Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26
Lupain 405 sri, susah
405 sti yang barang bagus dipegang kolektor, harga kolektor
bangun 405 gak dapet budget segitu
Wahh, sayang banget, padahal naksir banget sama garnish lampu belakang dan bentuk AC vents semi melayang di dashboard SRi, tapi pernah baca blok mesin aluminum SRi mudah kemakan usia ya?
Nah 405 STi LeMans ada yang lagi nawarin sih om ini, satu Silver 37 jutaan (dari looks cukup rapih dan interior orian), satu lagi Merah full restored 55-60 jutaan (Kata ownernya sudah habis 100juta+ utk bangun). Good deal kah om?
thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26
406 saya terakhir pakai 2013
tapi selama 2005-2013 itu mobil paling memorable, bahkan setelah ganti w140 masih teringat2 terus nyamannya
D9 matic itu mesti cari yg merawatnya proper, oli metiknya manja, dalam artian salah ganti oli metik nyala itu sport snow seluloid dll
jaman dulu kalau diisi premium pasti 1 tahun ganti pompa, cuma skrg udah ngga ada premium
D9 matic pilihan yg oke, asal dapet tinggal ngerawat ya
D8 coret aja, unit bagus udah di kolektor semua
cuma lihat budgetnya, mepet Om
naik 2x aja biar ngga kena mental
Oke, sudah saya pastikan sekarang kalau cari 406, harus yang D9. Nah, saya banyak lihat saat ini 406 D9 dijual di kisaran 50an juta. Jika dengan dana awal 60-70 juta yang saya sebutkan (di luar dana cadangan 1-3 juta sebulan) itu masih rawan kena mental ya untuk merawat 406 D9 ini?
thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26
960 royal mulus juga dilihat orang
S90 ngga masuk budget
faizzz wrote: Wed May 14, 2025 1:43
Vote buat BMW apa aja yang penting mesinnya i6
Okee om, kalo dipikir-pikir, BMW 4-cyl cepet kaga, boros iya... Kalo 6-cyl kan cepet iya, boros juga iya wkwk
YaS wrote: Wed May 14, 2025 2:45
Another vote for Galant Hiu. Masih ganteng bingit. Karena ane di kota yang banyak mobil CBU ex negeri tetangga, ane pernah pegang 2 ekor, VR6 dengan sentakan turbonya yang ngangenin, sama yang versi 1.8 yang surpisingly irit.
Kalau di Jakarta kayaknya hanya satu pilihan mesin, 2.4 V6. kalau di kota ane dulunya baru banyak variannya, 2.4 V6, 2.0 inline 4 silinder, dan 1.8 inline 4 silinder.
Galant Hiu moslt CBU toh, baru tahu. Yang versi 1.8L jujur belum pernah denger, FC nya berapaan ya yang itu?
iamwewe wrote: Wed May 14, 2025 2:48
kalo official tipe2 yg dijual saya gk tau om. jaman itu saya masih blm bisa cari duit...... bisa nya cuma nebeng temen2 yang borju om hahaha.
saya inget dulu klasifikasinya kalo bapak2 eksekutif gitu beli nya kemri. kalo bapak2 family man yang kadang msh suka ugal ya acord. kalo anak muda yang tajir dan demen ngebut beli nya galant hiu ini. dulu di akhir2 masa hidup galant ini kalo gak salah baru nongol teana v6 2300cc ya.
tapi kalo liat di marketplace skrg kayanya banyak yg bilang convert to vr4 turbo. nah ini gak tau nih di era nya dulu apakah dijual resmi, apakah dijual via iu, atau emang ini ya kreativitas orang2 sini aja beli convert kit utk nyamain galant yang beredar di luar.
Wah mantep banget infonya, jadi tau gambaran siapa target market 3 mobil itu (galant, camry, accord) di 90an hahahaha. Sayang Teana dulu kayaknya gagal acquire demographic Galant yang anak muda yg demen ngebut, pada lari ke BMW kayaknya.
Mantep sih kalo ada VR4 di sini, tapi Galant biasa make body VR4 aja udah keliatan oke banget.
Last edited by galangrrfh on Wed May 14, 2025 5:34, edited 1 time in total.
thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26
Lupain 405 sri, susah
405 sti yang barang bagus dipegang kolektor, harga kolektor
bangun 405 gak dapet budget segitu
406 saya terakhir pakai 2013
tapi selama 2005-2013 itu mobil paling memorable, bahkan setelah ganti w140 masih teringat2 terus nyamannya
D9 matic itu mesti cari yg merawatnya proper, oli metiknya manja, dalam artian salah ganti oli metik nyala itu sport snow seluloid dll
jaman dulu kalau diisi premium pasti 1 tahun ganti pompa, cuma skrg udah ngga ada premium
D9 matic pilihan yg oke, asal dapet tinggal ngerawat ya
D8 coret aja, unit bagus udah di kolektor semua
cuma lihat budgetnya, mepet Om
naik 2x aja biar ngga kena mental
960 royal mulus juga dilihat orang
S90 ngga masuk budget
S60 no comment, nga pernah pegang
asal pake shockbreaker yg ori ya om, atau ori oem sachs or bilstein. kayanya diluar itu udah ga nyaman. taun lalu bantu temen liat pug d9, bantingannya ga bener, ga se empuk punya saya dulu.
oli matic harus comply AL4, ga bs atf2 normal biasa kl ga salah.
galangrrfh wrote: Mon May 12, 2025 21:14
…cut… Suka desain mobil?
Bener, dari kecil sampe sekarang emang suka desain mobil cuma gak kesampean jadi desainer, apalagi sekelas Chris Bangle atau Bruno Sacco . Tapi gara-gara itu, mobil yang bentuknya proporsional dan timeless jadi lumayan penting. Biasanya sedan konfigurasi 3-box tahun 90-an akhir/2000-an awal punya kriteria tersebut.
…cut…
Bruno Sacco ikut design pada unit W124, W202, dan kabarnya juga si new eyes W210
Apakah W210 atau W124 masuk bisa masuk list om?
*saya pun masi punya cita2 melihara salah satu dari kedua ini
ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16
E46 tapi beli yang 323i, sukur sukur kalo nemu yang bagus 325i tapi harganya lumayan ini.
kecuali bisa dapet 323i E36 manual, mending E46 sekalian. soalnya kalo dapet E36 asal-asalan PRnya lumayan terutama urusan body.
323i ngga terlalu favorit harganya masih wajar. dan lucunya pasaran 323i dan 318i M43 (yang juga favorit) bisa mahalan M43.
Yess om, both E36 dan E46 saya ngincer trim "nanggung"-nya. Either 323i ataupun 320i (khusus E36)
ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16
heran juga kalo udah embel-embel "bandel" dan "irit" mau logonya BMW juga bisa harganya tinggi. padahal M43 kalo sama M52 engine ya bandelnya sama-sama aja. maintenance cost juga beda tipis. menang di konsumsi bbm aja sih.
Hahaha biasa om, matematika "boros" orang kita cuma dari bensin aja, padahal gonta-ganti parts mesin yang umurnya memendek karena working temperaturenya 100° juga termasuk pemborosan. Again beda FC 4-cyl dan 6-cyl kayanya gak terlalu banyak. Jadi sekalipun 318i M43 katanya bandel (dibanding seri N), tapi kalo working temperaturenya di atas 90° kayaknya sama aja bakal kegerus maticnya, udah gitu...
ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16
oh ya kalo beli E46 PRnya mesti dapet yang maticnya masih ok... ya overhaul maticnya nggak mahal paling 10-15jt tergantung yang ZF apa yang GM, kayaknya murah yang GM.
E46 nggak punya external cooler kayak E39, jadi dinginin maticnya pake air radiator. sekarang ngerti kan kenapa rata-rata BMW masalahnya dengan radiator, ya karena temp mesinnya aja tinggi apalagi yang M43 ngebuka di 105 derajat. M52 masih mending di 90an biarpun ya tinggi juga sih. ditambah harus dinginin oli matic.
...oli maticnya didinginin bareng radiatornya, biasanya diakalin dengan fabrikasi jalur ATF cooler tersendiri. Selain itu perlu diakalin juga radiatornya dengan...
ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16
tutup radiator rating 200 kPa itu juga masalah karena tekanannya nggak di release, sementara spek komponen lainnya itu buat 140 kPa, biasa kena di tabungnya kebelah (udah banyak kasus). mending beli yang tutup 140 kPa (punya E30, tapi banyak di marketplace).
...ganti tutup radiator pake yang 140kPa since ada beberapa bagian saluran pendinginan dan radiator yang cuma rated sampai 150kPa aja (kalo dikasih tutuhp 200kPa, tutupnya aman, radiatornya jebol)...
ChZ wrote: Wed May 14, 2025 3:16
*cuma pengguna E39, tapi ilmunya banyak dapet dari channel om Federico Timothy di youtube. lengkap banget urusan per BMW an
... Dan benar, ternyata kita sama-sama pendengar ceramah om Federico Timothy di quora hahahah, pantes familiar sama tips2nya
Last edited by galangrrfh on Wed May 14, 2025 7:51, edited 1 time in total.
thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26
Lupain 405 sri, susah
405 sti yang barang bagus dipegang kolektor, harga kolektor
bangun 405 gak dapet budget segitu
Wahh, sayang banget, padahal naksir banget sama garnish lampu belakang dan bentuk AC vents semi melayang di dashboard SRi, tapi pernah baca blok mesin aluminum SRi mudah kemakan usia ya?
Nah 405 STi LeMans ada yang lagi nawarin sih om ini, satu Silver 37 jutaan (dari looks cukup rapih dan interior orian), satu lagi Merah full restored 55-60 jutaan (Kata ownernya sudah habis 100juta+ utk bangun). Good deal kah om?
thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26
406 saya terakhir pakai 2013
tapi selama 2005-2013 itu mobil paling memorable, bahkan setelah ganti w140 masih teringat2 terus nyamannya
D9 matic itu mesti cari yg merawatnya proper, oli metiknya manja, dalam artian salah ganti oli metik nyala itu sport snow seluloid dll
jaman dulu kalau diisi premium pasti 1 tahun ganti pompa, cuma skrg udah ngga ada premium
D9 matic pilihan yg oke, asal dapet tinggal ngerawat ya
D8 coret aja, unit bagus udah di kolektor semua
cuma lihat budgetnya, mepet Om
naik 2x aja biar ngga kena mental
Oke, sudah saya pastikan sekarang kalau cari 406, harus yang D9. Nah, saya banyak lihat saat ini 406 D9 dijual di kisaran 50an juta. Jika dengan dana awal 60-70 juta yang saya sebutkan (di luar dana cadangan 1-3 juta sebulan) itu masih rawan kena mental ya untuk merawat 406 D9 ini?
thestoneroses wrote: Tue May 13, 2025 22:26
960 royal mulus juga dilihat orang
S90 ngga masuk budget
S60 no comment, nga pernah pegang
Kalau S80 ada pendapat om?
ex user SRi XU9 & STi XU10..
betul sekali blok SRi XU9 gampang korosi kalo pake air radiator asal2an...padahal alu ya...tp bisa korosi..
selain blok...dashboard SRi juga gampang retak2 faktor panas...
cuma ati2..STi pun ada yang pake mesin XU9...gosip dulu utk petinggi2 astra
scr interior setau saya STi lebih aman...
menurut saya....utk pug lupain kali ya...populasi dikit....yg demen kayaknya juga dikit..
kalo utk saya....impian sih sedan jepang aja...tp sleeper style
sering liat modif2an ala thai sleeper...body standard, interior standard tp mesin udh keong2 wkwk...
farizfsa wrote: Wed May 14, 2025 5:45
asal pake shockbreaker yg ori ya om, atau ori oem sachs or bilstein. kayanya diluar itu udah ga nyaman. taun lalu bantu temen liat pug d9, bantingannya ga bener, ga se empuk punya saya dulu.
oli matic harus comply AL4, ga bs atf2 normal biasa kl ga salah.
Bedanya kira-kira berapa om, shockbreaker D9 yg Ori vs Sachs/bilstein vs brand lain?
gadjahalphien wrote: Wed May 14, 2025 6:00
Bruno Sacco ikut design pada unit W124, W202, dan kabarnya juga si new eyes W210
Apakah W210 atau W124 masuk bisa masuk list om?
*saya pun masi punya cita2 melihara salah satu dari kedua ini
Wah, aslinya mereka berdua masuk om bersama E34 dan E39 , cuma yah... kayaknya terlalu panjang >4.5m + terlalu tua (at least pilih salah satu aja, gitu). Tapi boleh om kalo ada tips saya pilih trim W124/W210/E34/E39 mana dan +- trim tersebut. Bisa saya coba pertimbangkan ulang.
kenop wrote: Wed May 14, 2025 7:26
sy punya mobil apapun selalu nengok belakang setelah parkir, buat mencet remote 1-2x lagi
suka lupa uda kunci apa belom
Tergantung sih om, kalo mobilnya kaya gini mending saya gak nengok, malah mending gak dikunci sekalian hahaha