Pilihan memang tergantung empunya, tapi lebih baik kita lihat data mentah aja jadi gak terlalu subjektif.
Honda Fit
A: 3900mm, B: 1695mm, C: 1525mm, D: 2500mm, E: 1490mm (depan) 1475 (belakang), F: 150mm, G: 1825mm, H: 1415mm, I: 1290mm.
Suzuki SX4
Untuk perbandingan langsung, dimensi panjang menang SX4, tapi kayaknya faktor model bemper depan belakang yang mengkontribusikan panjang ekstra SX4. Panjang wheelbase sama, jadi tergantung pinter2an Suzuki atau Honda memanfaatkan ruangan dalam mobil. Lebar dan tinggi menang SX4, 1755mm Vs 1695mm dan 1605mm Vs 1525mm.
Dari segi bobot kosong, SX4 FF (2WD/matic) beratnya 1180 Kg, sementara Fit 1080 Kg. Soal berat mungkin lebih baik yang ringan yang menang, soalnya mengkontribusikan kepada konsumsi bensin, jadi Fit menang (lebih kecil gitu loh).
Dari segi eksterior SX4 lebih besar pasti, sekarang kita lihat dari segi spek (Jepang dan spekulasi).
Mesin Suzuki SX4, 1,5L VVT @110ps dengan konsumsi bensin matic 16,4 Km/L
Mesin Fit 1,3L VTEC @ 100ps dengan konsumsi bensin CVT 21,5 Km/L
Mesin Fit 1,5L VTEC @ 120ps dengan konsumsi bensin CVT 18,8 Km/L
Suzuki kebiri mesin M15A jadi 100ps untuk mengakomodir bensin kualitas Indonesia, kemungkinan besar Honda juga akan menggunakan taktik yang sama, kecuali harus dikasih minum bensin bagus. Jadi paling mesin L15 VTEC @ 110 ps masih ditawarkan... Gak tau deh i-DSI bakal ditawarin atau gak... Gw sih ogah pake i-DSI lagi, gak irit2 banget dibanding VTEC dan bonus boyo.
Dari segi interior...
Suzuki SX4
Honda Fit
Kita udah kenal fleksibilitas Honda Jazz, jadi gw harus kasih poin bagus untuk fungsi ULTRa seat Fit... Minimal gambar gak bisa boong, muat sepeda tuh. Dari segi kokpit, Fit lebih modern dengan seabrek tempat buat minuman, SX4 lebih simple. Untuk selera mungkin disini paling penting karena bagian ini yang bakal kita liat setiap hari. Gw sih belum masuk Fit/Jazz baru, tapi untuk SX4 khas Suzuki deh, simple tapi gimana gitu... Menarik aja. Untuk Jazz versi lokal, udah pasti head unit double din dan bisa diganti, yang pasti kenop pengatur AC gak berubah. SX4 punya Multi Information Display yang menampilkan informasi konsumsi bensin, jam dan thermometer suhu luar. Untuk Fit, informasi konsumsi bensin terintegrasi dengan tachometer, jam terintegrasi dengan head unit dan thermometer suhu beli di apotik terus tempel di kaca.
Kualitas audio... Sekarang ini sih masih subjektif. SX4 punya 8 speaker, 4 speaker utama dan 4 tweeter, dan udah dapet penghargaan salah satu mobil dengan audio terbaik versi majalah lokal. Tapi kita harus kasih peluang untuk Jazz baru secara kuantitas belum pasti menentukan kualitas.
Harga jual kembali, ini masih belum jelas. Tapi kalau dari sejarah Aerio Vs Jazz bekas, Aerio sedikit jatuh, terakhir gw liat Aerio 2003 dijual seharga 89 juta, dan Jazz 2004 gw ditawar 100 juta. Terpaut 10 juta mah kecil, gak signifikan cuma 10%. Jadi masih "terserah Anda".
Paling mainan dari segi harga nih. Melihat Suzuki mengkebiri fitur keamanan Swift untuk menurunkan harga, kemungkinan SX4 juga bakal ditawarkan versi terondolannya, tapi semoga versi fitur lengkap masih ditawarkan ya bro naldo
gw udah mau beli Swift tapi karena dikebiri jadi Swift ST batal deh. Jazz, udah pasti ditawarkan versi ompong, belum tau dari segi harga. Dengan produsen tampaknya berlomba2 menawarkan mobil ompong, Swift ST, Yaris J, paling ya Honda melenggang juga dengan Jazz ompong. Harga sih gw gak bisa tebak, tapi kalau dia pake mesin i-VTEC terbaru (1,3L dan 1,5L) seharusnya harga naik karena ini mesin baru dan yang pasti ada ongkos retooling mesin yang perlu dicover.
Kalau ada rekan2 yang mau menambahkan monggo... Tapi jangan lupa kasih sumber infonya ya biar yang mau bandingin SX4 Vs Jazz baru lebih kaya informasi.
Sumber
http://www.suzuki.co.jp/dom4/lineup/sx4/
http://www.honda.co.jp/Fit/