Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

banglontong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue May 30, 2017 8:04
Location: jakarta
Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro

Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by banglontong »

halo mastah2.. silent reader mau konsultasi nih

setelah bertahun2 jadi parasit minjem2 mobil orangtua mulu tiap weekend (freed atau captiva), gw baru pertama mau beli mobil sendiri krn emang dari dulu nabung lebih lamaan supaya bisa beli mobil pertama yang rada cepet (i.e. yg diatas LMPV atau hatchback yang semacem jazz, yaris, 2).. dari dulu pernah kepincut sama civic FD, tapi kalo dipikir2 enakan nabung lamaan trus beli mobil baru aja deh, uda 6-7 tahun juga itu civic FD sejak terakhir keluar kayaknya.. mindset gw uda dari dulu udah civic jadi udah set target nabung dan berhemat sambil makan nasi kecap buat beli civic HB.. trus pas browsing2 gw nemu si trax, ini barang kok murah tapi turbo juga.. kaya akan fitur pula.. iman pun sedikit goyah

jadi so far budget gw ga lebih dari 400 juta dan gw naksir sama chevy trax dan civic hatchback.. enakan pilih yang mana ya? ane sih paling cari yang paling fun to drive, enak diajak tarik2an kl lagi nyetir sendiri.. gw ga ngerti2 amat soal teknis dan perawatan mobil juga jadi mo cari yang lebih ga ribet perawatannya dan ga usah sering2 berkunjung ke bengkel.. gw tinggal di jakarta juga jadi coverage bengkel resmi dua2nya masih bisa terjangkau sepelemparan batu.. rencana mostly nyetir juga disekitaran jakarta aja, ke kantor seminggu paling 2-3 kali karena ganjil genap dan jarak rumah - kantor cuma 6 - 7 kiloan.. dan kalo uda mobil sendiri, jalan2 weekend bisa agak jauhan, sekali tiap 2 bulan mungkin mau ke bogor or bandung buat kentjan sama calon nyonya

gw tau sih dua mobil itu beda, tapi so far ga ada yg banding2in head to head antara 2 mobil itu

mohon petuah2nya ya suhu2 disini tentang mobil mana yg mesti ane ambil.. trims
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by kendibocor »

Secara performa sih civic Hb. Apalg kalo budget cukup, tp baca di thread sebelah banyak masalah yg blm solved sama atpmnya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by vp920b »

Kalau ada pikiran calon nyonya sih, mending beli trax aja. Lebih all rounder. Walaupun ga akan sekenceng civic sih, tapi fitur dapet, safety dapet, udah VSC dan 6 airbag, tv uda dapet, ban continental.

Sudah coba dan suka. Sekarang ex test drivenya cuma dihargain 250jutaan. KM baru 3000-4000an dan masih full warranty 3 tahun.

Sisanya buat nabung, merit itu mahal sekali masalahnya. :emo-big_love:

Lebih mahal dari beli civic HB dan miara civic... Wkwkwkwkwkwkwk.. :wkkk:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by qushay20019 »

sepakat sama di atas ane. Mleihat track record HPM dalam 3-4 tahun terakhir yg makin menurun, mending ambil Trax. Tapi kalo om TS udah termimpi2 si sipik, ya udah angkut aja, toh udah nabung sekian lama ini...
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1958
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by alvin23 »

wah beda kelas mobil sih haha. tapi kalo cuma liat fitur, Trax emang bisa ngimbangin mobil-mobil yang harganya jauh lebih mahal.

Trus ASS Chevy gajelek2 amat kok, kalo garansi, replacement part gampang, gabanyak cincong edukasi hehe. Jasa masih gratis kayaknya ampe 50000 km. Paling harga oli aja rada mahal, soalnya selalu pake Full Syn kalo di chevy

ohya, karena 2-2nya mesin turbo, jadi asumsinya bbm ya sama2 butuh pertamax turbo lah hehe
Rocky R ADS CVT 2021
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by Tats »

Test drive dua2nya aja om
Kalau memang ada budget berlebih sy pilih civic turbo HB
Mobilnya enak, mesin turbo+cvt honda terasa lebih lincah dibanding mesin turbo+6speed punya trax
Exterior dan interiornya civic juga keren, bisa bikin bangga pemiliknya

Tapi trax juga mesinnya tetap terasa sangat bertenaga, apalagi kalau terbiasa pakai captiva dan freed
Kebetulan sy pakai captiva vcdi dan trax, dulu captiva rasanya kencang
Pas punya trax ini rasanya captiva jadi lemot hahaha

Dulu sy sama kaya om, pengen ambil civic turbo atau trax (dan vw tiguan karena dapet diskon gede hehe)
Setelah TD semuanya, ternyata trax udah cukup buat sy dan akhirnya sy ambil trax
Tapi walau begitu, sampai skr sy masih ada rasa2 penasaran sm si civic loh hahahaha
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by martinnn »

vp920b wrote: Tue Jan 30, 2018 2:22 Kalau ada pikiran calon nyonya sih, mending beli trax aja. Lebih all rounder. Walaupun ga akan sekenceng civic sih, tapi fitur dapet, safety dapet, udah VSC dan 6 airbag, tv uda dapet, ban continental.

Sudah coba dan suka. Sekarang ex test drivenya cuma dihargain 250jutaan. KM baru 3000-4000an dan masih full warranty 3 tahun.

Sisanya buat nabung, merit itu mahal sekali masalahnya. :emo-big_love:

Lebih mahal dari beli civic HB dan miara civic... Wkwkwkwkwkwkwk.. :wkkk:
untung dulu gw waktu merit cuma abis seharga veloz :mky_03:


anyway melihat BQ honda yang banyak masalah...dan kalau untuk dipakai lebih dari 5 tahun ogut vote trax deh
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by apoge »

Dari harga aja civic udah lebih mehong logikanya civic jauh lebih mantab, bagus, keren dll, dari trax. Tapi ts dari dulu mimpinya civic ya ambil civic aja daripada tar kebayang civic trus.
Lagian di indo KAlO BUKAN MEREK JEPANG BUKAN MOBIL.
Isu hpm dan mobilnya yg ada bermasalah gpp lah temennya yg senasib sependeritaan kan banyak hehehe just kidding. :big_deal:
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by vp920b »

martinnn wrote: Tue Jan 30, 2018 2:38
vp920b wrote: Tue Jan 30, 2018 2:22 Kalau ada pikiran calon nyonya sih, mending beli trax aja. Lebih all rounder. Walaupun ga akan sekenceng civic sih, tapi fitur dapet, safety dapet, udah VSC dan 6 airbag, tv uda dapet, ban continental.

Sudah coba dan suka. Sekarang ex test drivenya cuma dihargain 250jutaan. KM baru 3000-4000an dan masih full warranty 3 tahun.

Sisanya buat nabung, merit itu mahal sekali masalahnya. :emo-big_love:

Lebih mahal dari beli civic HB dan miara civic... Wkwkwkwkwkwkwk.. :wkkk:
untung dulu gw waktu merit cuma abis seharga veloz :mky_03:


anyway melihat BQ honda yang banyak masalah...dan kalau untuk dipakai lebih dari 5 tahun ogut vote trax deh
Meritan tiap tahun naik 10-20%.. Inflasinya lebih kenceng dari harga mobil.. wkwkwkwkw :mky_03:

Tahun lalu gw merit abis se ford everest.. Wakakakakak :big_bored:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by martinnn »

vp920b wrote: Tue Jan 30, 2018 2:43
martinnn wrote: Tue Jan 30, 2018 2:38
vp920b wrote: Tue Jan 30, 2018 2:22 Kalau ada pikiran calon nyonya sih, mending beli trax aja. Lebih all rounder. Walaupun ga akan sekenceng civic sih, tapi fitur dapet, safety dapet, udah VSC dan 6 airbag, tv uda dapet, ban continental.

Sudah coba dan suka. Sekarang ex test drivenya cuma dihargain 250jutaan. KM baru 3000-4000an dan masih full warranty 3 tahun.

Sisanya buat nabung, merit itu mahal sekali masalahnya. :emo-big_love:

Lebih mahal dari beli civic HB dan miara civic... Wkwkwkwkwkwkwk.. :wkkk:
untung dulu gw waktu merit cuma abis seharga veloz :mky_03:


anyway melihat BQ honda yang banyak masalah...dan kalau untuk dipakai lebih dari 5 tahun ogut vote trax deh
Meritan tiap tahun naik 10-20%.. Inflasinya lebih kenceng dari harga mobil.. wkwkwkwkw :mky_03:

Tahun lalu gw merit abis se ford everest.. Wakakakakak :big_bored:
setuju....bisnis yang menjanjikan....tiap pameran wedding pengunjung membludak...tanggal cantik selalu full booked...bahkan tanggal non cantik aja harus book 1-2 tahun sebelumnya... :mky_02:

gak jelas apa yang bikin naik....bisnis bahagia dan bisnis orang mati tak mengenal musim :mky_07:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by ChZ »

setelah bertahun2 jadi parasit minjem2 mobil orangtua mulu tiap weekend (freed atau captiva), gw baru pertama mau beli mobil sendiri krn emang dari dulu nabung lebih lamaan supaya bisa beli mobil pertama yang rada cepet (i.e. yg diatas LMPV atau hatchback yang semacem jazz, yaris, 2).. dari dulu pernah kepincut sama civic FD, tapi kalo dipikir2 enakan nabung lamaan trus beli mobil baru aja deh, uda 6-7 tahun juga itu civic FD sejak terakhir keluar kayaknya.. mindset gw uda dari dulu udah civic jadi udah set target nabung dan berhemat sambil makan nasi kecap buat beli civic HB.. trus pas browsing2 gw nemu si trax, ini barang kok murah tapi turbo juga.. kaya akan fitur pula.. iman pun sedikit goyah
Udaaah kalo gini sih jelas ya... gak bakal nyesel kok ngambil... baru pake sekitar 2 bulan sih, odometer jg baru seribuan... banyak nganggur di rumah mobilnya... cuma skali nyetir sih nagih banget apalagi klo dah ketemu jalan kosong dan meliuk-liuk...

Jauh lhar naikannya dari Chevy Trax... satunya rear independent multilink satunya torsion beam... kelas HR-V ...

gantengnya juga langit bumi... liat Trax di jalan saya nggak pernah dapet impresinya... meskipun yang FL jauh lebih ganteng cuma tetep berasa kok agak kurang proporsional ya ni mobil...

Untuk batch sekarang rasanya bisa agak tenang ... menurut saya kasus di sebelah itu mungkin juga bagian batch yang kena recall di luaran soal 3-way joint nya...

sekedar buat eye candy aja... sekalian bikin om TS ngidam...

Image

Pilihan lain daripada Trax sih mending Mazda3 ya... beda tipissss aja dari Civic HB... ngga turbo sih tapi ngga pelan juga

Image
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by farizfsa »

mmh trax aja minta diskonan yang banyak

sisa duit nya jd masih banyak (mungkin masih sisa 150jtan) drpd beli civic hb mungkin after diskon cuma sisa (15jutaan)

sisa uang bisa buat
-nikah dan/atau
-sewa apt/rumah 1-3 tahun
- atau bisa di puter lg jd apa kek

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
lutvi20
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Mon Aug 07, 2017 7:06

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by lutvi20 »

ChZ wrote:
setelah bertahun2 jadi parasit minjem2 mobil orangtua mulu tiap weekend (freed atau captiva), gw baru pertama mau beli mobil sendiri krn emang dari dulu nabung lebih lamaan supaya bisa beli mobil pertama yang rada cepet (i.e. yg diatas LMPV atau hatchback yang semacem jazz, yaris, 2).. dari dulu pernah kepincut sama civic FD, tapi kalo dipikir2 enakan nabung lamaan trus beli mobil baru aja deh, uda 6-7 tahun juga itu civic FD sejak terakhir keluar kayaknya.. mindset gw uda dari dulu udah civic jadi udah set target nabung dan berhemat sambil makan nasi kecap buat beli civic HB.. trus pas browsing2 gw nemu si trax, ini barang kok murah tapi turbo juga.. kaya akan fitur pula.. iman pun sedikit goyah
Udaaah kalo gini sih jelas ya... gak bakal nyesel kok ngambil... baru pake sekitar 2 bulan sih, odometer jg baru seribuan... banyak nganggur di rumah mobilnya... cuma skali nyetir sih nagih banget apalagi klo dah ketemu jalan kosong dan meliuk-liuk...

Jauh lhar naikannya dari Chevy Trax... satunya rear independent multilink satunya torsion beam... kelas HR-V ...

gantengnya juga langit bumi... liat Trax di jalan saya nggak pernah dapet impresinya... meskipun yang FL jauh lebih ganteng cuma tetep berasa kok agak kurang proporsional ya ni mobil...

Untuk batch sekarang rasanya bisa agak tenang ... menurut saya kasus di sebelah itu mungkin juga bagian batch yang kena recall di luaran soal 3-way joint nya...

sekedar buat eye candy aja... sekalian bikin om TS ngidam...

Image

Pilihan lain daripada Trax sih mending Mazda3 ya... beda tipissss aja dari Civic HB... ngga turbo sih tapi ngga pelan juga

Image
Gw yg dah merried aja ngiler (cuma) liat bokong civic hb,itu gambarannya kalo u r side by side sometimes.

Karena ada tulis mo nabung makan nasi kecap [emoji28].

Chev Trax aja deh om.
Gak nyesel dah modern powertrain n gearbox, build quality, n ride quality.
ASS score gw 7.5 dr 10 kl rumah di p.jawa.
fiqhi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Wed Jul 08, 2015 7:46

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by fiqhi »

Trax FL after diskon bisa dapat 270 jutaan lho. Duit yang disimpen bisa jauh lebih banyak.

So far setelah 1 tahun lebih dikit pake Trax saya sangat puas. Tenaga udah berasa dari RPM bawah banget. Buat nyalip nyalip ga butuh effort gede pake ini mobil. Build quality juga (imho) jauh lebih baik dibanding kompetitor sekelas. Bahkan dibanding Civic HB jg ini lebih baik. Perhatikan plastik gap, bahan plastik yang digunakan, dan engine bay, rapi banget.

Udah pernah TD civic turbo sedan, somehow Trax terasa lebih bertenaga (feel turbonya lebih berasa) walau power lebih kecil.

Fitur juga banyaknya bukan main, untuk mobil sekelasnya kayaknya ini yang fitur dan safetynya paling lengkap.

Hanya untuk pertimbangan lagi, perawatan mobil ini agak mahal di oli dan filter oli. Olinya seliter 220rb. Hanya boleh pake spec Dexos 1 Gen 2, yang kadar kalsiumnya di bawah 1000 ppm. Kalau pake oli fulsynt biasa, ditakutkan bisa bikin super knocking, yg bisa merusak mesin (info GMI), dan bengkel resminya belum seadvance ATPM jepang lainnya.

Pajak (Tangsel) 3.5 juta, biaya service 10rb km 1.2jt, 20rb km 1.3jt.. Jasa free sampai 50rb km.

Demikian.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by ChZ »

fiqhi wrote: Tue Jan 30, 2018 3:42 Trax FL after diskon bisa dapat 270 jutaan lho. Duit yang disimpen bisa jauh lebih banyak.

So far setelah 1 tahun lebih dikit pake Trax saya sangat puas. Tenaga udah berasa dari RPM bawah banget. Buat nyalip nyalip ga butuh effort gede pake ini mobil. Build quality juga (imho) jauh lebih baik dibanding kompetitor sekelas. Bahkan dibanding Civic HB jg ini lebih baik. Perhatikan plastik gap, bahan plastik yang digunakan, dan engine bay, rapi banget.

Udah pernah TD civic turbo sedan, somehow Trax terasa lebih bertenaga (feel turbonya lebih berasa) walau power lebih kecil.

Fitur juga banyaknya bukan main, untuk mobil sekelasnya kayaknya ini yang fitur dan safetynya paling lengkap.

Hanya untuk pertimbangan lagi, perawatan mobil ini agak mahal di oli dan filter oli. Olinya seliter 220rb. Hanya boleh pake spec Dexos 1 Gen 2, yang kadar kalsiumnya di bawah 1000 ppm. Kalau pake oli fulsynt biasa, ditakutkan bisa bikin super knocking, yg bisa merusak mesin (info GMI), dan bengkel resminya belum seadvance ATPM jepang lainnya.

Pajak (Tangsel) 3.5 juta, biaya service 10rb km 1.2jt, 20rb km 1.3jt.. Jasa free sampai 50rb km.

Demikian.
By data
0-100 Chev Trax 8.9s, Civic Sedan 7.7s...

Trax terasa lebih "nendang" karena faktor 6AT nya ... tapi begitu digas dalem berasa lah om... baru ketauan bedanya ketika dua duanya dah dibejek sampe abis... :mky_01:

Civic lebih ke alus karakternya... torsinya rendah juga (220Nm), angka hp nya tinggi... pingin mempertahankan rasa old school VTEC nya dia... yang nampol di RPM tinggi. Jambakan Civic Turbo lebih berasa linear kayak mesin N/A daripada turbo... klo dah pernah liat kurva dyno nya keliatan kok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Zordon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by Zordon »

banglontong wrote: Mon Jan 29, 2018 16:20 halo mastah2.. silent reader mau konsultasi nih

setelah bertahun2 jadi parasit minjem2 mobil orangtua mulu tiap weekend (freed atau captiva), gw baru pertama mau beli mobil sendiri krn emang dari dulu nabung lebih lamaan supaya bisa beli mobil pertama yang rada cepet (i.e. yg diatas LMPV atau hatchback yang semacem jazz, yaris, 2).. dari dulu pernah kepincut sama civic FD, tapi kalo dipikir2 enakan nabung lamaan trus beli mobil baru aja deh, uda 6-7 tahun juga itu civic FD sejak terakhir keluar kayaknya.. mindset gw uda dari dulu udah civic jadi udah set target nabung dan berhemat sambil makan nasi kecap buat beli civic HB.. trus pas browsing2 gw nemu si trax, ini barang kok murah tapi turbo juga.. kaya akan fitur pula.. iman pun sedikit goyah

jadi so far budget gw ga lebih dari 400 juta dan gw naksir sama chevy trax dan civic hatchback.. enakan pilih yang mana ya? ane sih paling cari yang paling fun to drive, enak diajak tarik2an kl lagi nyetir sendiri.. gw ga ngerti2 amat soal teknis dan perawatan mobil juga jadi mo cari yang lebih ga ribet perawatannya dan ga usah sering2 berkunjung ke bengkel.. gw tinggal di jakarta juga jadi coverage bengkel resmi dua2nya masih bisa terjangkau sepelemparan batu.. rencana mostly nyetir juga disekitaran jakarta aja, ke kantor seminggu paling 2-3 kali karena ganjil genap dan jarak rumah - kantor cuma 6 - 7 kiloan.. dan kalo uda mobil sendiri, jalan2 weekend bisa agak jauhan, sekali tiap 2 bulan mungkin mau ke bogor or bandung buat kentjan sama calon nyonya

gw tau sih dua mobil itu beda, tapi so far ga ada yg banding2in head to head antara 2 mobil itu

mohon petuah2nya ya suhu2 disini tentang mobil mana yg mesti ane ambil.. trims
Kebetulan nov kmrn ayah saya beli trax FL dpt harga 285 after disc, ini mobil enak dibawanya, BQ interior bagus n mewah ada jahitan asli, tarikan enteng n lincah, sayangnya masih ada suara angin kalo speed diatas 100kpj n no arm rest untuk driver
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by adrevolution »

Sipik hatch aja, atau masda 3 :big_love:
Walaupun trax bagus tapi beda kelas... msh pake platform HB B segment... kecuali mungkin compare sama hrv prestige/cx3, nah baru deh...

Kalau mau gambling nunggu dikit lagi, mungkin eclipse cross akan jadi option menggiurkan :ngacir:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by c_adhi_k »

mending trax trus remap ecu atau lari ke mazda cx 3 atau mazda 3
"perasaan" plat mobil honda sampai level crv turbo tipis2
walaupun ga ngefek apa2
cuman kesel aja mobil harga mahal tapi plat serasa sekelas avanza wakakaka
opini pribadi yah
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by silentIm2 »

Udah pernah test drive 2 2nya, dan kebetulan owner civic HB type S juga. Poinnya trax:
(+) looks awesome. Sama2 suka trax dan civic soal looks.
(+) value for money banget
(+) sunroof
(+) fiturnya banyak banget. Ane ada duduk stgh jam di parkiran cuma nyobain fiturnya satu2. Ane sampe lupa apa aja. Cruise control, Apple carplay/android auto, colokan listrik A/C buat charge laptop, dll. Fiturnya lebih lengkap dari civic turbo tipe S.
(+) safety super komplit. TPMS, VSC, airbag 6 biji. Bahkan airbag passenger bisa dimatikan untuk child safety kalo mau pasang child seat di depan. Lampu kabut belakang buat hujan deras.
(+) girboks matic convensional 6 speed. Gimanapun matic gigi lebih kuat daripada CVT. Ga ada paddle shift sih tapi ada gear selector di tuas transmisi.
(+) roof rail. Jaman now roof rail penting pas lagi mudik.
(+) performance. Walaupun kalah cepat banding civic turbo, tapi akselerasinya ga malu2in kok. Masih 9 detikan sampe 100 km/jam. HRV prestige masih 11 detikan. Civic 2.0 lama masih 10 detik. Karena dimensi kecil mobil jadi lincah. Oh ya, seinget ane soal tarikan lebih 'normal' dari civic. Ga ada lag parah. Ban standar conti(!) gripnya mantap.
(+) ground clearance.
(+) termasuk senyap di kelasnya.
(-) ga ada armrest /storage box tengah.
(-) bagasi termasuk sempit di kelasnya, mungkin kayak swift/ sx4 lama.
(-) kursi belakang kurang nyaman.
(-) sempit dibanding Civic
(-) radius putar besar. Tapi civic juga besar radius putarnya+bodi lebih panjang.
(-) ga ngetes FC sih, tapi katanya agak boros. Mungkin kayak civic 2.0 liter N/A ya.
(-) handling ok walaupun ga semantep civic juga.
(-) ban serep ukuran mini, bukan ban standar

Kalo civic turbo tipe S:
(+) looks awesome.
(+) performance dan handling lebih fun, 7 detik sampe 100 km/jam
(+) bantingan nyaman dibanding trax
(+) kabin khas mid sedan, lapang
(+) bagasi luas
(+) sangat irit, lebih irit dari jazz rs lama.
(+) cruise control, airbag 6 biji
(+/-) CVT. Pinter sih, feeling akselerasi juga halus. Mobil CVT pertama kita, jadi ga ngerti kenapa banyak CVT hater. Tapi bikin rpm dan speed ga berhubungan. Triknya lupakan RPM, perhatikan speedometer saja. Oh ya, CVT ini bikin civic ga bisa towing, kalo trax masih bisa.

(-) terkejut juga sama ground clearance ini. Walaupun termasuk ceper tapi ga gampang gasruk. Masih gampang gasruk jazz rs lama ane.
(-) double mufflernya kok diumpetin honda.
(-) desain fastback bikin rear visibility jelek.
(-) head unit lemot.
(-) sedan tapi radius putar kayak SUV. ANPS rasanya lebih gampang putar balik.
(-) spion sejajar sama stang motor, resiko kesenggol gede.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by Kuroboy »

Berhubung saya pengguna Trax untuk sehari2 sejak Agustus kemarin, saya mau coba kasih review saya setelah hampir setengah taun pakai mobil ini

Desain


Bicara soal desain, ini gimana penilaian subjektif masing2. Sekilas dari belakang mirip Captiva tapi versi mini nya. Plus mobil ini adalah mobil rakitan Korea Selatan yang terkenal karena KIA dan Hyundai nya, sehingga secara model maupun impresi berkendara, mobil ini lebih mirip mobil Korea ketimbang mobil Amrik yang terkesan kotak dan kaku.

Cuma kalo diperhatiin lebih seksama, mobil ini posturnya nungging. Tinggi di belakang, ceper di depan (GC mau ga mau jadi ikutan nungging, berasa kagok buat adventuring the uknown :big_slap: tapi buat kebut2an di tol postur ini cukup ngebantu. Ban rasanya gigit ke aspal bahkan kecepatan 160 Km/h, mungkin kaitannya sama aerodinamika mobil nungging ini dan TCS dan stability control nya ya).

Satu waktu pernah sakit hati karena mobil ini dianggap under 200 jt. Padahal OTR mobil ini yg LTZ diangka 315 jutaan. Temen saya pengen ganti Avanza nya setelah nyobain 2nd row mobil ini. Katanya mobilnya lega untuk ukuran badan dia BB 90 Kg TB 180 cm an plus kondisi 3an d blakang dan masih lega. Dia pikir mobil ini ada di range less equal 200 jt karena modelnya yang kurang populer dan kecil dari luar :big_slap: belum lagi temen bokap waktu bokap bawa mobil ini, lagi2 dikira mobil ini under 200 jt karena modelnya kurang populer. Setelah ngoceh soal mobil ini katanya murah dan ga mungkin seharga HRV, dia langsung hening setelah liat PKB mobil ini diangka 4 jutaan. Dan banyak lagi kisah seperti itu dikarenakan modelnya yang kurang populer ini :off_no:

Untuk ketebalan plat bodi sendiri, mobil ini kalo ditutup pintunya bunyinya blepp bukan blakk. Asumsi saya plat bodinya tebal, tapi berat mobil ini sekitar 1.3 ton an lah

Untuk penerangan, mobil ini masih ngandalin auto on halogen tapi udah projector headlamp tapi udah dilengkapi DRL warna putih. Tingkat sensitivitas cahayanya ga bisa diatur dan cenderung ga peka sama cahaya, lingkungan redup dikit langsung on, kecuali siang bolong pasti auto off :mky_05:

Fog lamp nya bahkan tersedia juga untuk bemper belakang. Cukup terang untuk ngasi tau ke mobil belakang saat ditengah kabut. Sementara lampu belakang sudah LED sisanya masih bohlam (termasuk lampu sein)


Kenyamanan

Mobil ini termasuk lega untuk dijejali 5 orang didalamnya. Sudah saya singgung sebelumnya, waktu itu pas bawa temen saya yang ukurannya TB 180 cm dan BB 90 Kg an posisi 3an di belakang, yang 2 lagi ukurannya TB 170 cm an BB 60 Kg an dan TB 160 BB 50Kg an. Posisi duduk saya sudah hampir mentok ke belakang. Komen mreka, mobil ini lega, ga ajrut2an (rada empuk) dan ga krasa kalo lagi ngebut (waktu itu jalan 140 Km/h an di Pantura dan ga krasa ngebut kata mreka). Peredaman mobil ini cukup baik meskipun bukan terbaik.

Kualitas audio nya pun lebih dari cukup untuk mobil standar dengan audio ga bermerk (beda sama Bose nya Mazda, harus enak ini audionya Mazda :big_biglaugh:). Tapi udah lebih dari cukup lah meskipun bass nya kurang nendang (belum ada subwoofer bawaan). Sistem audionya uda mengakomodir Apple car play dan android auto yang caranya harus pair bluetooth atau konek kabel data. Bisa juga setel lagu via flashdisk. Headunit nya ga bisa puter CD/DVD. Sayang belum ada sistem navigasi, meskipun bisa melalui HP yang di mirror ke head unit

Mobil ini tersedia amrest plus 2 cup holder di belakangnya, tapi 1 yang aneh, mobil ini ga ada armrest tengah yang biasanya untuk tempat penyimpanan baris depan. Apa maksudnya ya ini :mky_06: untuk material soft touch, jangan berharap banyak dalem mobil ini, jumlahnya seadanya dengan keempukan alakadarnya meskipun secara kualitas sih nampak tangguh. Ngomong soal cupholder, mobil ini punya total 8 cup holder (depan 4 blakang 4) dengan yang di pintu posisi miring, aga aneh memang tapi sejauh ini blm ada kasus minuman tumpah di mobil saya apapun minumannya.


Oh iya, salah satu fitur yang mujarab buat para peragu soal mobil yang katanya murah itu adalah adanya sunroof dengan pilihan buka atap atau sekedar dibuka dikit/tilted (buat para perokok, fitur satu ini berguna karena tanpa harus buka jendela) :big_smoking:

Khusus untuk kaca jendela belakang, mobil ini sudah tinted glass alias kacanya aga berwarna gitu, warnanya gelap kayak uda dikasi kaca film. Untuk privasi dan keamanan sih uda oke, tapi untuk kenyamanan, saya sarankan semuanya pakai kaca film clear 40% untuk mengurangi panas dari sinar matahari, gitu juga di kaca sunroof nya biar ga panas ke kabinnya.

Bagasi belakangnya juga luas, cukup untuk perjalanan lukot selama seminggu di kampung halaman plus bawa oleh2 yang bejibun itu jumlahnya dan ga karuan rupanya (mulai dari baju sampe buah2an atau apalah itu :big_slap: )

Sayangnya, untuk AC masih model analog, tingkat kedinginannya juga ga standar, kadang dingin2 banget kadang ya dingin hambar gt :mky_05:

Untuk wiper ujan, udah menganut auto rain sensing sementara yg belakang kalau kaca basah dan lg mundur, dia lgsg auto wipe.

Untuk lampu sein, posisinya kebalik sama posisi wiper mobil kebanyakan. Dia uda menganut sistem one touch on yg tinggal toel dia langsung nyala sama 4 detikan. Berguna kalau mau nyusul.

Mobil ini juga udah tersedia cruise control yg pengoperasiannya gampang.

Sementara mobil ini juga dilengkapi auto lock saat transmisi dipindah dari P ke posisi lainnya dan akan otomatis buka saat masuk lagi k P. Dilengkapi juga tombol kunci central. Dan kalo mobil ini dalem posisi mati maupun nyala sementara kunci mobil ketinggalan di dalem dan pintu kemudi abis kebuka tutup, diasumsikan pengemudi keluar mobil, dia bakal ngingetin berupa klakson kecil 2x bunyi dan kalo mobil kondisi lagi diparkir dan kita ninggalin mobil, dia bakal otomatis ngunci setelah 8 detik kita keluar dari mobil. Cukup aman.

Oh iya, untuk buka tangki bensin, mobil ini cukup tekan penutup pengisian bensin aja, dia ga ada tuas pembuka tangki pengisian

Mobil ini jg menyediakan 3 power outlet untuk ngecas gadget dan 1 soket mata 3 220v untuk ngecas laptop ato peranti lainnya.

Belum lagi MID nya lengkap, mulai dari tripmeter 1 & 2, konsumsi BBM rata2, sensor tekanan angin, pengingat kapan harus ganti oli mesin, pengingat sabuk pengaman dan sensor kecepatan live

Jok mobil ini uda semi bucket dan semi kulit sintetis. Rasanya empuk.


Performa



Ini dia yang ditunggu, gimana soal performa nya?

Mobil yang ngusung mesin Ecotec 1.4L variable valve ini tenaga maksimal nya 139 hp @6000 RPM dan torsi maksimal nya 200 Nm @3000 RPM (mohon koreksi). Mesinnya 1.4L loh, kok bisa sebanding sama rival yang 400 cc lebih gede mesinnya? Yaa karena mobil ini sudah Turbocharged alias ada turbo turbo nya gitu sementara rivalnya yang 400 cc lebih gede itu masih NA alias belum ada turbo nya. Kita skip dulu Honda CRV Turbo yang cc nya 1500an tenaganya bisa nyentuh 170 hp an tapi harganya uda diangka 400 juta keatas. Kembali ke Trax, turbo mobil ini mulai aktif di RPM c.a 1800an. Cukup kerasa turbo lag nya tapi gitu udah muter, turbo nya berasa ngasi extra power up :mky_03: ini juga jadi salah satu obat mujarab untuk para peragu yang ngatain mobil ini murah. Mana ada mobil murah tapi uda dijejali turbo di mesinnya. Yang saya tau, dulu ada mobil berturbo pabrikan negeri asal Upin Ipin yang pernah sohor di sini, setau saya lagi, waktu itu harganya juga ga murah2 amat.

Soal mesinnya, rasanya label ECOTEC di mesinnya itu ga cocok sama sekali dengan karakter mesinnya. Harusnya sesuatu yang mengandung kata ECO itu sesuatu yang irit, hemat dan cenderung pelit tenaga. Ini malah kebalikannya, tenaga mesinnya begitu dermawan, ga pelit soal tenaga kalo dibutuhkan (ga butuh juga tetep aja kasih tenaga) sementara keiritan konsumsi BBM nya ga bisa dibilang irit2 amat, malah cenderung boros untuk mobil sekelas 1.4L. Ada yang bilang kalau mesin pakai turbo pasti lebih boros dari mesin NA kaitannya sama induksi tenaga tambahan yang butuh asupan bensin berlebih makanya boros, saya juga ga tau pasti. Tapi memang, untuk mesin ukuran 1.4L rasanya tenaganya udah jauh melebihi ekspektasi. Sejauh ini, saya maksimal ngebut di kecepatan 180 Km/h itupun di RPM 4000an. Sementara dikecepatan 100 Km/h mobil ini cukup di RPM 2000an, makanya kalau mobil ini rajin lewat tol, konsumsi BBMnya bisa nyentuh 12 Km/l sementara kalau macet banget paling diangka 9.5 Km/l sementara kombinasi keduanya sekitar 9.7 sampe 10 Km/l. Itu perhitungan manual, kalau di MID selalu diangka 10.3 atau 9.8 Km/l. Mobil ini bagusnya dikasi Pertamax Turbo atau RON 95 keatas, karena mobil ini sudah berturbo :mky_04:


Untuk kesigapan transmisi, mobil ini ga tralu bagus respon transmisinya untuk dibawa kebut, karena aga lemot responnya terlebih model tiptroniknya yang aga aneh, kadang suka ketuker mana buat shift up mana buat shift down karena ga ada lampunya kalau gelap2an. :mky_05:

Sementara untuk stop n go kelemotan transmisi ini kebantu sama dorongan tenaga dari peranti turbo nya


Untuk handling, saya rasa mobil ini ok, ga limbung tapi juga ga mantul2 alias masih dalam tahap empuk tapi masih stabil di kecepatan tinggi. Mobil ini juga minim blindspot khususnya pas lagi parkir karena mobil ini uda dilengkapi sensor parkir plus kamera parkir yang ada garis pembantu jarak dan arah mobil yang juga bisa belok ngikutin arah setir kemana arahnya. Kalo bicara fun to drive, mobil ini enak dikendarai, meskipun kalo disandingkan sama CX3 saya belum tau perbandingannya karena belum pernah coba.

Biaya perawatan

Mobil ini membutuhkan oli spesifikasi Mobil1 DEXOS 1 Gen 2 5W30 yang punya kisaran harga 250 rb per liternya dan dibutuhkan 4 liter oli. Tiap penggantian oli disarankan juga dengan penggantian filter oli dengan harga 200 ribuan. Mobil ini memiliki interval servis sekitar 10.000 Km atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu. (Kalau gak salah) mobil ini juga gratis jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan juga garansi selama 3 taun

Kesimpulan


Mobil seharga OTR 315 juta rupiah belum termasuk diskon ini bisa dibilang lengkap (bukan terlengkap) dibandingkan rival2nya. Sebut aja auto on off lampu penerangan, auto sensing rain wiper, auto lock, one touch sign lamp, sunroof, head unit yg bisa apple car play dan android auto, MID yang lengkap, fog lamp depan belakang, kamera parkir yang bisa menunjukan arah jlannya mobil dan peringatan objek yang dekat mobil, cruise control, jok semi bucket dan semi kulit bahkan mobil ini sudah dilengkapi turbo.

Meskipun turbo di mesin ini sangat membantu dalam hal tenaga, tapi kurang bisa diandalkan dalam hal konsumsi BBM, yakni mencatat 9,5 Km/l hingga 10.3 Km/l kondisi lalin kota Bandung dengan jaŕak rata2 20-30 km per hari.

Soal biaya servis, mobil ini digratiskan (mohon koreksi) jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan garansi selama 3 taun.

Dengan sederet kelebihan diatas, Trax hanya kurang lampu xenon atau HID maupun AC digital yang menjadi kekurangannya.

Memang semua kelebihan diatas bisa ditebus dengan harga 315 juta OTR dan bisa dibilang murah bila dibandingkan rival2 sekelasnya, meskipun murah disini bukan murah ala mobil LCGC :glodak: hanya saja kelemahan produk Chevrolet adalah menyoal resale value dan after sales service. Asalkan di kota anda terdapat bengkel dan showroom Chevrolet, itu semua tidak menjadi soal.

Sekian hasil review saya. Kembali lagi, keputusan dalam membeli mobil adalah sesuai kebutuhan, budget dan impresi berkendara saat test drive. Oleh karena itu, saya sangat sarankan test drive dulu semua mobil pilihan anda sepuas yang bisa anda dapatkan dan tanyakan semua diskon dan promo yang berlaku :big_deal:
:frm_snipper: :snipersmile:
Montero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Wed Feb 01, 2017 13:13

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by Montero »

Untuk mobil pertama ane rasa trax cukup lah ya.. apalagi TS belom merit, masih bisa ada dana buat mahar nantinya. GC juga tentu lebih aman trax scr dia crossover
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by carlzeiss »

Percayalah , calon nyonya ente bakal lebih demen liat civic hb
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
fiqhi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Wed Jul 08, 2015 7:46

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by fiqhi »

Kuroboy wrote:Berhubung saya pengguna Trax untuk sehari2 sejak Agustus kemarin, saya mau coba kasih review saya setelah hampir setengah taun pakai mobil ini

Desain


Bicara soal desain, ini gimana penilaian subjektif masing2. Sekilas dari belakang mirip Captiva tapi versi mini nya. Plus mobil ini adalah mobil rakitan Korea Selatan yang terkenal karena KIA dan Hyundai nya, sehingga secara model maupun impresi berkendara, mobil ini lebih mirip mobil Korea ketimbang mobil Amrik yang terkesan kotak dan kaku.

Cuma kalo diperhatiin lebih seksama, mobil ini posturnya nungging. Tinggi di belakang, ceper di depan (GC mau ga mau jadi ikutan nungging, berasa kagok buat adventuring the uknown :big_slap: tapi buat kebut2an di tol postur ini cukup ngebantu. Ban rasanya gigit ke aspal bahkan kecepatan 160 Km/h, mungkin kaitannya sama aerodinamika mobil nungging ini dan TCS dan stability control nya ya).

Satu waktu pernah sakit hati karena mobil ini dianggap under 200 jt. Padahal OTR mobil ini yg LTZ diangka 315 jutaan. Temen saya pengen ganti Avanza nya setelah nyobain 2nd row mobil ini. Katanya mobilnya lega untuk ukuran badan dia BB 90 Kg TB 180 cm an plus kondisi 3an d blakang dan masih lega. Dia pikir mobil ini ada di range less equal 200 jt karena modelnya yang kurang populer dan kecil dari luar :big_slap: belum lagi temen bokap waktu bokap bawa mobil ini, lagi2 dikira mobil ini under 200 jt karena modelnya kurang populer. Setelah ngoceh soal mobil ini katanya murah dan ga mungkin seharga HRV, dia langsung hening setelah liat PKB mobil ini diangka 4 jutaan. Dan banyak lagi kisah seperti itu dikarenakan modelnya yang kurang populer ini :off_no:

Untuk ketebalan plat bodi sendiri, mobil ini kalo ditutup pintunya bunyinya blepp bukan blakk. Asumsi saya plat bodinya tebal, tapi berat mobil ini sekitar 1.3 ton an lah

Untuk penerangan, mobil ini masih ngandalin auto on halogen tapi udah projector headlamp tapi udah dilengkapi DRL warna putih. Tingkat sensitivitas cahayanya ga bisa diatur dan cenderung ga peka sama cahaya, lingkungan redup dikit langsung on, kecuali siang bolong pasti auto off :mky_05:

Fog lamp nya bahkan tersedia juga untuk bemper belakang. Cukup terang untuk ngasi tau ke mobil belakang saat ditengah kabut. Sementara lampu belakang sudah LED sisanya masih bohlam (termasuk lampu sein)


Kenyamanan

Mobil ini termasuk lega untuk dijejali 5 orang didalamnya. Sudah saya singgung sebelumnya, waktu itu pas bawa temen saya yang ukurannya TB 180 cm dan BB 90 Kg an posisi 3an di belakang, yang 2 lagi ukurannya TB 170 cm an BB 60 Kg an dan TB 160 BB 50Kg an. Posisi duduk saya sudah hampir mentok ke belakang. Komen mreka, mobil ini lega, ga ajrut2an (rada empuk) dan ga krasa kalo lagi ngebut (waktu itu jalan 140 Km/h an di Pantura dan ga krasa ngebut kata mreka). Peredaman mobil ini cukup baik meskipun bukan terbaik.

Kualitas audio nya pun lebih dari cukup untuk mobil standar dengan audio ga bermerk (beda sama Bose nya Mazda, harus enak ini audionya Mazda :big_biglaugh:). Tapi udah lebih dari cukup lah meskipun bass nya kurang nendang (belum ada subwoofer bawaan). Sistem audionya uda mengakomodir Apple car play dan android auto yang caranya harus pair bluetooth atau konek kabel data. Bisa juga setel lagu via flashdisk. Headunit nya ga bisa puter CD/DVD. Sayang belum ada sistem navigasi, meskipun bisa melalui HP yang di mirror ke head unit

Mobil ini tersedia amrest plus 2 cup holder di belakangnya, tapi 1 yang aneh, mobil ini ga ada armrest tengah yang biasanya untuk tempat penyimpanan baris depan. Apa maksudnya ya ini :mky_06: untuk material soft touch, jangan berharap banyak dalem mobil ini, jumlahnya seadanya dengan keempukan alakadarnya meskipun secara kualitas sih nampak tangguh. Ngomong soal cupholder, mobil ini punya total 8 cup holder (depan 4 blakang 4) dengan yang di pintu posisi miring, aga aneh memang tapi sejauh ini blm ada kasus minuman tumpah di mobil saya apapun minumannya.


Oh iya, salah satu fitur yang mujarab buat para peragu soal mobil yang katanya murah itu adalah adanya sunroof dengan pilihan buka atap atau sekedar dibuka dikit/tilted (buat para perokok, fitur satu ini berguna karena tanpa harus buka jendela) :big_smoking:

Khusus untuk kaca jendela belakang, mobil ini sudah tinted glass alias kacanya aga berwarna gitu, warnanya gelap kayak uda dikasi kaca film. Untuk privasi dan keamanan sih uda oke, tapi untuk kenyamanan, saya sarankan semuanya pakai kaca film clear 40% untuk mengurangi panas dari sinar matahari, gitu juga di kaca sunroof nya biar ga panas ke kabinnya.

Bagasi belakangnya juga luas, cukup untuk perjalanan lukot selama seminggu di kampung halaman plus bawa oleh2 yang bejibun itu jumlahnya dan ga karuan rupanya (mulai dari baju sampe buah2an atau apalah itu :big_slap: )

Sayangnya, untuk AC masih model analog, tingkat kedinginannya juga ga standar, kadang dingin2 banget kadang ya dingin hambar gt :mky_05:

Untuk wiper ujan, udah menganut auto rain sensing sementara yg belakang kalau kaca basah dan lg mundur, dia lgsg auto wipe.

Untuk lampu sein, posisinya kebalik sama posisi wiper mobil kebanyakan. Dia uda menganut sistem one touch on yg tinggal toel dia langsung nyala sama 4 detikan. Berguna kalau mau nyusul.

Mobil ini juga udah tersedia cruise control yg pengoperasiannya gampang.

Sementara mobil ini juga dilengkapi auto lock saat transmisi dipindah dari P ke posisi lainnya dan akan otomatis buka saat masuk lagi k P. Dilengkapi juga tombol kunci central. Dan kalo mobil ini dalem posisi mati maupun nyala sementara kunci mobil ketinggalan di dalem dan pintu kemudi abis kebuka tutup, diasumsikan pengemudi keluar mobil, dia bakal ngingetin berupa klakson kecil 2x bunyi dan kalo mobil kondisi lagi diparkir dan kita ninggalin mobil, dia bakal otomatis ngunci setelah 8 detik kita keluar dari mobil. Cukup aman.

Oh iya, untuk buka tangki bensin, mobil ini cukup tekan penutup pengisian bensin aja, dia ga ada tuas pembuka tangki pengisian

Mobil ini jg menyediakan 3 power outlet untuk ngecas gadget dan 1 soket mata 3 220v untuk ngecas laptop ato peranti lainnya.

Belum lagi MID nya lengkap, mulai dari tripmeter 1 & 2, konsumsi BBM rata2, sensor tekanan angin, pengingat kapan harus ganti oli mesin, pengingat sabuk pengaman dan sensor kecepatan live

Jok mobil ini uda semi bucket dan semi kulit sintetis. Rasanya empuk.


Performa



Ini dia yang ditunggu, gimana soal performa nya?

Mobil yang ngusung mesin Ecotec 1.4L variable valve ini tenaga maksimal nya 139 hp @6000 RPM dan torsi maksimal nya 200 Nm @3000 RPM (mohon koreksi). Mesinnya 1.4L loh, kok bisa sebanding sama rival yang 400 cc lebih gede mesinnya? Yaa karena mobil ini sudah Turbocharged alias ada turbo turbo nya gitu sementara rivalnya yang 400 cc lebih gede itu masih NA alias belum ada turbo nya. Kita skip dulu Honda CRV Turbo yang cc nya 1500an tenaganya bisa nyentuh 170 hp an tapi harganya uda diangka 400 juta keatas. Kembali ke Trax, turbo mobil ini mulai aktif di RPM c.a 1800an. Cukup kerasa turbo lag nya tapi gitu udah muter, turbo nya berasa ngasi extra power up :mky_03: ini juga jadi salah satu obat mujarab untuk para peragu yang ngatain mobil ini murah. Mana ada mobil murah tapi uda dijejali turbo di mesinnya. Yang saya tau, dulu ada mobil berturbo pabrikan negeri asal Upin Ipin yang pernah sohor di sini, setau saya lagi, waktu itu harganya juga ga murah2 amat.

Soal mesinnya, rasanya label ECOTEC di mesinnya itu ga cocok sama sekali dengan karakter mesinnya. Harusnya sesuatu yang mengandung kata ECO itu sesuatu yang irit, hemat dan cenderung pelit tenaga. Ini malah kebalikannya, tenaga mesinnya begitu dermawan, ga pelit soal tenaga kalo dibutuhkan (ga butuh juga tetep aja kasih tenaga) sementara keiritan konsumsi BBM nya ga bisa dibilang irit2 amat, malah cenderung boros untuk mobil sekelas 1.4L. Ada yang bilang kalau mesin pakai turbo pasti lebih boros dari mesin NA kaitannya sama induksi tenaga tambahan yang butuh asupan bensin berlebih makanya boros, saya juga ga tau pasti. Tapi memang, untuk mesin ukuran 1.4L rasanya tenaganya udah jauh melebihi ekspektasi. Sejauh ini, saya maksimal ngebut di kecepatan 180 Km/h itupun di RPM 4000an. Sementara dikecepatan 100 Km/h mobil ini cukup di RPM 2000an, makanya kalau mobil ini rajin lewat tol, konsumsi BBMnya bisa nyentuh 12 Km/l sementara kalau macet banget paling diangka 9.5 Km/l sementara kombinasi keduanya sekitar 9.7 sampe 10 Km/l. Itu perhitungan manual, kalau di MID selalu diangka 10.3 atau 9.8 Km/l. Mobil ini bagusnya dikasi Pertamax Turbo atau RON 95 keatas, karena mobil ini sudah berturbo :mky_04:


Untuk kesigapan transmisi, mobil ini ga tralu bagus respon transmisinya untuk dibawa kebut, karena aga lemot responnya terlebih model tiptroniknya yang aga aneh, kadang suka ketuker mana buat shift up mana buat shift down karena ga ada lampunya kalau gelap2an. :mky_05:

Sementara untuk stop n go kelemotan transmisi ini kebantu sama dorongan tenaga dari peranti turbo nya


Untuk handling, saya rasa mobil ini ok, ga limbung tapi juga ga mantul2 alias masih dalam tahap empuk tapi masih stabil di kecepatan tinggi. Mobil ini juga minim blindspot khususnya pas lagi parkir karena mobil ini uda dilengkapi sensor parkir plus kamera parkir yang ada garis pembantu jarak dan arah mobil yang juga bisa belok ngikutin arah setir kemana arahnya. Kalo bicara fun to drive, mobil ini enak dikendarai, meskipun kalo disandingkan sama CX3 saya belum tau perbandingannya karena belum pernah coba.

Biaya perawatan

Mobil ini membutuhkan oli spesifikasi Mobil1 DEXOS 1 Gen 2 5W30 yang punya kisaran harga 250 rb per liternya dan dibutuhkan 4 liter oli. Tiap penggantian oli disarankan juga dengan penggantian filter oli dengan harga 200 ribuan. Mobil ini memiliki interval servis sekitar 10.000 Km atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu. (Kalau gak salah) mobil ini juga gratis jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan juga garansi selama 3 taun

Kesimpulan


Mobil seharga OTR 315 juta rupiah belum termasuk diskon ini bisa dibilang lengkap (bukan terlengkap) dibandingkan rival2nya. Sebut aja auto on off lampu penerangan, auto sensing rain wiper, auto lock, one touch sign lamp, sunroof, head unit yg bisa apple car play dan android auto, MID yang lengkap, fog lamp depan belakang, kamera parkir yang bisa menunjukan arah jlannya mobil dan peringatan objek yang dekat mobil, cruise control, jok semi bucket dan semi kulit bahkan mobil ini sudah dilengkapi turbo.

Meskipun turbo di mesin ini sangat membantu dalam hal tenaga, tapi kurang bisa diandalkan dalam hal konsumsi BBM, yakni mencatat 9,5 Km/l hingga 10.3 Km/l kondisi lalin kota Bandung dengan jaŕak rata2 20-30 km per hari.

Soal biaya servis, mobil ini digratiskan (mohon koreksi) jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan garansi selama 3 taun.

Dengan sederet kelebihan diatas, Trax hanya kurang lampu xenon atau HID maupun AC digital yang menjadi kekurangannya.

Memang semua kelebihan diatas bisa ditebus dengan harga 315 juta OTR dan bisa dibilang murah bila dibandingkan rival2 sekelasnya, meskipun murah disini bukan murah ala mobil LCGC :glodak: hanya saja kelemahan produk Chevrolet adalah menyoal resale value dan after sales service. Asalkan di kota anda terdapat bengkel dan showroom Chevrolet, itu semua tidak menjadi soal.

Sekian hasil review saya. Kembali lagi, keputusan dalam membeli mobil adalah sesuai kebutuhan, budget dan impresi berkendara saat test drive. Oleh karena itu, saya sangat sarankan test drive dulu semua mobil pilihan anda sepuas yang bisa anda dapatkan dan tanyakan semua diskon dan promo yang berlaku :big_deal:
Nice review banget om. Lengkap dan komprehensif.

Btw mungkin ada satu yang ketinggalan (CMIIW) kaca spion tengahnya sudah auto dimming. Ini fitur keren dan sangat membantu sekali.

Bahkan SUV2 seharga setengah M pun spionnya masih konvensional.
apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by apoge »

Kuroboy wrote: Tue Jan 30, 2018 5:33 Berhubung saya pengguna Trax untuk sehari2 sejak Agustus kemarin, saya mau coba kasih review saya setelah hampir setengah taun pakai mobil ini

Desain


Bicara soal desain, ini gimana penilaian subjektif masing2. Sekilas dari belakang mirip Captiva tapi versi mini nya. Plus mobil ini adalah mobil rakitan Korea Selatan yang terkenal karena KIA dan Hyundai nya, sehingga secara model maupun impresi berkendara, mobil ini lebih mirip mobil Korea ketimbang mobil Amrik yang terkesan kotak dan kaku.

Cuma kalo diperhatiin lebih seksama, mobil ini posturnya nungging. Tinggi di belakang, ceper di depan (GC mau ga mau jadi ikutan nungging, berasa kagok buat adventuring the uknown :big_slap: tapi buat kebut2an di tol postur ini cukup ngebantu. Ban rasanya gigit ke aspal bahkan kecepatan 160 Km/h, mungkin kaitannya sama aerodinamika mobil nungging ini dan TCS dan stability control nya ya).

Satu waktu pernah sakit hati karena mobil ini dianggap under 200 jt. Padahal OTR mobil ini yg LTZ diangka 315 jutaan. Temen saya pengen ganti Avanza nya setelah nyobain 2nd row mobil ini. Katanya mobilnya lega untuk ukuran badan dia BB 90 Kg TB 180 cm an plus kondisi 3an d blakang dan masih lega. Dia pikir mobil ini ada di range less equal 200 jt karena modelnya yang kurang populer dan kecil dari luar :big_slap: belum lagi temen bokap waktu bokap bawa mobil ini, lagi2 dikira mobil ini under 200 jt karena modelnya kurang populer. Setelah ngoceh soal mobil ini katanya murah dan ga mungkin seharga HRV, dia langsung hening setelah liat PKB mobil ini diangka 4 jutaan. Dan banyak lagi kisah seperti itu dikarenakan modelnya yang kurang populer ini :off_no:

Untuk ketebalan plat bodi sendiri, mobil ini kalo ditutup pintunya bunyinya blepp bukan blakk. Asumsi saya plat bodinya tebal, tapi berat mobil ini sekitar 1.3 ton an lah

Untuk penerangan, mobil ini masih ngandalin auto on halogen tapi udah projector headlamp tapi udah dilengkapi DRL warna putih. Tingkat sensitivitas cahayanya ga bisa diatur dan cenderung ga peka sama cahaya, lingkungan redup dikit langsung on, kecuali siang bolong pasti auto off :mky_05:

Fog lamp nya bahkan tersedia juga untuk bemper belakang. Cukup terang untuk ngasi tau ke mobil belakang saat ditengah kabut. Sementara lampu belakang sudah LED sisanya masih bohlam (termasuk lampu sein)


Kenyamanan

Mobil ini termasuk lega untuk dijejali 5 orang didalamnya. Sudah saya singgung sebelumnya, waktu itu pas bawa temen saya yang ukurannya TB 180 cm dan BB 90 Kg an posisi 3an di belakang, yang 2 lagi ukurannya TB 170 cm an BB 60 Kg an dan TB 160 BB 50Kg an. Posisi duduk saya sudah hampir mentok ke belakang. Komen mreka, mobil ini lega, ga ajrut2an (rada empuk) dan ga krasa kalo lagi ngebut (waktu itu jalan 140 Km/h an di Pantura dan ga krasa ngebut kata mreka). Peredaman mobil ini cukup baik meskipun bukan terbaik.

Kualitas audio nya pun lebih dari cukup untuk mobil standar dengan audio ga bermerk (beda sama Bose nya Mazda, harus enak ini audionya Mazda :big_biglaugh:). Tapi udah lebih dari cukup lah meskipun bass nya kurang nendang (belum ada subwoofer bawaan). Sistem audionya uda mengakomodir Apple car play dan android auto yang caranya harus pair bluetooth atau konek kabel data. Bisa juga setel lagu via flashdisk. Headunit nya ga bisa puter CD/DVD. Sayang belum ada sistem navigasi, meskipun bisa melalui HP yang di mirror ke head unit

Mobil ini tersedia amrest plus 2 cup holder di belakangnya, tapi 1 yang aneh, mobil ini ga ada armrest tengah yang biasanya untuk tempat penyimpanan baris depan. Apa maksudnya ya ini :mky_06: untuk material soft touch, jangan berharap banyak dalem mobil ini, jumlahnya seadanya dengan keempukan alakadarnya meskipun secara kualitas sih nampak tangguh. Ngomong soal cupholder, mobil ini punya total 8 cup holder (depan 4 blakang 4) dengan yang di pintu posisi miring, aga aneh memang tapi sejauh ini blm ada kasus minuman tumpah di mobil saya apapun minumannya.


Oh iya, salah satu fitur yang mujarab buat para peragu soal mobil yang katanya murah itu adalah adanya sunroof dengan pilihan buka atap atau sekedar dibuka dikit/tilted (buat para perokok, fitur satu ini berguna karena tanpa harus buka jendela) :big_smoking:

Khusus untuk kaca jendela belakang, mobil ini sudah tinted glass alias kacanya aga berwarna gitu, warnanya gelap kayak uda dikasi kaca film. Untuk privasi dan keamanan sih uda oke, tapi untuk kenyamanan, saya sarankan semuanya pakai kaca film clear 40% untuk mengurangi panas dari sinar matahari, gitu juga di kaca sunroof nya biar ga panas ke kabinnya.

Bagasi belakangnya juga luas, cukup untuk perjalanan lukot selama seminggu di kampung halaman plus bawa oleh2 yang bejibun itu jumlahnya dan ga karuan rupanya (mulai dari baju sampe buah2an atau apalah itu :big_slap: )

Sayangnya, untuk AC masih model analog, tingkat kedinginannya juga ga standar, kadang dingin2 banget kadang ya dingin hambar gt :mky_05:

Untuk wiper ujan, udah menganut auto rain sensing sementara yg belakang kalau kaca basah dan lg mundur, dia lgsg auto wipe.

Untuk lampu sein, posisinya kebalik sama posisi wiper mobil kebanyakan. Dia uda menganut sistem one touch on yg tinggal toel dia langsung nyala sama 4 detikan. Berguna kalau mau nyusul.

Mobil ini juga udah tersedia cruise control yg pengoperasiannya gampang.

Sementara mobil ini juga dilengkapi auto lock saat transmisi dipindah dari P ke posisi lainnya dan akan otomatis buka saat masuk lagi k P. Dilengkapi juga tombol kunci central. Dan kalo mobil ini dalem posisi mati maupun nyala sementara kunci mobil ketinggalan di dalem dan pintu kemudi abis kebuka tutup, diasumsikan pengemudi keluar mobil, dia bakal ngingetin berupa klakson kecil 2x bunyi dan kalo mobil kondisi lagi diparkir dan kita ninggalin mobil, dia bakal otomatis ngunci setelah 8 detik kita keluar dari mobil. Cukup aman.

Oh iya, untuk buka tangki bensin, mobil ini cukup tekan penutup pengisian bensin aja, dia ga ada tuas pembuka tangki pengisian

Mobil ini jg menyediakan 3 power outlet untuk ngecas gadget dan 1 soket mata 3 220v untuk ngecas laptop ato peranti lainnya.

Belum lagi MID nya lengkap, mulai dari tripmeter 1 & 2, konsumsi BBM rata2, sensor tekanan angin, pengingat kapan harus ganti oli mesin, pengingat sabuk pengaman dan sensor kecepatan live

Jok mobil ini uda semi bucket dan semi kulit sintetis. Rasanya empuk.


Performa



Ini dia yang ditunggu, gimana soal performa nya?

Mobil yang ngusung mesin Ecotec 1.4L variable valve ini tenaga maksimal nya 139 hp @6000 RPM dan torsi maksimal nya 200 Nm @3000 RPM (mohon koreksi). Mesinnya 1.4L loh, kok bisa sebanding sama rival yang 400 cc lebih gede mesinnya? Yaa karena mobil ini sudah Turbocharged alias ada turbo turbo nya gitu sementara rivalnya yang 400 cc lebih gede itu masih NA alias belum ada turbo nya. Kita skip dulu Honda CRV Turbo yang cc nya 1500an tenaganya bisa nyentuh 170 hp an tapi harganya uda diangka 400 juta keatas. Kembali ke Trax, turbo mobil ini mulai aktif di RPM c.a 1800an. Cukup kerasa turbo lag nya tapi gitu udah muter, turbo nya berasa ngasi extra power up :mky_03: ini juga jadi salah satu obat mujarab untuk para peragu yang ngatain mobil ini murah. Mana ada mobil murah tapi uda dijejali turbo di mesinnya. Yang saya tau, dulu ada mobil berturbo pabrikan negeri asal Upin Ipin yang pernah sohor di sini, setau saya lagi, waktu itu harganya juga ga murah2 amat.

Soal mesinnya, rasanya label ECOTEC di mesinnya itu ga cocok sama sekali dengan karakter mesinnya. Harusnya sesuatu yang mengandung kata ECO itu sesuatu yang irit, hemat dan cenderung pelit tenaga. Ini malah kebalikannya, tenaga mesinnya begitu dermawan, ga pelit soal tenaga kalo dibutuhkan (ga butuh juga tetep aja kasih tenaga) sementara keiritan konsumsi BBM nya ga bisa dibilang irit2 amat, malah cenderung boros untuk mobil sekelas 1.4L. Ada yang bilang kalau mesin pakai turbo pasti lebih boros dari mesin NA kaitannya sama induksi tenaga tambahan yang butuh asupan bensin berlebih makanya boros, saya juga ga tau pasti. Tapi memang, untuk mesin ukuran 1.4L rasanya tenaganya udah jauh melebihi ekspektasi. Sejauh ini, saya maksimal ngebut di kecepatan 180 Km/h itupun di RPM 4000an. Sementara dikecepatan 100 Km/h mobil ini cukup di RPM 2000an, makanya kalau mobil ini rajin lewat tol, konsumsi BBMnya bisa nyentuh 12 Km/l sementara kalau macet banget paling diangka 9.5 Km/l sementara kombinasi keduanya sekitar 9.7 sampe 10 Km/l. Itu perhitungan manual, kalau di MID selalu diangka 10.3 atau 9.8 Km/l. Mobil ini bagusnya dikasi Pertamax Turbo atau RON 95 keatas, karena mobil ini sudah berturbo :mky_04:


Untuk kesigapan transmisi, mobil ini ga tralu bagus respon transmisinya untuk dibawa kebut, karena aga lemot responnya terlebih model tiptroniknya yang aga aneh, kadang suka ketuker mana buat shift up mana buat shift down karena ga ada lampunya kalau gelap2an. :mky_05:

Sementara untuk stop n go kelemotan transmisi ini kebantu sama dorongan tenaga dari peranti turbo nya


Untuk handling, saya rasa mobil ini ok, ga limbung tapi juga ga mantul2 alias masih dalam tahap empuk tapi masih stabil di kecepatan tinggi. Mobil ini juga minim blindspot khususnya pas lagi parkir karena mobil ini uda dilengkapi sensor parkir plus kamera parkir yang ada garis pembantu jarak dan arah mobil yang juga bisa belok ngikutin arah setir kemana arahnya. Kalo bicara fun to drive, mobil ini enak dikendarai, meskipun kalo disandingkan sama CX3 saya belum tau perbandingannya karena belum pernah coba.

Biaya perawatan

Mobil ini membutuhkan oli spesifikasi Mobil1 DEXOS 1 Gen 2 5W30 yang punya kisaran harga 250 rb per liternya dan dibutuhkan 4 liter oli. Tiap penggantian oli disarankan juga dengan penggantian filter oli dengan harga 200 ribuan. Mobil ini memiliki interval servis sekitar 10.000 Km atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu. (Kalau gak salah) mobil ini juga gratis jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan juga garansi selama 3 taun

Kesimpulan


Mobil seharga OTR 315 juta rupiah belum termasuk diskon ini bisa dibilang lengkap (bukan terlengkap) dibandingkan rival2nya. Sebut aja auto on off lampu penerangan, auto sensing rain wiper, auto lock, one touch sign lamp, sunroof, head unit yg bisa apple car play dan android auto, MID yang lengkap, fog lamp depan belakang, kamera parkir yang bisa menunjukan arah jlannya mobil dan peringatan objek yang dekat mobil, cruise control, jok semi bucket dan semi kulit bahkan mobil ini sudah dilengkapi turbo.

Meskipun turbo di mesin ini sangat membantu dalam hal tenaga, tapi kurang bisa diandalkan dalam hal konsumsi BBM, yakni mencatat 9,5 Km/l hingga 10.3 Km/l kondisi lalin kota Bandung dengan jaŕak rata2 20-30 km per hari.

Soal biaya servis, mobil ini digratiskan (mohon koreksi) jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan garansi selama 3 taun.

Dengan sederet kelebihan diatas, Trax hanya kurang lampu xenon atau HID maupun AC digital yang menjadi kekurangannya.

Memang semua kelebihan diatas bisa ditebus dengan harga 315 juta OTR dan bisa dibilang murah bila dibandingkan rival2 sekelasnya, meskipun murah disini bukan murah ala mobil LCGC :glodak: hanya saja kelemahan produk Chevrolet adalah menyoal resale value dan after sales service. Asalkan di kota anda terdapat bengkel dan showroom Chevrolet, itu semua tidak menjadi soal.

Sekian hasil review saya. Kembali lagi, keputusan dalam membeli mobil adalah sesuai kebutuhan, budget dan impresi berkendara saat test drive. Oleh karena itu, saya sangat sarankan test drive dulu semua mobil pilihan anda sepuas yang bisa anda dapatkan dan tanyakan semua diskon dan promo yang berlaku :big_deal:
Wow panjangnyaaa... Harusnya ini di buat trit review trax , olinya 250 ribu mahal amat beres chevy di kota saya yg Q8 dexos 2 cuman 220 ribu, tapi bulan ini pas ganti oli captiva oilnya 150ribu pake gm tech, filter olinya 150 ribu pake acdelco, sepertinya oli Q8 dah gak di pake filter2 pun beralih ke acdelco.
fiqhi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Wed Jul 08, 2015 7:46

Re: Pilih Honda Civic HB atau Chevy Trax

Post by fiqhi »

apoge wrote: Tue Jan 30, 2018 6:22
Kuroboy wrote: Tue Jan 30, 2018 5:33 Berhubung saya pengguna Trax untuk sehari2 sejak Agustus kemarin, saya mau coba kasih review saya setelah hampir setengah taun pakai mobil ini

Desain


Bicara soal desain, ini gimana penilaian subjektif masing2. Sekilas dari belakang mirip Captiva tapi versi mini nya. Plus mobil ini adalah mobil rakitan Korea Selatan yang terkenal karena KIA dan Hyundai nya, sehingga secara model maupun impresi berkendara, mobil ini lebih mirip mobil Korea ketimbang mobil Amrik yang terkesan kotak dan kaku.

Cuma kalo diperhatiin lebih seksama, mobil ini posturnya nungging. Tinggi di belakang, ceper di depan (GC mau ga mau jadi ikutan nungging, berasa kagok buat adventuring the uknown :big_slap: tapi buat kebut2an di tol postur ini cukup ngebantu. Ban rasanya gigit ke aspal bahkan kecepatan 160 Km/h, mungkin kaitannya sama aerodinamika mobil nungging ini dan TCS dan stability control nya ya).

Satu waktu pernah sakit hati karena mobil ini dianggap under 200 jt. Padahal OTR mobil ini yg LTZ diangka 315 jutaan. Temen saya pengen ganti Avanza nya setelah nyobain 2nd row mobil ini. Katanya mobilnya lega untuk ukuran badan dia BB 90 Kg TB 180 cm an plus kondisi 3an d blakang dan masih lega. Dia pikir mobil ini ada di range less equal 200 jt karena modelnya yang kurang populer dan kecil dari luar :big_slap: belum lagi temen bokap waktu bokap bawa mobil ini, lagi2 dikira mobil ini under 200 jt karena modelnya kurang populer. Setelah ngoceh soal mobil ini katanya murah dan ga mungkin seharga HRV, dia langsung hening setelah liat PKB mobil ini diangka 4 jutaan. Dan banyak lagi kisah seperti itu dikarenakan modelnya yang kurang populer ini :off_no:

Untuk ketebalan plat bodi sendiri, mobil ini kalo ditutup pintunya bunyinya blepp bukan blakk. Asumsi saya plat bodinya tebal, tapi berat mobil ini sekitar 1.3 ton an lah

Untuk penerangan, mobil ini masih ngandalin auto on halogen tapi udah projector headlamp tapi udah dilengkapi DRL warna putih. Tingkat sensitivitas cahayanya ga bisa diatur dan cenderung ga peka sama cahaya, lingkungan redup dikit langsung on, kecuali siang bolong pasti auto off :mky_05:

Fog lamp nya bahkan tersedia juga untuk bemper belakang. Cukup terang untuk ngasi tau ke mobil belakang saat ditengah kabut. Sementara lampu belakang sudah LED sisanya masih bohlam (termasuk lampu sein)


Kenyamanan

Mobil ini termasuk lega untuk dijejali 5 orang didalamnya. Sudah saya singgung sebelumnya, waktu itu pas bawa temen saya yang ukurannya TB 180 cm dan BB 90 Kg an posisi 3an di belakang, yang 2 lagi ukurannya TB 170 cm an BB 60 Kg an dan TB 160 BB 50Kg an. Posisi duduk saya sudah hampir mentok ke belakang. Komen mreka, mobil ini lega, ga ajrut2an (rada empuk) dan ga krasa kalo lagi ngebut (waktu itu jalan 140 Km/h an di Pantura dan ga krasa ngebut kata mreka). Peredaman mobil ini cukup baik meskipun bukan terbaik.

Kualitas audio nya pun lebih dari cukup untuk mobil standar dengan audio ga bermerk (beda sama Bose nya Mazda, harus enak ini audionya Mazda :big_biglaugh:). Tapi udah lebih dari cukup lah meskipun bass nya kurang nendang (belum ada subwoofer bawaan). Sistem audionya uda mengakomodir Apple car play dan android auto yang caranya harus pair bluetooth atau konek kabel data. Bisa juga setel lagu via flashdisk. Headunit nya ga bisa puter CD/DVD. Sayang belum ada sistem navigasi, meskipun bisa melalui HP yang di mirror ke head unit

Mobil ini tersedia amrest plus 2 cup holder di belakangnya, tapi 1 yang aneh, mobil ini ga ada armrest tengah yang biasanya untuk tempat penyimpanan baris depan. Apa maksudnya ya ini :mky_06: untuk material soft touch, jangan berharap banyak dalem mobil ini, jumlahnya seadanya dengan keempukan alakadarnya meskipun secara kualitas sih nampak tangguh. Ngomong soal cupholder, mobil ini punya total 8 cup holder (depan 4 blakang 4) dengan yang di pintu posisi miring, aga aneh memang tapi sejauh ini blm ada kasus minuman tumpah di mobil saya apapun minumannya.


Oh iya, salah satu fitur yang mujarab buat para peragu soal mobil yang katanya murah itu adalah adanya sunroof dengan pilihan buka atap atau sekedar dibuka dikit/tilted (buat para perokok, fitur satu ini berguna karena tanpa harus buka jendela) :big_smoking:

Khusus untuk kaca jendela belakang, mobil ini sudah tinted glass alias kacanya aga berwarna gitu, warnanya gelap kayak uda dikasi kaca film. Untuk privasi dan keamanan sih uda oke, tapi untuk kenyamanan, saya sarankan semuanya pakai kaca film clear 40% untuk mengurangi panas dari sinar matahari, gitu juga di kaca sunroof nya biar ga panas ke kabinnya.

Bagasi belakangnya juga luas, cukup untuk perjalanan lukot selama seminggu di kampung halaman plus bawa oleh2 yang bejibun itu jumlahnya dan ga karuan rupanya (mulai dari baju sampe buah2an atau apalah itu :big_slap: )

Sayangnya, untuk AC masih model analog, tingkat kedinginannya juga ga standar, kadang dingin2 banget kadang ya dingin hambar gt :mky_05:

Untuk wiper ujan, udah menganut auto rain sensing sementara yg belakang kalau kaca basah dan lg mundur, dia lgsg auto wipe.

Untuk lampu sein, posisinya kebalik sama posisi wiper mobil kebanyakan. Dia uda menganut sistem one touch on yg tinggal toel dia langsung nyala sama 4 detikan. Berguna kalau mau nyusul.

Mobil ini juga udah tersedia cruise control yg pengoperasiannya gampang.

Sementara mobil ini juga dilengkapi auto lock saat transmisi dipindah dari P ke posisi lainnya dan akan otomatis buka saat masuk lagi k P. Dilengkapi juga tombol kunci central. Dan kalo mobil ini dalem posisi mati maupun nyala sementara kunci mobil ketinggalan di dalem dan pintu kemudi abis kebuka tutup, diasumsikan pengemudi keluar mobil, dia bakal ngingetin berupa klakson kecil 2x bunyi dan kalo mobil kondisi lagi diparkir dan kita ninggalin mobil, dia bakal otomatis ngunci setelah 8 detik kita keluar dari mobil. Cukup aman.

Oh iya, untuk buka tangki bensin, mobil ini cukup tekan penutup pengisian bensin aja, dia ga ada tuas pembuka tangki pengisian

Mobil ini jg menyediakan 3 power outlet untuk ngecas gadget dan 1 soket mata 3 220v untuk ngecas laptop ato peranti lainnya.

Belum lagi MID nya lengkap, mulai dari tripmeter 1 & 2, konsumsi BBM rata2, sensor tekanan angin, pengingat kapan harus ganti oli mesin, pengingat sabuk pengaman dan sensor kecepatan live

Jok mobil ini uda semi bucket dan semi kulit sintetis. Rasanya empuk.


Performa



Ini dia yang ditunggu, gimana soal performa nya?

Mobil yang ngusung mesin Ecotec 1.4L variable valve ini tenaga maksimal nya 139 hp @6000 RPM dan torsi maksimal nya 200 Nm @3000 RPM (mohon koreksi). Mesinnya 1.4L loh, kok bisa sebanding sama rival yang 400 cc lebih gede mesinnya? Yaa karena mobil ini sudah Turbocharged alias ada turbo turbo nya gitu sementara rivalnya yang 400 cc lebih gede itu masih NA alias belum ada turbo nya. Kita skip dulu Honda CRV Turbo yang cc nya 1500an tenaganya bisa nyentuh 170 hp an tapi harganya uda diangka 400 juta keatas. Kembali ke Trax, turbo mobil ini mulai aktif di RPM c.a 1800an. Cukup kerasa turbo lag nya tapi gitu udah muter, turbo nya berasa ngasi extra power up :mky_03: ini juga jadi salah satu obat mujarab untuk para peragu yang ngatain mobil ini murah. Mana ada mobil murah tapi uda dijejali turbo di mesinnya. Yang saya tau, dulu ada mobil berturbo pabrikan negeri asal Upin Ipin yang pernah sohor di sini, setau saya lagi, waktu itu harganya juga ga murah2 amat.

Soal mesinnya, rasanya label ECOTEC di mesinnya itu ga cocok sama sekali dengan karakter mesinnya. Harusnya sesuatu yang mengandung kata ECO itu sesuatu yang irit, hemat dan cenderung pelit tenaga. Ini malah kebalikannya, tenaga mesinnya begitu dermawan, ga pelit soal tenaga kalo dibutuhkan (ga butuh juga tetep aja kasih tenaga) sementara keiritan konsumsi BBM nya ga bisa dibilang irit2 amat, malah cenderung boros untuk mobil sekelas 1.4L. Ada yang bilang kalau mesin pakai turbo pasti lebih boros dari mesin NA kaitannya sama induksi tenaga tambahan yang butuh asupan bensin berlebih makanya boros, saya juga ga tau pasti. Tapi memang, untuk mesin ukuran 1.4L rasanya tenaganya udah jauh melebihi ekspektasi. Sejauh ini, saya maksimal ngebut di kecepatan 180 Km/h itupun di RPM 4000an. Sementara dikecepatan 100 Km/h mobil ini cukup di RPM 2000an, makanya kalau mobil ini rajin lewat tol, konsumsi BBMnya bisa nyentuh 12 Km/l sementara kalau macet banget paling diangka 9.5 Km/l sementara kombinasi keduanya sekitar 9.7 sampe 10 Km/l. Itu perhitungan manual, kalau di MID selalu diangka 10.3 atau 9.8 Km/l. Mobil ini bagusnya dikasi Pertamax Turbo atau RON 95 keatas, karena mobil ini sudah berturbo :mky_04:


Untuk kesigapan transmisi, mobil ini ga tralu bagus respon transmisinya untuk dibawa kebut, karena aga lemot responnya terlebih model tiptroniknya yang aga aneh, kadang suka ketuker mana buat shift up mana buat shift down karena ga ada lampunya kalau gelap2an. :mky_05:

Sementara untuk stop n go kelemotan transmisi ini kebantu sama dorongan tenaga dari peranti turbo nya


Untuk handling, saya rasa mobil ini ok, ga limbung tapi juga ga mantul2 alias masih dalam tahap empuk tapi masih stabil di kecepatan tinggi. Mobil ini juga minim blindspot khususnya pas lagi parkir karena mobil ini uda dilengkapi sensor parkir plus kamera parkir yang ada garis pembantu jarak dan arah mobil yang juga bisa belok ngikutin arah setir kemana arahnya. Kalo bicara fun to drive, mobil ini enak dikendarai, meskipun kalo disandingkan sama CX3 saya belum tau perbandingannya karena belum pernah coba.

Biaya perawatan

Mobil ini membutuhkan oli spesifikasi Mobil1 DEXOS 1 Gen 2 5W30 yang punya kisaran harga 250 rb per liternya dan dibutuhkan 4 liter oli. Tiap penggantian oli disarankan juga dengan penggantian filter oli dengan harga 200 ribuan. Mobil ini memiliki interval servis sekitar 10.000 Km atau 6 bulan mana yg tercapai lebih dulu. (Kalau gak salah) mobil ini juga gratis jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan juga garansi selama 3 taun

Kesimpulan


Mobil seharga OTR 315 juta rupiah belum termasuk diskon ini bisa dibilang lengkap (bukan terlengkap) dibandingkan rival2nya. Sebut aja auto on off lampu penerangan, auto sensing rain wiper, auto lock, one touch sign lamp, sunroof, head unit yg bisa apple car play dan android auto, MID yang lengkap, fog lamp depan belakang, kamera parkir yang bisa menunjukan arah jlannya mobil dan peringatan objek yang dekat mobil, cruise control, jok semi bucket dan semi kulit bahkan mobil ini sudah dilengkapi turbo.

Meskipun turbo di mesin ini sangat membantu dalam hal tenaga, tapi kurang bisa diandalkan dalam hal konsumsi BBM, yakni mencatat 9,5 Km/l hingga 10.3 Km/l kondisi lalin kota Bandung dengan jaŕak rata2 20-30 km per hari.

Soal biaya servis, mobil ini digratiskan (mohon koreksi) jasa servis selama 3 taun tidak termasuk spare part dan garansi selama 3 taun.

Dengan sederet kelebihan diatas, Trax hanya kurang lampu xenon atau HID maupun AC digital yang menjadi kekurangannya.

Memang semua kelebihan diatas bisa ditebus dengan harga 315 juta OTR dan bisa dibilang murah bila dibandingkan rival2 sekelasnya, meskipun murah disini bukan murah ala mobil LCGC :glodak: hanya saja kelemahan produk Chevrolet adalah menyoal resale value dan after sales service. Asalkan di kota anda terdapat bengkel dan showroom Chevrolet, itu semua tidak menjadi soal.

Sekian hasil review saya. Kembali lagi, keputusan dalam membeli mobil adalah sesuai kebutuhan, budget dan impresi berkendara saat test drive. Oleh karena itu, saya sangat sarankan test drive dulu semua mobil pilihan anda sepuas yang bisa anda dapatkan dan tanyakan semua diskon dan promo yang berlaku :big_deal:
Wow panjangnyaaa... Harusnya ini di buat trit review trax , olinya 250 ribu mahal amat beres chevy di kota saya yg Q8 dexos 2 cuman 220 ribu, tapi bulan ini pas ganti oli captiva oilnya 150ribu pake gm tech, filter olinya 150 ribu pake acdelco, sepertinya oli Q8 dah gak di pake filter2 pun beralih ke acdelco.
Salam sesama user Captiva dan Trax om.

Btw om di kota mana?
Sejak Nov 2017 sudah keluar service bulletin yang menyatakan Trax tidak boleh menggunakan oli Dexos 1 ataupun 2 (hasil meeting saya dan beberapa teman user Trax).

Sudah ada beberapa kejadian turun mesin akibat penggunaan Oli Dexos 1 dan 2.

Yang GMI Approved Dexos 1 Gen 2, dan baru Mobil 1 5w30 Dexos 1 yang qualified. Kadar kalsium under 1000ppm. Bandrol Per liter 220rb. All beres di Jabodetabek sudah menggunakan oli ini untuk Trax.

Kalau mau service bulletinnya bisa pm saya om.