Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Galant hiu om
Abis parkir saya pasti noleh kebelakang
Bantu jawab
Yang masuk resmi itu cuma 1 trim kalau di indonesia, ya galant st new itu
Ada matic & manual
Mesin 1 tipe
V6 2.500 24 valve sohc na
Sudah injeksi tapi masih pakai distributor
Sparepart masih gampang apalagi kalau d jakarta
Budget 60 jt kayaknya bisa sih masihan
Paling agak susah kalau full ori harga segitu
Banyak yang sudah dimodif²
Kalau yg vr4 itu rata² convert, bedanya di mekanikal banyak (mesin dohc & twin turbo, awd, rem lebih besar, pcd juga beda)
Ori vr4 setau saya ada cuma harganya juga lebih mahal & langka banget
Tapi cakep & keren
Abis parkir saya pasti noleh kebelakang
Bantu jawab
Yang masuk resmi itu cuma 1 trim kalau di indonesia, ya galant st new itu
Ada matic & manual
Mesin 1 tipe
V6 2.500 24 valve sohc na
Sudah injeksi tapi masih pakai distributor
Sparepart masih gampang apalagi kalau d jakarta
Budget 60 jt kayaknya bisa sih masihan
Paling agak susah kalau full ori harga segitu
Banyak yang sudah dimodif²
Kalau yg vr4 itu rata² convert, bedanya di mekanikal banyak (mesin dohc & twin turbo, awd, rem lebih besar, pcd juga beda)
Ori vr4 setau saya ada cuma harganya juga lebih mahal & langka banget
Tapi cakep & keren
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon May 12, 2025 18:47
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2014 Vario 125 KZR
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Wahh, sayang banget, padahal naksir banget sama garnish lampu belakang dan bentuk AC vents semi melayang di dashboard SRi, tapi pernah baca blok mesin aluminum SRi mudah kemakan usia ya?thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26 Lupain 405 sri, susah
405 sti yang barang bagus dipegang kolektor, harga kolektor
bangun 405 gak dapet budget segitu
Nah 405 STi LeMans ada yang lagi nawarin sih om ini, satu Silver 37 jutaan (dari looks cukup rapih dan interior orian), satu lagi Merah full restored 55-60 jutaan (Kata ownernya sudah habis 100juta+ utk bangun). Good deal kah om?
Oke, sudah saya pastikan sekarang kalau cari 406, harus yang D9. Nah, saya banyak lihat saat ini 406 D9 dijual di kisaran 50an juta. Jika dengan dana awal 60-70 juta yang saya sebutkan (di luar dana cadangan 1-3 juta sebulan) itu masih rawan kena mental ya untuk merawat 406 D9 ini?thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26 406 saya terakhir pakai 2013
tapi selama 2005-2013 itu mobil paling memorable, bahkan setelah ganti w140 masih teringat2 terus nyamannya
D9 matic itu mesti cari yg merawatnya proper, oli metiknya manja, dalam artian salah ganti oli metik nyala itu sport snow seluloid dll
jaman dulu kalau diisi premium pasti 1 tahun ganti pompa, cuma skrg udah ngga ada premium
D9 matic pilihan yg oke, asal dapet tinggal ngerawat ya
D8 coret aja, unit bagus udah di kolektor semua
cuma lihat budgetnya, mepet Om
naik 2x aja biar ngga kena mental
Kalau S80 ada pendapat om?thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26 960 royal mulus juga dilihat orang
S90 ngga masuk budget
S60 no comment, nga pernah pegang
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon May 12, 2025 18:47
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2014 Vario 125 KZR
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Okee om, kalo dipikir-pikir, BMW 4-cyl cepet kaga, boros iya... Kalo 6-cyl kan cepet iya, boros juga iya wkwk

Galant Hiu moslt CBU toh, baru tahu. Yang versi 1.8L jujur belum pernah denger, FC nya berapaan ya yang itu?YaS wrote: Wed May 14, 2025 2:45 Another vote for Galant Hiu. Masih ganteng bingit. Karena ane di kota yang banyak mobil CBU ex negeri tetangga, ane pernah pegang 2 ekor, VR6 dengan sentakan turbonya yang ngangenin, sama yang versi 1.8 yang surpisingly irit.
Kalau di Jakarta kayaknya hanya satu pilihan mesin, 2.4 V6. kalau di kota ane dulunya baru banyak variannya, 2.4 V6, 2.0 inline 4 silinder, dan 1.8 inline 4 silinder.
Wah mantep banget infonya, jadi tau gambaran siapa target market 3 mobil itu (galant, camry, accord) di 90an hahahaha. Sayang Teana dulu kayaknya gagal acquire demographic Galant yang anak muda yg demen ngebut, pada lari ke BMW kayaknya.iamwewe wrote: Wed May 14, 2025 2:48 kalo official tipe2 yg dijual saya gk tau om. jaman itu saya masih blm bisa cari duit...... bisa nya cuma nebeng temen2 yang borju om hahaha.
saya inget dulu klasifikasinya kalo bapak2 eksekutif gitu beli nya kemri. kalo bapak2 family man yang kadang msh suka ugal ya acord. kalo anak muda yang tajir dan demen ngebut beli nya galant hiu ini. dulu di akhir2 masa hidup galant ini kalo gak salah baru nongol teana v6 2300cc ya.
tapi kalo liat di marketplace skrg kayanya banyak yg bilang convert to vr4 turbo. nah ini gak tau nih di era nya dulu apakah dijual resmi, apakah dijual via iu, atau emang ini ya kreativitas orang2 sini aja beli convert kit utk nyamain galant yang beredar di luar.
Mantep sih kalo ada VR4 di sini, tapi Galant biasa make body VR4 aja udah keliatan oke banget.
Last edited by galangrrfh on Wed May 14, 2025 5:34, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3060
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
asal pake shockbreaker yg ori ya om, atau ori oem sachs or bilstein. kayanya diluar itu udah ga nyaman. taun lalu bantu temen liat pug d9, bantingannya ga bener, ga se empuk punya saya dulu.thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26 Lupain 405 sri, susah
405 sti yang barang bagus dipegang kolektor, harga kolektor
bangun 405 gak dapet budget segitu
406 saya terakhir pakai 2013
tapi selama 2005-2013 itu mobil paling memorable, bahkan setelah ganti w140 masih teringat2 terus nyamannya
D9 matic itu mesti cari yg merawatnya proper, oli metiknya manja, dalam artian salah ganti oli metik nyala itu sport snow seluloid dll
jaman dulu kalau diisi premium pasti 1 tahun ganti pompa, cuma skrg udah ngga ada premium
D9 matic pilihan yg oke, asal dapet tinggal ngerawat ya
D8 coret aja, unit bagus udah di kolektor semua
cuma lihat budgetnya, mepet Om
naik 2x aja biar ngga kena mental
960 royal mulus juga dilihat orang
S90 ngga masuk budget
S60 no comment, nga pernah pegang

oli matic harus comply AL4, ga bs atf2 normal biasa kl ga salah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Bruno Sacco ikut design pada unit W124, W202, dan kabarnya juga si new eyes W210galangrrfh wrote: Mon May 12, 2025 21:14 …cut…
Suka desain mobil?
Bener, dari kecil sampe sekarang emang suka desain mobil cuma gak kesampean jadi desainer, apalagi sekelas Chris Bangle atau Bruno Sacco. Tapi gara-gara itu, mobil yang bentuknya proporsional dan timeless jadi lumayan penting. Biasanya sedan konfigurasi 3-box tahun 90-an akhir/2000-an awal punya kriteria tersebut.
…cut…
Apakah W210 atau W124 masuk bisa masuk list om?
*saya pun masi punya cita2 melihara salah satu dari kedua ini
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1384
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
sy punya mobil apapun selalu nengok belakang setelah parkir, buat mencet remote 1-2x lagi
suka lupa uda kunci apa belom
suka lupa uda kunci apa belom

-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon May 12, 2025 18:47
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2014 Vario 125 KZR
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Yess om, both E36 dan E46 saya ngincer trim "nanggung"-nya. Either 323i ataupun 320i (khusus E36)ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 E46 tapi beli yang 323i, sukur sukur kalo nemu yang bagus 325i tapi harganya lumayan ini.
kecuali bisa dapet 323i E36 manual, mending E46 sekalian. soalnya kalo dapet E36 asal-asalan PRnya lumayan terutama urusan body.
323i ngga terlalu favorit harganya masih wajar. dan lucunya pasaran 323i dan 318i M43 (yang juga favorit) bisa mahalan M43.
Hahaha biasa om, matematika "boros" orang kita cuma dari bensin aja, padahal gonta-ganti parts mesin yang umurnya memendek karena working temperaturenya 100° juga termasuk pemborosan. Again beda FC 4-cyl dan 6-cyl kayanya gak terlalu banyak. Jadi sekalipun 318i M43 katanya bandel (dibanding seri N), tapi kalo working temperaturenya di atas 90° kayaknya sama aja bakal kegerus maticnya, udah gitu...ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 heran juga kalo udah embel-embel "bandel" dan "irit" mau logonya BMW juga bisa harganya tinggi. padahal M43 kalo sama M52 engine ya bandelnya sama-sama aja. maintenance cost juga beda tipis. menang di konsumsi bbm aja sih.
...oli maticnya didinginin bareng radiatornya, biasanya diakalin dengan fabrikasi jalur ATF cooler tersendiri. Selain itu perlu diakalin juga radiatornya dengan...ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 oh ya kalo beli E46 PRnya mesti dapet yang maticnya masih ok... ya overhaul maticnya nggak mahal paling 10-15jt tergantung yang ZF apa yang GM, kayaknya murah yang GM.
E46 nggak punya external cooler kayak E39, jadi dinginin maticnya pake air radiator. sekarang ngerti kan kenapa rata-rata BMW masalahnya dengan radiator, ya karena temp mesinnya aja tinggi apalagi yang M43 ngebuka di 105 derajat. M52 masih mending di 90an biarpun ya tinggi juga sih. ditambah harus dinginin oli matic.
...ganti tutup radiator pake yang 140kPa since ada beberapa bagian saluran pendinginan dan radiator yang cuma rated sampai 150kPa aja (kalo dikasih tutuhp 200kPa, tutupnya aman, radiatornya jebol)...ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 tutup radiator rating 200 kPa itu juga masalah karena tekanannya nggak di release, sementara spek komponen lainnya itu buat 140 kPa, biasa kena di tabungnya kebelah (udah banyak kasus). mending beli yang tutup 140 kPa (punya E30, tapi banyak di marketplace).
... Dan benar, ternyata kita sama-sama pendengar ceramah om Federico Timothy di quora hahahah, pantes familiar sama tips2nyaChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 *cuma pengguna E39, tapi ilmunya banyak dapet dari channel om Federico Timothy di youtube. lengkap banget urusan per BMW an
Last edited by galangrrfh on Wed May 14, 2025 7:51, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1844
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
ex user SRi XU9 & STi XU10..galangrrfh wrote: Wed May 14, 2025 5:16Wahh, sayang banget, padahal naksir banget sama garnish lampu belakang dan bentuk AC vents semi melayang di dashboard SRi, tapi pernah baca blok mesin aluminum SRi mudah kemakan usia ya?thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26 Lupain 405 sri, susah
405 sti yang barang bagus dipegang kolektor, harga kolektor
bangun 405 gak dapet budget segitu
Nah 405 STi LeMans ada yang lagi nawarin sih om ini, satu Silver 37 jutaan (dari looks cukup rapih dan interior orian), satu lagi Merah full restored 55-60 jutaan (Kata ownernya sudah habis 100juta+ utk bangun). Good deal kah om?
Oke, sudah saya pastikan sekarang kalau cari 406, harus yang D9. Nah, saya banyak lihat saat ini 406 D9 dijual di kisaran 50an juta. Jika dengan dana awal 60-70 juta yang saya sebutkan (di luar dana cadangan 1-3 juta sebulan) itu masih rawan kena mental ya untuk merawat 406 D9 ini?thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26 406 saya terakhir pakai 2013
tapi selama 2005-2013 itu mobil paling memorable, bahkan setelah ganti w140 masih teringat2 terus nyamannya
D9 matic itu mesti cari yg merawatnya proper, oli metiknya manja, dalam artian salah ganti oli metik nyala itu sport snow seluloid dll
jaman dulu kalau diisi premium pasti 1 tahun ganti pompa, cuma skrg udah ngga ada premium
D9 matic pilihan yg oke, asal dapet tinggal ngerawat ya
D8 coret aja, unit bagus udah di kolektor semua
cuma lihat budgetnya, mepet Om
naik 2x aja biar ngga kena mental
Kalau S80 ada pendapat om?thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26 960 royal mulus juga dilihat orang
S90 ngga masuk budget
S60 no comment, nga pernah pegang
betul sekali blok SRi XU9 gampang korosi kalo pake air radiator asal2an...padahal alu ya...tp bisa korosi..
selain blok...dashboard SRi juga gampang retak2 faktor panas...
cuma ati2..STi pun ada yang pake mesin XU9...gosip dulu utk petinggi2 astra
scr interior setau saya STi lebih aman...
menurut saya....utk pug lupain kali ya...populasi dikit....yg demen kayaknya juga dikit..
kalo utk saya....impian sih sedan jepang aja...tp sleeper style
sering liat modif2an ala thai sleeper...body standard, interior standard tp mesin udh keong2 wkwk...
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon May 12, 2025 18:47
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2014 Vario 125 KZR
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Bedanya kira-kira berapa om, shockbreaker D9 yg Ori vs Sachs/bilstein vs brand lain?farizfsa wrote: Wed May 14, 2025 5:45 asal pake shockbreaker yg ori ya om, atau ori oem sachs or bilstein. kayanya diluar itu udah ga nyaman. taun lalu bantu temen liat pug d9, bantingannya ga bener, ga se empuk punya saya dulu.![]()
oli matic harus comply AL4, ga bs atf2 normal biasa kl ga salah.
Wah, aslinya mereka berdua masuk om bersama E34 dan E39gadjahalphien wrote: Wed May 14, 2025 6:00 Bruno Sacco ikut design pada unit W124, W202, dan kabarnya juga si new eyes W210
Apakah W210 atau W124 masuk bisa masuk list om?
*saya pun masi punya cita2 melihara salah satu dari kedua ini

Tergantung sih om, kalo mobilnya kaya gini mending saya gak nengok, malah mending gak dikunci sekalian hahahakenop wrote: Wed May 14, 2025 7:26 sy punya mobil apapun selalu nengok belakang setelah parkir, buat mencet remote 1-2x lagi
suka lupa uda kunci apa belom![]()


-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon May 12, 2025 18:47
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2014 Vario 125 KZR
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Huuu baekla, berarti 405 SRi cuma boleh yang jelas record perawatannya gimana (gak pernah make air tawar utk radiator, cuma boleh coolant), tapi untuk aman STi saja ya.MSU wrote: Wed May 14, 2025 8:02 ex user SRi XU9 & STi XU10..
betul sekali blok SRi XU9 gampang korosi kalo pake air radiator asal2an...padahal alu ya...tp bisa korosi..
selain blok...dashboard SRi juga gampang retak2 faktor panas...
cuma ati2..STi pun ada yang pake mesin XU9...gosip dulu utk petinggi2 astra
scr interior setau saya STi lebih aman...
Cuma masih mikir apakah angkat 405 STi dengan budget 35-55 juta cukup worth it, dalam artian dapat unit yang PR nya wajar lalu sisa uangnya (15-35 juta) bisa dipakai untuk perawatan dan peremajaan.

Lucunya, salah satu grup motuba di FB yang cepat dan responsive itu si group sahabat Peugeot lohhh, yang Volvo Mania malah post saya belum di approve2 (padahal mau nanya soal biaya pelihara S60).MSU wrote: Wed May 14, 2025 8:02 menurut saya....utk pug lupain kali ya...populasi dikit....yg demen kayaknya juga dikit..

Nah kalo jepang, sekarang agak condong ke Great Corolla karena bentuknya ganteng, selama rapih, atau mending Corolla liftback sekalian ya? Hmmm menarikMSU wrote: Wed May 14, 2025 8:02 kalo utk saya....impian sih sedan jepang aja...tp sleeper style
sering liat modif2an ala thai sleeper...body standard, interior standard tp mesin udh keong2 wkwk...
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue May 13, 2025 14:30
- Location: Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
- Daily Vehicle: Mercedes Benz W202
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Halo om Galang, salam kenal ya.
Kalau saya boleh rekomendasi ke om Galang untuk budget 60-70juta, bisa ambil Mercedes-Benz W202 C180/C200 atau Toyota Great Corolla. Sebelum saya bahas lebih lanjut, mungkin nanti bisa dikoreksi atau ditambahkan sama senior-senior disini mengingat saya juga baru dan bisa dikatakan masih sangat junior.
Bulan Desember 2024, saya ambil Mercedes-Benz W202 C200 Tipe: Classic dari Bandung. Unitnya seger banget, interior perfekto karena mobil yang saya ambil tipe fabrique, dan mesin juga sehat. Mobil ini saya beli diharga 52juta setelah nego dari Penjual diangka 58juta.
Selama pemakaian hampir kurang lebih 6 bulan lamanya, overall saya sangat puas sekali sih dan sangat merekomendasikan itu kepada Om Galang karena kenyamanan yang didapat, prestige yang tidak bisa dipungkiri lagi sekalipun "old car", dan sparepart masih cukup banyak (baik baru atau kampakan). Apabila dibandingkan dengan Toyota Great Corolla, rasanya sedikit berbeda karena agak kurang kedap dan interiornya terlihat kaku dan plastik dibandingkan Mercedes-Benz W202 C200 saya.
Dari segi harga sparepart dan mungkin bisa dibandingkan dengan Toyota Great Corolla, harga sparepart Mercedes-Benz W202 (dalam konteks baru) agak lebih mahal dibandingkan Toyota Great Corolla, which is ini sebagai bagian plus-nya dibandingkan Mercedes-Benz. Dari beberapa user Toyota Great Corolla yang saya tanya, harga sparepartnya masih diangka ratusan ribu sedangkan Mercedes-Benz W202 itu paling rendah yang saya temukan diangka 1 jutaan. Pembahasan harga sparepart disini dalam konteks baru.
Apabila tentang konsumsi bahan bakar, seingatnya saya Mercedes-Benz W202 agak sedikit lebih boros baik dalkot dan lukot. Dalam kasus mobil saya, dalkot dan lukot itu 1 : 6-7km dengan memakai Shell Super Ron 92. Sedangkan Toyota Great Corolla, konsumsi bahan bakarnya dalkot 1 : 10km dan lukot 1 : 12km. Artinya dalam konteks konsumsi bahan bakar, Toyota Great Corolla sangat diunggulkan apabila dibandingkan dengan Mercedes-Benz W202, khususnya Tipe : C200.
Selama masa pemakaian 6 bulan ini, total biaya yang saya keluarkan untuk mobil kurang lebih 13-15 juta. Dengan rincian singkat: (a) perbaikan sektor kaki-kaki depan; (b) tune up, ganti oli mesin, ganti filter oli, ganti oli matic, dan pergantian sparepart lainnya dibagian mesin; (c) pengecekan sistem pengereman; dan (c) urut kabel serta perbaikan transmisi matic mobil yang kurang presisi setiap perpindahan giginya. Hal mana, menurut pandangan saya dengan pengeluaran diangkat demikian dapat dikatakan wajar dan saya sangat beruntung kalau mobil yang saya ambil ini adalah tipe mobil orisinalan dan mobil jarang dipakai (terlihat dari ban mobilnya tahun produksi 2015).
Secara singkat silahkan pilih om dari apa yang sudah saya coba rincikan sedikit di atas, dan dari segi harga untuk saat ini keduanya sangat bersaing.
Kalau saya boleh rekomendasi ke om Galang untuk budget 60-70juta, bisa ambil Mercedes-Benz W202 C180/C200 atau Toyota Great Corolla. Sebelum saya bahas lebih lanjut, mungkin nanti bisa dikoreksi atau ditambahkan sama senior-senior disini mengingat saya juga baru dan bisa dikatakan masih sangat junior.
Bulan Desember 2024, saya ambil Mercedes-Benz W202 C200 Tipe: Classic dari Bandung. Unitnya seger banget, interior perfekto karena mobil yang saya ambil tipe fabrique, dan mesin juga sehat. Mobil ini saya beli diharga 52juta setelah nego dari Penjual diangka 58juta.
Selama pemakaian hampir kurang lebih 6 bulan lamanya, overall saya sangat puas sekali sih dan sangat merekomendasikan itu kepada Om Galang karena kenyamanan yang didapat, prestige yang tidak bisa dipungkiri lagi sekalipun "old car", dan sparepart masih cukup banyak (baik baru atau kampakan). Apabila dibandingkan dengan Toyota Great Corolla, rasanya sedikit berbeda karena agak kurang kedap dan interiornya terlihat kaku dan plastik dibandingkan Mercedes-Benz W202 C200 saya.
Dari segi harga sparepart dan mungkin bisa dibandingkan dengan Toyota Great Corolla, harga sparepart Mercedes-Benz W202 (dalam konteks baru) agak lebih mahal dibandingkan Toyota Great Corolla, which is ini sebagai bagian plus-nya dibandingkan Mercedes-Benz. Dari beberapa user Toyota Great Corolla yang saya tanya, harga sparepartnya masih diangka ratusan ribu sedangkan Mercedes-Benz W202 itu paling rendah yang saya temukan diangka 1 jutaan. Pembahasan harga sparepart disini dalam konteks baru.
Apabila tentang konsumsi bahan bakar, seingatnya saya Mercedes-Benz W202 agak sedikit lebih boros baik dalkot dan lukot. Dalam kasus mobil saya, dalkot dan lukot itu 1 : 6-7km dengan memakai Shell Super Ron 92. Sedangkan Toyota Great Corolla, konsumsi bahan bakarnya dalkot 1 : 10km dan lukot 1 : 12km. Artinya dalam konteks konsumsi bahan bakar, Toyota Great Corolla sangat diunggulkan apabila dibandingkan dengan Mercedes-Benz W202, khususnya Tipe : C200.
Selama masa pemakaian 6 bulan ini, total biaya yang saya keluarkan untuk mobil kurang lebih 13-15 juta. Dengan rincian singkat: (a) perbaikan sektor kaki-kaki depan; (b) tune up, ganti oli mesin, ganti filter oli, ganti oli matic, dan pergantian sparepart lainnya dibagian mesin; (c) pengecekan sistem pengereman; dan (c) urut kabel serta perbaikan transmisi matic mobil yang kurang presisi setiap perpindahan giginya. Hal mana, menurut pandangan saya dengan pengeluaran diangkat demikian dapat dikatakan wajar dan saya sangat beruntung kalau mobil yang saya ambil ini adalah tipe mobil orisinalan dan mobil jarang dipakai (terlihat dari ban mobilnya tahun produksi 2015).
Secara singkat silahkan pilih om dari apa yang sudah saya coba rincikan sedikit di atas, dan dari segi harga untuk saat ini keduanya sangat bersaing.

Last edited by bangkecap on Thu May 15, 2025 2:21, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 16685
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
galangrrfh wrote: Wed May 14, 2025 7:49Yess om, both E36 dan E46 saya ngincer trim "nanggung"-nya. Either 323i ataupun 320i (khusus E36)ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 E46 tapi beli yang 323i, sukur sukur kalo nemu yang bagus 325i tapi harganya lumayan ini.
kecuali bisa dapet 323i E36 manual, mending E46 sekalian. soalnya kalo dapet E36 asal-asalan PRnya lumayan terutama urusan body.
323i ngga terlalu favorit harganya masih wajar. dan lucunya pasaran 323i dan 318i M43 (yang juga favorit) bisa mahalan M43.
Hahaha biasa om, matematika "boros" orang kita cuma dari bensin aja, padahal gonta-ganti parts mesin yang umurnya memendek karena working temperaturenya 100° juga termasuk pemborosan. Again beda FC 4-cyl dan 6-cyl kayanya gak terlalu banyak. Jadi sekalipun 318i M43 katanya bandel (dibanding seri N), tapi kalo working temperaturenya di atas 90° kayaknya sama aja bakal kegerus maticnya, udah gitu...ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 heran juga kalo udah embel-embel "bandel" dan "irit" mau logonya BMW juga bisa harganya tinggi. padahal M43 kalo sama M52 engine ya bandelnya sama-sama aja. maintenance cost juga beda tipis. menang di konsumsi bbm aja sih.
...oli maticnya didinginin bareng radiatornya, biasanya diakalin dengan fabrikasi jalur ATF cooler tersendiri. Selain itu perlu diakalin juga radiatornya dengan...ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 oh ya kalo beli E46 PRnya mesti dapet yang maticnya masih ok... ya overhaul maticnya nggak mahal paling 10-15jt tergantung yang ZF apa yang GM, kayaknya murah yang GM.
E46 nggak punya external cooler kayak E39, jadi dinginin maticnya pake air radiator. sekarang ngerti kan kenapa rata-rata BMW masalahnya dengan radiator, ya karena temp mesinnya aja tinggi apalagi yang M43 ngebuka di 105 derajat. M52 masih mending di 90an biarpun ya tinggi juga sih. ditambah harus dinginin oli matic.
...ganti tutup radiator pake yang 140kPa since ada beberapa bagian saluran pendinginan dan radiator yang cuma rated sampai 150kPa aja (kalo dikasih tutuhp 200kPa, tutupnya aman, radiatornya jebol)...ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 tutup radiator rating 200 kPa itu juga masalah karena tekanannya nggak di release, sementara spek komponen lainnya itu buat 140 kPa, biasa kena di tabungnya kebelah (udah banyak kasus). mending beli yang tutup 140 kPa (punya E30, tapi banyak di marketplace).
... Dan benar, ternyata kita sama-sama pendengar ceramah om Federico Timothy di quora hahahah, pantes familiar sama tips2nyaChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16 *cuma pengguna E39, tapi ilmunya banyak dapet dari channel om Federico Timothy di youtube. lengkap banget urusan per BMW an

dia juga yang ngebuka mata kalo banyak orang itu ngincar M43 tapi jatohnya false economy karena M43 jatohnya gak lebih bandel dari M52, dan banyak yang jorok pakenya

terus sekarang banyak yang beli M43 "gorengan", kondisi belum tentu apik, menang aksesoris aja. harganya sama kayak 325i yang udah mulai kegerus harganya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1844
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
w202 tu (kalo semua masih ori)....yang nagih tu suara knalpotnya..bangkecap wrote: Thu May 15, 2025 2:19 Halo om Galang, salam kenal ya.
Kalau saya boleh rekomendasi ke om Galang untuk budget 60-70juta, bisa ambil Mercedes-Benz W202 C180/C200 atau Toyota Great Corolla. Sebelum saya bahas lebih lanjut, mungkin nanti bisa dikoreksi atau ditambahkan sama senior-senior disini mengingat saya juga baru dan bisa dikatakan masih sangat junior.
Bulan Desember 2024, saya ambil Mercedes-Benz W202 C200 Tipe: Classic dari Bandung. Unitnya seger banget, interior perfekto karena mobil yang saya ambil tipe fabrique, dan mesin juga sehat. Mobil ini saya beli diharga 52juta setelah nego dari Penjual diangka 58juta.
Selama pemakaian hampir kurang lebih 6 bulan lamanya, overall saya sangat puas sekali sih dan sangat merekomendasikan itu kepada Om Galang karena kenyamanan yang didapat, prestige yang tidak bisa dipungkiri lagi sekalipun "old car", dan sparepart masih cukup banyak (baik baru atau kampakan). Apabila dibandingkan dengan Toyota Great Corolla, rasanya sedikit berbeda karena agak kurang kedap dan interiornya terlihat kaku dan plastik dibandingkan Mercedes-Benz W202 C200 saya.
Dari segi harga sparepart dan mungkin bisa dibandingkan dengan Toyota Great Corolla, harga sparepart Mercedes-Benz W202 (dalam konteks baru) agak lebih mahal dibandingkan Toyota Great Corolla, which is ini sebagai bagian plus-nya dibandingkan Mercedes-Benz. Dari beberapa user Toyota Great Corolla yang saya tanya, harga sparepartnya masih diangka ratusan ribu sedangkan Mercedes-Benz W202 itu paling rendah yang saya temukan diangka 1 jutaan. Pembahasan harga sparepart disini dalam konteks baru.
Apabila tentang konsumsi bahan bakar, seingatnya saya Mercedes-Benz W202 agak sedikit lebih boros baik dalkot dan lukot. Dalam kasus mobil saya, dalkot dan lukot itu 1 : 6-7km dengan memakai Shell Super Ron 92. Sedangkan Toyota Great Corolla, konsumsi bahan bakarnya dalkot 1 : 10km dan lukot 1 : 12km. Artinya dalam konteks konsumsi bahan bakar, Toyota Great Corolla sangat diunggulkan apabila dibandingkan dengan Mercedes-Benz W202, khususnya Tipe : C200.
Selama masa pemakaian 6 bulan ini, total biaya yang saya keluarkan untuk mobil kurang lebih 13-15 juta. Dengan rincian singkat: (a) perbaikan sektor kaki-kaki depan; (b) tune up, ganti oli mesin, ganti filter oli, ganti oli matic, dan pergantian sparepart lainnya dibagian mesin; (c) pengecekan sistem pengereman; dan (c) urut kabel serta perbaikan transmisi matic mobil yang kurang presisi setiap perpindahan giginya. Hal mana, menurut pandangan saya dengan pengeluaran diangkat demikian dapat dikatakan wajar dan saya sangat beruntung kalau mobil yang saya ambil ini adalah tipe mobil orisinalan dan mobil jarang dipakai (terlihat dari ban mobilnya tahun produksi 2015).
Secara singkat silahkan pilih om dari apa yang sudah saya coba rincikan sedikit di atas, dan dari segi harga untuk saat ini keduanya sangat bersaing.![]()
suara nembaknya bikin nagih..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Feb 08, 2017 5:11
- Location: Semarang - Yogyakarta - Ngawi
- Daily Vehicle: 2GD-FTV
Re: Budget awal 60-70jt, sedan mana yang bikin "nengok ke belakang setelah diparkir"?
Gak masukin Honda Accord ke list om, kayaknya Honda Accord Cielo facelift yg mesinnya udah VTEC thn 96-97, bisa bikin nengok terus hehehe, dari perawatan gampang apalagi om tinggal di area jakarta coz saya tinggal di kota kecil pun gampang nyari sparepart (kecuali yg slowmoving ya), naikkanya enak, BBM gak boros dan gak irit juga, ini mobil utk sekarang gampang gampang susah nemuin kondisi yg bagus, tinggal sabar sabar aja huntingnya,klo dapat tinggal colok velg ring besar yg gak norak udah deh nengok terus hehehe....