New Yaris 2018 Indo Spec

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8203
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by ChZ » 19 Feb 2018, 11:36

Tats wrote:
19 Feb 2018, 11:23
Sy pernah cerita di thread lain ttg ini tp sy cerita ulang deh hehe
Dulu sy pakai sx4 diisi bensin oktan 92 (harga 8000an) selalu ngisi 300rb setiap 2 minggu
Skr sy pakai trax diisi bensin oktan 98 (harga 9250-9650an) selalu ngisi 250rb setiap 2 minggu
Keduanya sy selalu isi saat tangki bensin tinggal menunjukan 2 bar
Ternyata malah sy lebih irit pakai mobil yg butuh perta turbo drpd pertamax hahaha

Contoh lainnya jazz gk5 di tol cruising 100-120 kmh bisa dapet sekitar 14-15km/l pakai oktan 92
Nah di saat yg sama civic turbo pakai oktan 98 bisa dapet 18-20 km/l
Silahkan itung lebih irit di dompet yg mana, bandingin biaya bensinnya ya jgn harga mobilnya hahahaha

Kalau sy sih berharap si tnga ini benar dikembangkan utk produk disini om
Karena teknologi yg advance emang bener2 terasa lebih baik dari mesin2 mainstream di sini
Khususnya dari sisi konsumsi bbm (walau konsekuensinya harus pakai oktan 98)
nah orang biasanya lebih mikir initial costnya "gile harus ngisi pertamax turbo, tekor bos", "gile harus ngisi pertamina dex".

Buat ane siii kalo mobilnya memang minta 98 apalagi berturbo pastinya tanpa babibu harusnya dah pada nyadar kudu ngisi perta turbo...

tapi theoritically Turbo memang untuk saat ini teknologi yang sangat efisien... ningkatin performa dan konsumsi bahan bakar sekaligus.

yang sulit adalah masyarakat kita, sorry to say, gak pernah mengapresiasi teknologi. Spt yang ane bilang... cuma siap dengan Kijang EFI dan Isuzu Panther... tinggal di kota besar, sanggup beli mobil 300 juta ngisi 92 aja masih nawar-nawar pertalit atau premium... bwat ane ngisi BBM bagus itu apresiasi teknologi...

jangan nyalahin ATPM gak mau masukin Diesel canggih dan mesin direct injection kesini. bwat ane TAM cukup realistis dan beralasan sih masukin mesin jadul dan spec-down.

Selain itu yang repot mekanik bengkel resmi kebanyakan anak STM baru lulus... di training (maaf) otaknya blom sampe... krn di sekolah diajarinnya mentok juga Kijang EFI dan Isuzu Panther, boro-boro Turbo, VVT dan GDI aja msh bingung...

dosa lainnya, BBM bagus nggak well-distributed sampe pelosok...

intinya ya masyarakatnya yang gak siap (perush minyak kan jg masyarakat indo toh? hehehe) semua involved sih.
2017 Honda Civic Turbo FK4

Image
http://chzautos.com/

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2247
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by sintoni » 19 Feb 2018, 11:42

NYoman wrote:
19 Feb 2018, 10:26

Ya tuker lele lu sama ini la~
:mky_02:
Tuker Brio sama ini aja om Nyoman. :mky_02:

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3117
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Singaraja-Surabaya-Bekasi-Adelaide
Contact:

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by NYoman » 19 Feb 2018, 12:19

sintoni wrote:
19 Feb 2018, 11:42
NYoman wrote:
19 Feb 2018, 10:26

Ya tuker lele lu sama ini la~
:mky_02:
Tuker Brio sama ini aja om Nyoman. :mky_02:
Kemungkinan besar iya bro.. Kalau ndak ya Sirion :D
Tats wrote:
19 Feb 2018, 11:23
NYoman wrote:
18 Feb 2018, 08:34
TNGA mesin nya dualport injection.. Yakin pada mau pakai oktan 98 semua? 😂😂😂😂😂

Pilihan menarik tp seperti biasa fitur2 yg gimmick jadi di tipe tertinggi aja hiks..
Sy pernah cerita di thread lain ttg ini tp sy cerita ulang deh hehe
Dulu sy pakai sx4 diisi bensin oktan 92 (harga 8000an) selalu ngisi 300rb setiap 2 minggu
Skr sy pakai trax diisi bensin oktan 98 (harga 9250-9650an) selalu ngisi 250rb setiap 2 minggu
Keduanya sy selalu isi saat tangki bensin tinggal menunjukan 2 bar
Ternyata malah sy lebih irit pakai mobil yg butuh perta turbo drpd pertamax hahaha

Contoh lainnya jazz gk5 di tol cruising 100-120 kmh bisa dapet sekitar 14-15km/l pakai oktan 92
Nah di saat yg sama civic turbo pakai oktan 98 bisa dapet 18-20 km/l
Silahkan itung lebih irit di dompet yg mana, bandingin biaya bensinnya ya jgn harga mobilnya hahahaha

Kalau sy sih berharap si tnga ini benar dikembangkan utk produk disini om
Karena teknologi yg advance emang bener2 terasa lebih baik dari mesin2 mainstream di sini
Khususnya dari sisi konsumsi bbm (walau konsekuensinya harus pakai oktan 98)
Pada dasarnya IYA, cuma banyak hal lain yang gak kesana mikirnya.. Salah satunya ya sepert yang di sebutkan ChZ, ngelatih para staff untuk mesin baru sangat2 gak masuk akal cost nya.. Ngomong masalah irit2an saya sendiri pakai mobil CC kecil bahkan gak begitu irit juga bawa keluar kota juga masih iritan mobil yang CC nya lebih gede padahal mesin yg CC nya gede itu teknologi mesin awal 90 an dibandingkan yang mobil CC kecil nah lho..

Balik ke masalah mesin, disini juga banyak yang sembarangan kan ingat Chevrolet pernah di hajar konsumen gara2 filter mampet padahal salah konsumen sendiri yang pakai BBM jelek.. Mesin bagus di cekokin BBM jelek yang rugi produsen nya karena harus menggaransi klaim.. Kalau di hanguskan nanti konsumen alay ngamuk ke YLKI, kasus lagi..
Dikasih mesin bagus perawatan seadanya macam pakai L300, dirawat di bengkel non resmi yang biasanya megang mesin K series ya buyar~

Masyarakat gak siap dan penjual BBM nya juga masih terlalu nyaman jualan~
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)

PlantFoot
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: 27 Feb 2013, 13:03

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by PlantFoot » 19 Feb 2018, 12:42

hahaha..jgnkan masyarakat awam..di forum ini yg lebih spesifik utk pecinta otomotif, toh msh byk yg lbh cinta premium drpd teknologi otomotif nya..maunya teknologi spek global tp bbm spek lokal... :mky_02:

User avatar
sintoni
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2247
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by sintoni » 19 Feb 2018, 12:44

NYoman wrote:
19 Feb 2018, 12:19

Kemungkinan besar iya bro.. Kalau ndak ya Sirion :D
Weleh, padahal masih kayak kemaren ane baca review Brio yang dibawa inreyen ke pulau Bali. :mky_02:

Ditunggu reviewnya ya bro Nyoman. :mky_03:

Sonzz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: 02 Dec 2017, 18:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz3SZ-VE

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by Sonzz » 19 Feb 2018, 13:09

Tats wrote:
19 Feb 2018, 11:23
NYoman wrote:
18 Feb 2018, 08:34
TNGA mesin nya dualport injection.. Yakin pada mau pakai oktan 98 semua? 😂😂😂😂😂

Pilihan menarik tp seperti biasa fitur2 yg gimmick jadi di tipe tertinggi aja hiks..
Sy pernah cerita di thread lain ttg ini tp sy cerita ulang deh hehe
Dulu sy pakai sx4 diisi bensin oktan 92 (harga 8000an) selalu ngisi 300rb setiap 2 minggu
Skr sy pakai trax diisi bensin oktan 98 (harga 9250-9650an) selalu ngisi 250rb setiap 2 minggu
Keduanya sy selalu isi saat tangki bensin tinggal menunjukan 2 bar
Ternyata malah sy lebih irit pakai mobil yg butuh perta turbo drpd pertamax hahaha

Contoh lainnya jazz gk5 di tol cruising 100-120 kmh bisa dapet sekitar 14-15km/l pakai oktan 92
Nah di saat yg sama civic turbo pakai oktan 98 bisa dapet 18-20 km/l
Silahkan itung lebih irit di dompet yg mana, bandingin biaya bensinnya ya jgn harga mobilnya hahahaha

Kalau sy sih berharap si tnga ini benar dikembangkan utk produk disini om
Karena teknologi yg advance emang bener2 terasa lebih baik dari mesin2 mainstream di sini
Khususnya dari sisi konsumsi bbm (walau konsekuensinya harus pakai oktan 98)
Wistuwis wrote:
18 Feb 2018, 14:27
Separah itukah radius putarnya?
Pernah coba pakai yaris lele, radius putarnya emang ga bagus om
Keluar parkiran aja kadang2 susah
Perbandingan om kyknya kurang apple to apple sih...keduanya membandingkan produk mesin N/A dengan mesin turbo...coba ambil contoh Avanza S 1.5 3SZ-VE dengan Veloz 2013 1.5 3SZ-VE...lebih irit yg Veloz...mskipun basis dan mesin nya sama (tpi psti ad beberapa part yg beda sedikit sperti suspensi,,stabilizer,,dll) tpi Veloz lbh irit...kenapa? Bobot lebih ringan,,Koefisien lbih membaik berkat kaca depan yg tidak trlalu tegak dibanding model Avanza lawas...itu setahu newbie...

Tats
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by Tats » 19 Feb 2018, 14:34

NYoman wrote:
19 Feb 2018, 12:19
Pada dasarnya IYA, cuma banyak hal lain yang gak kesana mikirnya.. Salah satunya ya sepert yang di sebutkan ChZ, ngelatih para staff untuk mesin baru sangat2 gak masuk akal cost nya.. Ngomong masalah irit2an saya sendiri pakai mobil CC kecil bahkan gak begitu irit juga bawa keluar kota juga masih iritan mobil yang CC nya lebih gede padahal mesin yg CC nya gede itu teknologi mesin awal 90 an dibandingkan yang mobil CC kecil nah lho..

Balik ke masalah mesin, disini juga banyak yang sembarangan kan ingat Chevrolet pernah di hajar konsumen gara2 filter mampet padahal salah konsumen sendiri yang pakai BBM jelek.. Mesin bagus di cekokin BBM jelek yang rugi produsen nya karena harus menggaransi klaim.. Kalau di hanguskan nanti konsumen alay ngamuk ke YLKI, kasus lagi..
Dikasih mesin bagus perawatan seadanya macam pakai L300, dirawat di bengkel non resmi yang biasanya megang mesin K series ya buyar~

Masyarakat gak siap dan penjual BBM nya juga masih terlalu nyaman jualan~
Hahahah betul sekali om nyoman
Ga heran atpm suka ngasih fitur pas2an dan beralasan itu hasil survei konsumen
Kadang2 sy suka penasaran isi kuesioner mereka dan siapa saja sampel mereka
Jangan2 pertanyaannya "bagaimana cara kerja mesin turbo?" trus dikasih ke ibu2 arisan ahaha

Tapi sy optimis karena sebentar lagi bensin specnya untuk mesin euro 4
Siapa tau mesin2 yg beneran bagus bisa dijual disini oleh atpm hehehe

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1508
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by daftar » 19 Feb 2018, 14:39

PlantFoot wrote:
19 Feb 2018, 12:42
hahaha..jgnkan masyarakat awam..di forum ini yg lebih spesifik utk pecinta otomotif, toh msh byk yg lbh cinta premium drpd teknologi otomotif nya..maunya teknologi spek global tp bbm spek lokal... :mky_02:
betul,, banyak trit yang membahas, 'Racun apa yang cocok untuk solar busuk / premium'
:ngacir:

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8203
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by ChZ » 19 Feb 2018, 14:48

daftar wrote:
PlantFoot wrote:
19 Feb 2018, 12:42
hahaha..jgnkan masyarakat awam..di forum ini yg lebih spesifik utk pecinta otomotif, toh msh byk yg lbh cinta premium drpd teknologi otomotif nya..maunya teknologi spek global tp bbm spek lokal... :mky_02:
betul,, banyak trit yang membahas, 'Racun apa yang cocok untuk solar busuk / premium'
Saya jujur agak dilema juga, tapi kalau kasusnya di desa atau road trip jauh yg jarang spbu besar mungkin pake racun masih tolerable lah...

Tapi kalau di kota besar... Mau menghemat sampe berapa banyak sih... Sama aja macet juga.

Bukan apa-apa sih, tp liat kadar sulphur di solar dan kualitas premium, apa ngga malah jd biaya besar waktu jangka panjang? Lbh sering ganti busi, kalibrasi injector, fuelpump lbh sering diservis...

Atas dasar pengalaman liat mbl2 diservis... Dah g pernah nyentuh yang namanya oktan di bawah 92... Kualitasnya memprihatinkan, kasian mobilnya.
2017 Honda Civic Turbo FK4

Image
http://chzautos.com/

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1545
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by kunaskun » 19 Feb 2018, 17:10

ChZ wrote:
19 Feb 2018, 14:48
betul,, banyak trit yang membahas, 'Racun apa yang cocok untuk solar busuk / premium'
Saya jujur agak dilema juga, tapi kalau kasusnya di desa atau road trip jauh yg jarang spbu besar mungkin pake racun masih tolerable lah...

Tapi kalau di kota besar... Mau menghemat sampe berapa banyak sih... Sama aja macet juga.

Bukan apa-apa sih, tp liat kadar sulphur di solar dan kualitas premium, apa ngga malah jd biaya besar waktu jangka panjang? Lbh sering ganti busi, kalibrasi injector, fuelpump lbh sering diservis...

Atas dasar pengalaman liat mbl2 diservis... Dah g pernah nyentuh yang namanya oktan di bawah 92... Kualitasnya memprihatinkan, kasian mobilnya.
[/quote]

kalau yang emang niat biasanya sudah dihitung kalau damage pakai bbm subsidi itu akan tetap lebih murah daripada isi non subsidi. ini saya pernah dijabarin. make sense si. tapi saya si counternya: males buang waktu trouble shooting apa yang rusak dsb, udah gitu aja.

dan masalah kaya gini kan ujung2nya sama dengan alasan avanza tetap berjaya di indo, yg banyak banget alasan dsb.

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8203
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by ChZ » 19 Feb 2018, 18:31

kunaskun wrote:
19 Feb 2018, 17:10

kalau yang emang niat biasanya sudah dihitung kalau damage pakai bbm subsidi itu akan tetap lebih murah daripada isi non subsidi. ini saya pernah dijabarin. make sense si. tapi saya si counternya: males buang waktu trouble shooting apa yang rusak dsb, udah gitu aja.

dan masalah kaya gini kan ujung2nya sama dengan alasan avanza tetap berjaya di indo, yg banyak banget alasan dsb.
betul om... sebenernya yang bikin avanza laku selain resale value ya itu... di saat mobil-mobil yang canggih dah break down karena BBM dan perawatan alakadar avanza masih jalan dan sehat walafiat... :mky_02:

gak tau deh ini avanza dual vvt-i bisa seawet K3VE atau enggak

hidup avanza! :ngacir:
2017 Honda Civic Turbo FK4

Image
http://chzautos.com/

Winz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: 16 Aug 2017, 15:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS_Dakar

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by Winz » 19 Feb 2018, 18:50

Ini HatchBack paling PeDe : http://otomotif.kompas.com/read/2018/02 ... s-facelift

John Peace Fun Day memang mantap :)

User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3117
Joined: 29 Mar 2007, 10:09
Location: Singaraja-Surabaya-Bekasi-Adelaide
Contact:

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by NYoman » 19 Feb 2018, 19:06

Racun sih buat saya mungkin udah gak kepakai sejak 2010 lalu.. Daerah yang biasa saya lewati semua tersedia BBM berkualitas even di tengah desa, jadi mungkin untuk saat ini orang juga gak perlu ragu sih untuk beli BBM terutama lintas Sumatra-Jawa -Bali.. Kecuali emg macam di Papua or Kalimantan ya disana exception..

Racun kalau tujuan nya untuk sekedar perawatan untuk membersihkan kerak it's ok kalau untuk menaikkan kualitas dan digunakan tiap kali isi BBM mungkin selain ribet jadinya bikin pengguna tersebut terasa pengen kelihatan kaya cuma gak bisa jalanin nya~ it's be like that.. (just my opinion)

Keluar dari topik dikit, saya pakai motor 125cc mungkin udah 10th terakhir service besar (buka blok mesin) itu tahun ke 3 punya motor artinya udah 7th lalu, kemarin buka2 lagi di bengkel masih bersih karena memang perawatan ok, bbm tepat untuk kompresi dan sampai sekarang running really well.. Kalau seluruh pengguna macam begini mungkin pabrikan gak ragu kok masukin mesin bagus..

Dengar2 tahun ini sudah EURO IV kan, mulai dari Gasoline sampai Diesel nya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)

Tats
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: 01 Oct 2017, 12:36

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by Tats » 19 Feb 2018, 19:31

Sonzz wrote:
19 Feb 2018, 13:09
Perbandingan om kyknya kurang apple to apple sih...keduanya membandingkan produk mesin N/A dengan mesin turbo...coba ambil contoh Avanza S 1.5 3SZ-VE dengan Veloz 2013 1.5 3SZ-VE...lebih irit yg Veloz...mskipun basis dan mesin nya sama (tpi psti ad beberapa part yg beda sedikit sperti suspensi,,stabilizer,,dll) tpi Veloz lbh irit...kenapa? Bobot lebih ringan,,Koefisien lbih membaik berkat kaca depan yg tidak trlalu tegak dibanding model Avanza lawas...itu setahu newbie...
Ya betul, memang sy sengaja membandingkannya apple to something else om
Soalnya sy membandingkan mesin yg butuh oktan 92 biaya bensinnya malah lebih mahal dari biaya bensin untuk mesin oktan 98
Kalau sy bandingkan avanza dan veloz kan mesin masih relatif sama, mau dibandingkan vvti dan dual vvti pun kompresi mesinnya masih bisa oktan 92...

akbarfit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by akbarfit » 19 Feb 2018, 20:58

Perlu diingat bahwa yang beli mobil dengan pengetahuan cukup itu hanya segelintir orang saja, dibanding dengan pembeli mobil pada umumnya di kelas ini...
Bensin murah is a must, karena nggak ada cerita yang namanya bensin mahal lebih terasa irit bagi mereka...

Betul bisa lebih irit... Tapi setelah di breakdown cost/km sangat terlihat ada beda yg nyata di running cost... Maintenance cost itu nomor sekian.. Gak semua orang beli mobil bisa dan mau mikir maintenance. Hanya orang-orang kota besar yang pikir begitu... Sisanya mobil tinggal jalan aja... Apalagi yang makin ke pelosok dan petani2 kaya raya yang bisa beli mobil tp gak tau rawatan... Banyak... Buaaannnnyaaaakkk..

Contoh ya skrg harga bensin termurah sampai grade 98 berapa per liter.
Ayo sekarang bandingkan cara hitungnya begini...
1 liter bensin X dapat berapa km, harga÷km
bandingkan dengan bensin Y dan Z dapat berapa km, coba nanti Harga÷Km ketemunya berapa.

Saya yakin tetap lebih murah yang paling murah.

Toyota pintar membangun pemenuhan kebutuhan. Excess dalam hal pola pikir (sistem, kecanggihan, dsbnya.) Hanya akan berdampak pada perawatan yang lebih sulit, mahal, dan tidak awet.

Contoh saja berapa banyak orang bilang Nissan mahal rumit dsbnya, hanya karena diberikan sebuah teknologi tambahan yg bisa membuat lebih irit tapi cost bila rusak cukup mahal. Pasti selalu akan ada kata dibanding Toyota X, lebih murah itu servis e... Apalah itu nissan, pake ini itu, mahal!!
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.

soerya0711
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 29 Mar 2016, 17:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by soerya0711 » 19 Feb 2018, 21:03

ChZ wrote:
19 Feb 2018, 11:07
Modelnya ngingetin sama Corolla Auris...

Image

Image

keren sih, apalagi pantatnya gak berasa aneh kayak Yaris sebelumnya... setelah disuguhi Rush yang begitu skrg disuguhi Yaris yang begini :mky_02:

Tapi please ayolah... mesinnya di-tuning dong... mesin NR nya Yaris memble nih...

soal safety, mungkin toyota udah sadar produknya dah terlalu mahal jd dijor-jorin fiturnya... satu hal yg bagus dr toyota astra jor-joran fitur tapi harga biasanya gak naik banyak...
Sorry OOT, Saya pernah pake nih Toyota nih om pas road trip di NZ.
Mesin dan Interior persis kyk Altis disini 1.8 CVT.

Pantatnya emang mirip2 dan susah dicerna juga.
Sayang gak masuk ke Indo. Klo masuk Harga mungkin bisa dibawah 400 buat yg mau naik kelas dr Yaris
IMG_3475.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
If it's stupid and it works, it's not stupid

User avatar
Joehard30
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: 28 Feb 2016, 08:28

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by Joehard30 » 19 Feb 2018, 21:09

akbarfit wrote:
19 Feb 2018, 20:58
Perlu diingat bahwa yang beli mobil dengan pengetahuan cukup itu hanya segelintir orang saja, dibanding dengan pembeli mobil pada umumnya di kelas ini...
Bensin murah is a must, karena nggak ada cerita yang namanya bensin mahal lebih terasa irit bagi mereka...

Betul bisa lebih irit... Tapi setelah di breakdown cost/km sangat terlihat ada beda yg nyata di running cost... Maintenance cost itu nomor sekian.. Gak semua orang beli mobil bisa dan mau mikir maintenance. Hanya orang-orang kota besar yang pikir begitu... Sisanya mobil tinggal jalan aja... Apalagi yang makin ke pelosok dan petani2 kaya raya yang bisa beli mobil tp gak tau rawatan... Banyak... Buaaannnnyaaaakkk..

Contoh ya skrg harga bensin termurah sampai grade 98 berapa per liter.
Ayo sekarang bandingkan cara hitungnya begini...
1 liter bensin X dapat berapa km, harga÷km
bandingkan dengan bensin Y dan Z dapat berapa km, coba nanti Harga÷Km ketemunya berapa.

Saya yakin tetap lebih murah yang paling murah.

Toyota pintar membangun pemenuhan kebutuhan. Excess dalam hal pola pikir (sistem, kecanggihan, dsbnya.) Hanya akan berdampak pada perawatan yang lebih sulit, mahal, dan tidak awet.

Contoh saja berapa banyak orang bilang Nissan mahal rumit dsbnya, hanya karena diberikan sebuah teknologi tambahan yg bisa membuat lebih irit tapi cost bila rusak cukup mahal. Pasti selalu akan ada kata dibanding Toyota X, lebih murah itu servis e... Apalah itu nissan, pake ini itu, mahal!!
Walo oe setuju bensin busuk dihapus, tp imho om, oktan tinggi rendah buat bensin g ngaruh k maintenance, karena nilai octan itu didapet dr nilai aditive yg gunanya cegah early ignition yg berakibat knocking. Jd kl mesin di pakein bensin busuk, mesinnya g pernah ngelitik y berarti aman, irit2 aja. Kl emang spec nya bolehin pake bensin busuk, kecuali model yg dr awal disetting anti bensin busuk, compression tinggi y lain cerita.

Malah percuma mobil yg dr awal disetting tahan bensin busuk diminumin high octane fuel, kompresinya diset rendah kok, buat apa octane tinggi.

D fifth gear pernah dicoba mobil biasa, dikasih bensin octane maximal nor additive g gt ngaruh di efficiency.

Tp yg pling bagus y bensin busuk dihapus, biar semua mobil d set high compression yg generally lebih efisien jd lbh ecofrenly
Last edited by Joehard30 on 19 Feb 2018, 21:14, edited 1 time in total.
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang

akbarfit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by akbarfit » 19 Feb 2018, 21:14

Setuju untuk tulisan diatas ini... Saya wrap up di bawah sendiri dari post ini.. Bahwa gak ada cerita turun mesin harganya beda kalo kerak / gores tipis dengan yang tebal disebabkan kalo pake bensin murah / mahal dan beda harga turmes bensin murah / mahal.


Harga BBM per hari ini di Jatim :
Premium, 6.550. Pertalite, 7.600. Pertamax, 8.600. Pertamax Turbo, 9.600. Dexlite, 7.500. Pertamina Dex, 9.250. Solar, 5.150.

Contoh X-Trail saya :
Pakai premium, pertalite, pmax, turbo dalkot ga jauh2 dari 6-7km/L
Lukot premium hanya mampu 9km/L
Lukot pertalite hanya mampu 9km/L
Lukot Pmax hanya mampu 10km/L
Pmax turbo hanya mampu 10-10.5km/L

6550/9 = 727rupiah/km
7600/9= 844.5rupiah/km
8600/10 = 860rupiah/km
9250/10.5 = 880rupiah/km

Kalao bedanya sekitar 1-3km/L tiap gradenya, ada titik dimana akan unda undi / setara atau bahkan lebih murah dr bensin murah . sayangnya itu kondisi Ideal yang pasti sulit tercapai di jalan raya dan hanya sesekali di tol... Apa ya tiap hari ngetol... Apa ya tiap hari di semua tempat orang hidup itu jalan lancar kayak air lari 50-60km/h kan ya enggak. Saya rasa lebih banyak penggunaan <40km/h


Bedanya dikit, harganya jauh... Breakdown costnya jauh lebih murah pakai yang murah.. Kalikan 10-20-30-40Liter... Uang 50rb juga lumayan utk yg lain. Dan yg begini tidak sedikit, saya memberikan ilustrasi dan gambaran masyarakat real kita. Feeling tidak berlaku, banyak orang injak gas bensin oktan rendah dan tinggi ga merasakan perbedaan. Dan itu buanyaaak.... Buanyak orang mikir begini... Makanya kalo sudah punya mobil bagus... Jangan terlalu pikir FC lah... Bedanya sedikit. Bener lebih irit, tp bensinnya lebih mahal. Ujung2nya lebih mahal. Seberapa banyak sih mobil ente yang dipegang sampai betul2 rusak jeroannya karena bensin? Paling belum rusak sudah jual lagi... Cuman hanya berdasar fakta dan teori semata belum sampai ada experience mengalami... Itu yang saya agak kurang suka dari sebuah pembahasan FC. Running cost itu bagi kebanyakan orang harus murah... Maintenance cost itu nomor sekian...

Bagi yang belum pernah merasakan maintenance dan beli bensin pakai uang gaji sendiri pasti belum paham hitungan begini... Ini bisa mengacaukan porsi uang utk kebutuhan hidup, kebutuhan sosial (kerja, dirumah, tetangga, kawan, main), dan simpanan... Hahahhaha
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.

Duvebriliant0
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 07 Feb 2016, 16:03

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by Duvebriliant0 » 19 Feb 2018, 21:24

soerya0711 wrote:
19 Feb 2018, 21:03
ChZ wrote:
19 Feb 2018, 11:07
Modelnya ngingetin sama Corolla Auris...

Image

Image

keren sih, apalagi pantatnya gak berasa aneh kayak Yaris sebelumnya... setelah disuguhi Rush yang begitu skrg disuguhi Yaris yang begini :mky_02:

Tapi please ayolah... mesinnya di-tuning dong... mesin NR nya Yaris memble nih...

soal safety, mungkin toyota udah sadar produknya dah terlalu mahal jd dijor-jorin fiturnya... satu hal yg bagus dr toyota astra jor-joran fitur tapi harga biasanya gak naik banyak...
Sorry OOT, Saya pernah pake nih Toyota nih om pas road trip di NZ.
Mesin dan Interior persis kyk Altis disini 1.8 CVT.

Pantatnya emang mirip2 dan susah dicerna juga.
Sayang gak masuk ke Indo. Klo masuk Harga mungkin bisa dibawah 400 buat yg mau naik kelas dr Yaris
IMG_3475.JPG
wah kalo masuk sini bisa jadi lawannya civic hatchback boleh juga nih
2011 3SZ-VE
2015 1KR-DE

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 737
Joined: 24 Jun 2017, 22:39

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by liemivan86 » 19 Feb 2018, 21:55


Joehard30 wrote: Walo oe setuju bensin busuk dihapus, tp imho om, oktan tinggi rendah buat bensin g ngaruh k maintenance, karena nilai octan itu didapet dr nilai aditive yg gunanya cegah early ignition yg berakibat knocking. Jd kl mesin di pakein bensin busuk, mesinnya g pernah ngelitik y berarti aman, irit2 aja. Kl emang spec nya bolehin pake bensin busuk, kecuali model yg dr awal disetting anti bensin busuk, compression tinggi y lain cerita.

Malah percuma mobil yg dr awal disetting tahan bensin busuk diminumin high octane fuel, kompresinya diset rendah kok, buat apa octane tinggi.

D fifth gear pernah dicoba mobil biasa, dikasih bensin octane maximal nor additive g gt ngaruh di efficiency.

Tp yg pling bagus y bensin busuk dihapus, biar semua mobil d set high compression yg generally lebih efisien jd lbh ecofrenly
Pola pikir nya begini sih, masyarakat hanya mau pakai bensin murah > produsen harus mengikuti demand > produsen menurunkan Spec mesin demi bisa pakai bensin murah > lebih boros > masyarakat cari mobil yang bisa bensin murah dan irit > dan seterusnya..

Di Jepang, hanya ada 2 bensin, 95 dan 98. Mercedes-Benz E300 teman saya di set untuk octane 98. Tapi dia ngomong, Mercedes-Benz juga bisa setting, seandainya ada customer yang minta octane 95. Jadi kita bisa pakai bensin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mobil kita.

Kalo di Indo, avanza saat ini di setting untuk minum 88. Kalo ada yang pakai 90, 92, 95, 98, ya pasti akan lebih boros secara rupiah, karena mesin tidak di set untuk octane segitu. Akhirnya ya konsumen akan kembali pakai 88 lagi.

Never ending devil's circle..

banglontong
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: 30 May 2017, 15:04
Location: jakarta
Daily Vehicle: belombeli

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by banglontong » 19 Feb 2018, 22:07

ChZ wrote:
19 Feb 2018, 11:36
....

dosa lainnya, BBM bagus nggak well-distributed sampe pelosok...

intinya ya masyarakatnya yang gak siap (perush minyak kan jg masyarakat indo toh? hehehe) semua involved sih.
nah ini nih yg bikin gw banyak mikir2 buat beli mobil yg aga2 canggihan.. ngerti sih kalo dalem kota jkt mah gampang2 aja, tapi mobil canggih kan kenceng dan pasti mau buat dibawa jalan2 jauh setaun dua tiga kali.. tapi ya kalo pas sesekali itu dijejelin bensin pertalite gara2 ga ada bensin bagusan, ngeri rusak dah..

misalnya ane mo jalan2 dari jakarta ampe ke pangandaran gitu pake mobil yang ngisi bensin harus pertabo (misal trax, civbo), diisiin pertamax turbo di jkt tapi sisanya diisiin pertamax disepanjang jalan sampe balik jkt.. sebenernya nyampur2 bensin di case2 begini itu bisa bikin mobil rusak ga?

ga heran sih kalo ada atpm males masukin model2 yg mesinnya canggih2, mending masukin model2 tahan banting spek rendah dan kejar volume.. orang indo ga mau pusing sih dan yg penting keliatan murah.. emak ane aja pake freed dari 2011 ampe skarang ga mau even isi pertalite, maunya premium.. kadang kesel juga tapi kl gw abis pake mau ngisi full tank agak takut juga kl keseringan nyampur2 pertalite/pertamax ama premium

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8203
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by ChZ » 19 Feb 2018, 22:25

soerya0711 wrote:
19 Feb 2018, 21:03
ChZ wrote:
19 Feb 2018, 11:07
Modelnya ngingetin sama Corolla Auris...

Image

Image

keren sih, apalagi pantatnya gak berasa aneh kayak Yaris sebelumnya... setelah disuguhi Rush yang begitu skrg disuguhi Yaris yang begini :mky_02:

Tapi please ayolah... mesinnya di-tuning dong... mesin NR nya Yaris memble nih...

soal safety, mungkin toyota udah sadar produknya dah terlalu mahal jd dijor-jorin fiturnya... satu hal yg bagus dr toyota astra jor-joran fitur tapi harga biasanya gak naik banyak...
Sorry OOT, Saya pernah pake nih Toyota nih om pas road trip di NZ.
Mesin dan Interior persis kyk Altis disini 1.8 CVT.

Pantatnya emang mirip2 dan susah dicerna juga.
Sayang gak masuk ke Indo. Klo masuk Harga mungkin bisa dibawah 400 buat yg mau naik kelas dr Yaris
IMG_3475.JPG
Iya om, Corolla dari dulu soalnya identik sama sedan medium... tapi bisa jd masuk mengingat skrg lagi trend medium hatch... mazda brani masukin 3 lagi... barangkali toyota brani masukin auris :mky_02: cm ya ane yakin peminat auris gak akan se-hype civic maupun mazda3... yah toyota dari dulu gak pernah terkenal jadi merek yang "sporti".
Joehard30 wrote:
19 Feb 2018, 21:09

Walo oe setuju bensin busuk dihapus, tp imho om, oktan tinggi rendah buat bensin g ngaruh k maintenance, karena nilai octan itu didapet dr nilai aditive yg gunanya cegah early ignition yg berakibat knocking. Jd kl mesin di pakein bensin busuk, mesinnya g pernah ngelitik y berarti aman, irit2 aja. Kl emang spec nya bolehin pake bensin busuk, kecuali model yg dr awal disetting anti bensin busuk, compression tinggi y lain cerita.

Malah percuma mobil yg dr awal disetting tahan bensin busuk diminumin high octane fuel, kompresinya diset rendah kok, buat apa octane tinggi.

D fifth gear pernah dicoba mobil biasa, dikasih bensin octane maximal nor additive g gt ngaruh di efficiency.

Tp yg pling bagus y bensin busuk dihapus, biar semua mobil d set high compression yg generally lebih efisien jd lbh ecofrenly
Bensin busuk sbnrnya bukan masalah soal oktan rendahnya aja om... yang berpotensi merusak adalah kotorannya. Klo oktan rendah, mobil zaman now sudah ada knock sensor bisa retard sampai batas tertentu dan aman-aman aja paling resiko tarikan loyo dan agak boros dikit...

Inget kasus tahun sekitar 2009 yang banyak fuel pump macet gara-gara diisi bbm subsidi ? atau klo liat solar / biosolar, gak jarang ada kandungan airnya dan endapan - endapan lumpur... bayangin tu dari fuelpump sampe injektor brapa banyak komponen yg suffer... wkwkwkw....

Betul, premium fuel (maksudnya oktan tinggi) dikasih ke mobil yang cuma butul regular gak akan ada efeknya, adapun kecil sekali. Kecuali memang mesinnya punya mapping untuk advance timing cukup banyak... biasa yang ngaruh dikasih octane lbh tinggi dari permintaan adalah mesin GDI kompresi tinggi seperti Mazda SKYACTIV, dan mesin-mesin pake turbo...

civic FB sya dikasih pertamax turbo larinya ya tetep begitu... bensinnya ya tetep begitu... wong gak punya mapping nya buat majuin timing sampe segitu.

menurut ane Indo sih udah ketinggalan jauh ... masih sediain oktan di bawah 92 ... selama ini terlalu dimanja sama yang namanya bbm subsidi... negara tetangga mana ada yang sediain oktan rendah...

tp ya masyarakatnya insist cinta BBM jelek nan murah... ya udah... kembali ke diri masing-masing aja... klo ane sih ngukur FC cuma buat seru-seruan aja, running cost, jujur selama ini gak pernah ngitung sih... wong ngisi 400rb bisa buat 2 - 3 minggu... mobilnya irit dan tangkinya gede, ngisi klo mau abis :ngacir: makanya gua bilang apa, cuma siap ma Kijang EFI dan Isuzu Panther... wong jangankan mikir teknologi canggih... penting kan bisa isi BBM murah...

intinya klo mau pake mbl dan gak boros ya di-manage pakenya... klo bisa jalan kaki atau naik gojek gak usah bawa mobil :ngacir:
2017 Honda Civic Turbo FK4

Image
http://chzautos.com/

Kent
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by Kent » 19 Feb 2018, 22:30

akbarfit wrote:
19 Feb 2018, 21:14
Setuju untuk tulisan diatas ini... Saya wrap up di bawah sendiri dari post ini.. Bahwa gak ada cerita turun mesin harganya beda kalo kerak / gores tipis dengan yang tebal disebabkan kalo pake bensin murah / mahal dan beda harga turmes bensin murah / mahal.


Harga BBM per hari ini di Jatim :
Premium, 6.550. Pertalite, 7.600. Pertamax, 8.600. Pertamax Turbo, 9.600. Dexlite, 7.500. Pertamina Dex, 9.250. Solar, 5.150.

Contoh X-Trail saya :
Pakai premium, pertalite, pmax, turbo dalkot ga jauh2 dari 6-7km/L
Lukot premium hanya mampu 9km/L
Lukot pertalite hanya mampu 9km/L
Lukot Pmax hanya mampu 10km/L
Pmax turbo hanya mampu 10-10.5km/L

6550/9 = 727rupiah/km
7600/9= 844.5rupiah/km
8600/10 = 860rupiah/km
9250/10.5 = 880rupiah/km

Kalao bedanya sekitar 1-3km/L tiap gradenya, ada titik dimana akan unda undi / setara atau bahkan lebih murah dr bensin murah . sayangnya itu kondisi Ideal yang pasti sulit tercapai di jalan raya dan hanya sesekali di tol... Apa ya tiap hari ngetol... Apa ya tiap hari di semua tempat orang hidup itu jalan lancar kayak air lari 50-60km/h kan ya enggak. Saya rasa lebih banyak penggunaan <40km/h


Bedanya dikit, harganya jauh... Breakdown costnya jauh lebih murah pakai yang murah.. Kalikan 10-20-30-40Liter... Uang 50rb juga lumayan utk yg lain. Dan yg begini tidak sedikit, saya memberikan ilustrasi dan gambaran masyarakat real kita. Feeling tidak berlaku, banyak orang injak gas bensin oktan rendah dan tinggi ga merasakan perbedaan. Dan itu buanyaaak.... Buanyak orang mikir begini... Makanya kalo sudah punya mobil bagus... Jangan terlalu pikir FC lah... Bedanya sedikit. Bener lebih irit, tp bensinnya lebih mahal. Ujung2nya lebih mahal. Seberapa banyak sih mobil ente yang dipegang sampai betul2 rusak jeroannya karena bensin? Paling belum rusak sudah jual lagi... Cuman hanya berdasar fakta dan teori semata belum sampai ada experience mengalami... Itu yang saya agak kurang suka dari sebuah pembahasan FC. Running cost itu bagi kebanyakan orang harus murah... Maintenance cost itu nomor sekian...

Bagi yang belum pernah merasakan maintenance dan beli bensin pakai uang gaji sendiri pasti belum paham hitungan begini... Ini bisa mengacaukan porsi uang utk kebutuhan hidup, kebutuhan sosial (kerja, dirumah, tetangga, kawan, main), dan simpanan... Hahahhaha
Saya termasuk org yg sgt setuju dengan bro Akbarfit.
Sy pikir mobil juga 5-7thn tidak akan sampe rusak begitu.
yang bisa di irit ya di irit.
beda kepala beda priority.

untuk CX5 sy tetap isi turbo, tp sambil kesel tiap kali refuel di pom bensin.
walau seneng kenceng nya.
tp goal saya sebenarnya beli mobil yang Civic, CRV, HRV, CX5 ya karena safety nya di minimum threshold membuat hati merasa aman.

sy dr tahun ada plan beli HRV untuk adek saya, liat yaris ini malah kepikiran beli Yaris aja.
karena safety lengkap, dan mobil Toyota mau apapun pzt tinggi ground clearance nya.
jadi tidak perlu HRV lagi. dan sy yakin pasti lebih irit yaris dibanding hrv.
karena lebih pendek.

jika harga nya gk naik, sgt pertimbangan Yaris baru ini.
6 airbags, dan BA yang paling penting.
Nunggu facelift HRV kelamaan.

Kent
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 26 May 2009, 20:52

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by Kent » 19 Feb 2018, 22:34

ChZ wrote:
19 Feb 2018, 22:25

civic FB sya dikasih pertamax turbo larinya ya tetep begitu... bensinnya ya tetep begitu... wong gak punya mapping nya buat majuin timing sampe segitu.

menurut ane Indo sih udah ketinggalan jauh ... masih sediain oktan di bawah 92 ... selama ini terlalu dimanja sama yang namanya bbm subsidi... negara tetangga mana ada yang sediain oktan rendah...

tp ya masyarakatnya insist cinta BBM jelek nan murah... ya udah... tanpa ada ancaman dari pihak ATPM dan ATPM yang msh takut2 ngancem gugurin garansi ntar mobil ga laku... ya susah.
untuk FB nya
coba isi turbo nya 10 liter atau maximum di 20 liter. sisa full tank pertamax.
pasti lebih lari dan ekonomis biaya nya bensin nya juga.

tapi Vpower kemarin sy coba test isi (setelah sekian lama gk pernah isi setelah turbo launch), jauh lebih narik vpower dibanding turbo.
kayak setan isi Vpower, tapi ya borosnya jg dahsyat.

User avatar
ChZ
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8203
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: New Yaris 2018 Indo Spec

Post by ChZ » 19 Feb 2018, 22:40

Kent wrote:
19 Feb 2018, 22:34

untuk FB nya
coba isi turbo nya 10 liter atau maximum di 20 liter. sisa full tank pertamax.
pasti lebih lari dan ekonomis biaya nya bensin nya juga.

tapi Vpower kemarin sy coba test isi (setelah sekian lama gk pernah isi setelah turbo launch), jauh lebih narik vpower dibanding turbo.
kayak setan isi Vpower, tapi ya borosnya jg dahsyat.
lah jangankan 10-20 liter om, pernah iseng ngisi full tank :ngacir:

dirasa-rasain ya beda nya ada tapi nggak signifikan banget, bensin tetep sama sekitar 9-11 km/l dalem kota... tekor om ngisi turbo di FB, tangkinya dalem :ngacir: selisihnya lumayan nombokin bayar kost-an om.. :ngacir:
2017 Honda Civic Turbo FK4

Image
http://chzautos.com/

Post Reply

Return to “Other (car) Types”