Import Mobil Setir Kiri

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

nabirukun
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun May 10, 2015 16:39

Import Mobil Setir Kiri

Post by nabirukun »

Sore SMers, salam kenal..

sempat punya akun disini tapi lupa namanya, jadi bikin lagi :mky_01:


langsung ke topik.. Dalam kurun waktu dekat rencana mau ganti mobil, coba-coba searching mobil resmi yang ngga mainstream di Indonesia tapi dengan harga yang affordable (max 750jt) tapi kayanya masih kurang sreg.
Sempat tertarik dengan beberapa list mobil:
1. Subaru WRX STI
2. Mazda 6 Non-Facelift (no offense, tapi facelift 2015 headlamp nya bikin illfeel :e-snooty: )
3. Crown Royal Saloon 2007 (seken)


Beberapa minggu belakang iseng cari mobil di situs luar, dan akhirnya nemu calon mobil yang emang ngga mainstream di jalanan indo dan harganya affordable (+- $40.000), setelah menelusuri lebih dalam, dan akhirnya memberanikan diri nanya via e-mail ke salah satu sales dealer di CA, ternyata mobil itu ngga ada versi RHD (setir kanan) :e-doh: dipikir-pikir lagi ternyata masalah bukan cuma di setir aja.


Permasalahan dan Pertanyaan:
1. Sempet nanya ke salah satu kenalan yang kerja di cukai, ada Form-A dan Form-B untuk mobil impor yang masuk Indo, itu fungsinya apa?
2. Kira-Kira IU bersedia atau tidak mengurusi segala kebutuhan (kontak dengan dealer disana, import, surat-surat) sampai dikirim ke rumah dengan aman (legal)
3. Peraturan lalin di Indo, boleh ngga kita mengendarai mobil setir kiri?
4. Pajak tahunan, apakah ada perbedaan dengan mobil CKD dengan harga yang sama?
5. Berapa kira-kira biaya total (impor, pajak, bea cukai + oknum) untuk impor mobil dengan harga $40k?


Mau nanya langsung ke pihak IU tapi takut langsung diracuni sama sales nya :e-wall: , mungkin SMers bisa bantu kasih pencerahan dari permasalahan diatas, maklum saya baru pertama mau import mobil. Nuhun
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by newrubble »

beli sj bekas lsg di eropa atau US atau mana sj yg ada mobil itu

sblmnya cari tau di misi diplomatik ondo atau serikat pelajar indo ...siapa sj yg sdh minimal tinghal disana nau balik kampung for good

tanya sama yns apa mau dititip mobil sbg brg pimdahan tentu tdk bs gratis

aturan ttg brg pindahan sy pernah tulis dua x di website ini

bea masuk sbg nrg pindah wajip bayar resmi tapi jij tetap lbh murah krn tdk perlu bayar ppn-brg mewah

sy pernah dua x tolong wni urusan bgini...satu dr london RHd n satu lg dr negara yg LHD
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by newrubble »

terahir bln kmarin supir sy urus dua mobil ini ke surabaya dr kiev

yg merah tdk sampai 150juta rupiah krn th tua ex rombongan sirkus austria yg bikin tenda dpn tempat tinggal sy disini. thn tua n kata ex student itu di jkt harga nya bisa milyard kalo bekas meski sy tdk yakin

yg putih armoured b5 vw ex kroll office kiev di beli pelajar yg punya kampung di kediri.hargatdk sampai delapan puluh juta

ini bkn yg harga harga mahal krn namanya juga supir. main dia di angka angka sgini
2015-04-25-2808_Q1.jpg
2015-04-25-2805_Q1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by vp920b »

Sepengatahuan saya adalah mobil setir kiri tidak boleh masuk ke indonesia karena kita punya rules RHD only.

Kalau masuk ke indo maka masuknya sebagai mobil bodong/non-street legal car.

Contoh seperti pemilik McLaren P1, karena P1 semua setir kiri akhirnya mobil tersebut hanya bobok di sirkuit sentul tanpa plat nomer dan tidak bisa dipakai di jalanan indonesia. Nakalan sih bisa, tp ga pernah kelihatan.

So percuma juga beli mobil LHD, ga akan bisa dipakai.
nabirukun
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun May 10, 2015 16:39

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by nabirukun »

newrubble wrote:beli sj bekas lsg di eropa atau US atau mana sj yg ada mobil itu

sblmnya cari tau di misi diplomatik ondo atau serikat pelajar indo ...siapa sj yg sdh minimal tinghal disana nau balik kampung for good

tanya sama yns apa mau dititip mobil sbg brg pimdahan tentu tdk bs gratis

aturan ttg brg pindahan sy pernah tulis dua x di website ini

bea masuk sbg nrg pindah wajip bayar resmi tapi jij tetap lbh murah krn tdk perlu bayar ppn-brg mewah

sy pernah dua x tolong wni urusan bgini...satu dr london RHd n satu lg dr negara yg LHD

terahir bln kmarin supir sy urus dua mobil ini ke surabaya dr kiev

yg merah tdk sampai 150juta rupiah krn th tua ex rombongan sirkus austria yg bikin tenda dpn tempat tinggal sy disini. thn tua n kata ex student itu di jkt harga nya bisa milyard kalo bekas meski sy tdk yakin

yg putih armoured b5 vw ex kroll office kiev di beli pelajar yg punya kampung di kediri.hargatdk sampai delapan puluh juta

ini bkn yg harga harga mahal krn namanya juga supir. main dia di angka angka sgini
2015-04-25-2808_Q1.jpg
2015-04-25-2805_Q1.jpg
makasih om pencerahannya :frm_salut:

tapi masalah kalau beli used car berarti situasinya harus dibeli sama kenalan yang bisa transaksi langsung ya? masalah nya saya ngga punya kenalan yang deket buat diminta hal begitu (bcs this is not a cheap thing) + kalau beli used car di luar berarti saya juga yang ngurus segala persuratan dll, soalnya mayoritas IU ngga nerima jasa buat import used car (CMIIW) nah disitu saya takut gagal karena belum punya pengalaman sama sekali, jadi ngga kepakai sama sekali mobilnya, pengalaman om rubble ngurus persyaratan dari pelabuhan sampai terima surat-surat sulit ngga ya?



vp920b wrote:Sepengatahuan saya adalah mobil setir kiri tidak boleh masuk ke indonesia karena kita punya rules RHD only.

Kalau masuk ke indo maka masuknya sebagai mobil bodong/non-street legal car.

Contoh seperti pemilik McLaren P1, karena P1 semua setir kiri akhirnya mobil tersebut hanya bobok di sirkuit sentul tanpa plat nomer dan tidak bisa dipakai di jalanan indonesia. Nakalan sih bisa, tp ga pernah kelihatan.

So percuma juga beli mobil LHD, ga akan bisa dipakai.
hmm gitu ya om, ada undang-undang nya ngga ya? (pasal, ayat)
soalnya ada kenalan yang punya Mobil LHD (BMW entah seri berapa), dan saya pernah ngeliat waktu event salah satu komunitas mobil sport di indonesia, ada mobil pabrikan Jerman LHD, keduanya ada Nopol, jadi masih agak sangsi tentang UU lalin yang satu ini :e-think:

Untuk kasus P1 sih emang ngga habis pikir, wong itu pabrikan inggris yang notabennya RHD (walaupun LHD legal) :big_dunno:



ada yang bisa memberi pencerahan lain?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by Turboman »

@om TS :

Kalo udah mau repot2 ginian, jangan masukkin mobil yg harganya bakal jatuh boss

Sekalian masukkin aja mobil2 vintage

Konon bbrp bulan terakhir cukup banyak orang2 Indo yg masukkin mobil vintage dari luar, utamanya US made cars.....dipretelin semua & masuk sebagai "suku cadang"
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by newrubble »

yg urus bgt sampai di entry port indo ya mrk sendiri dg bernagai macam permainan has pns n birokrasi port authorities indo yg dikenal paling bersih didunia tapi intinya ahirnya mobil bisa dipakai legal trmsk satu unot w203estate nopol b-***-nnr warna silver c-220-cdi dan satu lagi 2003 vw beetle fusca ex mexico

n mrk yg urus sendiri jadi bisa sendiri next shipment

emkl dulu sy pakai hastalanggeng atau pt sario tapi check sj dulu apa masih in business krn emkl sering timbul tenggelam cepat krm tergantung pd siapa yg kuasa yg bawa mrk

aturan bisa google dgn keywords peraturan barang pindahan mobil n isinya dlm format pdf. naca dg baik trmsk related articles krn ada ttg red lane costs yg tdk disebut dlm aturan formal tapi riil ada n unavoidable

betul itu advice u vintage car yg mahal di indo tapi affordable EU spt benz w113, volvo p1800
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by poik99 »

Emgnya mobil second luar masi boleh di import? Setau gw us dri taun 2008an kalo ga sala uda ga bole masuk lagi, resminya sih ga boleh ga tau deh kalo lewat jalur yang lain

Apalagi LHD, perna liat sekali doank wkt itu kacanya bening lgi tpi jaraaaaang bgt, kayanya kalopun ada pasti illegal punya, kalo gw blg sih plg enak beli yang aman2 aja dah, 750jt jg belum bayar sini sana lagi kalo mau maen jalur belakang
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by aerotourersora »

newrubble wrote:yg urus bgt sampai di entry port indo ya mrk sendiri dg bernagai macam permainan has pns n birokrasi port authorities indo yg dikenal paling bersih didunia tapi intinya ahirnya mobil bisa dipakai legal trmsk satu unot w203estate nopol b-***-nnr warna silver c-220-cdi dan satu lagi 2003 vw beetle fusca ex mexico

n mrk yg urus sendiri jadi bisa sendiri next shipment

emkl dulu sy pakai hastalanggeng atau pt sario tapi check sj dulu apa masih in business krn emkl sering timbul tenggelam cepat krm tergantung pd siapa yg kuasa yg bawa mrk

aturan bisa google dgn keywords peraturan barang pindahan mobil n isinya dlm format pdf. naca dg baik trmsk related articles krn ada ttg red lane costs yg tdk disebut dlm aturan formal tapi riil ada n unavoidable

betul itu advice u vintage car yg mahal di indo tapi affordable EU spt benz w113, volvo p1800

B *** NNR sekarang ada di salahsatu showroom kecil dekat rumah om :mky_01:
continuously-variable
nabirukun
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun May 10, 2015 16:39

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by nabirukun »

Turboman wrote:@om TS :

Kalo udah mau repot2 ginian, jangan masukkin mobil yg harganya bakal jatuh boss

Sekalian masukkin aja mobil2 vintage

Konon bbrp bulan terakhir cukup banyak orang2 Indo yg masukkin mobil vintage dari luar, utamanya US made cars.....dipretelin semua & masuk sebagai "suku cadang"
newrubble wrote:yg urus bgt sampai di entry port indo ya mrk sendiri dg bernagai macam permainan has pns n birokrasi port authorities indo yg dikenal paling bersih didunia tapi intinya ahirnya mobil bisa dipakai legal trmsk satu unot w203estate nopol b-***-nnr warna silver c-220-cdi dan satu lagi 2003 vw beetle fusca ex mexico

n mrk yg urus sendiri jadi bisa sendiri next shipment

emkl dulu sy pakai hastalanggeng atau pt sario tapi check sj dulu apa masih in business krn emkl sering timbul tenggelam cepat krm tergantung pd siapa yg kuasa yg bawa mrk

aturan bisa google dgn keywords peraturan barang pindahan mobil n isinya dlm format pdf. naca dg baik trmsk related articles krn ada ttg red lane costs yg tdk disebut dlm aturan formal tapi riil ada n unavoidable

betul itu advice u vintage car yg mahal di indo tapi affordable EU spt benz w113, volvo p1800
Ok om NB, saya udh search di google, dapet pencerahan sedikit tentang pemindahan kendaraan bermotor

kalo semacam vintage car permasalahan di suku cadang om, ini mobil emang mau dipake sbg weekend-use, mungkin vintage car emng lebih gengsi, tapi takut sparepart susah, jadinya nganggur

saya bikin list bbrp new car yang saya sempet tanya
1. Dodge Charger R/T 2015
2. Chevy Camaro SS 2015

poik99 wrote:Emgnya mobil second luar masi boleh di import? Setau gw us dri taun 2008an kalo ga sala uda ga bole masuk lagi, resminya sih ga boleh ga tau deh kalo lewat jalur yang lain

Apalagi LHD, perna liat sekali doank wkt itu kacanya bening lgi tpi jaraaaaang bgt, kayanya kalopun ada pasti illegal punya, kalo gw blg sih plg enak beli yang aman2 aja dah, 750jt jg belum bayar sini sana lagi kalo mau maen jalur belakang
punya saran om mobil legal di indo yang ngga mainstream? prefer sedan/coupe >300hp , +-750jt
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by Turboman »

nabirukun wrote:
Ok om NB, saya udh search di google, dapet pencerahan sedikit tentang pemindahan kendaraan bermotor

kalo semacam vintage car permasalahan di suku cadang om, ini mobil emang mau dipake sbg weekend-use, mungkin vintage car emng lebih gengsi, tapi takut sparepart susah, jadinya nganggur

saya bikin list bbrp new car yang saya sempet tanya
1. Dodge Charger R/T 2015
2. Chevy Camaro SS 2015
Mantap.....

saran saya dipelajari dulu dengan seksama, jangan sampai nanti biaya yg keluar malah jadi ber X X lipat daripada beli di IU

Asal tahu aja, di masa lalu nggak sedikit IU yang gulung tikar lho.......tanya kenapa

Btw bisa start survey ke persh persh forwarder yg biasa masukkin barang2 besar, tanya ke mereka giman bisa - nggak nya

Soal masukkin barang-nya aja sih forwarder mestinya bisa, tapi untuk bisa keluar BPKB dan STNK itu adalah cerita lain yang benar2 berbeda

Lalu jangan lupa, om harus bayar TPT ke Depperindag lhooo.....supaya surat2 bisa terbit

TPT :
http://tpt-online.kemenperin.go.id/otom ... okumen.php

http://tpt-online.kemenperin.go.id/otom ... status.php

ketentuan imporrt mobil :
http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikas ... obil-impor

Impor mobil oleh perorangan hanya dimungkinkan melalui barang kedutaan besar dan tenaga ahli bangsa asing, termasuk eks duta besar RI yang telah menyelesaikan tugasnya di luar negeri. Sedangkan kendaraan yang diimpor/dibawa oleh wisatawan asing atas kendaraan tersebut harus dibawa kembali ke luar negeri
nabirukun
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun May 10, 2015 16:39

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by nabirukun »

Turboman wrote:
nabirukun wrote:
Ok om NB, saya udh search di google, dapet pencerahan sedikit tentang pemindahan kendaraan bermotor

kalo semacam vintage car permasalahan di suku cadang om, ini mobil emang mau dipake sbg weekend-use, mungkin vintage car emng lebih gengsi, tapi takut sparepart susah, jadinya nganggur

saya bikin list bbrp new car yang saya sempet tanya
1. Dodge Charger R/T 2015
2. Chevy Camaro SS 2015
Mantap.....

saran saya dipelajari dulu dengan seksama, jangan sampai nanti biaya yg keluar malah jadi ber X X lipat daripada beli di IU

Asal tahu aja, di masa lalu nggak sedikit IU yang gulung tikar lho.......tanya kenapa

Btw bisa start survey ke persh persh forwarder yg biasa masukkin barang2 besar, tanya ke mereka giman bisa - nggak nya

Soal masukkin barang-nya aja sih forwarder mestinya bisa, tapi untuk bisa keluar BPKB dan STNK itu adalah cerita lain yang benar2 berbeda

Lalu jangan lupa, om harus bayar TPT ke Depperindag lhooo.....supaya surat2 bisa terbit

TPT :
http://tpt-online.kemenperin.go.id/otom ... okumen.php

http://tpt-online.kemenperin.go.id/otom ... status.php

ketentuan imporrt mobil :
http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikas ... obil-impor

Impor mobil oleh perorangan hanya dimungkinkan melalui barang kedutaan besar dan tenaga ahli bangsa asing, termasuk eks duta besar RI yang telah menyelesaikan tugasnya di luar negeri. Sedangkan kendaraan yang diimpor/dibawa oleh wisatawan asing atas kendaraan tersebut harus dibawa kembali ke luar negeri
mantap om momod penjelasannya, jadi intinya agak mustahil ya kalau import mobil tanpa bantuan WNI di luar indo yang mau pulang / tanpa bantuan kenalan diplomat. :e-think:

terus kalau sekiranya lewat bantuan IU, pihak IU bersedia ngga ya buat urus segala kebutuhan (impor, surat-surat) jadi sampai di tangan saya sudah lengkap dan legal?
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by aspsilver »

Form A dan form b adalah bukti impor. form a untuk mobil baru

Form B setahu saya itu ex mobil kedutaan yang belum bayar bea masuk.

Waktu mau jadi bpkb harus bayar tuh bea masuknya.

Setahu saya, gak bisa impor kendaraan bekas, masuk indonesia.
KAlo baru sih ok.
PAman saya bilang kalo mau gampang sih minta bantuan IU untuk bantu prosesnya.

Soal setir kiri, rasanya sih gak ada hukumnya. Ada kawan saya yang pake koq mobil setir kiri.
Dan cerita dia, kalo ditangkap polisi adalah urusan gak pake seat belt, mobil tua, gak ada sabuk nya. Trus dilepas lagi.

Repot aja, naik setir kiri gak bisa sendirian, susah bayar parkir, bayar tol dsb.

Soal bea masuk dan pajak, itu semua ditentukan oleh Polda setempat.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by newrubble »

ada alternative lain

coba cari kenalan diplomat negara negara yg suka trima titipan para diplomat nya

srilanka, north korea, laos
dulu jaman sy di pdkindah sering liat nis skyline fourdoor biru cd-33 yg naik bukan diplomat n sempat omong omong saat golf n dia titip via satu diplomat srilanka...unit nya bekas jdm n saat sampai tjpriok odo skitar 55k km n saat dia jual ke warungbuncit-xiv (tempat yg biasa tampung ex dipl.mission fleet) odoread skitar 85k km

kalo northkorea (cd-65) tdk mau mobil mobil premium n umumnya mrk ambil ex jdm. kalo laos lbh suka mobil mobil ex EU. g-wagen biru cd-103 mrk pernah. bgt juga ml class diesel yg warna sama.

dulu diplomat nigeria juga ada yg suka spt itu tapi sdh lama tdk dengar lg. trahir cd81 itu w126 1000sel tapi itu sdh lama skali

yg bgini biasa nya tdk bs lsg bpkb hrs tggu sampai masa berlaku nopol diplomatik habis n proses ke form-b ke form-c spt layaknya mobil ex misi diplomatik...bayar pajak n bea resmi pasti

itu misi misi diplomatik yg suka bayar gaji telat n yg diplomat nya suka tinggal indekoost skitar daerah guntur atau stiabudi jkt

jadi ini bisa dibilang mainan org susah. maaf ya tapi mrk mmg bgt. sy dulu ada bbrp yg kenal n mrk suka pinjam wang krn gajian telat.

selama blm lepas plaat cd sistem nya sewa bulanan ke mrk. sy pernah buatkan perjanjian bginian. krn itu buat mrk makan. sy blm trima info apapun kalo ada yg default krn kalo mrk default juga yg rugi pasti indo-party (mrk under diplomatic immunity). jadi perjanjian cuma sbg instrument of comfort sj fihak indo
Last edited by newrubble on Tue May 12, 2015 7:21, edited 1 time in total.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by newrubble »

yg jelas apa yg sy tulis tdk pernah berdasar "seingat" ataupun "konon" maupun "dengar dengar"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by Turboman »

nabirukun wrote:
terus kalau sekiranya lewat bantuan IU, pihak IU bersedia ngga ya buat urus segala kebutuhan (impor, surat-surat) jadi sampai di tangan saya sudah lengkap dan legal?
Well ya namanya anda pesan mobil ke IU

Tentu mereka sih mau aja asal anda setuju dgn harga yg mereka tawarkan

Coba cari IU yg gak gitu rame

tapi konon yang mahal itu biaya TPT nya juga, karena TPT itu berkaitan dengan variant mobil....1 variant - 1 TPT

Kalau mau ekonomis, ajak teman2 Group Buy mobil yg sama persis / variant yg sama persis, jadi cukup bayar 1 TPT dan biaya TPT-nya dibagi rata.

Misal sekali group buy 10 unit

:big_grin:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by newrubble »

article bppk itu hanya research paper dlm rangka pendidikan sertofikasi u surveyor barang import

bkn aturan resmi

yg tulis widyaiswara ...pns pensiun yg di tempatkam sementara u hal ttt


ada aturan yg dia refer tapi sbtulnya tdk applicable krn lex specialis nya sdh ada
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by haristk7 »

Setir kiri ?

di Jakarta udah 3x liat..

- di SCBD siang2 liat Jeep Wrangler melintas..awalnya biasa aja..tapi pas diperhatiin..lha ? setir kiri..yang ambil karcis masuk parkir si penumpang sebelahnya..

- di tol JORR siang2 liat wagon klasik kisaran tahun 1970an, ntah merknya apa, gak ada kaca film, keliatan jelas setir kiri..

- di sekitar Permata Hijau, Suzuki Jimny model lama stir kiri..pas siang hari abis nemenin temen dari bengkel cat, lagi berhenti di pinggir jalan si Jimny..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by poik99 »

nabirukun wrote:
Turboman wrote:@om TS :

Kalo udah mau repot2 ginian, jangan masukkin mobil yg harganya bakal jatuh boss

Sekalian masukkin aja mobil2 vintage

Konon bbrp bulan terakhir cukup banyak orang2 Indo yg masukkin mobil vintage dari luar, utamanya US made cars.....dipretelin semua & masuk sebagai "suku cadang"
newrubble wrote:yg urus bgt sampai di entry port indo ya mrk sendiri dg bernagai macam permainan has pns n birokrasi port authorities indo yg dikenal paling bersih didunia tapi intinya ahirnya mobil bisa dipakai legal trmsk satu unot w203estate nopol b-***-nnr warna silver c-220-cdi dan satu lagi 2003 vw beetle fusca ex mexico

n mrk yg urus sendiri jadi bisa sendiri next shipment

emkl dulu sy pakai hastalanggeng atau pt sario tapi check sj dulu apa masih in business krn emkl sering timbul tenggelam cepat krm tergantung pd siapa yg kuasa yg bawa mrk

aturan bisa google dgn keywords peraturan barang pindahan mobil n isinya dlm format pdf. naca dg baik trmsk related articles krn ada ttg red lane costs yg tdk disebut dlm aturan formal tapi riil ada n unavoidable

betul itu advice u vintage car yg mahal di indo tapi affordable EU spt benz w113, volvo p1800
Ok om NB, saya udh search di google, dapet pencerahan sedikit tentang pemindahan kendaraan bermotor

kalo semacam vintage car permasalahan di suku cadang om, ini mobil emang mau dipake sbg weekend-use, mungkin vintage car emng lebih gengsi, tapi takut sparepart susah, jadinya nganggur

saya bikin list bbrp new car yang saya sempet tanya
1. Dodge Charger R/T 2015
2. Chevy Camaro SS 2015

poik99 wrote:Emgnya mobil second luar masi boleh di import? Setau gw us dri taun 2008an kalo ga sala uda ga bole masuk lagi, resminya sih ga boleh ga tau deh kalo lewat jalur yang lain

Apalagi LHD, perna liat sekali doank wkt itu kacanya bening lgi tpi jaraaaaang bgt, kayanya kalopun ada pasti illegal punya, kalo gw blg sih plg enak beli yang aman2 aja dah, 750jt jg belum bayar sini sana lagi kalo mau maen jalur belakang
punya saran om mobil legal di indo yang ngga mainstream? prefer sedan/coupe >300hp , +-750jt
Ada om, kalo cuman mentingin ga umum and bener2 jarang banget di indo sih ambil fairlady, itu mobil jarang sekali di indo saking jarangnya harganya agak ga masuk akal
Tapi ya itu mobilnya bener" jarang, kalo emang mau mobil yg ga jarang sih uda pasti itu, walaupun di luar emang banyak tapi karna di indo kan liat cc gede jdi masukny mahal yah
Maybe bisa buat pertimbangan, dapetnya sih kemungkinan yang 350z tpi sepertinya yang 370z jg nambah lagi bsa dapet
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by newrubble »

tuh pt mahator dr th2012 remake n rebrand r34 r35 nsx viper dg varbonfiber body pamels m aftermarket compo spt jaman jatayu dulu
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by newrubble »

mahator punya TPT u tiap lineup.itu jadi streetlegal. aftermarket n tuning by mine'a motorsports japan

mrk di hayamwuruk jkt

yg jadi badnews...

duit 750juta mu ...kurang byk
hogehoge2
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri May 15, 2015 7:54

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by hogehoge2 »

COba ford mustang 2015. Sudah ada original RHD nya.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by ginting »

Izin Copas PMK yang disebut oom NR, soalnya saya sdh saving di my documents.

================

MENTERI KEUANGAN
REPUBLIK INDONESIA
SALINAN
PERATURAN MENTERI KEUANGAN
NOMOR 28/PMK.04/2008
TENTANG
PEMBEBASAN BEA MASUK ATAS IMPOR BARANG PINDAHAN
MENTERI KEUANGAN,
Menimbang : a. bahwa berdasarkan pasal 25 ayat (1) huruf l Undang-Undang Nomor 10
Tahun 1995 tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006, terhadap impor barang pindahan
diberikan pembebasan bea masuk;
b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a, dan
dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 25 ayat (3), perlu menetapkan
Peraturan Menteri Keuangan tentang Pembebasan Bea Masuk Atas Impor
Barang Pindahan;
Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan (Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun 1995 Nomor 75, Tambahan Lembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 3612) sebagaimana telah diubah
dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 (Lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 93, Tambahan Lembaran Negara
Republik Indonesia Nomor 4661);
2. Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2005;
MEMUTUSKAN :
Menetapkan : PERATURAN MENTERI KEUANGAN TENTANG PEMBEBASAN
BEA MASUK ATAS IMPOR BARANG PINDAHAN.
Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri Keuangan ini yang dimaksud dengan :
1. Barang Pindahan adalah barang-barang keperluan rumah tangga milik
orang yang semula berdomisili di luar negeri, kemudian dibawa pindah
ke dalam negeri.
2. Menteri adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia.
3. Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal Bea dan Cukai.
Pasal 2
(1) Atas impor barang pindahan diberikan pembebasan bea masuk.
(2) Ketentuan pembebasan bea masuk sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
tidak berlaku terhadap barang pindahan yang dikategorikan sebagai
barang dagangan atau kendaraan bermotor.
MENTERI KEUANGAN
REPUBLIK INDONESIA
Pasal 3
Pembebasan bea masuk sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1)
diberikan kepada :
a. Pegawai Negeri Sipil, anggota Tentara Nasional Indonesia atau Polisi
Negara Republik Indonesia dengan kriteria :
1) menjalankan tugas ke luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun,
dengan atau tanpa keluarga, yang dibuktikan dengan surat keputusan
penempatan ke luar negeri dan surat keputusan penarikan kembali ke
Indonesia dari instansi yang bersangkutan;
2) menjalankan tugas belajar di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun,
dengan atau tanpa keluarga, yang dibuktikan dengan surat keterangan
belajar di luar negeri dari instansi yang bersangkutan.
b. Pelajar, mahasiswa, atau orang yang belajar di luar negeri paling singkat
1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan telah selesai
belajar.
c. Tenaga Kerja Indonesia yang ditempatkan pada perwakilan Indonesia di
luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus,
berdasarkan perjanjian kerja dengan Departemen Luar Negeri yang
dibuktikan dengan surat keterangan dari Perwakilan Republik Indonesia
tempat bekerja dan surat perjanjian kerja dengan Departemen Luar
Negeri
d. Warga negara Indonesia yang karena pekerjaannya pindah dan berdiam
di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus, yang
dibuktikan dengan surat keterangan pindah dan rincian barang yang telah
ditandasahkan oleh perwakilan Republik Indonesia di negara yang
bersangkutan.
e. Warga negara asing yang karena pekerjaannya pindah ke dalam daerah
pabean Indonesia bersama keluarganya setelah mendapatkan :
1) izin menetap sementara dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang
dibuktikan dengan Kartu Izin Menetap Sementara paling singkat 1
(satu) tahun; dan
2) izin kerja sementara dari departemen yang membidangi tenaga kerja
yang dibuktikan dengan Kartu Izin Kerja Tenaga Asing Sementara
paling singkat 1 (satu) tahun.
Pasal 4
Barang pindahan yang diimpor dan diberikan fasilitas pembebasan bea
masuk sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, harus tiba bersama-sama
pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulan sesudah atau
sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia.
MENTERI KEUANGAN
REPUBLIK INDONESIA
Pasal 5
Untuk mendapatkan pembebasan bea masuk atas barang pindahan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, pemilik barang sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 3 atau kuasanya menyampaikan Pemberitahuan
Pabean Impor ke Kantor pabean tempat pemasukan barang pindahan, dengan
melampirkan :
a. daftar rincian jumlah, jenis, dan perkiraan nilai pabean atas barang yang
dimintakan pembebasan bea masuk yang telah ditandasahkan;
b. surat keterangan dan/atau dokumen terkait sebagaimana dimaksud dalam
Pasal 3; dan
c. fotokopi paspor.
Pasal 6
Atas impor barang pindahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1),
dilakukan pemeriksaan fisik barang.
Pasal 7
Pada saat Peraturan Menteri Keuangan ini mulai berlaku, Keputusan Menteri
Keuangan Nomor 137/KMK.05/1997 tentang Pembebasan Bea Masuk Atas
Impor Barang Pindahan, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.
Pasal 8
Peraturan Menteri Keuangan ini mulai berlaku setelah 30 (tiga puluh) hari
sejak tanggal ditetapkan.
Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengumuman Peraturan
Menteri Keuangan ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik
Indonesia.
Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 11 Februari 2008
MENTERI KEUANGAN,
ttd,-
SRI MULYANI INDRAWATI
antohalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Apr 11, 2013 8:23

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by antohalim »

Oom NR dan Oom ginting,

Kalo menurut pasal 2 ayat 2 kok tertulis bahwa pembebasan bea masuk tidak berlaku untuk kendaraan bermotor.. Berarti kalo pulang bawa mobil tetap kena Bea masuk donk..

Apa saya yg salah mengerti? Tolong pencerahannya..

Johannes
User avatar
siputKW
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
Location: 2000, NSW

Re: Import Mobil Setir Kiri

Post by siputKW »

maap OOT,
makasih om NR info tentang barang pindahan dan om ginting udah copas aturan resminya.
gini, ane tertarik dengan topik ini, karena late november nanti ane ada rencana bungkus HD 500/ Kawak vulcan s di OZ pas break summer holiday bakal ane pake sampe lulus kuliah nanti, nah rencananya bakal ane bawa balik krn selisih harga yg lumayan dibanding di indo.
menurut senior2 di mari/om NR/om ginting, worth it gak sih itu barang ane bawa balik ke depannya (+-2thn lagi): cost untuk ngangkut kesini cucuk nggak dengan selisih harganya kira2? dan prediksi kedepannya apa aturan bawa barang pindahan dari luar akan tetep ada ataukah bakal dihapus? apakah prediksi kedepan birokrasi lebih mudah atau bakal rebih rumit?

klo gak woth it ya terpaksa sebelum balik ane lego itu barang nantinya.
thanks.