Pengin punya roda 4

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Habib19
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Jan 02, 2018 0:51
Location: Jakarta

Pengin punya roda 4

Post by Habib19 »

Hi semuanya

Kalo saya pengin punya mobil budget 100 jutaan lebih baik beli mobil baru macem agya ayla brio atau beli ertiga jazz second ya.

Kalo beli mobil matic tapi second resikonya apa? Karena kalau di motor matic jelas roller dan belt nya pada aus dan konsumsi bbm nya makin boros seiring bertambahnya umur motor.

Ini dulu aja pertanyaannya.. Maaf newbi
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Pengin punya roda 4

Post by adrevolution »

Beli baru aja... less worry :big_okay:
Kalo budget nyampe sih brio satya / ignis oke lah buat mobil pertama
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
shale shaker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47

Re: Pengin punya roda 4

Post by shale shaker »

sdh lancar nyetir? saran saya beli aja manual dan baru...kalau ngerti mesin bolehlah ambil sijuki r3 second usia max 2 thn jadi masih bisa klaim garansi? jangan modif2 biarkan saja standard semua...
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Pengin punya roda 4

Post by Pugman »

Kalau ga perduli qualitas ya beli baru saja, kalau mau yang lebih baik kualitasnya ya beli bekas, bawa orang yang paham mobil luar dalam biar dapat unit yang sehat. Ertiga Ok, atau mau yang lebih miring harganya Grand Livina..
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2898
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Pengin punya roda 4

Post by martinnn »

Baru aja until first car :weekk: :weekk:
Morv.co.id ( Audio Visual Production )
Astha Jaya Indo ( Distributor LED Lamp and PJU Solar panel , interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Pengin punya roda 4

Post by keong »

Ambil saja agya atau wagon r second, disekitar 80 jutaan, masih sehat mobilnya, cocok untuk mobil pertama dengan budget segitu
User avatar
Sedati
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Jan 02, 2018 3:20
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: AllNewTeriosRMTDeluxe

Re: Pengin punya roda 4

Post by Sedati »

:big_think: vote agya ayla ...
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Pengin punya roda 4

Post by Bulgogi »

100 juta ga dapet semua itu ertiga & jazz ge.. kalopun ada ancur semua kondisinya.. minimal range 140jutaan baru dapet unit bagus.. itupun masih harus perbaikan sana sini..

Baru pindah dr motor? LCGC udah berasa surga bgt.. kecuali dulunya user biem / mercy LCGC langsung berasa neraka jahanam..

Dulu th 2006, mobil pertama saya aerio.. itu baru move on dr motor udah berasa bumi langit di banding supra x ..
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1601
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Pengin punya roda 4

Post by dsign1990 »

mending beli mobkas tahun muda usia maks 2th dan odo maks 25rb biasanya masih sgt enak dan less problem
kalau 100jtan nya ada ke angka150jt bisa dpt ertiga gl at 2017 yg seharga agya / brio baru
kalau 100jt kecil misal 120an mending sirion /mirage second yg tahun muda jg
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Pengin punya roda 4

Post by marmut »

1. sudah mahir mengemudikan mobil di jalanan dan paham benar arti rambu-rambu lalin?
2. sudah siap mental?
3. sudah siap keuangan?

saya yakin anda sanggup membeli unit kendaraan baru, tapi apakah anda sanggup dengan biaya operasionalnya? semisal oli mesin saja yang paling wajip dan rutin diganti. mobil boleh saja murah, tapi mobil jaman sekarang tidak bisa pakai oli sembarangan. plus bahan bakar, tidak ada mobil jaman sekarang yang disarankan pakai oktan 88 dari pabriknya, semua wajip oktan tinggi. sanggup?
belum lagi perawatan lainnya semisal harus tune up, penggantian spare parts dan sebagainya.
punya mobil itu menguras isi dompet lho....
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Pengin punya roda 4

Post by daftar »

keong wrote: Wed Jan 03, 2018 4:01 Ambil saja agya atau wagon r second, disekitar 80 jutaan, masih sehat mobilnya, cocok untuk mobil pertama dengan budget segitu
bener banget ini, sisanya untuk simpenan perawatan & operasional biar ga terlalu kaget.
tapi cari byang kondisinya bagus ya, soalnya saya lihat LCGC ini gampang ancur
:ngacir:
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Pengin punya roda 4

Post by racho »

keyword judul tritnya... "Pengin"

nah, bener banget kata om marmut... pengin doang tapi kalo ga berfaedah buat apa?
kalo emang udah ngerasa sanggup piara mobil tanpa ngap-ngap... go ahead.

bakal sering dipake ato dipake nguber? kalo iya beli baru. yang murah aja...
nyicil boleh, yang penting balik modal.

tapi kalo jarang pake, budget 100 ya udah beli seken aja. hunting sabar barengan temen yg ngerti mobil.
jangan nyicil. sekali lagi, jangan nyicil. rugi banyak.
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
Habib19
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Jan 02, 2018 0:51
Location: Jakarta

Re: Pengin punya roda 4

Post by Habib19 »

Ya satu2 saran2nya saya pelajari. Sangat berguna..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Pengin punya roda 4

Post by Pboyz97 »

Kalau buat mobil pertama mending ambil LCGC baru aja, worry free & peace of mind, tapi kalau budget ngepas yaa mending beli lcgc seken aja, lumayan dapet yang tahunnya ga terlalu tua kaya agya ayla , karimun wagon R / Datgo seken
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
calonjenazah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Sat May 06, 2017 11:04
Location: Indonesia
Daily Vehicle: XV40

Re: Pengin punya roda 4

Post by calonjenazah »

Kalau baru mau punya mobil, beli baru saja, pakai selama masa warranty tidak usah khawatir.

Kalau memang terpaksa budget cuma cukup beli bekas usahakan yg masih dalam masa warranty kalau bisa.

Jaman sekarang beli mobil bekas belanja perbaikannya itu pure cuma buang waktu dan uang. Kecuali mobil untuk koleksi/mainan tidak dipakai harian.
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Pengin punya roda 4

Post by diidoot »

beli baru aja deh kalau pertama kali punya mobil. 90 buat DP, 10 juta buat ganti kaca film dan perintilan kecil. Kalau masih single atau belum nikah ambil brio sotong. Kalau udah ramean ambil Calya/Sigra. Gapapa nyicil asal maksimal 2 taun biar ga rugi amat sama bunga

kalau mau seken saya saranin ambil Avanza tipe S. 90 juta buat beli mobilnya, sisanya buat BBN dan perbaikan kecil. Kalau udah bosen, jual deh ganti yang lebih nyaman.

Grand Livina juga boleh, tapi cari yang harganya 85an. 10 juta buat perbaikan (terutama kaki-kaki biasanya udah pada glodakan) dan sisanya buat BBN dan balik nama.

Ertiga sama Jazz harga segitu barangnya busuk. Kecuali mau nyicil tapi....JANGAN BELI BEKAS NYICIL. Rugi di bunga. Banget
-
D4Dnofal2012
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Jan 01, 2018 7:21
Location: surabaya
Daily Vehicle: D4D

Re: Pengin punya roda 4

Post by D4Dnofal2012 »

Ambil yang agan suka.
Cuma.cari info sebanyak banyaknya twntang mobil incaran agan.

Kalo emnag pengwn beli baru, pilihannya emang mengerucut ke LGCC macam agya.ayla.calya.sigra.brio satya.ignis danwagon.

Kalo bekas, bisa ambil avanza
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Pengin punya roda 4

Post by ZEXELGRIFONE »

Klo buat user yg ga ngerti banget soal mobil, beli baru lebih disarankan sih. Apalagi nantinya buat mobil tempur (kerja tiap hari), pasti butuh yg selalu fit. 1-2th pertama jg ga jajan aneh2.

Klo beruntung, nemu mobil dgn status baru dr dealer tapi tahun dah lewat (2017), nah kayak gini biasanya diskonnya gede.. Sisa duit bisa buat yg laen.
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: Pengin punya roda 4

Post by setsuka09 »

Nubie jawab poin no2 saja soal transmisi matic, krn yg no1 sdh diwakili rekan2 SM lainnya.

Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.

Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.

Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.

Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Pengin punya roda 4

Post by Or4cle »

setsuka09 wrote: Thu Jan 04, 2018 1:08 Nubie jawab poin no2 saja soal transmisi matic, krn yg no1 sdh diwakili rekan2 SM lainnya.

Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.

Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.

Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.

Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
Naahhh ... ini saya sangat setuju.
Kalau mobil pertama usahakan jangan matic karena bom waktu berjalan.

Saran saya jangan beli mobil LCGC, handlingnya acak-kadut dgn kualitas material seadanya
Dengan duit 100 juta bisa dapat Jazz GD3 i-DSI ambil yang manual tahun awal (2005) ; irit, perawatan mudah, spareparts murah dan banyak
Tapi budget segitu hanya dapat unit bekas belum bisa cover untuk biaya perbaikan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengin punya roda 4

Post by ChZ »

marmut wrote: Wed Jan 03, 2018 6:31 1. sudah mahir mengemudikan mobil di jalanan dan paham benar arti rambu-rambu lalin?
2. sudah siap mental?
3. sudah siap keuangan?

saya yakin anda sanggup membeli unit kendaraan baru, tapi apakah anda sanggup dengan biaya operasionalnya? semisal oli mesin saja yang paling wajip dan rutin diganti. mobil boleh saja murah, tapi mobil jaman sekarang tidak bisa pakai oli sembarangan. plus bahan bakar, tidak ada mobil jaman sekarang yang disarankan pakai oktan 88 dari pabriknya, semua wajip oktan tinggi. sanggup?
belum lagi perawatan lainnya semisal harus tune up, penggantian spare parts dan sebagainya.
punya mobil itu menguras isi dompet lho....
Betul, banyak orang kaget pindah dari miara motor ke mobil even LCGC sekalipun...

Mobil klo apa-apa servis habis ga cuma duit ratusan ribu macem motor loh... jutaan bisa...

klo blom pernah miara mobil mending beli Ayla bekas aja deh dapet tuh 100jt...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: Pengin punya roda 4

Post by setsuka09 »

Or4cle wrote:
setsuka09 wrote: Thu Jan 04, 2018 1:08 Nubie jawab poin no2 saja soal transmisi matic, krn yg no1 sdh diwakili rekan2 SM lainnya.

Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.

Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.

Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.

Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
Naahhh ... ini saya sangat setuju.
Kalau mobil pertama usahakan jangan matic karena bom waktu berjalan.

Saran saya jangan beli mobil LCGC, handlingnya acak-kadut dgn kualitas material seadanya
Dengan duit 100 juta bisa dapat Jazz GD3 i-DSI ambil yang manual tahun awal (2005) ; irit, perawatan mudah, spareparts murah dan banyak
Tapi budget segitu hanya dapat unit bekas belum bisa cover untuk biaya perbaikan
Nah ini masuk kategori, jazz MT 2005 cek di 0lx pasaran masuk di 83-85 jt, tinggal up to TS apakah ingin yg worry free ( ambil mobil baru), atau sekalian belajar repair2 & hunting sparepart, krn 12 tahun penyusutan slow moving parts pasti ada, sisa budget cukup u/ restorasi jg ada pegangan u/ jaga2 darurat.
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: Pengin punya roda 4

Post by setsuka09 »

marmut wrote:1. sudah mahir mengemudikan mobil di jalanan dan paham benar arti rambu-rambu lalin?
2. sudah siap mental?
3. sudah siap keuangan?

saya yakin anda sanggup membeli unit kendaraan baru, tapi apakah anda sanggup dengan biaya operasionalnya? semisal oli mesin saja yang paling wajip dan rutin diganti. mobil boleh saja murah, tapi mobil jaman sekarang tidak bisa pakai oli sembarangan. plus bahan bakar, tidak ada mobil jaman sekarang yang disarankan pakai oktan 88 dari pabriknya, semua wajip oktan tinggi. sanggup?
belum lagi perawatan lainnya semisal harus tune up, penggantian spare parts dan sebagainya.
punya mobil itu menguras isi dompet lho....
Nah bahasan soal no 1 & 2 deh, om Chz sudah detail & jelas poin 3.

Sharing dikit dr nubie...realita yg nubie rasakan sewaktu pindah dr r2 ke r4 :

extra sabar dijln wkt macet, lebih toleran ketemu driver / rider sableng ugal2an kl ga mau stress & tensi naik, lewat jalan jelek lebih hati2, management wkt lbh baik spare time in case macet jahanam tiba, cari parkir lebih susah, sembarang parkir mending cuma baret tapi kl kaca pecah..bayar parkir lbh mahal ( ini absolut ), isi bensin ngantri ( kadang2) isi bensin jauh lbh banyak ( pasti ), waspada & siap kl abis ujan besar di area banjir, selalu siap spare dana u/ perbaikan / derek atau darurat apapun...

Nubie ga bahas kalo via tol, kepanjangan..

Sorry u/TS bukan bermaksud menakut2i / menjatuhkan mental, ini share realita yg kita semua hadapi jika membawa r4.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Pengin punya roda 4

Post by Pugman »

setsuka09 wrote: Thu Jan 04, 2018 9:11
Or4cle wrote:
setsuka09 wrote: Thu Jan 04, 2018 1:08 Nubie jawab poin no2 saja soal transmisi matic, krn yg no1 sdh diwakili rekan2 SM lainnya.

Resiko mobil matic 2nd lbh ke faktor pemakaian user sebelumnya yg kita tdk tahu cara pakai & perawatannya.

Contoh simple mobil matic di lampu merah tdk disarankan posisi D terlalu lama, jg u/ pindah shifter P-R-D mobil matic hrs total 100% berhenti baru pindah tuas, ini semua berpengaruh pd keawetan transmisi, blm lagi tap per 20k & kuras per 40k jg oli matic yg digunakan.

Nubie sendiri pakai unit yg matic 2nd tp dapat yg benar2 fresh setelah hunting yg kesekian kali, beberapa ada yg getar & nyentak, jd kl mo cari matic 2nd hrs extra sabar, teliti & semoga ga dapet lemon.

Biaya penggantian matic ( overhaul ) gak murah, silahkan di cek sendiri, sedikit gambaran nubie pernah tanya di BeRes biaya overhaul matic kurleb di bwh 20jt, inden sparepart semingguan pengerjaan 1/2 hari.
Naahhh ... ini saya sangat setuju.
Kalau mobil pertama usahakan jangan matic karena bom waktu berjalan.

Saran saya jangan beli mobil LCGC, handlingnya acak-kadut dgn kualitas material seadanya
Dengan duit 100 juta bisa dapat Jazz GD3 i-DSI ambil yang manual tahun awal (2005) ; irit, perawatan mudah, spareparts murah dan banyak
Tapi budget segitu hanya dapat unit bekas belum bisa cover untuk biaya perbaikan
Nah ini masuk kategori, jazz MT 2005 cek di 0lx pasaran masuk di 83-85 jt, tinggal up to TS apakah ingin yg worry free ( ambil mobil baru), atau sekalian belajar repair2 & hunting sparepart, krn 12 tahun penyusutan slow moving parts pasti ada, sisa budget cukup u/ restorasi jg ada pegangan u/ jaga2 darurat.
Bisa juga tengok brand lain seperti Mazda 2, Suzuki Swift/Splash, Mitsu Mirage itu bisa dapat tahun lebih muda.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Pengin punya roda 4

Post by Penikmat_Kopi »

Kalau tinggal di jakarta ambil mobil baru LCGC merk toyota, daihatsu atau suzuki yg matic. Kalau di luar jakarta dan daerahnya gak macet beli yg manual.
Sesehat-sehatnya mobil seken biasanya pasti ada yg masih perlu diberesin. Bakal keluar duit lagi tuh.