Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by y_anjasrana »

wahhh... kakinya badak dipake ipah? trus dia jalan pake apa donk........... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by andy1800 »

pake cula doong
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by vim »

wkwkwk, ikutan saran ya om dari penggemar mobkas hehehe :) Kalo buat saya pribadi memang setuju dengan om Andy1800 tergantung kebutuhan. Tapi kalo untuk all around termasuk dari sisi kenyamanan, harga dan safety mau nyumbang saran mobil yg saya jg pake dan jadi andalan keluarga :) Apalagi kalo bukan "Kia Sedona". Boleh baca review2nya dulu, dan sampai saat ini saya sangat puas dengan mobil ini :) :big_slap:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by g4ndalf »

Sedikit pendapat soal resale value: menurut saya nggak ada yg tau yah resale value bakal spt apa, diprediksi bisa, tapi kenyataan bisa lain, kalau harga mobil baru turun / banyak diskon gila2an - second juga pasti turun. Sebaliknya kalau harga baru naik, second juga naik. Faktor lain, produksi - semakin banyak produksinya kemungkinan harga jual second juga akan tertekan. Mobil inden lama cenderung resalenya bagus (tapi sekali lagi, siapa yg tau masa depan spt apa? bisa jadi skrg inden lama, besok2 diskon besar2an).

Anyway, saya vote r3 saja, alasan saya model paling manis - dan denger2 katanya ngirit + relatif nyaman, negatifnya ya ruang gak sebesar pesaingnya. Dan yg jelas r3 gak pasaran.... :mrgreen: Resale, sptnya akan bagus, sayang sekali blom ada maticnya.
Focus
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun Dec 16, 2012 10:03
Location: Bekasi

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by Focus »

Gw mah pilih ERTIGA, fitur lengkap komplit dahh..

Avansa?? Gak salah Bя☺‎​ klo beli yg kek gini? Tebel bodynya aja udah kaya kaleng kerupuk...dasbornya tepo, dortrimnya nora, interiornya maksa banget dibikin elegan..fitr savety nya kaga ada lagi..hadeehh...!!!

Evalia? Bя☺‎​, kalo mau angkut barang gak salah pilih evalia, Bя☺‎​ perhatiin aja pintu samping yg kecil kaya jendela nako rumah..hadeehhh ga bangett dahh...kalo ane liat2 mah udah mirip kek mobilnya yg kirim2 uang untk ATM itu tuh...eheheheh


So, lebih baik pilih ERTIGA..good banget itu mobil lengkap sama fitu dalemamnnya nyaman...elegan pula.
GOD BLEZZ U
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by jalu »

g4ndalf wrote:Sedikit pendapat soal resale value: menurut saya nggak ada yg tau yah resale value bakal spt apa, diprediksi bisa, tapi kenyataan bisa lain, kalau harga mobil baru turun / banyak diskon gila2an - second juga pasti turun. Sebaliknya kalau harga baru naik, second juga naik. Faktor lain, produksi - semakin banyak produksinya kemungkinan harga jual second juga akan tertekan. Mobil inden lama cenderung resalenya bagus (tapi sekali lagi, siapa yg tau masa depan spt apa? bisa jadi skrg inden lama, besok2 diskon besar2an).

Anyway, saya vote r3 saja, alasan saya model paling manis - dan denger2 katanya ngirit + relatif nyaman, negatifnya ya ruang gak sebesar pesaingnya. Dan yg jelas r3 gak pasaran.... :mrgreen: Resale, sptnya akan bagus, sayang sekali blom ada maticnya.
tapi kalo mengingat historis, resale value suzuki di indonesia umumnya drop lumayan, entah apakah ertiga akan bernasib sama ataukah bisa mendobrak keadaan itu, yang jelas kalo demandnya tetap tinggi ada potensi resale valuenya bs bertahan bagus
Focus wrote:Gw mah pilih ERTIGA, fitur lengkap komplit dahh..

Avansa?? Gak salah Bя☺‎​ klo beli yg kek gini? Tebel bodynya aja udah kaya kaleng kerupuk...dasbornya tepo, dortrimnya nora, interiornya maksa banget dibikin elegan..fitr savety nya kaga ada lagi..hadeehh...!!!

Evalia? Bя☺‎​, kalo mau angkut barang gak salah pilih evalia, Bя☺‎​ perhatiin aja pintu samping yg kecil kaya jendela nako rumah..hadeehhh ga bangett dahh...kalo ane liat2 mah udah mirip kek mobilnya yg kirim2 uang untk ATM itu tuh...eheheheh


So, lebih baik pilih ERTIGA..good banget itu mobil lengkap sama fitu dalemamnnya nyaman...elegan pula.
meskipun dihujat gimana2, untuk aspek practicality di kabin saya msh salut dng anavanza....banyaknya wadah2 penyimpanan didalamnya sangat cocok dng tipikal konsumen kita yang umumnya doyan bawa macam2 printilan dan perabotan2 kecil di dalem mobil,haha...

saya berharap ertiga ini bisa laris manis dan bs menjadi tantangan serius buat ana/anex....dng demikian mudah2an tam/adm mau berbenah diri dng produknya supaya lbh baik, lebih lengkap, lebih safe untuk mempertahankan hegemoninya, kalo semuanya bersaing secara kualitas produk kan konsumen juga yang diuntungkan.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
Focus
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sun Dec 16, 2012 10:03
Location: Bekasi

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by Focus »

jalu wrote:
g4ndalf wrote:Sedikit pendapat soal resale value: menurut saya nggak ada yg tau yah resale value bakal spt apa, diprediksi bisa, tapi kenyataan bisa lain, kalau harga mobil baru turun / banyak diskon gila2an - second juga pasti turun. Sebaliknya kalau harga baru naik, second juga naik. Faktor lain, produksi - semakin banyak produksinya kemungkinan harga jual second juga akan tertekan. Mobil inden lama cenderung resalenya bagus (tapi sekali lagi, siapa yg tau masa depan spt apa? bisa jadi skrg inden lama, besok2 diskon besar2an).

Anyway, saya vote r3 saja, alasan saya model paling manis - dan denger2 katanya ngirit + relatif nyaman, negatifnya ya ruang gak sebesar pesaingnya. Dan yg jelas r3 gak pasaran.... :mrgreen: Resale, sptnya akan bagus, sayang sekali blom ada maticnya.
tapi kalo mengingat historis, resale value suzuki di indonesia umumnya drop lumayan, entah apakah ertiga akan bernasib sama ataukah bisa mendobrak keadaan itu, yang jelas kalo demandnya tetap tinggi ada potensi resale valuenya bs bertahan bagus
Focus wrote:Gw mah pilih ERTIGA, fitur lengkap komplit dahh..

Avansa?? Gak salah Bя☺‎​ klo beli yg kek gini? Tebel bodynya aja udah kaya kaleng kerupuk...dasbornya tepo, dortrimnya nora, interiornya maksa banget dibikin elegan..fitr savety nya kaga ada lagi..hadeehh...!!!

Evalia? Bя☺‎​, kalo mau angkut barang gak salah pilih evalia, Bя☺‎​ perhatiin aja pintu samping yg kecil kaya jendela nako rumah..hadeehhh ga bangett dahh...kalo ane liat2 mah udah mirip kek mobilnya yg kirim2 uang untk ATM itu tuh...eheheheh


So, lebih baik pilih ERTIGA..good banget itu mobil lengkap sama fitu dalemamnnya nyaman...elegan pula.
meskipun dihujat gimana2, untuk aspek practicality di kabin saya msh salut dng anavanza....banyaknya wadah2 penyimpanan didalamnya sangat cocok dng tipikal konsumen kita yang umumnya doyan bawa macam2 printilan dan perabotan2 kecil di dalem mobil,haha...

saya berharap ertiga ini bisa laris manis dan bs menjadi tantangan serius buat ana/anex....dng demikian mudah2an tam/adm mau berbenah diri dng produknya supaya lbh baik, lebih lengkap, lebih safe untuk mempertahankan hegemoninya, kalo semuanya bersaing secara kualitas produk kan konsumen juga yang diuntungkan.
Kalo bicara masalah re-sale, gw akuin toyota lebih oke dr pada merk lain, tapi perlu inget juga kebanykan ☺яåήĞ indo melihat merk atau branded Bя☺‎​ bukan melihat kualitas. Skrng gini aja anak kecil pun yg belum tau apa² tentang mobil sdh tau apa itu Toyota. Apalagi klo skrng yg diliatnya avansa, bukan toyotanya...jadi pergeseran merk itu Ųϑάђ komplikated dibandingankan dgn Tipe dari merk itu. Skrng kalo gw bandingkan avansa, xenia..jauh sy lebih memilih ertiga dibandingkan merk itu. Krna gw melihat dr fitur ϑa̐ñ teknologi ϑa̐ñ savtey, bukan dgn merk. Walapun after sales ϑa̐ñ resale suzuki memang alamin penurunan kurang lebihnya 20-15% per thunnya (tergantung kondisi). Kenapa avansa masih tinggi? Yah kembali lagi, krna branded nya lah yg punya nama bukan dr kualitas ϑa̐ñ performa mesinnya yg diliat.
GOD BLEZZ U
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by bejosupangat »

Ikut gabung.

Sebetulnya, semuanya kembali kepada kebutuhan masing-masing.
Karena ketiga mobil memiliki spesialisasi yang berbeda-beda.

Izinkan saya coba ulas berdasarkan beberapa parameter sbb :

1. DESAIN

Evalia --> box - bonnet MPV
Keunggulan Evalia jelas ada pada kapasitas kabin yang sangat besar. Bahkan ukurannya similar dengan kelas medium MPV seperti Serena atau NAV1.
Hal ini karena memang pada dasarnya, MPV boxy dengan desain kotak sempurna memang ditujukan supaya kapasitas kabin dapat maksimal.
Dari sini, dapat diambil kesimpulan bahwa box - bonnet MPV memang difokuskan untuk fungsionalitas nya ketimbang tampilan visual nya.
Apabila anda membutuhkan sebuah mobil yang memiliki kapasitas kabin besar untuk membawa 7-8 orang dewasa denngan nyaman, Evalia merupakan satu-satunya pilihan dengan bonnet (mesin di depan).
Konstruksi monokok Evalia memungkinkan Evalia memiliki lantai yang rendah dan flat, sehingga penumpang dapat duduk dengan nyaman, tanpa kaki dan lututnya tertekuk secara berlebihan.

Avanza --> compact MPV with hybrid platform (semi-monokok)
Keunggulan Avanza adalah ia memiliki paduan antara kenyamanan mobil monokok pada bagian depan, dan kekuatan mobil ladder-frame pada bagian belakang. Karena konstruksi body yang hybrid (semi-monokok). Pada bagian depan, pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman. Namun pada bagian belakang, penumpang akan merasa memantul guncangannya, karena sub-frame (sebagai rangka terpisah di bagian belakang) akan melemparkan body ke arah atas manakala mobil melewati guncangan (isitilahnya "unsprung weight")
Ini yang selama ini menjadi keluhan user Avanza-Xenia, dimana mobil terasa memantul di bagian belakang, tetapi di depan nyaman-nyaman saja.
Keunggulan dari konstruksi semi-monokok seperti ini adalah bagian belakang mobil lebih kuat dalam menghela bobot dan beban mobil (di mana kita ketahui, seluruh beban mobil akan bertambah dan tertumpu di bagian belakang)
Apabila anda membutuhkan mobil untuk membawa 5 penumpang (dengan tambahan 2 penumpang apabila diperlukan), maka Avanza / Xenia dapat menjadi pilihan.

ERTIGA --> compact MPV with hatchback platform
Ertiga memiliki konsep desain yang sama seperti Grand Livina dan Freed, yaitu berbasis dari hahtchback kemudian jarak sumbu roda dipanjangkan. (Swift -> Ertiga, Livina XR -> Grand Livina, Jazz -> Freed)
Desain seperti ini menjadikan mengemudi Ertiga terasa seperti mengemudikan mobil sedan / hatchback pada umumnya (tidak ada perasaan bahwa ia sedang membawa Van seperti Evalia, maupun seperti sedang membawa mobil jip seperti Avanza).
Keseluruhan baik pengemudi maupun penumpang dapat merasakan tingkat kenyamanan yang sama, karena konstruksi monokok sejati membuat sifat mobil dalam menerima guncangan jalan menjadi "sprung weight" (bodi mobil memberikan tekanan ke jalan)
Kelemahannya adalah pada kapasitas kabin yang lebih sempit daripada Evalia maupun Avanza.
Tetapi sekali lagi, apabila kebutuhan anda tidak terlalu mengharuskan anda memiliki mobil dengan kapasitas kabin yang superior, maka Ertiga bisa menjadi pilihan.
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by bejosupangat »

2. KONSTRUKSI PENGGERAK

EVALIA & ERTIGA
Kedua mobil sama-sama menggunakan konfigurasi mesin depan - penggerak roda depan (FWD).
Konfigurasi ini memberikan sifat "menarik beban".
Konfigurasi seperti ini lazim digunakan pada mobil kompak, karena desainnya memungkinkan komponen penggerak dapat disederhanakan, guna memangkas bobot berlebih pada mobil. Selain itu, konfigurasi FWD memungkinkan maksimalisasi ruang kabin, serta desain lantai yang rata.
Perawatan pada mobil FWD juga lebih simpel, karena sistem penggerak yang lebih sederhana dan tidak memerlukan perawatan rutin.
Kelemahan mobil dengan konfigurasi FWD adalah pada performa jalan menanjak, dimana ia akan kalah dalam hal performa menanjak dibandingkan mobil dengan penggerak roda belakang (RWD). Hal ini terjadi karena pada kondisi jalan menanjak (gradual), mobil FWD cenderung akan berkurang traksi pada roda depan karena bobot / beban mobil akan berpindah ke belakang karena gaya inersia gradual. Ini sebetulnya bukan merupakan kelemahan, namun ini adalah sifat.
Dalam hal sifat pengendalian, mobil FWD cenderung understeer. Itu sebabnya mobil FWD tidak terlalu populer digunakan dalam balap sirkuit (track race), karena sifat understeer akan menyebabkan mobil melebar pada saat tikungan.
Jadi, apabila aktivitas mengemudi anda sehari-hari tidak menuntut anda menghadapi banyak tanjakan yang terjal, Evalia maupun Ertiga bisa menjadi pilihan.

AVANZA
Avanza memiliki konfigurasi mesin depan - penggerak roda belakang (RWD).
Konfigurasi seperti ini memiliki keunggulan pada jalan yang menanjak, karena beban & bobot mobil yang berpindah ke bagian belakang mobil justru akan memperkuat traksi roda belakang dalam mencengkram permukaan jalan. Konfigurasi seperti ini juga memungkinkan komponen pada roda depan memiliki umur yang lebih panjang, karena tidak terdapat komponen penggerak (hanya komponen suspensi dan kemudi). Maka dari itu, konfigurasi RWD sering ditemukan pada mobil-mobil niaga dan SUV.
Kelemahan konfigurasi RWD adalah ia membutuhkan perawatan rutin (contoh : oli diferensial, as-kopel, dll). Ia juga menyebabkan desain lantai pada kabin menjadi sedikit terangkat dan berbukit di tengah, guna jalan propeller shaft.
Dalam hal pengendalan, mobil RWD cenderung oversteer. Itu sebabnya mobil FWD populer digunakan untuk balap sirkuit (track race), karena sifat oversteer menyebabkan mobil dapat "memotong tikungan" dengan cara "sliding" / drift. Namun hal ini sangat tidak direkomendasikan dilakukan pada mobil RWD dengan titik gravitasi yang tinggi (seperti MPV, SUV, Van), karena memiliki resiko yang tinggi untuk mobil menjadi hilang kendali dan terbalik.

Jadi, apabila anda sering menghadapi tanjakan terjal pada rute berkendara anda sehari-hari, Avanza adalah pilihan yang sesuai. Namun bila rute berkendara anda sehari-hari pada jalan yang normal, maka Evalia dan Ertiga bisa menjadi pilihan anda.
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by bejosupangat »

3. MESIN

EVALIA
Evalia dilengkapi dengan mesin HR15DE 2nd Generation, 1500 cc DOHC dengan Dual-CVTC dan Dual-Injector.
Mesin yang digunakan sama seperti dengan Nissan Juke, dengan penyesuaian pada kurva tenaga dan torsi guna menyeimbangakan dengan bobot Evalia yang lebih besar.
Teknologi katup variabel pada katup masuk dan keluar (Dual-CVTC) pada Evalia menjadikan efisiensi BBM dan proses pembakaran menjadi lebih baik, sekaligus menghasilkan emisi yang lebih rendah.
Sedangkan teknologi Dual-Injector, menjadikan campuran BBM dengan udara menjadi lebih padat dan merata, sehingga proses pembakaran menjadi semakin sempurna.

AVANZA & ERTIGA
Avanza & Ertiga sama-sama menggunakan mesin dengan mekanisme katup variabel (VVTi dan VVT), pada katup masuk.

Avanza memberikan pilihan antara mesin K3VE 1300 cc DOHC dan 3SZ-VE 1500 cc DOHC.
Ertiga memiliki mesin K14B 1400 cc DOHC.

Ketiga mobil sama-sama menggunakan sistem Drive-by-Wire.
Ketiga mobil sama-sama memiliki mesin yang tidak terbebani oleh pompa power steering, karena ketiganya menggunakan sistem Electric Power Steering.
Ketiga mobil menghasilkan performa mesin yang hampir sama. Sedikit keunggulan terdapat pada Evalia dengan Dual-CVTC dan Dual-Injector nya.

Jadi, apabila teknologi mesin menjadi faktor pertimbangan yang penting, Evalia adalah pilihan anda. Namun apabila tekonologi mesin tidak terlalu dipusingkan, maka Avanza dan Ertiga bisa menjadi pilihan.


4. TRANSMISI
EVALIA & AVANZA
Baik Evalia dan Avanza, keduanya dilengkapi dengan pilihan transmisi 5-speed manual maupun 4-speed automatic.

ERTIGA
Ertiga hanya dilengkapi dengan transmisi 5-speed manual.

Jadi, apabila anda menginginkan mobil dengan transmisi automatic, maka Ertiga jelas tidak memenuhi syarat. Anda dapat memilih antara Evalia maupun Avanza.


5. SAFETY
EVALIA
Pada Evalia tipe 1.5 S, fitur safety aktif yang disediakan adalah : Zone Body Concept, Side Impact Beam, 7 Safety Belt with ELR and Pre-Tensioner
Pada Evalia tipe 1.5 SV, ditambahkan fitur safety aktif berupa ABS-EBD-BA.
Pada Evalia tipe 1.5 XV, ditambahkan fitur safety pasif berupa single SRS-Airbag (driver) dan Rear Parking Camera.

AVANZA
Pada Avanza 1.3, fitur safety aktif yang disediakan adalah GOA-Body, 7 Safety Belt with ELR.
Pada Avanza 1.5, ditambahkan fitur aktif berupa ABS.

ERTIGA
Pada Ertiga GA dan GL, fitur safety aktif yang disediakan adalah Suzuki Impact Safety Zone, Side Impact Beam, 7 Safety Belt with ELR.
Pada Ertiga GX, ditambahkan fitur safety aktif berupa ABS-EBD-BA, dan fitur safety pasif berupa Dual SRS-Airbag.

Jadi, apabila fitur keselamatan tidak terlalu menjadi kriteria penting dalam memilih kendaraan, Avanza dapat menjadi pilihan anda.
Namun apabila fitur keselamatan menjadi kriteria penting, maka Evalia dan Ertiga dapat menjadi pilihan anda.
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by bejosupangat »

KESIMPULAN

Sebetulnya, perbandingan antara Evalia vs Avanza vs Ertiga menurut saya kurang ideal.
Karena ketiganya punya karakter yang spesial.

EVALIA sebagai boxy-bonnet MPV, sebetulnya memiliki segmen yang tersendiri. Yaitu mereka yang membutuhkan mobil boxy denngan kapasitas kabin yang luas, namun mesin terletak di depan.
(atas dasar itu, Evalia juga tidak bisa dikomparasi dengan Luxio maupun APV)
Evalia punya konsep desain yang sama seperti Hyundai H-1, VW Transporter, Mercedes-Benz Viano, Ford Transit, dsb.

AVANZA/XENIA juga memiliki segmen yang tersendiri, yaitu mereka yang membutuhkan MPV berukuran kompak, dengan kemampuan jelajah dan impresi mengemudi mendekati sebuah SUV (karena ground clearance yang tinggi dan konfigurasi RWD)
(atas dasar itu, Avanza/Xenia juga tidak bisa dikomparasi dengan Grand Livina, Ertiga, dll)
Avanza/Xenia di kelas ini tidak memiliki kompetitor.

ERTIGA memiliki segmen dengan kompetitor yang cukup gemuk, yaitu mereka yang membutuhkan mobil yang dikendarai senyaman sedan, namun bisa mengangkut 7 orang penumpang.
(Ertiga memiliki kompetior yaitu Nissan Grand Livina, Honda Freed, Chervolet Spin yang akan keluar tahun ini)



Jadi, kesimpulan sebaiknya didasarkan atas skala prioritas.

Apabila skala prioritas anda sbb :
1. fungsional & kabin extra luas
2. fitur lengkap & teknologi modern
3. safety
Maka, pilihan anda adalah EVALIA, terutama tipe 1.5 XV.

Apabila skala prioritas anda sbb :
1. stylish
2. daya jelajah baik
3. jaringan dealer, lebih liquid untuk dijual
Maka, pilihan anda adalah AVANZA.

Apabila skala prioritas anda sbb :
1. nyaman seperti sedan.
2. dimensi mobil kompak & user-friendly
3. safety
Maka, pilihan anda adalah ERTIGA.


Alternatif :
1. Nissan Grand Livina --> sama seperti Ertiga, hanya dimensi lebih panjang.
2. Proton Exora --> nyaman, safety, teknologi cukup baik. namun terkendala brand image yang kurang familiar dan jaringan yang belum luas.
3. Honda Freed --> sama seperti Ertiga, hanya harga yang agak tinggi.
4. Toyota Kijang Innova --> truck-based MPV, memiliki rangka yang sama dengan Hilux dan Fortuner. Harga cukup mahal dan konsumsi BBM kerap menjadi momok.


Selamat memilih mobil. :)
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by madcat015 »

Om bejo, bukannya dari 3 kontestan ini, yg basisnya benar2 mobil niaga adalah Evalia ya? Ane pernah baca di trit kalo basis nya Evalia itu NV200. Mobil van murni.

Menurut ane, tuh mobil ga layak dijadikan people carrier. Tapi rigiditas chassis dan lantai serta volume kargo kemungkinan superior dibandingkan Ertiga - Avanza.

Sementara basis Ertiga kalo dari Swift, maka dia bagai hatchback baru keluar dari mak Erot. Handling oke, tapi terkendala volume kabin spt penjelasan om bejo.

Menyisakan Avanza sebagai kontestan paling jelas dan transparan sebagai compact MPV dengan hybrid monokoknya.

Apa benar pemikiran nubi ini om bejo?

*ane ga ada rencana memilih salah satu dari 3 kontestan ini, baru beli sepupu jauh nya Ertiga* :P *tapi tertarik penjelasan om bejo* :D
Obey the mahakitteh. :big_cat:
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by bejosupangat »

madcat015 wrote:Om bejo, bukannya dari 3 kontestan ini, yg basisnya benar2 mobil niaga adalah Evalia ya? Ane pernah baca di trit kalo basis nya Evalia itu NV200. Mobil van murni.

Menurut ane, tuh mobil ga layak dijadikan people carrier. Tapi rigiditas chassis dan lantai serta volume kargo kemungkinan superior dibandingkan Ertiga - Avanza.

Sementara basis Ertiga kalo dari Swift, maka dia bagai hatchback baru keluar dari mak Erot. Handling oke, tapi terkendala volume kabin spt penjelasan om bejo.

Menyisakan Avanza sebagai kontestan paling jelas dan transparan sebagai compact MPV dengan hybrid monokoknya.

Apa benar pemikiran nubi ini om bejo?

*ane ga ada rencana memilih salah satu dari 3 kontestan ini, baru beli sepupu jauh nya Ertiga* :P *tapi tertarik penjelasan om bejo* :D
Betul sekali oom.
Dari ketiga kontestan, yang memang dari lahir diciptakan memang untuk basis mobil niaga adalah Evalia.
Atau lebih familiar dengan istilah NV200.

Pada dasarnya, disebut MPV / People Carrier karena mobil2 ini juga bisa digunakan untuk mengangkut penumpang.
Selama ini, seperti ada pemahaman yang masih belum jelas tentang kategori MPV / People Carrier.

Jadi untuk mempermudah klasifikasi, MPV dibagi menjadi 2 jenis :

1. MPV yang didesain untuk barang, namun bisa mengangkut penumpang (contoh Evalia, Innova, Luxio, Gran Max, Caravelle, Transporter, V-Class, H-1, dll) --> biasanya van-based (Evalia, H-1, Transporter, V-Class) maupun truck-based (Innova, Luxio, APV)
Tampilan : kotak.

2. MPV yang didesain untuk penumpang, namun bisa mengangkut barang (contoh Grand Livina, Avanza/Xenia, Exora, Ertiga, Touran, dll)
--> biasanya saloon / hatchback based.
Tampilan : proporsional seperti layaknya hatchback.

Nah, tinggal dikembalikan lagi ke kebutuhan utamanya.
Bila kebutuhan penumpang dan tampilan mobil lebih difokuskan --> ambil mobil kategori 2.
Namun bila fungsionalitas kabin lebih difokuskan --> ambil mobil kategori 1.


Mengenai Avanza/Xenia, memang mobil ini didesain & dikembangkan untuk jadi "tengah-tengah" antara MPV kategori 1 dengan kategori 2.
*Fungsionalitas : MPV 1 > Avanza > MPV 2
*Kenyamanan : MPV 1 < Avanza < MPV 2
*Styling : MPV 1 < Avanza < MPV 2
*Durabilitas : MPV 1 < Avanza < MPV 2
*Pengendalian : MPV 2 > Avanza > MPV 1
*Performa : MPV 2 > Avanza > MPV 1
*Dimensi : MPV 1 > Avanza > MPV 2
Tapi kalau resale value & likuiditas : Avanza > MPV 1 > MPV 2 :)

Akhirnya, hati nurani dan selera individu juga lah yang memutuskan.
Hal ini yang membuat market MPV di Indonesia sangat rumit sekaligus menjanjikan.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by y_anjasrana »

ini jelas hasil riset bertahun2 ya om.. dgn spek seperti ini ga heran bisa 8 tahun berturut2 menjadi nomer satu di Indonesia.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by madcat015 »

Atau market indonesia yang gemar dengan kompensasi di tengah2 seperti deskripsi Avanza yg dibuat om bejo... :)

Atau..., Toyota-Daihatsu uda tau hal beginian dari sejarah Toyota Kijang Kapsul nya yang oke punya. :D makanya sanggup bikin resep yang disukai sebagian besar pemilik mobil.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by y_anjasrana »

klu memang terbukti sukses knp ga ada produsen yg brani head to head ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by y_anjasrana »

udah resmi tuh ertiga ac double blower. iklannya gede bgt di kompas hari ini.....

:mky_02: :mky_02: :mky_02:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by madcat015 »

y_anjasrana wrote:udah resmi tuh ertiga ac double blower. iklannya gede bgt di kompas hari ini.....

:mky_02: :mky_02: :mky_02:
Nah, mulai head to head kayaknya. Pagi ini ane lewat tol Surabaya-Gempol. Banyak banget Ertiga plat baru keliaran. Rata2 warna putih.

Tinggal keluarin versi matik, sip sudah. Ada penantang hegemoni duo maut... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by y_anjasrana »

mungkin indomobil kmrn2 tes respon pasar dulu. dgn single blower aja lgsg sukses menggusur gl. dgn dobel blower hrsnya bisa meninggalkan ipah. apalagi klu matic. minimal bisa mendekati duet maut, raja 8 taun.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

Focus wrote:Gw mah pilih ERTIGA, fitur lengkap komplit dahh..

Avansa?? Gak salah Bя☺‎​ klo beli yg kek gini? Tebel bodynya aja udah kaya kaleng kerupuk...dasbornya tepo, dortrimnya nora, interiornya maksa banget dibikin elegan..fitr savety nya kaga ada lagi..hadeehh...!!!

Evalia? Bя☺‎​, kalo mau angkut barang gak salah pilih evalia, Bя☺‎​ perhatiin aja pintu samping yg kecil kaya jendela nako rumah..hadeehhh ga bangett dahh...kalo ane liat2 mah udah mirip kek mobilnya yg kirim2 uang untk ATM itu tuh...eheheheh


So, lebih baik pilih ERTIGA..good banget itu mobil lengkap sama fitu dalemamnnya nyaman...elegan pula.
Semua itu ada plus minusnya. Yang terbukti paling cocok dengan selera pasar Indonesia, ya bisa dilihat siapa yang paling unggul terjual kan..?

Oia, body kaleng krupuk? Mindsetnya masih mobil lemari besi yah?
Terkesan kaleng karena memang pintu pintunya tanpa peredam mas. Situ dah coba cari tau avanza xenia yang sudah full peredam pa blom? :mrgreen:

Interior, saya masih pegang All new Avanza dibanding Ertiga. Dari All New Avanza, yang saya PALING ngga demen, adalah ketiadaan penunjuk suhu model jarum. Adanya hanya model lampu. Sorry, untuk hal ini, gue masih lebih demen meter cluster Avanza sebelumnya, yang komplit model jarum untuk bensin dan suhu. Jadul? Sebodo amat. :mrgreen:
MID di Ertiga? Ngga terbiasa aja sih pakai model MID MID-an. Ngga terlalu penting lah. Yang terpenting itu yaa yang sudah ada di Avanza vvt-i. Paling2 yang bikin gondok hanyalah lampu indikator pintu terbuka engga diaktifin. pelit. :wkkk:

Fitur safety nggada di avanza? Untuk saat ini, mungkin memang belum komplit ya. Mungkin nanti dengan adanya pesaing yang lebih baik, itu lampu indikator airbag di dasbor Avanza bakal difungsikan... :mrgreen:

Toh yang terpenting bukan fitur safety bejibun, tapi ketaatan untuk menggunakan safety belt itu lah yang paling tinggi prioritasnya. Mau fitur safety sepenuh gudang emas pun, kalau driver dan seluruh penumpangnya engga pakai safetybelt, sorry to say ya, b*llsh*t aja deh.
Saya sudah pernah kecelakaan pakai avanza, tapi berkat tolong Tuhan melalui safety belt, saya selamat, hanya sedikit pegal2 aja di leher.

Anda..?
:mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by dream_theater »

VanzMatic wrote:
Focus wrote:Gw mah pilih ERTIGA, fitur lengkap komplit dahh..

Avansa?? Gak salah Bя☺‎​ klo beli yg kek gini? Tebel bodynya aja udah kaya kaleng kerupuk...dasbornya tepo, dortrimnya nora, interiornya maksa banget dibikin elegan..fitr savety nya kaga ada lagi..hadeehh...!!!

Evalia? Bя☺‎​, kalo mau angkut barang gak salah pilih evalia, Bя☺‎​ perhatiin aja pintu samping yg kecil kaya jendela nako rumah..hadeehhh ga bangett dahh...kalo ane liat2 mah udah mirip kek mobilnya yg kirim2 uang untk ATM itu tuh...eheheheh


So, lebih baik pilih ERTIGA..good banget itu mobil lengkap sama fitu dalemamnnya nyaman...elegan pula.
Semua itu ada plus minusnya. Yang terbukti paling cocok dengan selera pasar Indonesia, ya bisa dilihat siapa yang paling unggul terjual kan..?

Oia, body kaleng krupuk? Mindsetnya masih mobil lemari besi yah?
Terkesan kaleng karena memang pintu pintunya tanpa peredam mas. Situ dah coba cari tau avanza xenia yang sudah full peredam pa blom? :mrgreen:

Interior, saya masih pegang All new Avanza dibanding Ertiga. Dari All New Avanza, yang saya PALING ngga demen, adalah ketiadaan penunjuk suhu model jarum. Adanya hanya model lampu. Sorry, untuk hal ini, gue masih lebih demen meter cluster Avanza sebelumnya, yang komplit model jarum untuk bensin dan suhu. Jadul? Sebodo amat. :mrgreen:
MID di Ertiga? Ngga terbiasa aja sih pakai model MID MID-an. Ngga terlalu penting lah. Yang terpenting itu yaa yang sudah ada di Avanza vvt-i. Paling2 yang bikin gondok hanyalah lampu indikator pintu terbuka engga diaktifin. pelit. :wkkk:

Fitur safety nggada di avanza? Untuk saat ini, mungkin memang belum komplit ya. Mungkin nanti dengan adanya pesaing yang lebih baik, itu lampu indikator airbag di dasbor Avanza bakal difungsikan... :mrgreen:

Toh yang terpenting bukan fitur safety bejibun, tapi ketaatan untuk menggunakan safety belt itu lah yang paling tinggi prioritasnya. Mau fitur safety sepenuh gudang emas pun, kalau driver dan seluruh penumpangnya engga pakai safetybelt, sorry to say ya, b*llsh*t aja deh.
Saya sudah pernah kecelakaan pakai avanza, tapi berkat tolong Tuhan melalui safety belt, saya selamat, hanya sedikit pegal2 aja di leher.

Anda..?
:mrgreen:
om vanzmatic kecelakaannya kapan? Kayak gimana kejadiannya?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

dream_theater wrote: om vanzmatic kecelakaannya kapan? Kayak gimana kejadiannya?
Bulan September/Oktober kemarin, om..

Tabrakan beruntun, gegara Innova telat ngerem, gedubrak deh ke saya, en mobil saya sampai kedorong sundul GranMax di depan. Padahal mobil sudah berhenti total dan tarik handbrake.
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by madcat015 »

VanzMatic wrote:
Focus wrote:Gw mah pilih ERTIGA, fitur lengkap komplit dahh..

Avansa?? Gak salah Bя☺‎​ klo beli yg kek gini? Tebel bodynya aja udah kaya kaleng kerupuk...dasbornya tepo, dortrimnya nora, interiornya maksa banget dibikin elegan..fitr savety nya kaga ada lagi..hadeehh...!!!

Evalia? Bя☺‎​, kalo mau angkut barang gak salah pilih evalia, Bя☺‎​ perhatiin aja pintu samping yg kecil kaya jendela nako rumah..hadeehhh ga bangett dahh...kalo ane liat2 mah udah mirip kek mobilnya yg kirim2 uang untk ATM itu tuh...eheheheh


So, lebih baik pilih ERTIGA..good banget itu mobil lengkap sama fitu dalemamnnya nyaman...elegan pula.
Semua itu ada plus minusnya. Yang terbukti paling cocok dengan selera pasar Indonesia, ya bisa dilihat siapa yang paling unggul terjual kan..?

Oia, body kaleng krupuk? Mindsetnya masih mobil lemari besi yah?
Terkesan kaleng karena memang pintu pintunya tanpa peredam mas. Situ dah coba cari tau avanza xenia yang sudah full peredam pa blom? :mrgreen:

Interior, saya masih pegang All new Avanza dibanding Ertiga. Dari All New Avanza, yang saya PALING ngga demen, adalah ketiadaan penunjuk suhu model jarum. Adanya hanya model lampu. Sorry, untuk hal ini, gue masih lebih demen meter cluster Avanza sebelumnya, yang komplit model jarum untuk bensin dan suhu. Jadul? Sebodo amat. :mrgreen:
MID di Ertiga? Ngga terbiasa aja sih pakai model MID MID-an. Ngga terlalu penting lah. Yang terpenting itu yaa yang sudah ada di Avanza vvt-i. Paling2 yang bikin gondok hanyalah lampu indikator pintu terbuka engga diaktifin. pelit. :wkkk:

Fitur safety nggada di avanza? Untuk saat ini, mungkin memang belum komplit ya. Mungkin nanti dengan adanya pesaing yang lebih baik, itu lampu indikator airbag di dasbor Avanza bakal difungsikan... :mrgreen:

Toh yang terpenting bukan fitur safety bejibun, tapi ketaatan untuk menggunakan safety belt itu lah yang paling tinggi prioritasnya. Mau fitur safety sepenuh gudang emas pun, kalau driver dan seluruh penumpangnya engga pakai safetybelt, sorry to say ya, b*llsh*t aja deh.
Saya sudah pernah kecelakaan pakai avanza, tapi berkat tolong Tuhan melalui safety belt, saya selamat, hanya sedikit pegal2 aja di leher.

Anda..?
:mrgreen:
Ane pernah ditabrak motor dari belakang waktu pake Avanza kantor bulan Maret 2010. Pintu belakang langsung crumpled, bumper copot, baut2 pengikat lepas, motor yang nabrak hancur depannya, plat nomor belakang copot, lampu kanan belakang hancur, panel interior melesak ke dalam. Ane langsung bengong, dihajar sepeda motor aja gini, apalg mobil lain? :off_no:

Meme ane pernah dihajar dari samping oleh truk Kepala Kuning pake Honda CityZ SX8 ane bulan Oktober 2008. As depan patah, tie rod remuk, spion depan patah, fender depan langsung mode crumpled zone, kaca ga ada yang pecah, panel pintu kanan baik2 saja. Dengan kondisi gitu aja masih bisa jalan 14km untuk pulang ke rumah. Langsung ane panggil truk derek.

Waktu ane masukin bengkel, ane baru tau, meskipun tuh boil ringan (990an kg), tapi body nya mantab dan chassis oke. Memang rada tebel sih kulit nya. Chassis masih oke, cuman pintu depan geser dikit akibat tumbukan.

Bulan Maret 2008 sebelumnya, tuh CityZ di tumbuk sama Ispan. Posisi ane dalam keadaan berhenti, rem kaki + tangan. Bumper baik2 aja cuman lecet dan bolt copot, chassis juga oke. That's the car that saves me and my sister, Honda CityZ.

Ane juga punya Avanza G 2010, tapi banyakan ngendon di garasi. Yang sering keluar CityZ, SX-4, sama M8. Keluarga ane lebih prefer 3 mobil itu untuk ngluyur ke mana2. :mrgreen:

IMHO, perkara kecelakaan, siapapun bisa mengalami (ane juga sudah mengalami). Tapi selain faktor keberuntungan, ane rasa, faktor mobil juga mengambil peran.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by VanzMatic »

madcat015 wrote:
Ane pernah ditabrak motor dari belakang waktu pake Avanza kantor bulan Maret 2010. Pintu belakang langsung crumpled, bumper copot, baut2 pengikat lepas, motor yang nabrak hancur depannya, plat nomor belakang copot, lampu kanan belakang hancur, panel interior melesak ke dalam.

Meme ane pernah dihajar dari samping oleh truk Kepala Kuning pake Honda CityZ SX8 ane bulan Oktober 2008. As depan patah, tie rod remuk, spion depan patah, fender depan langsung mode crumpled zone, kaca ga ada yang pecah, panel pintu kanan baik2 saja. Dengan kondisi gitu aja masih bisa jalan 14km untuk pulang ke rumah. Langsung ane panggil truk derek.

Waktu ane masukin bengkel, ane baru tau, meskipun tuh boil ringan (990an kg), tapi body nya mantab dan chassis oke. Memang rada tebel sih kulit nya. Chassis masih oke, cuman pintu depan geser dikit akibat tumbukan.

Bulan Maret 2008 sebelumnya, tuh CityZ di tumbuk sama Ispan. Posisi ane dalam keadaan berhenti, rem kaki + tangan. Bumper baik2 aja cuman lecet dan bolt copot, chassis juga oke. That's the car that saves me and my sister, Honda CityZ.

Ane juga punya Avanza G 2010, tapi banyakan ngendon di garasi. Yang sering keluar CityZ, SX-4, sama M8. Keluarga ane lebih prefer 3 mobil itu untuk ngluyur ke mana2. :mrgreen:
Yap, my Avanza, also the car that saves me...karena memang the only one.. :mrgreen: :mky_01:

Untuk mobil2 buatan 2000-an and up, kualitas pembuatan, bukan terlihat dari seberapa parah kerusakan akibat impact, tapi seberapa aman penumpang di dalamnya. No matter how keriting your car would be, it's all about how safe you are inside.

Kalau sebuah mobil itu jadi hancur, bukan berarti mutunya mutu kacangan. Mungkin saja memang tumbukannya keras dan gaya inersia yang terjadi begitu besar (baik gaya searah maupun lawan arah), sehingga bisa meluluhlantakkan bonnet. Tapi kalau penumpang selamat (dengan memakai safety belt tentunya), tetap ratingnya bagus.

Rating keselamatan, bukan dari bunyi kayak kaleng atau engga nya saat diketok pakai tangan.. :mrgreen: Tapi dari seberapa aman kah kabin saat benturan terjadi?


Oia, jadi keinget kasus, ada beberapa merk mobil (atau mungkin semua? Dunno..), yang pemicu (trigger) mengembangnya airbag, salah satunya, adalah dipakainya seatbelt atau tidak.
So, bila engga pakai seatbelt, airbag ngga ngembang. Dan kasus ini pernah terjadi, salah satunya di merk Mercy. Saat tabrakan, airbag sisi penumpang depan ga 'mleduk', sehingga penumpang depan cidera buruk. Coba protes ke Mercy, akhirnya konsumen kalah, karena ketahuan tidak pakai seatbelt saat kendaraan melaju. Ketahuan dari tidak jalannya trigger signal seatbelt. Bukti kalau seatbelt tidak dipakai saat kecelakaan. Akhirnya Mercy tidak mau bertanggung jawab.

So, seatbelt tetaplah prioritas utama keselamatan aktif untuk diri kita sendiri...
Mari biasakan pakai seatbelt SEDEKAT APAPUN anda mengemudi, dan pakailah seatbelt oleh SELURUH penumpang, jangan hanya depannya aja.

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia vs Toyota Avanza

Post by madcat015 »

VanzMatic wrote:
madcat015 wrote:
Ane pernah ditabrak motor dari belakang waktu pake Avanza kantor bulan Maret 2010. Pintu belakang langsung crumpled, bumper copot, baut2 pengikat lepas, motor yang nabrak hancur depannya, plat nomor belakang copot, lampu kanan belakang hancur, panel interior melesak ke dalam.

Meme ane pernah dihajar dari samping oleh truk Kepala Kuning pake Honda CityZ SX8 ane bulan Oktober 2008. As depan patah, tie rod remuk, spion depan patah, fender depan langsung mode crumpled zone, kaca ga ada yang pecah, panel pintu kanan baik2 saja. Dengan kondisi gitu aja masih bisa jalan 14km untuk pulang ke rumah. Langsung ane panggil truk derek.

Waktu ane masukin bengkel, ane baru tau, meskipun tuh boil ringan (990an kg), tapi body nya mantab dan chassis oke. Memang rada tebel sih kulit nya. Chassis masih oke, cuman pintu depan geser dikit akibat tumbukan.

Bulan Maret 2008 sebelumnya, tuh CityZ di tumbuk sama Ispan. Posisi ane dalam keadaan berhenti, rem kaki + tangan. Bumper baik2 aja cuman lecet dan bolt copot, chassis juga oke. That's the car that saves me and my sister, Honda CityZ.

Ane juga punya Avanza G 2010, tapi banyakan ngendon di garasi. Yang sering keluar CityZ, SX-4, sama M8. Keluarga ane lebih prefer 3 mobil itu untuk ngluyur ke mana2. :mrgreen:
Yap, my Avanza, also the car that saves me...karena memang the only one.. :mrgreen: :mky_01:

Untuk mobil2 buatan 2000-an and up, kualitas pembuatan, bukan terlihat dari seberapa parah kerusakan akibat impact, tapi seberapa aman penumpang di dalamnya. No matter how keriting your car would be, it's all about how safe you are inside.

Kalau sebuah mobil itu jadi hancur, bukan berarti mutunya mutu kacangan. Mungkin saja memang tumbukannya keras dan gaya inersia yang terjadi begitu besar (baik gaya searah maupun lawan arah), sehingga bisa meluluhlantakkan bonnet. Tapi kalau penumpang selamat (dengan memakai safety belt tentunya), tetap ratingnya bagus.

Rating keselamatan, bukan dari bunyi kayak kaleng atau engga nya saat diketok pakai tangan.. :mrgreen: Tapi dari seberapa aman kah kabin saat benturan terjadi?


Oia, jadi keinget kasus, ada beberapa merk mobil (atau mungkin semua? Dunno..), yang pemicu (trigger) mengembangnya airbag, salah satunya, adalah dipakainya seatbelt atau tidak.
So, bila engga pakai seatbelt, airbag ngga ngembang. Dan kasus ini pernah terjadi, salah satunya di merk Mercy. Saat tabrakan, airbag sisi penumpang depan ga 'mleduk', sehingga penumpang depan cidera buruk. Coba protes ke Mercy, akhirnya konsumen kalah, karena ketahuan tidak pakai seatbelt saat kendaraan melaju. Ketahuan dari tidak jalannya trigger signal seatbelt. Bukti kalau seatbelt tidak dipakai saat kecelakaan. Akhirnya Mercy tidak mau bertanggung jawab.

So, seatbelt tetaplah prioritas utama keselamatan aktif untuk diri kita sendiri...
Mari biasakan pakai seatbelt SEDEKAT APAPUN anda mengemudi, dan pakailah seatbelt oleh SELURUH penumpang, jangan hanya depannya aja.

:big_peace:
Justru ane ngeliat panel interior bagasi belakang Avanza yang melesak masuk ga karu2an jadi mikir kalo ada kargo fragile ya 'good bye cargo'. Vonis bengkel: ganti seluruh pintu (termasuk engsel pintu bagasi), bumper, dan rumah lampu. Monggo, yang bayar asuransi. :mrgreen:

Hmmm, tentang airbag penumpang, kemaren ane utak atik Beem seri 7 2011. Ada switch untuk menon aktifkan passenger airbag di panel dashboard kiri.
Ane setuju banget dengan ada nya switch itu. Kalo pake kursi bayi isofix di sana, remuk dah tuh anak.
Seingat ane, trigger airbag depan ada di bagian moncong mobil, bukan di seatbelt. Jadi kalo ada tumbukan, kedua airbag akan mengembang secara default dan ada banyak parameternya, ga cuman seatbelt.
http://en.wikipedia.org/wiki/Airbag#Tri ... conditions
Sekarang, malah lebih jago sensor dan parameternya, selain ada sensor inersia, juga ada sensor untuk kursi depan (kalo ada penumpang), sensor seatbelt, sensor ISOFIX (untuk kursi bayi), dll. Tapi tetap, switch untuk menon aktifkan passenger airbag bakal nongkrong di mobil2 premium.

IMHO, pabrikan eropa lebih memperhatikan hal2 kecil beginian. You got what you paid for the car. :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat: