Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by henxster »

keong wrote: Thu Jan 26, 2017 13:47
henxster wrote: Thu Jan 26, 2017 6:33
keong wrote: Thu Jan 26, 2017 6:04 Ambil ipah bensin matic aja om, sy kbetulan piara 2 unit th 2013 n 2008 yg th 2008 bulan 1 udah euro kalo kata orang2, krn tahun ini termasuk peralihan, bedakannya mudah klo diliat dr warna, batch yg sudah ad perubahan ditandai dgn hilangnya pilihan warna light green, dongker, merah, champagne, dn muncul warna baru grey mica metalic, improvement ini yg katanya lebih irit tapi gak signifikan menurut saya

Ipah sy yg 2008 sampai saat ini odo read 200k cuma ganti oli dan fast moving lain yg gak aneh2 sama sekali, yg agak mengganggu cuma kudu ganti pulley alternator di km 180k, gak mahal krn gak ganti se alternatornya kaya saran di beres, mbl yg ini Plat jkt tp dipakai di Kediri, FC hariannya 1 : 10, dan rasa pengendaraannya masih sangat mirip dengan yg 2013 yg sy pakai di jkt, serasa gak ada beda, gak ada kesan capek sama sekali

Karena ingin dirawat dengan sepenuh hati dan keep untuk waktu yg lama, saya sangat saranin mbl ini, permasalahan satu2nya cm mikir bensinnya aja yg boros, selain itu, no problem at all, selalu siap dibawa kemana aja

Hanya opini pribadi
haaa itu dia om borosnya yg blm bisa didamaikan oleh pikiran ini :mky_01: dan satu lagi yg euro masih overbudget, hehehe... baca review2 di mari kalo yang euro matic dalkot bermain di 1:7 - 1:8 n lukot bisa sampe 1:9 - 1:10 kayaknya, beneran itu om? kaki kanan harus sekolah tinggi nggak? :big_think: kebetulan di iklan yg saya sebutin tadi kelengkapan kayak remote ori, kunci serep, buku2 semua lengkap, tapi baru besok rencana mau saya cek tkp...

oya kalo yang euro di grill udah ada pola silang-silang ya om, yg pre euro kan belum ada tuh
Kan diliat di atas kondisi jalanan ts lancar jaya, makanya saya asumsikan sama seperti ipah 08 saya yg dipakai di kediri fC nya msh dapat 1 :10 nyetir santai2 speed around 80 gak pernah lbh krn jalan lintas propinsi gak enak jg buat kencang2, lain cerita klo ipah gnki yg sy pk di jkt ya betul fc nya cuma bs 1:7 daily bbm pertalite, tp kalo lukot sama2 gaya nyetir iritan gnki dikit, gak jauh

Ambil yg V sekalian, banyak dapat barang bagus klo cr second an tipe v, olx yg bawah seratus jg ada dan byk, liat kondisi aja klo nyari ipah, jgn terlalu terpaku tahunnya, selama itu ipah bensin FC nya gak beda jauh, mau irit ya ANKI diesel.....

Oia satu lg, klo msh blm bs terima fc nya, bayangkan sama selisihnya aja klo sama2 breakdown misal ganti komponen kaki2, nyengir dah liat bill benerin kaki batu makam keseleo haha
nah ini dia takutnya benerin kaki gl yg keseleo, dulu sy jual gl manual 08 saya juga dalam kondisi kaki butuh perbaikan agak byk krn udah glodakan, males ngurusinnya...tapi btw, ada yg bilang skrg part gl udah gak kayak dulu, skrg udah melimpah n banyak kw nya, bisa jadi sih mungkin perawatan skrg udah gak semahal dulu... kalo yg ini saya nunggu om DOHC kasih komentar deh... :big_smile]
B401RS-GQZFJ
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by michaelgiri93 »

henxster wrote: Fri Jan 27, 2017 2:13 matur tengkyu om2 semua atas saran dan nasihatnya, semua memilih ipah matic...menang dari segala segi cuma minus di fc nya, yah mungkin saya harus mulai mendamaikan mindset saya selama ini ttg borosnya ipah bensin

sekedar info aja, utk ipah matic V yg sy sebut di awal trit ternyata kursi tengahnya captain seat, tapi V biasa dan bukan luxury...kayaknya diupgrade nih, dan kebetulan anak2 nggak suka model kursi begini karena gak bisa baring2, hehe... jadinya skip aja

mgkn harus sabar n pelan2 nyarinya apalagi nyari yg V. oya satu lagi pertanyaan saya dengan usia mobil yg udah sekitar 10 tahun, untuk transmisi maticnya ipah apa masih durable om? karena susah sekali nyari ipah odo rendah tahun segitu, mohon pencerahannya
Kalau yang diesel ya om
Punya temen saya tahun 2009 akhir yang g a/t
Udah 7 tahun artinya
Sudah beberapa kali pp bali solo
Odo tembus 100k
Kata temen saya gak ada masalah sama sekali
Cuma perawatan biasa filter2, kampas2, ganti oli dkk
Mungkin maticnya bensin juga sama kuatnya om
Gak coba opsi lain macam calya sigra, papanza?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by Pboyz97 »

Vote for innova bensin, soalnya lebih durable, GC lebih tinggi, sama bangku baris ke2&3 nya lebih lega daripada livina + bagasinya luas juga, saran saya mending ambil tipe V sekalian, tapi yang 2007 keatas karena udah euro soalnya, selain itu fiturnya paling lengkap & kondisinya lebih baik biasanya daripada tipe dibawahnya yg kebanyakan dipake perang. Kelemahannya ya cuma 2B sih Boyo & Boros hehehe, saya pernah bawa soalnya yg 2011 G matic punya keluarga bokap dengan odo masih 19rb hahaha. Oh iya, kalo FC kayanya mirip2 keluarga bapak saya pelihara berbagai macam gen innova bensin (G AT 2006 , V AT 2007 , G AT 2011 , GNKI G AT 2012 & terakhir GNKI Dono G AT 2014) hehehe & katanya konsumsi BBM nya mirip2
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by syafimsa »

ah saya sih merem ambil innova bensin matic. durability nya sudah teroedji dan terpertjaja.

saya inget ada salah satu master disini yg pernah bilang kalo kaki2 gl itu horror, lupa tp siapa. hemm gapernah pake juga sih. biarpun harga part nya jadi lebih murah tp kalo mmg durability nya krg kuat sih ya sama aja kalo utk saya. keluar duit ga seberapa, tp buang waktu nongkrong di bengkelnya yg banyak.
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by henxster »

michaelgiri93 wrote: Fri Jan 27, 2017 2:50
henxster wrote: Fri Jan 27, 2017 2:13 matur tengkyu om2 semua atas saran dan nasihatnya, semua memilih ipah matic...menang dari segala segi cuma minus di fc nya, yah mungkin saya harus mulai mendamaikan mindset saya selama ini ttg borosnya ipah bensin

sekedar info aja, utk ipah matic V yg sy sebut di awal trit ternyata kursi tengahnya captain seat, tapi V biasa dan bukan luxury...kayaknya diupgrade nih, dan kebetulan anak2 nggak suka model kursi begini karena gak bisa baring2, hehe... jadinya skip aja

mgkn harus sabar n pelan2 nyarinya apalagi nyari yg V. oya satu lagi pertanyaan saya dengan usia mobil yg udah sekitar 10 tahun, untuk transmisi maticnya ipah apa masih durable om? karena susah sekali nyari ipah odo rendah tahun segitu, mohon pencerahannya
Kalau yang diesel ya om
Punya temen saya tahun 2009 akhir yang g a/t
Udah 7 tahun artinya
Sudah beberapa kali pp bali solo
Odo tembus 100k
Kata temen saya gak ada masalah sama sekali
Cuma perawatan biasa filter2, kampas2, ganti oli dkk
Mungkin maticnya bensin juga sama kuatnya om
Gak coba opsi lain macam calya sigra, papanza?
kurang selera sama 3 opsi lain itu om :big_childish:
B401RS-GQZFJ
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by henxster »

+2 lagi utk ipah bensin votersnya...

jadi kalo soal maticnya biarpun udah tembus odo cepek masih tetap durable ya om?

memang sih pengennya nyari yg V, apalagi sempat liat video profile ipah punya TAM dulu saat launching beautiful [R]evolution di youtube, yg dijadiin iklan trim V nya...pake glass antenna juga rupanya...ckckck
B401RS-GQZFJ
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by DOHC »

ahh ipah non euro mahh puter2 in CO meter nya aj mods... beres...

mau ngacir nyetir kesetanan bisa.... mau irit boyo ala penganten jg hayoo
ChZ wrote: Thu Jan 26, 2017 8:59
henxster wrote: Thu Jan 26, 2017 8:44
ChZ wrote: Thu Jan 26, 2017 6:40 Prinsipnya, mobil boros masih bisa diiritkan, mobil gak awet gak bisa dibikin awet... kecuali ga dipake... :big_peace:
asalkan diiritinnya bukan ganti bpkb ya om...? :big_peace:
Ga koq oom...

Mau Innova nya irit... Ganti header sampe pipa-pipanya... Krn size knalpotnya Ipah Petrol itu kebesaran... Inletnya bensin dan diesel sama... Makanya boros dan ngempos...

Kedua perawatan... oli mesin, oli gardan, oli transmisi semua ganti dah... jgn lupa tune-up... tyre pressure dijaga...

Ketiga jelas cara nyetir dan rute... Nyetirnya begajulan ga... Rutenya macet macet terus ga...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by Escaflowne »

Vote for innova om, krn mobil badak sangat minim perawatan seperti kijang kijang sebelumnya.

Kabin luas sehingga untuk luar kota jg lebih nyaman.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by DOHC »

henxster wrote: Fri Jan 27, 2017 2:19

nah ini dia takutnya benerin kaki gl yg keseleo, dulu sy jual gl manual 08 saya juga dalam kondisi kaki butuh perbaikan agak byk krn udah glodakan, males ngurusinnya...tapi btw, ada yg bilang skrg part gl udah gak kayak dulu, skrg udah melimpah n banyak kw nya, bisa jadi sih mungkin perawatan skrg udah gak semahal dulu... kalo yg ini saya nunggu om DOHC kasih komentar deh... :big_smile]
ahh ad yg summon ane...

mengenai GL... ane dapet info nya dr atrium om... ad 2-3 toko sparepart langganan ane dl... rata2 mreka blg ud pd turun harga spare part kaki2... dl jaman ane arm bawah bsa 800-900 rebu sbiji, skrg ori aja mreka jual 400an... KW bsa stengah nya... gilee, mobil mana arm bawah ori full set dibawah 500...

kl mau full restorasi kaki2 GL, parts yg diganti plg bushing crossmember (KW kira2 sepasang 400-500 rebu, ori spasang beda dkit cuman brg adanya di beres tertentu doank), arm (bushingnya aj kl bsa) bawah (bikin pake teflon atau karet PU skalian, baca di tret lipina kayanya ad yg perna rekondisi ginian cuman ratusan rebu doank), shock ama support shock KW kira2 total 2 jutaan dikit tergantung shock apa, lateral rod kiri atau kanan mending ori punya aj 300-400an rebu ganti yg mana ud pecah karetnya, ama link stabilizer (fix beli yg ori aj, cari yg model kpalanya ud bunder alus punya, made in japan punya, jgn beli yg KW atau yg model lama, sayang beda dkit doank)... itu smua surprisingly bsa ditebus dgn mahar less than 7 jt skrg... kl enjin mounting jebol ganti kiri kanan ori dan tengah KW aj plg tambahin mahar 2.5 jutaan... taon lalu hopeng ane btulin GL dgn komposisi diatas, cuman abis total 10 jt termasuk ongkos montir di atrium senen yg ud kebakar kmaren.... mobil lgs senyap kaya baru lg...

btw kl ad yg blg rack steer kena, coba cek boot karetnya dl, kdg ud pecah... atau coba gemukin ulang tuh gerigi nya... rack steer GL itu ckup kuat, termasuk tie rod +end nya...

cuman yah balik lg, kl bandingin ama ipah apanja mahh 10 jt ud full restorasi kaki2, fluida2 plus tune up, bahkan mungkin masi nyisa buat cat beberapa panel...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ariesto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Aug 04, 2015 17:14

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by ariesto »

utk matic ipah sangat oke asalkan penggantian oli nya teratur dan spek nya sesuai std nya T-4.

Sekedar saran om, nubi ex pmk ipah v metik non-euro dan skrg pake ipah feslift g a/t 09 euro, klo dalkot malah enakan dan sdikit lbh irit yg non-euro lho krn setelan co nya masi bs dibuat kurus (mesin hrs kondisi sehat) + bs banget pake premium tanpa ngelitik dan torsi rpm bawah lbh ngisi

Saran sih ambil V a/t 2006 aja, sukur2 dpt yg km nya rendah, pasaran jkt udh under 100 jt.
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by vulvy8858 »

https://r.tapatalk.com/shareLink?url=ht ... are_type=t

Review : Toyota Kijang Innova 2.0 G A/T Euro II Facelift 2011

Silahkan. Saya ketik sendiri :)

Sent from my Nexus 5 using Tapatalk

Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
Ajo Ori
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Jun 23, 2013 2:17

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by Ajo Ori »

Vote innova om, pengalaman pakai ipah gat 2005, vat 2005, vat 2009 sama lipina mt 2013, nyaman inopah. Lipina berasa terlalu lembut. Kalo soal bensin hausnya terbayar dengan nyaman dan durability, hehehe
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by henxster »

keliling2 di iklan online jarang banget ada ipah V matic bensin non euro/euro, kebanyakan yg G...

summary dari semua review om2 di atas ipah matic bensin lebih diunggulkan dibandingkan lipina matic, krn memang 2 mobil ini yg mau dicompare di awal trit... meskipun dari banyak trit lain yg sy baca di SM ipah matic bensin termasuk not recommended car, hehehe...

matur tengkyu atas semua saran2nya om, mudah2an perburuan saya akan berujung kepada pilihan yg terbaik utk saya, semoga...
B401RS-GQZFJ
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by vulvy8858 »

well, menurut saya, G pun gak masalah..

yang penting kondisi terbaik...

kilometer, selama masi dibawah 12rb setaun saya kira masi wajar, alias dibawah 150rb km. agak susah nyari innova yang jalan dibwah 10rb km setaun.
seharusnya tranny innova lama masi bisa dipake sampe 200-250rb km kalo maintenance rutin without any worries, paling sial2nya kena koil dan bearing alternator, sama visco fan di kisaran 150rb km.

refurb juga ga gt ribet, modal 10 juta uda cukup buat gelindingan awal, ban 4 2 juta, oli flush semua 4 juta sama ganti busi 4, sokbreker, kaki2 3 juta, sejutanya buat filter2 sama bersih2 AC..

sisanya kayaknya bisa nyicil. poles body, lampu, dsb. interior dibenerin, audio sama KF, lengkapin perintilan...
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
arfyano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: Tue Oct 06, 2015 0:59
Location: Bogor
Daily Vehicle: Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Limited

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by arfyano »

kalo cari ipah bensin coba yang manual om, FC nya mungkin sdkit lebih irit drpd yg boros. saya dulu pernah punya yang bensin 2011 matic, FC nya 1:7, pdhl hampir ga pernah kena macet. bawa nya juga udah sangat sopan ga. pake ga lama akhirnya tuker juga sm yg diesel, hehee
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Old Grand Livina AT atau Ipah Bensin AT?

Post by Venturtle »

vote for ipah bensin AT.... :big_exellent: