@om JKL: no problemo om... namanya juga forum. Pasti terbuka untuk diskusi...
Nah, balik lagi...
Ane belum membicarakan mesin... yg tentu saja lain cerita antara Brio vs Swift dan Mobilinyong vs R3...
Displacement Mobilinyong lebih besar karena menggunakan L15A7, tapi ane ragu mesin itu menggunakan setting Jazz-City. Sebagai people mover, kemungkinan mesin Mobilinyong disetel mirip Freed. Hp lebih kecil, tapi torsi sedikit lebih besar.
Dan karakter L15A7: torsi dan power 118hp @4800rpm dan 146nm @6600rpm. Sama sekali kurang cucok utk MPV + CVT.
R3 disatu sisi menggunakan mesin K14B, Sijuki tentu saja punya pertimbangan utk downsize displacement dari M15A. Tuh mesin M15A boyo abis kena AT... *kadang gregetan sama SX4 AT*
K14B mesin nya lebih ringan dari M15A dengan stroke torque lebih panjang. Power 98 hp @6000rpm dan 130nm @4000rpm dan dipasangkan ke transmisi geared AT yg baru.
Dari angka, meskipun peak power lebih kecil dari L15A7, mesin K14B lebih menjanjikan powerband di rpm lebih rendah. Yang tentu saja baik utk MPV, karena mesin ga meraung2 kayak kucing mw kawin.
Seperti yg bro ricz post:
It is about torque and how to get the most at the lowest rpm also how the transmission handles it.
Belum lagi urusan lain2 seperti bobot, dst dst...
Di atas kertas, Mobilinyong menjadi LMPV terkuat. Tapi kita belum liat dan coba dan mendengar testimoni penggunanya.
Ada yg bantu nyari grafik torque dan hp nya L15A7? Akan sangat menarik utk membandingkan keduanya.
