Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Mon May 10, 2010 2:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by KelinciPutih047 »

Dear Guys,

Mohon sarannya dengan budget Max 100 jt , ingin ambil mobil untuk bisa dipakai off road pemula dan juga buat jalan yang deket deket aja di week end lebih baik ambil Jeep CJ7 atau FJ40 ? Bisa dishare ga kelebihan dan kekurangan masing masing , mungkin ada yang punya pengalaman miara salah satu dari dua pilihan tersebut. Terus kalau buat dibangun enak yang mana ya ?

Thank buat saranya ..

JW
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by MAB »

Salam kenal om,
Untuk milih mesti tau dulu ni mobil mau dipake buat apa.

Pilihannya ada;
- offroad berat, minimal 3 hari masuk trek, kayak event IOX atau West Java
- kompetisi offroad adventure, kayak Kartini offroad, IOF NC
- mid offroad, maen lumpur seharian di trek dekat rumah, misalnya Poncab, BSD atau jalan-jalan Sahur Offroad
- offroad ringan atau touring atau family offroad; misalnya jalan-jalan dan camping ke Ranupane lewat Malang
- mall terrain atau classic car atau suka original atau city slicker

Buat offroad berat, yang memerlukan durabilty dan kepraktisan, biasanya pada milih mobil yang wheel base pendek, kayak CJ7, Landy short, FJ40, SJ410 short, biar manuver di trek V, tikungan L, putar balik di trek lebih nyaman. Saya perhatikan belakangan ini, yang pake CJ7 untuk kelas ini, pada pake mesin XJ, transmisi dan TC CJ, gardan FJ40 atau gardan Prado plus reinforce chasis. Kalo yang pake FJ40, ada yang pake mesin diesel Prado 1KZ atau Toyota Dina 13BT atau bahkan Toyota 15BT dengan transmisi, TC dan gardan Toyota. Tentunya peralatan lenong untuk recovery dan safety juga ditambah, misalnya pake rollbar, winch, kapasitor aki, double aki, dll.

Buat kompetisi, speknya hampir sama dengan offroad berat, cuma sudah modifikasi di sasis jadi tubular, suspensi lebih canggih, yang perlu setting sana sini. Untuk mesin dah pake mesin sangar kayak, LS1 dkk.

Buat mid offroad, have fun 1 atau 2 hari di trek seputaran Jabodetabek, spek ori standar , cuma perlu ganti ban XT, max ukuran 31. Kalo fanatik ama brand Jeep, CJ7 ok. Kalo gampang kerecunan, naik ke kelas yang lebih berat, IMHO mending ambil FJ, jujur saya gak dapat feeling ama mata cantik si CJ. Kalo untuk kelas ini, kenapa gak lirik Jimny? IMOya, Jimny ringan, durable, komunitasnya asik, murah partnya, enak manuver di kota-kota, irit buat harian juga. Dengan budget 100jt, udah dapat Jimny long mesin g15, transmisi futura, TC low. Nambah dikit dapat gardan heavy duty ama peralatan lenong safety dan recovery.

Untuk touring bawa keluarga, jalan ke obyek wisata yang sulit dijangkau ama mobil biasa, perlu kendaraan 4x4 yang suspensinya nyaman, kabin nya luas. Mungkin pilihannya ada ama Trooper, XJ.

Buat city slicker, CJ7 atau FJ40 sama-sama ok.

CMIIW
User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Mon May 10, 2010 2:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by KelinciPutih047 »

Dear Bro MAB

Thank you buat masukkannya yang cukup detail , untuk saat ini sih keperluannya lebih kepada tiga hal dibawah ini , saat ini masih belum ada niat untuk "keracunan lebih banyak" ga tau nantinya :mky_01:

- mid offroad, maen lumpur seharian di trek dekat rumah, misalnya Poncab, BSD atau jalan-jalan Sahur Offroad
- offroad ringan atau touring atau family offroad; misalnya jalan-jalan dan camping ke Ranupane lewat Malang
- mall terrain atau classic car atau suka original atau city slicker

Untuk Jimmy dah pernah coba punya teman , rada kekecilan . Temen juga waktu awal saranin pakai Jimmy , tapi sayanya kurang tertarik.

ada masukannya , kalau mau ambil dua pilihan diatas apa aja yang harus dicek dan diperhatikan ?

Thanks
JW
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by jakanjc »

Vote for fj40

Untuk sekedar fun offroad mobil ini sangat tangguh, chasis&kaki2 fj terkenal badak. Dalam kondisi standart sudah sgt cukup lah buat fun offroad. Bahkan menurut saya dibanding cj kaki fj lebih kuat dibanding cj,kata temen saya yang suka cj kalau as roda cj itulemah.
Nah untuk spare part, cj lebih mahal karena part mopar itu import langsung dari america, sementara fj sih menurut ane selama ane megang fj selama 5 tahun ya normal2 aja.part asli sampai kw2 tersedia byk.

Sekedar saran kalau ambil fj ambil yang taun 76 keatas aja om(mesin 2f+ grill kotak)
Mesin 2f terkenal lebih bertenaga dibanding 1f, thanks semoga membantu
'You can go fast, But I can go anywhere'
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by keong »

Waah pilihan yang membingungkan karena jimny gaboleh ikutan, baru mau nyaranin katana BRI atau sj413 caribian...

Kebetulan sy ad jimny sj410 + LJ modif canvas, overall untuk offroad ability jimny terkadang bs lebih sakti di trek dibanding dua opsi yg ditawarkan karena bobotnya yg ringan jd ga gampang stuck, sparepart yg murah dan mesin yg bs diganti pake mesin g16b, m15a, f6a, sampai ke mesin 4-age jg sudah ad yg nyoba untuk di jimny, untuk naikannya sj410 lebih nyaman dibanding lj80, tapi masalah jimny adalah, bodinya yg terlalu mungil, sehingga kadang tidak bisa apabila dipakai untuk offroad adventure krn cargo space yg tdk memungkikan, soal komunitas, wah banyak bgt sy dulu wktu msh aktif hampir tiap minggu kalo mau pasti bs berendem dilumpur krn ajakan komunitas yg bgitu banyak, kalo main mbl 4x4 enaknya yg komunitasnya aktif, main tanah selalu butuh back up soalnya hehe

Oke sekilas tentang jimny, back to topic, kalo dr dua pilihan diatas sy cenderung untuk ambil bahan fj40 dengan budget seminimal mungkin, setelah itu swap engine ke minimal 2kd diesel matic, ato klo mau lebih enak 1kz, transmisi toyota, di majalah jip saya pernah liat racikan ini berhasil dan sepertinya msh sangat nyaman dan kuat untuk sekedar main2 lumpur, cb mgkn nnti klo majalahnya ketemu sy fotokan, positifnya ambil fj adalah harga pasarannya juga sangat gelap, lebih gelap dari cj7, sehingga ni mobil pasti layak untuk disimpan atau bahkan diturunkan antar generasi...
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by MAB »

Hehehe,kebetulan saya pake ketiganya om, SJ410 mesin G15, FJ40 2F ama XJ Cherokee 96.
Yang belum kesampaian ya mobil panci .......

Om @josephw1905, kalo liat kebutuhannya, IMHO saya menyarankan pake XJ Cherokee, 1 mobil buat 3 kebutuhan, juga sangat nyaman buat antar jemput anak sekolah, buat ke pesta juga gak malu2in, review lengkap dari master2 di sini bisa diliat di viewtopic.php?t=7022.
Cuma ya gitu deh, mobil dah 20an taun, jelas pasti ada aja dukanya, mulai oli bocor, kabel kelupas sampe keluar masuk bengkel gak keitung berapa kali dan ntah biaya nya dah berapa.

End of line, kalo disuruh milih diantara CJ7 atau FJ40, saya milih FJ40 karena gak dapat feel ama muka CJ7 yang IMO agak feminim.
keong wrote:Waah pilihan yang membingungkan karena jimny gaboleh ikutan, baru mau nyaranin katana BRI atau sj413 caribian...

Oke sekilas tentang jimny, back to topic, kalo dr dua pilihan diatas sy cenderung untuk ambil bahan fj40 dengan budget seminimal mungkin, setelah itu swap engine ke minimal 2kd diesel matic, ato klo mau lebih enak 1kz, transmisi toyota, di majalah jip saya pernah liat racikan ini berhasil dan sepertinya msh sangat nyaman dan kuat untuk sekedar main2 lumpur, cb mgkn nnti klo majalahnya ketemu sy fotokan, positifnya ambil fj adalah harga pasarannya juga sangat gelap, lebih gelap dari cj7, sehingga ni mobil pasti layak untuk disimpan atau bahkan diturunkan antar generasi...
User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Mon May 10, 2010 2:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by KelinciPutih047 »

@ Om Mab thank you Saya sudah baca di topic XJ kayaknya belanjanya lumayan kuat juga kalau piara XJ , Saya jadi lebih tertarik ke FJ40 2F nih , kebetulan kalau untuk jemput anak sekolah sama kondangan udah ada Evrest Oom dirumah . Pake FJ40 nya dah berapa lama Om ?
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by keong »

MAB wrote:Hehehe,kebetulan saya pake ketiganya om, SJ410 mesin G15, FJ40 2F ama XJ Cherokee 96.
Yang belum kesampaian ya mobil panci .......

Om @josephw1905, kalo liat kebutuhannya, IMHO saya menyarankan pake XJ Cherokee, 1 mobil buat 3 kebutuhan, juga sangat nyaman buat antar jemput anak sekolah, buat ke pesta juga gak malu2in, review lengkap dari master2 di sini bisa diliat di viewtopic.php?t=7022.
Cuma ya gitu deh, mobil dah 20an taun, jelas pasti ada aja dukanya, mulai oli bocor, kabel kelupas sampe keluar masuk bengkel gak keitung berapa kali dan ntah biaya nya dah berapa.

End of line, kalo disuruh milih diantara CJ7 atau FJ40, saya milih FJ40 karena gak dapat feel ama muka CJ7 yang IMO agak feminim.
keong wrote:Waah pilihan yang membingungkan karena jimny gaboleh ikutan, baru mau nyaranin katana BRI atau sj413 caribian...

Oke sekilas tentang jimny, back to topic, kalo dr dua pilihan diatas sy cenderung untuk ambil bahan fj40 dengan budget seminimal mungkin, setelah itu swap engine ke minimal 2kd diesel matic, ato klo mau lebih enak 1kz, transmisi toyota, di majalah jip saya pernah liat racikan ini berhasil dan sepertinya msh sangat nyaman dan kuat untuk sekedar main2 lumpur, cb mgkn nnti klo majalahnya ketemu sy fotokan, positifnya ambil fj adalah harga pasarannya juga sangat gelap, lebih gelap dari cj7, sehingga ni mobil pasti layak untuk disimpan atau bahkan diturunkan antar generasi...
Mobil panci tuh landy bukan maksudnya ? Hehe

Wah mantab sekali koleksi om MAB, saya berulang kali gagal ngangkat XJ dulu pdhl ditawari dgn harga cuma 65jt punya temen sendiri kondisi superb, sampai skg masih pengen ngangkat XJ th 96-97 yg udh abs and airbag tp entah kapan terwujud, blm masuk skala prioritas...

Untuk mesin 2f problemnya apa aja ya om biasanya ?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by billyd1773dz »

josephw1905 wrote:Dear Bro MAB

Thank you buat masukkannya yang cukup detail , untuk saat ini sih keperluannya lebih kepada tiga hal dibawah ini , saat ini masih belum ada niat untuk "keracunan lebih banyak" ga tau nantinya :mky_01:

- mid offroad, maen lumpur seharian di trek dekat rumah, misalnya Poncab, BSD atau jalan-jalan Sahur Offroad
- offroad ringan atau touring atau family offroad; misalnya jalan-jalan dan camping ke Ranupane lewat Malang
- mall terrain atau classic car atau suka original atau city slicker

Untuk Jimmy dah pernah coba punya teman , rada kekecilan . Temen juga waktu awal saranin pakai Jimmy , tapi sayanya kurang tertarik.

ada masukannya , kalau mau ambil dua pilihan diatas apa aja yang harus dicek dan diperhatikan ?

Thanks
JW
klw perlunya seperti yang di atas dan kita bicara spec standar gw vote Rocky F75 rigid................... size lebih gede dari jimny, harian masih nyaman jauh lebih nyaman dri jimny dan FJ40,umur juga relatif paling muda dibanding yg lain (upto 95). cukup ganti ban 31"uda cukup wira wiri di light to mid oprut torsi mencukupi bwat bawa santai, ga alergi brebet klw miring, yg sulit klw mw upgrade ke extreme mesti pke part merk lain. Rocky F78 klw lebih banyak di aspal.... nyaman... 2nd rownya uenak... cuma durabilityny rada2...

Jimny std repot offroad nya....high center of gravity, narrow axle gampang klontang, pke ban extragrip aja sering under power, engine F10A karbu alergi dikasih miring2... harus di modifikasi lagi atau beli yang sudah dimodifikasi.. jimny jimny yang jago saya yakin sudah tidak standar minimal ratio uda di robah,karbu di modif, ratio robah juga bukan FG aja tp transfercase ganti. memang kelebihany setelah di modif berkat body ringan jd lebih lincah dibanding yg lain.

CJ7 klw mau gaya murican style AMC 258 115ps ...... stdnya lebih empuk dan jauh lebih lincah dari FJ40... masalahnya axle blkng AMC20 model twopiece dan mudah patah di gigi splinenya... solusinya ganti as roda one piece. axle dpn sih relatif minim masalah. meski tidak sekuat FJ40 tp radius putar juga jauh lebih baik enak bwat parkir dimall dan belok di hutan sempit.

FJ40 pling durable meski di tumpakiny kurang enak 2F 140ps, Bonggol axle besar sehingga ground clerace rendah, harus pakai ban 35" sedangkan taft CJ dll cukup 32"uda sama GCnya.... radius putar besar... pilih FJ40 jika durabilitas yg utama.

XJ yang paling enak,pling nyaman, handling paling mantap, paling offroad capable, paling power full, paling high maintenance............. 190ps 300Nm monoque durable 4AT, twin rigid axle, long articulation, fast steering house... ini mbl pling enak dari di pke kondangan sampai offroad extreme. bisa di modifikasi tampa cangkok merk tetangga aftermarket berlimpah ruah, kelemahanya sisi mechanical minim meski masih di bawah toyota tp di atas CJ, yg sering masalah di electricalnya yang sudah berumur, dan cukup sulit untuk mencari biang keladi masalahnya

lenloper series..... errrr..... ..... good for history tour

all in all.... itu jika lihat secara objektif.. namun orng beli mobil hobby seperti ini biasanya didasarkan rasa suka, sisi objektifnya jarang di lihat banyak yang sebodo amet dgn teknis,dan lebih milih modif untuk nutupin kekurangannya... so saran gw... pilih yg di suka aja


eniwei d mbl peliharan XJ,CJ,WJ, Taft 2 biji yg paling durable as workhorse itu taft... CJnya uda isi KZ so ya its a hybrid.. XJ lg penyakitan wiringnya, WJ weekend car bwat gaspol unleashed the V8.. wkwkww :D

imho mbl seperti ini jgn di jadikan first car atw mbl utama bwat harian.... namanya jg mbl tua pasti ada aja yg g terduga

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Mon May 10, 2010 2:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by KelinciPutih047 »

Eh Suhunya 4WD turun ikut comment nih . :mky_02: Makasih Om Billy. Mobil memang mau dipakai buat hobi aja ga akan dipakai daily , dan kedepan memang kedepannya sih mau sering maen lumpur , awalnya dulu sempet diajakin sama temen main lumpur pake Jimmy. Nah jadi kepengen punya pegangan juga . Btw buat XJ ada komunitas on linenya ? nah terus ada ga bengkel yang biasa nanganin XJ . Untuk rocky sering liat rata2 body nya dah ada kroposnya dan kayaknya body nya kurang kuat dibanding sama CJ atau FJ

Thanks


billyd1773dz wrote:
josephw1905 wrote:Dear Bro MAB

Thank you buat masukkannya yang cukup detail , untuk saat ini sih keperluannya lebih kepada tiga hal dibawah ini , saat ini masih belum ada niat untuk "keracunan lebih banyak" ga tau nantinya :mky_01:

- mid offroad, maen lumpur seharian di trek dekat rumah, misalnya Poncab, BSD atau jalan-jalan Sahur Offroad
- offroad ringan atau touring atau family offroad; misalnya jalan-jalan dan camping ke Ranupane lewat Malang
- mall terrain atau classic car atau suka original atau city slicker

Untuk Jimmy dah pernah coba punya teman , rada kekecilan . Temen juga waktu awal saranin pakai Jimmy , tapi sayanya kurang tertarik.

ada masukannya , kalau mau ambil dua pilihan diatas apa aja yang harus dicek dan diperhatikan ?

Thanks
JW
klw perlunya seperti yang di atas dan kita bicara spec standar gw vote Rocky F75 rigid................... size lebih gede dari jimny, harian masih nyaman jauh lebih nyaman dri jimny dan FJ40,umur juga relatif paling muda dibanding yg lain (upto 95). cukup ganti ban 31"uda cukup wira wiri di light to mid oprut torsi mencukupi bwat bawa santai, ga alergi brebet klw miring, yg sulit klw mw upgrade ke extreme mesti pke part merk lain. Rocky F78 klw lebih banyak di aspal.... nyaman... 2nd rownya uenak... cuma durabilityny rada2...

Jimny std repot offroad nya....high center of gravity, narrow axle gampang klontang, pke ban extragrip aja sering under power, engine F10A karbu alergi dikasih miring2... harus di modifikasi lagi atau beli yang sudah dimodifikasi.. jimny jimny yang jago saya yakin sudah tidak standar minimal ratio uda di robah,karbu di modif, ratio robah juga bukan FG aja tp transfercase ganti. memang kelebihany setelah di modif berkat body ringan jd lebih lincah dibanding yg lain.

CJ7 klw mau gaya murican style AMC 258 115ps ...... stdnya lebih empuk dan jauh lebih lincah dari FJ40... masalahnya axle blkng AMC20 model twopiece dan mudah patah di gigi splinenya... solusinya ganti as roda one piece. axle dpn sih relatif minim masalah. meski tidak sekuat FJ40 tp radius putar juga jauh lebih baik enak bwat parkir dimall dan belok di hutan sempit.

FJ40 pling durable meski di tumpakiny kurang enak 2F 140ps, Bonggol axle besar sehingga ground clerace rendah, harus pakai ban 35" sedangkan taft CJ dll cukup 32"uda sama GCnya.... radius putar besar... pilih FJ40 jika durabilitas yg utama.

XJ yang paling enak,pling nyaman, handling paling mantap, paling offroad capable, paling power full, paling high maintenance............. 190ps 300Nm monoque durable 4AT, twin rigid axle, long articulation, fast steering house... ini mbl pling enak dari di pke kondangan sampai offroad extreme. bisa di modifikasi tampa cangkok merk tetangga aftermarket berlimpah ruah, kelemahanya sisi mechanical minim meski masih di bawah toyota tp di atas CJ, yg sering masalah di electricalnya yang sudah berumur, dan cukup sulit untuk mencari biang keladi masalahnya

lenloper series..... errrr..... ..... good for history tour

all in all.... itu jika lihat secara objektif.. namun orng beli mobil hobby seperti ini biasanya didasarkan rasa suka, sisi objektifnya jarang di lihat banyak yang sebodo amet dgn teknis,dan lebih milih modif untuk nutupin kekurangannya... so saran gw... pilih yg di suka aja


eniwei d mbl peliharan XJ,CJ,WJ, Taft 2 biji yg paling durable as workhorse itu taft... CJnya uda isi KZ so ya its a hybrid.. XJ lg penyakitan wiringnya, WJ weekend car bwat gaspol unleashed the V8.. wkwkww :D

imho mbl seperti ini jgn di jadikan first car atw mbl utama bwat harian.... namanya jg mbl tua pasti ada aja yg g terduga

:beer:
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by MAB »

Hehe, It's a Jeep thing, you wouldn't understand
Kata master2 di sini; Jeep is built not bought

Punya FJ40 baru 8 tahunan om, tahun 1965, mesin dah ganti 2F, make 2 tahun, sisanya di bengkel, lunglai lemes si FJ.
Gak keurus, direpotin terus ama si Nyonya tua, XJ.
josephw1905 wrote:@ Om Mab thank you Saya sudah baca di topic XJ kayaknya belanjanya lumayan kuat juga kalau piara XJ , Saya jadi lebih tertarik ke FJ40 2F nih , kebetulan kalau untuk jemput anak sekolah sama kondangan udah ada Evrest Oom dirumah . Pake FJ40 nya dah berapa lama Om ?
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by MAB »

Ya om, itu panggilan sayangnya.
2F enak om, gak rewel sama sekali.
Apalagi kombinasi ama transmisi 3speed nya.
Keliling kota cuma anteng di gigi 1, gas ama rem aja.
Belum sempat dipake offroad om, cuma buat mutar2 kota aja.

Pengen pakein 1KZ kayak YJnya om billy, cuma masih nunggu rejeki om.
keong wrote: Mobil panci tuh landy bukan maksudnya ? Hehe

Wah mantab sekali koleksi om MAB, saya berulang kali gagal ngangkat XJ dulu pdhl ditawari dgn harga cuma 65jt punya temen sendiri kondisi superb, sampai skg masih pengen ngangkat XJ th 96-97 yg udh abs and airbag tp entah kapan terwujud, blm masuk skala prioritas...

Untuk mesin 2f problemnya apa aja ya om biasanya ?
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by MAB »

Hahaha, kalo kata senior2 di tempat ngumpul saya, itu lenloper buat landasan gilas mobil om, no offense
Maaf ya om2, itu pendapat saya yang gak bisa beli aja, envy mode: on

OOT, om Billy, apakah ada WJ yang wiringnya sama dengan ZJ?
Liat2 di tokobaik, ada yang jual WJLaredo, katanya wiring sama dengan ZJ, mesin country
Ngiler liatnya, cuma ingat kalo mesti ganti koilnya 6 biji kalo rusak, langsung puyeng saya.
billyd1773dz wrote: lenloper series..... errrr..... ..... good for history tour

all in all.... itu jika lihat secara objektif.. namun orng beli mobil hobby seperti ini biasanya didasarkan rasa suka, sisi objektifnya jarang di lihat banyak yang sebodo amet dgn teknis,dan lebih milih modif untuk nutupin kekurangannya... so saran gw... pilih yg di suka aja


eniwei d mbl peliharan XJ,CJ,WJ, Taft 2 biji yg paling durable as workhorse itu taft... CJnya uda isi KZ so ya its a hybrid.. XJ lg penyakitan wiringnya, WJ weekend car bwat gaspol unleashed the V8.. wkwkww :D

imho mbl seperti ini jgn di jadikan first car atw mbl utama bwat harian.... namanya jg mbl tua pasti ada aja yg g terduga

:beer:
User avatar
MAB
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: Thu Feb 17, 2011 14:10
Location: Far Southwest from Jakarta
Daily Vehicle: LR Stage One

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by MAB »

Usulan yang sangat menarik dari om Billy.
Kemarin ada teman di BSD baru ngambil Vitara 2 pintu ama Taft Independent (suspensi kayak Rocky, tetapi atap belakang bukan resin seperti Rocky), DL60 non turbo, body mulus, lempeng, kabin rapi, 80 juta Taftnya, beruntung sekali.

Om @josephw1905, komunitas Jeep XJ banyak kok, ada XJOC, ada Jeep Club Indonesia, Jeep Gathering, Jeep Roadventure, 9Jeeps dan masih banyak lagi. Biasanya pada pake CJ atau XJ. Bengkelnya juga banyak om kalo di Jakarta, di Bintaro, di Pejaten, di Suaka Margasatwa KKO, di Pondok Labu, di Cibubur, di Bandung ada Awakee. Partnya berlimpah, KW juga ada, copotan banyak.
josephw1905 wrote:Eh Suhunya 4WD turun ikut comment nih .......................
Btw buat XJ ada komunitas on linenya ? nah terus ada ga bengkel yang biasa nanganin XJ . Untuk rocky sering liat rata2 body nya dah ada kroposnya dan kayaknya body nya kurang kuat dibanding sama CJ atau FJ

Thanks
billyd1773dz wrote: klw perlunya seperti yang di atas dan kita bicara spec standar gw vote Rocky F75 rigid................... size lebih gede dari jimny, harian masih nyaman jauh lebih nyaman dri jimny dan FJ40,umur juga relatif paling muda dibanding yg lain (upto 95). cukup ganti ban 31"uda cukup wira wiri di light to mid oprut torsi mencukupi bwat bawa santai, ga alergi brebet klw miring, yg sulit klw mw upgrade ke extreme mesti pke part merk lain. Rocky F78 klw lebih banyak di aspal.... nyaman... 2nd rownya uenak... cuma durabilityny rada2...

XJ yang paling enak,pling nyaman, handling paling mantap, paling offroad capable, paling power full, paling high maintenance............. 190ps 300Nm monoque durable 4AT, twin rigid axle, long articulation, fast steering house... ini mbl pling enak dari di pke kondangan sampai offroad extreme. bisa di modifikasi tampa cangkok merk tetangga aftermarket berlimpah ruah, kelemahanya sisi mechanical minim meski masih di bawah toyota tp di atas CJ, yg sering masalah di electricalnya yang sudah berumur, dan cukup sulit untuk mencari biang keladi masalahnya
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by billyd1773dz »

josephw1905 wrote:Eh Suhunya 4WD turun ikut comment nih . :mky_02: Makasih Om Billy. Mobil memang mau dipakai buat hobi aja ga akan dipakai daily , dan kedepan memang kedepannya sih mau sering maen lumpur , awalnya dulu sempet diajakin sama temen main lumpur pake Jimmy. Nah jadi kepengen punya pegangan juga . Btw buat XJ ada komunitas on linenya ? nah terus ada ga bengkel yang biasa nanganin XJ . Untuk rocky sering liat rata2 body nya dah ada kroposnya dan kayaknya body nya kurang kuat dibanding sama CJ atau FJ

Thanks
komunitas onlen jeep saking banyakny jadi nyebar kecil2, tidak seperti komunitas online taft yg ngumpul di TDI, klw offline sih banyak bngt ya.

rocky yg harus di hindarin yg bekas proyek.... cri yg mulus. dibanding CJ strukturnya pegang taft kemana-mana... CJ sasisnya lemah dan mudah keropos. body pun jenis knockdown mudah bunyi-bunyi.
MAB wrote:Hahaha, kalo kata senior2 di tempat ngumpul saya, itu lenloper buat landasan gilas mobil om, no offense
Maaf ya om2, itu pendapat saya yang gak bisa beli aja, envy mode: on

OOT, om Billy, apakah ada WJ yang wiringnya sama dengan ZJ?
Liat2 di tokobaik, ada yang jual WJLaredo, katanya wiring sama dengan ZJ, mesin country
Ngiler liatnya, cuma ingat kalo mesti ganti koilnya 6 biji kalo rusak, langsung puyeng saya.
wkwkwk... disini jg gtu..... toh memang g berubah sampai 2015.... sama-sama masih bocor dan g dustproof kabinnya... wkakakak

WJ 4.0 enjinny chrysler 242... imho body wiring sih yakin tidak 100% sama..... sparepart aja ada yg bisa sharing. mending V8 sekalian om WJ sih wkwk
MAB wrote:Usulan yang sangat menarik dari om Billy.
Kemarin ada teman di BSD baru ngambil Vitara 2 pintu ama Taft Independent (suspensi kayak Rocky, tetapi atap belakang bukan resin seperti Rocky), DL60 non turbo, body mulus, lempeng, kabin rapi, 80 juta Taftnya, beruntung sekali.
Taft/Rocky independen suspensinya tergolong nyaman tp GC cuma 165mm..... kaki-kaki dan steering tergolong ringkih bahkan dibanding kelas mpv IFS kya kijang ipah. terutama klw ban diganti ke 31". not too recomended unless dipakai di aspal aja tidak dilift dan pke ban std.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by maskopat »

mumpung dedengkotnya pada muncul. mau tanya taft hiline GTL.
1. kalo swap transmisi ke metik, pake transmisi apa ya?
2. swap engine ke turbo intercooler, enaknya pake mesin apa? berikut transmisi metiknya... :big_grin:
3. kaki2 kokoh dan tetap nyaman, enaknya diapain? pengennya bisa masuk ban 33 lah max...
4. tentang issue diesel djadoel yang gak bisa suhu dingin gimana? jadi kalo lagi nge-camp di gunung, malemnya mesin dimatiin, katanya ngidupin pagi2nya susah neh. kalo crdi sudah jreng...
5. mau pasang external roll cage bagusnya di mana? termasuk roof rack..

pengen punya suv seperti pasport dakar 4x4 untuk adventure dan harian dengan total investment yang murah (< 130jt) dan cost tahunan (maintenance dan pajak) yang murah juga (< 5 jt per tahun di luar bbm) serta biaya operational yang rendah (fc > 8 km/L dalkot jakarta bbm rakyat miskin)
mesin gak perlu kenceng2 amat sih, mesin standar isuzu elf cukup lah... :big_blushing:

ada rekomendasi lain dengan kebutuhan ini?

:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
puteraadrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 195
Joined: Wed May 21, 2008 18:03

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by puteraadrian »

om josephw1905,

saya nimbrung sedikit diantara suggestion superb om-om di atas.
dulu pernah di lema mesti pilih CJ7 atau FJ40. setelah baca2, memang untuk realibilitas FJ menang jauh.. tapi yg namanya mobil sudah berumur pasti ga lepas jadi masalah, baik itu FJ atau CJ7, jadi saya quote dr replaynya om Billy

"all in all.... itu jika lihat secara objektif.. namun orng beli mobil hobby seperti ini biasanya didasarkan rasa suka, sisi objektifnya jarang di lihat banyak yang sebodo amet dgn teknis,dan lebih milih modif untuk nutupin kekurangannya... so saran gw... pilih yg di suka aja"

Pilih yang suka aja, kalau masalah perawatan & rewel2nya, justru seni ngerawat mobil tuanya disana, & bisa jadi banyak belajar.. hehe kalau kata saya ni om, FJ keliatan lebih dewasa, mapan & berwibawa. CJ7 juga sama-sama gagah, tapi terlihat lebih sedikit bandel...
User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Mon May 10, 2010 2:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by KelinciPutih047 »

puteraadrian wrote:om josephw1905,

saya nimbrung sedikit diantara suggestion superb om-om di atas.
dulu pernah di lema mesti pilih CJ7 atau FJ40. setelah baca2, memang untuk realibilitas FJ menang jauh.. tapi yg namanya mobil sudah berumur pasti ga lepas jadi masalah, baik itu FJ atau CJ7, jadi saya quote dr replaynya om Billy

"all in all.... itu jika lihat secara objektif.. namun orng beli mobil hobby seperti ini biasanya didasarkan rasa suka, sisi objektifnya jarang di lihat banyak yang sebodo amet dgn teknis,dan lebih milih modif untuk nutupin kekurangannya... so saran gw... pilih yg di suka aja"

Pilih yang suka aja, kalau masalah perawatan & rewel2nya, justru seni ngerawat mobil tuanya disana, & bisa jadi banyak belajar.. hehe kalau kata saya ni om, FJ keliatan lebih dewasa, mapan & berwibawa. CJ7 juga sama-sama gagah, tapi terlihat lebih sedikit bandel...
dear Om Puteraadrian

Suka sama quote nya "FJ keliatan lebih dewasa, mapan & berwibawa. CJ7 juga sama-sama gagah, tapi terlihat lebih sedikit bandel" Mau cari yang keliatan lebih dewasa , mapan & berwibawa tapi bandel :big_grin:

Ini masih hunting hunting Om , sepertinya memang lebih condong ke FJ
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by g1ng2 »

aduh ngebet ama FJ yang ini nih..

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by nugroho bagor »

Bagaimana updatenya? :ungg: :big_think:
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by firawan6275 »

MAB wrote: Wed Jul 22, 2015 2:31 Hehehe,kebetulan saya pake ketiganya om, SJ410 mesin G15, FJ40 2F ama XJ Cherokee 96.
Yang belum kesampaian ya mobil panci .......

Om @josephw1905, kalo liat kebutuhannya, IMHO saya menyarankan pake XJ Cherokee, 1 mobil buat 3 kebutuhan, juga sangat nyaman buat antar jemput anak sekolah, buat ke pesta juga gak malu2in, review lengkap dari master2 di sini bisa diliat di viewtopic.php?t=7022.
Cuma ya gitu deh, mobil dah 20an taun, jelas pasti ada aja dukanya, mulai oli bocor, kabel kelupas sampe keluar masuk bengkel gak keitung berapa kali dan ntah biaya nya dah berapa.

End of line, kalo disuruh milih diantara CJ7 atau FJ40, saya milih FJ40 karena gak dapat feel ama muka CJ7 yang IMO agak feminim.
keong wrote:Waah pilihan yang membingungkan karena jimny gaboleh ikutan, baru mau nyaranin katana BRI atau sj413 caribian...

Oke sekilas tentang jimny, back to topic, kalo dr dua pilihan diatas sy cenderung untuk ambil bahan fj40 dengan budget seminimal mungkin, setelah itu swap engine ke minimal 2kd diesel matic, ato klo mau lebih enak 1kz, transmisi toyota, di majalah jip saya pernah liat racikan ini berhasil dan sepertinya msh sangat nyaman dan kuat untuk sekedar main2 lumpur, cb mgkn nnti klo majalahnya ketemu sy fotokan, positifnya ambil fj adalah harga pasarannya juga sangat gelap, lebih gelap dari cj7, sehingga ni mobil pasti layak untuk disimpan atau bahkan diturunkan antar generasi...
Ouch...biar ga feminim atau cupu, ganti grillnya sama punya M38A1 on MAB😁
Klo sudah kaki2 memang lebih siap toyota. Klo axle bljang AMC20nya sdh one piece pernah googling ga jelek2 amat dibanding dana 44 atau chrysler 8.25.
Cuma GC jelek..
Klo bukan utk extrem Cj7 masih ok apalagi daily driver lebih fun bawanya dibanding FJ40..
Klo extrem terlalu banyak yg harus diupgrade..
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by firawan6275 »

billyd1773dz wrote: Wed Jul 22, 2015 9:10
josephw1905 wrote:Dear Bro MAB

Thank you buat masukkannya yang cukup detail , untuk saat ini sih keperluannya lebih kepada tiga hal dibawah ini , saat ini masih belum ada niat untuk "keracunan lebih banyak" ga tau nantinya :mky_01:

- mid offroad, maen lumpur seharian di trek dekat rumah, misalnya Poncab, BSD atau jalan-jalan Sahur Offroad
- offroad ringan atau touring atau family offroad; misalnya jalan-jalan dan camping ke Ranupane lewat Malang
- mall terrain atau classic car atau suka original atau city slicker

Untuk Jimmy dah pernah coba punya teman , rada kekecilan . Temen juga waktu awal saranin pakai Jimmy , tapi sayanya kurang tertarik.

ada masukannya , kalau mau ambil dua pilihan diatas apa aja yang harus dicek dan diperhatikan ?

Thanks
JW
klw perlunya seperti yang di atas dan kita bicara spec standar gw vote Rocky F75 rigid................... size lebih gede dari jimny, harian masih nyaman jauh lebih nyaman dri jimny dan FJ40,umur juga relatif paling muda dibanding yg lain (upto 95). cukup ganti ban 31"uda cukup wira wiri di light to mid oprut torsi mencukupi bwat bawa santai, ga alergi brebet klw miring, yg sulit klw mw upgrade ke extreme mesti pke part merk lain. Rocky F78 klw lebih banyak di aspal.... nyaman... 2nd rownya uenak... cuma durabilityny rada2...

Jimny std repot offroad nya....high center of gravity, narrow axle gampang klontang, pke ban extragrip aja sering under power, engine F10A karbu alergi dikasih miring2... harus di modifikasi lagi atau beli yang sudah dimodifikasi.. jimny jimny yang jago saya yakin sudah tidak standar minimal ratio uda di robah,karbu di modif, ratio robah juga bukan FG aja tp transfercase ganti. memang kelebihany setelah di modif berkat body ringan jd lebih lincah dibanding yg lain.

CJ7 klw mau gaya murican style AMC 258 115ps ...... stdnya lebih empuk dan jauh lebih lincah dari FJ40... masalahnya axle blkng AMC20 model twopiece dan mudah patah di gigi splinenya... solusinya ganti as roda one piece. axle dpn sih relatif minim masalah. meski tidak sekuat FJ40 tp radius putar juga jauh lebih baik enak bwat parkir dimall dan belok di hutan sempit.

FJ40 pling durable meski di tumpakiny kurang enak 2F 140ps, Bonggol axle besar sehingga ground clerace rendah, harus pakai ban 35" sedangkan taft CJ dll cukup 32"uda sama GCnya.... radius putar besar... pilih FJ40 jika durabilitas yg utama.

XJ yang paling enak,pling nyaman, handling paling mantap, paling offroad capable, paling power full, paling high maintenance............. 190ps 300Nm monoque durable 4AT, twin rigid axle, long articulation, fast steering house... ini mbl pling enak dari di pke kondangan sampai offroad extreme. bisa di modifikasi tampa cangkok merk tetangga aftermarket berlimpah ruah, kelemahanya sisi mechanical minim meski masih di bawah toyota tp di atas CJ, yg sering masalah di electricalnya yang sudah berumur, dan cukup sulit untuk mencari biang keladi masalahnya

lenloper series..... errrr..... ..... good for history tour

all in all.... itu jika lihat secara objektif.. namun orng beli mobil hobby seperti ini biasanya didasarkan rasa suka, sisi objektifnya jarang di lihat banyak yang sebodo amet dgn teknis,dan lebih milih modif untuk nutupin kekurangannya... so saran gw... pilih yg di suka aja


eniwei d mbl peliharan XJ,CJ,WJ, Taft 2 biji yg paling durable as workhorse itu taft... CJnya uda isi KZ so ya its a hybrid.. XJ lg penyakitan wiringnya, WJ weekend car bwat gaspol unleashed the V8.. wkwkww :D

imho mbl seperti ini jgn di jadikan first car atw mbl utama bwat harian.... namanya jg mbl tua pasti ada aja yg g terduga

:beer:
Klo Nissan Patrol KB atau seri 160 gmana bro? Mirip perawakan crq, kaki2 katanya ga kalah kuat sm toyota?
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by firawan6275 »

billyd1773dz wrote: Wed Jul 22, 2015 9:10
josephw1905 wrote:Dear Bro MAB

Thank you buat masukkannya yang cukup detail , untuk saat ini sih keperluannya lebih kepada tiga hal dibawah ini , saat ini masih belum ada niat untuk "keracunan lebih banyak" ga tau nantinya :mky_01:

- mid offroad, maen lumpur seharian di trek dekat rumah, misalnya Poncab, BSD atau jalan-jalan Sahur Offroad
- offroad ringan atau touring atau family offroad; misalnya jalan-jalan dan camping ke Ranupane lewat Malang
- mall terrain atau classic car atau suka original atau city slicker

Untuk Jimmy dah pernah coba punya teman , rada kekecilan . Temen juga waktu awal saranin pakai Jimmy , tapi sayanya kurang tertarik.

ada masukannya , kalau mau ambil dua pilihan diatas apa aja yang harus dicek dan diperhatikan ?

Thanks
JW
klw perlunya seperti yang di atas dan kita bicara spec standar gw vote Rocky F75 rigid................... size lebih gede dari jimny, harian masih nyaman jauh lebih nyaman dri jimny dan FJ40,umur juga relatif paling muda dibanding yg lain (upto 95). cukup ganti ban 31"uda cukup wira wiri di light to mid oprut torsi mencukupi bwat bawa santai, ga alergi brebet klw miring, yg sulit klw mw upgrade ke extreme mesti pke part merk lain. Rocky F78 klw lebih banyak di aspal.... nyaman... 2nd rownya uenak... cuma durabilityny rada2...

Jimny std repot offroad nya....high center of gravity, narrow axle gampang klontang, pke ban extragrip aja sering under power, engine F10A karbu alergi dikasih miring2... harus di modifikasi lagi atau beli yang sudah dimodifikasi.. jimny jimny yang jago saya yakin sudah tidak standar minimal ratio uda di robah,karbu di modif, ratio robah juga bukan FG aja tp transfercase ganti. memang kelebihany setelah di modif berkat body ringan jd lebih lincah dibanding yg lain.

CJ7 klw mau gaya murican style AMC 258 115ps ...... stdnya lebih empuk dan jauh lebih lincah dari FJ40... masalahnya axle blkng AMC20 model twopiece dan mudah patah di gigi splinenya... solusinya ganti as roda one piece. axle dpn sih relatif minim masalah. meski tidak sekuat FJ40 tp radius putar juga jauh lebih baik enak bwat parkir dimall dan belok di hutan sempit.

FJ40 pling durable meski di tumpakiny kurang enak 2F 140ps, Bonggol axle besar sehingga ground clerace rendah, harus pakai ban 35" sedangkan taft CJ dll cukup 32"uda sama GCnya.... radius putar besar... pilih FJ40 jika durabilitas yg utama.

XJ yang paling enak,pling nyaman, handling paling mantap, paling offroad capable, paling power full, paling high maintenance............. 190ps 300Nm monoque durable 4AT, twin rigid axle, long articulation, fast steering house... ini mbl pling enak dari di pke kondangan sampai offroad extreme. bisa di modifikasi tampa cangkok merk tetangga aftermarket berlimpah ruah, kelemahanya sisi mechanical minim meski masih di bawah toyota tp di atas CJ, yg sering masalah di electricalnya yang sudah berumur, dan cukup sulit untuk mencari biang keladi masalahnya

lenloper series..... errrr..... ..... good for history tour

all in all.... itu jika lihat secara objektif.. namun orng beli mobil hobby seperti ini biasanya didasarkan rasa suka, sisi objektifnya jarang di lihat banyak yang sebodo amet dgn teknis,dan lebih milih modif untuk nutupin kekurangannya... so saran gw... pilih yg di suka aja


eniwei d mbl peliharan XJ,CJ,WJ, Taft 2 biji yg paling durable as workhorse itu taft... CJnya uda isi KZ so ya its a hybrid.. XJ lg penyakitan wiringnya, WJ weekend car bwat gaspol unleashed the V8.. wkwkww :D

imho mbl seperti ini jgn di jadikan first car atw mbl utama bwat harian.... namanya jg mbl tua pasti ada aja yg g terduga

:beer:
F73 dan F78 GC depan payah..mudah nyangkut Bro..su pernah pake F73..masih enak F70 klo offroad
Pilihan pas kayaknya F75 ya?
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by firawan6275 »

maskopat wrote: Fri Aug 07, 2015 2:28 mumpung dedengkotnya pada muncul. mau tanya taft hiline GTL.
1. kalo swap transmisi ke metik, pake transmisi apa ya?
2. swap engine ke turbo intercooler, enaknya pake mesin apa? berikut transmisi metiknya... :big_grin:
3. kaki2 kokoh dan tetap nyaman, enaknya diapain? pengennya bisa masuk ban 33 lah max...
4. tentang issue diesel djadoel yang gak bisa suhu dingin gimana? jadi kalo lagi nge-camp di gunung, malemnya mesin dimatiin, katanya ngidupin pagi2nya susah neh. kalo crdi sudah jreng...
5. mau pasang external roll cage bagusnya di mana? termasuk roof rack..

pengen punya suv seperti pasport dakar 4x4 untuk adventure dan harian dengan total investment yang murah (< 130jt) dan cost tahunan (maintenance dan pajak) yang murah juga (< 5 jt per tahun di luar bbm) serta biaya operational yang rendah (fc > 8 km/L dalkot jakarta bbm rakyat miskin)
mesin gak perlu kenceng2 amat sih, mesin standar isuzu elf cukup lah... :big_blushing:

ada rekomendasi lain dengan kebutuhan ini?

:thanks:
Kayak punya Bro Billy lah Om
1KZT plus A340 atau AW4 plus PR wiringnya..
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Pilih Jeep CJ7 atau FJ40..

Post by ransyah1234 »

Salam kenal om...

Cj7...lebih asik liatnya
Fj40 udah biasa...ntar disangka rombongan bromo lepas lho...ahuhehe

Maaf perkara teknikal saya ga paham