Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

budidarmj1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Jul 20, 2018 5:14
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xenia

Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by budidarmj1 »

Halo & salam sejahtera rekan2 serta suhu2 SM semua,

Sesuai judul, nubie ada budget max 170jt. Pilihan mengerucut pd Sienta G m/t' '17 atau BR-V m/t '17. Alasan pilihan manual krn mau kejar budget, efficiency, less maintenance, serta performa (agak suka seruntulan :mky_01: ). Rencana boil bakal menggantikan mbl perang sehari2, jg bakal sekali-kali utk liburan keluar kota. Pertanyaannya mana yg lbh baik soal:

1. Kenyamanan. Sienta mmg menang di peredaman nvh, namun gimana soal kenyamanan jarak jauh mengingat Brv pny arm rest di baris ke-2. Juga keentengan kopling serta posisi pengemudi kl jln ke luar kota & pegunungan.?

2. Efficiency. Lebih irit mana, serta boil mana yg lbh tahan minum pertlite? Running cost (servis &parts). Juga kisaran pajak kl ada info

3. Durabilitas. Yah plg enggak mirip Xenia Li' 10 jadul ane yg sofar cukup memuaskan :big_slap: Mesin mana lbh bandel? Jg masalah kaki2 buat luar kota mengingat kaki2 BR-V keliatannya lbh badak kl dibanding Sienta.. :big_dunno:

4. Prestige. Mana yg lbh kerasa maupun lbh keliatan naik kelas? Maklum pengen naik kelas dr lmpv.. :big_blushing:

Sblmny trm ksh buat saran serta masukan suhu2 sekalian.. :big_deal:

N.B mhn jgn saran in d4d, krn budget segitu pasti dptnya thn ketuaan, serta sdh ganti model :big_slap:
blink182surabay
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Dec 31, 2018 4:39
Location: Jakarta Utara

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by blink182surabay »

Bantu jawab yg nomor 4 bro, Prestige.
Sienta itu medium MPV, BR-V low SUV,, jadi ya secara kelas (dan harga kalau apple to apple) tinggian Sienta.
Kenapa ga coba yg V atau Q tahun 2016 bro ? Dari G ke V beda fitur lumayan, dari V ke Q beda fitur jauuuh.

Ga pernah coba BR-V sih, tapi coba jawab boleh ya.
Nomor 1, Kenyamanan. Sienta lebih unggul, peredaman pasti jauh menang Sienta.
Nomor 2, Efficiency. Mirip - mirip lah, sama main di angka 1500 cc soalnya.
Nomor 3, Durabilitas. BR-V unggul, SUV pasti lebih tahan banting dari MPV sekelasnya.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by Jambangan »

Kalo mau beli sienta yg mesti dipertimbangkan :

1. Radius putar gede
2. GC agak pendek (170 mm)
3. Jok baris kedua ga ada arm rest
4. Batch awal kyk punya ane kurang bertenaga di
tanjakan

Selebihnya asik sih
Perpindahan transmisi manualnya enak bgt
Rasio gigi close ratio jadi pengen bejek terus :big_peace:
Kebetulan pake sienta yg V manual 2016 :big_grin:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by martinnn »

kalau ngomong prestige sih pasti sienta

brv bagaimanapun juga lmpv dikasih popok....
:big_biglaugh:
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by ceiszha »

Bantu jawab sebagai pemakai sienta e m/t dan juga sodara kandungnya brv, lio e m/t anggap aja sama tp tak serupa ya, hehehe.

1. Jalan jauh enak sienta, kopling sama2 enteng, posisi duduk sama2 enak tp jok sienta lbh nyaman.
2. Lbh irit lio dikit, sama2 bisa pertalite tp performa lebih turun di sienta, running cost gk bsa bandingi soalnya sienta free jasa service, pajak sy lupa lg gk drmh gk bs liat stnk.
3. Sienta baru pake 8bln 6k km, blm ada apa2. Lio udh 3thn 30k km, blm pernah spooring ban hbs rata dan gk ada bunyi2 atau yg aneh2 harusnya brv lebih kuat ya.
4. Prestis sy rasa sama aja ya, tp klo harus milih ya sienta lbh prestis dikit. Hahaha...
Semoga membantu, maaf mlh bandingin sm sepupunya brv. [emoji1787]
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by qushay20019 »

Ane user BRV E MT '17, tapi gak pernah naik & bawa Sienta, jadi di bawah ini lebih ke user experience aja ya
budidarmj1 wrote: Tue Jan 22, 2019 9:43 ... budget max 170jt. Pilihan mengerucut pd Sienta G m/t' '17 atau BR-V m/t '17. Alasan pilihan manual krn mau kejar budget, efficiency, less maintenance, serta performa (agak suka seruntulan :mky_01: ). Rencana boil bakal menggantikan mbl perang sehari2, jg bakal sekali-kali utk liburan keluar kota. Pertanyaannya mana yg lbh baik soal:

1. Kenyamanan. Sienta mmg menang di peredaman nvh, namun gimana soal kenyamanan jarak jauh mengingat Brv pny arm rest di baris ke-2. Juga keentengan kopling serta posisi pengemudi kl jln ke luar kota & pegunungan.?
BRV sedikit keras suspensinya & bakal kerasa kalo sering lewat jalan kriting. Kalo tol/ rute luar kota sih enak sruntulan krn body roll minim. Solusinya, tekanan ban kasih standar aja sesuai minta pabrikan: 32 dpn 30 blkg kalo muatan gak full2 amat. Kopling enteng kok. Posisi nyetir yg kerendahan menurut ane, soalnya ane lebih suka tinggi liat kap mesin, jadinya ane tambah busa jok lagi.

2. Efficiency. Lebih irit mana, serta boil mana yg lbh tahan minum pertlite? Running cost (servis &parts). Juga kisaran pajak kl ada info
Kalo on pertalite, BRV ane bisa 1:11 - 1:12 dalkot dengan catatan nyetir santai banget. Dulu waktu masih minum pertamax bisa 1:12 - 1:13 dalkot nyetir santai.
Running cost standar aja sih kayaknya. Harga diler Mks: oli Honda 5W-30 semi-synthetic 110rb/L, filter oli mesin 50rb/pc, air radiator ijo 102rb/ 4 L.
Pajak ane kota Makassar progresif 1 total 3.9jt (udah termasuk SWDKLLJ). Kalo gak progresif mungkin sekitar 2.9jt


3. Durabilitas. Yah plg enggak mirip Xenia Li' 10 jadul ane yg sofar cukup memuaskan :big_slap: Mesin mana lbh bandel? Jg masalah kaki2 buat luar kota mengingat kaki2 BR-V keliatannya lbh badak kl dibanding Sienta.. :big_dunno:
Durabilitas ane blum bisa komen banyak. Kaki sih oke sejauh ini, gak kayak HRV mertua ane yg baru keluar diler ampe skrang bunyi ngik ngik mulu :big_slap:

4. Prestige. Mana yg lbh kerasa maupun lbh keliatan naik kelas? Maklum pengen naik kelas dr lmpv.. :big_blushing:
Ane gak gitu mentingin faktor ini sih. Orang2 (termasuk Honda) bilang BRV ini low SUV tapi menurut ane gak tepat krn BRV itu gak ada sporti2nya meskipun peak powernya 120 PS pada 6000 rpm. Kalo mo jujur ya BRV ini masuk kelas MPV lah, despite it's high ground clearance (201 mm).
Kecuali kalo yang om TS maksud BRV tipe Prestige, naah, itu memang ada... :big_chicken:

User avatar
bobstare
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Sun Apr 24, 2016 9:34

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by bobstare »

Kalau niatnya pakai mobil manual, sudah pasti ambil BRV mas bro. posisi mengemudi lebih enak BRV, posisi pedal rem gas dan kopling juga menurut saya lebih pas di BRV.
Kalo pake matik sih mungkin posisi pedal menjadi ga begitu pengaruh, tapi kalo pake manual harus ambil yang paling pass
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by ceiszha »

Nah iya kelupaan, posisi pedal2 sienta emg kurang pas tp mundurin jok dikit cukup membantu kok.
bryan_miner
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Fri Sep 11, 2009 11:35

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by bryan_miner »

Nyetir sendiri atau pake driver?
Beli mobil utk nyenengin keluarga atau diri sendiri?

Kalau Anda penikmat mengemudi, dengan pilihan di atas saya vote BR-V hanya karena 1 hal :
- Perkawinan performa 120PS milik L15A dengan rasio Transmisi MT 6 gigi BRV yg bisa bikin bibir Anda selalu tersenyum. Apalagi saat long haul trip semisal toll transjawa. Plus bonus efisiensi yg lebih karena tambahan 1 gigi saat cruising betul betul bikin RPM rendah dan minim getaran meski tentu tidak bisa menyaingi versi EarthDream CVTnya.
Setau saya cuma Brv yg punya Transmisi MT 6 speed di kelas LMPV-LSUV 3 Row.

Seharusnya poin kunci di atas bisa mengkompensasi BQ dan NVH nya yang betul betul sampah.
🚧🚧🚧🚧🚧 ROAD CLOSED 🚧🚧🚧🚧🚧
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by yudhisuwandono »

Sienta G nanggung speknya. Dari tampilan juga agak aneh. Q or V better. Takutnya nanti pas dijual.lg harganya turun. Cmiiw.
User avatar
febyrock
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Jan 19, 2018 12:56
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by febyrock »

Dua - duanya memang mobil yang cukup menarik untuk jadi pilihan dengan budget segitu.
Saya pernah naik Sienta yang manual, transmisinya enak, cukup halus.
Konsumsi BBM kedua mobil tsb juga mirip - mirip lah.
Cuma kalau sienta type G, velg nya belum two tone, bangku row kedua gak ada arm rest (baik yang di tengah maupun yang dipintu).

kalau saran saya, prefer ambil BR-V
Lebih oke buat dalam dan luar kota..
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by ceiszha »

bryan_miner wrote:Nyetir sendiri atau pake driver?
Beli mobil utk nyenengin keluarga atau diri sendiri?

Kalau Anda penikmat mengemudi, dengan pilihan di atas saya vote BR-V hanya karena 1 hal :
- Perkawinan performa 120PS milik L15A dengan rasio Transmisi MT 6 gigi BRV yg bisa bikin bibir Anda selalu tersenyum. Apalagi saat long haul trip semisal toll transjawa. Plus bonus efisiensi yg lebih karena tambahan 1 gigi saat cruising betul betul bikin RPM rendah dan minim getaran meski tentu tidak bisa menyaingi versi EarthDream CVTnya.
Setau saya cuma Brv yg punya Transmisi MT 6 speed di kelas LMPV-LSUV 3 Row.

Seharusnya poin kunci di atas bisa mengkompensasi BQ dan NVH nya yang betul betul sampah.
Sienta mt jg 6 speed om.
albertkartono
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Mar 12, 2018 3:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by albertkartono »

Seruntulan kyk enak brv om
Sienta rada limbung krn suspensi lbh lembut jg
Nyaman jelas sienta
Irit 11 12
Maintenence 22ny gmpg sienta dan brv make mesin lumayan berumur teknologiny dan ud teruji durabilityny
Presitge pst sienta om jdm jg
:mky_02: :big_exellent: :big_smoking:
EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by EOR24 »

kalo utk urusan prestige, saya vote for sienta

apalagi kalo udah buka pintu elektrik belakang, berasa keren aja gitu :big_grin:
triopdd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Fri Dec 14, 2018 2:52
Location: Jakarta

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by triopdd »

kalau suka seruntulan ambil br-v aja tenaga lebih gede terus kalau ada jalan jelek dikit agak cuek pastinya
1. Sienta lebih empuk tapi posisi mengemudi lebih enak br-v
2. mirip2, jangankan pertalite, mesin keduanya di pake taksi di isi ron 88
3. dua2nya mesin bandel(dipake taksi) tapi kalau sering ke luar kota lebih cocok br-v gc tinggi lebih tenang apalagi sebelumnya pake xenia
4. Sienta, model dan pintu elektrik terasa lebih wah tapi kalau br-v sebagian orang tidak bisa membedakan mana tipe bawah dan atas karena velg, lampu dan nya sama jadi keliatan bukan versi murah
cobalah melihat dari sudut pandang yang lain
budidarmj1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Jul 20, 2018 5:14
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Xenia

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by budidarmj1 »

Terima kasih om2 serta suhu2 semua atas saran & masukannya. Maaf ga sempat reply satu2.

Rencana mmg buat boil satu2nya antar sekolah, belanja juga sesekali naik trawas atau Batu/Malang pas liburan bw keluarga.

Memang dilema antara logika dgn perasaan sih; kl logika brv yg plg masuk akal. Tapi terlanjur kepincut Sienta pas dpt grab pulang dr loby mall; pintu geser elektrik serta kekedapan kabin sulit bikin mupon.. wkwkwkwk :big_biglaugh:


Oh iya apakah pasang belalai itu wajib buat obati tarikan bawah yg bolot? Gimana kl hny pasang ground cable? Apakah sdh cukup2..??
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by andyez86 »

bantu jawab ya om....klo kenyamanan jelas sienta sih...soal bandel kaki2 saya blm bs jawa....so far sienta Q di rmh dpke sm adek buat mbl perang sehari2...biasalah cewe bawa nya gmna sih....agak gradakan,lobang maen hajar,isi bensin jg ga pilih2 spbu.....mblnya aman2 aja smpe skrg,saya isi oli nya pake fastron gold 5w30...light modif nya cm pasang belalai sm ground cable aja....ud lmyan beda sih dibanding tanpa 2 barang itu...hhehhe....BR-V kata tmn sy keras suspensi nya....adek sy yg pke sienta jg kdg ikut tmn nya pakai BR-V jg blg keras suspensi nya...cm di sienta baris 2 agk cape klo jln jauh krn ga ada armrest nya
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by pengendiesel »

budidarmj1 wrote: Thu Jan 24, 2019 3:39 Terima kasih om2 serta suhu2 semua atas saran & masukannya. Maaf ga sempat reply satu2.

Rencana mmg buat boil satu2nya antar sekolah, belanja juga sesekali naik trawas atau Batu/Malang pas liburan bw keluarga.

Memang dilema antara logika dgn perasaan sih; kl logika brv yg plg masuk akal. Tapi terlanjur kepincut Sienta pas dpt grab pulang dr loby mall; pintu geser elektrik serta kekedapan kabin sulit bikin mupon.. wkwkwkwk :big_biglaugh:


Oh iya apakah pasang belalai itu wajib buat obati tarikan bawah yg bolot? Gimana kl hny pasang ground cable? Apakah sdh cukup2..??
Hati2 om, biasanya orang beli ngikut perasaan :mky_03:
Saya pake sienta q, selama ini tanjakan di trawas, cemoro sewu, desa2 di bedugul, kintamani aman kok.
Apalagi yg m/t, asal sudah fasih ngopling aja saya pikir kondisi standard gak akan masalah.
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by vp920b »

170 juta hampir bisa beli ertiga baru GL MT. Saya kemarin angkut di 178juta brand new gress nik 2018.

Sapa tau consider mobil baru.

Atau mobilio s MT juga dapet
User avatar
kramatbatu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
Location: Jakarta
Daily Vehicle: NCP93

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by kramatbatu »

izin bantu sharing xperience pengguna sienta v tp yg matic

(+)
ruang kabin lega
kekedapan suara bagus
pintu elektrik kiri kanan
posisi nyetir pas ( imho )
cocok buat keluarga
fitur lumayan komplit

(-)
tarikan lemot apalg di tanjakan ( seharusnya mt lbh kuat )
bbm agak boros
jok row ke 2 ga ada handrest samsek

pernah sempet nyobain naek brv pny sodara dr dalemnya persis bgt rasanya ky naek mobiloyo cmn beda casing luar doang :mky_01:

klo sy saranin ambl yg sienta V mt aja kluaran 2016/2017 awal kayanya udh dpt tuh
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
Crossoverjersey
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
Location: Bandung

Re: Bingung Sienta G m/t atau BR-V m/t

Post by Crossoverjersey »

Coba yang sabar memburu mobil second nya ...siapa tau dapat Sienta yg V Manual...

Yg G kan sliding nya cuma kiri doang ya...lum start stop engine