masih belom ada generasi penerusnya (setidaknya belom jelas).....
Karena saya masih leasing 1 tahun. Khawatir lansung kerasa tua mobilnya nanti
Imho, mobil eropa premium biasanya desain lbh timeless dibanding mobil jepang/US, jadi masalah ketinggalan 1 generasi sih menurut ane nggak masalah, masih keliatan cakep asal memang dirawat. Buktinya itu seri 5 E39 yg udah umur belasan tahun kalo bagus masih keliatan elegannya & bikin jd kepengen :big_love:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
Coldsteel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Jun 21, 2017 3:40
Location: BSD

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by Coldsteel »

Perlu diingat juga om masalah extended warranty full parts dari BMW. Syukur-syukur kalo yang om incer masih ada warrantynya karna yang namanya mobil canggih pasti ada aja parts baik mekanikal/elektrikal yang bisa failure dan gantinya engga murah.

Pengalaman pribadi mobil saya 328i 2014, tiba2 mogok di tengah jalan. Derek sampe BMW nginep sehari akhirnya didiagnosa electrical component fuel pump ada yang error/rusak. Bill nya 14 juta, karena warranty jadi saya cuma geleng-geleng kepala saja. Mungkin kalo cuma fuel pump partsnya masih bisa banyak dicari, tapi kalo udah yang aneh-aneh. Ngelus dada deeeh...

Just my 2 cents..
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

aspsilver wrote: Sun Jun 18, 2017 17:58 528i 3.0 Fc kalo pake Pertamax turbo diatas 1:7 koq, untuk dalam kota.
Kalo luar kota diatas 8.

Wajar lah untuk mobil seukuran ini.

Pajak, akhirnya turun jadi 9 jutaan tahun ini.


Kalo nyetir sendiri enak seri 3. Tapi kalo pake supir, seri 3 sempit dibelakang.
Oke om saran seri 528inya yang 3.0 ditampung dulu ya. Kayaknya belom siap ngempanin bensinnya
Coldsteel wrote: Wed Jun 21, 2017 3:55 Perlu diingat juga om masalah extended warranty full parts dari BMW. Syukur-syukur kalo yang om incer masih ada warrantynya karna yang namanya mobil canggih pasti ada aja parts baik mekanikal/elektrikal yang bisa failure dan gantinya engga murah.

Pengalaman pribadi mobil saya 328i 2014, tiba2 mogok di tengah jalan. Derek sampe BMW nginep sehari akhirnya didiagnosa electrical component fuel pump ada yang error/rusak. Bill nya 14 juta, karena warranty jadi saya cuma geleng-geleng kepala saja. Mungkin kalo cuma fuel pump partsnya masih bisa banyak dicari, tapi kalo udah yang aneh-aneh. Ngelus dada deeeh...

Just my 2 cents..
Waduh jadi takut nih om. Masa tiba2 rusak?? Apakah kerusakannya akibat pemaikaian atau apa ya om?? Oya ada stigma bmw lebih rewel dari mercy. Apakah bener??
Coldsteel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Jun 21, 2017 3:40
Location: BSD

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by Coldsteel »

rizkifjr wrote: Fri Jun 23, 2017 8:35 Waduh jadi takut nih om. Masa tiba2 rusak?? Apakah kerusakannya akibat pemaikaian atau apa ya om?? Oya ada stigma bmw lebih rewel dari mercy. Apakah bener??
Untuk pemakaian saat kejadian mobil baru masuk kilometer 15ribuan. Modif velg, bodykit dan muffler knalpot saja

Tanpa bermaksud menakut-nakuti ya, tapi memang gitu kejadiannya hahaha

Awalnya itu pas berhenti lagi lampu merah. Trus auto start-stop nya aktif, mesin mati posisi gigi di D. Karna lampu merahnya lama jadi saya oper ke N mau tarik rem tangan. Eh langsung aja muncul di i-Drive nya "Transmission: Drive moderately" atau apalah warningnya tapi kurang lebih seperti itu, seketika mobil langsung geter-geter sendiri RPM gak stabil hingga akhirnya mesin mati.

Kaget dong, saya coba nyalain mesin tidak mau nyala. Hanya mau cranking saja dan bergetar hebat. Berkali-kali saya coba starter, matiin mobil keseluruhan, matiin AC, sambil injek gas ga mau juga. Pasrah.. Telepon BMW minta towing. Apes. Satu-satunya mobil towing lagi dipake, akhirnya dibantu hubungi towing umum. Nunggu sekitar 1 jam sejak kejadian baru bisa di towing.

Kejadian di jalan panjang/kebon jeruk. Iya yang jalanannya cuma 2 baris dan selalu macet :mky_01:

Benar-benar Sheer Driving Pleasure yang tak terlupakan

Selain dari itu mobil berjalan baik saya kasih 8/10. Servis BMW juga ga kalah top 8/10

Untuk stigma itu subjektif sih. Temen saya punya mercy w205 dia bilang ada aja yang rusak, sensor parkirlah.. motor kaca spion lah.. hahaha tergantung amal ibadah ya sepertinya :)
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

Coldsteel wrote: Fri Jun 23, 2017 13:55
rizkifjr wrote: Fri Jun 23, 2017 8:35 Waduh jadi takut nih om. Masa tiba2 rusak?? Apakah kerusakannya akibat pemaikaian atau apa ya om?? Oya ada stigma bmw lebih rewel dari mercy. Apakah bener??
Untuk pemakaian saat kejadian mobil baru masuk kilometer 15ribuan. Modif velg, bodykit dan muffler knalpot saja

Tanpa bermaksud menakut-nakuti ya, tapi memang gitu kejadiannya hahaha

Awalnya itu pas berhenti lagi lampu merah. Trus auto start-stop nya aktif, mesin mati posisi gigi di D. Karna lampu merahnya lama jadi saya oper ke N mau tarik rem tangan. Eh langsung aja muncul di i-Drive nya "Transmission: Drive moderately" atau apalah warningnya tapi kurang lebih seperti itu, seketika mobil langsung geter-geter sendiri RPM gak stabil hingga akhirnya mesin mati.

Kaget dong, saya coba nyalain mesin tidak mau nyala. Hanya mau cranking saja dan bergetar hebat. Berkali-kali saya coba starter, matiin mobil keseluruhan, matiin AC, sambil injek gas ga mau juga. Pasrah.. Telepon BMW minta towing. Apes. Satu-satunya mobil towing lagi dipake, akhirnya dibantu hubungi towing umum. Nunggu sekitar 1 jam sejak kejadian baru bisa di towing.

Kejadian di jalan panjang/kebon jeruk. Iya yang jalanannya cuma 2 baris dan selalu macet :mky_01:

Benar-benar Sheer Driving Pleasure yang tak terlupakan

Selain dari itu mobil berjalan baik saya kasih 8/10. Servis BMW juga ga kalah top 8/10

Untuk stigma itu subjektif sih. Temen saya punya mercy w205 dia bilang ada aja yang rusak, sensor parkirlah.. motor kaca spion lah.. hahaha tergantung amal ibadah ya sepertinya :)
Waktu itu saya jug pernah liat bmw 320i f30 mogok pas hujan2 (gatau gara2 banjir atau bukan)
Kalo bmw 528i f10 om tau masalah2nya (mungkin dari rekan kerja om, temen, sodara). Masih merinding2 juga tiba2 bayar 14 jt nanti.....
Sparklinggraphite
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by Sparklinggraphite »

Mau dipake brp lama nih, kalau make smp 5 tahun keatas,biasanya nanti akan sempet ganti parts kaki2, and parts kaki2 seri 5 akan lebih mahal dari seri 3, ball joint tie rod shock steering rack dll, kalau yg lain2 sih kurang lebih sama, cuma krn jalanan disini yg kacau, biasanya kaki2 agak nguras kantong

Mesin kalau nyari yg 528 dan 328 yg N20 4cyl turbo ,mending kasih pertamax turbo selalu deh, vpower mahal doang oktan cuma 95, ga kuat ngikutin mesin turbo modern, pturbo oktan 98
Contoh aja, mini cooper disini banyak bgt yg fuel pump jebol padahal minum vpower, ganti smua ke pturbo
Kecuali dapet yg528 masih n/a inline six n52b30 ya

Hindarin pertamax or shell super kecuali kepepet,
Mesinnya bukan mesin jepangan yg gampang minum oktan 92 dalam jangka panjang

Kalau masi ngeyel ya siap2 ganti fuel pump
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by mojacko »

saya vote 528i 6 cyl
suara lebih merdu
bengkel non resmi sudah bisa handle engine N52
BBM ron 95 tdk masalah
Coldsteel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Jun 21, 2017 3:40
Location: BSD

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by Coldsteel »

rizkifjr wrote: Sat Jun 24, 2017 4:15 Waktu itu saya jug pernah liat bmw 320i f30 mogok pas hujan2 (gatau gara2 banjir atau bukan)
Kalo bmw 528i f10 om tau masalah2nya (mungkin dari rekan kerja om, temen, sodara). Masih merinding2 juga tiba2 bayar 14 jt nanti.....
Kalo F10 pernah dengar rekan punya masalah di transmisinya, ganti giginya ga smooth, baru ambil juga. Lalu adalagi yang kompresor AC nya diganti via warranty. Selain itu belum pernah dengar lagi masalah2 yang lainnya.. Intinya sih berani ambil mobil mewah berani juga utk siapin kocek buat maintenance nya ya hehe. Kalo dipake seumur-umur ga ada yang rusak aminnn, kalo ada yang rusak juga sudah siap mental.
Sparklinggraphite wrote: Sat Jun 24, 2017 5:04 Mau dipake brp lama nih, kalau make smp 5 tahun keatas,biasanya nanti akan sempet ganti parts kaki2, and parts kaki2 seri 5 akan lebih mahal dari seri 3, ball joint tie rod shock steering rack dll, kalau yg lain2 sih kurang lebih sama, cuma krn jalanan disini yg kacau, biasanya kaki2 agak nguras kantong

Mesin kalau nyari yg 528 dan 328 yg N20 4cyl turbo ,mending kasih pertamax turbo selalu deh, vpower mahal doang oktan cuma 95, ga kuat ngikutin mesin turbo modern, pturbo oktan 98
Contoh aja, mini cooper disini banyak bgt yg fuel pump jebol padahal minum vpower, ganti smua ke pturbo
Kecuali dapet yg528 masih n/a inline six n52b30 ya

Hindarin pertamax or shell super kecuali kepepet,
Mesinnya bukan mesin jepangan yg gampang minum oktan 92 dalam jangka panjang

Kalau masi ngeyel ya siap2 ganti fuel pump
Sedikit nambahin, mobil saya sejak ada pertamax turbo juga selalu minum pertamax turbo. Tapi fuel pump tetep juga jebol.. hehehe :mky_01:
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

Coldsteel wrote: Sat Jun 24, 2017 11:15
rizkifjr wrote: Sat Jun 24, 2017 4:15 Waktu itu saya jug pernah liat bmw 320i f30 mogok pas hujan2 (gatau gara2 banjir atau bukan)
Kalo bmw 528i f10 om tau masalah2nya (mungkin dari rekan kerja om, temen, sodara). Masih merinding2 juga tiba2 bayar 14 jt nanti.....
Kalo F10 pernah dengar rekan punya masalah di transmisinya, ganti giginya ga smooth, baru ambil juga. Lalu adalagi yang kompresor AC nya diganti via warranty. Selain itu belum pernah dengar lagi masalah2 yang lainnya.. Intinya sih berani ambil mobil mewah berani juga utk siapin kocek buat maintenance nya ya hehe. Kalo dipake seumur-umur ga ada yang rusak aminnn, kalo ada yang rusak juga sudah siap mental.
Sparklinggraphite wrote: Sat Jun 24, 2017 5:04 Mau dipake brp lama nih, kalau make smp 5 tahun keatas,biasanya nanti akan sempet ganti parts kaki2, and parts kaki2 seri 5 akan lebih mahal dari seri 3, ball joint tie rod shock steering rack dll, kalau yg lain2 sih kurang lebih sama, cuma krn jalanan disini yg kacau, biasanya kaki2 agak nguras kantong

Mesin kalau nyari yg 528 dan 328 yg N20 4cyl turbo ,mending kasih pertamax turbo selalu deh, vpower mahal doang oktan cuma 95, ga kuat ngikutin mesin turbo modern, pturbo oktan 98
Contoh aja, mini cooper disini banyak bgt yg fuel pump jebol padahal minum vpower, ganti smua ke pturbo
Kecuali dapet yg528 masih n/a inline six n52b30 ya

Hindarin pertamax or shell super kecuali kepepet,
Mesinnya bukan mesin jepangan yg gampang minum oktan 92 dalam jangka panjang

Kalau masi ngeyel ya siap2 ganti fuel pump
Sedikit nambahin, mobil saya sejak ada pertamax turbo juga selalu minum pertamax turbo. Tapi fuel pump tetep juga jebol.. hehehe :mky_01:

Jadi resiko fuel pump jebol itu udh pasti atau gimana??
Oiya kaki2 mungkin gantinya ga saat ane baru belinya kan (second soalnya), mungkin waktu2 mendatang kan ya?? Soalnya kaj nanti saya general checkup apakah ada masalah+ test drive kmaren ga ada bunyi2 aneh kok
mojacko wrote: Sat Jun 24, 2017 5:24 saya vote 528i 6 cyl
suara lebih merdu
bengkel non resmi sudah bisa handle engine N52
BBM ron 95 tdk masalah
Masalah fcnya yanh liar bgt itu om
Bisa 1: 6 tiap hari kan berat yaa
Apakah fc 3000cc dengan 2000cc turbo beda tipis??
Oiya jika mesin yang n20 turbo itu bengkel non resmi masih belom bisa??
Sparklinggraphite wrote: Sat Jun 24, 2017 5:04 Mau dipake brp lama nih, kalau make smp 5 tahun keatas,biasanya nanti akan sempet ganti parts kaki2, and parts kaki2 seri 5 akan lebih mahal dari seri 3, ball joint tie rod shock steering rack dll, kalau yg lain2 sih kurang lebih sama, cuma krn jalanan disini yg kacau, biasanya kaki2 agak nguras kantong

Mesin kalau nyari yg 528 dan 328 yg N20 4cyl turbo ,mending kasih pertamax turbo selalu deh, vpower mahal doang oktan cuma 95, ga kuat ngikutin mesin turbo modern, pturbo oktan 98
Contoh aja, mini cooper disini banyak bgt yg fuel pump jebol padahal minum vpower, ganti smua ke pturbo
Kecuali dapet yg528 masih n/a inline six n52b30 ya

Hindarin pertamax or shell super kecuali kepepet,
Mesinnya bukan mesin jepangan yg gampang minum oktan 92 dalam jangka panjang

Kalau masi ngeyel ya siap2 ganti fuel pump
Mau dipake rencana sampai nanti ada rencana ganti mobil lagi (mungkin 4 -5 tahun sih)
Kalo kasih pert turbo malah lebih sanggup daripada vpower om
Cuma ya itu masa nanti ane baru beli semua lansung rusak sih?? Mungkin bertahap kali yaa?? Dan ane bisa lihat juga kan historynya apakah part2 kaki udh pernah diganti (buat estimasi , misal belom diganti saya siap2 sekitar mungkin 20jt). Dan saya juga siap 20jt kok setelah ambil mobil tsb
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

OIYA untuk parts2 perbandingan antara seri 3 dan seri 5 mahalan mana yaa?? Untuk persiapan. Dan juga apakah seri 5 dan 3 mobil yang rewel (macam vw dan audi).
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by Shonen »

kebetulan punya temen piara f10 tua ambil dr baru...jd bisa share...penyakit die dr baru yg dia share sih..kena steering rack pas 2 taon pertama ketalang garansi..trakir f30 die jg kena di steering rack kayanya ini common probs di bmw kayanya sekitar 10 jtan de klo steering rack saya jg kurang tau cuman die emank pecinta biem jd die sante aja...trus trakir pas 2016 kemaren mechanya kena nanya ke beres....kata die buset bisa dpt lcgc baru nih katanya tp die sekalian refresh kaki2...tp ye die ttp ganti...beban kantor aja lah mayan ngurangin laba...sekedar gambaran mecha golf mk6 aja 30 jetian palagi biem pasti lebih mahal...saya aja kena 12 jtan buat refresh kaki2 ge tua saya om di beres...palagi si om belinya bekas ibarat cw mau cantik ya maintenancenya lebih om...mobil mah pasti rusak tinggal tunggu waktu mending klo ga siap beralih ke lexus aja drpd gondok benerinnya...temen saya jg ada yg pake nx sama rx aman tenteram serasa mobil japs...pdhl dulunya piara eropaan...lebih peace of mind kata dia ga pusing benerinnya...rata2 temen saya emank males ngebengkrl dan bukan enthusiast merek tertentu...prinsip mereka seekonomis mgkn..klo suka ngebengkel si laen cerita klo saya dan geng temen saya si ga suka, sukanya ke beres aja...lagian klo pun sampe ganti part karena dia share sama toyota jd ga terlalu mahal kata mereka...klo jd beli biemnya ikut gabung di komunitas aja banyak yg share cerita2 seputar biem...cuman temen saya aja 1 itu die memang penggemar biem sejati...malah uda mo inden g30 br
rizkifjr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Jun 09, 2017 8:12
Location: JAKARTA

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by rizkifjr »

Shonen wrote: Sun Jun 25, 2017 0:06 kebetulan punya temen piara f10 tua ambil dr baru...jd bisa share...penyakit die dr baru yg dia share sih..kena steering rack pas 2 taon pertama ketalang garansi..trakir f30 die jg kena di steering rack kayanya ini common probs di bmw kayanya sekitar 10 jtan de klo steering rack saya jg kurang tau cuman die emank pecinta biem jd die sante aja...trus trakir pas 2016 kemaren mechanya kena nanya ke beres....kata die buset bisa dpt lcgc baru nih katanya tp die sekalian refresh kaki2...tp ye die ttp ganti...beban kantor aja lah mayan ngurangin laba...sekedar gambaran mecha golf mk6 aja 30 jetian palagi biem pasti lebih mahal...saya aja kena 12 jtan buat refresh kaki2 ge tua saya om di beres...palagi si om belinya bekas ibarat cw mau cantik ya maintenancenya lebih om...mobil mah pasti rusak tinggal tunggu waktu mending klo ga siap beralih ke lexus aja drpd gondok benerinnya...temen saya jg ada yg pake nx sama rx aman tenteram serasa mobil japs...pdhl dulunya piara eropaan...lebih peace of mind kata dia ga pusing benerinnya...rata2 temen saya emank males ngebengkrl dan bukan enthusiast merek tertentu...prinsip mereka seekonomis mgkn..klo suka ngebengkel si laen cerita klo saya dan geng temen saya si ga suka, sukanya ke beres aja...lagian klo pun sampe ganti part karena dia share sama toyota jd ga terlalu mahal kata mereka...klo jd beli biemnya ikut gabung di komunitas aja banyak yg share cerita2 seputar biem...cuman temen saya aja 1 itu die memang penggemar biem sejati...malah uda mo inden g30 br
1. Oke kalo steering rack emang udh siap kok peliharanya (saya udh tanya sana sini, dan emanf ini common problems, mama juga udh siapin budget)
2.itu mechatronic rusak bukannya biasa vw ya?? Bmw juga bisa rusak?? F10 or f30 kah?? Dan apakah rusak mechatronic itu juga problem yang wajar/common problems?
3. Lexus second harga juga masih mahal om. Kalo rv bmw lumayan rendah jadi saya tertarik beli
4. Saya pilihan jepang lain ya civic turbo sedan. Tapi imagenya ya honda aja ga ada logo bmw
5. Oiya kaki2 harganyaa brp tuh yang temen om ganti?? Dia ganti di f10 kan?
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: BMW 528i(f10) atau 328i(f30). Real Asking not Joking

Post by Shonen »

saya ga tau gantinya brp..si om bisa browse sendiri di ebay ya kalo adaptif ya pasti mahal...ada alesan knp rv bmw jeblog karena org uda tau mobil uda abis masa waranty bakalan ngerepotin krn bmw partsnya ga murah...dan yg namanya mekanikal ada aja failurenya dan benerinnya ga murah...again tergantung unit..palagi buat jd mobil tempur..bisa dateng ke bengkel biem rujukan temen2 sini..bisa tanya ke om jivos noh..problemnya apa biem inceran om...bisa tanya disini yg piara e90 sama e60 gmn impresi2nya..temen segeng saya si klo beli mbl eropaan rata2 baru semua jd peace of mind..bis 3 taon jual...klo mau pake agak lama bsi sama waranty mercynya ya perpanjang...wah klo ud ngomong image mah susah, mengalahkan logic itu..
klo vw krn tranny dsgnya ga sempurna...even mk7 aja ada yg jebol mechanya...krn dsn stop n go jd ga cocok..