Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by Gasoline24 »

langsung di kerucutin ajah om, Innova D4D tahun awal, Panther LV Turbo atau Ford everest. tapi prefer ke innova D4D kayae.....xixixixixi mulai lagi jawaban yg sama, apapun tritnya jawabannya selalu sama D4D yang selalu menggoda.


#salamdiesel
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by grandis_GT »

D4d taun" awal Om , kalo bisa jangan cari di daerah pasti mahal , musti beli ke Jakarta biar murah dan banyak pilihan , tapi kalo budget gak cukup ya ambil panter LV turbo ,

#weloved4d #d4dforlife #legendd4d :ngacir:
philocoffee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Jan 28, 2017 4:28

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by philocoffee »

ipat wrote: Wed Feb 08, 2017 0:35 Everest eks pt dapet tuh, 80jt an harganya
ndak ah om kalo everest
coklatMetalik wrote: Wed Feb 08, 2017 0:49 Kalo panther saran saya jangan yg hi-sporty

Itu panther yg maksa dijadiin SUV, pake ban gede & ban serep konde. Konon kaki2nya cpt rusak krn efek pemakaian ban gede itu...
oke om
philocoffee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Jan 28, 2017 4:28

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by philocoffee »

Nainggolan21 wrote: Wed Feb 08, 2017 1:25 Saran saya coba cari2 Panther LV turbo om, tahun 2007 sd 2008 dapat kali, Ac udah double, stir palang 4, foglamp
sukur ada kembalian
ponijoman wrote: Wed Feb 08, 2017 1:47 Panther LV TURBO th 2009 - 2011 budget max 120 jt masih dapet
Panther LS non TURBO th 2002 - 2004 trgantung kondisi
Kijang LGX 2002 -2004 FL kalo kijang musti ekstra sabar nyarinya biasanya kalo kondisi mulus jrng yg lepas dibwh 120an jt
Ford everest 2004 - 2008 kalo ada yg eks perusahaan mending jgn om biasanya mobil sudah lelah minta jajan ini itu, kalo eks pribadi/uset boleh lah buat pertimbangan

Saran ane mending ambil penther LV TURBO taun mudaaja gan interior ga beda jauh sama Ls cuma minus wiper belakang, ac dobleblower sama printilan krom , secara dengan budget segitu bisa dapet taun lebih muda dan ini panther sudah terkenal badak cukup isi solar sama rajin cek" filter aman jaya, ane punya kijang 2002 LGX non FL sama panther 2004 smart untuk kekedapan masih pegang panther drpd kijang meski punya ane tipe paling kopongan dan panther ane beli dr baru th 2004 skrng tembus 270rb km masih belom turun mesin perawatan cuma ganti oli sama filter" sj kijang ane udah 2x turun mesin sdh oversize plus rapiin klep" yg bocor alus :big_cry: yg makai sma sama gradak semua antara panther dan kijang ane :big_smoking:
Rakean wrote: Wed Feb 08, 2017 1:50
Nainggolan21 wrote: Wed Feb 08, 2017 1:25 Saran saya coba cari2 Panther LV turbo om, tahun 2007 sd 2008 dapat kali, Ac udah double, stir palang 4, foglamp
sukur ada kembalian
Nah bener, panther LV 2008 bisa dapet tuh.. Fitur mayan lah.. Power windows, bangku row3 hadep depan, mesin turbo euro2..

Bedanya LV sama LS, kalo yg LS udah double blower
efact wrote: Wed Feb 08, 2017 1:58 ijin nyumbang pendapat om,,
LV adventure 2005an? lumayan gagah tongkorongannya
atau kalau mau trim yang lengkapnya mungkin bisa lirik ls atau touring 2002/3an kali ya?
Intinya sih kalo panther kapsul ini trim mana saja cuma beda di fitur pelengkap/ pemanis saja... jd tinggal disesuaikan budget yang ada..
Gasoline24 wrote: Wed Feb 08, 2017 3:57 langsung di kerucutin ajah om, Innova D4D tahun awal, Panther LV Turbo atau Ford everest. tapi prefer ke innova D4D kayae.....xixixixixi mulai lagi jawaban yg sama, apapun tritnya jawabannya selalu sama D4D yang selalu menggoda.


#salamdiesel
grandis_GT wrote: Wed Feb 08, 2017 5:35 D4d taun" awal Om , kalo bisa jangan cari di daerah pasti mahal , musti beli ke Jakarta biar murah dan banyak pilihan , tapi kalo budget gak cukup ya ambil panter LV turbo ,

#weloved4d #d4dforlife #legendd4d :ngacir:
Makasih om semuanya, LV yee





Minta saran dong soal peredaman di Panther, ada yang pernah upgrade peredaman kabin trus pasang audio yg enak?
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by michaelgiri93 »

Kalau kaya gini saya cuma setuju om2 di atas

Rajanya diesel (bali jakarta 44.000 saja, nyaris tak terdengar) dengan dashboard dan tuas transmisi yang bergoyang goyang seiring getaran mesin :ngacir:
Beli panther lv 2006 2007

Kuda diesel kuat tu om kayaknya
Tapi saya sama sekali gak tau sejarahnya kalau kuda om
:mky_01:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by ransyah1234 »

Rakean wrote: Wed Feb 08, 2017 1:50
Nainggolan21 wrote: Wed Feb 08, 2017 1:25 Saran saya coba cari2 Panther LV turbo om, tahun 2007 sd 2008 dapat kali, Ac udah double, stir palang 4, foglamp
sukur ada kembalian
Nah bener, panther LV 2008 bisa dapet tuh.. Fitur mayan lah.. Power windows, bangku row3 hadep depan, mesin turbo euro2..

Bedanya LV sama LS, kalo yg LS udah double blower
Lv ada yg matic ga sih om?
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by amfibi »

Mantan penaik dan pemakai panther dari lahir ampe 2012 disini :mky_01: Mobil ini bener2 cocok deh kalo budgetnya 120jt, walaupun kekurangannya dibanding modern car jaman sekarang banyak, tapi ane yakin kalo udah pake pasti lama2 kangen pas udah gaada lagi mobilnya... :ungg:
1:14 solar busuk, mesin yg masih jalan even lupa diservis, interior luas dan jok nyaman, buat harian sih enak bangettt...

Btw LV ga ada yg matic... yang ada matic LS sama touring/grand touring dan maticnya termasuk awet, dulu beberapa panther LS kantor bokap matic dan di odo 200rb an masih jalan sempurna ga geter2. Saran ane ambil LS mau tahun berapapun juga, soalnya LV peredamannya beda sama LS dan fitur2nya lumayan beda juga kyk speaker di LV cuma 2, doortrim polosan, jok beda bahan, dsb dsb. Jangan ambil touring karna LIMBUNG dan ga nyaman... :mky_01:
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by keong »

Belom saya klik aja udah ketauan ini jawaban paling tepat cuma panther, mobil yang paling bisa diajak susah, tips buat ts yg cari panther, cari kondisi, jangan tahun, 2002 sampe detik ini bedanya cuma pernak pernik kecil saja
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by coklatMetalik »

Sy lbh sarankan LS drpd LV sih (kalo budgetnya masuk)

Kelebihan LS dari LV; AC double blower, Fog Lamp, Rear wiper, Audio lbh bagus.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by ginting »

Sama dengan oom panijoman,
Pilihlah Panther LV TURBO th 2009 - 2011 budget max 120 jt , kalau masih dapet.

Alasan :
- Rolling cost rendah
- Jalan gradakan gak sayang/kasihan. Paling laher jadi pendek umurnya. ganti juga gak mahal.
- tongkrongan lebih gagah dari Kijang Kapsul diesel (subjective).

Untuk innova gak cukup budget oom...kalaupun dapat yg harga 120 jt, takutnya bukan mobil bekas, tapi BEKAS MOBIL, oom..
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by ginting »

ponijoman wrote: Wed Feb 08, 2017 1:47
Saran ane mending ambil penther LV TURBO taun mudaaja gan interior ga beda jauh sama Ls cuma minus wiper belakang, ac dobleblower sama printilan krom , secara dengan budget segitu bisa dapet taun lebih muda dan ini panther sudah terkenal badak cukup isi solar sama rajin cek" filter aman jaya, ane punya kijang 2002 LGX non FL sama panther 2004 smart untuk kekedapan masih pegang panther drpd kijang meski punya ane tipe paling kopongan dan panther ane beli dr baru th 2004 skrng tembus 270rb km masih belom turun mesin perawatan cuma ganti oli sama filter" sj kijang ane udah 2x turun mesin sdh oversize plus rapiin klep" yg bocor alus :big_cry: yg makai sma sama gradak semua antara panther dan kijang ane :big_smoking:
Tapi asumsi saya krn kedua duanya mobil perang oom ponijoman tidak membedakan perlakuan keduanya. sama sama mobil cari duit. berarti tagline "RAJANYA DIESEL" itu not play play in term of durability.

koq saya tiba tiba ingat panther PU oom billy yg mogok kemaren dan kudu ditarik ama Taft Rocky putih. Setelah 17 tahun disuruh kerja rodi. gak tau sudah kilometer berapa.


#geser corong mic ke oom billyd1773dz, untuk memaparkan kondisi breakdown enginenya.
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by nimoo »

Jangan everest deh, solar iya, badak yaa bisa iya bisa engga, irit juga engga terlalu 1:8-12
philocoffee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Jan 28, 2017 4:28

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by philocoffee »

amfibi wrote: Wed Feb 08, 2017 9:22 Mantan penaik dan pemakai panther dari lahir ampe 2012 disini :mky_01: Mobil ini bener2 cocok deh kalo budgetnya 120jt, walaupun kekurangannya dibanding modern car jaman sekarang banyak, tapi ane yakin kalo udah pake pasti lama2 kangen pas udah gaada lagi mobilnya... :ungg:
1:14 solar busuk, mesin yg masih jalan even lupa diservis, interior luas dan jok nyaman, buat harian sih enak bangettt...

Btw LV ga ada yg matic... yang ada matic LS sama touring/grand touring dan maticnya termasuk awet, dulu beberapa panther LS kantor bokap matic dan di odo 200rb an masih jalan sempurna ga geter2. Saran ane ambil LS mau tahun berapapun juga, soalnya LV peredamannya beda sama LS dan fitur2nya lumayan beda juga kyk speaker di LV cuma 2, doortrim polosan, jok beda bahan, dsb dsb. Jangan ambil touring karna LIMBUNG dan ga nyaman... :mky_01:
LS interior lebih bagus dari LV ya om, kalo urut2an kastanya gimana itu om?
philocoffee
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Jan 28, 2017 4:28

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by philocoffee »

coklatMetalik wrote: Wed Feb 08, 2017 10:35 Sy lbh sarankan LS drpd LV sih (kalo budgetnya masuk)

Kelebihan LS dari LV; AC double blower, Fog Lamp, Rear wiper, Audio lbh bagus.
Wah manteb ni saran2 member SM
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by Koddy »

Toyota Kijang Kapsul diesel aja... kalau buat gladakan, dan bawa barang macem2, tuh kaki2nya lebih kuat daripada Innova D4D.

Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app

User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by grandis_GT »

Kijang Crysta Diesel last batch vs panther LS bagusan mana Om ?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by Pboyz97 »

philocoffee wrote: Tue Feb 07, 2017 23:00

tokinov ga dapet om, kalo panther yg oke yg tipe apa apa om?

Kayanya LV deh om, soalnya setau saya fiturnya lebih lengkap daripada LS (CMIW) :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by vp920b »

Ga berani ama ford everest kenapa ya?

Sparepart murah koq, teknologi kuno.

Awet dan banyak dipakai pertambangan seharusnya sparepart murah.

Panther sekarang cukup mahal dan kaki kaki lemah.

Abis kerjain mobil gereja saya operasional, baru 3 tahun turbo jebol dan harus bubut mesin segala tuh..
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by Rakean »

grandis_GT wrote: Wed Feb 08, 2017 12:09 Kijang Crysta Diesel last batch vs panther LS bagusan mana Om ?

Kalo mesin sih vote panther deh.. 4JA1 udah terkenal badak.. Mesin 2L konon suka retak rambut di cylinder head nya
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by coklatMetalik »

Seinget saya begini urutan kasta Panther kapsul (Mohon koreksi jika salah)

Varian MPV "normal", dari kasta rendah ke tinggi:
- LM, yg kemudian ganti nama jd Smart: Varian paling kopong, gk ada apa2nya
- LV: AC single blower, ada Head Unit.
- LS: AC double blower, Head Unit & audio lbh bagus dari LV, Fog lamp, rear wiper, jok kulit, lampu sein di spion

Varian MPV yg maksa dijadiin agak mirip SUV, dengan model bodi yg sedikit beda (dibikin lebih gagah) dan ban lebih gede, bahkan di generasi awal2 ban serep dipasang di pintu bagasi (konde):
- Touring: Fitur sama dgn LV
- Grand Touring: Fitur sama dgn LS

Ada juga varian yg ditengah2. Bodi MPV normal cuma dipasang ban gede. Namanya LV-Adventure, persis LV biasa cuma beda ban doang.


CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Aihawari
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Jul 11, 2016 0:31

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by Aihawari »

1. Innova diesel 2004, interior paling modern diantara semuanya, mesin badaknya minta ampun.. Dulu pake sodaranya (fortuner 2kd non-vnt), isi solar busuk dari baru sampai 110.000km dijual tidak ada masalah :mky_08:
2. Ford Everest 2004, engga perlu takut mobil ini rewel.. Mobil ini basicnya ambil dari mazda b series.. Jadi basicnya ini mobil jepangan juga.. (CMIIW) Teman juga pakai mobil ini sudah 12 tahun, dan lumayan irit karena memang minumannya solar busuk (mobil ini non CDRI) :mky_03:
asal jangan ambil eks proyek
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by Rakean »

coklatMetalik wrote: Wed Feb 08, 2017 16:20 Seinget saya begini urutan kasta Panther kapsul (Mohon koreksi jika salah)

Varian MPV "normal", dari kasta rendah ke tinggi:
- LM, yg kemudian ganti nama jd Smart: Varian paling kopong, gk ada apa2nya
- LV: AC single blower, ada Head Unit.
- LS: AC double blower, Head Unit & audio lbh bagus dari LV, Fog lamp, rear wiper, jok kulit, lampu sein di spion

Varian MPV yg maksa dijadiin agak mirip SUV, dengan model bodi yg sedikit beda (dibikin lebih gagah) dan ban lebih gede, bahkan di generasi awal2 ban serep dipasang di pintu bagasi (konde):
- Touring: Fitur sama dgn LV
- Grand Touring: Fitur sama dgn LS

Ada juga varian yg ditengah2. Bodi MPV normal cuma dipasang ban gede. Namanya LV-Adventure, persis LV biasa cuma beda ban doang.


CMIIW
sedikit koreksi om, touring sama grand touring fitur2 nya sama dengan LS, cuma gak tau bedanya touring vs GT :mky_01:

yang fitur nya sama LV itu LV adventure.. daleman nya sama persis kayak LV, beda nya cuma bodylit dan pake ban besar R15 235/75
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
ponijoman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:43

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by ponijoman »

ginting wrote: Wed Feb 08, 2017 11:12
ponijoman wrote: Wed Feb 08, 2017 1:47
Saran ane mending ambil penther LV TURBO taun mudaaja gan interior ga beda jauh sama Ls cuma minus wiper belakang, ac dobleblower sama printilan krom , secara dengan budget segitu bisa dapet taun lebih muda dan ini panther sudah terkenal badak cukup isi solar sama rajin cek" filter aman jaya, ane punya kijang 2002 LGX non FL sama panther 2004 smart untuk kekedapan masih pegang panther drpd kijang meski punya ane tipe paling kopongan dan panther ane beli dr baru th 2004 skrng tembus 270rb km masih belom turun mesin perawatan cuma ganti oli sama filter" sj kijang ane udah 2x turun mesin sdh oversize plus rapiin klep" yg bocor alus :big_cry: yg makai sma sama gradak semua antara panther dan kijang ane :big_smoking:
Tapi asumsi saya krn kedua duanya mobil perang oom ponijoman tidak membedakan perlakuan keduanya. sama sama mobil cari duit. berarti tagline "RAJANYA DIESEL" itu not play play in term of durability.

koq saya tiba tiba ingat panther PU oom billy yg mogok kemaren dan kudu ditarik ama Taft Rocky putih. Setelah 17 tahun disuruh kerja rodi. gak tau sudah kilometer berapa.


#geser corong mic ke oom billyd1773dz, untuk memaparkan kondisi breakdown enginenya.
Ane jg ga tau knpa ini om ginting sama" yg make kasar semua tapi si panther ini jrng rewel untuk mesinnya tpi untuk kaki" si penther ini keseringan ngehajar jalan rusak yg sering ngga kuat link stabiliser depan udh 4x ganti kalo sama kijang sepertinya kaki"nya lebih kuat pernah sekali sih ganti tierod sam long tierod IMHO :mky_06:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by DOHC »

+1 utk panty jenis 4ja-1.... scara 120 masi sulit dapet d4d... tp kl ud bsa dpt d4d sehhh vote for d4d lahh... durability, kenyamanan dan kuat kaki jelas lebi superior dr panty...

btw, ane ex pemakai panty kotak 4ja-1 slama 10 taon dgn odo 300 rebu lebi, ga ada masalah mesin at all kcuali body lebi keropos dr bajaj oranye... dan skrg masi make panty pu turbo 7 taon dgn odo, ahh sudah lupa brapa... kaki2 depan emg ringkih tp murah dan mudah buat di repair, supir ane aj trakir ud bsa ganti karet2 stabilizer ama shock depan sendiri...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: RE: Re: Solar, Badak, Irit, max. 120 jt

Post by Koddy »

grandis_GT wrote:Kijang Crysta Diesel last batch vs panther LS bagusan mana Om ?
Kalau saya pilih Kijang Kapsul Diesel.
Kaki2 jauh lebih kuat daripada Panther.
Nyetir sendiri lebih enak Tokisul.
Naik Panther ibarat naik kapal [emoji3]

Kalau masalah mesin kuat mana, itu tergantung perawatan user sebelumnya.
Di saya dan temen saya yang ada Tokisul diesel, jalan 250rb km, mesin masih kering.
Punya saudara dan temen, Panther km mirip2 250rb km, udah hampir jebol sekernya (oli ngegolak). Plus penyakitan kaki2 jebol tiap 25rb km.
Semua diatas dipiara dari baru, bukan beli second.
No offence sih, cuma balik lagi perawatan sebelumnya.


Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app