Butuh saran about xtrail T30
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed May 18, 2011 14:56
Butuh saran about xtrail T30
salam kenal semua, mohon infonya... sy mo meminang xtrail st t30 th 2004. Pertanyaannya:
1. Spare part mahal gak? (shock breaker, kampas rem, komponen kaki2)
2. service di beres nissan mahal gak...rencana habis beli mau di carbon clean dulu.
3. Transmisi matic 4 speed jadul nya kira2 banyak permasalahan gak?...mohon sharingnya pengalamannya bpk/om/mas2 yang pernah pake t30...
1. Spare part mahal gak? (shock breaker, kampas rem, komponen kaki2)
2. service di beres nissan mahal gak...rencana habis beli mau di carbon clean dulu.
3. Transmisi matic 4 speed jadul nya kira2 banyak permasalahan gak?...mohon sharingnya pengalamannya bpk/om/mas2 yang pernah pake t30...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Butuh saran about xtrail T30
Waduh jangan deh om ambil T30, enaknya pas baru doang
Nenek ane masih pake, odo 80k, kondisi mulus bagus masih oke. Tapi ya gitu deh udah banyak jajan tiap bulannya, terakhir service abis 6.5 jt, problem tiba2 RPM goyang dangdut pas idle, bisa ngegas kenceng sendiri pas di d lg ga di gas pdhl, trus akhirnya harus ganti macem2, trus kaki-kaki juga glodakan, interior rattle semua terutama bagian bagasi-belakang. Spareparts ga bisa dibilang murah, service diberes kena nya mahal banget lg. Maticnya juga termasuk dodol pas dipake keluar kota, maklum lah matic jadul...
Walaupun mobilnya ane suka sih modelnya ganteng n tenaga gede banget ...
Unitnya :
BTW kok malah jadi lebih reliable n lebih enak dipake BMW 323i '00 nya daripada T30 ini...
Nenek ane masih pake, odo 80k, kondisi mulus bagus masih oke. Tapi ya gitu deh udah banyak jajan tiap bulannya, terakhir service abis 6.5 jt, problem tiba2 RPM goyang dangdut pas idle, bisa ngegas kenceng sendiri pas di d lg ga di gas pdhl, trus akhirnya harus ganti macem2, trus kaki-kaki juga glodakan, interior rattle semua terutama bagian bagasi-belakang. Spareparts ga bisa dibilang murah, service diberes kena nya mahal banget lg. Maticnya juga termasuk dodol pas dipake keluar kota, maklum lah matic jadul...
Walaupun mobilnya ane suka sih modelnya ganteng n tenaga gede banget ...
Unitnya :
BTW kok malah jadi lebih reliable n lebih enak dipake BMW 323i '00 nya daripada T30 ini...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed May 18, 2011 14:56
Re: Butuh saran about xtrail T30
thx om amfibi sharingnya....
masalahnya cuma T30 yg masuk budget ane om...ane cari suv yg gc lumayan, jadi pede kalo ada jalan jelek...trus pernah coba jg T30 punya temen, trus ane ngrasa nyaman bgt, empuknya dapet, tenaga dapet jg..
masalahnya cuma T30 yg masuk budget ane om...ane cari suv yg gc lumayan, jadi pede kalo ada jalan jelek...trus pernah coba jg T30 punya temen, trus ane ngrasa nyaman bgt, empuknya dapet, tenaga dapet jg..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Butuh saran about xtrail T30
Nyari yg GC lumayan yah ... Sebenernya mendingan ambil CRV kyknya om drpd T30, denger2 sih lebih kuat. Tapi ya gitu naikannya kuerasss heheheecka_anggara wrote:thx om amfibi sharingnya....
masalahnya cuma T30 yg masuk budget ane om...ane cari suv yg gc lumayan, jadi pede kalo ada jalan jelek...trus pernah coba jg T30 punya temen, trus ane ngrasa nyaman bgt, empuknya dapet, tenaga dapet jg..
T30 GCnya tinggi, tapi kaki2nya kurang kuat jd ga ngimbang kalo sering lewat jalan jelek
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed May 18, 2011 14:56
Re: Butuh saran about xtrail T30
Btw om amfibi....selama pake T30 ada masalah kalo pake premios?...maklum ane kuli om..hehe....
Sebelumnya jg pernah coba crv th 2004..tapi ane tetep cenderung ke xtrail ini om...nyaman nya dapet & driving pleasure nya dapet jg....
btw inget gak om...mungkin bisa share harga2 spare partnya brp?
Sebelumnya jg pernah coba crv th 2004..tapi ane tetep cenderung ke xtrail ini om...nyaman nya dapet & driving pleasure nya dapet jg....
btw inget gak om...mungkin bisa share harga2 spare partnya brp?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Butuh saran about xtrail T30
Pake premios sih ga kenapa" selama dipake di dalkot (cuma berasa lelet aja), tp kalo lg dipake lukot diisiin pertamax-premium 50:50 (sekarang pertalite) biar ga keteteran nyalip busecka_anggara wrote:Btw om amfibi....selama pake T30 ada masalah kalo pake premios?...maklum ane kuli om..hehe....
Sebelumnya jg pernah coba crv th 2004..tapi ane tetep cenderung ke xtrail ini om...nyaman nya dapet & driving pleasure nya dapet jg....
btw inget gak om...mungkin bisa share harga2 spare partnya brp?
Ada lagi sih kalo mau nyaman kyk model2 xtrail ini : escape, kembarannya mazda tribute... Pernah pake yg V6 3000, ga glodakan, ga rewel, bantingan nyaman, model lebih gagah, cuma bensinnya aja 1:5, tenaganya buas bgt wkwkwk (sebaiknya ambil yg 2.3 aja)...
yg sempet dipake dulu :
Bon servis terakhirnya ada sih ane foto, besok deh di upload kalo sempet
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed May 18, 2011 14:56
Re: Butuh saran about xtrail T30
makasih bgt om...bisa jadi referensi buat perbaikan...amfibi wrote:Pake premios sih ga kenapa" selama dipake di dalkot (cuma berasa lelet aja), tp kalo lg dipake lukot diisiin pertamax-premium 50:50 (sekarang pertalite) biar ga keteteran nyalip busecka_anggara wrote:Btw om amfibi....selama pake T30 ada masalah kalo pake premios?...maklum ane kuli om..hehe....
Sebelumnya jg pernah coba crv th 2004..tapi ane tetep cenderung ke xtrail ini om...nyaman nya dapet & driving pleasure nya dapet jg....
btw inget gak om...mungkin bisa share harga2 spare partnya brp?
Ada lagi sih kalo mau nyaman kyk model2 xtrail ini : escape... Pernah pake yg V6 3000, ga glodakan, ga rewel, bantingan nyaman, model lebih gagah, cuma bensinnya aja 1:5, tenaganya buas bgt wkwkwk (sebaiknya ambil yg 2.3 aja)...
Bon servis terakhirnya ada sih ane foto, besok deh di upload kalo sempet
kalo ada bon lain misal servis ringan ato saat ganti kampas rem/ganti disc, ato ganti kaki2 (baljonit, tierot dan kawan2) bisa disertakan jg om...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Butuh saran about xtrail T30
Budgetnya grand vitara dapet ga om? Cuma kalo GV sih harus tahan sama leletnya mesin ama borosnya sih...
Saya pernah pake 3 taunan, menurut saya nyaman2 aja, buat lukot oke, belom pernah jajan aneh2, kecuali pas stater awal ada kaya suara air mengalir gitu, sama seal something pernah rusak, mobil ga mau stationer
Dijual sih karna ga tahan rattlingnya
Saya pernah pake 3 taunan, menurut saya nyaman2 aja, buat lukot oke, belom pernah jajan aneh2, kecuali pas stater awal ada kaya suara air mengalir gitu, sama seal something pernah rusak, mobil ga mau stationer
Dijual sih karna ga tahan rattlingnya
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed May 18, 2011 14:56
Re: Butuh saran about xtrail T30
Lelet sama borosnya itu yg ga' sy suka om....GV scr spec mesin udah oke, ya itu tadi knp koq lelet ..trus tampang menurut ane kalah keren dibanding T30 omnyotnyet wrote:Budgetnya grand vitara dapet ga om? Cuma kalo GV sih harus tahan sama leletnya mesin ama borosnya sih...
Saya pernah pake 3 taunan, menurut saya nyaman2 aja, buat lukot oke, belom pernah jajan aneh2, kecuali pas stater awal ada kaya suara air mengalir gitu, sama seal something pernah rusak, mobil ga mau stationer
Dijual sih karna ga tahan rattlingnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 715
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Butuh saran about xtrail T30
T30 enak om sebenernya.. cuma seperti yg dibilang om amfibi, maintenance costnya agak "kurang rasional" untuk mobil dengan harga seken 100jtan, ini include biaya bensinnya juga lho ya, mengingat T30 ini bensinnya ga bisa dibilang ngirit jg, sekitar 1:7an..ecka_anggara wrote: Lelet sama borosnya itu yg ga' sy suka om....GV scr spec mesin udah oke, ya itu tadi knp koq lelet ..trus tampang menurut ane kalah keren dibanding T30 om
menurut gw sih, kalo emang mantep dengan T30, sikat aja gpp, pintar2 pilih unitnya, pastiin part slow movingnya masih bagus mgkn untuk setaun / 2 taun, sambil tarik nafas restorasi kantong..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Butuh saran about xtrail T30
kalau part aftermarket alias kw apakah mudah ? sebagai solusi part di beres yang mahal
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26941
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Butuh saran about xtrail T30
sebenernya kl ngangkat seken... ane blg gapapa sehh ngambil ini t30... toh janda nya uda ancur2an harganya.... kl perlu pas beli di teken biar ancur skalian aj.... jd pas dpt unit nya, ud dpt kelonggaran budget ckup banyak buat restorasi total kaki2, khas penyakit batu makam...
sisa nya sehh, utk mesin dan klistrikan, setau ane ini mobil ckup robust koq... malah seri ini masi banyak parts2 yg aseli batu makam jepun atau thai lohh... blom tjap gado2 ala adik2 nya...
sisa nya sehh, utk mesin dan klistrikan, setau ane ini mobil ckup robust koq... malah seri ini masi banyak parts2 yg aseli batu makam jepun atau thai lohh... blom tjap gado2 ala adik2 nya...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Butuh saran about xtrail T30
kalo ane perhatikan di jalanan mobil ini sudah mulai jarang terlihat, pada kemana ya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed May 18, 2011 14:56
Re: Butuh saran about xtrail T30
Ya...maunya sih dapet unit yg gak terlalu ancur om dohc...sayang duitnyeDOHC wrote:sebenernya kl ngangkat seken... ane blg gapapa sehh ngambil ini t30... toh janda nya uda ancur2an harganya.... kl perlu pas beli di teken biar ancur skalian aj.... jd pas dpt unit nya, ud dpt kelonggaran budget ckup banyak buat restorasi total kaki2, khas penyakit batu makam...
sisa nya sehh, utk mesin dan klistrikan, setau ane ini mobil ckup robust koq... malah seri ini masi banyak parts2 yg aseli batu makam jepun atau thai lohh... blom tjap gado2 ala adik2 nya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: Butuh saran about xtrail T30
Maksud om dohc. Teken harga nya sampe ancur om... bukan unitnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5715
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Butuh saran about xtrail T30
Halo om, nubie numpang nimbrung ya.
Ane sendiri pernah punya T30 dari baru tahun 2005, barusan aja dijual minggu lalu. Hehe. Pas dijual udah jalan 80-85rb.
Ini mobil untuk mesin sama transmisi mantep lah. Sampe dijual jg ga ada masalah untuk kedua hal ini. Ane juga isi premium selama 4-5 tahun belakangan pas premios harga 4500 sampe skrg premios only. Ini mobil kan kompresinya rendah, kalo ga salah cuma 9.6:1 ya, apalg ada anti knocking sensor. Tenaga jg mantep lah, diatas kompetitor sekelasnya seperti CRV. Kalo pas berhenti injak gas bisa spin kok.
Nah berlanjut ke kaki2. Disini nih kelemahan Xtrail T30 ini. KM 50an kemaren sudah ada ganti shockbreker depan. Terus ga lama bearing keok jg, jadi ada suara ngiinggg pas kita jalan. Baru bushing stabilizer ini penyakit umumnya Xtrail, jadi gampang jeduk2. Untung harga sih nubie agak lupa, tapi emang ane pernah bandingin servis di Beres sama di bengkel rekanan ane bisa hampir 2x lipat harganya.
Selain itu, bagasi belakang jg hampir pasti glodakan.
Tapi overall boleh lah dipinang secara harga bekas anjlok. Siapin uang 10 juta buat restorasi suspensi dah dapat SUV macho, tenaga buas, premium-able sama kenyamanan.
Ane sendiri pernah punya T30 dari baru tahun 2005, barusan aja dijual minggu lalu. Hehe. Pas dijual udah jalan 80-85rb.
Ini mobil untuk mesin sama transmisi mantep lah. Sampe dijual jg ga ada masalah untuk kedua hal ini. Ane juga isi premium selama 4-5 tahun belakangan pas premios harga 4500 sampe skrg premios only. Ini mobil kan kompresinya rendah, kalo ga salah cuma 9.6:1 ya, apalg ada anti knocking sensor. Tenaga jg mantep lah, diatas kompetitor sekelasnya seperti CRV. Kalo pas berhenti injak gas bisa spin kok.
Nah berlanjut ke kaki2. Disini nih kelemahan Xtrail T30 ini. KM 50an kemaren sudah ada ganti shockbreker depan. Terus ga lama bearing keok jg, jadi ada suara ngiinggg pas kita jalan. Baru bushing stabilizer ini penyakit umumnya Xtrail, jadi gampang jeduk2. Untung harga sih nubie agak lupa, tapi emang ane pernah bandingin servis di Beres sama di bengkel rekanan ane bisa hampir 2x lipat harganya.
Selain itu, bagasi belakang jg hampir pasti glodakan.
Tapi overall boleh lah dipinang secara harga bekas anjlok. Siapin uang 10 juta buat restorasi suspensi dah dapat SUV macho, tenaga buas, premium-able sama kenyamanan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Butuh saran about xtrail T30
hellow, dude.ecka_anggara wrote:salam kenal semua, mohon infonya... sy mo meminang xtrail st t30 th 2004. Pertanyaannya:
1. Spare part mahal gak? (shock breaker, kampas rem, komponen kaki2)
2. service di beres nissan mahal gak...rencana habis beli mau di carbon clean dulu.
3. Transmisi matic 4 speed jadul nya kira2 banyak permasalahan gak?...mohon sharingnya pengalamannya bpk/om/mas2 yang pernah pake t30...
1. sokbreker 4 piece 3 juts. kampas depan sepasang 900k, belakang 800k, kaki2 relative, yang mahal di steering rack, well, bisa diserpis dengan biaya ga mahal2 amat.
2. ente mao rawat mubil kotak sabun tuwir bangka ke BeRes? silahkeun aja. biaya per jam nya below A2K, biaya serpis juga below A2K, parts nya yg agak lumayan. carbon clean mah di bingkil umum aja ya.
3. selama 140rb something kilometer ini gua pakek, cuma flush di 80k, flush di 120k, genti 4L di 135k, sampe sekarang masi lari aja.
minus paling kacau ni mubil ada di A/C system dan cooling system yang emang haruskudumesti diperhatiin sama rattle di interior yang luar biasa mengganggu kalo di jalan gak rata. kalo bener2 rusak ato bener2 rata malah gak gemlodak.
kaki2 sama enjin sangat robust kalo perawatan bener, binsin isi primium masi bisa LARI, oli Prima XP 10 40 masi bisa LARI. iya, LARI, bukan merayap.
kenyamanan kalo masih sehat, ga usa sehat lah, cukup sehat aja deh, ga usa mint, ini mubil uenaaaaaaaakkkkk banget dipakeknya.
sama SUV 400 jutaan yang baru2 mah setara lah.
padahal harga 2nd nya ga lebih mahal dari Agya TRD Matic baru.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Fri Jul 18, 2014 5:05
- Location: West Batavia
- Daily Vehicle: daHon
Re: Butuh saran about xtrail T30
hi om vulvy, ketemu lagi disini.vulvy8858 wrote:hellow, dude.ecka_anggara wrote:salam kenal semua, mohon infonya... sy mo meminang xtrail st t30 th 2004. Pertanyaannya:
1. Spare part mahal gak? (shock breaker, kampas rem, komponen kaki2)
2. service di beres nissan mahal gak...rencana habis beli mau di carbon clean dulu.
3. Transmisi matic 4 speed jadul nya kira2 banyak permasalahan gak?...mohon sharingnya pengalamannya bpk/om/mas2 yang pernah pake t30...
1. sokbreker 4 piece 3 juts. kampas depan sepasang 900k, belakang 800k, kaki2 relative, yang mahal di steering rack, well, bisa diserpis dengan biaya ga mahal2 amat.
2. ente mao rawat mubil kotak sabun tuwir bangka ke BeRes? silahkeun aja. biaya per jam nya below A2K, biaya serpis juga below A2K, parts nya yg agak lumayan. carbon clean mah di bingkil umum aja ya.
3. selama 140rb something kilometer ini gua pakek, cuma flush di 80k, flush di 120k, genti 4L di 135k, sampe sekarang masi lari aja.
minus paling kacau ni mubil ada di A/C system dan cooling system yang emang haruskudumesti diperhatiin sama rattle di interior yang luar biasa mengganggu kalo di jalan gak rata. kalo bener2 rusak ato bener2 rata malah gak gemlodak.
kaki2 sama enjin sangat robust kalo perawatan bener, binsin isi primium masi bisa LARI, oli Prima XP 10 40 masi bisa LARI. iya, LARI, bukan merayap.
kenyamanan kalo masih sehat, ga usa sehat lah, cukup sehat aja deh, ga usa mint, ini mubil uenaaaaaaaakkkkk banget dipakeknya.
sama SUV 400 jutaan yang baru2 mah setara lah.
padahal harga 2nd nya ga lebih mahal dari Agya TRD Matic baru.
saya sependapat sama om vulvy. saya pake tahun 2008 (seri terakhir sebelom jadi T31). so far pake puasss.... gayanya macho (masih kotak2. ga kaya T32 yang udah lekuk2), tenaga melimpah ruah, mesin dan transmisi termasuk bandel (alias awet). pokonya ganteng maksimal lah pake T30.
kelemahannya (yg bikin sebel): interior berisik. bukan kreot2 kaya mubil sejuta umat. tapi lebih ke glodakan sama plastic rattle. Kalo kaki2 sih wajar lah ya. karena T30 termasuk nyaman, seringkali kita hajar lobang ga berasa. tau2 kaki2 udah mesti jajan aja. Harga parts juga kalo dibilang mahal ga juga ya. bandingin sama jajannya SUV yg sekelas nya aja (misalnya CRV). harga parts ya kurang lebih lah. jgn dibandingin sama mubil sejuta umat ya yang pilihan partsnya buanyak banget, dari ori pabrik, OEM, ori cina, sampe ada yang merek ga jelas. itu laen cerita.
gitu sih pendapat saya. maap nubie nulisnya berantakan.
be responsible and be considerate on the road, folks!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed May 18, 2011 14:56
Re: Butuh saran about xtrail T30
Thx om sharingnya...vulvy8858 wrote:hellow, dude.ecka_anggara wrote:salam kenal semua, mohon infonya... sy mo meminang xtrail st t30 th 2004. Pertanyaannya:
1. Spare part mahal gak? (shock breaker, kampas rem, komponen kaki2)
2. service di beres nissan mahal gak...rencana habis beli mau di carbon clean dulu.
3. Transmisi matic 4 speed jadul nya kira2 banyak permasalahan gak?...mohon sharingnya pengalamannya bpk/om/mas2 yang pernah pake t30...
1. sokbreker 4 piece 3 juts. kampas depan sepasang 900k, belakang 800k, kaki2 relative, yang mahal di steering rack, well, bisa diserpis dengan biaya ga mahal2 amat.
2. ente mao rawat mubil kotak sabun tuwir bangka ke BeRes? silahkeun aja. biaya per jam nya below A2K, biaya serpis juga below A2K, parts nya yg agak lumayan. carbon clean mah di bingkil umum aja ya.
3. selama 140rb something kilometer ini gua pakek, cuma flush di 80k, flush di 120k, genti 4L di 135k, sampe sekarang masi lari aja.
minus paling kacau ni mubil ada di A/C system dan cooling system yang emang haruskudumesti diperhatiin sama rattle di interior yang luar biasa mengganggu kalo di jalan gak rata. kalo bener2 rusak ato bener2 rata malah gak gemlodak.
kaki2 sama enjin sangat robust kalo perawatan bener, binsin isi primium masi bisa LARI, oli Prima XP 10 40 masi bisa LARI. iya, LARI, bukan merayap.
kenyamanan kalo masih sehat, ga usa sehat lah, cukup sehat aja deh, ga usa mint, ini mubil uenaaaaaaaakkkkk banget dipakeknya.
sama SUV 400 jutaan yang baru2 mah setara lah.
padahal harga 2nd nya ga lebih mahal dari Agya TRD Matic baru.
Btw flush oli metic hbs brp liter om?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Butuh saran about xtrail T30
hola om im, ape kabar?impz wrote: hi om vulvy, ketemu lagi disini.
saya sependapat sama om vulvy. saya pake tahun 2008 (seri terakhir sebelom jadi T31). so far pake puasss.... gayanya macho (masih kotak2. ga kaya T32 yang udah lekuk2), tenaga melimpah ruah, mesin dan transmisi termasuk bandel (alias awet). pokonya ganteng maksimal lah pake T30.
kelemahannya (yg bikin sebel): interior berisik. bukan kreot2 kaya mubil sejuta umat. tapi lebih ke glodakan sama plastic rattle. Kalo kaki2 sih wajar lah ya. karena T30 termasuk nyaman, seringkali kita hajar lobang ga berasa. tau2 kaki2 udah mesti jajan aja. Harga parts juga kalo dibilang mahal ga juga ya. bandingin sama jajannya SUV yg sekelas nya aja (misalnya CRV). harga parts ya kurang lebih lah. jgn dibandingin sama mubil sejuta umat ya yang pilihan partsnya buanyak banget, dari ori pabrik, OEM, ori cina, sampe ada yang merek ga jelas. itu laen cerita.
gitu sih pendapat saya. maap nubie nulisnya berantakan.
kalo banding searpi gen 2, karena pernah pakek juga, searpi gen 2 lebi kacau kalo buat harga parts..
btw kalok buat parts KW, beberapa parts ada KW nya, rata2 fast moving.
buat sokbreker cuma ada 2 pilihan, KYB Excel G ato Tokico, btw OEM nya pakek Tokico.
Disk depan ada TRW, dia OEM nya.
Kampas rem banyak pilihan, tapi saya masi pakek original, beberapa kawan di sebelah pakek Bendix 4WD.
kaki2 banyak pilihan grade KW1 semisal 555 Japs dan KW2 semisal RBI.
sisanya yaaa banyak lah, namanya mubil uda tuwir dan dulunya banyak yg pakek
8 lits, If I'm not mistaken.ecka_anggara wrote: Thx om sharingnya...
Btw flush oli metic hbs brp liter om?...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed May 18, 2011 14:56
Re: Butuh saran about xtrail T30
numpang tanya lagi om2 smua....kebetulan udah ktmu T30 yg mau dipinang, belum ditest drive sih...
Bgitu masuk...ane coba nyalain mesin, masih alus sih, trus buka kap mesin, ane dengerin lagi masih alus jg....masuk lagi ke kabin ane coba gas2, suara mesin/engine note masih bgs/masih ringan.
tapi ketika ane nyalain ac muncul suara dengung yg cukup mengganggu...btw itu karna apaan yak?...karna suara ac itu ane urungkan negoisasi, padahal ext & interior udah bgs, mudah2an dapet calon T30 yg laen....
Btw klo kasus tersebut kira2 ac nya masalah dmana yak?..kompresorkah?..klo perbaikan butuh biaya brp y?
Bgitu masuk...ane coba nyalain mesin, masih alus sih, trus buka kap mesin, ane dengerin lagi masih alus jg....masuk lagi ke kabin ane coba gas2, suara mesin/engine note masih bgs/masih ringan.
tapi ketika ane nyalain ac muncul suara dengung yg cukup mengganggu...btw itu karna apaan yak?...karna suara ac itu ane urungkan negoisasi, padahal ext & interior udah bgs, mudah2an dapet calon T30 yg laen....
Btw klo kasus tersebut kira2 ac nya masalah dmana yak?..kompresorkah?..klo perbaikan butuh biaya brp y?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Butuh saran about xtrail T30
penyakit A/C X-Trail yang uda kena di mubil ogud:ecka_anggara wrote:numpang tanya lagi om2 smua....kebetulan udah ktmu T30 yg mau dipinang, belum ditest drive sih...
Bgitu masuk...ane coba nyalain mesin, masih alus sih, trus buka kap mesin, ane dengerin lagi masih alus jg....masuk lagi ke kabin ane coba gas2, suara mesin/engine note masih bgs/masih ringan.
tapi ketika ane nyalain ac muncul suara dengung yg cukup mengganggu...btw itu karna apaan yak?...karna suara ac itu ane urungkan negoisasi, padahal ext & interior udah bgs, mudah2an dapet calon T30 yg laen....
Btw klo kasus tersebut kira2 ac nya masalah dmana yak?..kompresorkah?..klo perbaikan butuh biaya brp y?
1. extra fan ga bener, extra fan nya ada 2, biasanya yang bagian A/C ga bener, kl repair paling 300rb, KW 900rb, ORI diatas 2 juta.
2. motor blower, penyakit awalnya dengung2, lama lama dia mati total, kena 1 jutaan. repair? 300rb saja.
3. kondensor uda buntu kemakan umur, kena 1.3 juta.
4. evaporator uda bocor darii bagian selang2 yang nyambung ama heater, 1.2 juta yang ini.
5. magnetic clutch kompressor uda lemah, awal2 kadang panas kadang dingin A/C nya, lama lama mati total, kena 900 ribuan kalo saya ga salah.
6. Filter A/C, 150rb
7. serpis A/C sampe bongkar2an dasbor, 500rb.
sekarang semuanya uda liwat, suara enjin dan kompressor adem ayem, A/C ga kalah adem dari Avanza, dan temperatur tetep dibawah separo.
membahagiakan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1966
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Butuh saran about xtrail T30
duh, kalo udah ada indikasi AC yang kena, rada susah om... dengung ya bukan decit bunyinya? dengung kompresor deh kayaknya... kalo decit biasa cuma perlu ganti belt biasanyaecka_anggara wrote:numpang tanya lagi om2 smua....kebetulan udah ktmu T30 yg mau dipinang, belum ditest drive sih...
Bgitu masuk...ane coba nyalain mesin, masih alus sih, trus buka kap mesin, ane dengerin lagi masih alus jg....masuk lagi ke kabin ane coba gas2, suara mesin/engine note masih bgs/masih ringan.
tapi ketika ane nyalain ac muncul suara dengung yg cukup mengganggu...btw itu karna apaan yak?...karna suara ac itu ane urungkan negoisasi, padahal ext & interior udah bgs, mudah2an dapet calon T30 yg laen....
Btw klo kasus tersebut kira2 ac nya masalah dmana yak?..kompresorkah?..klo perbaikan butuh biaya brp y?
masalaahnya kalo ac, biasanya penyakitnya bisa( dan seringnya) merembet, kompresor, evaporator, kondensor... harus dibongkar semua itu buat dicek
servis ac biasanya 500rban, ganti kompre bisa 1,5 - 3 juta tergantung barang (asli/ex sing), konden sama evap msg2 kyknya 1-2 jtan... belt 500-1 an
ini perkiraan aja...
coba tunggu bawah ane masalah bunyi dengung, mobil tahun segitu udah cukup bagus kondisinya nurut ane.. suspensi dah dicek?
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20
Re: Butuh saran about xtrail T30
Menurut mbah wiki kencang punya nih t30.
The QR25DE is a 2.5 L (2488 cc) variant built with cast steel connecting rods, a steel timing chain, counter-rotating balance shafts, and an aluminum intake manifold. The engine bore is 89 mm with a stroke of 100 mm and a compression ratio ranging from 9.5:1 to 10.5:1 depending on the vehicle. Output is rated 175 hp (130 kW) at 6000 rpm.
The QR25DE is a 2.5 L (2488 cc) variant built with cast steel connecting rods, a steel timing chain, counter-rotating balance shafts, and an aluminum intake manifold. The engine bore is 89 mm with a stroke of 100 mm and a compression ratio ranging from 9.5:1 to 10.5:1 depending on the vehicle. Output is rated 175 hp (130 kW) at 6000 rpm.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1966
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Butuh saran about xtrail T30
lho t30 kan sempet jadi suv terlaris di indo ngalahin cr-v... ya karena mesin kueenchaang nya itu hehebl4cks4m1dj4 wrote:Menurut mbah wiki kencang punya nih t30.
The QR25DE is a 2.5 L (2488 cc) variant built with cast steel connecting rods, a steel timing chain, counter-rotating balance shafts, and an aluminum intake manifold. The engine bore is 89 mm with a stroke of 100 mm and a compression ratio ranging from 9.5:1 to 10.5:1 depending on the vehicle. Output is rated 175 hp (130 kW) at 6000 rpm.
Rocky R ADS CVT 2021