W124 mana yang paling tangguh?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

W124 mana yang paling tangguh?

Post by puskas »

melanjutkan thread saya 300e atau 406. saya udah memutuskan ambil 300e, udah ada yg sreg di hati, tinggal dibayar aja. selama keliling cari 300e, saya banyak ketemu seri W124 lainnya, 200e dan 230e.

sebetulnya seri mana yg paling tangguh?

tangguh versi saya sederhana, dengan pemakaian harian selama 365 hari,
- mana yang paling jarang ke bengkel?
- mana yang paling jarang minta ganti spare part?

masalah konsumsi BBM abaikan saja, bukan prioritas utama.
sebagai catatan, saya sangat telaten urusan ganti oli, cek radiator, cek busi, ac dan service rutin meski bukan ke bengkel resmi.

sangat membahagiakan jika para sesepuh yang berpengalaman sudi membagi pengetahuannya.

terima kasih.
siluman knalpot
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: W124 mana yang paling tangguh?

Post by Belphegor »

300E aja bos, setau ane isi dalemannya rata2 sama kok. Sampai detik ini, ane piara 300E thn 1991, so far ga ada masalah berarti kok meski sangat jarang dipakai, dan lagi tenaganya mantap dan masih bisa nenggak premium. Utk teknisnya, tunggu komentar dari ahlinya deh, ane cuma pengguna awam.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: W124 mana yang paling tangguh?

Post by Nightster Guy »

ralat dikit.. :mky_01: 200 bukan 200e, karena pd sistem designasi/penamaan lama (sebelum '92an), 'e' stands for 'einspritzung' alias injection.

tipe 200 = karbu, jd 'nggak berhak' nyandang huruf 'e'. 200 tok. paling tangguh? justru yg 230e dan 300e. yang 200 karbunya nyusahin (zenith pierburg). terkenal susah diservis/disetting kl udah penyakitan. beda ama solex carb di w123 karbu.
Das Beste oder nichts.
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: W124 mana yang paling tangguh?

Post by iwang »

w123 M110 pake solex 4A 4 barrel, lebih ajaib lagi serpis nya..kalau 4 cyl M115 pake pierburg/stromberg CD, pake jarum, mirip2 karburator SU di jaguar.
untuk w124 4 cyl sama 6 cyl kurang lebih sama2 kuat, tergantung budget dan kondisi namanya jg mobil tua ga ada yang bullet proof apalagi kalau pernah terabaikan..untuk 4cyl saya lebih suka M111 (E220, C180/230) untuk 6 cyl 300E M103. M104 juga enak tapi lebih rumit perawatannya dan agak mahal kalau mau perfect.
User avatar
puskas
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 320
Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28

Re: W124 mana yang paling tangguh?

Post by puskas »

udah beberapa bulan pake 300e, nyesel...kenapa nggak dari dulu. enak bangettttt... :)
siluman knalpot
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: W124 mana yang paling tangguh?

Post by AB1050 »

puskas wrote:udah beberapa bulan pake 300e, nyesel...kenapa nggak dari dulu. enak bangettttt... :)

mantab om mobilnyaa...kena brp om w124 nya???

boleh lhoo kalau mau share foto2 w124 nya..ditungguuuu :mky_02:
roller86
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu May 12, 2016 6:46

Re: W124 mana yang paling tangguh?

Post by roller86 »

setau saya semuanya oke asal dirawat dengan benar oleh pemilik sebelumnya, yang banyak kita jumpai untuk pasar asia 200,230e,300e.nah tetapi ada beberapa kemungkinan yang terdapat seri 200e,260e dengan impor atau ada pesanan yang berbeda dahulunya dengan beberapa option yang berbeda pula.untuk masalah ketangguhan yang paling worth menurut saya 300e, karna asal muasal design w124 yang saya tahu itu mesin awal adalah m103.dan setelah itu pengembangan pengembanagan.e maksudnya einsprung (semi injeksi)(ke-Jetronik).maka seri yang pakai e dibelakang lebih avaible untuk dayli driven.kalau maslah semi injeksinya rusak, mobil masih bisa jalan.saran aja kalau boleh ambil 300e tahun 88 minimal atau 93, karna dibawah tahun 88 rata rata tidak pakai abs.kalau bisa juga yang lebih mudaan dikitlah.300e juga banyak source part dan tutorial video yang dapat membantu kita memahami mobil, mulai dari rusia sampai negara lainnya banyak share ilmu mercy seri w124 300e.selamat hunting....